• 10 Rekomendasi Dekorasi Natal Terbaik untuk Menghiasi Rumah (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Dekorasi Natal Terbaik untuk Menghiasi Rumah (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Dekorasi Natal Terbaik untuk Menghiasi Rumah (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Dekorasi Natal Terbaik untuk Menghiasi Rumah (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Dekorasi Natal Terbaik untuk Menghiasi Rumah (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Dekorasi Natal Terbaik untuk Menghiasi Rumah (Terbaru Tahun 2022)

Saatnya bergembira merayakan kelahiran Yesus Kristus pada hari Natal! Agar suasana makin ceria dan menyenangkan, dekorasi Natal menjadi item penting yang tidak boleh dilewatkan. Mulai dari pohon Natal, lilin Natal, gantungan plafon, hiasan pintu, hingga dekorasi meja, semuanya bisa Anda temukan di pasaran.


Sebelum menentukan pilihan, simak terlebih dahulu cara memilih serta rekomendasi dekorasi Natal terbaik pilihan kami. Dengan begitu, Anda akan menemukan produk paling tepat untuk berbagai konsep dekorasi Natal yang Anda inginkan. Selamat membaca dan temukan dekorasi Natal favorit Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 10 Oktober 2022
Daftar isi

Cara memilih dekorasi Natal untuk menghiasi rumah

Memilih dekorasi Natal untuk menghiasi rumah bukanlah hal yang sulit bila Anda menjadikan poin-poin berikut sebagai acuan. Yuk, ikuti terus pemaparannya!

Cari tahu macam-macam dekorasi Natal

Cari tahu macam-macam dekorasi Natal

Agar mudah menentukan konsep dekorasi yang ingin Anda wujudkan, ketahui terlebih dahulu macam-macam dekorasi Natal yang tersedia di pasaran. Dengan begitu, Anda bisa memilih dekorasi yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Yuk, simak daftar item dan penjelasan singkatnya di bawah ini.


  • Lampu Natal: Kelap-kelipnya identik dengan keceriaan momen Natal.
  • Pohon Natal: Biasanya menjadi dekorasi utama dalam ruangan.
  • Ornamen Natal: Berupa bola warna-warni, lonceng mini, miniatur hewan khas Natal, dan lain-lain untuk melengkapi pohon Natal.
  • Garland atau slinger: Berbentuk untaian daun pinus dalam berbagai variasi dan warna.
  • Wreath: Rangkaian daun atau bunga yang dihiasi berbagai ornamen dan dibentuk melingkar.
  • Stoking Natal: Kaus kaki berukuran besar dengan dominasi warna merah atau hijau.
  • Lilin atau lentera Natal: Hadir sebagai simbol cahaya dan harapan pada momen Natal.
  • Bingkisan kado: Menambah semarak Natal dan sebagai pengingat untuk senantiasa saling berbagi dengan sesama.

Tentukan tempat pemasangannya

Tentukan tempat pemasangannya

Sebelum membeli dekorasi Natal, Anda perlu menentukan terlebih dahulu tempat pemasangannya. Apakah Anda akan menempatkannya di pintu masuk, pohon Natal, tangga, meja, plafon rumah, atau tempat perapian? Dengan dekorasi yang tepat, nuansa Natal pada tiap-tiap area tersebut akan terpancar dengan indah.


  • Di pintu masuk, Anda bisa memasang wreath atau ornamen Natal bertuliskan "Merry Christmas". Selain memberikan atmosfer Natal di bagian luar rumah, dekorasi ini juga tampak cantik dan tidak berlebihan.

  • Jika rumah Anda memiliki tempat perapian, stoking Natal adalah dekorasi yang paling lazim dipilih. Konon, Sinterklas akan menyelinap masuk melalui cerobong asap dan memasukkan hadiah ke dalamnya.

  • Untuk meja makan, Anda bisa meletakkan lilin bernuansa Natal yang dilengkapi dengan beberapa pernak-pernik Natal.

  • Untuk pohon Natal, Anda bisa menghiasnya dengan ornamen, lampu Natal dan garland. Lalu, agar dekorasi kelihatan lebih manis, Anda dapat menambahkan bingkisan kado Natal di bagian bawah pohon.

  • Untuk area outdoor, Anda bisa memasang lentera atau lampu LED. Anda juga bisa memajang replika boneka salju di halaman rumah agar nuansa Natal makin terasa.

Kenali bahan pembuatnya

Kenali bahan pembuatnya

Dekorasi Natal hadir dalam beragam bahan. Namun, ada tiga bahan yang biasanya akan Anda temukan saat memilih pernak-pernik Natal. Berikut ini penjelasannya.


  • Plastik

Pernak-pernik untuk dekorasi Natal kebanyakan terbuat dari bahan plastik atau bahan sejenis lainnya. Bahan-bahan tersebut banyak digunakan karena mudah dibentuk sehingga menghasilkan desain yang variatif. Selain tahan air dan ringan, hiasan yang dibuat dari plastik juga memiliki harga bersahabat.


  • Kayu

Hiasan berbahan kayu adalah pilihan tepat untuk menghadirkan nuansa klasik dan hangat dalam ruangan. 


  • Logam

Selain plastik dan kayu, ada juga hiasan Natal yang terbuat dari logam tahan karat serta kuat. Kami merekomendasikan produk dengan ketahanan yang baik seperti ini agar bisa digunakan untuk jangka panjang.

Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda

Ukuran dekorasi Natal adalah salah satu poin penting yang perlu Anda perhatikan. Jika ukurannya terlalu besar, dekorasi akan terlihat terlalu menonjol. Selain itu, ruang yang dibutuhkan pun akan makin besar sehingga hanya tersisa sedikit ruang untuk hiasan lainnya.


Dekorasi Natal berukuran besar bisa dipilih bila ingin menjadikan dekorasi tersebut sebagai pusat perhatian dalam ruangan. Namun, bila Anda ingin memasang banyak hiasan agar rumah terkesan meriah, pilihlah dekorasi Natal berukuran kecil, ya.

Periksa isi set

Periksa isi set

Ada produk yang dalam satu setnya berisi berbagai jenis hiasan Natal dalam jumlah banyak. Produk seperti ini sengaja dijual dalam set karena lebih ekonomis dibandingkan membeli satuan. Jika ingin memperoleh berbagai hiasan dalam jumlah banyak sekaligus menghemat bujet, produk seperti ini adalah pilihan tepat.


Sementara itu, jika Anda ingin menghias rumah sesuai konsep dekorasi yang sudah dirancang, pilihlah produk yang dijual satuan. Hindari membeli produk set karena bisa saja terdapat hiasan yang tidak Anda perlukan di dalamnya. Agar bujet tidak membengkak, belilah produk satuan sesuai kebutuhan dan kombinasikan dengan benda-benda yang tersedia di rumah.

Cocokkan warna dan desain produk dengan interior rumah Anda

Ada begitu banyak dekorasi Natal dengan warna serta desain yang menarik dan siap digunakan untuk mempercantik rumah. Anda tinggal menyesuaikannya dengan interior ruangan agar tampak senada dan makin memperkuat nuansa yang ingin ditampilkan.

Warna emas dan full ornamen: Memberi kesan mewah

Warna emas dan full ornamen: Memberi kesan mewah

Pemilihan dekorasi yang tepat akan memberi sentuhan yang spesial kepada interior rumah Anda. Sebagai contoh, untuk menghadirkan kesan mewah, Anda bisa memilih ornamen-ornamen Natal berwarna emas. Selain memberikan sentuhan mewah, warna emas juga sangat eye-catching sehingga menarik untuk dipajang.


Bola-bola dan lonceng emas yang dipadukan dengan ornamen hijau serta merah akan membuat pohon Natal terlihat mewah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ornamen berwarna gold ini untuk menghias meja makan atau rak dinding. Dengan demikian, nuansa mewah akan terpancar merata di seluruh ruangan rumah Anda.

Nuansa silver dan sentuhan natural: Menghadirkan kesan minimalis

Nuansa silver dan sentuhan natural: Menghadirkan kesan minimalis

Bagi yang menyukai tampilan minimalis, ornamen bernuansa silver bisa menjadi salah satu opsi yang layak dipertimbangkan. Hal ini tidak lain karena kesan bersih yang diberikan oleh warna tersebut. Lalu, untuk mempertegas sentuhan natural pada interior rumah, Anda bisa memadukannya dengan hiasan berwarna hijau dan cokelat.


Kedua warna tersebut adalah warna alam yang akan membuat suasana rumah jadi terasa natural dan hangat. Anda cukup menata ornamen silver dengan dedaunan, biji pinus, atau kayu untuk menghadirkan nuansa alam pada hari Natal. Namun, jangan menggunakan terlalu banyak hiasan agar kesan minimalisnya tetap lekat.

10 Rekomendasi dekorasi Natal terbaik untuk menghiasi rumah

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk dekorasi Natal terbaik untuk menghiasi rumah yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 9 Oktober 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Goto Hardware Christmas Light Nata menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Wreath Ring Krans Bulat memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Wreath Ring Krans Bulat 1

2
Christmas Tree Ribbon Slinger 1

3
Kingdom Lampu Tumblr 1

Kingdom

4
Hiasan Natal Kaos Kaki 1

5
Set Patung Kelahiran Yesus 1

6
Pine Christmas Tree 1

7
Tulisan Merry Christmas 1

8
Christmas Scented Candle 1

9
Lentera Mini Lampu LED Natal 1

10
Paket Dekorasi Natal Set B 1

Nama produk

Wreath Ring Krans Bulat

Christmas Tree Ribbon Slinger

Lampu Tumblr

Hiasan Natal Kaos Kaki

Set Patung Kelahiran Yesus

Pine Christmas Tree

Tulisan Merry Christmas

Christmas Scented Candle

Lentera Mini Lampu LED Natal

Paket Dekorasi Natal Set B

Keunggulan

Sambut tamu Anda dengan dekorasi yang meriah

Tiga pilihan warna yang siap menghiasi pohon Natal Anda

Cahayanya indah, pilihan warnanya pun banyak

Selipkan hadiah untuk si kecil sebagai kejutan pada momen Natal

Pengingat akan momen lahirnya Yesus Kristus sebagai Juru Selamat manusia

Beragam jenis pohon yang menarik dan siap mendekor rumah Anda

Warna emasnya berikan kesan mewah di ruang tamu Anda

Momen Natal makin berkesan dengan Christmas scented candle!

Cahaya temaramnya berikan nuansa warm dan cozy

Isinya banyak dan mudah dipasang, cocok dijadikan backdrop

Harga mulai dariRp 40.000,00Rp 5.900,00Rp 30.000,00Rp 15.000,00Rp 160.000,00Rp 949.000,00Rp 11.000,00Rp 25.000,00Rp 29.900,00Rp 65.000,00
BahanPVCTidak disebutkanLED + kabel listrikTidak disebutkanFiberglassBesi, polypropylene (PP)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
UkuranDiameter: 20 cmPanjang: 200 cm・Diameter: 6 cm, 9 cmPanjang: 10 meter16 cm x 13 cmTinggi: 8–10 cmTinggi: 150 cm14 cm x 5,5 cm x 0,4 cm dan 25 cm x 9,5 cm x 0,6 cmTidak disebutkan13,8 cm x 4,9 cm x 4,1 cmTidak disebutkan
Cara penggunaanDigantungkan di pintu, jendela, atau tembokDigantungkan di plafon atau pohon NatalDipasang ke pohon Natal, digantungkan di dinding dan plafonDigantungkan di dinding, di pintu, atau di pohon NatalDiletakkan di mejaDiletakkan di ruanganDigantungkan di dinding, pintu, atau pohon NatalDiletakkan di meja makan atau meja tamuDigantungkan di area outdoor, diletakkan di mejaDigantungkan di plafon, diletakkan di meja, dililit ke pohon Natal, dan sebagainya
Isi set××××12 pcs patung karakter (Maria, Yusuf, bayi Yesus, 3 orang majus, penggembala, 2 domba, sapi, dan kuda)××4 buah lilin Natal×2 slinger, 1 banner Merry Christmas, 2 balon foil kaus kaki, 1 balon lonceng Natal, 1 set honey comb
Tautan produk
10
BahanTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
Cara penggunaanDigantungkan di plafon, diletakkan di meja, dililit ke pohon Natal, dan sebagainya
Isi set2 slinger, 1 banner Merry Christmas, 2 balon foil kaus kaki, 1 balon lonceng Natal, 1 set honey comb
9
BahanTidak disebutkan
Ukuran13,8 cm x 4,9 cm x 4,1 cm
Cara penggunaanDigantungkan di area outdoor, diletakkan di meja
Isi set×
8

Christmas Scented Candle

Mulai dari Rp 25.000,00

BahanTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
Cara penggunaanDiletakkan di meja makan atau meja tamu
Isi set4 buah lilin Natal
7
BahanTidak disebutkan
Ukuran14 cm x 5,5 cm x 0,4 cm dan 25 cm x 9,5 cm x 0,6 cm
Cara penggunaanDigantungkan di dinding, pintu, atau pohon Natal
Isi set×
6
BahanBesi, polypropylene (PP)
UkuranTinggi: 150 cm
Cara penggunaanDiletakkan di ruangan
Isi set×
5
BahanFiberglass
UkuranTinggi: 8–10 cm
Cara penggunaanDiletakkan di meja
Isi set12 pcs patung karakter (Maria, Yusuf, bayi Yesus, 3 orang majus, penggembala, 2 domba, sapi, dan kuda)
4
BahanTidak disebutkan
Ukuran16 cm x 13 cm
Cara penggunaanDigantungkan di dinding, di pintu, atau di pohon Natal
Isi set×
3

KingdomLampu Tumblr

Mulai dari Rp 30.000,00

BahanLED + kabel listrik
UkuranPanjang: 10 meter
Cara penggunaanDipasang ke pohon Natal, digantungkan di dinding dan plafon
Isi set×
2
BahanTidak disebutkan
UkuranPanjang: 200 cm・Diameter: 6 cm, 9 cm
Cara penggunaanDigantungkan di plafon atau pohon Natal
Isi set×
1
BahanPVC
UkuranDiameter: 20 cm
Cara penggunaanDigantungkan di pintu, jendela, atau tembok
Isi set×

Pertanyaan umum seputar dekorasi Natal untuk menghiasi rumah

Pertanyaan umum seputar dekorasi Natal untuk menghiasi rumah

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan seputar Natal dan dekorasinya? Jika ya, pembahasan berikut ini mungkin akan menjawab rasa penasaran Anda. Silakan disimak!

Apa arti pohon Natal?

Makna pohon Natal mungkin berbeda-beda di tiap tempat dan kebudayaan. Namun, secara umum pohon Natal melambangkan harapan dan kehidupan.


Pohon Natal juga dipercaya melambangkan pertumbuhan kehidupan rohani, serta kasih Tuhan Yesus yang tiada henti. Semua makna tersebut berhubungan dengan kekuatan pohon cemara yang mampu tumbuh subur pada musim dingin dan tetap kokoh meskipun tertimpa salju.

Melambangkan apakah lilin dalam Natal?

Pada momen Natal, lilin melambangkan Yesus Kristus yang adalah terang dunia dan dapat membawa manusia keluar dari kegelapan. Sama seperti lilin, Yesus Kristus akan menerangi jalan hidup manusia dan meniadakan kegelapan yang pekat dengan terang-Nya.

Tips menata dekorasi Natal untuk rumah mungil

Tips menata dekorasi Natal untuk rumah mungil

Tinggal di perkotaan mungkin membuat sebagian orang harus puas dengan luas rumah yang tidak terlalu besar. Namun, ukuran rumah yang mungil bukanlah persoalan besar saat ingin mendekor ruangan untuk persiapan Natal. Kami akan membagikan tipsnya untuk Anda. Yuk, disimak!


  • Gunakan dinding rumah untuk memajang ornamen-ornamen Natal. Sebagai contoh, aturlah lampu Natal pada dinding sehingga membentuk sebuah pohon dan voila, pohon Natal pun tersedia!


  • Manfaatkan meja dan rak dinding untuk meletakkan pernak-pernik bernuansa Natal sehingga Anda tidak memerlukan space tambahan lagi.


  • Taruh aneka bantal duduk bertema Natal pada sofa atau kursi untuk menghadirkan atmosfer Natal di hunian mungil Anda.


  • Gunakan berbagai wadah, seperti stoples kaca, untuk menaruh berbagai hiasan Natal. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan dekorasi Natal yang indah sekaligus tidak menyita tempat.


  • Hias pegangan tangga, plafon, atau tepi jendela dengan slinger untuk menambah kemeriahan tanpa perlu menyediakan ruang tambahan.


Demikian tips dekorasi rumah mungil yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda dalam menghadirkan suasana Natal di tengah-tengah keluarga.

Baca juga rekomendasi kado Natal, kertas kado, dan dekorasi pohon Natal di sini

Ketika hari Natal tiba, tentu pohon Natal wajib dihiasi dengan berbagai dekorasi. Selain itu, berbagai kado Natal dan kertas kado pun tentu Anda butuhkan. Yuk, ketahui informasi lebih detail dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Momen Natal akan makin berkesan jika Anda menghiasi rumah dengan dekorasi yang sesuai. Anda bisa memilih hiasan dengan ukuran dan bahan yang diinginkan. Namun, jangan lupa untuk menentukan lokasi pemasangannya sebelum membeli.


Tergantung tiap-tiap produk, isi tiap set bisa saja berbeda. Jadi, pastikan Anda memilih produk yang isinya sesuai dengan konsep dekorasi yang diinginkan. Nah, milikilah dekorasi Natal yang tepat dan jadikan hari Natal Anda makin istimewa!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hiasan Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hiasan Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Natal adalah hari perayaan kelahiran Yesus Kristus, Sang Juru Selamat dunia. Momen tersebut sangatlah berarti dan membahagiakan bagi umat Kristiani. Tidak heran hari Natal sangat dinanti oleh orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Supaya makin semarak, mari sambut dan meriahkan momen Natal Anda dengan menghias pohon Natal. Kini ada begitu banyak dekorasi pohon Natal yang bagus dan cantik di pasaran. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami akan memaparkan cara memilih hiasan pohon Natal. Tidak lupa juga kami sertakan rekomendasi hiasan pohon Natal terbaru. Yuk, percantik pohon Natal di rumah Anda!
    Pesta & event
  • 10 Rekomendasi Dekorasi Ulang Tahun Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dekorasi Ulang Tahun Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi anak-anak, hari ulang tahun yang dirayakan dengan meriah dapat memberikan kegembiraan tersendiri. Anda bisa menjadikan momen tersebut makin memorable dengan menghias ruangan menggunakan dekorasi ulang tahun. Ada balon, bendera segitiga, dan pernak-pernik ulang tahun lainnya untuk memeriahkan suasana.Pada artikel ini, kami akan membagikan tips memilih dekorasi ulang tahun anak yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi dekorasi ulang tahun yang menarik sesuai tema kesukaan anak, misalnya Disney princess, dinosaurus, dan Cars. Dekorasi dari sejumlah merek, seperti Scoop Ideas dan W! Accessories juga akan kami ulas. Selamat membaca!
    Pesta & event
  • 10 Rekomendasi Paper Flower Backdrop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Paper Flower Backdrop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini paper flower atau bunga kertas kerap dijadikan sebagai backdrop untuk dekorasi birthday party, lamaran, sampai pernikahan. Tutorial membuat flower paper backdrop pun bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai platform media sosial. Apakah Anda juga tertarik dengan dekorasi yang satu ini?Apabila Anda ingin membeli paper flower backdrop, sebaiknya simak dahulu tips dari kami. Selain tips memilih, kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi paper flower backdrop yang bagus untuk momen spesial Anda. Jadi, ikuti pemaparannya sampai akhir, ya!
    Pesta & event
  • 10 Rekomendasi Dekorasi Lamaran Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dekorasi Lamaran Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain pernikahan, prosesi lamaran juga merupakan acara penting. Jadi, Anda perlu memilih dekorasi yang menarik. Selain menggunakan vendor, Anda juga bisa menggunakan dekorasi lamaran sederhana buatan sendiri, lho! Melalui internet Anda dapat mencari berbagai inspirasi dekorasi lamaran indoor atau outdoor.Jangan khawatir kebingungan mencari pernak-pernik yang bagus untuk dekorasi lamaran Anda karena kami mempunyai tipsnya. Dekorasi sederhana dari kain, balon, sampai backdrop mewah merek Sumara Artificial dan Kunataruma bisa Anda gunakan. Barang-barang untuk tema dekorasi lamaran simple, rustic, atau elegan juga ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Pesta & event
  • 10 Rekomendasi Balon Karakter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Balon Karakter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Balon karakter memang terkenal memiliki bentuk yang menarik dan unik. Ada balon berbentuk bus Tayo, Hello Kitty, Batman, aneka hewan, hingga karakter kartun dari grup K-pop BTS, yaitu BT21. Tak heran jika jenis balon ini banyak dipakai untuk mendekorasi sebuah acara seperti ulang tahun anak dan lamaran.Nah, supaya Anda bisa mendapatkan balon karakter yang tepat, kali ini kami akan berbagi tips memilihnya. Tak lupa, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi balon karakter terbaik. Merek balon yang bagus seperti Windblown Ballon pun ada di dalamnya. Yuk, disimak!
    Pesta & event
  • 10 Rekomendasi Topeng Binatang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topeng Binatang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memakai topeng binatang dapat membuat penampilan Anda terlihat meriah dan menarik saat menghadiri pesta kostum atau event tertentu. Ada berbagai jenis topeng binatang yang bagus, seperti topeng harimau, kelinci, monyet, dan sebagainya. Selain itu, bentuk dan bahan dasar yang digunakan pun beraneka ragam.Topeng jenis half face dan topeng full face dari berbagai merek dapat Anda pilih sesuai selera. Nah, berikut ini akan kami rekomendasikan sepuluh produk topeng binatang terbaik beserta cara memilih yang tepat. Yuk, simak informasinya dan bersiaplah untuk bersenang-senang menggunakan topeng binatang!
    Pesta & event
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori