mybest
Jam tangan

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Aksesori wanita
  4. 10 Rekomendasi Jam Tangan Casio Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Casio Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Casio Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Casio Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Casio Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Casio Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Jam Tangan Casio Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024)

Berbicara soal merek jam tangan, Casio pasti sudah familier di telinga Anda. Casio memiliki pilihan jam tangan wanita yang bagus dengan gaya berbeda dan harga yang cukup terjangkau. Anda bisa memilih jam tangan wanita, mulai dari yang berdesain feminin seperti seri Sheen, sampai yang tomboi, seperti G-Shock.


Bagi Anda yang ingin memiliki jam tangan Casio, kami akan memberikan tips untuk mendapatkan produk terbaiknya. Review jam tangan Casio digital maupun analog akan kami hadirkan. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk casio original yang sesuai dengan keinginan dan style Anda. Selamat membaca!
Diperbaharui 21/08/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Mengenal jam tangan Casio

Mengenal jam tangan Casio
Sumber: casio.com

Casio merupakan sebuah perusahaan multinasional yang didirikan pada bulan April 1946 oleh Tadao Kashio. Pada Tahun 1980-an, Casio menciptakan jam tangan pertama yang dapat menampilkan waktu dalam berbagai zona waktu yang berbeda. Jam tangan ini juga dilengkapi dengan informasi suhu, tekanan atmosfer, ketinggian, bahkan posisi GPS.


Selain kecanggihannya, keunggulan lain yang dimiliki oleh jam tangan Casio adalah desainnya yang stylish dan elegan. Hal inilah yang membuat jam tangan Casio juga cocok untuk dikenakan oleh berbagai kalangan, termasuk wanita. 

Cara memilih jam tangan Casio untuk wanita

Sebagai panduan dalam memilih jam tangan Casio, kami akan menjabarkan hal-hal yang harus Anda pertimbangkan. Untuk mendapatkan jam tangan terbaik, simak pembahasan ini sampai habis, ya!

1

Pilih berdasarkan seri jam tangan

Casio memiliki banyak seri produk jam tangannya. Untuk mendapatkan jam tangan yang cocok dengan kebutuhan dan keinginan Anda, mari kenali masing-masing serinya. 

G-shock dan Baby-G, kombinasi desain yang casual dan kukuh

G-shock dan Baby-G, kombinasi desain yang casual dan kukuh
Sumber: casio.com


Jika Anda mementingkan ketangguhan saat memilih jam tangan, pilihan jatuh pada G-Shock atau Baby-G. Seri G-Shock memiliki model yang lebih terlihat tangguh dan kukuh dibanding Baby-G. Jam tangan seri ini lebih direkomendasikan untuk Anda yang menyukai gaya tomboi dan casual. Sementara itu, Baby-G mengadopsi ketangguhan G-Shock dengan tambahan unsur feminin, seperti warna yang lebih lembut dan cerah.

Salah satu ciri khas dari kedua jam ini adalah ketahanannya terhadap air hingga kedalaman 100 meter. Selain itu, struktur kedua jam ini terbuat dari bahan resin dan dilengkapi dengan sistem peredam sehingga lebih tahan guncangan. Jam ini juga mudah digunakan dalam kondisi apapun karena dilengkapi dengan lampu LED amber. Anda dapat melihat angka pada jam tangan bahkan saat gelap. 

Sheen, sempurna untuk penampilan yang elegan

Sheen, sempurna untuk penampilan yang elegan
Sumber: casio.com

Seri Sheen merupakan kumpulan koleksi jam tangan Casio khusus untuk wanita. Seri ini memiliki beragam pilihan jam tangan analog berdesain elegan dengan warna yang lembut. Dilengkapi material kaca dari kristal safir dan strap dari baja antikarat, desain seri Sheen makin terlihat mewah dan cantik.


Koleksi jam tangan dalam seri Sheen juga dilengkapi dengan fitur tahan air hingga kedalaman 50 meter. Oleh karena itu, seluruh koleksi jam tangan pada seri ini bisa digunakan di berbagai kesempatan, seperti bekerja hingga travelling.

Youth, fitur lengkap untuk digunakan sehari-hari

Youth, fitur lengkap untuk digunakan sehari-hari
Sumber: casio.com

Pada seri ini, Casio membuat basic jam tangan dengan desain jam yang modis dan tali jam dari resin. Desainnya mengusung suasana ceria dan kaya warna sehingga cocok untuk situasi kasual dan sporty. Jam tangan ini sangat multifungsi sekaligus praktis. Dilengkapi segudang fungsionalitas digital, seperti bezel putar, pengaturan waktu yang mudah, dan water-resistant hingga kedalaman 100 meter.

Dress, berdesain stylish dan menawan

Dress, berdesain stylish dan menawan
Sumber: casio.com


Untuk Anda yang menyukai jam tangan dengan model klasik, Anda bisa memilih seri Dress. Seri ini dapat mendukung penampilan Anda menjadi lebih stylish sekaligus menawan. 


Sesuai dengan namanya, jam tangan ini tergolong sebagai dress watch. Artinya, Anda bisa memakainya saat pergi ke acara pesta dan mengenakan gaun formal. Ada sentuhan gaya tersendiri pada indeks angka Romawi di posisi pukul 6 dan 12 sehingga menambah kesan elegan.

2

Pertimbangkan diameter jam tangan

Pertimbangkan diameter jam tangan
Sumber: casio.com

Jam tangan Casio memiliki beragam tipe dan ukuran. Diameter jam yang besar digunakan pada seri jam pria, seperti G-shock, Edifice, dan Pro Trek. Sementara pada jam tangan wanita, diameter terkecil adalah 20 mm (pada seri Dress).


Ukuran terbesar yang cocok dengan ukuran tangan wanita adalah diameter 46,1 mm, yaitu pada seri Baby-G. Pilihlah diameter jam tangan yang sesuai dengan kebutuhan harian dan aktifitas Anda. 

3

Perhatikan tipe daya jam tangan

Jam tangan Casio memiliki beragam jenis tipe daya. Untuk seri jam tangan wanita Casio, ada dua macam tipe daya yang digunakan. Kenali setiap jenisnya di bawah ini dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda!

Quartz movement, user-friendly dan harganya terjangkau

Quartz movement, user-friendly dan harganya terjangkau


Tipe daya yang paling dasar dalam dunia jam tangan adalah quartz. Pada sistem ini, gerakan jam tangan terjadi akibat gerakan kristal quartz yang dipicu oleh aliran listrik. Sumber daya listrik yang digunakan pada teknologi ini adalah baterai. Jam tangan dengan sistem ini juga memiliki akurasi yang sangat baik.


Sayangnya, Anda harus secara rutin mengganti baterai jam tangan setelah habis. Membiarkannya tanpa daya dalam waktu lama akan membuat mesin utama jam tangan melemah dan mati permanen. Kekuatan baterai sendiri umumnya adalah dua sampai tiga tahun tergantung jenis jam tangan analog atau digital. 

Solar-charging, isi ulang baterai dengan tenaga surya

Solar-charging, isi ulang baterai dengan tenaga surya

Sesuai namanya, jam tangan ini bisa diisi ulang dengan tenaga surya. Jam tangan dengan tipe solar-charging pada dasarnya juga menggunakan baterai. Hanya saja, baterai yang digunakan berbeda karena sifatnya rechargeable. Artinya, Anda tidak perlu melakukan penggantian baterai secara berkala seperti jam tangan quartz


Baterai jam tangan Casio berjenis solar-charging atau biasa disebut Tough Solar berbeda dengan jam tangan lainnya. Jam tangan Casio seperti ini mampu bertahan rata-rata sampai dua tahun saat terisi penuh. Menariknya, baterai solar-charging Casio tetap dapat mengisi dayanya meski dengan cahaya redup atau pencahayaan indoor

4

Pilih strap sesuai dengan kebutuhan

Pilih strap sesuai dengan kebutuhan

Jam tangan Casio juga menyediakan banyak pilihan strap yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Berikut jenis-jenis strap yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan Anda.


  • Strap kulit: Strap ini merupakan pilihan paling aman karena cocok untuk hampir semua warna kulit. Sayangnya, bahan ini mudah rusak dan berisiko mengeluarkan aroma tidak sedap jika sering terkena air atau keringat. 

  • Strap stainless steel: Strap jenis ini lebih kukuh untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu strap ini juga memberi kesan yang lebih elegant terutama untuk wanita. 

  • Strap resin: Untuk strap jenis resin modelnya tampak lebih kasual dan dapat digunakan oleh berbagai usia. Bahannya pun jauh lebih ringan dan memiliki kekuatan yang tinggi sehingga lebih awet digunakan. 
5

Perhatikan juga fitur tambahan lainnya

Perhatikan juga fitur tambahan lainnya
Sumber: casio.com

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, Casio juga membekali produk jam tangannya dengan berbagai inovasi. Berikut ini adalah beberapa fitur tambahan yang dibuat oleh Casio sebagai teknologi tercanggihnya.


  • GPS Hybrid Wave Ceptor: Jam tangan Casio menggunakan GPS + Multi Band 6, yang memiliki akurasi kapan saja, di mana saja. Jam tangan hybrid Casio dapat memperoleh informasi posisi dan waktu yang tepat dari satelit GPS. Lokasi Anda dapat diketahui secara tepat hanya dengan menekan tombol yang terdapat pada jam tangan.

  • Smartphone link: Jam tangan analog Casio kompatibel dengan Smart Bluetooth. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur waktu secara tepat dan dapat juga dihubungkan dengan smartphone Anda.

  • Multi Band 6: Fitur ini merupakan sebuah penerimaan gelombang radio terestrial dari 6 stasiun transmisi di seluruh dunia. Namun, koreksi waktu otomatis hanya tersedia di Jepang, Amerika Utara, Inggris, Eropa, dan Tiongkok.

  • World time: Fitur ini mampu menampilkan waktu dari dua kota yang berbeda secara bersamaan dengan dial ganda. Teknologi Multi-Motor Drive akan memberikan kontrol independen dari jarum jam pada dial utama dan dial inset. 

  • Tough Movement & Tough Solar: Gerakan dari original system multi-motor drive di dalam jam tangan Casio ditingkatkan jadi makin kuat dan didesain lebih ramping. Oleh karena itu, struktur penahan goncangannya pun makin kuat dan ketahanan baterai solar isi ulangnya pun meningkat hingga 90%.

  • Triple G Resist: Struktur pada jam tangan G-Shock ditingkatkan menjadi lebih kukuh dan tahan guncangan, gravitasi sentrifugal, dan getaran. Ketahanan getaran diuji selama kurang lebih 10 jam dalam kondisi osilasi. G-SHOCK telah tersertifikasi melampaui standar uji ketahanan getaran (getaran hingga 20G) untuk suku cadangnya.

  • Triple Sensor, Ver. 3: Casio telah memberi peningkatan yang dramatis dari Triple Sensor dengan kemajuannya di generasi ke-3. Terdapat tiga sensor mini untuk mengukur arah, tekanan atau ketinggian barometrik, dan suhu.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi jam tangan Casio terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jam tangan Casio terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Casio

LA670WA-1

Casio LA670WA-1 1

Rp456.000

Agak Murah

Tampil casual dengan jam tangan vintage yang kukuh

2

Casio

LA-20WH-4A1

Casio LA-20WH-4A1 1

Rp359.000

Lebih Murah

Model khas anak muda dengan harga 300 ribuan

3

Casio

LRW-200H-4B2V

Casio LRW-200H-4B2V 1

Rp479.000

Agak Murah

Desain diver-look dengan warna pop yang ceria

4

Casio

LTP-VT01L-7B2UDF

Casio LTP-VT01L-7B2UDF 1

Rp559.000

Agak Murah

Strap kulit yang cocok untuk segala situasi

5

Casio

LTP-V002G-1B

Casio LTP-V002G-1B 1

Rp729.000

Menengah

Tampil anggun dengan jam berdiameter kecil yang memikat

6

Casio

MSG-S200G-4A

Casio MSG-S200G-4A 1

Rp3.099.000

Lebih Mahal

Dengan Tough Solar, tidak perlu repot mengganti baterai

7

Casio

LWS-2000H-2AVDF

Casio LWS-2000H-2AVDF 1

Rp819.000

Menengah

Jam tangan sporty yang mendukung kegiatan olahraga Anda

8

Casio

GMA-S2100-4A

Casio GMA-S2100-4A 1

Rp1.959.000

Agak Mahal

Fashionable sekaligus tangguh dengan G-shock warna pink

9

Casio

SDB-100-1ADF

Casio SDB-100-1ADF 1

Rp729.000

Menengah

Style tomboi dengan jam model persegi yang keren

10

Casio

SHE-3048PGL-6AUDR

Casio SHE-3048PGL-6AUDR 1

Rp2.499.000

Agak Mahal

Desain mewah bertabur kristal Swarovski

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

CasioLA670WA-1

LA670WA-1 1
Sumber: casio.com
Harga referensi
Rp456.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp456.000
Agak Murah

Tampil casual dengan jam tangan vintage yang kukuh

Bagi pencinta jam tangan bergaya vintage, produk ini patut dipertimbangkan. Jam tangan ini memiliki model vintage yang dikombinasikan dengan tampilan modern. Lebih dari itu, dengan strap stainless steel, jam tangan ini terlihat lebih kukuh. Dari segi penampilan, jam tangan ini juga cocok untuk digunakan sehari-hari. Sebut saja untuk pergi ke kantor atau acara santai di akhir pekan.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

CasioLA-20WH-4A1

Harga referensi
Rp359.000
Lebih Murah

Model khas anak muda dengan harga 300 ribuan

Produk ini memiliki bezel berbentuk persegi dengan material resin khas G-Shock. Jam tangan ini cocok untuk Anda yang ingin tampil energic khas anak muda dan tetap dengan kualitas terbaik Casio. 


Kelebihan lainnya yang dimiliki jam ini adalah harganya yang ramah di kantong. Untuk jam sekelas Casio yang tahan banting dan tahan air ini, Anda bisa mendapatkannya dengan harga 300 ribuan saja.

No.3

CasioLRW-200H-4B2V

Harga referensi
Rp479.000
Agak Murah

Desain diver-look dengan warna pop yang ceria

Untuk Anda yang menyukai gaya casual sekaligus feminin, jam ini sangat cocok untuk Anda. Jam ini didesain dengan style jam menyelam dan pop color yang memberi kesan energic dan menyenangkan untuk digunakan sehari-hari. Warna-warni pada angka jam tangannya akan menceriakan hari Anda. Tertarik? Masukkan produk ini pada shopping list Anda, ya!

No.4

CasioLTP-VT01L-7B2UDF

Harga referensi
Rp559.000
Agak Murah

Strap kulit yang cocok untuk segala situasi

Produk ini memiliki model antik yang elegan dengan strap kulit yang cocok digunakan semua warna kulit. Kesan antik pada jam tangan ini bertambah kuat dengan penggunaan angka romawi sebagai penunjuk waktu. Jam jenis ini cocok digunakan untuk segala macam situasi, baik formal atau casual. Jika Anda mencari jam tangan casual yang elegan, produk ini patut dipertimbangkan.

No.5

CasioLTP-V002G-1B

Harga referensi
Rp729.000
Menengah

Tampil anggun dengan jam berdiameter kecil yang memikat

Ingin jam tangan berbentuk mungil yang memberi kesan anggun? Jam ini bisa Anda jadikan pertimbangan. Memiliki diameter hanya 25 mm, jam ini memberi kesan feminin, modern tetapi tetap simple saat digunakan. Dilengkapi juga dengan date display dan 3-fold clasp strap yang praktis, dan tentunya water-resistant.

No.6

CasioMSG-S200G-4A

Harga referensi
Rp3.099.000
Lebih Mahal

Dengan Tough Solar, tidak perlu repot mengganti baterai

Jam tangan ini memiliki desain metal yang mewah dan dipadukan dengan strap berbahan resin. Desain seperti ini cocok digunakan oleh sosok wanita dewasa yang trendi. 


Selain itu, fiturnya pun canggih seperti khas jam Casio lainnya. Memiliki tipe daya tenaga surya atau Tough Solar, jam tangan ini dapat bertahan sebelas bulan saat baterai terisi penuh. Jam tangan ini juga memiliki mode penyimpan daya sehingga baterai bisa bertahan hingga 20 bulan.

No.7

CasioLWS-2000H-2AVDF

Harga referensi
Rp819.000
Menengah

Jam tangan sporty yang mendukung kegiatan olahraga Anda

Jika mencari jam tangan yang dapat mendukung aktivitas olahraga Anda, produk ini dapat memenuhi kebutuhan Anda. Jam tangan ini dilengkapi dengan step tracker yang membantu menghitung langkah pada saat berjalan, berlari, maupun jogging. Jam tangan ini juga dilengkapi dengan fitur water-resistant serta LED light yang memudahkan membaca jam pada kondisi kurang cahaya. 

No.8

CasioGMA-S2100-4A

Harga referensi
Rp1.959.000
Agak Mahal

Fashionable sekaligus tangguh dengan G-shock warna pink

Jam tangan ini sangat cocok untuk Anda yang aktif bergerak dan berkegiatan setiap hari. Dengan fitur shock-resistant dan water-resistant hingga kedalaman 200 meter, jam ini tangguh Anda gunakan dalam kondisi apa pun. Walaupun begitu, model dan warna pink-nya tetap memberi statement feminin dan fashionable untuk Anda gunakan sehari-hari. 

No.9

CasioSDB-100-1ADF

Harga referensi
Rp729.000
Menengah

Style tomboi dengan jam model persegi yang keren

Tampil dengan desain yang tidak girly, jam tangan dengan model persegi ini cocok untuk Anda yang berkarakter tomboi. Modelnya kukuh dengan tampilan yang tergolong keren. Jam tangan ini mudah dipasangkan dengan pakaian apa pun yang Anda gunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Jika Anda mencari jam tangan casual dengan desain yang aman, produk ini patut Anda pertimbangkan.

No.10

CasioSHE-3048PGL-6AUDR

Harga referensi
Rp2.499.000
Agak Mahal

Desain mewah bertabur kristal Swarovski

Setiap wanita pasti ingin selalu tampil elegan, bukan? Untuk itu, Anda akan membutuhkan jam tangan satu ini. Dengan taburan kristal Swarovski sebagai penunjuk angka, jam tangan ini dapat membuat tampilan Anda makin menawan. Selain itu, strap berbahan kulit dengan warna pastelnya akan membuat jam ini terlihat manis untuk digunakan sehari-hari.

Tips mengetahui jam tangan Casio asli dan palsu

Jam tangan Casio memang sudah sangat terkenal di pasaran. Oleh karena itu, jam tangan Casio banyak dipalsukan dan dijual dengan harga murah. Berikut beberapa cara membedakan Casio asli dengan yang palsu.


  • Lihat kotak dan pengemasannya: Cara pertama untuk membedakan produk jam tangan Casio yang asli dengan yang palsu adalah dengan melihat kotak dan packaging-nya. Kebanyakan seri Casio menggunakan boks kaleng untuk mengemas jam tangan yang mereka jual.

  • Cek sertifikat keaslian, kartu garansi resmi, dan manual book: Selain memiliki sertifikat keaslian, produk yang asli juga akan memberikan kartu garansi yang resmi. Produk yang asli juga akan menyertakan buku panduan agar Anda dapat mempelajari jam tangan yang telah dibeli.

  • Bandingkan harganya: Harga jam tangan Casio yang asli jauh lebih tinggi daripada yang palsu. Setiap seri jam tangan dijual dengan harga yang berbeda-beda. Untuk mengetahui harga pastinya, silakan cek situs resmi atau seller yang tepercaya.

  • Perhatikan nomor serinya: Nomor seri dari jam tangan Casio bisa dilihat di bagian belakang atau case back jam tangan. Selain itu, nomor seri dari sebuah jam tangan Casio juga bisa dilihat pada kartu garansi. Anda juga bisa cek keaslian dari nomor seri ini di website resmi Casio. Jika nomornya terdaftar, bisa dipastikan kalau jam tangan yang Anda beli asli.

  • Amati logo yang terukir: Logo yang terdapat pada jam asli akan terlihat rapi dan jelas, baik pada bagian depan maupun belakang jam tangan.


  • Lihat dan amati gerakan jarum jam tangan: Jam tangan Casio yang menggunakan teknologi quartz gerakan jarumnya lebih halus, teratur, serta lancar.


  • Amati kondisi fisiknya dan bandingkan dengan spesifikasinya: Kondisi fisik dari jam tangan yang asli harus sama dengan spesifikasinya. Bila jam tangan memiliki spesifikasi water-resistant 100 ATM, kondisi fisik jam seharusnya kuat dibawa menyelam hingga kedalaman 100 meter.


  • Beli jam di official store atau di penjual tepercaya: Untuk menghindari pembelian produk tiruan, belilah jam di toko atau distributor resmi dan tepercaya sehingga kualitasnya terjamin.

Baca juga rekomendasi jam tangan lainnya di sini

Selain Casio, ada banyak merek jam tangan lainnya dengan model dan karakteristik yang berbeda. Sebagai referensi, kami telah menyertakan beberapa tautan artikel yang bisa Anda cek berikut ini. Penasaran dengan ulasannya? Langsung saja simak review-nya di bawah ini!

Kesimpulan

Jam tangan Casio memiliki banyak koleksi jam tangan dengan model berbeda-beda. Lebih dari itu, dengan beragam teknologi mutakhir, jam tangan Casio memiliki harga yang tergolong terjangkau.


Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan. Ingin tampil gaya tanpa harus menguras kantong terlalu dalam? Pilih Casio!

5 Rekomendasi Jam Tangan Casio untuk Wanita terbaik

No. 1: CasioLA670WA-1

No. 2: CasioLA-20WH-4A1

No. 3: CasioLRW-200H-4B2V

No. 4: CasioLTP-VT01L-7B2UDF

No. 5: CasioLTP-V002G-1B

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Aksesori wanita
  4. 10 Rekomendasi Jam Tangan Casio Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.