mybest
Skincare ibu hamil

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Skincare Untuk Ibu Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Skincare Untuk Ibu Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Skincare Untuk Ibu Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Skincare Untuk Ibu Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Skincare Untuk Ibu Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Skincare Untuk Ibu Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Skincare Untuk Ibu Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Anda tidak bisa menggunakan sembarang skincare saat hamil karena terdapat beberapa kandungan yang harus dihindari. Bahkan, pengobatan kulit wajah untuk ibu hamil berjerawat pun harus dilakukan lebih hati-hati. Untuk membantu Anda, kami sediakan pembahasan cara memilih skincare untuk ibu hamil yang disusun bersama dermatovenereologist dr. Rahma Evasari.


Kami juga menyediakan rekomendasi skincare merek Cetaphil, Sensatia Botanicals, Whitelab, dan lainnya yang bagus untuk ibu hamil. Untuk kulit wajah berminyak, sensitif, atau berjerawat, tentu kandungan bahan yang perlu dipilih berbeda-beda. Selain itu, physical sunscreen tepat digunakan selama masa kehamilan. Penasaran? Simak penjelasan kami selengkapnya!

Diperbaharui 14/03/2024
dr. Rahma Evasari
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

dr. Rahma Evasari, Sp.D.V.E menyelesaikan pendidikan kedokteran serta pendidikan spesialis dermatologi, venereologi, dan estetika di Universitas Indonesia. Dokter Eva memiliki ketertarikan khusus di bidang dermatologi kosmetik dan laser, infeksi menular seksual, serta alergi dan imunologi. Sehari-hari, dr. Eva berpraktik di RSIA Tambak, ZAP Premiere Kota Kasablanka, dan Skin 3 Clinic. Dokter kulit yang memiliki hobi membaca dan diving ini bisa Anda sapa melalui akun instagram-nya @dermatologist.id.

Profil dr. Rahma Evasari
Lanjut membaca
Ervina Sari
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah ibu hamil boleh pakai skincare?

Pakar
Pakar

Tentu boleh, selama tidak mengandung bahan-bahan yang telah terbukti berisiko membahayakan janin atau keselamatan ibu.

Apakah ibu hamil boleh pakai skincare?
Ibu hamil boleh menggunakan skincare sebab kehamilan merupakan kondisi normal, bukan penyakit. Jadi, perawatan kulit tetap perlu dilakukan. Akan tetapi, kekhawatiran bahan aktif skincare terserap selama kehamilan bisa dipahami dan penggunaannya memang perlu lebih hati-hati. Terlebih lagi, terdapat studi yang menunjukkan bahwa daya serap kulit meningkat 5-10 kali lipat saat hamil.

Secara umum bahan aktif skincare bekerja di permukaan kulit (epidermis), tidak terbawa ke dalam darah. Namun, sebaiknya ibu hamil juga berkonsultasi dengan dokter obgyn/dermatologist terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan skincare tertentu. Dengan begitu, produk skincare pilihan lebih bisa dipastikan keamanannya.
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari
Waspada dengan produk yang diklaim 'pregnancy friendly' atau 'untuk ibu hamil'. Klaim tersebut tidak diperbolehkan sebab perlu ada data dukung dan pengujian. Untuk memperoleh data dukung pasti sulit dilakukan terkait etik.

Etik: Tidak mungkin melakukan riset dengan subjek penelitian ibu hamil

Skincare apa saja yang perlu digunakan saat ibu sedang mengandung?

Pakar
Pakar

Saat hamil, utamakan penggunaan basic skincare, yaitu sabun wajah, pelembap, dan sunscreen. Agar sehat, kulit perlu dijaga kebersihan dan kelembapannya. Jika tidak bersih, kulit berisiko mudah ditumbuhi bakteri sehingga rentan infeksi.

Skincare apa saja yang perlu digunakan saat ibu sedang mengandung?
Basic skincare adalah perawatan mendasar yang dibutuhkan kulit setiap orang, termasuk ibu hamil. Jika basic skincare tidak dipakai dalam jangka panjang, kulit bisa rusak dan ibu akan sulit memperbaikinya. Selain itu, basic skincare yang sesuai umumnya tidak mengandung bahan aktif terlalu keras. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter obgyn atau dermatologist, terutama bila ada kondisi khusus.

Basic skincare ialah cuci wajah dengan sabun, menjaga kelembapan dengan moisturizer, dan melindungi kulit dengan sunscreen. Selama hamil, tidak terlalu perlu perawatan ekstra pada wajah, kecuali bila ada masalah kulit tertentu. 

Perawatan ekstra lebih diperlukan untuk badan, terutama area perut yang akan mengalami banyak stretchJadi, ibu hamil bisa mulai menggunakan bahan-bahan tertentu agar kulit perut lebih siap untuk stretch dengan baik. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan pelembap dengan kandungan shea butter atau oil.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Bila kelembapan tidak terjaga, kulit bisa dehidrasi dan kering. Lalu, kulit pun berminyak sebagai upaya menambah kelembapan atau malah teriritasi. Kulit juga perlu dilindungi dari sinar matahari yang punya banyak efek, mulai dari sunburn sampai flek hitam. Ketiga hal tersebut termasuk dalam perawatan dasar yang idealnya selalu dilakukan oleh setiap orang.

Cara memilih Skincare Untuk Ibu Hamil

Memilih skincare untuk ibu hamil memiliki tantangan tersendiri karena diperlukan ketelitian. Di bawah ini, terdapat beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih produk.

1

Hindari skincare yang di dalamnya mengandung retinoic acid dan hydroquinone

Pakar
Pakar

Tretinoin atau retinoic acid (yang diminum) diketahui berisiko menyebabkan kecacatan pada janin. Demi keamanan, penggunaannya secara oles juga sebaiknya dihindari. Hydroquinone perlu dihindari sebab persentase penyerapannya sangat tinggi ke dalam sirkulasi darah. 

Hindari skincare yang di dalamnya mengandung retinoic acid dan hydroquinone
Di pasaran, ada skincare yang mengandung tretinoin dan hydroquinone. Meski begitu, kedua bahan tersebut sebaiknya dihindari saat Anda hamil karena alasan di bawah ini.

  • Tretinoin
Tretinoin atau retinoic acid yang dikonsumsi secara oral terbukti bersifat teratogenic, yaitu memicu kelainan atau kecacatan pada janin. Penelitian tersebut memang secara spesifik menyebutkan bahan aktif tretinoin dan penggunaan secara oral atau minum. Akan tetapi, demi keamanan, penggunaan bahan secara topikal/oles juga sebaiknya dihindari. 

Ibu hamil juga sebaiknya menghindari penggunaan krim yang mengandung bahan turunan retinoic acid. Adapun bahan tersebut adalah retinol, retynaldehyde, dan retynil ester (retinyl acetate, retinyl propionate, retinyl palmitate, dan sebagainya).


  • Hydroquinone
Hydroquinone termasuk obat keras yang penggunaannya harus berdasarkan resep dan di bawah pengawasan dokter. Segera hentikan penggunaannya begitu Anda mengetahui bahwa Anda sedang mengandung. Informasikan juga kehamilan kepada dermatologist yang merawat Anda.

Langkah di atas perlu Anda lakukan sebab sekitar 45% hydroquinone yang dioleskan pada kulit akan diserap ke dalam tubuh. Penelitian saat ini memang belum menunjukkan peningkatan risiko kelainan pada janin atau efek samping hydroquinone pada wanita hamil. Namun, Anda disarankan meminimalkan paparan hydroquinone karena penyerapannya yang besar.
2

Cari facial wash seperti untuk kulit sensitif: pH 4,7-5,7, tidak banyak detergen, serta bebas fragrance dan pewarna

Perubahan hormon yang drastis semasa kehamilan membuat beberapa orang jadi lebih sensitif. Oleh karena itu, sabun wajah yang relatif aman bagi kulit sensitif sesuai juga untuk ibu hamil. Adapun karakteristiknya adalah pH 4,7-5,7, sedikit detergen, dan bebas iritan seperti pewangi dan pewarna.

Sabun wajah dengan pH 4,7-5,7 yang mendekati pH alami kulit

Pakar
Pakar

pH sabun yang sesuai dengan pH kulit akan membuat barrier kulit tetap terjaga sehingga mengurangi risiko timbulnya iritasi.

Sabun wajah dengan pH 4,7-5,7 yang mendekati pH alami kulit
Perlu diketahui, pH alami kulit wajah sebetulnya tidak netral (pH netral = 7), tetapi agak asam, yaitu berkisar antara 4,7-5,7. Dengan demikian, produk sabun pencuci wajah yang paling baik untuk kulit ialah yang pH-nya mendekati pH alami kulit. Supaya aman, Anda bisa memilih produk sabun muka kulit sensitif yang mencantumkan informasi pH-nya secara jelas di kemasan. Pada beberapa produk, Anda juga dapat menemukan informasi pH tersebut pada deskripsi produk di situs resminya.

Jika kulit wajah bersinggungan dengan bahan yang terlalu basa (pH >5,7), skin barrier bisa terganggu akibat acidity kulit terganggu. Hasilnya, kulit akan menjadi kering dan mengalami iritasi. Sabun wajah dengan pH terlalu asam (pH <4,7) juga memecah ikatan antar sel kulit sehingga menyebabkan skin barrier terganggu. Apabila ikatan antar sel kulit terlepas, kulit juga akan menjadi kering dan iritasi.
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Periode kehamilan juga mungkin membuat kulit menjadi sangat kering, bahkan eksem bisa kambuh saat hamil. Jadi, pemilihan perawatan kulit yang mild untuk kulit sensitif dapat menjadi pertimbangan.

Sedikit detergen dan bebas pewangi atau pewarna untuk meminimalkan risiko iritasi

Pakar
Pakar

Semua formula facial wash yang mengandung surfaktan cenderung mengganggu barrier kulit.

Sedikit detergen dan bebas pewangi atau pewarna untuk meminimalkan risiko iritasi
Setelah menggunakan sabun wajah, tak heran bila ada sensasi kering, bahkan tampak flare atau memerah setelah cuci muka jika kulit Anda sensitif. Hal ini salah satunya disebabkan adanya kandungan detergen dalam sabun. Berikut adalah kriteria facial wash yang bisa Anda pertimbangkan untuk menekan risiko iritasi.

