1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Kebutuhan rumah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Reed Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Reed Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Reed Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Reed Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Reed Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Reed Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Reed Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Salah satu cara mengatasi stres adalah dengan menghirup aroma wangi dari reed diffuser. Reed diffuser merupakan pengharum ruangan yang menggunakan fragrance oil dan stik rotan. Penggunaannya praktis tanpa perlu dibakar atau disambungkan ke listrik. Belakangan ini, banyak produsen home fragrance maupun essential oil yang memproduksi reed diffuser dengan wangi yang enak dan tahan lama.


Untuk itu, kami akan mengajak Anda memilih reed diffuser yang bagus dan wanginya enak. Kami juga akan me-review sepuluh produk reed diffuser terbaik dari sejumlah merek, seperti Kemayu, Camani, MINISO, dan Bayfresh. Baca artikelnya, yuk!

Diperbaharui 08-08-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Reed diffuser, pengharum ruangan yang aromatik dan praktis

Reed diffuser, pengharum ruangan yang aromatik dan praktis

Reed diffuser adalah jenis pengharum yang biasanya terdiri dari botol kaca, stik berbahan rotan, dan fragrance oil. Jenis pengharum ini banyak disukai karena lebih praktis, yaitu tidak memerlukan air, api, listrik, atau baterai.


Cara penggunaannya adalah Anda cukup menuangkan fragrance oil atau minyak esensial dengan aroma pilihan ke dalam botol kaca. Setelah itu, masukkan beberapa batang stik diffuser agar aromanya terserap dan menguap ke udara. Anda bisa membalikkan stik saat aromanya mulai berkurang atau menggantinya secara berkala.


Pengharum ini juga banyak diminati karena bisa menjadi dekorasi cantik di ruangan. Namun, Anda harus cermat dalam menentukan jenis fragrance oil, desain botol, dan jumlah stik. Tidak jarang aromanya kurang menyebar karena lekas menguap atau jangkauan aroma reed diffuser yang kurang luas. Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih tempat peletakan agar tidak mudah tersenggol dan pecah.

Cara memilih reed diffuser

Sebelum membeli reed diffuser, Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin agar tidak salah pilih. Silakan simak penjelasannya berikut ini.

① Pilih jenis aroma sesuai mood yang ingin dibangun

Poin terpenting dalam pemilihan reed diffuser adalah kesesuaian aroma yang akan digunakan dengan selera Anda. Agar keharuman yang dirasakan lebih optimal, pastikan Anda menggunakan fragrance oil berkualitas dari merek yang sudah jelas untuk reed diffuser Anda.  

Aroma buah-buahan, wangi fresh yang menyegarkan

Aroma buah-buahan, wangi fresh yang menyegarkan

Jika Anda menyukai aroma ringan dan menyegarkan, pilihlah reed diffuser beraroma buah-buahan. Aroma buah segar seperti apel atau jeruk akan membuat suasana lebih fresh dan mendinginkan ruangan. Pikiran Anda akan terasa segar dan bersemangat saat menghirup aromanya. 


Aroma menyegarkan ini juga cocok untuk diletakkan di kamar mandi atau toilet agar menyerap bau kurang sedap. Anda pun bisa menambahkan aroma mentol bila menginginkan variasi kesejukan yang berbeda.

Aroma floral, wangi relaksasi yang menenangkan

Aroma floral, wangi relaksasi yang menenangkan

Untuk Anda yang membutuhkan relaksasi, pilihlah wewangian bunga dan herbal. Wangi yang bisa menjadi pilihan, antara lain mawar, lavender, melati, sakura, dan peony. Aroma bunga yang lembut akan membuat suasana lebih tenang dan terasa rileks. Varian tersebut pas diletakan di ruang tamu untuk menciptakan suasana santai atau di kamar agar tidur Anda lebih pulas

Aroma kayu dan rempah, ideal untuk menghangatkan suasana

Aroma kayu dan rempah, ideal untuk menghangatkan suasana

Bila Anda menginginkan suasana hangat di dalam rumah, cobalah reed diffuser dengan aroma rich, seperti aroma woody dan herbs. Anda bisa memilih kayu manis, cengkeh, serai, cendana, atau cemara sebagai aroma reed diffuser


Aroma-aroma tersebut dipercaya akan menghangatkan ruangan dan juga suasana. Jenis aroma ini cocok untuk diletakkan di tempat anggota keluarga biasa berkumpul seperti ruang tamu atau ruang makan

Aroma gourmand, aroma manis khas dessert yang menggoda

Aroma gourmand, aroma manis khas dessert yang menggoda

Gourmand adalah tipikal aroma yang manis, seperti ketika Anda sedang mencicipi dessert atau kue. Beberapa wewangian yang termasuk dalam keluarga gourmand adalah wangi vanila, cokelat, karamel, dan kopi


Aroma manis yang edible ini akan memberikan kesan relaxing sekaligus menggugah selera. Jika Anda bosan dengan reed diffuser yang mainstream, seperti wangi fresh atau fruity, wangi sweet gourmand bisa jadi pilihan. 

② Pertimbangkan desain wadahnya

Pertimbangkan desain wadahnya

Saat memilih reed diffuser, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan desain wadahnya. Pertimbangkan wadah dengan ujung atau leher yang sempit seperti botol. Wadah berdesain seperti itu akan memastikan bahwa minyak esensial tidak menguap begitu saja dan cepat habis


Selain itu, pilihlah reed diffuser yang serasi dengan desain dan dekorasi yang ada di ruangan Anda. Pemilihan reed diffuser yang tepat akan melengkapi visi desain interior Anda. Ada banyak tipe reed diffuser mulai dari klasik, minimalis, sampai girly yang bisa dipilih sesuai gaya Anda.

③ Kenali material stik reed diffuser

Kenali material stik reed diffuser

Bahan yang sering dipakai sebagai stik reed diffuser adalah rotan. Namun, ada juga stik diffuser yang terbuat dari bambu dan fiber. Bahan-bahan tersebut dimanfaatkan sebagai stik reed diffuser karena kemampuannya menyerap minyak esensial yang baik. Mari kita kenali sedikit karakteristik ketiganya.


  • Rotan

Rotan adalah buluh dengan kualitas tertinggi karena seratnya dapat menyerap dan menahan minyak lebih baik dibandingkan bahan lainnya. Stik diffuser ini cenderung mempertahankan aroma dan menyebarkannya secara lambat. Stik ini ideal untuk diffuser beraroma kuat, seperti wangi rempah dan woody.


  • Bambu

Mirip dengan rotan, buluh bambu juga mengandung serat yang dapat menyerap minyak esensial. Namun, dari segi sebaran aroma, kemampuan buluh bambu tidak sebaik reed diffuser rotan. 


  • Fiber

Bahan ini merupakan stik diffuser buatan (sintetis). Berbeda dengan stik reed diffuser rotan dan bambu, fiber reed diffuser hadir dengan warna yang lebih beragam. Stik ini akan menyerap serta menguarkan aroma dengan cepat. Dengan demikian, stik ini ideal untuk diffuser beraroma ringan, seperti wangi bunga.

④ Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda

Setiap reed diffuser memiliki ukuran bervariasi, mulai dari wadah, volume fragrance oil, sampai jumlah stik. Agar aroma reed diffuser tercium dengan optimal, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan ruangan. Sebagai gambaran, untuk ruangan yang tidak terlalu besar, diffuser dengan stik berjumlah 6–8 sudah cukup. 


Untuk ruangan yang lebih luas, Anda bisa menambahkan lebih banyak reed diffuser agar aromanya lebih menyebar. Jika botol reed diffuser cukup lebar, Anda bisa menaruh hingga 12 stik diffuser. Atau, Anda juga bisa menempatkan beberapa botol reed diffuser di beberapa sudut ruangan.


Tentunya, jumlah stik diffuser yang dibutuhkan tersebut bukanlah patokan mutlak. Aroma reed diffuser yang dipilih turut menentukan sebaran aromanya. Misalnya, untuk aroma yang pekat, seperti kopi, rempah, dan woody, biasanya wanginya akan lebih menguar. Namun, sebaiknya Anda tidak menempatkan reed diffuser di ruang terbuka karena wanginya lebih cepat menguap. 

⑤ Pertimbangkan kemasan bundle dan refill

Pertimbangkan kemasan bundle dan refill

Mayoritas reed diffuser yang dijual di pasaran hadir dalam bentuk bundle, lengkap dengan botol, stik, dan fragrance oil. Kemasan bundle cocok untuk pemula karena tidak perlu repot lagi membeli perlengkapan lainnya. Sejumlah merek menambahkan bunga kering atau sola flower agar makin cantik saat dipajang. Reed diffuser juga sering kali dikemas dalam packaging menarik sehingga pantas dijadikan hadiah.


Jika Anda telah menemukan aroma yang benar-benar disukai, akan lebih menyenangkan bila Anda bisa menghirupnya dalam waktu lama. Karena itu, pertimbangkan kemasan refill atau isi ulang merek pilihan Anda. Anda hanya perlu membeli fragrance oil dan stik baru agar wanginya lebih awet. 

10 Rekomendasi reed diffuser terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk reed diffuser terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

SC Johnson

Bayfresh Reed Diffuser

SC Johnson Bayfresh Reed Diffuser 1枚目

Harga terjangkau untuk keharuman selama sebulan penuh

2

MINISO

Sewangi Pengharum Ruangan Marble Series Aroma Scent/Scent Diffuser

MINISO Sewangi Pengharum Ruangan Marble Series Aroma Scent/Scent Diffuser 1枚目

Ciptakan mood berbeda untuk setiap ruangan di rumah Anda

3

Kanaya

Premium Reed Diffuser Set

Kanaya Premium Reed Diffuser Set 1枚目

Hadirkan sentuhan rustic di ruangan Anda

4

Home of Humans

Reed Diffuser

Home of Humans Reed Diffuser 1枚目

Home fragrance dari merek parfum hits lokal, HMNS

5

Bathaholic

Reed Parfume Aromatherapy

Bathaholic Reed Parfume Aromatherapy 1枚目

Lebih hemat dengan kemasan refill yang besar

6

Kemayu and Co

Reed Diffuser

Kemayu and Co Reed Diffuser 1枚目

Perpaduan wewangian khas Indonesia dalam kemasan yang estetis

7

Coraliving

CORA Fragrance Reed Diffuser

 Coraliving CORA Fragrance Reed Diffuser 1枚目

Pilihan wanginya unik-unik, mewakili image aroma kota di Indonesia

8

Camani

Reed Diffuser

Camani Reed Diffuser 1枚目

Keharuman eksotis ala spa mewah kini bisa Anda rasakan setiap hari

9

Cocod'or

Preserved Real Flower Diffuser

Cocod'or Preserved Real Flower Diffuser 1枚目

Mengharumkan sekaligus mempercantik ruangan dengan keindahan bunga

10

Sorai

Hampers Set - Sada A

Sorai  Hampers Set - Sada A 1枚目

Hampers cantik untuk orang terdekat Anda

Perincian produk
Close
No.1

SC JohnsonBayfresh Reed Diffuser

Mulai dari Rp54.100,00

Harga terjangkau untuk keharuman selama sebulan penuh

Ingin mencoba merasakan keharuman reed diffuser tetapi bujet Anda terbatas? Jadikan produk dari SC Johnson ini sebagai milik Anda. Dengan harga yang terjangkau Anda sudah bisa mendapatkan set lengkap reed diffuser berukuran mungil. 


Bayrfresh Reed Diffuser diklaim sanggup mengedarkan wangi yang konsisten hingga 30 hari. Anda bisa mengisi kembali botol yang kosong dengan kemasan refill atau mencoba berbagai varian lainnya. 

No.2

MINISOSewangi Pengharum Ruangan Marble Series Aroma Scent/Scent Diffuser

Mulai dari Rp59.900,00

Ciptakan mood berbeda untuk setiap ruangan di rumah Anda

Sejumlah aroma lebih cocok bila dijadikan pengharum di ruangan tertentu dalam rumah. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan aroma yang sebaiknya dipilih, cobalah reed diffuser dari MINISO. MINISO punya varian aroma untuk mengharumkan ruangan rumah sesuai suasana yang ingin diciptakan.


Salah satunya adalah aroma bunga sedap malam dan gardenia yang klasik dan romantis. Home fragrance ini cocok diletakkan di kamar tidur. Untuk ruang kerja, aroma calming White Tea & Orris bisa dipertimbangkan. Untuk area toilet, Anda bisa menaruh reed diffuser beraroma fresh, seperti Grapefruit & Musk. 

No.3

KanayaPremium Reed Diffuser Set

Mulai dari Rp125.000,00

Hadirkan sentuhan rustic di ruangan Anda

Jika Anda ingin memberikan sentuhan rustic di dalam ruangan, cobalah reed diffuser dari Kanaya Home. Selain botol, stik, dan fragrance oil, Anda akan mendapatkan set bunga kering yang manis. 


Kesan rustic akan semakin terasa dengan pilihan aroma khas alam yang ditawarkan. Ada dua kategori utama varian aroma, yaitu floral dan buah-buahan. Anda bisa memilih aroma sesuai suasana aroma yang ingin dihirup saat bersantai di rumah. 

No.4

Home of HumansReed Diffuser

Mulai dari Rp269.000,00

Home fragrance dari merek parfum hits lokal, HMNS

Home of Humans merupakan lini produk merek parfum hits lokal, HMNS. Setelah sukses dengan parfum Orgasm-nya, HMNS menciptakan Home of Humans yang berfokus pada produk pewangi ruangan. Reed diffuser lokal ini memiliki konsentrasi parfum mencapai 50%! Tak heran, wanginya akan menguar optimal dan mewangikan ruangan Anda. Ketahanannya pun awet hingga 3 bulanan.


Pilihan aromanya ada tiga. Ada This Room Makes Me O, yakni pewangi ruangan yang terinspirasi dari wangi parfum best seller HMNS, Orgasm. Ada juga A Much Better Living Room yang cocok ditaruh di ruang keluarga. Terakhir, ada A Room Full of Ideas yang cocok diletakkan di working space

No.5

BathaholicReed Parfume Aromatherapy

Mulai dari Rp250.000,00

Lebih hemat dengan kemasan refill yang besar

Bathaholic merupakan merek lokal yang berfokus pada perlengkapan mandi dan spa berbahan alami. Koleksi fragrance oil dan essential oil yang diproduksi Bathaholic cukup lengkap, mulai dari wangi satuan hingga racikan. Jadi, Anda bisa bereksperimen bila tidak menemukan aroma favorit dari pilihan produk yang disediakan Bathaholic. 


Kombinasi stik rotan dengan dua warna yang kontras pun akan terlihat apik bila diletakkan di sudut ruangan Anda. Selain itu, tersedia fragrance oil kemasan refill yang cukup besar, yaitu berukuran 500 ml. 

No.6

Kemayu and CoReed Diffuser

Mulai dari Rp198.000,00

Perpaduan wewangian khas Indonesia dalam kemasan yang estetis

Anda memerlukan pengharum ruangan yang estetik dan instagrammable? Cobalah untuk melirik reed diffuser dari Kemayu and Co. Sola flower dan stik rotan yang cukup panjang membuat reed diffuser ini terlihat cute


Kemayu and Co memadukan elemen bunga, buah-buahan, rempah-rempah, dan herbal asli Indonesia ke dalam varian reed diffuser. Setiap varian wanginya memiliki nama yang unik, bagaikan judul lagu atau puisi.

No.7

CoralivingCORA Fragrance Reed Diffuser

Mulai dari Rp149.000,00

Pilihan wanginya unik-unik, mewakili image aroma kota di Indonesia

Konon, setiap tempat memiliki memori wangi yang berbeda-beda. Untuk Anda yang merindukan nuansa kota favorit Anda Indonesia, cek produk ini. Pewangi ruangan merek lokal ini tampil unik dengan diffuser bertajuk nama kota di Indonesia. Ada Jakarta, Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Medan, Jayapura, dan Bandung.


Saat membayangkan kota Yogyakarta, wangi seperti apa yang ada di benak Anda? Coraliving mengasosiasikan kota ini dengan aroma chamomile, madu, dan teh hijau yang calming, manis, dan soft. Begitu pula untuk kota-kota lainnya, image wangi yang Anda hidu akan terasa unik dan menimbulkan nuansa tersendiri.

No.8

Keharuman eksotis ala spa mewah kini bisa Anda rasakan setiap hari

Umumnya, hotel bintang lima atau spa mewah memiliki aroma rempah-rempah yang kuat. Jika Anda ingin merasakan keharuman ala spa mewah di rumah, pilihlah reed diffuser dari Camani. Produk ini dikemas dalam botol ramping yang minimalis dengan tujuh varian aroma nusantara.


Setiap varian memiliki nama dan aroma unik yang khas dari sejumlah daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Alia Jae, wewangian khas daerah Jawa Tengah yang kental dengan aroma citrus dan jahe. 

No.9

Cocod'orPreserved Real Flower Diffuser

Mulai dari Rp249.900,00

Mengharumkan sekaligus mempercantik ruangan dengan keindahan bunga

Bila Anda menginginkan reed diffuser yang juga bisa terlihat cantik layaknya vas bunga, produk inilah jawabannya. Dengan bunga asli yang telah diawetkan di dalam set diffuser, ruangan Anda tidak hanya wangi, tetapi juga indah. 


Anda pun bisa menyesuaikan jumlah stik dan bunga berdasarkan keinginan. Selain itu, produk ini juga dilengkapi alas antiselip sehingga Anda tidak perlu khawatir botol tergelincir.

No.10

Sorai Hampers Set - Sada A

Mulai dari Rp85.000,00

Hampers cantik untuk orang terdekat Anda

Menunjukkan rasa sayang dan kepedulian terhadap orang terdekat bisa Anda wujudkan lewat memberikan kado atau hampers. Nah, jika Anda tengah bingung memilih hampers, jatuhkan saja pilihan Anda pada paket reed diffuser dari Sorai ini. 


Sorai reed diffuser ini dikemas dalam packaging premium yang cantik dan disertai kartu ucapan. Pilihan wanginya pun enak-enak. Ada wangi floral khas bunga melati, aroma manis buah stroberi, wangi powdery, hingga woody.

Baca juga rekomendasi pengharum ruangan lainnya di sini

Reed diffuser memang cukup praktis karena tidak memerlukan air, api, atau listrik. Namun, Anda mungkin ingin mengetahui pengharum ruangan selain reed diffuser untuk keperluan yang lebih spesifik. Karena itu, kami telah menyediakan sejumlah artikel pengharum ruangan yang bisa Anda baca melalui tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel ini? Sudahkah Anda menemukan reed diffuser yang paling sesuai? Reed diffuser tidak hanya mampu mengharumkan ruangan, tetapi juga bisa digunakan sebagai dekorasi yang indah. 


Selain lebih praktis, pilihan aroma yang sangat bervariasi membuat reed diffuser kian digemari. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai panduan dalam memilih reed diffuser terbaik. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer