• 10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Novel Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Salah satu genre novel yang cukup populer adalah science fiction atau fiksi ilmiah. Genre yang juga dikenal dengan sci-fi ini biasanya terinspirasi dari teknologi yang diimajinasikan penulis. Temanya pun beragam, mulai dari dying Earth, perang interstellar, techno-thriller, penjelajah waktu, dan sebagainya. Ada juga novel sci-fi terjemahan dari bahasa asing yang bisa didapatkan di Indonesia.


Membaca novel dengan genre sci-fi dapat memancing imajinasi Anda untuk membayangkan masa depan manusia. Kali ini kami akan menjabarkan mengenai sci-fi dan memberikan rekomendasi novel terbaiknya. Simak pembahasannya dan temukan novel-novel yang bagus dari genre ini!

  • Pembaharuan terakhir: 23 April 2021
Daftar isi

Sejarah dan perkembangan genre sci-fi

Sejarah dan perkembangan genre sci-fi

Genre sci-fi atau fiksi ilmiah sebenarnya sudah ditulis mulai abad ke-2. Sementara itu, karya fiksi ilmiah sendiri mulai dipublikasikan sekitar abad ke-18 bersamaan dengan revolusi di Eropa. Akan tetapi, berbeda dengan sekarang, fiksi ilmiah zaman dahulu lebih mengarah kepada fantasi semata.


Banyaknya penemuan terbaru dan dimulainya perjalanan untuk menemukan dataran baru membuat banyak penulis mulai menuliskan genre ini. Namun, lebih banyak penulis yang menuliskan tentang satire dan kritik sosial atas banyak hal yang terjadi saat itu.


Pada abad ke-19, karya fiksi ilmiah pertama yang dibukukan pun terbit. Cerita tentang makhluk buatan bernama Frankenstein yang terkenal hingga saat ini menjadi buku fiksi ilmiah pertama. Buku fiksi ilmiah Frankenstein: or, The Modern Prometheus yang mengusung genre sci-fi dan gothic ini dirilis pada 1818.


Abad berikutnya, minat pembaca terhadap genre ini pun terus meningkat. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya majalah yang membahas tentang sci-fi seperti The Magazine of Fantasy and Science Fiction. Perang Dunia II juga menjadi salah satu inspirasi para penulis untuk terus menulis buku bergenre sci-fi.


Setelah teknologi pertelevisian dimulai, era perkembangan sci-fi merambah ke dunia visual. Makin banyak cerita-cerita tentang penjelajahan waktu, invasi alien, dan lainnya yang dijadikan serial. Film-film yang mengangkat tema ini pun makin banyak bermunculan seperti Star Trek dan Star Wars.

Cara memilih novel sci-fi

Sci-fi merupakan salah satu genre yang selalu berkembang mengikuti zaman. Anda dapat memilih novel sci-fi berdasarkan subgenre yang diusung atau karakter yang diceritakan. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan novel-novel yang sudah diadaptasi menjadi film.

Kenali subgenre dari sci-fi

Genre sci-fi memiliki berbagai subgenre yang lebih spesifik lagi. Berikut ini kami akan membahas beberapa subgenre sci-fi yang populer dan banyak ditulis oleh penulis di dunia.

Dying Earth, menceritakan tentang Bumi yang sekarat

Dying Earth, menceritakan tentang Bumi yang sekarat

Dying Earth, atau Bumi yang sekarat, menjadi salah satu subgenre yang banyak dipilih oleh penulis fiksi ilmiah. Penulis biasanya menceritakan tentang Bumi yang sedang sekarat karena banyak hal, seperti invasi alien, virus menular, dan percobaan berbahaya.


Biasanya arah cerita terbagi menjadi dua pilihan, tetap bertahan di Bumi atau mencari tempat baru. Dari pilihan tersebut, muncullah subgenre utopia dan distopia. Utopia adalah tempat baru yang menyenangkan dan layak huni, baik tetap di Bumi maupun di planet lain.


Sementara itu, distopia merupakan tempat yang tidak menyenangkan untuk dihuni dengan berbagai keburukannya. Distopia biasanya akan membuat penulis menjadikan zombi atau alien sebagai salah satu karakternya.

Perang interstellar, menceritakan peperangan antargalaksi

Perang interstellar, menceritakan peperangan antargalaksi

Perang interstellar merupakan subgenre lainnya yang cukup banyak ditulis atau difilmkan. Contoh paling nyatanya adalah Star Wars atau Star Trek. Perang interstellar biasanya berlatar masa depan, ketika manusia sudah dapat menjelajah ke seluruh galaksi. Manusia dan alien pada novel dengan genre ini biasanya sudah memiliki teknologi canggih.


Alasan terjadinya perang pun beragam, seperti invasi wilayah, upaya mempertahankan planet, dan sebagainya. Selain film, ada juga novel buatan Indonesia yang mengusung subgenre ini yaitu Penjelajah Antariksa karya Djokolelono.

Time travel, membawa Anda ke masa lalu atau masa depan

Time travel, membawa Anda ke masa lalu atau masa depan

Time travel merupakan salah satu jenis cerita yang dapat menjadi subgenre sci-fi ataupun fantasi. Perjalanan waktu yang dilakukan mungkin akan membuat novel bercerita tentang sejarah alternatif atau dunia alternatif. Anda yang membacanya akan dibawa melihat masa depan atau masa lalu di alam imajinatif penulis. Salah satu novel dengan subgenre ini adalah Time Riders karya Alex Scarrow.

High technologies, menitikberatkan kepada teknologi

High technologies, menitikberatkan kepada teknologi

High technologies merupakan subgenre yang sudah mulai berkembang sejak revolusi industri di Eropa. Pada awalnya, mesin uap menjadi salah satu inspirasi yang sering digunakan dan dikenal sebagai genre steampunk. Subgenre ini menitikberatkan cerita pada teknologi yang digunakan. Beberapa genre turunan lainnya adalah dieselpunk, biopunk, tech noir, dan sebagainya.


Di era modern saat ini, kebanyakan penulis mulai beralih kepada tech noir. Subgenre ini menceritakan tentang dunia teknologi canggih seperti dunia cyber atau robotik. Salah satu novel terkenal yang mengusung subgenre ini adalah Ready Player One yang sudah difilmkan dengan judul yang sama.

Cari tahu karakter pada novel

Dalam sebuah, novel tentunya terdapat karakter utama atau karakter pembantu. Karakter-karakter ini dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda saat memilih novel sci-fi.

Manusia biasa, karakter tanpa kekuatan

Manusia biasa, karakter tanpa kekuatan

Banyak penulis yang menjadikan manusia sebagai tokoh dalam karyanya. Sekalipun tidak menggunakan manusia sebagai karakter utama, tak jarang manusia dijadikan sebagai karakter pembantu.


Manusia di sini merupakan manusia tanpa kekuatan apa pun, dengan berbagai ras, jenis kelamin, dan pekerjaan. Cukup banyak penulis yang memasukkan karakter manusia dengan pekerjaan militer yang membantu invasi alien atau perang antargalaksi.

Alien, karakter makhluk asing dari angkasa luar

Alien, karakter makhluk asing dari angkasa luar

Alien merupakan karakter makhluk asing dari angkasa luar yang sering muncul dalam novel sci-fi. Alien dalam novel dapat berupa makhluk yang berbentuk seperti monster atau berwujud mirip manusia. Akan tetapi, tak jarang penulis membuat karakter alien yang sama seperti manusia dan membaur dengan manusia biasa.


Ada juga novel yang menceritakan tentang manusia hibrida yang lahir dari orang tua alien dan manusia. Salah satu novel dengan karakter alien adalah The Host dari Stephen Mayer.

Mutan, manusia dengan kekuatan hasil mutasi

Mutan, manusia dengan kekuatan hasil mutasi

Mutan merupakan makhluk hidup yang bermutasi dengan hewan, tanaman, atau alien. Contoh karakter mutan banyak terdapat dalam komik Marvel. Mutan biasanya berbentuk seperti manusia, tetapi memiliki kekuatan layaknya makhluk yang menjadi sumber mutasinya. Misalnya, mutasi antara manusia dengan kelelawar mungkin dapat menjadikan manusia tersebut mampu melihat dalam gelap atau terbang.


Mutasi pada manusia dapat terjadi secara tidak disengaja atau disengaja. Penulis biasanya akan menceritakan bagaimana karakternya bermutasi. Akan tetapi, tidak jarang proses mutasi menjadi salah satu plot twist andalan penulis.

Robot, karakter buatan manusia berbentuk humanoid atau lainnya

Robot, karakter buatan manusia berbentuk humanoid atau lainnya

Karakter selanjutnya yang sering menjadi tokoh dalam sebuah novel adalah robot. Robot dalam novel dapat berupa humanoid atau bentuk karakter lainnya. Karakter robot seperti ini biasanya banyak muncul dalam novel dengan latar belakang masa depan. Terkadang penulis akan menceritakan bahwa robot tersebut tidak menyadari bahwa dirinya adalah robot. 


Hal ini akan diungkap oleh penulis pada akhir novel sehingga membuat pembacanya pun merasa kaget. Selain robot, karakter lainnya seperti hasil kloning juga sering dijadikan tokoh dalam sebuah novel. Salah satu contoh novel yang karakternya merupakan hasil kloning ada Oblivion dari Joseph Kosinski. Oblivion juga yang sudah diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama, lho!

Pertimbangkan juga novel yang sudah diangkat menjadi film

Pertimbangkan juga novel yang sudah diangkat menjadi film

Sci-fi merupakan genre yang tidak hanya populer untuk novel, tetapi juga film. Cukup banyak film yang diadaptasi dari novel sehingga dapat Anda nikmati secara visual. Selain Ready Player One yang cukup terkenal, ada banyak adaptasi novel lainnya yang sudah dijadikan film.


Bagi para penikmat film, novel sci-fi dengan adaptasi seperti ini dapat Anda baca untuk melengkapi tontonan. Di antara novel-novel tersebut adalah seri The Maze Runner, Divergent, dan The Hunger Game. Selain buku seri, ada juga novel lainnya, seperti Starship Troopers, The Thing, dan sebagainya.


Kebanyakan buku fiksi ilmiah yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sudah memiliki film adaptasi. Jadi, jangan heran apabila Anda menemukan banyak judul novel yang filmnya juga ditayangkan di bioskop.

10 Rekomendasi novel sci-fi terbaik

Kami sudah memberikan ulasan tentang novel sci-fi. Berikut ini kami akan merekomendasikan sepuluh novel sci-fi terbaik untuk Anda. Anda dapat memilih berdasarkan cerita, subgenre, dan juga adaptasi filmnya.

10

Rick YanceyLima Gelombang (The 5th Wave)

Mulai dari Rp 94.000,00

SubgenreDying Earth
KarakterManusia, alien
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Ukuran20 cm x 13,5 cm
9
SubgenreDying Earth
KarakterManusia
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Ukuran20 cm x 13,5 cm
8
SubgenreHigh technologies
KarakterManusia, robot
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Ukuran20 cm x 13,5 cm
7
SubgenreDying Earth
KarakterMutan
PenerbitMizan Fantasi
UkuranTidak dijelaskan
6
SubgenreTime travel
KarakterManusia
PenerbitElex Media Komutindo
Ukuran20 cm x 13,5 cm
5

Pierce BrownKebangkitan Merah (Red Rising)

Mulai dari Rp 138.000,00

SubgenreDying Earth
KarakterManusia
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Ukuran23 cm x 15 cm
4
SubgenreHigh technologies
KarakterManusia
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Ukuran20 cm x 13,5 cm
3
SubgenreHigh technologies
KarakterManusia
PenerbitMizan Fantasi
Ukuran20,5 cm x 13 cm
2
SubgenrePerang interstellar
KarakterManusia, alien
PenerbitKepustakaan Populer Gramedia
Ukuran19,5 cm x 13 cm
1
SubgenreTime travel
KarakterManusia
PenerbitKakatua
Ukuran20 cm x 13 cm

Tabel perbandingan produk novel sci-fi terbaik

Gambar produk
1
H. G. Wells Mesin Waktu 1

H. G. Wells

2
Djokolelono Penjelajah Antariksa 1

Djokolelono

3
Marie Lu Warcross 1

Marie Lu

4
Carl Sagan Kontak (Contact) 1

Carl Sagan

5
Pierce Brown Kebangkitan Merah (Red Rising) 1

Pierce Brown

6
Alex Scarrow Time Riders 1

Alex Scarrow

7
Veronica Roth Divergent 1

Veronica Roth

8
Ernest Cline Ready Player One 1

Ernest Cline

9
Suzanne Collins  The Hunger Games 1

Suzanne Collins

10
Rick Yancey Lima Gelombang (The 5th Wave) 1

Rick Yancey

Nama produk

Mesin Waktu

Penjelajah Antariksa

Warcross

Kontak (Contact)

Kebangkitan Merah (Red Rising)

Time Riders

Divergent

Ready Player One

The Hunger Games

Lima Gelombang (The 5th Wave)

Keunggulan

Karya klasik tentang Bumi 800 ribu tahun ke depan

Peperangan mendapatkan kehidupan yang baru

Bergenre thriller yang menegangkan

Kisah logis dari seorang ilmuwan Amerika

Memiliki prekuel komik sebagai pengantar bacaan

Sembilan seri menegangkan penjelajah waktu!

Perjuangan di era Bumi yang sekarat

Teknologi dunia maya yang berimbas pada dunia nyata

Bernostalgia setelah menonton filmnya

Invasi alien yang menghilangkan jiwa kemanusiaan

Harga mulai dariRp 50.000,00Rp 46.000,00Rp 89.000,00Rp 95.000,00Rp 138.000,00Rp 25.000,00Rp 79.000,00Rp 120.000,00Rp 95.000,00Rp 94.000,00
SubgenreTime travelPerang interstellarHigh technologiesHigh technologiesDying EarthTime travelDying EarthHigh technologiesDying EarthDying Earth
KarakterManusiaManusia, alienManusiaManusiaManusiaManusiaMutanManusia, robotManusiaManusia, alien
PenerbitKakatuaKepustakaan Populer GramediaMizan FantasiGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaElex Media KomutindoMizan FantasiGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka Utama
Ukuran20 cm x 13 cm19,5 cm x 13 cm20,5 cm x 13 cm20 cm x 13,5 cm23 cm x 15 cm20 cm x 13,5 cmTidak dijelaskan20 cm x 13,5 cm20 cm x 13,5 cm20 cm x 13,5 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi novel lainnya di sini

Selain novel sci-fi, kami juga memiliki beberapa rekomendasi novel terbaik lainnya yang dapat Anda baca. Anda bisa menjadikan novel-novel lainnya berikut ini sebagai pengisi waktu luang atau untuk melengkapi koleksi di rak buku Anda.

Kesimpulan

Sci-fi merupakan salah satu genre yang berupa imajinasi tentang teknologi. Anda dapat memilih novelnya berdasarkan subgenre, karakter, dan ada atau tidaknya adaptasi film dari novel tersebut. Berbagai subgenre dapat Anda nikmati, baik dari penulis luar maupun dalam negeri.


Karena merupakan novel yang berhubungan dengan teknologi, novel sci-fi sangat relevan dengan kehidupan kita. Semoga rekomendasi novel sci-fi yang telah kami pilihkan kali ini bisa menjadi referensi bagi Anda. Selamat berburu novel!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Persahabatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Persahabatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Persahabatan adalah salah satu tema yang sering diangkat menjadi karya sastra, termasuk novel. Selain bisa menikmati kisah persahabatan para tokohnya, tak jarang novel tersebut memberikan sejumlah inspirasi dan motivasi. Saat pergi ke toko buku atau membuka e-commerce, banyak sekali novel persahabatan yang bagus dan mungkin menarik hati Anda.Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih serta merekomendasikan sepuluh novel persahabatan terbaik. Anda akan menemukan sejumlah novel yang mungkin sudah tidak asing lagi, seperti Laskar Pelangi, The Kite Runners, dan 5 Cm. Simak sampai habis dan temukan novel pilihan Anda!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi kamu yang masih berusia remaja, membaca teenlit bisa menjadi pilihan asyik untuk mengisi waktu luang. Mayoritas novel remaja menggunakan gaya bahasa santai dan gaul sehingga dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tema-tema yang diangkat pun sudah tak asing lagi, yaitu seputar sekolah, persahabatan, keluarga, cita-cita, hingga romansa.Apabila kamu sedang mencari novel remaja yang bagus, kami akan berbagi tips untuk memilihnya. Kami juga akan menyuguhkan rekomendasi novel remaja terbaik, seperti Bumi, Ancika, dan Geez & Ann. Kamu penasaran? Yuk, baca artikel ini hingga tuntas!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda bisa terinspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di media sosial.Namun, setiap bulan selalu ada judul novel romantis terbaru yang terbit, mulai dari Hilmy Milan hingga Himpunan. Ada pula kisah menarik dari Wattpad yang dijadikan novel dan novel best seller lainnya. Agar tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih novel romantis yang bagus untuk Anda.
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mungkin banyak di antara Anda yang tumbuh bersama novel-novel dari Tere Liye. Tak hanya cerita dari novelnya saja yang mengaduk-aduk perasaan, tetapi juga banyak kutipan tulisan Tere Liye yang menyentuh hati. Dari semua novel Tere Liye yang ada, manakah yang paling Anda sukai?Untuk Anda yang baru mengetahui karya Tere Liye atau rindu ingin membaca ulang novel-novelnya, bacalah artikel ini. Kami akan memberikan rekomendasi sepuluh novel terbaik dari Tere Liye, seperti Pulang, Negeri Para Bedebah, dan Hujan. Sosok Tere Liye dan karyanya juga akan kami bahas lebih mendalam, lho!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Inspiratif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Inspiratif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Inspirasi bisa datang dari mana pun, termasuk novel. Di antara novel-novel inspiratif best seller, tema persahabatan, perjuangan, dan petualangan sering kali menjadi tema utama. Kisah-kisah dengan tema tersebut tidak hanya menghibur Anda, tetapi juga menginspirasi.Sebelum memilih novel inspiratif yang bagus, baca dulu artikel ini. Selain menyajikan tips memilih, kami juga memberikan rekomendasi novel inspiratif terbaik. Beberapa judul yang kami rekomendasikan antara lain Laskar Pelangi, Negeri 5 Menara, dan Second Chance Summer. Baca artikel berikut ini dan temukan novel inspiratif favorit Anda!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Wattpad yang Sudah Diterbitkan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Wattpad yang Sudah Diterbitkan (Terbaru Tahun 2022)
    Di Wattpad, Anda bisa menemukan cerita dalam berbagai genre, seperti fiksi remaja, romansa, perjodohan Islami, sekolah, dan lainnya. Jika sebelumnya Anda hanya bisa membaca melalui gawai, kini cerita adaptasi Wattpad sudah banyak beredar dalam bentuk buku fisik.Saat ini, Anda barangkali dilanda kebingungan memilih novel Wattpad yang sudah diterbitkan. Maka dari itu, kami akan memandu Anda memilih novel Wattpad yang bagus. Judul-judul novel Wattpad terbaik, seperti Mariposa karya Luluk HF dan Claires karya Valerie Patkar ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Terbaik tentang Perjalanan (Terbaru 2021)
    10 Rekomendasi Novel Terbaik tentang Perjalanan (Terbaru 2021)
    Maraknya traveling sebagai gaya hidup menginspirasi banyak penulis untuk membuat novel tentang perjalanan. Novel jenis ini cukup digemari oleh pembaca muda. Selain bisa membaca kisah yang menarik, para pembaca juga akan diajak bertualang ke berbagai tempat.Di tengah banyaknya novel tentang perjalanan yang berjajar di toko buku, mungkin Anda akan bingung dalam memilih. Nah, kali ini kami akan berbagi tips memilih novel perjalanan serta memberikan rekomendasi novel yang bagus. Novel dengan kisah perjalanan di luar negeri, keliling Indonesia, hingga bertualang mendaki gunung akan masuk dalam rekomendasi kami. 
    Novel & sastra
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori