• 10 Rekomendasi Laminating Film Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Laminating Film Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Laminating Film Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Laminating Film Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Laminating Film Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Laminating Film Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Ingin menjaga dokumen penting tetap awet? Laminating film bisa menjadi solusinya. Tersedia dalam bentuk lembaran dan roll, Anda bisa melindungi dokumen dengan ukuran A3, A4, dan sebagainya. Ada pula laminating film dengan ketebalan di atas 250 mikron untuk penggunaan di luar ruangan.


Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih laminating film. Kami juga akan mengulas beberapa produk laminating film yang dapat digunakan dengan dan tanpa bantuan mesin. Ada produk dari Joyko, Blueprint, dan TOHO, lho. Yuk, disimak sampai selesai!

  • Pembaharuan terakhir: 27 November 2020
  • 138 Views
Daftar isi

Kebutuhan akan laminating film

Kebutuhan akan laminating film

Laminating film adalah plastik tipis yang terbuat dari polyester atau polypropylene. Dokumen atau foto yang dilapisi laminating film akan lebih tahan lama serta terlindung dari air dan debu. Laminating film juga akan menjaga dokumen dan foto Anda dari kotoran maupun kerusakan.


Secara garis besar, laminating film memiliki dua hasil akhir yaitu glossy dan doff. Laminating film bertipe glossy dapat membuat dokumen jernih dan berwarna lebih jelas sehingga memberikan kesan elegan. Sementara itu, Anda bisa laminating dengan tipe doff untuk hasil akhir yang tidak mengilat.


Anda mungkin tidak berpikir untuk melaminasi dokumen Anda karena tidak memiliki mesin laminating. Jangan khawatir! Kini, telah banyak laminating film yang bisa diaplikasikan tanpa menggunakan mesin laminating khusus. Yuk, pertimbangkan laminasi sebagai cara baru untuk melindungi dokumen penting Anda!

Cara memilih laminating film

Mungkin Anda belum tahu kalau ada banyak sekali jenis laminating film dengan fungsi yang berbeda. Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih laminating film yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan ukuran laminating film dengan mesin laminating

Sesuaikan ukuran laminating film dengan mesin laminating

Proses laminating adalah proses melekatkan laminating film dengan cara dipanaskan sampai meleleh agar melekat ke media. Untuk proses pemanasan tersebut, dibutuhkan mesin laminating. Salah satu hal penting dalam memilih laminating film adalah ukurannya cocok dengan mesin laminating Anda. 


Setelah dokumen Anda dilaminasi, sisi-sisi dokumen perlu digunting agar rapi. Jika ingin melapisi kartu, Anda sebaiknya menggunakan laminating film berukuran lebih besar dari kartu. Pilihlah laminating film yang ukurannya sesuai dengan mesin laminating yang akan digunakan.

Ketahui ketebalan laminating film yang Anda butuhkan

Ketebalan laminating film umumnya ditunjukkan dengan satuan mikron. Ketebalan 100 mikron setara dengan 0,1 mm. Ada beberapa ukuran ketebalan laminating film yang bisa Anda temukan di pasaran. Sesuaikan ketebalan laminating film dengan ketebalan media yang akan dilaminasi.


Makin tebal dokumen Anda, makin tebal pula laminating film yang Anda butuhkan. Harga laminating film pun bermacam-macam tergantung ketebalannya. Yuk, kenali beberapa ukuran ketebalan laminating film yang dijual secara umum!

Ketebalan di bawah 100 mikron: Cocok untuk melapisi satu sisi

Ketebalan di bawah 100 mikron: Cocok untuk melapisi satu sisi

Pernahkah Anda memegang undangan dari suatu acara, tetapi undangan tersebut tidak mudah sobek atau dilipat? Bisa jadi undangan tersebut telah dilaminasi oleh laminating film. Laminasi undangan dapat menghasilkan hasil akhir yang lebih mewah dibandingkan dengan kertas karton biasa tanpa laminasi.


Laminating film yang sering digunakan untuk melapisi undangan umumnya memiliki ketebalan 32 mikron. Laminating film ini umumnya berbentuk roll. Ada pula laminating film dengan ketebalan 70, 80, dan 85 mikron. Laminating film dengan ketebalan di bawah 100 mikron ini bisa Anda gunakan untuk melaminasi satu sisi permukaan dokumen.

Ketebalan 100 mikron: Ukuran ketebalan normal

Ketebalan 100 mikron: Ukuran ketebalan normal

Laminating film 100 mikron atau 0,1 mm adalah yang paling umum digunakan. Hasil akhirnya yang halus membuatnya mudah digunting setelah diaplikasikan. Selain harganya relatif murah, ketebalan 100 mikron cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Pembuatan laminated card dan resep masakan adalah beberapa contoh pemakaian laminating film dengan ketebalan ini.


Ketebalan 100 mikron dapat melindungi keperluan bisnis seperti papan informasi di toko, dokumen, dan sertifikat penting Anda. Namun, laminating film dengan ketebalan 100 mikron juga memiliki kekurangan yaitu tidak tahan lama. Daya tahannya kurang baik sehingga tidak cocok untuk pemakaian jangka panjang dan penggunaan di luar ruangan. Untuk kebutuhan outdoor atau untuk pemakaian lebih tahan lama, pakailah laminating film yang lebih tebal.

Ketebalan 150 mikron: Tahan lama dan cocok untuk dokumen tebal

Ketebalan 150 mikron: Tahan lama dan cocok untuk dokumen tebal

Ketebalan 150 mikron cukup kukuh untuk melindungi foto dan kartu penting Anda. Ini karena hasil akhirnya tahan lama dan tidak membuat dokumen Anda melengkung. Ketebalan ini juga cocok untuk membuat kalender menggunakan foto-foto. Selain itu, laminating film ini cocok untuk melaminasi menu restoran dan dokumen yang akan dipasang di luar ruangan. Akan tetapi, laminating film dengan ketebalan 150 mikron masih jarang ditemukan di Indonesia.

Ketebalan 250 mikron: Bisa dipakai untuk outdoor

Ketebalan 250 mikron: Bisa dipakai untuk outdoor

Ketebalan 250 mikron memiliki sifat yang kukuh seperti alas saat diaplikasikan. Karena tidak tembus air, laminating film 250 mikron ini sangat cocok untuk laminasi kartu. Laminating film ini umumnya dipakai untuk melaminasi kartu KTP atau SIM yang biasanya lebih tebal dari kertas biasa.


Selain kartu, ketebalan 250 mikron ini cocok untuk kebutuhan outdoor Anda. Anda bisa melaminasi papan nama tanaman, papan instruksi, hingga pengumuman di depan rumah dan tempat usaha. Namun, dengan hasil akhir yang tebal, laminating film ini mungkin tidak bisa dipakai pada mesin laminating tertentu. Karena itu, sebaiknya Anda memeriksa dahulu mesin laminating yang akan Anda gunakan.

Ketebalan 350 mikron: Hasil akhir kukuh seperti pelat plastik

Ketebalan 350 mikron: Hasil akhir kukuh seperti pelat plastik

Setelah diaplikasikan, laminating film 350 mikron memiliki hasil akhir setebal pelat plastik. Karena itu, ketebalan ini cocok untuk papan nama di luar toko hingga berbagai pelat keperluan bisnis di luar ruangan. Namun, Anda akan membutuhkan mesin laminating khusus untuk mengaplikasikannya. Terlebih lagi, laminating film dengan ketebalan ini masih susah ditemui di pasaran Indonesia.

Periksa hasil akhirnya

Setelah ketebalan film, hal selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah hasil akhir yang diinginkan setelah dokumen dilaminasi. Ada dua hasil akhir yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini ulasannya.

Tipe glossy: Untuk menghasilkan keindahan berwana-warni

Tipe glossy: Untuk menghasilkan keindahan berwana-warni

Tipe yang banyak ditemui ini akan membuat dokumen mengilat dan memantulkan cahaya. Anda bisa menggunakan tipe ini untuk memberikan hasil akhir kilau pada foto dan menjadikan ilustrasi tampak lebih berwarna. Karena eye-catching dan dapat menarik perhatian orang, tipe ini juga pas untuk penggunaan di luar ruangan.

Tipe doff: Untuk menghasilkan sentuhan mewah dan elegan

Tipe doff: Untuk menghasilkan sentuhan mewah dan elegan

Laminating film tipe doff dapat menangkis pantulan cahaya dan menambah nuansa mewah pada dokumen Anda. Tipe ini sangat cocok untuk penggunaan di dalam ruangan seperti menu restoran. Dengan tipe doff, menu restoran tetap mudah dilihat walaupun lampu restoran berkedap-kedip.


Ada pula laminating film tipe doff yang tidak menolak tinta. Alhasil, Anda tetap bisa menulisi dokumen yang dilaminasi dengan pulpen ataupun pensil. Laminating film seperti ini sangat cocok untuk pembuatan tiket nomor antrean atau membership card.

Pilih cold laminating film jika tidak memiliki mesin laminating

Pilih cold laminating film jika tidak memiliki mesin laminating

Ingin melaminasi dokumen tetapi tidak punya mesin laminating? Cold laminating bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda. Cold laminating adalah teknik laminasi dengan menggunakan film khusus yang bisa direkatkan untuk mengaplikasikannya. Dengan cold laminating film, laminasi dokumen di rumah menjadi mudah dan menyenangkan!


Sayangnya, cold laminating film memiliki harga yang lebih tinggi. Namun, sekarang banyak mesin laminating dengan harga yang terjangkau. Tergantung teknik laminasi dan jumlah dokumen, membeli mesin laminating bisa menjadi investasi yang bagus.

Periksa juga jenis laminating film khusus

Periksa juga jenis laminating film khusus

Untuk hasil akhir yang lebih bersih, Anda bisa mencoba laminating film dengan fungsi antistatik atau UV cut. Laminating film antistatik dan UV cut dapat mencegah debu masuk ke dalam dokumen Anda. Namun, sesuaikanlah dengan budget Anda karena harga laminating film ini relatif lebih tinggi.

10 Rekomendasi laminating film terbaik

Setelah perkenalan dengan laminating film, selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi laminating film terbaik dari berbagai macam merek. Pilihlah yang sesuai dengan dokumen yang ingin Anda laminating.

10
Proses laminasiDengan mesin laminating (hot laminating)
Hasil laminasiGlossy
Tebal plastik100 mikron
Ukuran 225 mm x 340 mm (F4/Folio)
9
Proses laminasiDengan mesin laminating (hot laminating)
Hasil laminasiGlossy
Tebal plastik100 mikron
Ukuran 225 mm x 340 mm (F4/Folio)
8
Proses laminasiDengan mesin laminating (hot laminating)
Hasil laminasiGlossy
Tebal plastik100 mikron
Ukuran 220 mm x 307 mm (A4)
7
Proses laminasiTanpa mesin laminating (cold laminating)
Hasil laminasiGlossy
Tebal plastik100 mikron
Ukuran66 mm x 100 mm
6
Proses laminasiDengan mesin laminating (hot laminating)
Hasil laminasiDoff
Tebal plastik32 mikron
Ukuran330 mm x 150 m
5
Proses laminasiDengan mesin laminating (hot laminating)
Hasil laminasiGlossy
Tebal plastik32 mikron
Ukuran 330 mm x 150 m
4
Proses laminasiTanpa mesin laminating (cold laminating)
Hasil laminasiGlossy hologram
Tebal plastik32 mikron
Ukuran 320 mm x 500 mm
3
Proses laminasiDengan mesin laminating (hot laminating)
Hasil laminasiGlossy
Tebal plastik250 mikron
Ukuran 68 mm x 98 mm
2
Proses laminasiTanpa mesin laminating (cold laminating)
Hasil laminasiGlossy
Tebal plastik70 mikron
Ukuran 297 mm x 420 mm (A3)
1
Proses laminasiDengan mesin laminating (hot laminating)
Hasil laminasiGlossy
Tebal plastik100 mikron
Ukuran 220 mm x 307 mm (A4)

Tabel perbandingan produk laminating film terbaik

Gambar produk
1
e-Print Laminating Pouch Film 1

e-Print

2
Blueprint Laminating Film  1

Blueprint

3
Joyko Laminating Film  1

Joyko

4
Quick Film Laminated Plastic Sheets 1

Quick Film

5
Hombo Laminating Roll Film 1

Hombo

6
Sakurai Matt Roll Film 1

Sakurai

7
Sanko Star Instant Self-Laminating Name Cards 1

Sanko Star

8
Secure Laminating Films A4 1

Secure

9
TOHO Laminating Film 1

TOHO

10
Montana Laminating Film 1

Montana

Nama produk

Laminating Pouch Film

Laminating Film

Laminating Film

Laminated Plastic Sheets

Laminating Roll Film

Matt Roll Film

Instant Self-Laminating Name Cards

Laminating Films A4

Laminating Film

Laminating Film

Keunggulan

Proses laminasi menjadi lebih mudah dan rapi karena berbentuk pouch

Berukuran A3, lebih fleksibel untuk melapisi berbagai dokumen!

Tebal dan kaku, memberikan proteksi ekstra

Dapatkan tampilan buku yang unik dengan efek hologramnya!

Menambah kilau yang cantik pada undangan pernikahan

Hasil akhir doff, menu rumah makan lebih mudah dibaca

Praktis untuk melindungi kartu-kartu Anda

Melindungi akta lahir, kartu keluarga, dan dokumen penting Anda dengan rapi

Hasil glossy-nya akan memberikan kesan mewah pada dokumen Anda

Mudah digunting, membuat flash card bersama anak lebih menyenangkan!

HargaRp 104.500,00Rp 75.000,00Rp 27.000,00Rp 9.700,00Rp 112.700,00Rp 261.000,00Rp 21.000,00Rp 78.900,00Rp 87.000,00Rp 114.750,00
Proses laminasiDengan mesin laminating (hot laminating)Tanpa mesin laminating (cold laminating)Dengan mesin laminating (hot laminating)Tanpa mesin laminating (cold laminating)Dengan mesin laminating (hot laminating)Dengan mesin laminating (hot laminating)Tanpa mesin laminating (cold laminating)Dengan mesin laminating (hot laminating)Dengan mesin laminating (hot laminating)Dengan mesin laminating (hot laminating)
Hasil laminasiGlossyGlossyGlossyGlossy hologramGlossyDoffGlossyGlossyGlossyGlossy
Tebal plastik100 mikron70 mikron250 mikron32 mikron32 mikron32 mikron100 mikron100 mikron100 mikron100 mikron
Ukuran 220 mm x 307 mm (A4) 297 mm x 420 mm (A3)68 mm x 98 mm320 mm x 500 mm330 mm x 150 m330 mm x 150 m66 mm x 100 mm220 mm x 307 mm (A4)225 mm x 340 mm (F4/Folio)225 mm x 340 mm (F4/Folio)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi mesin laminating di sini

Pada artikel ini, kami telah memperkenalkan berbagai macam tipe laminating film dan sepuluh rekomendasi laminating film terbaik. Tertarik membeli mesin laminating juga? Anda bisa membaca rekomendasinya di bawah ini.

Kesimpulan

Selain melindungi dokumen penting, laminating film memiliki berbagai kegunaan lainnya. Anda juga bisa mempercantik kartu nama, undangan, menu di restoran, hingga flash card anak agar tidak rusak.


Setiap jenis laminating film memiliki keunggulan sendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini berguna dan membuat Anda makin yakin dengan laminating film pilihan Anda!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pensil mekanik adalah alat tulis yang paling sering digunakan oleh semua kalangan. Selain untuk menulis, pensil ini juga dapat dipakai untuk menggambar, menandai, dan lain sebagainya. Banyaknya jenis dan merek pensil mekanik di pasaran mungkin membuat Anda sulit memutuskan pilihan.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pensil mekanik serta memperkenalkan beberapa produk rekomendasi. Merek populer seperti Pilot, rOtring, hingga Zebra dapat Anda temukan dalam daftar rekomendasi yang telah kami susun. Manakah yang paling sesuai untuk Anda? Mari ikuti informasi selengkapnya di bawah ini!
    Alat tulis
    10.417 Views
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pulpen merupakan alat tulis yang biasa digunakan sehari-hari. Berbagai variasi tinta, seperti tinta gel, tinta berbasis air dan berbasis minyak, bahkan tinta yang dapat dihapus, telah banyak beredar di pasaran. Produknya pun beragam mulai dari yang biasa hingga mewah.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen untuk berbagai keperluan. Beragam produk pilihan bermerek Faber Castell atau PILOT yang umum digunakan, serta merek PARKER yang elegan pun akan kami ulas pada rekomendasi produk.
    Alat tulis
    55.832 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sekarang, tempat pensil tak hanya sebagai tempat menyimpan alat tulis, tetapi juga sebagai produk untuk bergaya. Berbagai jenis produk beredar di pasaran dengan berbagai karakteristik unik. Misalnya, tempat pensil berbahan kulit, karet, kayu, bahkan yang berdesain tidak biasa.Masih galau harus memilih yang mana? Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih tempat pensil. Setelah itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk tempat pensil terbaik untuk berbagai macam keperluan Anda. Baik hendak dibawa ke sekolah, kampus, maupun kantor, pilihlah yang sesuai untuk Anda!
    Alat tulis
    10.270 Views
  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu alat tulis yang cukup populer adalah loose leaf binder yang dapat digunakan baik untuk belajar maupun bekerja. Salah satu poin yang membuat loose leaf binder praktis digunakan adalah kertasnya yang bisa diisi ulang dan dapat berfungsi sebagai catatan atau bahkan scrapbook. Masalahnya, tidak semua binder nyaman digunakan.Tidak sedikit loose leaf binder yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak. Selain itu, banyaknya loose leaf binder, misalnya keluaran Kokuyo, Joyko, atau Bantex bisa saja membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Selamat menyimak!
    Document organizer
    29.981 Views
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Scanner dokumen merupakan alat yang dapat memudahkan kita dalam mendigitalkan dokumen-dokumen seperti buku bacaan sehari-hari maupun dokumen kerja. Ada banyak variasi dan tipe yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda, mulai dari yang cocok diletakan di atas meja, mudah dibawa, dapat memproses dokumen dengan kecepatan tinggi, serta berbagai variasi lainnya.Lalu, apa yang sebenarnya harus diperhatikan saat memilih scanner? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih scanner dokumen yang tepat dengan membandingkan dari segi harga, kemampuan, review dari pengguna, dan sebagainya. Tidak lupa, kami juga akan memperkenalkan rekomendasi scanner dokumen terbaik untuk Anda. Simak terus artikel ini, ya!
    Document organizer
    16.863 Views
  • 10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Stapler banyak digunakan untuk keperluan pekerjaan, sekolah, dan kuliah. Merek seperti Kokuyo, Max, dan Deli adalah produsen yang terkenal di Indonesia. Mereka mengeluarkan beberapa model stapler dengan berbagai bentuk dan keunikannya masing-masing. Untuk menemukan stapler yang cocok dan sesuai kebutuhan, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu karakteristik stapler tersebut. Sebab itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan tips cara memilih stapler, serta memberikan rekomendasi produk stapler untuk Anda. Simak artikel kami dan temukan stapler yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Document organizer
    13.380 Views
  • 10 Rekomendasi Pembolong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pembolong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pembolong kertas biasa digunakan untuk melubangi kertas agar dapat dimasukkan ke dalam satu file. Meski fungsinya sama, alat ini ternyata memiliki banyak sekali variasi, mulai dari yang ukurannya kecil hingga besar. Ada juga produk dengan jumlah lubang yang bisa diatur sesuai kebutuhan.Variasi produk yang melimpah mungkin membuat Anda sulit menentukan produk yang cocok dengan kebutuhan. Karena itu, di artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara memilih pembolong kertas. Tidak hanya itu, kami juga akan memperkenalkan rekomendasi pembolong kertas dari berbagai merek, seperti Deli dan Kangaro. Yuk, simak informasinya!
    Document organizer
    10.601 Views
  • 10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Paper clip dapat membuat kertas dokumen Anda lebih rapi dan teratur. Saat ini paper clip juga dipakai sebagai peralatan tulis untuk keperluan kantor atau perkuliahan. Ada berbagai paper clip dengan bentuk dan warna menarik yang dapat memperindah dokumen dan menghiasi meja kerja Anda.Dalam artikel ini kami akan mengulas cara memilih paper clip. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh paper clip terbaik dari Kokuyo, Joyko, IKEA, dan sebagainya. Silakan bookmark artikel ini apabila Anda masih bingung atau membutuhkan inspirasi saat memilih paper clip. Nah, selamat membaca!
    Document organizer
    6.343 Views
  • 10 Rekomendasi Sticky Notes Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sticky Notes Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sticky notes adalah salah satu perlengkapan yang sering dipakai. Anda dapat menggunakannya sebagai memo pada buku catatan, pembatas buku, untuk menyampaikan pesan, dan sebagainya. Di pasaran, Anda biasanya banyak menjumpai sticky notes tipe klasik yang berbentuk persegi. Padahal, ada banyak varian lain yang juga menarik.Agar bisa memilih sticky notes yang sesuai kebutuhan, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Di artikel ini, kami akan menjelaskannya bagi Anda. Tak lupa, ada juga rekomendasi sticky notes terbaik pilihan kami, antara lain merek Post-it, Joyko, BIG, dan lainnya. Tetap disimak, ya!
    Document organizer
    13.072 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tempat penyimpanan file sangat berguna untuk menata dan menyimpan file atau dokumen lebih rapi. Anda akan menemukan berbagai tempat penyimpanan file berkualitas keluaran Bantex, IKEA, Maspion, dan sebagainya. Namun, perbedaan bahan dan spesifikasi antar produk bisa saja membuat Anda bingung memilih.Oleh karena itu, kini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi tempat penyimpanan file terbaik. Anda akan mendapati tempat penyimpanan file awet dalam artikel ini. Tempat penyimpanan file bagus dan keren pun ada, pilih saja yang paling Anda butuhkan.
    Document organizer
    8.826 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu alat tulis yang cukup populer adalah loose leaf binder yang dapat digunakan baik untuk belajar maupun bekerja. Salah satu poin yang membuat loose leaf binder praktis digunakan adalah kertasnya yang bisa diisi ulang dan dapat berfungsi sebagai catatan atau bahkan scrapbook. Masalahnya, tidak semua binder nyaman digunakan.Tidak sedikit loose leaf binder yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak. Selain itu, banyaknya loose leaf binder, misalnya keluaran Kokuyo, Joyko, atau Bantex bisa saja membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Selamat menyimak!
    Document organizer
    29.981 Views
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Scanner dokumen merupakan alat yang dapat memudahkan kita dalam mendigitalkan dokumen-dokumen seperti buku bacaan sehari-hari maupun dokumen kerja. Ada banyak variasi dan tipe yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda, mulai dari yang cocok diletakan di atas meja, mudah dibawa, dapat memproses dokumen dengan kecepatan tinggi, serta berbagai variasi lainnya.Lalu, apa yang sebenarnya harus diperhatikan saat memilih scanner? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih scanner dokumen yang tepat dengan membandingkan dari segi harga, kemampuan, review dari pengguna, dan sebagainya. Tidak lupa, kami juga akan memperkenalkan rekomendasi scanner dokumen terbaik untuk Anda. Simak terus artikel ini, ya!
    Document organizer
    16.863 Views
  • 10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Stapler banyak digunakan untuk keperluan pekerjaan, sekolah, dan kuliah. Merek seperti Kokuyo, Max, dan Deli adalah produsen yang terkenal di Indonesia. Mereka mengeluarkan beberapa model stapler dengan berbagai bentuk dan keunikannya masing-masing. Untuk menemukan stapler yang cocok dan sesuai kebutuhan, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu karakteristik stapler tersebut. Sebab itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan tips cara memilih stapler, serta memberikan rekomendasi produk stapler untuk Anda. Simak artikel kami dan temukan stapler yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Document organizer
    13.380 Views
  • 10 Rekomendasi Sticky Notes Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sticky Notes Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sticky notes adalah salah satu perlengkapan yang sering dipakai. Anda dapat menggunakannya sebagai memo pada buku catatan, pembatas buku, untuk menyampaikan pesan, dan sebagainya. Di pasaran, Anda biasanya banyak menjumpai sticky notes tipe klasik yang berbentuk persegi. Padahal, ada banyak varian lain yang juga menarik.Agar bisa memilih sticky notes yang sesuai kebutuhan, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Di artikel ini, kami akan menjelaskannya bagi Anda. Tak lupa, ada juga rekomendasi sticky notes terbaik pilihan kami, antara lain merek Post-it, Joyko, BIG, dan lainnya. Tetap disimak, ya!
    Document organizer
    13.072 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tempat penyimpanan file sangat berguna untuk menata dan menyimpan file atau dokumen lebih rapi. Anda akan menemukan berbagai tempat penyimpanan file berkualitas keluaran Bantex, IKEA, Maspion, dan sebagainya. Namun, perbedaan bahan dan spesifikasi antar produk bisa saja membuat Anda bingung memilih.Oleh karena itu, kini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi tempat penyimpanan file terbaik. Anda akan mendapati tempat penyimpanan file awet dalam artikel ini. Tempat penyimpanan file bagus dan keren pun ada, pilih saja yang paling Anda butuhkan.
    Document organizer
    8.826 Views
  • 10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Paper clip dapat membuat kertas dokumen Anda lebih rapi dan teratur. Saat ini paper clip juga dipakai sebagai peralatan tulis untuk keperluan kantor atau perkuliahan. Ada berbagai paper clip dengan bentuk dan warna menarik yang dapat memperindah dokumen dan menghiasi meja kerja Anda.Dalam artikel ini kami akan mengulas cara memilih paper clip. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh paper clip terbaik dari Kokuyo, Joyko, IKEA, dan sebagainya. Silakan bookmark artikel ini apabila Anda masih bingung atau membutuhkan inspirasi saat memilih paper clip. Nah, selamat membaca!
    Document organizer
    6.343 Views
  • 10 Rekomendasi Pembolong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pembolong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pembolong kertas biasa digunakan untuk melubangi kertas agar dapat dimasukkan ke dalam satu file. Meski fungsinya sama, alat ini ternyata memiliki banyak sekali variasi, mulai dari yang ukurannya kecil hingga besar. Ada juga produk dengan jumlah lubang yang bisa diatur sesuai kebutuhan.Variasi produk yang melimpah mungkin membuat Anda sulit menentukan produk yang cocok dengan kebutuhan. Karena itu, di artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara memilih pembolong kertas. Tidak hanya itu, kami juga akan memperkenalkan rekomendasi pembolong kertas dari berbagai merek, seperti Deli dan Kangaro. Yuk, simak informasinya!
    Document organizer
    10.601 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori