1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Makanan hewan
  6. >
  7. 10 Makanan Hamster Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Makanan Hamster Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Makanan Hamster Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Makanan Hamster Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Makanan Hamster Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Makanan Hamster Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Makanan Hamster Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)

Hamster merupakan salah satu hewan pengerat berukuran kecil yang banyak dipelihara karena lucu dan menggemaskan. Rambutnya pun lembut dan warnanya indah. Jika Anda memelihara hamster, tentu Anda perlu memberikan makanan hamster yang bagus. Beragam produk pakan hamster terbaik dapat Anda temukan di marketplace.


Untuk memudahkan Anda, kami akan membagikan tips memilih dan rekomendasi makanan hamster terbaik. Beberapa merek makanan hamster yang kami rekomendasikan antara lain Hamsfood, Vitakraft, dan Neo-Pet. Selamat membaca dan temukan produk terbaik untuk hamster kesayangan Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.

Diperbaharui 12-06-2022
Pakar
Veterinarian
drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin. Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Beliau juga sudah menyelesaikan studi S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Profil drh. Doel
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih makanan hamster

Anda bisa menemukan beragam makanan hamster di toko online. Namun, banyaknya merek mungkin membuat Anda bingung saat menentukan pilihan. Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjabarkan cara memilih makanan hamster terbaik. Simak dengan saksama, ya!

① Perhatikan nutrisinya

Protein, lemak, dan serat merupakan tiga komponen yang penting bagi hamster. Jadi, Anda harus memastikan ketiga komponen tersebut ada di dalam produk yang akan dibeli.

Protein, membantu perkembangan tubuh

Protein, membantu perkembangan tubuh

Protein berfungsi membantu perkembangan tubuh hamster. Selain itu, protein juga bisa menjaga kesehatan rambut hamster. Hamster yang kekurangan protein akan mengalami penurunan berat badan dan kerontokan rambut. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan hamster memperoleh asupan protein dalam jumlah yang cukup.


Protein untuk hamster bisa didapatkan dari larva serangga, belalang, dan jangkrik. Jika makanan tersebut sulit didapatkan, Anda bisa menggantinya dengan telur, daging ayam, dan ikan. Namun, makanan tersebut harus dimasak terlebih dahulu supaya tidak ada bakteri atau parasit yang masuk ke dalam tubuh hamster.

Lemak, sumber energi bagi hamster

Lemak, sumber energi bagi hamster

Hamster membutuhkan lemak agar tubuhnya memiliki energi untuk bergerak. Lemak memang dibutuhkan sebagai salah satu sumber energi. Namun, lemak juga bisa membuat hamster mengalami kegemukan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Hamster yang mengalami kegemukan akan lebih berisiko mengalami masalah kesehatan, contohnya gangguan jantung.


Agar hamster tidak mengalami kegemukan, Anda harus membatasi jumlah makanan berlemak yang diberikan. Selain itu, Anda bisa meletakkan roda lari di dalam kandang hamster. Mainan tersebut akan memicu hamster untuk bermain dan secara tidak langsung menggerakkan tubuhnya.

Serat, baik untuk kesehatan pencernaan

Serat, baik untuk kesehatan pencernaan

Selain protein dan lemak, hamster juga memerlukan serat untuk menjaga kesehatan pencernaannya. Serat bisa didapatkan dari buah dan sayur. Cuci buah dan sayur menggunakan air hangat supaya tidak ada pestisida yang tertinggal. Lalu, potong menjadi beberapa bagian kecil dan jangan lupa untuk membuang bijinya! Dengan begitu, hamster tidak akan tersedak saat memakan buah tersebut.


Selain membutuhkan nutrisi, hamster juga memerlukan kandang yang nyaman dan pasir hamster (hamster litter). Jadi, saat Anda memutuskan untuk memelihara hamster, Anda harus menyiapkan kandang dan pasir hamster juga. Apabila Anda membutuhkan informasi mengenai kandang dan pasir hamster, kami sudah menyiapkan artikelnya di bawah ini.

② Sesuaikan dengan usia hamster

Nutrisi yang dibutuhkan anak hamster berbeda dengan hamster dewasa. Karena itu, Anda harus mengetahui usia hamster terlebih dahulu sebelum memberinya makan.

Anak hamster, membutuhkan banyak protein

Anak hamster, membutuhkan banyak protein

Anak hamster membutuhkan makanan yang kaya akan protein agar pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik. Selain itu, Anda juga harus menyediakan air bersih karena anak hamster sangat membutuhkannya. Air bersih sebaiknya dimasukkan ke dalam botol minum khusus agar anak hamster bisa minum dengan mudah dan tidak tumpah.


Induk hamster yang sedang hamil dan menyusui juga membutuhkan makanan yang tinggi protein agar berat badannya tidak turun drastis. Dalam hal ini, Anda sebaiknya tidak membatasi jumlah makanan untuk induk hamster. Dengan begitu, induk hamster memiliki energi yang cukup untuk memenuhi nutrisi anak-anak yang ada di dalam kandungannya hingga melahirkan.

Hamster dewasa, membutuhkan banyak serat

Hamster dewasa, membutuhkan banyak serat

Hamster dewasa yang terlalu banyak mengonsumsi protein lebih berisiko mengalami gangguan ginjal dan masalah kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, hamster dewasa lebih membutuhkan makanan yang kaya serat daripada makanan yang kaya protein. Namun, hamster dewasa yang aktif bergerak membutuhkan protein lebih banyak dibandingkan hamster yang tidak terlalu aktif bergerak. 


Selain makanan kaya serat, hamster dewasa juga membutuhkan air dalam jumlah yang cukup karena mereka rentan mengalami dehidrasi. Hamster dewasa yang mengalami dehidrasi akan tampak lesu dan mengalami sesak napas. Jumlah air yang dibutuhkan oleh hamster dewasa berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh makanan, kegiatan, dan jenis hamster. 

10 Rekomendasi makanan hamster terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk makanan hamster terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Hamsfood

Popcorn Natural Hamster Snack

Hamsfood Popcorn Natural Hamster Snack  1枚目

Tanpa perasa sehingga tidak menyebabkan rambut hamster rontok

2

Vitakraft

Menu Vital Hamster Food

Vitakraft Menu Vital Hamster Food 1枚目

Serat kasarnya baik untuk gigi dan tubuh si hamster

3

Sweet

Hamster Food

Sweet Hamster Food 1枚目

Perpaduan pellet, millet, dan kuaci yang disukai hamster

4

Neo Pet

Holly Hammy

Neo Pet Holly Hammy 1枚目

Mengandung omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kulit serta rambut hamster

5

Alex

Crispy Hamster

Alex Crispy Hamster 1枚目

Biji-bijian berkualitasnya tidak akan membuat hamster bosan atau kekurangan nutrisi

6

Versele-Laga

Complete Hamster & Gerbil

Versele-Laga Complete Hamster & Gerbil 1枚目

Hamster tidak akan pilih-pilih makanan lagi saat diberi produk ini

7

Alice

Hamster and Fruit

Alice  Hamster and Fruit 1枚目

Perpaduan aneka buah kering untuk menjaga berat badan hamster

8

Best In Show

Morning Sun Hamster Food Selected Seeds and Grains

Best In Show Morning Sun Hamster Food Selected Seeds and Grains 1枚目

Produk premium dengan nutrisi seimbang untuk hamster kesayangan

9

Pet-Link

Jolly Fullvit Formula for Hamsters

Pet-Link Jolly Fullvit Formula for Hamsters 1枚目

Kandungan probiotiknya mampu menjaga kesehatan usus hamster

10

Wormtail

Dried Mealworm

Wormtail Dried Mealworm 1枚目

Mealworm utuh yang tinggi protein

Perincian produk
Close
No.1

HamsfoodPopcorn Natural Hamster Snack

Mulai dari Rp5.800,00

Tanpa perasa sehingga tidak menyebabkan rambut hamster rontok

Kelebihan:

  • Rendah kalori dan tinggi serat yang baik untuk pencernaan hamster
  • Mengandung multinutrients, vitamin, dan mineral untuk pertumbuhan hamster
  • Tanpa rasa sehingga tidak membuat rambut rontok

Kekurangan:

  • Isinya sedikit sehingga cepat habis

Kandungan perasa yang berlebihan dalam makanan dapat menyebabkan rambut hamster rontok. Untuk mencegahnya, pilihlah makanan minim atau tanpa perasa. Kami merekomendasikan Popcorn Natural Hamster Snack yang rendah gula dan rasanya tawar sehingga tidak menyebabkan rambut hamster rontok.


Selain itu, popcorn ini juga kaya serat yang bagus untuk pencernaan hamster. Produk dari Hamsfood ini bisa Anda pilih sebagai snack sehat untuk hamster kesayangan Anda.

No.2

VitakraftMenu Vital Hamster Food

Mulai dari Rp38.350,00

Serat kasarnya baik untuk gigi dan tubuh si hamster

Kelebihan:

  • Mengandung serat kasar untuk membantu mengontrol berat badan hamster dan mengikis giginya agar tidak tumbuh berlebihan
  • Tanpa tambahan gula, pewarna, dan pengawet
  • Ada dua pilihan kemasan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan

 

Kekurangan:

  • Kedua kemasan memiliki isi yang cukup banyak sehingga kurang cocok untuk Anda yang baru pertama kali mencoba

Gigi hamster akan terus tumbuh. Oleh karena itu, hamster harus mengunyah makanan terus-menerus agar giginya terkikis dan tidak tumbuh berlebihan. Namun, hamster yang terus-menerus diberi makan lebih berisiko mengalami kegemukan. Jika itu permasalahannya, Anda bisa menggunakan produk ini.


Serat kasar di dalam produk ini membuat hamster Anda butuh waktu lebih lama untuk menghabiskan makanannya. Dengan begitu, pertumbuhan gigi hamster akan terkontrol dan berat badannya pun akan terjaga. Anda tidak perlu khawatir hamster kesayangan mengalami kegemukan!

No.3

Perpaduan pellet, millet, dan kuaci yang disukai hamster

Kelebihan:

  • Terdiri dari perpaduan pellet dan biji-bijian kaya nutrisi
  • Isinya variatif sehingga hamster tidak mudah bosan

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan kemasan lain

Jika hamster Anda sedang bosan dengan makanannya, cobalah berikan pakan ini. Sweet Hamster Food memadukan pellet yang mengandung protein dengan kuaci dan millet yang kaya serat. Millet sendiri merupakan biji-bijian dari kelompok serealia. Bulir bijinya relatif kecil sehingga mudah dikonsumsi oleh hamster. Dengan pakan ini, kebutuhan protein, lemak, dan seratnya akan tetap terpenuhi!

No.4

Mengandung omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kulit serta rambut hamster

Kelebihan:

  • Kandungan nutrisinya lengkap
  • Membantu memelihara kesehatan kulit dan rambut hamster

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan kemasan lain

Rambut dan kulit hamster yang sehat selalu menjadi daya tarik tersendiri. Agar rambut dan kulit hamster selalu sehat, Anda harus memberikan makanan yang mengandung omega-3 dan omega-6. Dari sekian banyaknya merek, kami merekomendasikan produk ini untuk diberikan kepada hamster peliharaan Anda.


Produk ini sudah mengandung omega-3 dan omega-6 yang baik untuk rambut dan kulit hamster. Di samping itu, kandungan nutrisi lainnya juga lengkap, mulai dari protein, vitamin, dan mineral yang membantu meningkatkan kesehatan hamster.

No.5

Biji-bijian berkualitasnya tidak akan membuat hamster bosan atau kekurangan nutrisi

Kelebihan:

  • Terdiri dari perpaduan biji-bijian dan sayuran kering kaya nutrisi
  • Isinya variatif sehingga hamster tidak mudah bosan

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan kemasan lain

 

Hamster yang diberi satu jenis makanan pada akhirnya akan merasa bosan dan nafsu makannya menurun sehingga mengalami kekurangan nutrisi. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa memberikan produk ini. Makanan ini tidak akan membuat hamster cepat bosan dan kekurangan nutrisi karena mengandung biji-bijian berkualitas.


Di dalamnya ada biji bunga matahari, jagung, barley, gandum, wortel kering, dan lain-lain. Produk ini juga diberi ekstra vitamin E agar kesehatan si hamster selalu terjaga. Apabila Anda ingin memastikan hamster Anda menjalani diet seimbang, produk ini bisa Anda pertimbangkan.

No.6

Versele-LagaComplete Hamster & Gerbil

Mulai dari Rp71.900,00

Hamster tidak akan pilih-pilih makanan lagi saat diberi produk ini

Kelebihan:

  • Membantu mengurangi kebiasaan hamster pilih-pilih makanan
  • Mengandung sayur dan buah-buahan untuk mencegah bau yang tidak sedap
  • Ada dua pilihan kemasan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Kedua kemasan memiliki isi yang cukup banyak sehingga kurang cocok untuk Anda yang baru pertama kali mencoba

Hamster kesayangan Anda suka pilih-pilih makanan? Produk ini mungkin bisa Anda pertimbangkan. Makanan berbentuk pelet ini bisa meminimalkan kebiasaan memilih makanan pada hamster karena bentuk dan ukurannya sama.


Makanan ini dibuat dari daging ayam, serealia, minyak salmon, dan minyak biji rami. Jadi, Anda tidak perlu khawatir hamster akan kekurangan nutrisi karena setiap butir peletnya sudah mengandung protein, lemak, dan serat.

No.7

Alice Hamster and Fruit

Mulai dari Rp83.500,00

Perpaduan aneka buah kering untuk menjaga berat badan hamster

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan alami tinggi serat yang baik untuk pencernaan
  • Ada dua pilihan kemasan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Produk harus disimpan dengan baik atau segera dihabiskan karena makanan berbahan alami lebih sensitif terhadap lingkungan

Makanan yang nutrisinya tidak seimbang bisa membuat hamster mengalami kegemukan, bahkan mengalami gangguan kesehatan. Karena itu, kami merekomendasikan produk yang satu ini. Makanan ini dibuat dari perpaduan kacang-kacangan dan buah-buahan yang tinggi serat.


Apel, nanas, pepaya, anggur, stroberi, jagung, dan oats dapat memenuhi nutrisi hamster kesayangan Anda tanpa membuatnya gemuk. Selain itu, bahan-bahan tersebut juga kaya serat sehingga bisa menjaga kesehatan pencernaan hamster, lho!

No.8

Best In ShowMorning Sun Hamster Food Selected Seeds and Grains

Mulai dari Rp17.167,00

Produk premium dengan nutrisi seimbang untuk hamster kesayangan

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan-bahan alami premium yang kaya nutrisi
  • Ada empat pilihan kemasan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Produk harus disimpan dengan baik atau segera dihabiskan karena makanan berbahan alami lebih sensitif terhadap lingkungan

Jika Anda sedang mencari makanan hamster premium, produk ini sepertinya bisa menjadi jawaban yang tepat. Morning Sun terbuat dari biji-bijian pilihan dan alfalfa grass yang kaya vitamin. Kandungan nutrisinya yang seimbang mampu mencukupi kebutuhan hamster kesayangan Anda. Produk ini juga mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh hamster agar tidak gampang sakit.

No.9

Pet-LinkJolly Fullvit Formula for HamstersJP03

Mulai dari Rp65.000,00

Kandungan probiotiknya mampu menjaga kesehatan usus hamster

Kelebihan:

  • Mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan usus
  • Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh
  • Ada dua pilihan kemasan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Kedua kemasan memiliki isi yang cukup banyak sehingga kurang cocok untuk Anda yang baru pertama kali mencoba

Bakteri jahat bisa menyerang saluran pencernaan hamster. Akibatnya, hamster bisa mengalami masalah pencernaan, seperti diare yang dapat berdampak pada ekor hamster yang selalu basah atau lembap. Permasalahan ini bisa dihindari dengan cara memberikan makanan yang mengandung probiotik, seperti produk ini. Kandung probiotiknya bisa melawan bakteri jahat dengan cara menambah jumlah bakteri baik di dalam saluran pencernaan hamster.

No.10

WormtailDried Mealworm

Mulai dari Rp33.000,00

Mealworm utuh yang tinggi protein

Kelebihan:

  • Mengandung protein tinggi yang baik untuk perkembangan tubuh hamster
  • Membantu mencegah kerontokan rambut dan penurunan berat badan
  • Cocok bagi Anda yang memiliki beberapa hewan peliharaan lain, seperti sugar glider, burung, dan reptilia

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan kemasan lain

 

Bagi Anda yang membutuhkan makanan hamster tinggi protein, Dried Mealworm bisa Anda pilih. Pakan ini merupakan mealworm utuh yang sudah dikeringkan. Kandungan proteinnya yang tinggi cocok untuk menaikkan berat badan hamster pada masa pertumbuhan.


Selain itu, asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam mealworm juga bisa melindungi hamster dari serangan jantung. Jika hamster Anda gemar mengonsumsi protein, berikan saja Dried Mealworm dari Wormtail!

Makanan apa saja yang tidak boleh dimakan hamster?

Makanan apa saja yang tidak boleh dimakan hamster?

Hamster termasuk hewan omnivor (pemakan segala). Meskipun demikian, ada beberapa makanan yang tidak boleh diberikan kepada hamster. Apa saja makanan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini:


  • Buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti jeruk, semangka, dan melon, tidak cocok untuk hamster. Jenis buah-buahan tersebut dapat menyebabkan diare. Selain itu, jeruk sendiri bersifat asam.

  • Bawang juga harus Anda hindari dalam memilih makanan untuk hamster. Pasalnya, bawang bisa menimbulkan iritasi lambung hingga gastroenteritis.

  • Hamster perlu dijauhkan dari makanan yang mengandung gula dan garam. Kandungan gula dalam makanan dapat menyebabkan masalah pada gigi hamster. Sementara itu, makanan yang mengandung garam bisa menyebabkan masalah pada jantung hamster.

  • Terakhir, cokelat sebaiknya tidak diberikan kepada hamster Anda karena makanan ini mengandung kafeina dan teobromin. Kafeina di dalam cokelat dapat membuat jantung hamster berpacu lebih cepat, sedangkan teobromin bisa memberikan efek racun.

Baca juga rekomendasi makanan hewan lainnya di sini

Bagaimana rekomendasi produk dari kami? Semoga bisa membantu Anda menemukan makanan hamster yang tepat, ya! Kami juga memiliki artikel tentang makanan hewan lainnya untuk ikan, landak, dan kucing. Jika Anda tertarik untuk membacanya, silakan membuka tautan yang kami sudah sediakan di bawah ini!

Kesimpulan

Makanan hamster kemasan yang dijual di toko online ternyata sangat beragam. Ada produk yang dibuat dari bahan organik. Selain itu, ada juga produk yang dilengkapi mealworm kering. Tiap-tiap produk tersebut memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Agar Anda tidak kebingungan saat memilih makanan hamster, poin-poin yang sudah kami jabarkan bisa dijadikan sebagai referensi! Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer