• 10 Produk Acne Spot Care Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Produk Acne Spot Care Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Produk Acne Spot Care Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Produk Acne Spot Care Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Produk Acne Spot Care Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Produk Acne Spot Care Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Jerawat atau acne termasuk masalah kulit yang perlu ditangani dengan serius. Jika tidak, penampilan dan kesehatan kulit dalam jangka panjang juga dapat terganggu. Terdapat beberapa pilihan perawatan jerawat, salah satunya adalah dengan memakai acne spot care.


Di pasaran, tersedia beragam merek yang menyediakan acne spot care yang bagus, seperti SOMETHINC, SKINTIFIC, serta Sensatia Botanicals. Untuk membantu Anda menemukan acne spot care yang dibutuhkan, berikut ini kami berikan tips memilih dan rekomendasi produknya. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prawindra Irawan
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 12 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, SpKK, MKes, FINSDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, SpKK, MKes, FINSDV
dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

dr. Irawan berpengalaman di bidang ilmu kesehatan kulit dan kelamin selama 11 tahun. Beliau pernah menjadi pembicara dan trainer di beberapa seminar. Beliau menjadi juara satu nasional lomba PERDOSKI Got Talent 2021 kategori kelompok.


dr. Irawan aktif sebagai peneliti dan dosen luar biasa di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha dari 2010 hingga sekarang. Beliau juga salah satu staf bagian Kulit Kelamin RS Immanuel Bandung dan Erha Derma Center Bandung.

Apa itu acne spot care?

Apa itu acne spot care?

Meski umum dialami oleh remaja, jerawat juga dapat menyerang orang pada berbagai usia. Jerawat dapat muncul dalam bentuk komedo, komedo putih, atau pimple, yaitu benjolan meradang yang umumnya berisi nanah. Penyebabnya karena pori-pori tersumbat oleh sebum atau sel kulit mati dan bisa juga akibat infeksi bakteri.


Mungkin Anda juga sudah banyak mendengar pilihan perawatan jerawat, seperti acne spot care atau acne spot treatment. Sebenarnya, jenis perawatan apakah itu?


Acne spot care merupakan produk perawatan jerawat yang bisa dibeli bebas dan dapat bekerja langsung di area berjerawat. Berbeda dengan produk perawatan wajah pada umumnya, acne spot care hanya digunakan di area jerawat saja. Jadi, Anda tidak boleh memakai acne spot care di seluruh wajah karena produk ini memang bersifat targeted.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Produk acne spot care sebenarnya merupakan gel transparan yang digunakan untuk mengempiskan jerawat. Biasanya acne spot care mengandung antibiotika atau sulfur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih acne spot care

Acne spot care umumnya berbentuk gel atau krim. Nah, bagian yang perlu Anda perhatikan saat memilih acne spot care adalah bahan aktif yang dikandungnya. 

Pilih yang mengandung antibakteri

Pilih yang mengandung antibakteri

Berdasarkan definisinya, antibakteri berarti segala hal yang mampu membunuh bakteri atau menghambat pertumbuhannya. Bakteri merupakan salah satu penyebab jerawat. Jadi, sebaiknya Anda memilih acne spot care yang mengandung zat untuk menghambat pertumbuhan bakteri. 


Salah satu bahan yang lazim terkandung dalam acne spot care adalah benzoyl peroxide. Bahan ini diketahui dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Benzoyl peroxide memang tidak membunuh bakteri secara langsung layaknya antibiotik, tetapi mengeringkan kulit sehingga bakteri mengalami malnutrisi. 


Namun, kini cukup banyak produk yang mengandalkan bahan antibakteri alami, seperti tea tree oil, green tea, atau propolis. Acne spot care dengan antibakteri dari bahan alami ini pun dapat menjadi pilihan. 

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Penyebab jerawat adalah bakteri P. acnes. Untuk pengobatan jerawat, tentunya pilih produk yang mengandung antibakteri

Sesuaikan kandungan lainnya dengan kebutuhan Anda

Dalam satu produk acne spot care, terkadang tidak mengandung bahan aktif tunggal. Ada produk yang ditambah dengan anti-inflamasi, bahan pencerah, exfoliating agent, atau pelembap. Kenali setiap kandungan tersebut dan pilih yang sesuai kebutuhan Anda!

Kandungan antiinflamasi, pilihan untuk meredakan peradangan

Kandungan antiinflamasi, pilihan untuk meredakan peradangan

Seperti diketahui, pembengkakan disertai rasa nyeri, kemerahan, dan nanah merupakan gejala yang kerap muncul pada jerawat. Untuk meredakan pembengkakan jerawat, pilihlah acne spot care dengan kandungan anti-inflamasi, seperti salicylic acid, vitamin B3, dan Torreya nucifera.


Salicylic acid adalah zat anti-inflamasi yang dapat menghambat prostaglandin. Zat ini bertanggung jawab atas pembengkakan dan rasa nyeri dalam tubuh. Terhambatnya pembentukan prostaglandin oleh salicylic acid akan meredakan gejala pembengkakan tersebut. Jadi, selalu periksa bahan anti-inflamasi dalam acne spot care pilihan Anda, ya.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Selain adanya bakteri P. acnes, dasar dari suatu jerawat adalah peradangan. Oleh karena itu, pada saat pengobatan kita harus memakai produk dengan tambahan antiradang. Namun, pemberiannya harus sesuai dengan derajat keparahan jerawat tersebut.

Kandungan bahan pencerah, solusi untuk samarkan noda jerawat

Kandungan bahan pencerah, solusi untuk samarkan noda jerawat

Timbulnya jerawat akan merusak sel kulit. Seiring pemulihan jerawat, tubuh kadang membentuk sel yang terlalu banyak mengandung melanin untuk mengganti sel yang rusak. Hasilnya, kulit mengalami post-inflammatory hyperpigmentation atau yang lebih akrab disebut noda hitam. 


Untuk mengatasi noda hitam bekas jerawat, pilihlah acne spot care yang disertai bahan pencerah. Bahan pencerah tidak harus selalu bahan kimia sintetis. Namun, Anda dapat memilih produk perawatan jerawat yang mengandung lemon. Sudah cukup banyak penelitian yang menunjukkan khasiat lemon dalam menyamarkan noda pada kulit. 


Selain dengan pencerah, Anda juga dapat mencari acne spot dengan kandungan bahan yang merangsang regenerasi kulit. Secara tidak langsung, pembentukan kulit baru akan menghilangkan noda hitam. 

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Berikut ini beberapa kandungan skincare yang dapat menyamarkan bekas jerawat:

  1. Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3. Cara kerjanya yaitu mencerahkan kulit dengan cara merangsang produksi kolagen sehingga noda hitam bekas jerawat tersamarkan.
  2. Retinol mempunyai cara kerja meningkatkan kolagen serta produksi sel dalam kulit.
  3. Vitamin C mampu mencerahkan kulit sehingga membuat noda bekas jerawat atau flek hitam tersamarkan.
  4. Glycolic acid adalah bentuk lain dari alpha hydroxy acid (AHA). Cara kerjanya adalah mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit baru di kulit sehingga membuat bekas jerawat menghilang.
  5. Kojic acid mempunyai cara kerja menghambat produksi melanin di kulit.

Kandungan exfoliating agent, cegah jerawat akibat penyumbatan pori-pori

Kandungan exfoliating agent, cegah jerawat akibat penyumbatan pori-pori

Penyumbatan pori-pori oleh sebum dan sel kulit mati merupakan salah satu faktor yang memicu jerawat. Itulah sebabnya, kandungan bahan yang dapat mengeksfoliasi kulit dibutuhkan juga dalam perawatan jerawat. Karenanya, penting bagi Anda untuk memilih acne spot care yang mengandung salicylic acid atau sulfur


Selain sebagai anti-inflamasi, salicylic acid diketahui dapat merangsang pelepasan sel kulit mati. Di samping ampuh sebagai antibakteri, sulfur juga memiliki efek keratolitik. Efek keratolitik ini membuat sulfur dapat mengikis protein keratin serta kulit mati. Dengan demikian, tidak akan ada penumpukan sel kulit mati yang berisiko menyumbat pori-pori. 

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Exfoliating acid merupakan salah satu metode yang sangat populer belakangan ini. Jenis acid yang paling umum digunakan adalah AHA dan BHA. Ketika diaplikasikan ke kulit, AHA dan BHA akan menimbulkan reaksi yang menurunkan pH kulit wajah. Reaksi ini mampu melepaskan sel kulit mati. Sel ini akan hilang secara perlahan sehingga kulit akan tereksfoliasi secara halus dan merata.


Sebelum memilih exfoliating acid, Anda harus kenali dahulu jenis acid yang digunakan. AHA bekerja pada permukaan kulit dan bersifat larut dalam air. Selain itu, AHA cenderung cocok digunakan untuk pemilik kulit normal dan kering.


Sementara itu, BHA bekerja pada permukaan kulit hingga ke dalam pori-pori dan bersifat larut dalam minyak. Hal ini membuat BHA lebih cocok digunakan untuk pemilik kulit normal, berminyak, dan berjerawat.

Kandungan agen pelembap, mengendalikan produksi sebum berlebih

Kandungan agen pelembap, mengendalikan produksi sebum berlebih

Pelembap memainkan peran penting dalam perawatan jerawat. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:


  • Pertama, kulit yang dehidrasi sangat rentan berjerawat. Saat mengalami dehidrasi, kulit terasa kering yang kemudian direspon tubuh dengan memproduksi sebum. Dalam banyak kasus, sebum diproduksi berlebihan pada kulit yang dehidrasi. Sementara itu, jerawat dapat dipicu oleh sebum yang menyumbat pori-pori. Di sinilah pelembap berperan penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi agar kelenjar sebum tidak memproduksi sebum berlebih.

  • Kedua, perawatan jerawat kebanyakan melibatkan antibakteri, anti-inflamasi, dan bahan eksfoliasi yang membuat kulit kering atau iritasi. Untuk mengatasi kondisi tersebut, kulit tentu membutuhkan pelembap yang menghidrasi dan menenangkan.
dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Untuk mengendalikan produksi sebum berlebih, pilih pelembap berbahan dasar air atau water based dan berlabel nonkomedogenik agar tidak menyumbat pori-pori. Pelembap berbahan dasar BHA direkomendasikan untuk kulit berminyak.

10 Rekomendasi produk acne spot care terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk acne spot care terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 27 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Y.O.U AcnePlus Spot Care Acne Treatment memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, ACNOC Acneser Spot Gel yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 6 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prawindra Irawan.

Gambar produk
1
Y.O.U Beauty Global AcnePlus Spot Care Acne Treatment 1

Y.O.U Beauty Global

2
ERHA Acneact Acne Spot Gel BHA & Sulfur 1

ERHA

3
SKINTIFIC  Salicylic Acid Acne Spot Treatment Gel  1

SKINTIFIC

4
Whitelab  Acne Cream 1

Whitelab

5
DERMALUZ  Acne Spot Treatment 1

DERMALUZ

6
Quality Plus Aesthetic Internasional ACNOC Acneser Spot Gel 1

Quality Plus Aesthetic Internasional

7
SOMETHINC Acne Shot AC Spot Gel 1

SOMETHINC

8
Unza Vitalis Safi Acne Expert Acne Care Treatment Gel 1

Unza Vitalis

9
Bloomka  TGIF Acne Spot Treatment 1

Bloomka

10
Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Spot Treatment 1

Sensatia Botanicals

Nama produk

AcnePlus Spot Care Acne Treatment

Acneact Acne Spot Gel BHA & Sulfur

Salicylic Acid Acne Spot Treatment Gel

Acne Cream

Acne Spot Treatment

ACNOC Acneser Spot Gel

Acne Shot AC Spot Gel

Safi Acne Expert Acne Care Treatment Gel

TGIF Acne Spot Treatment

Tea Tree & Lemon Spot Treatment

Keunggulan

Acne spot treatment lokal dengan tekstur balm

Pelengkap rangkaian pengusir jerawat dari ERHA

Menghilangkan jerawat sekaligus memperbaiki skin barrier

Satu solusi untuk banyak jenis jerawat

Mengurangi dan mencegah jerawat datang kembali

Menghaluskan dan memudarkan bekas jerawat

Spot gel untuk jerawat yang antigosong!

Tekstur gelnya ringan dan cepat meresap

Acne spot cream unik yang bisa di-peel off!

Acne spot dengan bahan alami

Harga mulai dariRp 43.000,00Rp 67.200,00Rp 105.000,00Rp 62.600,00Rp 57.000,00Rp 189.000,00Rp 85.000,00Rp 54.000,00Rp 159.000,00Rp 110.000,00
AntibakteriGalla rhois gallnut extractHydrogen peroxidePioninTea tree, hexamidine -Willow bark Neem extract, maclura cochinchinensis, tea tree oil-Willow bark, calamineTea tree
Anti-inflamasi4D Centella asiatica, herbal fusion activesDipotassium glycyrrhizateCentella asiaticaCalamine-Witch hazel, salicylic acidKorean angelica, green tea, lotus leaf, guava leaf-Centella asiaticaCentella asiatica
PencerahNiacinamide-NiacinamideNiacinamideVitamin C, lemonNiacinamide, alpha arbutinCleome gynandra leafNeem extractSynactin® acNiacinamide, licorice, lemon
Exfoliating agent-Sulfur, salicylic acidSalicylic acidSulfur, salicylic acidSulfur, salicylic acid, glycolic acid Allantoin-AHA, BHAFruit AHA-
PelembapGlycerinAloe veraCeramideGlycerinGrape seed oil, allantoinGlycerin, hydrolyzed royal jelly proteinPanthenol-GlycerinGlycerin, squalane, Aloe vera
Isi15 gram10 gram10 gram10 ml15 gram15 gram15 gram15 gram20 gram20 ml
Tautan produk
10

Sensatia BotanicalsTea Tree & Lemon Spot Treatment

Mulai dari Rp 110.000,00

AntibakteriTea tree
Anti-inflamasiCentella asiatica
PencerahNiacinamide, licorice, lemon
Exfoliating agent-
PelembapGlycerin, squalane, Aloe vera
Isi20 ml
9

Bloomka TGIF Acne Spot Treatment

Mulai dari Rp 159.000,00

AntibakteriWillow bark, calamine
Anti-inflamasiCentella asiatica
PencerahSynactin® ac
Exfoliating agentFruit AHA
PelembapGlycerin
Isi20 gram
8

Unza VitalisSafi Acne Expert Acne Care Treatment Gel

Mulai dari Rp 54.000,00

Antibakteri-
Anti-inflamasi-
PencerahNeem extract
Exfoliating agentAHA, BHA
Pelembap-
Isi15 gram
7
AntibakteriNeem extract, maclura cochinchinensis, tea tree oil
Anti-inflamasiKorean angelica, green tea, lotus leaf, guava leaf
PencerahCleome gynandra leaf
Exfoliating agent-
PelembapPanthenol
Isi15 gram
6

Quality Plus Aesthetic InternasionalACNOC Acneser Spot Gel

Mulai dari Rp 189.000,00

AntibakteriWillow bark
Anti-inflamasiWitch hazel, salicylic acid
PencerahNiacinamide, alpha arbutin
Exfoliating agentAllantoin
PelembapGlycerin, hydrolyzed royal jelly protein
Isi15 gram
5
Antibakteri-
Anti-inflamasi-
PencerahVitamin C, lemon
Exfoliating agentSulfur, salicylic acid, glycolic acid
PelembapGrape seed oil, allantoin
Isi15 gram
4
AntibakteriTea tree, hexamidine
Anti-inflamasiCalamine
PencerahNiacinamide
Exfoliating agentSulfur, salicylic acid
PelembapGlycerin
Isi10 ml
3

SKINTIFIC Salicylic Acid Acne Spot Treatment Gel

Mulai dari Rp 105.000,00

AntibakteriPionin
Anti-inflamasiCentella asiatica
PencerahNiacinamide
Exfoliating agentSalicylic acid
PelembapCeramide
Isi10 gram
2

ERHAAcneact Acne Spot Gel BHA & Sulfur

Mulai dari Rp 67.200,00

AntibakteriHydrogen peroxide
Anti-inflamasiDipotassium glycyrrhizate
Pencerah-
Exfoliating agentSulfur, salicylic acid
PelembapAloe vera
Isi10 gram
1

Y.O.U Beauty GlobalAcnePlus Spot Care Acne Treatment

Mulai dari Rp 43.000,00

AntibakteriGalla rhois gallnut extract
Anti-inflamasi4D Centella asiatica, herbal fusion actives
PencerahNiacinamide
Exfoliating agent-
PelembapGlycerin
Isi15 gram

Pertanyaan umum seputar kulit berjerawat

Pertanyaan umum seputar kulit berjerawat

Selain mengulas rekomendasi acne spot terbaik dan cara memilihnya, kami juga telah merangkum pertanyaan seputar perawatan kulit berjerawat. Simak penjelasan berikut untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Apakah acne spot gel bisa untuk bekas jerawat dan bruntusan?

Bisa. Produk acne spot treatment saat ini tidak hanya mengatasi jerawat saja. Beberapa produk acne spot gel juga dilengkapi dengan kandungan bahan yang dapat mengatasi beruntusan sekaligus membantu memudarkan bekas jerawat. ANda hanya perlu membaca deskripsi produk pilihan Anda dengan cermat, ya.

Kapan memakai acne spot?

Obat totol jerawat atau acne spot treatment digunakan setelah Anda mengaplikasikan rangkaian skincare sehari-hari. Acne spot boleh digunakan pada siang atau malam hari. Namun, sebaiknya acne spot digunakan pada malam hari atau saat Anda tidak banyak beraktivitas di luar ruangan. 


Bila Anda menggunakan acne spot treatment yang mengandung retinoid, pastikan Anda menggunakannya setelah mengaplikasikan pelembap. Hal ini dikarenakan retinoid merupakan bahan aktif yang tergolong keras sehingga penggunaan pelembap akan membantu mencegah terjadinya iritasi di kulit.

Bagaimana cara merawat kulit yang berjerawat?

Menggunakan produk yang tepat dan berkualitas memang sangat penting dalam mengatasi jerawat. Namun, pemulihan jerawat perlu dibantu usaha dari dalam dan luar.


Untuk perawatan dari dalam, Anda perlu makanan yang tepat dan istirahat yang cukup. Kurang istirahat akan membuat tubuh merilis hormon kortisol yang memicu peradangan kulit sehingga memperparah jerawat. Hal serupa terjadi saat Anda mengonsumsi makanan yang kurang sehat sehingga hormon insulin tidak seimbang.


Produksi hormon insulin ini akan merangsang kelenjar sebum lebih aktif dan meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Karena alasan tersebut, Anda perlu membatasi konsumsi tepung, gula dan berbagai pemanis lainnya, serta makanan cepat saji.


Sementara untuk perawatan dari luar, bisa Anda lakukan dengan skincare yang tepat. Rutinlah membersihkan wajah dua kali sehari, menggunakan toner dan pelembap, serta sunscreen. Lalu, hindari sering menyentuh wajah atau memencet jerawat.

Baca juga rekomendasi perawatan acne lainnya di sini

Setelah memilih produk acne spot yang tepat, jangan lewatkan juga rekomendasi skincare kulit berjerawat yang telah kami rangkum di sini. Klik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Meski sulit, jerawat dapat diatasi dengan perawatan yang tepat. Anda dapat meredakan jerawat dengan memakai acne spot care yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa rekomendasi produk di atas dapat Anda jadikan acuan agar lebih mudah menemukan produk yang Anda cari. Namun, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan dan menjaga pola tidur agar perawatan berjalan efektif. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • Review: 5 Rekomendasi Toner Anti-Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Review: 5 Rekomendasi Toner Anti-Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat tanda-tanda penuaan seperti keriput tipis, kulit kendur, pori-pori membesar datang, apa yang sebaiknya Anda lakukan? Salah satu solusi ialah menggunakan toner anti-aging yang mampu mengencangkan, mencerahkan, dan melembabkan kulit. Sekarang banyak merk toner anti-aging yang beredar di masyarakat seperti Hada Labo, Lancome, dan SK-II. Namun, tahukah Anda produk mana yang paling cocok dengan kondisi kulit Anda?mybest original review akan melakukan evaluasi terhadap puluhan toner anti-aging yang populer di pasaran. Seluruh kegiatan review kami lakukan di Jepang dengan mempertimbangkan poin-poin berikut ini:1. Evaluasi bahan2. Kemampuan melembapkan3. Sensasi penggunaanDi artikel ini, kami juga akan memperkenalkan cara memilih toner anti-aging yang bagus. Bacalah artikel ini untuk menemukan produk yang paling sesuai dengan Anda.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori