• 10 Rekomendasi Tanaman Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Tanaman Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Tanaman Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Tanaman Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Tanaman Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Tanaman Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Tampilan akuarium yang sama dari tahun ke tahun pasti membuat Anda bosan. Jika demikian, kami sarankan Anda untuk mendekorasi ulang akuarium menggunakan tanaman aquascape. Tanaman ini pasti akan memberikan suasana baru bagi akuarium di dalam rumah Anda.


Ludwigia sp., Anubias barteri, dan Hemianthus callitrichoides merupakan beberapa jenis tanaman aquascape yang bisa dibeli di toko online. Dari beberapa tanaman aquascape tersebut, manakah yang paling sesuai dengan akuarium di rumah Anda? Untuk mengetahui jawabannya, bacalah cara memilih tanaman aquascape terbaik dan melihat review-nya di bawah ini!

  • Pembaharuan terakhir: 22 April 2021
  • 982 Views
Daftar isi

Apa itu tanaman aquascape?

Tanaman aquascape merupakan tumbuhan yang bisa hidup di dalam air. Orang-orang biasanya memelihara tanaman ini di dalam akuarium bersama ikan, udang, dan keong.


Tanaman aquascape tidak hanya indah, tetapi juga bermanfaat bagi kehidupan di dalam akuarium. Tanaman aquascape mampu menyerap kotoran, logam berat, dan nutrisi berlebih yang bisa memicu timbulnya alga. Selain itu, tanaman ini mampu menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen.

Cara memilih tanaman aquascape

Toko online menjual beragam tanaman aquascape. Agar Anda tidak membeli tanaman yang salah, jangan lupa perhatikan poin-poin berikut saat memilih tanaman aquascape,

Ketahui jenisnya terlebih dahulu

Tanaman aquascape memang beragam. Namun, Anda bisa mengelompokkannya menjadi lima, yakni stem, rhizome, crypts, moss, dan ground cover. Kelima kelompok tanaman tersebut memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

Stem, pertumbuhannya cepat

Stem, pertumbuhannya cepat

Tanaman aquascape jenis stem (batang) cukup populer karena bisa tumbuh dengan cepat dan mudah ditanam. Anda hanya perlu menanamnya pada substrat (media tanam) yang sudah dibasahi oleh air. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu sekitar 5–10 hari hingga akar barunya muncul.


Beberapa jenis tanaman aquascape jenis stem memiliki warna merah, sedangkan beberapa jenis lainnya memiliki warna hijau. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta aquascaping. Agar warnanya bisa keluar dengan maksimal, tanaman harus diberi cahaya dan CO2 yang cukup.

Rhizome, bisa diperbanyak dengan mudah

Rhizome, bisa diperbanyak dengan mudah

Rhizome merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa diperbanyak dengan mudah. Anda hanya perlu mengeluarkan tanaman ini dari akuarium dan memotong rimpangnya menjadi beberapa bagian. Namun, Anda harus memastikan tidak ada akar yang rusak selama proses pemotongan berlangsung. Setelah itu, Anda bisa menanamnya di tempat yang diinginkan.


Tanaman aquascape jenis ini bisa ditanam di tempat yang rendah cahaya atau tinggi cahaya. Tanaman yang ditanam di tempat minim cahaya akan tumbuh lebih lambat. Jadi, Anda tidak perlu memangkas terlalu sering. Sebaliknya, tanaman yang menerima banyak cahaya akan tumbuh lebih cepat sehingga harus lebih sering dipangkas. 

Crypts, rumah yang sempurna untuk para ikan

Crypts, rumah yang sempurna untuk para ikan

Tanaman aquascape jenis crypts atau roset tumbuh berimpitan. Keadaan tersebut membuat tanaman ini sering dijadikan tempat bersembunyi oleh ikan-ikan yang pemalu. Di pihak lain, beberapa jenis ikan memanfaatkan keadaan tersebut untuk berkembang biak. 


Daun tanaman ini tidak hanya bermanfaat, tetapi juga indah. Warna daunnya akan berubah jadi lebih cerah saat menerima cahaya dalam jumlah yang tinggi. Akan tetapi, cahaya dalam jumlah tinggi akan membuat para ikan tidak nyaman. Karena itu, Anda harus membuat keputusan apakan tanaman ini akan dijadikan tempat para ikan atau hiasan akuarium saja. 

Moss, dapat ditanam di atas batu atau kayu

Moss, dapat ditanam di atas batu atau kayu

Moss atau lumut merupakan tanaman aquascape yang dapat ditanam di atas batu dan kayu. Agar tanaman ini bisa menempel dengan sempurna, Anda harus mengikatnya selama beberapa minggu sebelum ikatan tersebut dapat dilepaskan. Apabila Anda tidak mengikatnya, moss akan mengambang di permukaan akuarium.


Tanaman aquascape jenis ini memang bisa tumbuh di tempat yang minim cahaya. Biarpun begitu, Anda sebaiknya memberi cahaya dalam jumlah yang cukup supaya tanaman ini bisa tumbuh lebih rimbun dan sehat.

Ground cover, membuat akuarium tampak makin indah

Ground cover, membuat akuarium tampak makin indah

Tanaman berukuran kecil ini akan tumbuh ke seluruh bagian dasar akuarium dan menciptakan hamparan hijau yang indah. Oleh sebab itu, tanaman aquascape jenis ground cover ini sering disebut sebagai "tanaman karpet".


Tanaman jenis ini tidak hanya indah, tetapi juga bermanfaat karena bisa mengontrol kadar nitrat dan menghilangkan polutan di dalam air. Selain itu, tanaman ground cover juga sering dijadikan tempat berlindung bagi beberapa jenis ikan dan udang. 

Perhatikan elemen lain yang dibutuhkan

Saat Anda memelihara tanaman aquascape, jangan lupa untuk memperhatikan elemen lainnya, seperti cahaya, karbon dioksida, dan substrat. Ketiga elemen tersebut memiliki peran yang cukup penting terhadap tanaman aquascape yang Anda pelihara.

Pencahayaan, berpengaruh terhadap kesehatan tanaman

Pencahayaan, berpengaruh terhadap kesehatan tanaman

Tanaman aquascape memang hidup di dalam air, tetapi tanaman ini tetap memerlukan cahaya untuk melakukan fotosintesis. Tanaman yang tidak mendapatkan cukup cahaya akan tumbuh kerdil dan kurang sehat. Setiap tanaman aquascape memerlukan cahaya dalam jumlah yang berbeda-beda. Jadi, Anda sebaiknya mengatur letak tanaman berdasarkan jumlah cahaya yang dibutuhkan.


Tanaman yang membutuhkan banyak cahaya bisa diletakkan di dekat sumber cahaya. Sebaliknya, tanaman yang membutuhkan sedikit cahaya sebaiknya diletakkan agak jauh dari sumber cahaya. Dengan demikian, setiap tanaman yang ada di dalam akuarium bisa mendapat cahaya sesuai dengan kebutuhannya. 


Cahaya tidak hanya membantu proses fotosintesis, tetapi juga membantu hewan yang ada di dalam akuarium menentukan waktu istirahat. Jadi, cahaya memegang peran yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di dalam akuarium.

Karbon dioksida, penting untuk pertumbuhan tanaman

Karbon dioksida, penting untuk pertumbuhan tanaman

Elemen lain yang dibutuhkan oleh tanaman aquascape adalah karbon dioksida (CO2). Tanpa karbon dioksida, tanaman aquascape tidak akan mendapatkan makanan karena tidak bisa melakukan fotosintesis.


Karbon dioksida untuk tanaman aquascape bisa berasal dari hewan di dalam akuarium dan injeksi karbon dioksida. Namun, injeksi karbon dioksida harus dilakukan dengan hati-hati. Jika Anda melakukannya secara asal-asalan, kegiatan tersebut berisiko menyebabkan hewan di dalam akuarium mati.

Substrat, berperan sebagai media tumbuhnya tanaman

Substrat, berperan sebagai media tumbuhnya tanaman

Selain cahaya dan karbon dioksida, substrat merupakan elemen lain yang tidak kalah penting. Substrat tidak hanya berperan sebagai media tanam, tetapi juga sebagai rumah bagi bakteri baik. Nah, bakteri baik tersebut akan bertugas memecah detritus (sampah, bangkai, dan kotoran hewan) menjadi makanan para tumbuhan. 


Substrat yang ada di pasaran sangat beragam. Ada yang berbentuk pasir, kerikil, hingga bola tanah. Ukurannya pun ada yang besar (sekitar 2–5 mm) dan kecil (sekitar 1–2 mm). Dalam hal ini, Anda harus menyesuaikannya dengan jenis tanaman. Substrat berukuran besar cocok untuk dijadikan media tanam anubias, sedangkan substrat berukuran kecil cocok untuk media tanam hair grass. 


Pemilihan substrat juga bisa dipengaruhi oleh jenis hewan yang ada di dalam akuarium. Jika Anda memelihara ikan tipe dasar (hidup di dasar akuarium), Anda harus memilih substrat yang lembut (tidak runcing). Dengan begitu, ikan yang Anda pelihara tidak akan mengalami iritasi atau luka.

Jangan lupa untuk melakukan trimming

Jangan lupa untuk melakukan trimming

Trimming atau pemangkasan merupakan hal yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan. Tanaman aquascape yang tidak dipangkas secara rutin akan tumbuh tak beraturan dan membuat akuarium jadi berantakan. Karena itu, Anda tidak boleh melewatkan hal ini.


Setiap tanaman aquascape memiliki waktu pemangkasan yang berbeda-beda. Misalnya, tanaman jenis stem harus dipangkas 3–4 minggu sekali karena pertumbuhannya cukup cepat. Namun, tanaman jenis rhizome, contohnya Java Fern Kadaka, cukup dipangkas satu tahun sekali karena pertumbuhannya lambat.

10 Rekomendasi tanaman aquascape terbaik

Poin-poin mengenai cara memilih tanaman aquascape sudah kami jabarkan. Sekarang kami akan memberikan rekomendasi tanaman aquascapes terbaik untuk Anda. Silakan dilihat satu per satu dan pilihlah yang paling sesuai untuk Anda.

10
JenisGround cover
Kebutuhan cahayaSedang hingga tinggi
Injeksi CO2Diperlukan
Substrat yang dibutuhkanPasir
PemangkasanDilakukan saat tanaman mulai meninggi
9
JenisCrypts
Kebutuhan cahayaRendah hingga sedang
Injeksi CO2Tidak dibutuhkan
Substrat yang dibutuhkanPasir dan kerikil
PemangkasanHanya dilakukan saat ada daun yang sudah tua
8
JenisCrypts
Kebutuhan cahayaSedang hingga tinggi
Injeksi CO2Tidak diperlukan
Substrat yang dibutuhkanBola tanah yang padat nutrisi
PemangkasanDilakukan saat ada daun yang ditutupi alga atau mulai rusak
7
JenisMoss
Kebutuhan cahayaRendah hingga sedang
Injeksi CO2Disesuaikan dengan kebutuhan
Substrat yang dibutuhkanTidak ada karena bisa tumbuh di batu dan kayu
Pemangkasan3–4 bulan sekali
6
JenisMoss
Kebutuhan cahayaRendah hingga sedang
Injeksi CO2Tidak terlalu dibutuhkan
Substrat yang dibutuhkanKerikil
PemangkasanDilakukan saat tanaman mulai terlihata berantakan
5
JenisRhizome
Kebutuhan cahayaRendah hingga sedang
Injeksi CO2Tidak terlalu dibutuhkan
Substrat yang dibutuhkanPasir
Pemangkasan1 kali dalam setahun
4
JenisGround cover
Kebutuhan cahayaTinggi
Injeksi CO2Dibutuhkan (15–25 mg/L)
Substrat yang dibutuhkanPasir
PemangkasanDilakukan saat tanaman muai rimbun dan menumpuk
3
JenisStem
Kebutuhan cahayaSedang
Injeksi CO2Dibutuhkan (6–14 mg/L)
Substrat yang dibutuhkanKerikil halus
Pemangkasan2 kali seminggu
2
JenisStem
Kebutuhan cahayaSedang hingga tinggi
Injeksi CO2Dibutuhkan jika ingin meningkatkan warnanya
Substrat yang dibutuhkanSemua jenis substrat (kecuali pasir)
PemangkasanDilakukan saat tanaman mulai mencapai permukaan
1
JenisRhizome
Kebutuhan cahayaRendah
Injeksi CO2Dibutuhkan (6–14 mg/L)
Substrat yang dibutuhkanPasir
PemangkasanDilakukan saat batang sudah dirasa panjang

Tabel perbandingan produk tanaman aquascape terbaik

Gambar produk
1
Anubias barteri 'Petite' 1

2
Ludwigia sp. 'Super Red' 1

3
Limnophila sessiliflora 1

4
Hemianthus callitrichoides 'Cuba' 1

5
Java Fern Kadaka 1

6
Java Moss 1

7
Mini Christmas Moss 1

8
Echinodorus Red Rubin 1

9
Cryptocoryne wendtii 'Brown' 1

10
Dwarf Hairgrass 1

Nama produk

Anubias barteri 'Petite'

Ludwigia sp. 'Super Red'

Limnophila sessiliflora

Hemianthus callitrichoides 'Cuba'

Java Fern Kadaka

Java Moss

Mini Christmas Moss

Echinodorus Red Rubin

Cryptocoryne wendtii 'Brown'

Dwarf Hairgrass

Keunggulan

Ukurannya mungil sehingga tidak memakan banyak tempat

Makin tinggi cahaya yang diterima, makin merah pula warnanya

Mampu memproduksi banyak oksigen untuk para hewan di akuarium

Pilihan tepat untuk Anda yang menyukai aquascaping gaya Jepang

Salah satu tanaman aquascape yang paling mudah untuk dipelihara

Mengandung biofilm yang bisa menjadi makanan udang

Ciptakan kesan alami dan sederhana di akuarium

Satu tanaman dengan beragam warna yang cantik

Tanaman ini bisa menjadi rumah yang nyaman untuk para ikan dan udang

Minimalisir pertumbuhan alga dengan tanaman berbentuk jarum ini

Harga mulai dariRp 12.000,00Rp 7.500,00Rp 3.000,00Rp 9.000,00Rp 1.299,00Rp 7.000,00Rp 7.900,00Rp 9.000,00Rp 2.500,00Rp 9.000,00
JenisRhizomeStemStemGround coverRhizomeMossMossCryptsCryptsGround cover
Kebutuhan cahayaRendahSedang hingga tinggiSedangTinggiRendah hingga sedangRendah hingga sedangRendah hingga sedangSedang hingga tinggiRendah hingga sedangSedang hingga tinggi
Injeksi CO2Dibutuhkan (6–14 mg/L)Dibutuhkan jika ingin meningkatkan warnanyaDibutuhkan (6–14 mg/L)Dibutuhkan (15–25 mg/L)Tidak terlalu dibutuhkanTidak terlalu dibutuhkanDisesuaikan dengan kebutuhanTidak diperlukanTidak dibutuhkanDiperlukan
Substrat yang dibutuhkanPasirSemua jenis substrat (kecuali pasir)Kerikil halusPasirPasirKerikilTidak ada karena bisa tumbuh di batu dan kayuBola tanah yang padat nutrisiPasir dan kerikilPasir
PemangkasanDilakukan saat batang sudah dirasa panjangDilakukan saat tanaman mulai mencapai permukaan2 kali semingguDilakukan saat tanaman muai rimbun dan menumpuk1 kali dalam setahunDilakukan saat tanaman mulai terlihata berantakan3–4 bulan sekaliDilakukan saat ada daun yang ditutupi alga atau mulai rusakHanya dilakukan saat ada daun yang sudah tuaDilakukan saat tanaman mulai meninggi
Tautan produk

Baca juga rekomendasi tanaman jenis lainnya di sini

Poin-poin yang harus diperhatikan sebelum membeli tanaman aquascape sudah kami jabarkan. Rekomendasi tanaman aquascape terbaik pun sudah kami berikan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan produk yang tepat. Apabila Anda ingin menghiasi rumah dengan tanaman jenis lainnya, tak ada salahnya untuk membuka artikel yang ada di bawah.

Kesimpulan

Banyaknya pilihan tanaman aquascape mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan poin-poin yang sudah kami jabarkan sebelumnya untuk menentukan produk yang paling tepat.


Saat Anda memilih tanaman aquascape, jangan lupa untuk mempertimbangkan elemen lain yang dibutuhkan dan proses perawatannya. Dengan demikian, tanaman aquascape yang Anda beli bisa terawat dengan maksimal.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gantungan jemuran adalah benda yang pasti selalu tersedia di semua rumah. Gantungan ini digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci. Meskipun produk ini sederhana, Anda bisa saja kebingungan saat memilih karena banyaknya jenis yang tersedia.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih dan memberikan rekomendasi gantungan jemuran terbaik kepada Anda. Semua produk rekomendasi telah kami pilih dengan saksama berdasarkan fitur dan manfaatnya. Produk dari IKEA dan Smart Frog juga tak lupa kami ulas. Silakan simak artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
    4.326 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
    72.441 Views
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    190.760 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
    24.071 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda mengalami masalah kesehatan, seperti demam, batuk, atau pilek, jangan langsung mengonsumsi obat-obatan kimia. Cobalah untuk mengganti obat tersebut dengan ekstrak tanaman herbal yang lebih alami. Tanaman herbal adalah tanaman yang mengandung zat aktif yang berguna untuk pengobatan.Kali ini, kami akan memberitahu tips memilih tanaman herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan Anda. Ulasan mengenai rekomendasi tanaman herbal terbaik, seperti jahe, jeruk nipis, dan lidah buaya juga akan kami bagikan. Jangan lewatkan artikel berikut, ya.
    Kebun & luar ruangan
    508 Views
  • 10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk memperindah rumah, Anda juga memerlukan tanaman. Bunga yang berwarna-warni tentu akan membuat rumah tampak cantik. Dibandingkan bunga imitasi, bagaimana jika menanam bunga asli saja? Selain memperindah, tanaman juga bisa membuat udara di rumah menjadi lebih segar.Kami akan membahas beberapa bibit bunga yang bisa Anda pilih untuk menghias rumah. Anda akan menemukan bibit yang bagus, seperti bunga mawar, lavender, sedap malam, dan sebagainya. Kami akan mengulasnya dan membantu Anda mencari bunga yang cantik. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Yuk, ketahui dahulu perbedaan bibit dan benih, ya!
    Kebun & luar ruangan
    479 Views
  • 10 Rekomendasi Rumput Sintetis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rumput Sintetis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rumput sintetis adalah kumpulan serat plastik yang berbentuk seperti rumput alami. Produk ini bisa dipakai dalam lingkungan outdoor ataupun indoor untuk membuat rumah terlihat lebih indah. Anda bisa menemukan karpet rumput sintetis dengan tipe, ukuran, dan harga yang beragam di pasaran.Di artikel ini, kami akan berbagi cara memilih rumput sintetis yang bagus. Anda juga bisa pertimbangkan sepuluh produk rekomendasi kami untuk mendekorasi taman ataupun aquarium Anda. Sumara Artificial, Fantasy, dan merk terkenal lainnya tentu hadir dalam daftar kami. Yuk, baca artikelnya dan temukan rumput sintetis terbaik untuk rumah Anda!
    Kebun & luar ruangan
    1.559 Views
  • 10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang suka berkebun, gunting tanaman merupakan alat yang wajib dimiliki. Gunting ini biasanya dipakai untuk memangkas dahan tanaman agar terlihat lebih rapi sekaligus untuk menjaga kesehatannya. Berbagai jenis gunting tanaman dijual di pasaran, dari yang kecil hingga yang besar.Jika Anda merasa bingung, simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih gunting tanaman yang bagus. Kami juga akan menghadirkan sepuluh produk gunting tanaman dari Krisbow, Tekiro, Hasston Prohex, dan merk terkenal lainnya. Simak artikel ini sampai akhir dan temukan gunting tanaman yang pas untuk kebutuhan Anda!
    Kebun & luar ruangan
    2.784 Views
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    6.559 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Lidah Mertua Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Lidah Mertua Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda sedang mencari tanaman hias untuk mempercantik halaman atau sudut ruangan? Tanaman lidah mertua bisa menjadi pilihan tepat. Tanaman asli Afrika ini memiliki bentuk daun yang unik. Selain itu, tanaman bernama lain sansivera atau Sansevieria dan snake plant ini memiliki warna serta motif yang indah.Berbagai jenis tanaman lidah mertua dijual di e-commerce, seperti Sansevieria trifasciata 'Laurentii', Sansevieria kirkii 'Coppertone', dan Sansevieria rorida. Untuk membantu Anda menemukan tanaman lidah mertua yang bagus, kami akan merekomendasikan sepuluh tanaman lidah mertua terbaik. Namun, Anda sebaiknya menyimak terlebih dahulu pembahasan di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
    173 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    8.980 Views
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    6.551 Views
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    190.748 Views
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    3.736 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    38.931 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
    24.060 Views
  • 10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    Selain memberikan penerangan, lampu sorot juga dapat memperindah visual taman saat malam hari. Anda bisa menyesuaikan tingkat penerangan dengan besarnya daya, seperti 5 watt, 20 watt, atau 100 watt. Pilih juga warna lampu sorot taman yang diinginkan, seperti warna kuning, putih, atau yang warna-warni. Apa pun warnanya, kami sarankan Anda untuk pilih yang antiair atau waterproof.Selain tips memilih, kami juga akan berikan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Philips, Hannochs, dan Luxmenn. Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    1.623 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori