mybest
Dekorasi pesta

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perlengkapan pesta & hadiah
  3. Pesta & event
  4. 10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Memasang pohon Natal sudah menjadi tradisi bagi umat kristiani ketika menjelang Natal. Berbagai dekorasi akan dipasangkan supaya pohon Natal terlihat lebih cantik dan ruangan pun tampak lebih indah. Di sisi lain, keberadaan pohon Natal juga membuat momen kumpul keluarga terasa lebih hangat.


Ada banyak jenis pohon Natal yang bagus di pasaran. Nah, untuk membantu Anda memilih salah satunya, kami akan memberitahukan tips memilih pohon Natal terbaik. Setelah itu, kami akan merekomendasikan pohon Natal artifisial, pohon Natal asli, dan pohon Natal unik. Bahkan, pohon Natal merek Mikado juga ada. Mari disimak!

Diperbaharui 20/12/2023
Ervina Sari
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa makna pohon Natal bagi umat Nasrani?

Apa makna pohon Natal bagi umat Nasrani?

Pohon Natal yang menjadi ciri khas saat Natal memiliki makna khusus bagi umat Nasrani. Pohon Natal dipercaya menjadi lambang harapan dan kehidupan. Pohon Natal umumnya terbuat dari pohon cemara berbentuk segitiga sehingga dianggap juga melambangkan makna Allah Tritunggal.


Saat ini, tradisi lokal tersebut membaur dengan perayaan Natal yang terjadi saat musim dingin. Oleh sebab itu, pemasangan pohon cemara di setiap rumah saat Natal menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan. Tradisi ini pun menanamkan harapan bagi umat Nasrani akan kebahagiaan dalam memulai hidup yang baru


Tradisi lain yang biasa dilakukan adalah mendekorasi pohon Natal. Biasanya, hiasan pohon Natal berupa bintang, lampu kelap-kelip, lonceng, malaikat, dan kumpulan kado. Sekarang, penggunaan pohon cemara asli sebagai pohon Natal dapat digantikan dengan pohon Natal artifisial. Dengan begitu, pohon Natal dapat digunakan berkali-kali untuk Natal selanjutnya.

Cara memilih pohon Natal

Meski tampak sama, setiap produk memiliki karakteristiknya masing-masing. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut agar Anda tahu pohon Natal yang tepat untuk dipilih.

1

Tentukan jenis pohon Natal yang ingin dibeli

Pohon Natal artifisial merupakan jenis yang paling mudah ditemui. Namun, Anda bisa mempertimbangkan pohon Natal asli jika menginginkan suasana yang berbeda. Kami akan memberi tahu kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis pohon Natal tersebut. 

Pohon asli, memberikan suasana Natal yang lebih hidup

Pohon asli, memberikan suasana Natal yang lebih hidup

Pohon Natal asli biasanya berasal dari pohon hidup, seperti pohon cemara atau pohon pinus. Pohon Natal asli akan memberikan kesan alami serta memiliki aroma yang khas. Namun, Anda perlu merawatnya seperti tanaman lain yang ada di rumah.


Beberapa dari Anda mungkin lebih memilih pohon Natal asli yang sudah dipotong dari akarnya. Jika demikian, Anda harus memastikan pohon yang akan digunakan belum lama lepas dari akarnya. Anda juga harus memberikan asupan air secara berkala supaya kualitas pohon Natal asli selalu terjaga. Dengan begitu, pohon tersebut bisa menjadi dekorasi Natal selama satu hingga dua bulan.

Pohon artifisial, pilihan populer untuk penggunaan jangka panjang

Pohon artifisial, pilihan populer untuk penggunaan jangka panjang

Pohon Natal tipe ini merupakan tiruan dari pohon hidup. Namun, pohon buatan tangan ini justru menjadi tipe yang populer karena fleksibilitasnya. Perawatannya pun mudah karena pohon artifisial pada umumnya terbuat dari plastik. Selain itu, pohon Natal tipe ini bisa digunakan berkali-kali, lho!


Bila Anda berencana membeli pohon Natal artifisial, Anda sebaiknya memilih ukuran yang sesuai dengan ekspektasi sedari awal. Jadi, Anda tidak perlu upgrade ukuran pohon jika ingin memiliki pohon yang lebih besar pada perayaan Natal berikutnya.


Di bawah ini, kami juga telah menyiapkan rekomendasi hiasan pohon Natal dan dekorasi Natal untuk menghiasi rumah. Simak untuk melengkapi persiapan Natal di kediaman Anda, ya!

2

Pilihlah ukuran yang sesuai dengan ruangan

Bentuk ruangan dan area penempatan akan memengaruhi pilihan pohon Natal Anda. Karena itu, sebelum membeli pohon Natal, Anda sebaiknya memperkirakan area yang akan digunakan untuk menyimpan pohon Natal terlebih dahulu.

Ukuran kecil, cocok dipasang di atas meja

Ukuran kecil, cocok dipasang di atas meja

Anda memiliki ruangan terbatas? Pohon Natal ukuran kecil adalah pilihan tepat. Pohon Natal kecil biasanya berukuran sekitar 20–80 cm (sudah termasuk dudukan). Ukuran pohon Natal yang kecil memungkinkan Anda meletakkannya di atas meja, nakas, atau drawer.


Kalau Anda ingin menyimpan pohon Natal di meja kerja, pilih pohon Natal berukuran 20 cm supaya tak mengganggu aktivitas. Sementara itu, pohon Natal ukuran 50–80 cm cocok untuk diletakkan di sudut ruangan.

Ukuran sedang, pas untuk ruangan dengan langit-langit rendah

Ukuran sedang, pas untuk ruangan dengan langit-langit rendah

Untuk rumah dengan langit-langit rendah, Anda dapat memilih pohon Natal ukuran sedang (sekitar 1–1,5 meter). Dengan begitu, tetap ada jarak antara ujung pohon dengan langit-langit.


Supaya pohon Natal tidak tampak berlebihan, Anda bisa memasang aksesori kecil dan mengombinasikannya dengan lampu hias. Setelah itu, simpanlah pohon Natal di sudut ruangan. Area tersebut pasti terlihat lebih cantik.

Ukuran besar, bisa dijadikan dekorasi di ruangan yang luas

Ukuran besar, bisa dijadikan dekorasi di ruangan yang luas

Berbeda halnya jika Anda memiliki ruangan yang besar dengan langit-langit yang tinggi. Anda bisa memilih pohon Natal ukuran besar atau di atas 2 meter. Pohon Natal besar juga bisa digunakan untuk memperindah aula dan gedung pertemuan. 


Anda bisa memasang dekorasi yang berukuran sedang supaya pohon Natal terlihat meriah. Sesudah itu, letakkanlah beberapa kotak kado di bawahnya supaya perayaan Natal Anda makin berkesan.

3

Periksa struktur pohon Natal

Periksa struktur pohon Natal

Setiap pohon Natal memiliki struktur yang berbeda. Pohon Natal asli pada umumnya memiliki dahan dan ranting. Pohon yang memiliki ranting memungkinkan Anda untuk memasang banyak ornamen


Bila Anda berencana memasang ornamen minimalis pada pohon Natal, produk dengan struktur tanpa ranting sudah cukup. Tipe ini umumnya dijumpai di pohon artifisial. Tenang saja! Pohon Natal akan tetap terlihat meriah ketika setiap dahannya dipasangi ornamen.


Beberapa dari Anda mungkin berencana memberikan tampilan minimalis pada pohon yang rimbun. Sebenarnya, hal tersebut tidak salah, tetapi pohon Natal akan terlihat kurang maksimal karena banyak area yang kosong. Jadi, periksa lebih dahulu struktur pohon untuk menyesuaikannya dengan gaya dekorasi Anda, ya!

4

Perhatikan bahan dudukannya

Perhatikan bahan dudukannya

Umumnya pohon artifisial sudah dilengkapi dudukan untuk membuat pohon berdiri tegak. Namun, apabila Anda memilih pohon asli, memberikan dudukan sendiri perlu dimasukkan ke dalam agenda.


  • Dudukan plastik biasanya dijumpai pada pohon Natal berukuran di bawah 1 meter. Bahan plastik sudah cukup untuk menopang pohon Natal dalam ukuran tersebut karena bobotnya ringan.

  • Dudukan logam lebih sering digunakan untuk pohon Natal dengan tinggi 1 meter ke atas. Pohon Natal dengan ukuran tersebut mempunyai bobot yang cukup berat, apalagi saat ditambahkan ornamen. Anda sebaiknya memastikan dudukan dilengkapi karet pada alas kaki-kakinya supaya tidak merusak lantai. 

Nah, untuk pohon asli, pastikan dudukan memiliki ruang untuk menyimpan air. Jika ingin memastikan pohon tetap berdiri tegak, Anda bisa mengaitkan pohon ke dudukan dengan baut.
5

Sesuaikan warnanya dengan latar belakang ruangan

Sesuaikan warnanya dengan latar belakang ruangan

Hijau adalah warna dasar yang paling mudah dijumpai pada pohon Natal. Warna hijau sendiri memiliki tingkat yang berbeda-beda mulai dari hijau gelap hingga hijau terang. Selain itu, warna lain juga bisa Anda temukan, misalnya kuning, emas, dan putih. Variasi warna tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menyesuaikan pohon dengan latar ruangan Anda.


Jika pohon diletakkan di ruangan terang, warna hijau dapat menyatu dengan baik. Akan tetapi, apabila area yang tersedia memiliki latar gelap, Anda bisa memilih pohon Natal berwarna putih. Warna ini juga akan berpadu dengan baik ketika Anda ingin meletakkan pohon di sudut ruangan yang minim cahaya.

6

Pertimbangkan produk yang bisa dilipat agar mudah disimpan

Pertimbangkan produk yang bisa dilipat agar mudah disimpan

Pohon Natal tidak akan berdiri sepanjang tahun. Karena itu, Anda sebaiknya memilih pohon Natal yang dapat dilipat agar memudahkan Anda ketika menyimpannya. Anda pun dapat mempertimbangkan pohon Natal yang dapat dibongkar agar bisa disimpan dan dipakai lagi. Tentu saja fungsi ini hanya dijumpai pada pohon artifisial.


Pastikan Anda selalu memasukkan kembali pohon Natal ke dalam kemasannya sebelum disimpan di gudang. Hal ini bertujuan untuk melindungi pohon dari debu dan mencegah serangga bersarang di dalamnya. Tambahan lagi, akan lebih aman apabila Anda melapisi pohon dengan plastik sebelum menyimpannya lagi ke dalam kemasan

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Pohon Natal Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Pohon Natal terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber (diperbarui tanggal 20 Desember 2023).
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Pohon Cemara Kipas

 Pohon Cemara Kipas 1

Rp15.000

Lebih Murah

Aromanya calming, mampu membantu Anda menenangkan diri

2

Satu Keluarga

Pohon Natal 120 cm4F C208

Satu Keluarga  Pohon Natal 120 cm 1

Rp110.000

Menengah

Model jarum halus pada tandan beri kesan unik

3

Bibit Cemara Pentris - Cemara Norfolk

 Bibit Cemara Pentris - Cemara Norfolk 1

Rp22.500

Agak Murah

Struktur daunnya melebar, jadi lebih mudah saat mendekorasi

4

Mikado Giftshop

Pohon Natal / Christmas Tree 30cm,60cm,90cm

Mikado Giftshop Pohon Natal / Christmas Tree 30cm,60cm,90cm 1

Rp69.000

Menengah

Terbuat dari bahan PVC dan PET, lebih awet!

5

Mikado Giftshop

Pohon Natal Meja Dekorasi Berry

Mikado Giftshop Pohon Natal Meja Dekorasi Berry 1

Rp99.000

Menengah

Pohon Natal mungil untuk dekorasi meja

6

Pohon Natal Pink

 Pohon Natal Pink 1

Rp200.000

Menengah

Ingin ganti suasana? Coba pohon Natal warna pink!

7

Mikado Giftshop

Pohon Natal Snow Flake

Mikado Giftshop Pohon Natal Snow Flake 1

Rp825.000

Agak Mahal

Hadirkan suasana khas negara empat musim di rumah Anda

8

Poi Poi

Pohon Natal Lampu RGB Mini

Poi Poi Pohon Natal Lampu RGB Mini 1

Rp29.495

Agak Murah

Meriahkan momen Natal dengan kelap-kelip pohon Natal

9

Isiruma

Hiasan Natal Pohon Natal Kayu

Isiruma Hiasan Natal Pohon Natal Kayu 1

Rp429.000

Agak Mahal

Berbahan kayu jati asli dan didesain dengan artistik

10

Satu keluarga

Pohon Natal 210 cmC815

Satu keluarga  Pohon Natal 210 cm 1

Rp959.000

Agak Mahal

Pohon Natal artifisial yang tingginya serupa pohon asli

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Pohon Cemara Kipas

Pohon Cemara Kipas 1
Sumber: shopee.co.id
Pohon Cemara Kipas 2
Sumber: shopee.co.id
Pohon Cemara Kipas 3
Sumber: shopee.co.id
Pohon Cemara Kipas 4
Sumber: shopee.co.id
Pohon Cemara Kipas 5
Sumber: blibli.com
Harga referensi
Rp15.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp15.000
Lebih Murah

Aromanya calming, mampu membantu Anda menenangkan diri

Pohon cemara kipas tidak hanya bisa dijadikan pohon Natal, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang bisa Anda rasakan adalah aroma khas pohon cemara yang dapat memberikan ketenangan. Dengan begitu, suasana Natal pun jadi makin hangat dan menyenangkan. Produk ini tepat dipilih untuk Anda yang menyukai wewangian atau aromatherapy.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Satu Keluarga Pohon Natal 120 cm4F C208

Harga referensi
Rp110.000
Menengah

Model jarum halus pada tandan beri kesan unik

Apabila Anda mencari pohon Natal dengan desain yang tidak itu-itu saja, beralihlah ke produk ini. Model daunnya berbentuk jarum halus berikan kesan berbeda dan menarik dipandang. Dari segi ukuran, pohon Natal ini tidak terlalu besar ataupun kecil. Hal itu membuatnya cocok untuk Anda yang memiliki ruangan dengan luas terbatas.
No.3

Bibit Cemara Pentris - Cemara Norfolk

Harga referensi
Rp22.500
Agak Murah

Struktur daunnya melebar, jadi lebih mudah saat mendekorasi

Tak semua pohon cemara bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi Natal. Namun, tanaman yang satu ini bisa digunakan sebagai pohon Natal karena struktur dahannya yang melebar. Hal tersebut akan memudahkan Anda mengaitkan dan menggantungkan ornamen.


Kreasikan pohon Natal ini dengan hiasan sederhana supaya tampak indah. Kalau Anda membutuhkan pohon asli untuk dekorasi Natal, segera masukkan produk ini ke dalam wish list Anda!

No.4

Mikado GiftshopPohon Natal / Christmas Tree 30cm,60cm,90cm

Harga referensi
Rp69.000
Menengah

Terbuat dari bahan PVC dan PET, lebih awet!

Pohon Natal yang satu ini terbuat dari dua varian material, yakni PVC dan PET. Material PVC merupakan bahan yang tahan api dan air, serta warnanya tidak mudah pudar. Sementara itu, bahan PET adalah material yang tidak mudah patah. Dengan demikian, pohon Natal artifisial ini akan lebih awet sebagai pajangan meja. Selain itu, produk ini juga bisa disimpan dengan ringkas karena desainnya bisa dibongkar pasang. Praktis sekali, bukan?

No.5

Mikado GiftshopPohon Natal Meja Dekorasi Berry

Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Pohon Natal mungil untuk dekorasi meja

Jika Anda mencari hiasan Natal untuk meja kerja atau rak pajangan di rumah, Anda bisa memilih produk ini. Berkat ukurannya yang mungil, produk ini cukup versatile ditaruh di area yang tidak terlalu luas. 


Anda bahkan bisa menaruhnya sebagai hiasan di atas meja makan atau sebagai party table decor, lho. Terlebih lagi, bentuknya sangat cantik dan menarik dengan aksen warna merah, hijau, dan warna kayu.

No.6

Pohon Natal Pink

Harga referensi
Rp200.000
Menengah

Ingin ganti suasana? Coba pohon Natal warna pink!

Pertimbangkanlah produk ini jika Anda menginginkan pohon Natal yang berbeda dari biasanya. Seluruh bagian pohon Natal ini berwarna pink, termasuk dudukannya. Agar terlihat elegan, Anda dapat menghiasinya dengan ornamen berwarna silver, emas, atau turunan warna pink lainnya. Bersihkan juga secara berkala supaya tidak ada debu yang menempel di permukaan pohon, ya!

No.7

Mikado GiftshopPohon Natal Snow Flake

Pohon Natal Snow Flake 1
Sumber: shopee.co.id
Pohon Natal Snow Flake 2
Sumber: shopee.co.id
Pohon Natal Snow Flake 3
Sumber: shopee.co.id
Pohon Natal Snow Flake 4
Sumber: shopee.co.id
Pohon Natal Snow Flake 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp825.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp825.000
Agak Mahal

Hadirkan suasana khas negara empat musim di rumah Anda

Pohon Natal Snow Flake merupakan imitasi dari pohon cemara. Apabila Anda ingin menghadirkan suasana Natal khas negara empat musim, produk ini pas untuk Anda. Hiasan berwarna putih pada ujung daunnya tampak seperti butiran salju yang jatuh di atas daun. 


Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi memberikan ornamen warna putih. Namun, jika Anda menginginkan tema pohon Natal yang lebih semarak, Anda bisa memasang hiasan tambahan lainnya.

No.8

Poi PoiPohon Natal Lampu RGB Mini

Harga referensi
Rp29.495
Agak Murah

Meriahkan momen Natal dengan kelap-kelip pohon Natal

Hiasan pohon Natal berikut ini sangat menarik dengan adanya tambahan lampu RGB mini. Begitu dinyalakan, benda ini akan memancarkan cahaya warna-warni sehingga makin menyemarakkan momen Natal Anda. Ukurannya tergolong mini, yakni sekitar 17 cm saja. Harganya pun cukup terjangkau sehingga bisa Anda pertimbangkan untuk dijadikan suvenir Natal yang unik bagi kerabat Anda.

No.9

IsirumaHiasan Natal Pohon Natal Kayu

Hiasan Natal Pohon Natal Kayu 1
Sumber: shopee.co.id
Hiasan Natal Pohon Natal Kayu 2
Sumber: shopee.co.id
Hiasan Natal Pohon Natal Kayu 3
Sumber: shopee.co.id
Hiasan Natal Pohon Natal Kayu 4
Sumber: shopee.co.id
Hiasan Natal Pohon Natal Kayu 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp429.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp429.000
Agak Mahal

Berbahan kayu jati asli dan didesain dengan artistik

Jika Anda bosan dengan hiasan pohon Natal yang mainstream, Anda bisa melirik produk yang satu ini. Isiruma memilik pohon Natal berbahan kayu jati solid pada keseluruhan desainnya. Lain daripada yang lain, desain pohon Natal ini pun memiliki struktur kayu yang tidak beraturan, tetapi terlihat sangat artistik. Berkat aksen serta material kayu solid tersebut, hiasan ini menciptakan nuansa yang lebih warm

No.10

Satu keluarga Pohon Natal 210 cmC815

Harga referensi
Rp959.000
Agak Mahal

Pohon Natal artifisial yang tingginya serupa pohon asli

Apakah Anda mencari pohon Natal yang tingginya mirip dengan pohon asli? Jika demikian, pilih produk pohon Natal yang satu ini! Memiliki tinggi mencapai 210 cm, pohon Natal artifisial ini bisa menjadi center of attention dari perayaan Natal Anda. 


Produk ini dikirim dengan cara dilipat (menguncup) sehingga dimensinya tidak terlalu lebar. Anda hanya perlu merakitnya dan membuatnya mekar layaknya pohon Natal betulan. Selanjutnya, jangan lupa untuk menghiasnya dengan berbagai ornamen Natal andalan Anda, ya!

5 Rekomendasi Pohon Natal terbaik

No. 1: Pohon Cemara Kipas

No. 2: Satu Keluarga Pohon Natal 120 cm4F C208

No. 3: Bibit Cemara Pentris - Cemara Norfolk

No. 4: Mikado GiftshopPohon Natal / Christmas Tree 30cm,60cm,90cm

No. 5: Mikado GiftshopPohon Natal Meja Dekorasi Berry

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perlengkapan pesta & hadiah
  3. Pesta & event
  4. 10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.