  • Busa sedikit menunjukkan kandungan detergen atau surfaktan di dalam sabun tidak banyak. Sedikitnya kandungan surfaktan bisa membuat daya pembersihan facial wash relatif rendah. Bila kulit terasa sangat kotor terlebih setelah memakai makeup tebal, lakukanlah double cleansing. Anda dapat memakai cleansing oil, cleansing milk, atau cleansing balm. Setelah itu, silakan mencuci muka dengan face wash yang formulanya mild.
  • Tidak mengandung pewangi dan pewarna, iritan yang rentan memicu iritasi.
  • Tampak bening dan cair (bukan gel) sekaligus tidak berbau. Jika Anda ingin praktis dalam proses pemilihan sabun wajah, carilah yang diberi label 'for sensitive skin'.
3

Pilih pelembap sesuai jenis kulit, kering atau berminyak

Di pasaran, Anda mungkin menemukan produk pelembap yang bertekstur gel atau krim. Pemilihan tekstur pelembap perlu disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Terlebih, perubahan hormon mungkin membuat kulit Anda yang semula kering jadi lebih berminyak saat hamil atau sebaliknya.

Untuk kulit berminyak: Pilih tekstur gel yang mengandung glycerin atau hyaluronic acid

Pakar
Pakar

Supaya tidak makin berminyak, pemilik oily skin sebaiknya menggunakan pelembap bertekstur gel (water-based). Pastikan juga bahan aktifnya serupa humektan (glycerin atau hyaluronic acid), yang tidak berisiko menyumbat pori-pori

Untuk kulit berminyak: Pilih tekstur gel yang mengandung glycerin atau hyaluronic acid
Moisturizer gel memiliki tekstur lebih ringan karena termasuk water-based moisturizer. Sebagai produk water-based, kandungan air di dalam gel lebih banyak daripada kandungan minyak. Oleh karena itu, gel lebih cocok digunakan oleh pemilik oily skin supaya kulit tidak makin berminyak. 

Basis produk pelembap yang terbuat dari air juga membuat gel tidak berisiko menyumbat pori-pori. Penyumbatan pori-pori merupakan masalah yang sering terjadi pada kulit berminyak. Kulit berminyak juga perlu bahan aktif yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori seperti jenis humektan. Produksi minyak berlebih sering terjadi bukan hanya karena jenis kulit seseorang berminyak, tetapi juga karena kulit dehidrasi. 


Untuk memastikan kulit terhidrasi, glycerin dan hyaluronic acid tepat dipilih untuk kulit berminyak. Hal tersebut karena glycerin dan hyaluronic acid bisa menarik air dari lingkungan atau lapisan dalam kulitBahkan, hyaluronic acid punya kemampuan menarik air yang tinggi, 1 berat molekul dapat menarik air 1000 kali bobotnya. Hal tersebut membuat kemampuannya dalam menghidrasi kulit sangat baik.

Untuk kulit kering: Pilih tekstur krim yang mengandung ceramide yang membantu membentuk skin barrier

Pakar
Pakar

Kulit kering yang skin barrier-nya terganggu perlu pelembap yang bisa mengisi celah-celah pada lapisan pelindung tersebut. Ceramide dan minyak bekerja sinergis untuk memperbaiki skin barrier

Untuk kulit kering: Pilih tekstur krim yang mengandung ceramide yang membantu membentuk skin barrier
Perawatan kulit yang tidak sesuai, misalnya pemilihan sabun yang kurang tepat dapat membuat skin barrier berkurang atau rusak. Terganggunya skin barrier dan kurangnya sebum (minyak alami) menjadi dua faktor utama yang membuat kulit kering. 

Maka dari itu, pemilik kulit kering disarankan menggunakan pelembap berbahan dasar minyak, misalnya dalam bentuk krim. Di samping mencukupi kekurangan minyak, krim tersebut perlu bisa mengisi kembali celah-celah pada skin barrier agar kembali intact


Ceramide adalah lemak alami pembentuk barrier kulit, penggunaan ceramide dapat membantu memperbaiki dan mengembalikan skin barrier. Kulit kering juga cenderung rentan iritasi. Untuk mengatasinya, bahan aktif yang melembapkan sekaligus menenangkan kulit seperti allantoin dapat Anda pertimbangkan.


Bagaimana bila kulit ibu hamil normal? Pemilik kulit normal relatif bisa memilih tekstur pelembap mana saja yang paling terasa nyaman. Bahan-bahan aktif di atas juga dapat dipilih oleh kulit normal.
4

Selama masa kehamilan, prioritaskan physical sunscreen untuk perlindungan kulit Anda

Pakar
Pakar

Physical sunscreen bekerja di permukaan kulit. Dibandingkan chemical sunscreen, opsi ini lebih aman bagi ibu hamil sebab tidak ada bahan aktif yang terserap ke dalam kulit.

Selama masa kehamilan, prioritaskan physical sunscreen untuk perlindungan kulit Anda
Physical sunscreen adalah jenis sunscreen yang bekerja dengan membentuk lapisan pada kulit untuk memantulkan sinar UV. Cara kerja ini dianggap lebih aman karena bahan aktifnya tidak diserap oleh kulit. Jadi, physical sunscreen lebih diutamakan untuk ibu hamil karena kerjanya betul-betul hanya sebagai perisai di permukaan kulit.

Bisa jadi kondisi kulit Anda baik (intact/tidak ada masalah sensitivitas) sehingga tidak ada penyerapan bahan aktif yang lebih besar. Jika demikian, penggunaan chemical atau hybrid sunscreen juga diperbolehkan. Akan tetapi, keamanan harus jadi pertimbangan utama selama masa kehamilan sehingga sebaiknya Anda memilih physical sunscreen.

Anda tidak akan kesulitan menemukan physical sunscreen sebab produsen umumnya menuliskan secara jelas pada label produk. Agar lebih yakin, Anda bisa memeriksa kandungannya. Physical sunscreen umumnya mengandung bahan aktif zinc oxide atau titanium dioxide.
5

Bila muncul jerawat ringan dalam periode kehamilan, silakan cari kandungan salicylic acid <2% dan benzoyl peroxide <2,5% atau bahan yang lebih mild seperti niacinamide, dan Centella asiatica

Pakar
Pakar

Bahan-bahan di atas merupakan bahan aktif yang diketahui memiliki efek antiradang dan relatif aman. Namun, penggunaan skincare dengan kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide harus di bawah persentase yang disarankan. 

Bila muncul jerawat ringan dalam periode kehamilan, silakan cari kandungan salicylic acid <2% dan benzoyl peroxide <2,5% atau bahan yang lebih mild seperti niacinamide, dan Centella asiatica
Pada sebagian ibu hamil, perubahan hormon juga memicu jerawat. Tak hanya itu, asupan suplemen seperti vitamin yang umumnya dikonsumsi dalam dosisi tinggi selama kehamilan pun bisa memicu jerawat. Secara umum, Anda bisa mempertimbangkan kandungan bahan di bawah ini dalam produk over the counter. Namun, sebaiknya ibu hamil selalu berkonsultasi dengan dokter obgyn dan dermatologist saat menghadapi masalah jerawat dalam periode kehamilan.

  • Salicylic acid <2%
  • Benzoyl peroxide <2,5%
  • Niacinamide
  • Centella asiatica

Salicylic acid diketahui efektif meredakan peradangan jerawat, mengurangi kelebihan minyak, dan dalam kadar <2% masih relatif aman. Ibu hamil tidak boleh menggunakan skincare dengan kandungan salicylic acid >2% sebab risiko iritasinya besar dan ada risiko salicylism. Salicylism adalah keracunan salicylates yang terjadi akibat paparan berlebihan bahan aktif yang mengandung gugus salicylates seperti salicylic acid.


Paparan berlebihan salicylates pada ibu hamil dapat berakibat fatal baik bagi ibu maupun janin. Salicylates juga diketahui dapat menembus plasenta dan terakumulasi pada peredaran darah bayi. Maka dari itu, sebaiknya Anda berhati-hati jika berniat menggunakan bahan aktif yang satu ini.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Selain skincare dengan kandungan salicylic acid, ibu hamil juga bisa memakai clay mask seminggu sekali. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi minyak dan meminimalkan risiko timbulnya jerawat. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Skincare Untuk Ibu Hamil Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Skincare Untuk Ibu Hamil terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 14 Maret 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Kandungan pelembap
Isi
Aman untuk kulit sensitif
Kandungan antibakteri
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan lainnya
Fungsi/manfaat
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisiko
Varian produk lain
1

Galderma

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Galderma Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1

Mulai dari Rp57.900,00

Lebih Murah

Cleanser andalan pemilik kulit sensitif!

Cleanser

Glycerin, panthenol, niacinamide, pantolactone

59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml

Ya

Tidak diketahui

Panthenol, niacinamide

Sodium cocoyl isethionate, sodium benzoate, citric acid

Melindungi kulit dari lima tanda sensitivitas, termasuk lapisan kelembapan terganggu, tidak nyaman, dehidrasi, kaku, kasar

Tidak diketahui

2

Sensatia Botanicals

Tea Tree & Lemon Facial Cleanser

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser 1

Mulai dari Rp150.000,00

Menengah

Angkat kotoran dan minyak berlebih pada kulit yang berjerawat

Cleanser

Aloe barbadensis leaf juice, glycerin (vegetable), jojoba seed oil, Centella asiatica extract

220 ml

Ya

Tidak diketahui

Aloe barbadensis leaf juice, tea tree leaf oil, Centella asiatica extract

Illite, tocopherol, lemon peel oil, Tamarindus indica extract, peppermint oil

Menenangkan kulit berjerawat, membantu menyeimbangkan sebum dan mencegah jerawat

Tidak diketahui

3

Whitelab

UV Shield Tank Sunscreen Gel SPF 50++ PA++++

Whitelab UV Shield Tank Sunscreen Gel SPF 50++ PA++++ 1

Mulai dari Rp84.300,00

Agak Murah

Sunscreen lokal yang mengandung niacinamide

Sunscreen

Butylene glycol, glycerin, betaine, niacinamide, hydrolyzed hyaluronic acid, panthenol, propanediol

30 g

Ya

Chlorphenesin, phenoxyethanol

Allantoin, panthenol

Silica, Artemisia capillaris flower extract, Artemisia vulgaris extract, lecithin

Melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UVA, UVB, dan blue light, membantu melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas, merawat skin barrier wajah

(Octocrylene)

4

Mama’s Choice

Gentle Face Wash

Mama’s Choice Gentle Face Wash 1

Mulai dari Rp119.000,00

Menengah

Bumil dan busui tetap bisa glowing dengan bahan yang aman

Cleanser

Glycerin, butylene glycol, niacinamide, hydrolyzed collagen extract, rice bran extract

100 ml

Ya

Tidak diketahui

Niacinamide

Ethyl lauroyl arginate HCL, coconut acid

Membuat wajah lebih kenyal dan cerah secara instan

5

Bio Oil

Skincare Oil

Bio Oil Skincare Oil 1

Mulai dari Rp76.000,00

Agak Murah

Produk multifungsi, solusi untuk berbagai masalah kulit

Oil

Helianthus annuus seed oil, Glycine soja oil

25 ml, 60 ml, 125 ml, 200 ml

Tidak diketahui

Lavandula angustifolia oil, Rosmarinus officinalis leaf oil

Anthemis nobilis flower oil, Calendula officinalis extract, bisabolol

Tocopheryl acetate, tocopherol

Memperbaiki tampilan stretch marks, bekas luka, warna kulit tidak merata, penuaan dini, dan kulit kering

(Retinyl palmitate)

6

NPURE

Marigold Memory Bounce Moisturizer

NPURE  Marigold Memory Bounce Moisturizer 1

Mulai dari Rp100.000,00

Menengah

Jaga keremajaan kulit dengan kandungan yang bebas toksin

Pelembap

Glycerin, butylene glycol, niacinamide, panthenol, acetyl hexapeptide-8, raffinose, Aloe barbadensis leaf extract, linoleic acid, oleic acid, linolenic acid

30 g

Ya

Colloidal gold

Calendula officinalis flower extract, panthenol, copper tripeptide-1, Aloe barbadensis leaf extract

Palmitoyl tripeptide-5, palmitoyl tripeptide-1, palmitoyl tetrapeptide-7, aminobutyric acid, tocopheryl acetate, tocopherol, ascorbyl tetraisopalmitate, totarol

Menutrisi, menjaga elastisitas kulit, melembapkan dan menghaluskan kulit, serta mencerahkan wajah

Tidak diketahui

7

Jacquelle

Blur Effect UV Protector : Hybrid Sunscreen SPF 50 PA++++

Jacquelle Blur Effect UV Protector : Hybrid Sunscreen SPF 50 PA++++ 1

Mulai dari Rp158.000,00

Agak Mahal

Sunscreen yang juga berfungsi sebagai primer makeup dan skincare

Sunscreen

Glycerin, niacinamide, betaine, ceramide NP

40 g

Ya

Pentylene Glycol

Bisabolol, allantoin

Dimethicone, tocopherol, caffeine

Meratakan, melembapkan, menenangkan, serta melindungi kulit dari efek buruk sinar UV

Tidak diketahui

8

LABORÉ

BiomeProtect™ Physical Sunscreen

LABORÉ BiomeProtect™ Physical Sunscreen 1

Mulai dari Rp64.000,00

Agak Murah

Physical sunscreen yang dilengkapi dengan anti-bluelight

Sunscreen

Biosaccharide gum-1, propanediol, saccharide isomerate

10 ml, 30 ml

Ya

Tidak diketahui

Biosaccharide gum-1, bisabolol

Cyclopentasiloxane, dimethicone, bifida ferment lysate, citric acid, Artemisia capillaris flower extract

Efektif menangkal sinar UVA UVB, blue light, dan radikal bebas dari polusi hingga 98%

Tidak diketahui

9

Ella Skincare

Paket Ibu Hamil (Whitening)

Ella Skincare Paket Ibu Hamil (Whitening) 1

Mulai dari Rp303.800,00

Agak Mahal

Efektif mencerahkan kulit wajah ibu hamil yang cenderung kusam

Cleanser, toner, serum, day cream, night cream

Lactic acid, hyaluronic acid, glycerin

100 g (cleanser), 100 ml (toner), 12,5 ml (serum), 15 g (day cream), 15 g (night cream)

Tidak diketahui

Chlorphenesin

Centella asiatica extract

Glycolic acid, 4-butylresorcinol, glutathione

Mengatasi kulit kusam, membantu mencerahkan, melembapkan, dan membuat glowing kulit ibu hamil

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10

Bening's Skincare

Acne Skincare Mother Edition

Bening's Skincare Acne Skincare Mother Edition 1

Mulai dari Rp500.000,00

Lebih Mahal

Empaskan masalah jerawat dan beruntusan pada bumil dan busui

Cleanser, toner, day cream, night cream

Tidak diketahui

100 ml (cleanser), 100 ml (toner), 12,5 g (day cream), 12,5 g (night cream)

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Menghilangkan jerawat dan beruntusan khusus ibu hamil dan menyusui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

GaldermaCetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1
Sumber: cetaphil.co.id
Cetaphil Gentle Skin Cleanser 3
Sumber: shopee.co.id
Cetaphil Gentle Skin Cleanser 4
Sumber: shopee.co.id
Cetaphil Gentle Skin Cleanser 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp57.900,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp57.900,00
Lebih Murah
JenisCleanser
Aman untuk kulit sensitifYa
Fungsi/manfaat
Melindungi kulit dari lima tanda sensitivitas, termasuk lapisan kelembapan terganggu, tidak nyaman, dehidrasi, kaku, kasar

Cleanser andalan pemilik kulit sensitif!

Cetaphil dikenal sebagai merek yang produk-produknya dibuat untuk kulit sensitif. Formulanya hypoallergenic, bebas minyak, serta tidak menyumbat pori-pori. Karena itu, produk ini cocok untuk ibu hamil yang bermasalah dengan kulit sensitif. Adanya kandungan pelembap, seperti glycerin dan panthenol, membuat kulit tidak terasa kering setelah dicuci. Meski minim busa, produk skincare untuk ibu hamil ini tetap efektif menghilangkan kotoran di wajah.

Kandungan pelembapGlycerin, panthenol, niacinamide, pantolactone
Isi59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiPanthenol, niacinamide
Kandungan lainnyaSodium cocoyl isethionate, sodium benzoate, citric acid
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Sensatia BotanicalsTea Tree & Lemon Facial Cleanser

Tea Tree & Lemon Facial Cleanser 1
Sumber: sensatia.com
Tea Tree & Lemon Facial Cleanser 2
Sumber: sensatia.com
Tea Tree & Lemon Facial Cleanser 3
Sumber: sensatia.com
Harga referensi
Mulai dari Rp150.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp150.000,00
Menengah
JenisCleanser
Aman untuk kulit sensitifYa
Fungsi/manfaat
Menenangkan kulit berjerawat, membantu menyeimbangkan sebum dan mencegah jerawat

Angkat kotoran dan minyak berlebih pada kulit yang berjerawat

Untuk permasalahan kulit berminyak dan berjerawat, pakailah sabun dengan bahan alami berikut ini. Sabun ini memiliki bahan utama Aloe vera extract, tea tree, dan kulit lemon. Perpaduan tersebut membantu menyeimbangkan sebum pada wajah dan mencegah timbulnya jerawat.


Di sisi lain, kandungan gotu kola-nya kaya akan antioksidan untuk melindungi kulit dari stres dan iritasi. Produk skincare untuk ibu hamil berjerawat ini juga memiliki level pH 5-6 yang sesuai dengan kulit. Karena dibuat bebas detergen, paraben, dan bahan yang berpotensi mengiritasi, produk ini bisa dipakai bumil, busui, dan remaja.

Kandungan pelembapAloe barbadensis leaf juice, glycerin (vegetable), jojoba seed oil, Centella asiatica extract
Isi220 ml
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiAloe barbadensis leaf juice, tea tree leaf oil, Centella asiatica extract
Kandungan lainnyaIllite, tocopherol, lemon peel oil, Tamarindus indica extract, peppermint oil
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all
No.3

WhitelabUV Shield Tank Sunscreen Gel SPF 50++ PA++++

Harga referensi
Mulai dari Rp84.300,00
Agak Murah
JenisSunscreen
Aman untuk kulit sensitifYa
Fungsi/manfaat
Melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UVA, UVB, dan blue light, membantu melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas, merawat skin barrier wajah

Sunscreen lokal yang mengandung niacinamide

Niacinamide merupakan salah satu kandungan pada skincare yang sangat populer. Bahan aktif ini memiliki banyak manfaat, yakni mengatasi jerawat, mengecilkan pori, melembapkan, serta mengurangi garis halus dan kerutan. Jika Anda mencari sunscreen lokal dengan kandungan niacinamide, produk Whitelab ini adalah jawabannya. 


Selain niacinamide sebanyak 2%, sunscreen ini juga mengandung hyaluronic acid, mugwort, serta Raykami™ yang tidak kalah penting. Produk ini bisa dipakai oleh pemilik kulit sensitif dan ibu hamil karena formulanya yang noncomedogenic serta fragrance-free.

Kandungan pelembapButylene glycol, glycerin, betaine, niacinamide, hydrolyzed hyaluronic acid, panthenol, propanediol
Isi30 g
Kandungan antibakteriChlorphenesin, phenoxyethanol
Kandungan anti-inflamasiAllantoin, panthenol
Kandungan lainnyaSilica, Artemisia capillaris flower extract, Artemisia vulgaris extract, lecithin
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisiko(Octocrylene)
Varian produk lain
View all
No.4

Mama’s ChoiceGentle Face Wash

Harga referensi
Mulai dari Rp119.000,00
Menengah
JenisCleanser
Aman untuk kulit sensitifYa
Fungsi/manfaat
Membuat wajah lebih kenyal dan cerah secara instan

Bumil dan busui tetap bisa glowing dengan bahan yang aman

Banyak ibu yang mengalami masalah kulit kusam dan hiperpigmentasi selama masa kehamilan dan menyusui. Untuk mengembalikan sinar kulit Anda, pakailah facial wash dari Mama’s Choice ini.


Pembersih muka ini memiliki kandungan utama rice extract yang bermanfaat mencerahkan kulit. Kulit pun jadi bersih dan cerah seketika! Tambahan hydrolyzed collagen-nya akan membuat kulit terasa kenyal dan elastis. Dengan Gentle Facial Wash, kulit glowing selama masa menyusui bukan impian lagi.

Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, niacinamide, hydrolyzed collagen extract, rice bran extract
Isi100 ml
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide
Kandungan lainnyaEthyl lauroyl arginate HCL, coconut acid
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisiko
Varian produk lain
View all
No.5

Bio OilSkincare Oil

Skincare Oil 1
Sumber: bio-oil.com
Skincare Oil 2
Sumber: shopee.co.id
Skincare Oil 3
Sumber: shopee.co.id
Skincare Oil 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp76.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp76.000,00
Agak Murah
JenisOil
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Fungsi/manfaat
Memperbaiki tampilan stretch marks, bekas luka, warna kulit tidak merata, penuaan dini, dan kulit kering

Produk multifungsi, solusi untuk berbagai masalah kulit

Mungkin tidak ada bumil yang tidak tahu produk ini. Bukan tanpa alasan, Bio Oil sangat terkenal karena mampu mengatasi banyak masalah kulit, mulai dari kulit kering hingga bekas luka. Apalagi, Bio Oil juga aman digunakan selama kehamilan. Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi stretch marks dan meratakan warna kulit yang mengalami penuaan dan kerutan. Bila Anda mencari produk oil yang multifungsi, cobalah produk ini.

Kandungan pelembapHelianthus annuus seed oil, Glycine soja oil
Isi25 ml, 60 ml, 125 ml, 200 ml
Kandungan antibakteriLavandula angustifolia oil, Rosmarinus officinalis leaf oil
Kandungan anti-inflamasiAnthemis nobilis flower oil, Calendula officinalis extract, bisabolol
Kandungan lainnyaTocopheryl acetate, tocopherol
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisiko(Retinyl palmitate)
Varian produk lain
View all
No.6

NPURE Marigold Memory Bounce Moisturizer

Harga referensi
Mulai dari Rp100.000,00
Menengah
JenisPelembap
Aman untuk kulit sensitifYa
Fungsi/manfaat
Menutrisi, menjaga elastisitas kulit, melembapkan dan menghaluskan kulit, serta mencerahkan wajah

Jaga keremajaan kulit dengan kandungan yang bebas toksin

Ingin memiliki kulit yang kenyal dan awet muda? Pakai saja NPURE Marigold Memory Bounce Moisturizer. Kandungannya meliputi marigold flower extract, vitamin, peptides, dan gamma-aminobutyric acid (GABA) yang efektif mengurangi kerutan serta memperbaiki skin barrier.

 

Oleskan produk ke wajah dan leher setiap pagi dan malam, niscaya Anda akan mendapatkan kulit yang lebih elastis dan kenyal. Kabar baiknya lagi, tidak ada kandungan berbahaya di dalamnya, seperti alkohol, paraben, fragrance, hingga SLS. Jadi, produk ini aman untuk Anda yang sedang hamil dan menyusui!
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, niacinamide, panthenol, acetyl hexapeptide-8, raffinose, Aloe barbadensis leaf extract, linoleic acid, oleic acid, linolenic acid
Isi30 g
Kandungan antibakteriColloidal gold
Kandungan anti-inflamasiCalendula officinalis flower extract, panthenol, copper tripeptide-1, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan lainnyaPalmitoyl tripeptide-5, palmitoyl tripeptide-1, palmitoyl tetrapeptide-7, aminobutyric acid, tocopheryl acetate, tocopherol, ascorbyl tetraisopalmitate, totarol
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all
No.7

JacquelleBlur Effect UV Protector : Hybrid Sunscreen SPF 50 PA++++

Harga referensi
Mulai dari Rp158.000,00
Agak Mahal
JenisSunscreen
Aman untuk kulit sensitifYa
Fungsi/manfaat
Meratakan, melembapkan, menenangkan, serta melindungi kulit dari efek buruk sinar UV

Sunscreen yang juga berfungsi sebagai primer makeup dan skincare

Produk ini adalah sunscreen yang bisa juga digunakan sebagai primer makeup. Saat diaplikasikan, pori-pori kulit akan tersamarkan dan tampilan warna kulit jadi lebih halus merata. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit, terlebih untuk Anda yang bermasalah dengan kulit kusam. Kemampuan tersebut didukung oleh keberadaan niacinamide dan bisabolol sebagai agen pencerah. 


Selain itu, kandungan ceramide, allantoin, betaine, dan vitamin E-nya membantu meningkatkan kelembapan kulit, mengurangi iritasi, dan memberikan perlindungan antioksidan. Dengan sunscreen ini, kulit terlindungi dari sinar UV sekaligus terlihat lebih cerah. Tenang saja, produk ini cocok untuk kulit berjerawat, berminyak, kering, bahkan aman untuk wanita hamil.

Kandungan pelembapGlycerin, niacinamide, betaine, ceramide NP
Isi40 g
Kandungan antibakteriPentylene Glycol
Kandungan anti-inflamasiBisabolol, allantoin
Kandungan lainnyaDimethicone, tocopherol, caffeine
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all
No.8

LABORÉBiomeProtect™ Physical Sunscreen

Harga referensi
Mulai dari Rp64.000,00
Agak Murah
JenisSunscreen
Aman untuk kulit sensitifYa
Fungsi/manfaat
Efektif menangkal sinar UVA UVB, blue light, dan radikal bebas dari polusi hingga 98%

Physical sunscreen yang dilengkapi dengan anti-bluelight

Sunscreen LABORÉ berisi 100% mineral filter, yaitu zinc oxide dan titanium oxide yang minim risiko alergi pada kulit sensitif. Produk ini dibuat dengan Microbiome Technology yang membantu menjaga kekuatan skin barrier. Selain itu, sunscreen ini juga dilengkapi Broad Spectrum Protection sehingga dapat menangkal radiasi sinar biru. Jadi, Anda yang sering berkutat dengan gadget bisa memilih BiomeProtect™ Physical Sunscreen.

Kandungan pelembapBiosaccharide gum-1, propanediol, saccharide isomerate
Isi10 ml, 30 ml
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiBiosaccharide gum-1, bisabolol
Kandungan lainnyaCyclopentasiloxane, dimethicone, bifida ferment lysate, citric acid, Artemisia capillaris flower extract
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all
No.9

Ella SkincarePaket Ibu Hamil (Whitening)

Paket Ibu Hamil (Whitening) 1
Sumber: shopee.co.id
Paket Ibu Hamil (Whitening) 2
Sumber: shopee.co.id
Paket Ibu Hamil (Whitening) 3
Sumber: shopee.co.id
Paket Ibu Hamil (Whitening) 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp303.800,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp303.800,00
Agak Mahal
JenisCleanser, toner, serum, day cream, night cream
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Fungsi/manfaat
Mengatasi kulit kusam, membantu mencerahkan, melembapkan, dan membuat glowing kulit ibu hamil

Efektif mencerahkan kulit wajah ibu hamil yang cenderung kusam

Saat hamil, kulit biasanya terasa kering dan tampak kusam akibat hormon. Satu produk saja tidak cukup untuk mengatasinya. Karena itu, gunakan produk paket skincare untuk ibu hamil ini. Paket Ibu Hamil (Whitening) dari Ella Skincare berisi cleanser, toner, serum, day cream, dan night cream. Harganya pun tergolong terjangkau karena Anda bisa mendapatkan lima produk sekaligus.


Kandungan utama di dalam serumnya adalah glycolic acid dan lactic acid yang dikenal efektif mencerahkan wajah. Di sisi lain, Anda akan menemukan kandungan glutathione di dalam produk day cream-nya. Dobel mencerahkan!

Kandungan pelembapLactic acid, hyaluronic acid, glycerin
Isi100 g (cleanser), 100 ml (toner), 12,5 ml (serum), 15 g (day cream), 15 g (night cream)
Kandungan antibakteriChlorphenesin
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica extract
Kandungan lainnyaGlycolic acid, 4-butylresorcinol, glutathione
AlkoholTidak diketahui
Pewangi kimia
Paraben Tidak diketahui
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all
No.10

Bening's SkincareAcne Skincare Mother Edition

Acne Skincare Mother Edition 1
Sumber: shopee.co.id
Acne Skincare Mother Edition 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp500.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp500.000,00
Lebih Mahal
JenisCleanser, toner, day cream, night cream
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Fungsi/manfaat
Menghilangkan jerawat dan beruntusan khusus ibu hamil dan menyusui

Empaskan masalah jerawat dan beruntusan pada bumil dan busui

Ibu hamil dan menyusui tidak boleh sembarang menggunakan skincare khusus jerawat. Padahal, hormon kehamilan terkadang membuat kulit kerap beruntusan. Coba atasi dengan paket khusus dari Bening's Skincare ini. Berisi cleanser, toner, day cream, dan night cream, masalah jerawat dan beruntusan pada bumil dan busui akan teratasi. Anda bisa menjalani kehamilan dengan tenang tanpa merisaukan masalah jerawat.

Kandungan pelembapTidak diketahui
Isi100 ml (cleanser), 100 ml (toner), 12,5 g (day cream), 12,5 g (night cream)
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiTidak diketahui
Kandungan lainnyaTidak diketahui
AlkoholTidak diketahui
Pewangi kimiaTidak diketahui
Paraben Tidak diketahui
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all

5 Rekomendasi Skincare Untuk Ibu Hamil terbaik

No. 1: GaldermaCetaphil Gentle Skin Cleanser

No. 2: Sensatia BotanicalsTea Tree & Lemon Facial Cleanser

No. 3: WhitelabUV Shield Tank Sunscreen Gel SPF 50++ PA++++

No. 4: Mama’s ChoiceGentle Face Wash

No. 5: Bio OilSkincare Oil

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Skincare Untuk Ibu Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.