1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2023)

Produksi minyak berlebih, komedo, bahkan jerawat, merupakan beberapa masalah yang kerap dialami pemilik kulit wajah berminyak. Inilah mengapa Anda perlu menggunakan produk khusus untuk kulit berminyak seperti produk-produk dari Wardah. Wardah adalah salah satu merek kosmetik yang bagus dengan beragam produk perawatan wajah berminyak.


Banyaknya produk Wardah untuk kulit berminyak mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel ini kami akan memberikan tips memilih produk Wardah terbaik untuk kulit berminyak. Kami juga memberikan rekomendasi produknya, seperti produk dari seri Nature Daily, Lightening, sampai Colorfit. Baca sampai selesai, ya.

Diperbaharui 08-31-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih produk Wardah untuk kulit berminyak

Pemilik kulit berminyak kerap mengalami beberapa masalah kulit seperti jerawat, wajah yang tampak mengilap, sampai makeup yang mudah luntur. Untuk mengatasinya, Anda dapat memilih berbagai produk dari Wardah. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih produk-produk tersebut.

① Pilih berdasarkan kebutuhan Anda

Memahami kebutuhan kulit penting sebelum Anda memilih produk dari Wardah yang tepat untuk kulit berminyak. Secara umum, produk yang Anda butuhkan haruslah bersifat non comedogenic. Produk seperti ini tidak menyumbat pori-pori ataupun memicu timbulnya komedo yang kerap muncul pada kulit berminyak.

 
Anda juga perlu memilih produk yang tidak mengandung alkohol karena alkohol dapat membuat kulit menjadi sangat kering. Kulit yang terlalu kering dapat memicu produksi sebum. Produksi sebum yang berlebihan dapat membuat kulit terlihat mengilap. Untuk mencegah tampilan kulit mengilap, Anda perlu memilih produk dengan kemampuan oil control.

 
Meski memiliki kulit yang berminyak, Anda tetap memerlukan pelembap. Saat memilih pelembap, carilah produk dengan formula yang ringan dan bukan oil-based. Produk pelembap berupa gel dapat Anda pilih untuk melembapkan kulit berminyak. 

② Cermati seri skincare yang ditawarkan Wardah

Seri Crystal Secret dari Wardah memang tidak menyediakan produk khusus untuk kulit berminyak. Namun, Wardah sudah menyediakan beberapa seri produk skincare yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan kulit berminyak. Kandungannya pun beragam sesuai dengan fungsinya, seperti mencerahkan ataupun melindungi dari sinar UVA/UVB. 


Berikut beberapa seri produk skincare Wardah yang dapat Anda pilih untuk merawat kulit berminyak.

  • Lightening, kandungannya mencerahkan kulit berminyak dan kusam. Seri skincare ini mengandung Advanced Niacinamide yang lebih baik dari niacinamide biasa. Selain mencerahkan, kandungan ini dapat melindungi kulit dari blue light yang dipancarkan gadget. Kandungannya juga lebih aman dan bekerja dengan lebih optimal.

  • Acnederm, merawat kulit berminyak agar bebas dari jerawat. Seri ini mengandung tiga kombinasi bahan aktif, salah satunya Derma Control ActivesTM yang membantu menyerap minyak berlebih. Tak hanya mengatasi jerawat, kandungan seri ini juga dapat melembapkan pori.

  • Nature Daily, merawat kulit berminyak dengan kandungan bahan alami. Seri ini mengandung berbagai bahan alami untuk merawat kulit berminyak seperti witch hazel, seaweed, juga CarboActive dan Clarifying Mineral+. Masing-masing bermanfaat antara lain untuk mengecilkan pori-pori, melembapkan, juga membersihkan kulit secara menyeluruh.

  • UV Shields, melindungi kulit berminyak. Produk sunscreen dari Wardah ini tidak hanya melindungi kulit dari sinar UVA/UVB, tetapi juga blue light dari gadget. Formulanya memiliki Broad Spectrum Protection, kombinasi pro Vitamin B5 dan vitamin E yang membuat kulit lebih sehat terlindungi.

  • C-Defense, menjadikan kulit sehat dan cerah terawat. Seri ini mengandung Hi-Grade Vitamin C yang bekerja dengan lebih stabil dan optimal daripada vitamin C biasa. Kandungannya juga tak mudah teroksidasi dan tidak membuat kulit iritasi. Kulit lebih sehat dan cerah terawat.


  • Perfect Bright, mencerahkan dan mengurangi minyak berlebih. Seri ini menjanjikan kulit bebas kusam dan berminyak, serta cerah secara instan. Selain itu, produknya juga dapat mengontrol minyak berkat kandungan kaolin clay.

③ Perhatikan karakteristik produk makeup untuk kulit berminyak

Tak hanya produk skincare, Wardah juga memiliki beberapa produk makeup yang cocok untuk kulit berminyak. Produk-produk ini memiliki khasiat oil control dan finishing matte. Untuk menemukan produk yang tepat, simak tips memilihnya di bawah ini. 

Foundation, riasan bebas kilap seharian

Foundation merupakan salah satu bagian dari makeup yang penting agar riasan tetap awet seharian. Pemilik kulit berminyak dapat memilih foundation bubuk atau cair. Untuk formulanya, hindari foundation oil-based. Jenis foundation oil-based akan meninggalkan kesan kilap dan berminyak.

 
Anda sebaiknya juga memilih foundation dengan tekstur yang ringan. Untuk finishing, foundation dengan hasil akhir matte adalah pilihan yang paling tepat. Foundation dengan kemampuan oil control juga perlu Anda pertimbangkan. Jika Anda tertarik dengan foundation untuk kulit berminyak, baca artikel kami pada tautan di bawah ini.

Bedak tabur, menyerap minyak berlebih pada wajah

Jenis bedak tabur merupakan jenis bedak yang disarankan untuk pemilik kulit berminyak. Bedak tabur memiliki tekstur yang ringan dan tidak membuat pori-pori tersumbat. Kulit pun jadi tak mudah berjerawat ataupun berkomedo.

 
Bedak tabur juga dapat mengontrol produksi minyak dan menyerap minyak berlebih. Hasil riasan yang diberikan juga lebih natural. Kami sudah menyiapkan artikel tentang bedak terbaik bagi kulit berminyak. Jika Anda tertarik mencari tahu lebih jauh, baca artikelnya pada tautan di bawah ini.

10 Rekomendasi produk Wardah terbaik untuk kulit berminyak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Wardah terbaik untuk kulit berminyak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wardah

UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA +++

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA +++ 1枚目

Tekstur ringan dan cepat meresap, tak membuat wajah makin berminyak

2

Wardah

Acnederm Pore Refining Toner

Wardah  Acnederm Pore Refining Toner 1枚目

Wajah bebas jerawat, pori-pori pun tampak lebih ringkas

3

Wardah

C-Defense Face Mist

Wardah C-Defense Face Mist 1枚目

Skincare serbaguna untuk menyegarkan dan mencerahkan kulit

4

Wardah

Nature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

Wardah Nature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask 1枚目

Ampuh menyerap minyak berlebih sekaligus detoksifikasi kulit

5

Wardah

Perfect Bright Creamy Foam Brightening + Oil Control

Wardah Perfect Bright Creamy Foam Brightening + Oil Control 1枚目

Mencerahkan secara instan setelah cuci muka

6

Wardah

Lightening Day Gel

Wardah  Lightening Day Gel 1枚目

Mencerahkan dan melembapkan kulit berminyak

7

Wardah

Colorfit Velvet Powder Foundation

Wardah Colorfit Velvet Powder Foundation 1枚目

Bedak sekaligus foundation dengan tekstur halus dan coverage buildable

8

Wardah

Colorfit Matte Foundation

Wardah Colorfit Matte Foundation 1枚目

Foundation cair dengan efek oil control untuk kulit berminyak

9

Wardah

Acnederm Acne Care Serum

Wardah Acnederm Acne Care Serum 1枚目

Lima manfaat untuk wajah bebas jerawat

10

Wardah

Colorfit Mattifying Powder

Wardah Colorfit Mattifying Powder 1枚目

Bebas kilap dan menyatu sempurna dengan kulit

Perincian produk
Close
No.1

WardahUV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA +++

Mulai dari Rp35.500,00

Tekstur ringan dan cepat meresap, tak membuat wajah makin berminyak

Kelebihan:

  • Tidak memicu komedo, menimbulkan efek whitecast, ataupun mengandung alkohol
  • Tekstur watery yang cepat meresap dan tidak lengket
  • Mengandung vitamin E dan pro vitamin B5 untuk menutrisi kulit

Kekurangan:

  • Menurut beberapa reviewer, setelah beberapa jam wajah pemakaian, wajah terlihat berminyak dan kusam

Salah satu mitos menyesatkan mengenai sunscreen adalah dapat membuat wajah makin berminyak sehingga banyak pemilik kulit berminyak menghindarinya. Padahal, jika Anda memiliki kulit berminyak Anda hanya perlu memilih sunscreen dengan tekstur ringan dan non comedogenic. Contohnya adlaah suncreen gel dari Wardah ini. 


Sunscreen gel dari seri UV Shields ini tak hanya memiliki tekstur ringan, tetapi juga bebas dari alkohol. Produk ini juga mengandung bisabolol yang dapat meredakan kemerahan akibat paparan sinar matahari. Perlindungannya pun menyeluruh (360 Board Protection) yang memberikan perlindungan dari sinar UVA/IVB dan blue light. Pas bagi Anda yang mencari sunscreen untuk wajah berminyak. 

No.2

Wardah Acnederm Pore Refining Toner

Mulai dari Rp32.000,00

Wajah bebas jerawat, pori-pori pun tampak lebih ringkas

Kelebihan:

  • Mengandung zinc yang berperan menyembuhkan jerawat sampai mengontrol minyak
  • Diperkaya ekstrak witch hazel yang berfungsi mengecilkan pori-pori

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer mengaku wajah terasa kering dan perih saat memakai produk ini
  • Produk ini tidak fungal acne safe sehingga mungkin kurang cocok untuk masalah fungal acne

Wajah berjerawat dan pori-pori yang tampak besar merupakan masalah yang kerap dialami pemilik wajah berminyak. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan toner dari seri Acnederm ini. Selain itu, toner ini juga dapat melembapkan kulit sehingga lebih mudah menyerap khasiat pelembap yang digunakan setelahnya. Inilah produk yang tak boleh Anda lewatkan jika Anda memiliki kulit berminyak yang berjerawat dengan pori-pori besar.

No.3

WardahC-Defense Face Mist

Mulai dari Rp39.000,00

Skincare serbaguna untuk menyegarkan dan mencerahkan kulit

Kelebihan:

  • Kandungan vitamin C berfungsi untuk melindungi sekaligus mencerahkan kulit
  • Kandungan allantoin, glycerin, dan hydrogenated castor oil berfungsi melembapkan kulit
  • Dapat digunakan sebagai setting spray yang membuat makeup lebih awet

Kekurangan:

  • Menurut beberapa reviewer, spray kurang merata saat digunakan
  • Beberapa reviewer dengan kulit yang cenderung sensitif mengaku produk ini membuat wajah perih saat digunakan

Teriknya sinar matahari membuat kulit membutuhkan kesegaran ekstra. Kesegaran juga kelembapan ekstra bagi kulit wajah bisa Anda dapatkan dengan menyemprotkan face mist ini. Tak hanya menyegarkan kembali kulit, kandungannya pun dapat mencerahkan, bahkan melindungi kulit. Menariknya lagi, Anda dapat menggunakannya sebagai setting spray di akhir aplikasi makeup agar makin awet. Pas untuk Anda yang mencari face mist dengan beragam manfaat.

No.4

WardahNature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

Mulai dari Rp19.500,00

Ampuh menyerap minyak berlebih sekaligus detoksifikasi kulit

Kelebihan:

  • Dengan CarboActiv Formula yang mampu menyerap polutan
  • Mengandung Clarifying Mineral+ untuk detoksifikasi dan menyerap minyak berlebih
  • Harga terjangkau dengan isi yang cukup banyak (60 ml)

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer mengaku produk ini membuat mata terasa perih, terutama jika digunakan dekat dengan area mata

Salah satu bahan yang bermanfaat bagi perawatan kulit berminyak adalah mineral clay. Masker ini memadukan dua jenis clay, kaolin dan bentonite. Tak hanya dapat menyerap minyak berlebih, kombinasi ini juga tepat untuk detoksifikasi kulit. Kulit wajah Anda pun bersih sampai ke pori-pori. Anda yang sedang mencari masker untuk detoksifikasi kulit berminyak perlu mencoba produk ini. 

No.5

WardahPerfect Bright Creamy Foam Brightening + Oil Control

Mulai dari Rp18.700,00

Mencerahkan secara instan setelah cuci muka

Kelebihan:

  • Kandungan vitamin B3, C, dan E dari empat jenis berry membantu mencerahkan, menutrisi, dan meratakan warna kulit
  • Mengandung kaolin clay yang mengangkat sebum dan minyak berlebih
  • Kemasan berupa tube yang travel friendly, terutama untuk ukuran 50 ml

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer mengaku kulit wajah terasa sangat kering setelah pemakaian

Ingin wajah cerah seketika setelah mencuci muka? Coba saja produk facial wash dari Wardah ini. Efek mencerahkan setelah mencuci muka bisa Anda dapatkan berkat kandungan 4X Bright Berries dalam facial wash ini. Uniknya, produk ini juga berkhasiat sebagai oil control berkat kandungan kaolin clay-nya. Bahan aktif yang sama juga dapat membersihkan hingga ke pori-pori sehingga mencegah komedo.

No.6

Wardah Lightening Day Gel

Mulai dari Rp46.000,00

Mencerahkan dan melembapkan kulit berminyak

Kelebihan:

  • Mengandung Advanced Niacinamide yang mencerahkan dan melindungi kulit dari blue light
  • Tekstur berupa gel yang ringan
  • Tersedia dalam dua kemasan dan ukuran, salah satunya berupa tube yang travel friendly


Kekurangan:

  • Beberapa reviewer mengeluhkan tampilan wajah yang kusam setelah memakai pelembap ini

Anda mencari pelembap yang dapat mencerahkan kulit berminyak? Pilih saja pelembap bertekstur gel watery dari seri Lightening ini. Dengan tekstur gel ini, wajah tetap lembap tanpa terasa makin berminyak. Gel pelembap ini diklaim membantu mencerahkan, meratakan warna kulit, juga menyamarkan bekas jerawat. Kulit cerah sekaligus lembap dan terasa halus saat disentuh. 

No.7

WardahColorfit Velvet Powder Foundation

Mulai dari Rp70.500,00

Bedak sekaligus foundation dengan tekstur halus dan coverage buildable

Kelebihan:

  • Mampu melindungi kulit wajah karena mengandung teknologi antibakteri
  • Dengan SPF 20 dan PA+++ untuk melindungi kulit dari sinar UVA/UVB
  • Tersedia dalam delapan pilihan shades

Kekurangan:

  • Tidak transferproof, menurut beberapa reviewer, produk ini menempel pada masker

Jika Anda memiliki kulit berminyak dan lebih suka powder foundation, inilah produk untuk Anda. Foundation sekaligus bedak ini memiliki tekstur yang halus untuk menghasilkan riasan yang tampak smooth. Coverage-nya buildable sehingga Anda dapat mengatur sendiri ketebalannya sesuai kebutuhan. Agar riasan tampak fresh, produk ini dilengkapi kandungan dengan fungsi oil control dan soft focus

No.8

WardahColorfit Matte Foundation

Mulai dari Rp72.000,00

Foundation cair dengan efek oil control untuk kulit berminyak

Kelebihan:

  • SkinMatch Technology menjadikan warnanya terlihat alami dan menyatu dengan kulit
  • Dilengkapi SPF 30 PA+++ yang melindungi kulit dari sinar UVA/UVB

Kekurangan:

  • Menurut reviewer, finishing-nya tidak terlalu matte

Foundation cair ini memiliki tekstur yang ringan dengan coverage yang tahan lama. Menariknya lagi, produk ini juga memberi efek oil control pada wajah. Riasan makin awet dan wajah tak terlihat mengilap. Foundation ini memiliki delapan pilihan shades yang cocok untuk beragam skintone wanita Indonesia. Pas untuk Anda yang mencari foundation dengan finishing matte dan efek oil control

No.9

WardahAcnederm Acne Care Serum

Mulai dari Rp62.000,00

Lima manfaat untuk wajah bebas jerawat

Kelebihan: 

  • Dermatologically tested, non acnegenic, dan non comedogenic 
  • Tekstur ringan saat dioleskan pada wajah
  • Mencerahkan dan mengurangi produksi sebum

Kekurangan: 

  • Mengandung pewangi yang menurut reviewer terlalu menyengat

Produk ini diklaim memiliki lima manfaat untuk merawat wajah berjerawat. Selain melawan bakteri penyebab jerawat, produk ini juga dapat mencerahkan sekaligus menyamarkan bekas jerawat. Serum ini juga dapat menenangkan kulit yang kemerahan akibat jerawat. 


Manfaat lain yang sangat penting bagi pemilik kulit berminyak adalah kemampuannya mengurangi tampilan minyak berlebih pada wajah. Jika tipe kulit Anda berminyak dan berjerawat, inilah produk serum untuk Anda. 

No.10

WardahColorfit Mattifying Powder

Mulai dari Rp85.500,00

Bebas kilap dan menyatu sempurna dengan kulit

Kelebihan:

  • Mengandung SPF 30 PA+++ untuk melindungi dari sinar UVA/UVB
  • Non comedogenic, non acnegenic, dan transferproof
  • Memberikan riasan yang alami karena bedaknya menyatu sempurna dengan kulit

Kekurangan:

  • Menurut beberapa reviewer, spons pada produk ini kurang nyaman dipakai

Bagi pemilik kulit berminyak, bedak tabur merupakan jenis bedak yang wajib dimiliki. Selain dapat menyerap minyak, bedak tabur juga memiliki tekstur yang ringan. Jika Anda tengah mencari bedak tabur yang sekaligus memiliki fungsi oil control, cobalah produk ini. 


Bedak ini memiliki formula SkinMatch Technology yang menjadikannya menyatu sempurna dengan kulit. Selain itu, kandungannya juga memberikan efek oil control. Wajah bebas kilap sampai dua belas jam lamanya. 

Cara agar makeup tahan lama pada kulit berminyak

Cara agar makeup tahan lama pada kulit berminyak

Memakai makeup dapat menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik kulit berminyak. Produksi minyak yang berlebih tak jarang justru membuat makeup luntur. Agar makeup tahan seharian, Anda dapat menyimak tips dari kami berikut ini.


  • Rawat wajah secara teratur. Kulit berminyak yang dirawat dengan tepat akan menghasilkan kulit yang lembap dengan kadar minyak yang terjaga. Kulit yang sehat dan lembap seperti ini dapat membuat makeup melekat lebih tahan lama.

  • Gunakan primer. Primer dapat menjadikan kulit tampak halus dan merata warnanya. Selain itu, primer juga dapat menyamarkan pori-pori dan bekas jerawat. Setelah mengoleskan primer, gunakan foundation agar riasan makin awet.

  • Oleskan bedak tabur. Bedak tabur dapat menyerap minyak berlebih pada wajah. Hasil riasan pun tampak flawless. Setelah menggunakan bedak tabur, Anda dapat mengaplikasikan riasan mata, blush on, juga lipstik. 

  • Semprotkan setting spray. Setting spray berfungsi mengunci riasan yang sudah Anda gunakan. Hasil riasan pun jadi lebih awet dan tidak mudah bergeser. Setting spray juga membuat wajah Anda tidak terlihat berminyak. 

  • Bawa kertas minyak jika perlu. Jika Anda memiliki wajah yang sangat berminyak, Anda mungkin perlu membawa kertas minyak. Kertas minyak dapat menyerap minyak wajah yang berlebih secara instan. Jadi, sediakan kertas minyak di pouch kosmetik Anda jika perlu.

Baca juga rekomendasi sunscreen untuk kulit wajah berminyak lainnya di sini

Sunscreen merupakan salah satu step skincare yang tak boleh Anda lewatkan. Jika Anda tertarik dengan sunscreen yang pas untuk kulit wajah berminyak, kami telah menyiapkan artikelnya untuk Anda. Baca artikelnya pada tautan di bawah ini, ya.

Kesimpulan

Sebagai salah satu brand kosmetik ternama, Wardah memiliki beragam produk untuk merawat dan mempercantik kulit berminyak. Saat memilih skincare, Anda perlu memperhatikan seri dan kandungannya. Kandungan setiap seri berbeda-beda dan dapat disesuaikan kebutuhan kulit Anda.

 
Untuk produk makeup, Anda dapat memilih produk dengan kandungan oil control. Tak cuma terlihat fresh, riasan Anda pun dapat tahan lebih lama. Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai? Selamat memilih dan tampil cantik bersama Wardah.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer