• 10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)

Tampilan akuarium yang sama dari tahun ke tahun pasti membuat Anda bosan. Jika demikian, kami sarankan Anda untuk mendekorasi ulang akuarium menggunakan tanaman aquascape. Tanaman ini pasti akan memberikan suasana baru bagi akuarium di rumah Anda.


Anubias barteri dan Hemianthus callitrichoides merupakan beberapa jenis tanaman aquascape yang bagus untuk dipilih. Tak ketinggalan, ada tanaman merah aquascape yaitu Ludwigia sp. 'Super Red'. Selain itu, kami juga merekomendasikan beberapa tanaman aquascape lainnya untuk mempercantik akuarium Anda. Pembahasan di artikel ini telah ditinjau oleh aquascaper kami, Alfitrah Hanif Saragih. Mari simak informasi selengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Alfitrah Hanif S.
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 15 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Aquascaper, Alfitrah Hanif Saragih

Profil pakar: Aquascaper, Alfitrah Hanif Saragih
Alfitrah Hanif S.
Aquascaper, gardener, dan entrepreneur
Alfitrah Hanif S.

Alfitrah adalah seorang Sarjana Perikanan yang telah menggeluti usaha perikanan sejak kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri. Kecintaannya terhadap dunia perikanan dan wirausaha membuatnya memutuskan untuk mengembangkan potensi perikanan di Indonesia.


Alfitrah mendapatkan beberapa prestasi di bidang perikanan dan wirausaha. Salah satunya adalah menjadi juara 1 lomba aquascape tingkat nasional antar Universitas se-Indonesia. Selain itu, ia juga mendapatkan honorable mention pada IndoAquascape Contest dan masih banyak lagi.

Apa itu tanaman aquascape?

Apa itu tanaman aquascape?

Tanaman aquascape biasanya terdiri dari tanaman yang hidup dalam ekosistem air tawar. Tidak semua tanaman bisa dimasukkan ke dalam aquascape. Para aquascaper biasanya memelihara tanaman ini di dalam akuarium bersama ikan, udang, dan keong.


Tanaman aquascape tidak hanya indah, tetapi juga bermanfaat bagi kehidupan di dalam akuarium. Tanaman aquascape mampu menyerap kotoran, logam berat, dan nutrisi berlebih yang bisa memicu timbulnya alga. Selain itu, tanaman ini mampu menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen tambahan dalam akuarium.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tanaman aquascape

Toko online menjual beragam tanaman aquascape. Agar Anda tidak membeli tanaman yang salah, perhatikan poin-poin berikut saat memilih tanaman aquascape.

Ketahui jenisnya terlebih dahulu

Tanaman aquascape memang beragam. Namun, Anda bisa mengelompokkannya menjadi lima, yakni stem, rhizome, crypts, moss, dan ground cover. Kelima kelompok tanaman tersebut memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

Stem, pertumbuhannya cepat

Stem, pertumbuhannya cepat

Tanaman aquascape jenis stem (batang) cukup populer karena bisa tumbuh dengan cepat dan mudah ditanam. Organ utama dari stem plant adalah batang sebagai penyangga sistem. Tanaman stem cukup dipotong batangnya, lalu ditancapkan pada substrat (media tanam) untuk memacu akarnya bertumbuh dalam 5–10 hari. Pertumbuhan akar stem akan makin cepat jika diberikan nutrisi yang memadai.


Beberapa jenis tanaman aquascape jenis stem memiliki warna merah, sedangkan beberapa jenis lainnya memiliki warna hijau. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta aquascaping. Agar warnanya bisa keluar dengan maksimal, tanaman harus diberi cahaya dan CO2 yang cukup. Salah satu tanaman aquascape merah yang termasuk jenis stem adalah Ludwigia sp.

Rhizome, bisa diperbanyak dengan mudah

Rhizome, bisa diperbanyak dengan mudah

Rhizome atau tanaman rimpang merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa diperbanyak dengan mudah. Tanaman rimpang tumbuh menjalar di bawah permukaan tanah dan bisa menghasilkan tunas serta akar baru dari ruas-ruasnya. 


Anda hanya perlu mengeluarkan tanaman ini dari akuarium dan memotong rimpangnya menjadi beberapa bagian. Namun, Anda harus memastikan tidak ada akar yang rusak selama proses pemotongan berlangsung. Untuk bisa tumbuh, Anda cukup meletakkan rhizome di kayu atau batu, bahkan meletakkannya di atas substrat saja.


Tanaman aquascape jenis ini bisa ditanam di tempat yang rendah cahaya atau tinggi cahaya. Tanaman yang ditanam di tempat minim cahaya akan tumbuh lebih lambat sehingga Anda tidak perlu memangkas terlalu sering. Sebaliknya, tanaman yang menerima banyak cahaya akan tumbuh lebih cepat sehingga harus lebih sering dipangkas. 

Crypts, rumah yang sempurna untuk para ikan

Crypts, rumah yang sempurna untuk para ikan

Tanaman aquascape jenis crypts atau roset tumbuh berimpitan dan cukup mudah perawatannya. Keadaan tersebut membuat tanaman ini sering dijadikan tempat bersembunyi oleh ikan-ikan yang pemalu. Tak hanya itu, beberapa jenis ikan memanfaatkan keadaan tersebut untuk berkembang biak. 


Daun tanaman ini tidak hanya bermanfaat, tetapi juga indah. Warna daunnya akan berubah jadi lebih cerah saat menerima cahaya dalam jumlah yang tinggi. Akan tetapi, cahaya dalam jumlah tinggi akan membuat para ikan tidak nyaman. Karena itu, Anda harus membuat keputusan, apakah tanaman ini akan dijadikan tempat para ikan atau hiasan akuarium saja

Moss, dapat ditanam di atas batu atau kayu

Moss, dapat ditanam di atas batu atau kayu

Moss merupakan tanaman aquascape yang menempel di atas batu, kayu, pakis, dan ornamen lainnya. Agar tanaman ini bisa menempel dengan sempurna, Anda harus mengikatnya selama beberapa minggu sebelum ikatan tersebut dilepaskan. Apabila Anda tidak mengikatnya, moss akan mengambang di permukaan akuarium.


Tanaman aquascape jenis moss mudah tumbuh dengan suhu stabil di bawah 25º Celsius. Moss memang bisa tumbuh di tempat yang minim cahaya. Walaupun begitu, Anda sebaiknya memberi cahaya dalam jumlah yang cukup supaya tanaman ini bisa tumbuh lebih rimbun dan sehat.

Ground cover, membuat akuarium tampak makin indah

Ground cover, membuat akuarium tampak makin indah

Tanaman berukuran kecil ini akan tumbuh ke seluruh bagian dasar akuarium dan menciptakan hamparan warna hijau yang indah. Oleh sebab itu, tanaman aquascape jenis ground cover sering disebut sebagai "tanaman karpet". Tanaman ground cover juga sering dijadikan tempat berlindung bagi beberapa jenis ikan dan udang.


Tanaman jenis ini tidak hanya indah, tetapi juga bermanfaat untuk mengontrol kadar nitrat dan menghilangkan polutan di dalam air. Namun, agar ground cover bisa tumbuh sempurna, tanaman ini membutuhkan nutrisi dan CO2 yang mencukupi.

Perhatikan elemen lain yang dibutuhkan

Saat Anda memelihara tanaman aquascape, jangan lupa untuk memperhatikan elemen lainnya, seperti cahaya, karbon dioksida, dan substrat. Ketiga elemen tersebut memiliki peran yang cukup penting terhadap tanaman aquascape yang Anda pelihara.

Pencahayaan, berpengaruh terhadap kesehatan tanaman

Pencahayaan, berpengaruh terhadap kesehatan tanaman

Tanaman aquascape memang hidup di dalam air, tetapi tanaman ini tetap memerlukan cahaya untuk melakukan fotosintesis. Tanaman yang tidak mendapatkan cukup cahaya akan tumbuh kerdil dan kurang sehat.


Setiap tanaman aquascape memerlukan cahaya dalam jumlah yang berbeda-beda. Jadi, Anda perlu mengetahui karakter tanaman dan jumlah cahaya yang dibutuhkan. Setelah itu, aturlah letak tanaman sesuai dengan kebutuhan cahayanya.


Tanaman yang membutuhkan banyak cahaya bisa diletakkan di dekat sumber cahaya. Sebaliknya, tanaman yang membutuhkan sedikit cahaya sebaiknya diletakkan agak jauh dari sumber cahaya. Dengan demikian, setiap tanaman yang ada di dalam akuarium bisa mendapat cahaya sesuai dengan kebutuhannya. 


Cahaya tidak hanya membantu proses fotosintesis, tetapi juga membantu hewan di dalam akuarium untuk menentukan waktu istirahat. Jadi, cahaya memegang peran yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di dalam akuarium. Jangan lupa, Anda juga perlu mengatur lama pencahayaan. Jangan sampai lampu menyala terus selama 24 jam.

Karbon dioksida, penting untuk pertumbuhan tanaman

Karbon dioksida, penting untuk pertumbuhan tanaman

Elemen lain yang dibutuhkan oleh tanaman aquascape adalah karbon dioksida (CO2). Tanpa karbon dioksida, tanaman aquascape tidak akan mendapatkan makanan karena tidak bisa melakukan fotosintesis. Adanya CO2 juga penting untuk meningkatkan laju fotosintesis tanaman.


Karbon dioksida untuk tanaman aquascape bisa berasal dari hewan di dalam akuarium dan injeksi karbon dioksida. Namun, injeksi karbon dioksida harus dilakukan dengan hati-hati. Jika Anda melakukannya secara asal-asalan, kegiatan tersebut berisiko menyebabkan hewan di dalam akuarium mati.

Substrat, berperan sebagai media tumbuhnya tanaman

Substrat, berperan sebagai media tumbuhnya tanaman

Selain cahaya dan karbon dioksida, substrat merupakan elemen lain yang tidak kalah penting. Substrat tidak hanya berperan sebagai media tanam, tetapi juga sebagai rumah bagi bakteri baik. Nah, bakteri baik tersebut akan bertugas memecah detritus (sampah, bangkai, dan kotoran hewan) menjadi makanan para tumbuhan. 


Substrat yang ada di pasaran sangat beragam. Ada yang berbentuk pasir, kerikil, hingga bola tanah. Ukurannya pun ada yang besar (sekitar 2–5 mm) dan kecil (sekitar 1–2 mm). Dalam hal ini, Anda harus menyesuaikannya dengan jenis tanaman. Substrat berukuran besar cocok untuk dijadikan media tanam anubias, sedangkan substrat berukuran kecil cocok untuk media tanam hair grass


Pemilihan substrat juga bisa dipengaruhi oleh jenis hewan yang ada di dalam akuarium. Jika Anda memelihara ikan tipe dasar (hidup di dasar akuarium), Anda harus memilih substrat yang lembut (tidak runcing). Dengan begitu, ikan yang Anda pelihara tidak akan mengalami iritasi atau luka. 


Terdapat empat faktor yang perlu Anda pahami dalam pembuatan substrat di aquascape:

  • Media dasar
  • Pupuk dasar
  • Rumah bakteri
  • Pasir (soil)

Jangan lupa untuk melakukan trimming

Jangan lupa untuk melakukan trimming

Trimming atau pemangkasan merupakan hal yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan. Tanaman aquascape yang tidak dipangkas rutin akan tumbuh tak beraturan, menutupi tanaman lain, dan membuat akuarium berantakan. Agar seluruh tanaman bisa mendapatkan pencahayaan yang sesuai kebutuhan, Anda tidak boleh melewatkan proses ini.


Setiap tanaman aquascape memiliki waktu pemangkasan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, tanaman jenis stem harus dipangkas 3–4 minggu sekali karena pertumbuhannya cukup cepat. Namun, tanaman jenis rhizome, contohnya Java Fern Kadaka, cukup dipangkas satu tahun sekali karena pertumbuhannya lambat.

10 Rekomendasi tanaman aquascape terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh tanaman aquascape terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi dari mybest dan bukan dari Alfitrah Hanif Saragih.

10
JenisStem
Kebutuhan cahayaSedang
Injeksi CO2Dibutuhkan (6–14 mg/L)
Substrat yang dibutuhkanKerikil halus
Pemangkasan2 kali seminggu
9
JenisCrypts
Kebutuhan cahayaRendah hingga sedang
Injeksi CO2Tidak dibutuhkan
Substrat yang dibutuhkanPasir dan kerikil
PemangkasanHanya dilakukan saat ada daun yang sudah tua
8
JenisStem
Kebutuhan cahayaSedang hingga tinggi
Injeksi CO2Dibutuhkan jika ingin meningkatkan warnanya
Substrat yang dibutuhkanSemua jenis substrat (kecuali pasir)
PemangkasanDilakukan saat tanaman mulai mencapai permukaan
7
JenisMoss
Kebutuhan cahayaRendah hingga sedang
Injeksi CO2Disesuaikan dengan kebutuhan
Substrat yang dibutuhkanTidak ada karena bisa tumbuh di batu dan kayu
Pemangkasan3–4 bulan sekali
6
JenisGround cover
Kebutuhan cahayaSedang hingga tinggi
Injeksi CO2Diperlukan
Substrat yang dibutuhkanPasir
PemangkasanDilakukan saat tanaman mulai meninggi
5
JenisRhizome
Kebutuhan cahayaRendah hingga sedang
Injeksi CO2Tidak terlalu dibutuhkan
Substrat yang dibutuhkanPasir
Pemangkasan1 kali dalam setahun
4
JenisMoss
Kebutuhan cahayaRendah hingga sedang
Injeksi CO2Tidak terlalu dibutuhkan
Substrat yang dibutuhkanKerikil
PemangkasanDilakukan saat tanaman mulai terlihata berantakan
3

Hemianthus callitrichoides 'Cuba'

Mulai dari Rp 6.500,00

JenisGround cover
Kebutuhan cahayaTinggi
Injeksi CO2Dibutuhkan (15–25 mg/L)
Substrat yang dibutuhkanPasir
PemangkasanDilakukan saat tanaman muai rimbun dan menumpuk
2
JenisCrypts
Kebutuhan cahayaRendah hingga sedang
Injeksi CO2Tidak diperlukan
Substrat yang dibutuhkanTidak ada karena bisa tumbuh terapung
PemangkasanDilakukan saat daun ada yang menguning atau rusak
1
JenisRhizome
Kebutuhan cahayaRendah
Injeksi CO2Dibutuhkan (6–14 mg/L)
Substrat yang dibutuhkanPasir
PemangkasanDilakukan saat batang sudah dirasa panjang

Tabel perbandingan produk tanaman aquascape terbaik

Gambar produk
1
Anubias barteri 'Petite' 1

2
Pistia stratiotes (apu-apu) 1

3
Hemianthus callitrichoides 'Cuba' 1

4
Java Moss 1

5
Java Fern Kadaka 1

6
Dwarf Hairgrass 1

7
Mini Christmas Moss 1

8
Ludwigia sp. 'Super Red' 1

9
Cryptocoryne wendtii 'Brown' 1

10
Limnophila sessiliflora 1

Nama produk

Anubias barteri 'Petite'

Pistia stratiotes (apu-apu)

Hemianthus callitrichoides 'Cuba'

Java Moss

Java Fern Kadaka

Dwarf Hairgrass

Mini Christmas Moss

Ludwigia sp. 'Super Red'

Cryptocoryne wendtii 'Brown'

Limnophila sessiliflora

Keunggulan

Ukurannya mungil sehingga tidak memakan banyak tempat

Tanaman multifungsi yang mampu membersihkan air dari segala macam pencemaran

Pilihan tepat untuk Anda yang menyukai aquascaping gaya Jepang

Mengandung biofilm yang bisa menjadi makanan udang

Salah satu tanaman aquascape yang paling mudah untuk dipelihara

Minimalkan pertumbuhan alga dengan tanaman berbentuk jarum ini

Ciptakan kesan alami dan sederhana di akuarium

Tanaman aquascape merah yang kepekatan warnanya dipengaruhi intensitas cahaya

Bisa menjadi rumah yang nyaman untuk para ikan dan udang

Mampu memproduksi banyak oksigen untuk para hewan di akuarium

Harga mulai dariRp 12.000,00Rp 500,00Rp 6.500,00Rp 5.000,00Rp 3.000,00Rp 7.000,00Rp 7.900,00Rp 5.000,00Rp 2.500,00Rp 3.000,00
JenisRhizomeCryptsGround coverMossRhizomeGround coverMossStemCryptsStem
Kebutuhan cahayaRendahRendah hingga sedangTinggiRendah hingga sedangRendah hingga sedangSedang hingga tinggiRendah hingga sedangSedang hingga tinggiRendah hingga sedangSedang
Injeksi CO2Dibutuhkan (6–14 mg/L)Tidak diperlukanDibutuhkan (15–25 mg/L)Tidak terlalu dibutuhkanTidak terlalu dibutuhkanDiperlukanDisesuaikan dengan kebutuhanDibutuhkan jika ingin meningkatkan warnanyaTidak dibutuhkanDibutuhkan (6–14 mg/L)
Substrat yang dibutuhkanPasirTidak ada karena bisa tumbuh terapungPasirKerikilPasirPasirTidak ada karena bisa tumbuh di batu dan kayuSemua jenis substrat (kecuali pasir)Pasir dan kerikilKerikil halus
PemangkasanDilakukan saat batang sudah dirasa panjangDilakukan saat daun ada yang menguning atau rusakDilakukan saat tanaman muai rimbun dan menumpukDilakukan saat tanaman mulai terlihata berantakan1 kali dalam setahunDilakukan saat tanaman mulai meninggi3–4 bulan sekaliDilakukan saat tanaman mulai mencapai permukaanHanya dilakukan saat ada daun yang sudah tua2 kali seminggu
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar aquascape

Pertanyaan umum seputar aquascape

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi tanamannya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan populer seputar aquascape. Agar Anda tidak penasaran lagi, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah bisa aquascape tanpa CO2?

Sebenarnya, model aquascape tanpa CO2 tentu bisa dibuat dan perawatannya pun relatif mudah. Namun, pastikan Anda membersihkan akuarium dan mengganti air secara berkala agar suplai CO2 yang baru terus terpenuhi. Selain itu, Anda juga bisa memilih tanaman aquascape tanpa CO2 seperti Java fern atau Anubias.

Apakah aquascape perlu filter dan aerator?

Aerator tidak harus ada dalam aquascape karena tanaman di dalam akuarium akan menghasilkan oksigen secara alami dari proses fotosintesis. Namun, filter wajib dipasang di akuarium untuk membantu meningkatkan oksigen dalam air agar tanaman aquascape bisa tumbuh dengan baik.

Tips merawat tanaman aquascape

Tips merawat tanaman aquascape

Perlukah membersihkan tanaman aquascape? Jawabannya tentu saja iya. Namun, perawatan aquascape sedikit berbeda dari perawatan akuarium biasa. Anda memerlukan ketelatenan dan keuletan untuk merawatnya. Selain itu, tanaman aquascape perlu dibersihkan secara rutin agar tetap terlihat indah dan tumbuh subur.


Tips yang bisa Anda perhatikan dalam merawat tanaman aquascape adalah:

  • Menjaga asupan nutrisi,
  • Menjaga keseimbangan ekosistem,
  • Mengganti air secara rutin, dan
  • Membersihkan kaca.

Baca juga rekomendasi tanaman jenis lainnya di sini

Rekomendasi tanaman aquascape terbaik sudah kami berikan. Namun, masih banyak jenis tanaman lain yang tidak kalah cantik. Apabila Anda ingin menghiasi rumah dengan tanaman jenis lainnya, jangan ragu untuk membuka artikel yang ada di bawah.

Kesimpulan

Banyaknya pilihan tanaman aquascape mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan poin-poin yang sudah kami jabarkan sebelumnya untuk menentukan produk yang paling tepat.


Saat Anda memilih tanaman aquascape, jangan lupa untuk mempertimbangkan elemen lain yang dibutuhkan, serta proses perawatannya. Dengan demikian, tanaman aquascape yang Anda beli bisa terawat dengan maksimal. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jemuran handuk sangat fungsional untuk menjemur handuk, baik handuk yang sedikit basah atau yang akan digunakan lagi. Anda akan menemukan begitu banyak jemuran handuk yang berbeda desain, bentuk, dan harga beredar di pasaran. Tentunya Anda harus memilih produk yang pas karena jemuran handuk sering kali boros tempat.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi jemuran handuk yang bagus. Anda akan menemukan beragam produk berkualitas dengan keunggulan tersendiri dalam artikel ini. Mau pilih produk dari merek IKEA, Informa, atau Liveo? Pilihlah yang sesuai dengan selera dan bujet Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hidup di kota besar yang penuh hiruk pikuk tentu mudah membuat Anda stres. Dengan berayun santai menggunakan kursi buaian gantung atau hammock chair, pikiran Anda pun dapat disegarkan kembali. Saat ini, tersedia berbagai jenis kursi gantung untuk indoor maupun outdoor yang dapat Anda nikmati bersama keluarga.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi hammock chair terbaik. Dengan begitu, Anda pun semakin mudah menemukan produk yang tepat. Anda akan menemukan beragam hammock chair berkualitas dalam artikel ini. Silakan disimak!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tanaman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda mengalami masalah kesehatan, seperti demam, batuk, atau pilek, jangan langsung mengonsumsi obat-obatan kimia. Cobalah untuk mengganti obat tersebut dengan ekstrak tanaman herbal yang lebih alami. Tanaman herbal atau tanaman obat adalah tanaman yang mengandung zat aktif yang berguna untuk pengobatan.Kali ini, kami akan memberitahu tips memilih tanaman herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan Anda. Ulasan mengenai rekomendasi tanaman herbal terbaik, seperti jahe, jeruk nipis, dan lidah buaya juga akan kami bagikan. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Media tanam adalah campuran bahan organik dan anorganik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sebuah tanaman. Selain menutrisi, media tanam juga membantu formasi akar serta menampung udara dan air di dalamnya. Anda bisa meraciknya sendiri ataupun membeli produk media tanam siap pakai.Pemilihan media tanam penting karena produk yang salah dapat membuat tanaman cepat busuk atau gagal berbuah. Kami akan memberi tips memilih media tanam yang bagus untuk Anda. Kami juga akan me-review media tanam dari merek terkenal, seperti Klasmann, Trubus, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuimii. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang suka berkebun, gunting tanaman, dahan, atau rumput, merupakan alat yang wajib dimiliki. Gunting ini biasanya dipakai untuk memangkas dahan tanaman agar terlihat lebih rapi sekaligus untuk menjaga kesehatannya. Alat ini juga berguna bila Anda ingin melakukan stek atau okulasi pada tanaman.Simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih gunting tanaman yang bagus untuk bunga atau pohon di taman Anda. Kami juga akan menghadirkan rekomendasi produk gunting tanaman dari Krisbow, Tekiro, Hasston Prohex, dan merek terkenal lainnya. Artikel ini ditinjau oleh arsitek lanskap kami, Setia Permana.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Saat mendekor kebun, Anda perlu memikirkan bentuk dan ukuran pot yang Anda butuhkan. Pot bunga memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada pot simpel dengan harga murah, ada juga pot artistik dengan harga tinggi. Bahan pot juga beragam, mulai dari plastik, kayu, hingga keramik. Merk pot bunga mana yang sebaiknya Anda pilih?Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih pot bunga yang menarik. Kami juga akan merekomendasikan merk pot plastik yang bagus, antara lain IKEA dan Mendekor. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Isu tentang ketahanan pangan bukan hanya menjadi tugas petani. Untuk mendukung Gerakan Ketahanan Pangan (GKP) oleh Kementerian Pertanian RI, Anda bisa mulai turut serta menanam sayur di rumah. Agar mendapatkan panen melimpah di lahan terbatas, Anda membutuhkan benih yang berkualitas.Di artikel ini, kami akan membahas tentang benih sayur yang bagus dari berbagai merek. Anda akan menemukan benih sayur dari Cap Panah Merah, Know You Seed, Benihpedia, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, ketahui tips memilih benih sayur yang baik berikut ini!
    Kebun & luar ruangan
  • 8 Pupuk Urea Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    8 Pupuk Urea Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Tanaman tidak hanya membutuhkan sinar matahari dan air yang cukup. Salah satu unsur tambahan yang biasa digunakan pada tanaman hias, padi, atau jagung adalah urea. Urea merupakan senyawa organik yang tersusun dari berbagai unsur, seperti karbon, hidrogen, oksigen, hingga nitrogen. Unsur nitrogen di dalam pupuk urea inilah yang dapat memberikan vitalitas tambahan bagi tanaman.Kami akan mengulas cara memilih pupuk urea serta merekomendasikan produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti Nitrea, Urecote, dan lainnya akan kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • Artikel populer

  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pupuk kalium klorida atau pupuk KCl adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Terdapat beberapa jenis pupuk KCl di pasaran dalam bentuk serbuk kristal atau cair. Fungsi pupuk KCl di antaranya adalah untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan lain-lain.Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selang air menjadi salah satu benda yang wajib ada di rumah Anda. Perannya cukup penting untuk membersihkan halaman rumah dari debu atau menyiram tanaman untuk berkebun. Jenis selang air bermacam-macam. Selain selang taman, ada juga selang untuk mengalirkan air panas. Fitur selang pun beragam, misalnya selang antitekuk, selang dengan penggulung otomatis, hingga selang yang dilengkapi fitur semprotan. Kali ini, kami akan membantu Anda memilih selang air di artikel ini. Beberapa merek yang bagus dan terkenal, seperti Krisbow, Kenmaster, dan Westpex juga ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak artikelnya sampai selesai!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Isu tentang ketahanan pangan bukan hanya menjadi tugas petani. Untuk mendukung Gerakan Ketahanan Pangan (GKP) oleh Kementerian Pertanian RI, Anda bisa mulai turut serta menanam sayur di rumah. Agar mendapatkan panen melimpah di lahan terbatas, Anda membutuhkan benih yang berkualitas.Di artikel ini, kami akan membahas tentang benih sayur yang bagus dari berbagai merek. Anda akan menemukan benih sayur dari Cap Panah Merah, Know You Seed, Benihpedia, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, ketahui tips memilih benih sayur yang baik berikut ini!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori