• 10 Produk Acne Spot Care Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Produk Acne Spot Care Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Produk Acne Spot Care Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Produk Acne Spot Care Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Produk Acne Spot Care Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Produk Acne Spot Care Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Jerawat atau acne termasuk masalah kulit yang perlu ditangani dengan serius. Jika tidak, penampilan dan kesehatan kulit dalam jangka panjang juga dapat terganggu. Terdapat beberapa pilihan perawatan jerawat, salah satunya adalah dengan memakai acne spot care.


Di pasaran, tersedia beragam merek yang menyediakan acne spot care yang bagus, seperti Acnes, Sebamed, serta Sensatia Botanicals. Untuk membantu Anda menemukan acne spot care yang dibutuhkan, berikut ini kami berikan tips memilih dan rekomendasi produknya. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prawindra Irawan
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, SpKK, MKes, FINSDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, SpKK, MKes, FINSDV

dr. Irawan berpengalaman di bidang ilmu kesehatan kulit dan kelamin selama 11 tahun. Beliau pernah menjadi pembicara dan trainer di beberapa seminar. Beliau menjadi juara satu nasional lomba PERDOSKI Got Talent 2021 kategori kelompok.


dr. Irawan aktif sebagai peneliti dan dosen luar biasa di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha dari 2010 hingga sekarang. Beliau juga salah satu staf bagian Kulit Kelamin RS Immanuel Bandung dan Erha Derma Center Bandung.

Apa itu acne spot care?

Apa itu acne spot care?

Meski umum dialami oleh remaja, jerawat juga dapat menyerang orang pada berbagai usia. Jerawat dapat muncul dalam bentuk komedo, komedo putih, atau pimple yaitu benjolan meradang yang umumnya berisi nanah. Penyebabnya karena pori-pori tersumbat oleh sebum atau sel kulit mati dan bisa juga akibat infeksi bakteri.


Mungkin Anda juga sudah banyak mendengar pilihan perawatan jerawat, salah satunya dengan acne spot care. Beberapa ada yang menyebutnya acne spot treatment. Sebenarnya, jenis perawatan apakah itu?


Acne spot care merupakan produk perawatan jerawat yang bisa dibeli bebas dan dapat bekerja langsung di area berjerawat. Berbeda dengan produk perawatan wajah pada umumnya, acne spot care hanya digunakan di area jerawat saja. Jadi, Anda tidak boleh memakai acne spot care di seluruh wajah karena produk ini memang bersifat targeted.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Produk acne spot care sebenarnya merupakan gel transparan yang digunakan untuk mengempiskan jerawat. Biasanya acne spot care mengandung antibiotika atau sulfur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih acne spot care

Dari namanya, Anda pasti sudah tahu bahwa acne spot care dipakai untuk mengobati jerawat. Umumnya produk ini berbentuk gel atau krim. Nah, bagian yang perlu Anda perhatikan saat memilih acne spot care adalah bahan aktif yang dikandungnya. 

Pilih yang mengandung antibakteri

Pilih yang mengandung antibakteri

Berdasarkan definisinya, antibakteri berarti segala hal yang mampu membunuh bakteri atau menghambat pertumbuhannya. Telah disebutkan sebelumnya bahwa bakteri merupakan salah satu penyebab jerawat. Jadi, sebaiknya Anda memilih acne spot care yang mengandung zat yang menghambat pertumbuhan bakteri. 


Salah satu bahan yang lazim terkandung dalam acne spot care adalah benzoyl peroxide. Bahan ini diketahui dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Benzoyl peroxide memang tidak membunuh bakteri secara langsung layaknya antibiotik, tetapi mengeringkan kulit sehingga bakteri mengalami malnutrisi. 


Namun, fokus Anda tidak harus selalu tertuju pada zat antibakteri yang berasal dari bahan kimia sintetis. Kini, cukup banyak produk di pasaran yang mengandalkan bahan antibakteri alami. Sebut saja produk-produk yang mengandung tea tree oil, green tea, atau propolis. Acne spot care dengan antibakteri dari bahan alami ini pun dapat menjadi pilihan. 

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Penyebab jerawat adalah bakteri P. acnes. Untuk pengobatan jerawat, tentunya pilih produk yang mengandung antibakteri

Sesuaikan kandungan lainnya dengan kebutuhan Anda

Dalam satu produk acne spot care, terkadang tidak mengandung bahan aktif tunggal. Ada produk yang ditambah dengan antiinflamasi, bahan pencerah, exfoliating agent, atau pelembap. Saatnya Anda mengenali masing-masing bahan kandungan tersebut dan pilih yang sesuai kebutuhan Anda!

Kandungan antiinflamasi, pilihan untuk meredakan peradangan

Kandungan antiinflamasi, pilihan untuk meredakan peradangan

Seperti diketahui, pembengkakan merupakan gejala yang kerap muncul pada jerawat. Terkadang, benjolan-benjolan kecil tersebut terasa nyeri, kemerahan, bahkan bernanah. Untuk meredakan kemerahan dan pembengkakan jerawat, Anda membutuhkan acne spot care yang mengandung antiinflamasi. 


Salicylic acid adalah zat anti-inflamasi yang banyak ditemui dalam acne spot care. Bahan ini secara efektif dapat menghambat prostaglandin, zat yang bertanggung jawab atas pembengkakan dan rasa nyeri dalam tubuh kita. Dihambatnya pembentukan prostaglandin oleh salicylic acid menyebabkan gejala-gejala pembengkakan reda. 


Meskipun demikian, salicylic acid bukanlah satu-satunya anti-inflamasi, masih ada bahan lain seperti vitamin B3 atau torreya nucifera. Jadi, Anda perlu memeriksa komposisi acne spot care dan mencari tahu apakah ada zat anti-inflamasi di dalamnya. 

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Selain adanya bakteri P. acnes, dasar dari suatu jerawat adalah peradangan. Oleh karena itu, pada saat pengobatan kita harus memakai produk dengan tambahan antiradang. Namun, pemberiannya harus sesuai dengan derajat keparahan jerawat tersebut.

Kandungan bahan pencerah, solusi untuk samarkan noda jerawat

Kandungan bahan pencerah, solusi untuk samarkan noda jerawat

Timbulnya jerawat akan merusak sel kulit, baik secara langsung maupun tidak. Seiring pemulihan jerawat, tubuh kadang membentuk sel yang terlalu banyak mengandung melanin untuk mengganti sel yang rusak. Hasilnya, kita mengalami post-inflammatory hyperpigmentation atau yang lebih akrab disebut noda hitam. 


Oleh karena itu, jika Anda memiliki noda hitam bekas jerawat, pilihlah acne spot care dengan bahan pencerah. Bahan pencerah tidak harus selalu bahan kimia sintetis. Sebagai contoh, Anda dapat memilih produk perawatan jerawat yang mengandung lemon. Sudah cukup banyak penelitian yang menunjukkan khasiat lemon dalam menyamarkan noda pada kulit. 


Pilihan lainnya, Anda juga dapat mencari produk dengan kandungan bahan yang merangsang regenerasi kulit. Secara tidak langsung, pembentukan kulit baru akan menghilangkan noda hitam. 

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Berikut ini beberapa kandungan skincare yang dapat menyamarkan bekas jerawat:

  1. Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3. Cara kerjanya yaitu mencerahkan kulit dengan cara merangsang produksi kolagen sehingga noda hitam bekas jerawat tersamarkan.
  2. Retinol mempunyai cara kerja meningkatkan kolagen serta produksi sel dalam kulit.
  3. Vitamin C mampu mencerahkan kulit sehingga membuat noda bekas jerawat atau flek hitam tersamarkan.
  4. Glycolic acid adalah bentuk lain dari alpha hydroxy acid (AHA). Cara kerjanya adalah mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit baru di kulit sehingga membuat bekas jerawat menghilang.
  5. Kojic acid mempunyai cara kerja menghambat produksi melanin di kulit.

Kandungan exfoliating agent, cegah jerawat akibat penyumbatan pori-pori

Kandungan exfoliating agent, cegah jerawat akibat penyumbatan pori-pori

Penyumbatan pori-pori oleh sebum dan sel kulit mati merupakan salah satu faktor yang memicu jerawat. Itulah sebabnya, kandungan bahan yang dapat mengeksfoliasi kulit dibutuhkan juga dalam perawatan jerawat. Dalam hal ini, Anda dapat memilih acne spot care yang mengandung salicylic acid atau sulfur. 


Selain sebagai anti-inflamasi, salicylic acid diketahui dapat merangsang pelepasan sel kulit mati. Di samping ampuh sebagai antibakteri, sulfur juga memiliki efek keratolitik. Efek keratolitik ini membuat sulfur dapat mengikis protein keratin serta kulit mati. Dengan demikian, tidak akan ada penumpukan sel kulit mati yang berisiko menyumbat pori-pori. 

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Exfoliating acid merupakan salah satu metode yang sangat populer belakangan ini. Jenis acid yang paling umum digunakan adalah AHA dan BHA. Ketika diaplikasikan ke kulit, AHA dan BHA akan menimbulkan reaksi yang menurunkan pH kulit wajah. Reaksi ini mampu melepaskan sel kulit mati. Sel ini akan hilang secara perlahan sehingga kulit akan tereksfoliasi secara halus dan merata.


Sebelum memilih exfoliating acid, Anda harus kenali dahulu jenis acid yang digunakan. AHA bekerja pada permukaan kulit dan bersifat larut dalam air. Selain itu, AHA cenderung cocok digunakan untuk pemilik kulit normal dan kering.


Sementara itu, BHA bekerja pada permukaan kulit hingga ke dalam pori-pori dan bersifat larut dalam minyak. Hal ini membuat BHA lebih cocok digunakan untuk pemilik kulit normal, berminyak, dan berjerawat.

Kandungan agen pelembap, mengendalikan produksi sebum berlebih

Kandungan agen pelembap, mengendalikan produksi sebum berlebih

Pelembap memainkan peran penting dalam perawatan jerawat. Pertama, karena kulit yang dehidrasi sangat rentan berjerawat. Saat mengalami dehidrasi, kulit terasa kaku dan kering yang kemudian direspons oleh tubuh dengan memproduksi sebum. Dalam banyak kasus, sebum diproduksi berlebihan pada kulit yang dehidrasi. Sementara itu, jerawat dapat dipicu oleh sebum yang menyumbat pori-pori. 


Di sinilah pelembap berperan penting yaitu menjaga kulit tetap terhidrasi. Dengan demikian, kelenjar sebum tidak akan memproduksi sebum secara berlebih. Alasan lainnya, perawatan jerawat kebanyakan melibatkan antibakteri, anti-inflamasi, dan bahan eksfoliasi yang membuat kulit kering atau iritasi. Untuk mengatasi kondisi tersebut, kulit tentu membutuhkan pelembap yang menghidrasi dan menenangkan.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Untuk mengendalikan produksi sebum berlebih, pilih pelembap berbahan dasar air atau water based dan berlabel nonkomedogenik agar tidak menyumbat pori-pori. Pelembap berbahan dasar BHA direkomendasikan untuk kulit berminyak.

10 Rekomendasi produk acne spot care terbaik

Setelah menjelaskan cara memilihnya, berikutnya kami akan memberikan rekomendasi produk acne spot care terbaik. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Prawindra Irawan. Baca sampai tuntas dan temukan acne spot care yang paling cocok untuk Anda!

10

Johnson & Johnson Clean & Clear Advantage Acne Spot Treatment

Mulai dari Rp 238.000,00

Bahan antibakteri Tidak ada
Bahan aktif lain Salicylic acid 2%
Isi22 ml
Fungsi Meredakan peradangan jerawat dengan memperkecil ukuran, pembengkakan, dan kemerahan
9

L'OrealKiehl's Breakout Control Targeted Acne Spot Treatment

Mulai dari Rp 570.000,00

Bahan antibakteri Sulfur
Bahan aktif lain Vitamin B3
Isi20 ml
Fungsi Meredakan jerawat yang meradang
8
Bahan antibakteri Torreya oil
Bahan aktif lain Tidak ada
Isi15 ml
Fungsi Membantu mengatasi jerawat yang meradang
7

The Body Shop Tea Tree Targeted Gel

Mulai dari Rp 139.000,00

Bahan antibakteri Tea tree oil
Bahan aktif lain Tidak ada
Isi2,5 ml
Fungsi Membunuh bakteri penyebab jerawat, meredakan peradangan pada jerawat, membantu memulihkan bekas jerawat
6
Bahan antibakteri Willowherb
Bahan aktif lain Quince, salicylic acid
Isi15 ml
Fungsi Memperbaiki tekstur kulit, membunuh bakteri penyebab jerawat, menenangkan kulit yang berjerawat, mengencangkan por-pori, mengendalikan produksi sebum, meredakan peradangan pada jerawat
5

ERHAAcne Care Lab Acne Spot Gel

F122426

Mulai dari Rp 55.000,00

Bahan antibakteri Sulfur, hydrogen peroxide
Bahan aktif lain Salicylic acid, aloe vera extract, zinc gluconate, dipotassium glychirrizate
Isi20 gr
Fungsi Menyembuhkan jerawat aktif, mengurangi peradangan, menenangkan kulit yang berjerawat
4

Sensatia BotanicalsTea Tree & Lemon Spot Treatment

Mulai dari Rp 110.000,00

Bahan antibakteri Tea tree oil
Bahan aktif lain Peppermint oil, lemon oil
Isi20 ml
Fungsi Menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, menenangkan kulit, menarik kotoran, dan meratakan warna kulit
3

SebapharmaSebamed Clear Face Anti-Pimple Gel

Mulai dari Rp 110.000,00

Bahan antibakteri Chloroxylenol dan alkohol
Bahan aktif lain Panthenol, bisabolol, Cucumis sativus fruit extract
Isi10 ml
Fungsi Meredakan jerawat dengan cepat, mengandung antibakteri yang meredakan iritasi dan mengeringkan jerawat, merangsang regenerasi kulit, menjaga kelembapan kulit
2
Bahan antibakteri Isoprophyl methyl phenol
Bahan aktif lain Stearyl glycyrrhetinate, sulfur, salicylic acid, vitamin E, vitamin B6
Isi9 gr, 18 gr
Fungsi Melawan bakteri penyebab jerawat, menyejukkan kemerahan pada kulit berjerawat, membantu mengangkat sel kulit mati, menjaga tekstur kulit, menjaga kesehatan dan kelembutan kulit
1

Quality Plus Aesthetic Internasional ACNOC Acneser Spot Gel

Mulai dari Rp 189.000,00

Bahan antibakteri Mangosteen extract
Bahan aktif lain Allium cepa extract, amitose GOA
Isi15 gr
Fungsi Membunuh bakteri penyebab jerawat, mengempiskan jerawat dalam waktu singkat, memulihkan iritasi dan kemerahan, menyamarkan noda bekas jerawat, melembapkan kulit

Tabel perbandingan produk acne spot care terbaik

Gambar produk
1
Quality Plus Aesthetic Internasional  ACNOC Acneser Spot Gel  1

Quality Plus Aesthetic Internasional

2
ROHTO Acnes Sealing Jell  1

ROHTO

3
Sebapharma Sebamed Clear Face Anti-Pimple Gel  1

Sebapharma

4
Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Spot Treatment  1

Sensatia Botanicals

5
ERHA Acne Care Lab Acne Spot Gel  1

ERHA

6
BWX Sukin Spot Banishing Gel  1

BWX

7
The Body Shop  Tea Tree Targeted Gel  1

The Body Shop

8
Innisfree Bija Trouble Spot Essence 1

Innisfree

9
L'Oreal Kiehl's Breakout Control Targeted Acne Spot Treatment 1

L'Oreal

10
Johnson & Johnson  Clean & Clear Advantage Acne Spot Treatment  1

Johnson & Johnson

Nama produk

ACNOC Acneser Spot Gel

Acnes Sealing Jell

Sebamed Clear Face Anti-Pimple Gel

Tea Tree & Lemon Spot Treatment

Acne Care Lab Acne Spot Gel

Sukin Spot Banishing Gel

Tea Tree Targeted Gel

Bija Trouble Spot Essence

Kiehl's Breakout Control Targeted Acne Spot Treatment

Clean & Clear Advantage Acne Spot Treatment

Keunggulan

Memulihkan kulit berjerawat secara menyeluruh

Ampuh redakan jerawat dengan harga sangat terjangkau

Dorong regenerasi kulit dan atasi jerawat dalam satu produk

Mengatasi jerawat sekaligus menyamarkan noda bekas jerawat

Terbukti secara klinis pulihkan jerawat tanpa risiko iritasi

Memastikan kelembapan kulit tetap terjaga selama pemulihan jerawat

Kebaikan tea tree oil dari Kenya akan memulihkan wajah Anda

Meredakan jerawat meradang dengan kandungan alami minyak bija

Efektif untuk mengatasi peradangan pada jerawat

Bebaskan diri Anda dari jerawat meradang dalam waktu 4 jam!

Harga mulai dariRp 189.000,00Rp 17.100,00Rp 110.000,00Rp 110.000,00Rp 55.000,00Rp 115.000,00Rp 139.000,00Rp 220.000,00Rp 570.000,00Rp 238.000,00
Bahan antibakteri Mangosteen extractIsoprophyl methyl phenol Chloroxylenol dan alkohol Tea tree oilSulfur, hydrogen peroxideWillowherb Tea tree oil Torreya oilSulfur Tidak ada
Bahan aktif lain Allium cepa extract, amitose GOAStearyl glycyrrhetinate, sulfur, salicylic acid, vitamin E, vitamin B6Panthenol, bisabolol, Cucumis sativus fruit extractPeppermint oil, lemon oilSalicylic acid, aloe vera extract, zinc gluconate, dipotassium glychirrizateQuince, salicylic acidTidak ada Tidak ada Vitamin B3 Salicylic acid 2%
Isi15 gr9 gr, 18 gr10 ml20 ml20 gr15 ml 2,5 ml15 ml 20 ml22 ml
Fungsi Membunuh bakteri penyebab jerawat, mengempiskan jerawat dalam waktu singkat, memulihkan iritasi dan kemerahan, menyamarkan noda bekas jerawat, melembapkan kulitMelawan bakteri penyebab jerawat, menyejukkan kemerahan pada kulit berjerawat, membantu mengangkat sel kulit mati, menjaga tekstur kulit, menjaga kesehatan dan kelembutan kulit Meredakan jerawat dengan cepat, mengandung antibakteri yang meredakan iritasi dan mengeringkan jerawat, merangsang regenerasi kulit, menjaga kelembapan kulitMenghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, menenangkan kulit, menarik kotoran, dan meratakan warna kulitMenyembuhkan jerawat aktif, mengurangi peradangan, menenangkan kulit yang berjerawatMemperbaiki tekstur kulit, membunuh bakteri penyebab jerawat, menenangkan kulit yang berjerawat, mengencangkan por-pori, mengendalikan produksi sebum, meredakan peradangan pada jerawatMembunuh bakteri penyebab jerawat, meredakan peradangan pada jerawat, membantu memulihkan bekas jerawat Membantu mengatasi jerawat yang meradang Meredakan jerawat yang meradang Meredakan peradangan jerawat dengan memperkecil ukuran, pembengkakan, dan kemerahan
Tautan produk

Tips merawat acne secara menyeluruh

Tips merawat acne secara menyeluruh

Ada banyak orang yang menggunakan acne spot care, tetapi tidak mendapatkan perbaikan yang diharapkan. Bila Anda mengalaminya, saatnya berhenti sejenak dan menilik aspek lain dalam perawatan kulit berjerawat.


Menggunakan produk yang tepat dan berkualitas memang sangat penting dalam mengatasi jerawat. Namun, masih ada hal lain yang berperan penting dalam pemulihan jerawat yaitu makanan dan istirahat. Kurang istirahat akan membuat tubuh merilis hormon cortisol yang memicu peradangan kulit sehingga memperparah jerawat. 


Hal serupa terjadi saat Anda mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Bedanya, kali ini hormon insulin yang diproduksi. Produksi hormon insulin ini akan merangsang kelenjar sebum lebih aktif dan meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Karena alasan tersebut, Anda perlu membatasi konsumsi tepung, gula dan berbagai pemanis lainnya, serta makanan cepat saji. 


Jadi, wajar saja jerawat sulit diatasi bila Anda masih sering begadang dan mengonsumsi ayam goreng cepat saji. Mulai sekarang, cobalah gunakan acne spot care yang tepat sambil memperbaiki gaya hidup, ya!  

Baca juga rekomendasi perawatan acne lainnya di sini

Sebagai persoalan kulit yang kompleks, perawatan jerawat yang efektif bisa sangat berbeda bagi setiap orang. Beberapa orang mungkin pulih hanya dengan memakai pembersih wajah dan acne spot care. Sementara itu, sebagian lain mungkin membutuhkan rangkaian perawatan jerawat lainnya. Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi produk perawatan jerawat, cek juga artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Meski sulit, jerawat dapat diatasi dengan perawatan yang tepat. Anda dapat meredakan jerawat dengan memakai acne spot care yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa rekomendasi produk di atas dapat Anda jadikan acuan agar lebih mudah menemukan produk yang Anda cari. Namun, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan dan menjaga pola tidur agar perawatan berjalan efektif. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengurangi tekstur kasar pada kulit.Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus. Sebut saja merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop. Nah, kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, serta kulit kering dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Freeman Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Freeman Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Freeman merupakan merek produk perawatan tubuh yang cukup terkenal dan banyak dicari oleh pencinta masker. Freeman memiliki banyak jenis masker yang bagus, seperti clay mask, mud mask, gel mask, dan sheet mask. Tiap varian masker mempunyai fungsi yang berbeda-beda, mulai dari merawat kulit kering, mengatasi jerawat, hingga mencerahkan.Di artikel ini kami akan menjelaskan tips saat memilih masker Freeman. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi masker Freeman terbaik beserta review-nya untuk Anda. Simak sampai akhir dan temukan masker Freeman favorit Anda!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori