• 10 Merk Miniset Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Miniset Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Miniset Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Miniset Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Miniset Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Miniset Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Ketika anak perempuan mulai beranjak remaja, fisiknya pun lambat laun ikut berubah, khususnya bagian dada. Saat hal tersebut terjadi, penggunaan miniset adalah solusi supaya pertumbuhan payudara anak tetap terjaga. Namun, beragamnya model, jenis, dan ukuran miniset yang dijual mungkin membuat Anda bingung memilihnya.


Jangan khawatir! Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih miniset yang baik sekaligus memberikan rekomendasi produknya. Anda bisa menemukan merek miniset yang bagus seperti Wacoal dan Sorex. Ada yang dilengkapi busa, ada pula yang cocok untuk sport. Miniset rajut untuk anak remaja juga tersedia. Langsung disimak, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Kapan waktu yang tepat memakai miniset?

Kapan waktu yang tepat memakai miniset?

Saat anak mulai beranjak remaja, tak hanya cara berpikirnya saja yang berubah, bentuk tubuhnya pun berubah. Perubahan fisik remaja perempuan juga sangat terlihat jelas, mulai dari tinggi badan hingga payudara yang makin membesar. Jadi, kapan waktu yang tepat untuk putri tercinta memakai miniset? Dalam menentukannya, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:


  • Ketika sudah muncul tunas payudara yang terletak di bawah puting

Tunas payudara merupakan tonjolan kecil yang biasanya membuat anak merasa agak nyeri dan tidak nyaman. Hal tersebut merupakan pertanda bahwa payudara mereka mulai berkembang.


  • Rata-rata usia perkembangan anak perempuan

Kebanyakan anak perempuan memakai miniset sejak usia 11 tahun. Namun, ada juga yang sudah memakainya sejak umur 8 tahun. Di sisi lain, beberapa remaja perempuan baru memakai miniset pada umur 14 tahun.


Karena usia perkembangan setiap anak perempuan berbeda, Anda tak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Lebih baik tanyakan perlahan-lahan kepada anak Anda mengenai kesiapan dan kebutuhannya untuk memakai miniset. Jangan sampai Anda memaksa sehingga mereka malah enggan untuk mulai mengenakan miniset.

Cara memilih miniset

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk anak memakai miniset, kini saatnya Anda memahami cara memilih miniset yang bagus. Ada empat poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum membelikan miniset untuk anak. Simaklah dengan saksama penjelasan kami supaya Anda bisa mendapatkan miniset anak terbaik!

Sesuaikan jenis miniset dengan kebutuhan anak

Poin pertama, sesuaikanlah jenis miniset yang akan dipilih dengan kebutuhan anak Anda. Terdapat dua macam miniset yang ada di pasaran yaitu miniset tanpa busa dan miniset dengan busa. Kedua jenis tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Selengkapnya akan kami jelaskan di bawah ini.

Miniset tanpa busa: Untuk anak yang tunas payudaranya masih kecil

Miniset tanpa busa: Untuk anak yang tunas payudaranya masih kecil

Jika putri Anda memiliki tunas payudara yang masih kecil, kami sarankan untuk memakai miniset tanpa busa. Sebagian besar miniset tanpa busa tidak dilengkapi kait di bagian belakangnya. Dengan begitu, anak perempuan yang baru mulai memakai miniset tak akan merasa aneh, serta lebih nyaman memakainya.


Karena miniset tanpa busa merupakan bra awal, corak dan desain yang ditawarkan pun terbilang lebih simpel. Warna dari miniset jenis ini juga lebih soft dengan detail dan gambar yang tidak terlalu mencolok.

Miniset busa: Untuk anak yang tunas payudaranya sudah besar

Miniset busa: Untuk anak yang tunas payudaranya sudah besar

Untuk anak yang tunas payudaranya lebih besar dan menonjol, sebaiknya pilihkan miniset dengan busa. Keberadaan busa membuat tunas payudara yang besar tak akan terlihat menonjol ketika anak memakai baju atau seragam. Ada dua model miniset busa yang bisa dipilih yaitu busa tipis dan busa agak tebal. Anda bisa menyesuaikan tebal tipisnya busa dengan kebutuhan anak.


Model dan corak miniset busa terbilang lebih banyak macamnya. Ada produk yang memiliki motif dan warna mencolok, ada juga yang busanya dapat dilepas (removable padding).

Perhatikan ukuran miniset

Perhatikan ukuran miniset

Setelah menentukan jenis miniset, jangan lupa untuk memperhatikan ukurannya. Miniset yang terlalu besar atau terlalu kecil akan membuat anak tidak nyaman. Jadi, pilihlah ukuran miniset yang pas untuk mereka.


Untuk menentukan ukuran dada anak, Anda bisa mengukur lingkar bawah payudara dengan meteran. Setelah mendapatkan ukuran lingkar bawah payudara dalam satuan inci, tambahkan 5 inci untuk mendapatkan hasil ukuran dada anak. Sebagai informasi, 1 inci sama dengan 2,54 cm.


Terdapat beberapa jenis ukuran miniset. Ada yang memiliki ukuran standar S hingga XL, ukuran dada 32 hingga 36, dan ukuran all size. Jika Anda akan membeli miniset di toko langsung, biasanya pegawai toko bersedia membantu mencarikan ukuran yang pas untuk anak. Seller di online shop juga umumnya memberikan detail ukuran miniset di bagian keterangannya.

Temukan bahan yang nyaman dipakai

Temukan bahan yang nyaman dipakai

Seperti diketahui, pada masa sekolah biasanya kegiatan anak cukup padat. Karena itu, pemilihan bahan miniset yang mampu mendukung kenyamanan anak sangatlah penting. Terlebih, miniset akan dipakai setiap hari oleh anak. Berikut beberapa bahan miniset yang sering digunakan:


  • Katun

Katun merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk pakaian dalam, tak terkecuali miniset. Karena itu, miniset berbahan katun mudah ditemui di pasaran. Bahan katun juga tergolong ringan dan lembut sehingga tidak menimbulkan reaksi alergi bagi kulit anak. Selain itu, katun mampu menyerap keringat dengan baik sehingga kulit tidak akan merasa gerah.


  • Nilon

Berbeda dengan bahan katun, bahan nilon justru tidak mudah menyerap air dan keringat. Oleh sebab itu, bahan nilon lebih cepat kering setelah dicuci. Bahan nilon juga terkenal kuat dan elastis sehingga tidak mudah rusak.


  • Spandeks

Bahan spandeks adalah jenis yang paling elastis dibandingkan katun dan nilon. Oleh karena itu, miniset berbahan spandeks mampu mempertahankan ukuran aslinya, serta tidak mudah melar. Meski tampak ketat, sebenarnya pakaian dalam berbahan spandeks dapat mengikuti bentuk tubuh dengan baik. Sayangnya, bahan spandeks tidak tahan dengan suhu tinggi.

Ajak anak untuk memilih miniset bersama

Ajak anak untuk memilih miniset bersama

Poin terakhir yang tidak kalah penting adalah mengajak anak memilih miniset bersama. Luangkanlah waktu Anda untuk memilih model, jenis, hingga corak miniset dengan putri tercinta. Jangan sampai Anda membeli miniset tanpa persetujuannya karena bisa jadi mereka tidak mau memakainya.


Anda bisa mengajak putri tersayang untuk membeli di toko langsung sehingga anak bisa mencoba dan memilih miniset yang akan dibeli. Biasanya pegawai toko akan membantu mengarahkan miniset yang cocok dipakai untuk kebutuhan putri Anda. 


Akan tetapi, jika anak masih malu membeli miniset di toko langsung, ajaklah putri Anda membelinya lewat online shop. Jangan lupa untuk tetap mengarahkan anak agar miniset yang dipilih tetap sesuai dengan kebutuhannya, ya!

10 Rekomendasi miniset terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk miniset terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

WacoalBloom Junior Bra Step 1

PB3534

Mulai dari Rp 210.000,00

JenisMiniset tanpa busa
BahanKatun
UkuranS, M, L, LL
WarnaWhite, pink
9
JenisMiniset tanpa busa
BahanRajut premium
UkuranFree size (Lingkar dada: 60 cm・Panjang: 29 cm)
WarnaCream, pink, abu-abu
8

Young HeartsYoung Sport, Y-Back

Y01-011553

Mulai dari Rp 150.000,00

JenisMiniset tanpa busa
BahanKatun
UkuranS, M, L, XL
WarnaBlue, beige
7
JenisMiniset busa
BahanKatun poliester
UkuranAll size (Panjang: ±26 cm・Lebar: ±28 cm)
WarnaPurple, red, cream, salmon, black, blue
6
JenisMiniset busa
BahanKatun
UkuranM, L, XL
WarnaAbu-abu, biru, pink, ungu
5

LydylyMiniset Step 1

MZ101

Mulai dari Rp 35.200,00

JenisMiniset tanpa busa
BahanKatun likra
UkuranM, L, XL
WarnaPink, biru
4
JenisKamisol busa
BahanKatun
UkuranS, M, L
WarnaCream, white, pink
3

SorexMiniset Polkadot Step 2

Y2304

Mulai dari Rp 23.500,00

JenisMiniset busa
BahanTidak disebutkan
Ukuran32/70, 34/75, 36/80
WarnaCokelat, abu-abu, pink, biru
2

Santa Great IndustryFlyman Nathalie Kids

NKM 3190

Mulai dari Rp 139.900,00

JenisMiniset tanpa busa
BahanKatun spandeks
UkuranM, L, XL
WarnaPink, white, blue
1
JenisMiniset tanpa busa
BahanNilon spandeks
UkuranFree size (Lingkar dada 60 cm–90 cm)
WarnaCokelat kopi, biru, cokelat muda, abu tua, hitam, pink, fuschia, maroon

Tabel perbandingan produk miniset terbaik

Gambar produk
1
Vaya Miniset Seamless Art 1

Vaya

2
Santa Great Industry Flyman Nathalie Kids  1

Santa Great Industry

3
Sorex Miniset Polkadot Step 2 1

Sorex

4
Tally Miniset Tank Top  1

Tally

5
Lydyly Miniset Step 1 1

Lydyly

6
Scelta Step 1 Miniset 1

Scelta

7
Yuna by Yanu Miniset 1

Yuna by Yanu

8
Young Hearts Young Sport, Y-Back 1

Young Hearts

9
Ayura Miniset Rajut 1

Ayura

10
Wacoal Bloom Junior Bra Step 1 1

Wacoal

Nama produk

Miniset Seamless Art

Flyman Nathalie Kids

Miniset Polkadot Step 2

Miniset Tank Top

Miniset Step 1

Step 1 Miniset

Miniset

Young Sport, Y-Back

Miniset Rajut

Bloom Junior Bra Step 1

Keunggulan

Anak aktif berkegiatan di sekolah? Bukan masalah lagi!

Satu pak berisi tiga miniset dengan warna yang berbeda

Bentuknya pas, menyesuaikan pertumbuhan payudara remaja

Miniset tanktop dalam satu produk!

Desain simple dengan jahitan super rapi untuk mencegah gatal

Ukuran miniset lebih besar, anak lebih bebas bergerak

Desain dan motif tidak biasa, sangat eye-catching

Pelajaran olahraga makin asyik dengan miniset sport

Miniset rajut yang pas untuk cuaca dingin

Kualitas terbaik dari merek ternama

Harga mulai dariRp 22.500,00Rp 139.900,00Rp 23.500,00Rp 27.500,00Rp 35.200,00Rp 35.000,00Rp 29.000,00Rp 150.000,00Rp 18.000,00Rp 210.000,00
JenisMiniset tanpa busaMiniset tanpa busaMiniset busaKamisol busaMiniset tanpa busaMiniset busaMiniset busaMiniset tanpa busaMiniset tanpa busaMiniset tanpa busa
BahanNilon spandeksKatun spandeksTidak disebutkanKatunKatun likraKatunKatun poliesterKatunRajut premiumKatun
UkuranFree size (Lingkar dada 60 cm–90 cm)M, L, XL32/70, 34/75, 36/80S, M, LM, L, XLM, L, XLAll size (Panjang: ±26 cm・Lebar: ±28 cm)S, M, L, XLFree size (Lingkar dada: 60 cm・Panjang: 29 cm)S, M, L, LL
WarnaCokelat kopi, biru, cokelat muda, abu tua, hitam, pink, fuschia, maroonPink, white, blueCokelat, abu-abu, pink, biruCream, white, pinkPink, biruAbu-abu, biru, pink, unguPurple, red, cream, salmon, black, blueBlue, beigeCream, pink, abu-abuWhite, pink
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar miniset

Pertanyaan umum seputar miniset

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar miniset. Jika Anda masih penasaran dengan miniset, simak jawabannya di bawah ini!

Apa bedanya bra dengan miniset?

Miniset adalah training bra atau bra latihan yang digunakan saat payudara baru mulai tumbuh. Sementara itu, bra digunakan saat pertumbuhan payudara sudah terbentuk secara sempurna.

Baca juga rekomendasi pakaian dalam wanita lainnya di sini

Seiring bertambahnya usia anak, Anda juga perlu memperhatikan jenis pakaian dalam yang dikenakannya. Tak usah panik karena kami telah menyiapkan artikel tentang pakaian dalam terbaik seperti bra set, bralette, hingga celana dalam. Jika Anda membutuhkan rekomendasi produknya, silakan kunjungi artikel kami melalui link di bawah ini!

Kesimpulan

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel kami kali ini? Sudahkah Anda menemukan miniset yang pas untuk anak tercinta?


Dewasa ini, model dan desain miniset memang makin bervariasi. Namun, Anda tak boleh asal memilih model miniset tanpa persetujuan anak, ya. Hal tersebut justru bisa membuat anak menjadi enggan untuk memakai miniset. Selain itu, selalu pastikan ukuran dan bahannya nyaman untuk anak Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Celana Sunat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Celana Sunat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Celana sunat adalah celana dalam yang dilengkapi tempurung atau batok di bagian tengahnya. Tempurung tersebut berfungsi sebagai alat untuk melindungi luka sunat agar tidak bergesekan dengan kain. Alhasil, luka jadi cepat kering dan tak mengalami infeksi. Jika Anda sedang mencari celana sunat untuk anak atau anggota keluarga, bacalah artikel ini sampai selesai. Kami akan mengulas cara memilih celana sunat yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasi celana sunat terbaik dari berbagai merek, seperti OneMed, Q-TAN, dan Sakamed. Beberapa celana sunat bahkan memiliki desain yang bervariasi. Yuk, simak segera ulasannya.
    Pakaian dalam anak
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sekolah Warna Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Sekolah Warna Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat anak kembali bersekolah, sepatu menjadi barang penting yang wajib disiapkan. Banyak sekolah mewajibkan siswanya untuk memakai sepatu hitam, baik sepatu hitam polos maupun hitam bertali. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda menemukan sepatu sekolah warna hitam terbaik.Anda bisa mempertimbangkan beberapa merek sepatu sekolah yang bagus, seperti Converse, Piero, atau Homyped. Selain itu, kami juga akan memberi rekomendasi sepatu sekolah hitam kekinian untuk anak remaja. Langsung baca artikel di bawah ini, yuk!
    Sepatu anak
  • 10 Merk Tas Sekolah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tas Sekolah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tas sekolah haruslah nyaman dipakai dan memiliki tampilan menarik agar anak makin semangat ke sekolah. Namun, banyak sekali merek tas sekolah yang beredar di pasaran. Hal ini mungkin membingungkan Anda saat memilih tas sekolah untuk anak.Kali ini kami akan membantu Anda memilihkan tas sekolah terbaik untuk anak SD, SMP, dan SMA. Selain itu, kami akan berbagi rekomendasi produk dari merek tas sekolah yang bagus, seperti JanSport, Justice, dan Exsport. Anda akan menemukan produk yang awet, tahan air, dan aesthetic untuk anak laki-laki ataupun perempuan. Jadi, jangan lewatkan ulasan berikut!
    Tas anak
  • 10 Rekomendasi Anting Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anting Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Perhiasan yang pertama dipakai oleh bayi perempuan adalah anting. Kebanyakan orang tua mulai menindik telinga anak perempuannya dan memberinya anting semenjak masih bayi. Meskipun ada beragam bentuk yang lucu, mencari anting untuk bayi membutuhkan perhatian khusus.Saat mencari anting untuk buah hati, Anda akan menemukan anting dari berbagai merek dengan model bulat, toge, ataupun stud. Apabila bingung memilih anting yang bagus untuk dipakai bayi Anda, di artikel ini kami akan bagikan beberapa rekomendasinya. Anting bayi dari merek terkenal seperti Little Thing She Wear dan Collexion pun dapat Anda temukan. 
    Aksesori anak
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smartwatch Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Smartwatch anak memiliki berbagai keunggulan berkat fitur canggih yang dimilikinya. Ada produk dengan kamera yang memungkinkan untuk melakukan video call. Ada juga fitur GPS tracking yang bisa memantau lokasi anak secara real time. Tak hanya sebagai penanda waktu, jam tangan ini punya banyak fitur yang berfungsi tinggi.Anda dapat menemukan berbagai merek smartwatch anak yang bagus, seperti Fitbit, imoo, dan lainnya. Kami akan merekomendasikan dan mengulas produknya untuk Anda di artikel ini. Namun, sebelumnya kami akan menjelaskan cara memilih smartwatch anak terbaik. Yuk, scroll ke bawah untuk membahagiakan si kecil!
    Aksesori anak
  • 10 Rekomendasi Baju Pesta Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baju Pesta Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baju pesta untuk bayi laki-laki maupun perempuan cocok dikenakan pada acara spesial, seperti pesta pernikahan, hari raya, dan upacara adat. Namun, memilih baju pesta untuk bayi dan balita tentu tidak boleh asal. Apakah Anda masih kesulitan dalam menentukan pakaian bayi yang akan dikenakan?Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pakaian pesta bayi yang bagus dan rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Beberapa merk baju pesta bayi yang keren seperti Takoyakids, LITTLEOLALA, dan Adora Kids juga ada dalam rekomendasi, lho! Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak artikel di bawah ini!
    Pakaian anak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori