mybest
Novel & sastra

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Buku
  3. Novel & sastra
  4. 10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik
  • 10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik  1
  • 10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik  2
  • 10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik  3
  • 10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik  4
  • 10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik  5

10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik

Salah satu genre novel yang populer adalah science fiction atau fiksi ilmiah. Genre yang juga dikenal dengan sci-fi ini biasanya terinspirasi dari teknologi yang diimajinasikan penulis. Temanya beragam, mulai dari distopia atau dying earth, perang interstellar, techno-thriller, time travel (penjelajah waktu), dan sebagainya.


Membaca novel genre sci-fi dapat memancing imajinasi Anda untuk membayangkan masa depan manusia. Kali ini kami akan menjabarkan mengenai sci-fi dan memberikan rekomendasi novel terbaiknya. Selain novel sci-fi terjemahan, ada juga novel fiksi ilmiah Indonesia. Temukan novel-novel yang bagus dari genre fiksi ilmiah di artikel ini!

Diperbaharui 06/11/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Sejarah dan perkembangan genre sci-fi

Sejarah dan perkembangan genre sci-fi

Novel fiksi ilmiah adalah buku yang bercerita tentang pengaruh sains dan teknologi terhadap masyarakat ataupun dunia secara spekulatifGenre sci-fi atau fiksi ilmiah sebenarnya sudah ditulis mulai abad ke-2. Sementara itu, karya fiksi ilmiah sendiri mulai dipublikasikan sekitar abad ke-18 bersamaan dengan revolusi di Eropa. Namun, fiksi ilmiah zaman dahulu lebih mengarah kepada fantasi semata.


Karya fiksi ilmiah pertama yang dibukukan terbit pada abad ke-19. Cerita tentang makhluk buatan bernama Frankenstein yang terkenal hingga saat ini menjadi buku fiksi ilmiah pertama. Buku fiksi ilmiah Frankenstein: or, The Modern Prometheus yang mengusung genre sci-fi dan gothic ini dirilis pada tahun 1818.


Pada abad berikutnya minat pembaca terhadap genre ini pun terus meningkat. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya majalah yang membahas sci-fi, seperti The Magazine of Fantasy and Science Fiction. Perang Dunia II juga menjadi salah satu inspirasi para penulis untuk terus menulis buku bergenre sci-fi.


Setelah teknologi pertelevisian dimulai, era perkembangan sci-fi merambah ke dunia visual. Makin banyak cerita-cerita tentang penjelajahan waktu, invasi alien, dan lainnya yang dijadikan serial. Film-film yang mengangkat tema ini pun makin banyak bermunculan, seperti Star Trek dan Star Wars.

Cara memilih novel sci-fi

Sci-fi merupakan salah satu genre yang selalu berkembang mengikuti zaman. Anda dapat memilih novel sci-fi berdasarkan subgenre yang diusung atau karakter yang diceritakan. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan novel-novel fiksi ilmiah yang sudah diangkat menjadi film alias filmisasi.

1

Kenali subgenre dari novel sci-fi

Genre sci-fi memiliki berbagai subgenre yang lebih spesifik lagi. Berikut ini kami akan membahas beberapa subgenre sci-fi yang populer dan banyak ditulis oleh penulis di dunia.

Distopia, menceritakan tentang Bumi yang sekarat (Dying Earth)

Distopia, menceritakan tentang Bumi yang sekarat (Dying Earth)

Dying Earth, atau Bumi yang sekarat, menjadi salah satu subgenre yang banyak dipilih oleh penulis fiksi ilmiah. Penulis biasanya menceritakan tentang Bumi yang sedang sekarat karena banyak hal, seperti invasi alien, virus menular, dan percobaan berbahaya.


Biasanya arah cerita terbagi menjadi dua pilihan, tetap bertahan di Bumi atau mencari tempat baru. Dari pilihan tersebut muncullah subgenre utopia dan distopia. 


  • Utopia adalah tempat baru yang menyenangkan dan layak huni, baik tetap di Bumi maupun di planet lain.

  • Distopia merupakan tempat yang tidak menyenangkan untuk dihuni dengan berbagai keburukannya. Distopia biasanya akan membuat penulis menjadikan zombi atau alien sebagai salah satu karakternya. Namun, banyak juga penulis yang menjadikan manusia sebagai tokoh utama dengan memperlihatkan bagaimana mereka bertahan hidup setelah dunia kiamat.

Subgenre distopia menjadi yang paling populer saat ini. Begitu banyak novel fiksi ilmiah distopia yang sudah dialih wahana menjadi film ataupun serial TV. The Hunger Games, DivergentThe Maze Runner, dan Dune adalah beberapa novel distopia yang menjadi favorit banyak orang.

Perang interstellar, menceritakan peperangan antargalaksi

Perang interstellar, menceritakan peperangan antargalaksi

Perang interstellar merupakan subgenre lainnya yang cukup banyak ditulis atau difilmkan. Contoh paling nyatanya adalah Star Wars atau Star Trek. Perang interstellar biasanya berlatar masa depan ketika manusia sudah dapat menjelajah ke seluruh galaksi. Manusia dan alien pada novel dengan genre ini biasanya sudah memiliki teknologi canggih.


Alasan terjadinya perang pun beragam, seperti invasi wilayah dan upaya mempertahankan planet. Selain film, ada juga novel fiksi ilmiah Indonesia yang mengusung subgenre ini yaitu Penjelajah Antariksa karya Djokolelono.

Time travel, membawa Anda ke masa lalu atau masa depan

Time travel, membawa Anda ke masa lalu atau masa depan

Time travel merupakan salah satu jenis cerita yang dapat menjadi subgenre sci-fi ataupun fantasi. Perjalanan waktu yang dilakukan mungkin akan membuat novel bercerita tentang sejarah alternatif atau dunia alternatif. Anda yang membacanya akan dibawa melihat masa depan atau masa lalu di alam imajinatif penulis. Salah satu novel dengan subgenre ini adalah Time Riders karya Alex Scarrow.

High technologies, menitikberatkan kepada kecanggihan teknologi

High technologies, menitikberatkan kepada kecanggihan teknologi

High technologies merupakan subgenre yang sudah mulai berkembang sejak revolusi industri di Eropa. Pada awalnya, mesin uap menjadi salah satu inspirasi yang sering digunakan dan dikenal sebagai genre steampunk. Subgenre ini menitikberatkan cerita pada teknologi yang digunakan. Beberapa genre turunan lainnya adalah dieselpunk, biopunk, tech noir, dan sebagainya.


Pada era modern saat ini, kebanyakan penulis mulai beralih kepada tech noir. Subgenre ini menceritakan tentang dunia teknologi canggih, seperti dunia cyber atau robotik. Salah satu novel terkenal yang mengusung subgenre ini adalah Ready Player One yang sudah difilmkan dengan judul yang sama.

2

Ketahui tipe karakter pada novel fiksi ilmiah

Dalam sebuah novel tentunya terdapat karakter utama atau karakter pembantu. Karakter-karakter ini dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda saat memilih novel sci-fi.

Manusia biasa, karakter tanpa kekuatan

Manusia biasa, karakter tanpa kekuatan

Banyak penulis yang menjadikan manusia sebagai tokoh dalam karyanya. Sekalipun tidak menggunakan manusia sebagai karakter utama, tak jarang manusia dijadikan sebagai karakter pembantu.


Manusia di sini merupakan manusia tanpa kekuatan apa pun, dengan berbagai ras, jenis kelamin, dan pekerjaan. Cukup banyak penulis yang memasukkan karakter manusia dengan pekerjaan militer yang membantu invasi alien atau perang antargalaksi.

Alien, karakter makhluk asing dari angkasa luar

Alien, karakter makhluk asing dari angkasa luar

Alien merupakan karakter makhluk asing dari angkasa luar yang sering muncul dalam novel sci-fi. Alien dalam novel dapat berupa makhluk yang berbentuk seperti monster atau berwujud mirip manusia. Akan tetapi, tak jarang penulis membuat karakter alien yang sama seperti manusia dan membaur dengan manusia biasa.


Ada juga novel yang menceritakan tentang manusia hibrida yang lahir dari orang tua alien dan manusia. Salah satu novel dengan karakter alien adalah The Host dari Stephenie Meyer.

Mutan, manusia dengan kekuatan hasil mutasi

Mutan, manusia dengan kekuatan hasil mutasi

Mutan merupakan makhluk hidup yang bermutasi dengan hewan, tanaman, atau alien. Contoh karakter mutan banyak terdapat dalam komik Marvel. Mutan biasanya berbentuk seperti manusia, tetapi memiliki kekuatan layaknya makhluk yang menjadi sumber mutasinya. Misalnya, mutasi antara manusia dengan kelelawar mungkin dapat menjadikan manusia tersebut mampu melihat dalam gelap atau terbang.


Mutasi pada manusia dapat terjadi secara tidak disengaja atau disengaja. Penulis biasanya akan menceritakan bagaimana karakternya bermutasi. Namun, tidak jarang proses mutasi menjadi salah satu plot twist andalan penulis.

Robot, karakter buatan manusia berbentuk humanoid atau lainnya

Robot, karakter buatan manusia berbentuk humanoid atau lainnya

Karakter selanjutnya yang sering menjadi tokoh dalam sebuah novel adalah robot. Robot dalam novel dapat berupa humanoid atau bentuk karakter lainnya. Karakter robot seperti ini biasanya banyak muncul dalam novel dengan latar belakang masa depan. 


Terkadang penulis akan menceritakan bahwa robot tersebut tidak menyadari bahwa dirinya adalah robot. Hal ini akan diungkap oleh penulis pada akhir novel sehingga membuat pembacanya pun merasa kaget. 


Selain robot, karakter lainnya seperti hasil kloning juga sering dijadikan tokoh dalam sebuah novel. Salah satu contoh novel yang karakternya merupakan hasil kloning ada Oblivion dari Joseph Kosinski. Oblivion juga yang sudah diangkat menjadi film dengan judul yang sama, lho!

3

Pertimbangkan juga novel yang sudah diangkat menjadi film

Pertimbangkan juga novel yang sudah diangkat menjadi film

Sci-fi merupakan genre yang tidak hanya populer untuk novel, tetapi juga film. Cukup banyak film yang mendapatkan alih wahana atau filmisasi dari novel sehingga dapat Anda nikmati secara visual. Selain Ready Player One yang cukup terkenal, ada banyak filmisasi novel lainnya yang sudah dijadikan film.


Bagi para penikmat film, novel sci-fi dengan filmisasi seperti ini dapat Anda baca untuk melengkapi tontonan. Contoh novel-novel yang sudah dialihwahanakan ke film adalah seri The Maze Runner, Divergent, dan The Hunger Games. Selain buku seri, ada juga novel lainnya, seperti Starship Troopers dan The Thing.


Kebanyakan buku fiksi ilmiah yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia juga sudah diangkat ke film. Jadi, jangan heran apabila Anda menemukan banyak judul novel yang filmnya juga ditayangkan di bioskop.


Selain novel sci-fi, kami juga memiliki beberapa rekomendasi film fiksi ilmiah terbaik yang dapat Anda tonton. Anda bisa menjadikan rekomendasi film berikut ini sebagai pengisi waktu luang pada akhir pekan!

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Novel Sci-Fi Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Novel Sci-Fi terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 06 November 2023).
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Frank Herbert

Dune

Frank Herbert Dune 1

Rp129.000

Menengah

Novel fiksi ilmiah paling kompleks, disebut masterpiece dan terlaris sepanjang masa!

2

Andi Weir

Project Hail Mary

Andi Weir Project Hail Mary 1

Rp245.000

Lebih Mahal

Seorang diri di pesawat ruang angkasa, amnesia, dan tak bisa pulang

3

Tere Liye

Bumi

Tere Liye Bumi 1

Rp77.250

Agak Murah

Novel fiksi ilmiah Indonesia karya Tere Liye yang menggabungkan sci-fi dengan fantasi

4

J.S. Khairen

Melangkah

J.S. Khairen Melangkah 1

Rp99.000

Menengah

Tentang sekawanan yang menghadapi sebuah kekuatan baru

5

Hanya Yanagihara

To Paradise

Hanya Yanagihara To Paradise 1

Rp150.000

Agak Mahal

Realitas alternatif apabila sejarah peradaban manusia diubah

6

George Orwell

1984

George Orwell 1984 1

Rp99.000

Menengah

Novel distopia klasik yang menghadirkan dunia kelam

7

Ernest Cline

Ready Player One

Ernest Cline Ready Player One 1

Rp162.000

Agak Mahal

Teknologi dunia maya yang berimbas pada dunia nyata

8

Veronica Roth

Divergent

Veronica Roth Divergent 1

Rp49.000

Lebih Murah

Perjuangan di era Bumi yang sekarat

9

Kazuo Ishiguro

Klara and the Sun (Klara dan sang Matahari)

Kazuo Ishiguro Klara and the Sun (Klara dan sang Matahari) 1

Rp117.000

Menengah

Sosok teman artifisial yang menuntun jawaban atas arti cinta

10

Mashuri

Destination : Jakarta 2040

Mashuri Destination : Jakarta 2040 1

Rp110.000

Menengah

Kisah ilmuwan astrofisika Indonesia yang mengalami time travel ke tahun 2040

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Frank HerbertDune

Dune 1
Sumber: gramedia.com
Dune 2
Sumber: gramedia.com
Harga referensi
Rp129.000
Menengah
Harga referensi
Rp129.000
Menengah

Novel fiksi ilmiah paling kompleks, disebut masterpiece dan terlaris sepanjang masa!

Anda mungkin sudah menonton Dune. Film yang dibintangi Timothée Chalamet ini sukses menyabet banyak penghargaan Oscar 2022. Faktanya, film tersebut diadaptasi dari novel berjudul sama yang terbit pada tahun 1965. Dune menjadi novel sci-fi epik terlaris, bahkan menginspirasi ide cerita Star Wars.


Semesta Dune unik dan kompleks. Meski berlatar 20.000 tahun ke depan, Anda tidak akan menemukan robot, alien, bahkan komputer. Anda akan mengikuti kisah Paul Atreides yang menghadapi tragedi pengkhianatan dan ingin membalas dendam. Di sisi lain, Paul sebenarnya messiah yang bisa menghentikan perang dan menyatukan semua orang. Selagi menunggu film kedua tayang pada 2024, baca dulu novelnya, ya!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Andi WeirProject Hail Mary

Harga referensi
Rp245.000
Lebih Mahal

Seorang diri di pesawat ruang angkasa, amnesia, dan tak bisa pulang

Penggemar novel fiksi ilmiah sejati pasti mengenal Andi Weir. Salah satu novel best seller-nya adalah The Martian (Si Penghuni Mars). Jika Anda menyukai The Martian, kemungkinan besar Anda juga menyukai novel terbarunya. Project Hail Mary dibuka dengan adegan guru sains yang terbangun di pesawat luar angkasa seorang diri. Ia tidak ingat siapa namanya dan apa misinya!


Apa yang terjadi di Bumi yang ia tinggalkan? Pria ini harus menyelamatkan umat manusia sekaligus mengingat dirinya sendiri. Project Hail Mary memiliki alur bercerita khas Andi Weir yang mendetail serta didukung dengan penjelasan ilmiah. Filmnya dikabarkan akan tayang pada 2024!

No.3

Tere LiyeBumi

Bumi 1
Sumber: gpu.id
Bumi 2
Sumber: gpu.id
Bumi 3
Sumber: gpu.id
Bumi 4
Sumber: gpu.id
Bumi 5
Sumber: gpu.id
Harga referensi
Rp77.250
Agak Murah

Novel fiksi ilmiah Indonesia karya Tere Liye yang menggabungkan sci-fi dengan fantasi

Salah satu penulis kenamaan dalam negeri, Tere Liye, juga menulis seri novel fiksi ilmiah. Serial Bumi sudah dirilis hingga 14 buku saat ini. Buku pertama berjudul Bumi diterbitkan pada 2014, sedangkan yang terbaru, Matahari Minor, dirilis Oktober 2022.


Novel Bumi bermula dari Raib, gadis 15 tahun yang memiliki kemampuan menghilang. Bersama dengan teman-temannya, Raib bertualang di dunia palalel untuk menemukan jati diri mereka. Novel sci-fi Indonesia ini memadukan elemen fantasi yang bisa memanjakan imajinasi. Novel ini tepat menjadi pilihan bacaan untuk remaja.

No.4

J.S. KhairenMelangkah

Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Tentang sekawanan yang menghadapi sebuah kekuatan baru

Apabila Anda mencari novel Indonesia distopia, Melangkah bisa menjadi bacaan yang asyik. Novel ini bercerita tentang sekelompok sahabat yang menghadapi sebuah kekuatan baru yang mengancam Indonesia. Kekuatan tersebut menyebabkan pemadaman listrik yang terjadi di Pulau Bali dan Jawa. Lalu, bisakah mereka menghadapi kekuatan tersebut? Temukan jawabannya di novel satu ini!

No.5

Hanya YanagiharaTo Paradise

Harga referensi
Rp150.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp150.000
Agak Mahal

Realitas alternatif apabila sejarah peradaban manusia diubah

Novel sci-fi tidak melulu mengandalkan teknologi, terkadang novel genre ini juga menyuguhkan dunia-dunia altenatif. Tidak heran jika genre sci-fic terkadang disebut sebagai fiksi spekulatif. Untuk Anda yang menyukai tema distopia dengan unsur sejarah, To Paradise menjadi pilihan yang tepat. Novel ini menghadirkan sebuah eksplorasi mendalam tentang beragam realitas alternatif. 


Secara khusus, Anda akan diberi gambaran mengenai dunia yang diubah oleh berbagai alternatif sejarah. Buku ini menggabungkan unsur-unsur fiksi ilmiah dan spekulatif untuk menjelajahi isu-isu penting seperti hak asasi manusia, identitas, dan keadilan sosial. 

No.6

George Orwell1984

Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Novel distopia klasik yang menghadirkan dunia kelam

1984 merupakan novel klasik karya George Orwell. Novel distopia ini menghadirkan dunia yang kelam dan mencekam. Cerita ini berlangsung di Oceania, negara totaliter yang diperintah oleh Partai dan dipantau oleh Big Brother. Buku ini mengikuti protagonisnya, Winston Smith, seorang pejabat Partai yang mencoba melawan kendali yang ketat dan memantau totalitas pemerintahan.


Novel ini mengeksplorasi tema-tema, seperti manipulasi informasi, kontrol pemerintah, dan kehilangan privasi individual. 1984 membuka diskusi tentang kekuasaan, kebenaran, dan bahaya totalitarisme. Novel ini cocok untuk Anda yang tertarik pada karya sastra yang membahas masyarakat dan politik.

No.7

Ernest ClineReady Player One

Ready Player One 1
Sumber: gramedia.com
Harga referensi
Rp162.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp162.000
Agak Mahal

Teknologi dunia maya yang berimbas pada dunia nyata

Anda yang menyukai film sci-fi mungkin tidak asing dengan Ready Player One. Film tersebut diangkat dari novel fiksi ilmiah dengan judul yang sama karya Ernest Cline. Film Ready Player One rilis pada tahun 2018, sedangkan novelnya diterbitkan pertama kali tahun 2011 di Amerika.


Novel ini bercerita tentang kecanggihan teknologi dunia maya yang membuat semua orang dapat melakukan apa pun yang diinginkan. Namun, dunia maya yang seharusnya tetap berada di dunia maya malah berimbas kepada dunia nyata. Anda yang menyukai teknologi dan game online pasti akan menyukai novel ini.

No.8

Veronica RothDivergent

Harga referensi
Rp49.000
Lebih Murah

Perjuangan di era Bumi yang sekarat

Divergent merupakan sebutan bagi ras yang berbeda dari manusia kebanyakan. Dengan mengambil latar pada era Bumi yang sekarat, Veronica Roth berhasil menggabungkan tema perjuangan dan teknologi canggih dalam karyanya.


Seri Divergent merupakan novel yang berhasil dialih wahana ke film dengan apik. Bagi Anda yang sudah menonton filmnya, tak ada salahnya kembali merasakan flashback dengan membaca novelnya. Empat seri buku ini sangat cocok untuk dikoleksi. Anda yang menyukai tokoh wanita yang tangguh pasti akan menyukai ceritanya.

No.9

Kazuo IshiguroKlara and the Sun (Klara dan sang Matahari)

Harga referensi
Rp117.000
Menengah

Sosok teman artifisial yang menuntun jawaban atas arti cinta

Kazuo Ishiguro adalah penulis asal Inggris yang berdarah Jepang. Ia menjadi salah satu novelis yang berhasil meraih penghargaan Nobel Sastra pada 2017. Karena itu, tidak perlu diragukan lagi kualitas novel yang ditulisnya, terutama novel best seller berjudul asli Klara and the Sun ini.

Klara and the Sun mengisahkan dunia yang tengah diliputi pertanyaan tentang arti cinta. Sang penulis melukiskannya melalui tokoh Klara, sosok teman artifisial yang bertugas menjaga sebuah toko. Jika ingin menikmati novel fantasi dengan setting dunia modern, cobalah membaca novel ini.
No.10

MashuriDestination : Jakarta 2040

Harga referensi
Rp110.000
Menengah

Kisah ilmuwan astrofisika Indonesia yang mengalami time travel ke tahun 2040

Untuk novel fiksi ilmiah Indonesia bertema time travel dan berunsur utopia, pertimbangkan novel yang baru dirilis tahun 2021 ini. Novel ini mengisahkan perjalanan Raden Ilyas Aditya, ilmuwan muda yang mengalami time travel dari tahun 2015 ke tahun 2040. Saat Ilyas mengalami distorsi perjalanan waktu, ia berjumpa dengan kekasihnya yang telah menjadi sosok berbeda di masa depan.


Mashuri memasukkan banyak teori fisika, terutama konsep ruang dan waktu, yang menarik dan mudah dipahami orang awam sekalipun. Anda pun akan terhibur dengan akhir cerita yang mengandung twist tidak terduga!

5 Rekomendasi Novel Sci-Fi terbaik

No. 1: Frank HerbertDune

No. 2: Andi WeirProject Hail Mary

No. 3: Tere LiyeBumi

No. 4: J.S. KhairenMelangkah

No. 5: Hanya YanagiharaTo Paradise

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Buku
  3. Novel & sastra
  4. 10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.