• 10 Rekomendasi Brush Pen Terbaik untuk Lettering (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Brush Pen Terbaik untuk Lettering (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Brush Pen Terbaik untuk Lettering (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Brush Pen Terbaik untuk Lettering (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Brush Pen Terbaik untuk Lettering (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Brush Pen Terbaik untuk Lettering (Terbaru Tahun 2022)

Lettering merupakan seni menggambar huruf yang dikreasikan seindah mungkin. Untuk melakukan lettering, tentu Anda membutuhkan peralatan yang mendukung, salah satunya adalah brush pen. Brush pen sendiri merupakan alat tulis bertinta basah dengan ujung berbentuk serabut.


Apabila Anda bingung memilih, kami akan membagikan tips memilihnya. Ulasan rekomendasi produk-produk brush pen terbaik juga akan kami berikan untuk Anda. Ada banyak macam brush pen yang bagus, seperti merek PentelFaber-Castell, Tombow, Snowman, Lyra, dan JOYKO. Temukan juga brush pen yang cocok untuk pemula. Jangan lewatkan artikel ini dan simaklah hingga akhir!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 Juli 2022
Daftar isi

Cara memilih brush pen untuk lettering

Dalam memilih brush pen, ada beberapa poin yang perlu dipertimbangkan. Poin-poin tersebut di antaranya adalah tipe ujung brush, tipe tinta, serta warna tinta. Dengan mempertimbangkan poin-poin tersebut, Anda akan menemukan brush pen yang tepat untuk menghasilkan karya yang indah.

Tentukan berdasarkan jenis ujung brush

Ketahuilah jenis ujung brush pen yang umum digunakan untuk lettering. Jenis ujung brush pen secara umum dibagi menjadi dua, yaitu fine (kecil) dan brush (tebal/besar). Perhatikan dua jenis ujung brush berikut supaya Anda bisa menyesuaikannya dengan pemakaian.

Brush tip, untuk membuat tulisan yang besar dan tebal

Untuk menghasilkan tulisan yang besar dan tebal, Anda membutuhkan brush pen dengan ujung yang besar. Brush pen berujung besar ini biasa disebut brush tip. Brush tip memiliki bentuk seperti kuas. Ujung brush tip ada yang lembut dan ada juga yang kaku. 


  • Brush tip berujung kaku cocok untuk pemula karena lebih mudah digunakan untuk lettering
  • Brush tip yang lembut membutuhkan pengalaman dan keahlian khusus untuk menggunakannya

Brush tip juga tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, ketebalan tulisan bisa Anda atur ketika menggunakannya.

Fine tip, untuk membuat tulisan yang kecil dan detail

Fine tip, untuk membuat tulisan yang kecil dan detail

Untuk menulis tulisan yang kecil dan rumit, brush pen berujung kecil dan runcing lebih cocok digunakan. Brush pen runcing atau fine tip memiliki ujung berukuran tipis yang pas untuk membuat detail-detail tulisan. 


Sekarang sudah banyak produsen yang menawarkan brush pen dalam bentuk dual brush. Dengan begitu, Anda bisa memiliki brush pen dengan dua ujung berbeda tanpa perlu membelinya secara terpisah. Jenis ini juga banyak dijual dalam berbagai ukuran diameter. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perhatikan jenis tintanya

Perhatikan jenis tintanya

Berdasarkan tinta yang digunakan, brush pen dibagi menjadi dua jenis, yaitu water-based dan oil-based. Kedua jenis tinta ini memiliki karakteristik masing-masing. Berikut ulasan selengkapnya!


  • Tinta water-based 

Tinta ini berbasis air sehingga mudah dibersihkan jika tak sengaja mengenai pakaian atau tangan. Jenis tinta ini dapat dengan mudah larut ke air dan terserap ke dalam lapisan kertas. Goresan dari tinta water-based menghasilkan warna yang lebih terang. 


Namun, karena berbasis air, tinta ini lebih mudah luntur. Agar kertas tidak berlubang, Anda harus cepat-cepat saat menggunakannya. Meski begitu, jenis tinta water-based umumnya tidak berbau, tidak mengandung racun, serta ramah lingkungan. Tipe ini juga merupakan jenis yang paling umum dijumpai di pasaran Indonesia.


  • Tinta oil-based

Tinta jenis oil-based memiliki karakteristik yang cepat kering dan tidak mudah luntur. Tinta jenis ini cepat kering karena kandungan bahan kimia di dalamnya. Saat dipakai untuk menulis, tinta ini akan tetap berada di permukaan dan tidak terserap ke dalam kertas. Kertas pun tak akan sobek meski Anda berlama-lama menggoreskan brush pen.


Selain unggul dalam membuat berlapis-lapis arsiran, tinta oil-based dapat menutup sempurna area-area yang ingin ditutup. Hal ini karena partikelnya besar. Sayangnya, tidak mudah menemukan brush pen dengan tinta berbasis minyak di e-commerce Indonesia.

Pilih berdasarkan warna tinta

Pilih berdasarkan warna tinta

Brush pen biasanya dijual dalam satu set dengan bermacam-macam warna. Makin banyak varian warnanya, lettering yang dihasilkan akan lebih menarik. Banyak produsen yang menjual brush pen dari jumlah 6 warna, 12 warna, 24 warna, hingga 36 warna.


Meski begitu, Anda bisa membeli yang dijual satuan jika tidak membutuhkan banyak warna. Pilihlah jumlah set warna sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian, agar tidak salah membeli, sebaiknya Anda membaca deskripsi produk atau review dari pembeli mengenai pigmentasi warnanya.

Carilah brush pen berharga terjangkau dan mudah digunakan jika Anda pemula

Carilah brush pen berharga terjangkau dan mudah digunakan jika Anda pemula

Untuk Anda yang masih pemula, ada kriteria khusus dalam memilih brush pen. Anda tidak boleh sembarangan membeli karena tidak semua produk cocok untuk pemula.


Pilih brush pen dengan harga terjangkau jika baru mulai belajar lettering. Brush pen dengan harga terjangkau tidak masalah jika cepat habis saat Anda gunakan latihan berulang kali. Anda bahkan bisa membeli lagi tanpa harus berpikir dua kali. 


Selain itu, Anda juga sebaiknya memilih brush pen yang mudah digunakan. Sudah disinggung sebelumnya bahwa brush pen yang mudah digunakan adalah yang memiliki brush tip berujung kaku. Jenis brush pen ini sangat cocok untuk berlatih lettering. Tulisan yang dihasilkan juga lebih presisi karena ujung penanya tidak mudah goyah.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Sakura Koi Coloring Brush Pen Set

Mulai dari Rp 725.000,00

10 Rekomendasi brush pen terbaik untuk lettering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk brush pen terbaik untuk lettering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 23 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Faber-Castell India Ink Pitt Artist Pen Black menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa JOYKO Color Brush Pen CLP-06 memiliki angka penjualan tertinggi.

10
Jenis ujung brushBrush tip
Warna tinta9 varian warna
9

Faber-CastellCalligraphy Brush Pen Set 12

551512L

Mulai dari Rp 79.900,00

Jenis ujung brushBrush tip
Warna tinta12 varian warna
8
Jenis ujung brushBrush tip
Warna tinta30 varian warna
7

SharpieStained by Sharpie Fabric Markers, Brush Tip

Mulai dari Rp 30.000,00

Jenis ujung brushBrush tip
Warna tinta8 varian warna
6

TombowFudenosuke Brush Pen, Hard Tip, Black

Mulai dari Rp 24.500,00

Jenis ujung brushFine tip
Warna tinta1 varian warna
5
Jenis ujung brushDouble brush (fine tip dan brush tip)
Warna tinta12 varian warna
4
Jenis ujung brushBrush tip
Warna tinta12 varian warna
3

ShachihataArtline Stix Brush Marker

Mulai dari Rp 7.900,00

Jenis ujung brushBrush tip
Warna tinta26 varian warna
2
Jenis ujung brushBrush tip
Warna tinta36 varian warna
1
Jenis ujung brushDouble brush (fine tip dan brush tip)
Warna tinta12 varian warna

Tabel perbandingan produk brush pen terbaik untuk lettering

Gambar produk
1
JOYKO Color Brush Pen 1

JOYKO

2
Snowman Brush Pen 1

Snowman

3
Shachihata Artline Stix Brush Marker  1

Shachihata

4
Pentel Brush Sign Pen 1

Pentel

5
Lyra Aqua Brush Duo 1

Lyra

6
Tombow Fudenosuke Brush Pen, Hard Tip, Black 1

Tombow

7
Sharpie Stained by Sharpie Fabric Markers, Brush Tip 1

Sharpie

8
STABILO Pen 68 Brush 1

STABILO

9
Faber-Castell Calligraphy Brush Pen Set 12 1

Faber-Castell

10
Kuretake ZIG Fudebiyori Metallic  1

Kuretake

Nama produk

Color Brush Pen

Brush Pen

Artline Stix Brush Marker

Brush Sign Pen

Aqua Brush Duo

Fudenosuke Brush Pen, Hard Tip, Black

Stained by Sharpie Fabric Markers, Brush Tip

Pen 68 Brush

Calligraphy Brush Pen Set 12

ZIG Fudebiyori Metallic

Keunggulan

Brush pen dengan dua jenis ujung yang berbeda

Harga terjangkau dan mudah digunakan, brush pen yang cocok untuk pemula

Bodinya unik seperti lego, berlatih lettering jadi makin menyenangkan

Ujung kuas ramping dan lembut, tinta mengalir dengan mudah

Dual brush pen, desainer dan mangaka wajib punya!

Ujung brush-nya kaku sehingga mudah dikontrol

Ujung brush besar! Bisa digunakan di permukaan kain juga, lho

Nyaman dipakai baik oleh pemula maupun profesional

Bebas bahan beracun, aman untuk anak-anak

Menghasilkan tulisan berwarna metalik yang indah

Harga mulai dariRp 41.000,00Rp 4.900,00Rp 7.900,00Rp 24.200,00Rp 19.980,00Rp 24.500,00Rp 30.000,00Rp 12.000,00Rp 79.900,00Rp 28.500,00
Jenis ujung brushDouble brush (fine tip dan brush tip)Brush tipBrush tipBrush tipDouble brush (fine tip dan brush tip)Fine tipBrush tipBrush tipBrush tipBrush tip
Warna tinta12 varian warna36 varian warna26 varian warna12 varian warna12 varian warna1 varian warna8 varian warna30 varian warna12 varian warna9 varian warna
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk pena untuk berkreasi lainnya di sini

Selain lettering, seni grafis lain yang bisa dijadikan hobi adalah kaligrafi. Dalam berkaligrafi Anda membutuhkan pena khusus. Rekomendasi produk-produk pena kaligrafi sudah kami ulas beserta tips cara memilihnya. Silakan klik tautan di bawah ini jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam!

Kesimpulan

Apakah Anda dapat menemukan brush pen untuk lettering yang paling sesuai? Brush pen memiliki dua jenis ujung brush yang berbeda, yaitu brush tip dan fine tip. Kedua jenis ini memiliki ukuran berbeda yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.


Tinta yang digunakan juga penting untuk diperhatikan agar efek-efek yang Anda inginkan bisa terpenuhi. Jangan lupa untuk memilih warna tinta sesuai selera serta komposisi warna yang diinginkan. Selamat berkarya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pulpen menjadi salah satu alat tulis yang wajib dimiliki oleh siapa saja, mulai dari pelajar sampai pekerja kantoran. Ada banyak jenis pulpen dengan beragam variasi tinta, model, dan juga keunggulan. Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen terbaik untuk berbagai kebutuhan.Tak hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi merek pulpen yang bagus untuk Anda. Anda dapat menemukan produk dari ZEBRA, Faber-Castell, juga Parker dalam rekomendasi kami. Yuk, baca artikel ini sampai habis untuk menemukan pulpen terbaik!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pulpen gel adalah alat tulis yang tintanya terbuat dari gel. Keistimewaan pulpen ini adalah warna tintanya yang bervariasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kreativitas penggunanya. Kini terdapat banyak pilihan merek pulpen gel, mulai dari warna hitam, putih, sampai warna-warni yang menarik.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih pulpen gel terbaik. Berbagai merek pulpen gel yang bagus juga ada dalam rekomendasi kami, seperti Kenko, Pilot, Zebra, Joyko, dan Pentel. Mari simak informasinya dan temukan pulpen gel yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Alat tulis
  • 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Berbagai merek pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang bagus. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Ada juga komentar dari illustrator kami, Karina Doniho, untuk menambah wawasan Anda tentang pensil warna. Pilihlah dengan cermat produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menarik untuk diketahui, lem kertas tak hanya tersedia dalam bentuk cair, lho. Kini, Anda dapat menemukan jenis lem kertas yang sangat mudah dipakai dan dibawa ke mana saja. Anda pun dapat menemukan lem kertas berukuran mini atau berbentuk pulpen yang dapat disimpan di dalam kantong!Dengan makin banyaknya pilihan, Anda pun bisa lebih leluasa menjatuhkan pilihan. Selain UHU dan Deli, ada merek-merek lain yang bagus dengan berbagai kelebihan untuk digunakan. Temukan produk terbaik dengan berpedoman pada cara memilih lem kertas yang telah kami susun untuk Anda.
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Correction tape, disebut juga tipe x kertas atau stipo kertas, berguna untuk menghapus tulisan dan cetakan yang salah. Ada berbagai merek correction tape yang dapat Anda temukan, seperti Tombow, Faber-Castell, Debozz, dan Joyko. Setiap merek tentunya memiliki keunggulan dan karakteristik masing-masing.Namun, Anda mungkin kebingungan memilih produk yang sesuai. Karena itu, kami ingin menjelaskan beberapa cara memilih yang harus diperhatikan sebelum membeli. Kami juga akan mencantumkan beberapa rekomendasi produk untuk membantu Anda menemukan correction tape yang bagus. Simak tips-tips di bawah ini sampai tuntas, ya!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Drawing Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Drawing Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Drawing pen adalah jenis pulpen yang digunakan untuk membuat garis utama pada sebuah gambar. Dengan karakteristik tintanya yang pekat, drawing pen mampu menghasilkan garis yang rapi dan konsisten. Dengan keunggulannya, drawing pen biasa digunakan oleh para insinyur, arsitek, sampai seniman komik. Ada beragam merek drawing pen yang bagus di pasaran. Agar tak salah pilih, kami akan memaparkan cara memilih drawing pen terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti SNOWMAN, Joyko, Faber-Castell, dan lainnya. Simak, terus!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Stempel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stempel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Keberadaan stempel sangatlah penting sebagai tanda keabsahan perjanjian, pengesahan surat resmi, atau sebagai legalitas dokumen. Seiring perkembangan zaman, jenis stempel terus bertambah. Fungsi stempel pun makin beragam. Nah, bagi Anda yang sedang mencari stempel, artikel ini akan membantu Anda.Kami akan mengulas desain stempel, tinta, ukuran, dan jenis-jenis stempel, seperti stempel flash, runaflex, dan yang lainnya. Kami juga akan memberikan tips memilih stempel yang bagus berikut rekomendasi produknya. Anda akan menemukan beragam stempel dari merek ternama, seperti Joyko, Kenko, Shiny, dan Trodat. Selamat membaca!
    Alat tulis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori