1. TOP
  2. >
  3. Perlengkapan pesta & hadiah
  4. >
  5. Pesta & event
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Pohon Natal Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Memasang pohon Natal sudah menjadi tradisi bagi umat kristiani ketika menjelang Natal. Berbagai dekorasi akan dipasangkan supaya pohon Natal terlihat lebih cantik dan ruangan pun tampak lebih indah. Di sisi lain, keberadaan pohon Natal juga membuat momen kumpul keluarga terasa lebih hangat.


Ada banyak jenis pohon Natal yang bagus di pasaran. Nah, untuk membantu Anda memilih salah satunya, kami akan memberitahukan tips memilih pohon Natal terbaik. Setelah itu, kami akan merekomendasikan pohon Natal artifisial, pohon Natal asli, dan pohon Natal unik. Bahkan, pohon Natal merek IKEA juga ada. Mari disimak!

Diperbaharui 12-05-2022
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa makna pohon Natal bagi umat Nasrani?

Apa makna pohon Natal bagi umat Nasrani?

Pohon Natal yang menjadi ciri khas saat Natal memiliki makna khusus bagi umat Nasrani. Pohon Natal dipercaya menjadi lambang harapan dan kehidupan. Pohon Natal umumnya terbuat dari pohon cemara berbentuk segitiga sehingga dianggap juga melambangkan makna Allah Tritunggal.


Saat ini, tradisi lokal tersebut membaur dengan perayaan Natal yang terjadi saat musim dingin. Oleh sebab itu, pemasangan pohon cemara di setiap rumah saat Natal menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan. Tradisi ini pun menanamkan harapan bagi umat Nasrani akan kebahagiaan dalam memulai hidup yang baru


Tradisi lain yang biasa dilakukan adalah mendekorasi pohon Natal. Biasanya, hiasan pohon Natal berupa bintang, lampu kelap-kelip, lonceng, malaikat, dan kumpulan kado. Sekarang, penggunaan pohon cemara asli sebagai pohon Natal dapat digantikan dengan pohon Natal artifisial. Dengan begitu, pohon Natal dapat digunakan berkali-kali untuk Natal selanjutnya.

Cara memilih pohon Natal

Meski tampak sama, setiap produk memiliki karakteristiknya masing-masing. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut agar Anda tahu pohon Natal yang tepat untuk dipilih.

① Tentukan jenis pohon Natal yang ingin dibeli

Pohon Natal artifisial merupakan jenis yang paling mudah ditemui. Namun, Anda bisa mempertimbangkan pohon Natal asli jika menginginkan suasana yang berbeda. Kami akan memberi tahu kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis pohon Natal tersebut. 

Pohon asli, memberikan suasana Natal yang lebih hidup

Pohon asli, memberikan suasana Natal yang lebih hidup

Pohon Natal asli biasanya berasal dari pohon hidup, seperti pohon cemara atau pohon pinus. Pohon Natal asli akan memberikan kesan alami serta memiliki aroma yang khas. Namun, Anda perlu merawatnya seperti tanaman lain yang ada di rumah.


Beberapa dari Anda mungkin lebih memilih pohon Natal asli yang sudah dipotong dari akarnya. Jika demikian, Anda harus memastikan pohon yang akan digunakan belum lama lepas dari akarnya. Anda juga harus memberikan asupan air secara berkala supaya kualitas pohon Natal asli selalu terjaga. Dengan begitu, pohon tersebut bisa menjadi dekorasi Natal selama satu hingga dua bulan.

Pohon artifisial, pilihan populer untuk penggunaan jangka panjang

Pohon artifisial, pilihan populer untuk penggunaan jangka panjang

Pohon Natal tipe ini merupakan tiruan dari pohon hidup. Namun, pohon buatan tangan ini justru menjadi tipe yang populer karena fleksibilitasnya. Perawatannya pun mudah karena pohon artifisial pada umumnya terbuat dari plastik. Selain itu, pohon Natal tipe ini bisa digunakan berkali-kali, lho!


Bila Anda berencana membeli pohon Natal artifisial, Anda sebaiknya memilih ukuran yang sesuai dengan ekspektasi sedari awal. Jadi, Anda tidak perlu upgrade ukuran pohon jika ingin memiliki pohon yang lebih besar pada perayaan Natal berikutnya.


Di bawah ini, kami juga telah menyiapkan rekomendasi hiasan pohon Natal dan dekorasi Natal untuk menghiasi rumah. Simak untuk melengkapi persiapan Natal di kediaman Anda, ya!

② Pilihlah ukuran yang sesuai dengan ruangan

Bentuk ruangan dan area penempatan akan memengaruhi pilihan pohon Natal Anda. Karena itu, sebelum membeli pohon Natal, Anda sebaiknya memperkirakan area yang akan digunakan untuk menyimpan pohon Natal terlebih dahulu.

Ukuran kecil, cocok dipasang di atas meja

Ukuran kecil, cocok dipasang di atas meja

Anda memiliki ruangan terbatas? Pohon Natal ukuran kecil adalah pilihan tepat. Pohon Natal kecil biasanya berukuran sekitar 20–80 cm (sudah termasuk dudukan). Ukuran pohon Natal yang kecil memungkinkan Anda meletakkannya di atas meja, nakas, atau drawer.


Kalau Anda ingin menyimpan pohon Natal di meja kerja, pilih pohon Natal berukuran 20 cm supaya tak mengganggu aktivitas. Sementara itu, pohon Natal ukuran 50–80 cm cocok untuk diletakkan di sudut ruangan.

Ukuran sedang, pas untuk ruangan dengan langit-langit rendah

Ukuran sedang, pas untuk ruangan dengan langit-langit rendah

Untuk rumah dengan langit-langit rendah, Anda dapat memilih pohon Natal ukuran sedang (sekitar 1–1,5 meter). Dengan begitu, tetap ada jarak antara ujung pohon dengan langit-langit.


Supaya pohon Natal tidak tampak berlebihan, Anda bisa memasang aksesori kecil dan mengombinasikannya dengan lampu hias. Setelah itu, simpanlah pohon Natal di sudut ruangan. Area tersebut pasti terlihat lebih cantik.

Ukuran besar, bisa dijadikan dekorasi di ruangan yang luas

Ukuran besar, bisa dijadikan dekorasi di ruangan yang luas

Berbeda halnya jika Anda memiliki ruangan yang besar dengan langit-langit yang tinggi. Anda bisa memilih pohon Natal ukuran besar atau di atas 2 meter. Pohon Natal besar juga bisa digunakan untuk memperindah aula dan gedung pertemuan. 


Anda bisa memasang dekorasi yang berukuran sedang supaya pohon Natal terlihat meriah. Sesudah itu, letakkanlah beberapa kotak kado di bawahnya supaya perayaan Natal Anda makin berkesan.

③ Periksa struktur pohon Natal

Periksa struktur pohon Natal

Setiap pohon Natal memiliki struktur yang berbeda. Pohon Natal asli pada umumnya memiliki dahan dan ranting. Pohon yang memiliki ranting memungkinkan Anda untuk memasang banyak ornamen


Bila Anda berencana memasang ornamen minimalis pada pohon Natal, produk dengan struktur tanpa ranting sudah cukup. Tipe ini umumnya dijumpai di pohon artifisial. Tenang saja! Pohon Natal akan tetap terlihat meriah ketika setiap dahannya dipasangi ornamen.


Beberapa dari Anda mungkin berencana memberikan tampilan minimalis pada pohon yang rimbun. Sebenarnya, hal tersebut tidak salah, tetapi pohon Natal akan terlihat kurang maksimal karena banyak area yang kosong. Jadi, periksa lebih dahulu struktur pohon untuk menyesuaikannya dengan gaya dekorasi Anda, ya!

④ Perhatikan bahan dudukannya

Perhatikan bahan dudukannya

Umumnya pohon artifisial sudah dilengkapi dudukan untuk membuat pohon berdiri tegak. Namun, apabila Anda memilih pohon asli, memberikan dudukan sendiri perlu dimasukkan ke dalam agenda.


  • Dudukan plastik biasanya dijumpai pada pohon Natal berukuran di bawah 1 meter. Bahan plastik sudah cukup untuk menopang pohon Natal dalam ukuran tersebut karena bobotnya ringan.

  • Dudukan logam lebih sering digunakan untuk pohon Natal dengan tinggi 1 meter ke atas. Pohon Natal dengan ukuran tersebut mempunyai bobot yang cukup berat, apalagi saat ditambahkan ornamen. Anda sebaiknya memastikan dudukan dilengkapi karet pada alas kaki-kakinya supaya tidak merusak lantai. 

Nah, untuk pohon asli, pastikan dudukan memiliki ruang untuk menyimpan air. Jika ingin memastikan pohon tetap berdiri tegak, Anda bisa mengaitkan pohon ke dudukan dengan baut.

⑤ Sesuaikan warnanya dengan latar belakang ruangan

Sesuaikan warnanya dengan latar belakang ruangan

Hijau adalah warna dasar yang paling mudah dijumpai pada pohon Natal. Warna hijau sendiri memiliki tingkat yang berbeda-beda mulai dari hijau gelap hingga hijau terang. Selain itu, warna lain juga bisa Anda temukan, misalnya kuning, emas, dan putih. Variasi warna tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menyesuaikan pohon dengan latar ruangan Anda.


Jika pohon diletakkan di ruangan terang, warna hijau dapat menyatu dengan baik. Akan tetapi, apabila area yang tersedia memiliki latar gelap, Anda bisa memilih pohon Natal berwarna putih. Warna ini juga akan berpadu dengan baik ketika Anda ingin meletakkan pohon di sudut ruangan yang minim cahaya.

⑥ Pertimbangkan produk yang bisa dilipat agar mudah disimpan

Pertimbangkan produk yang bisa dilipat agar mudah disimpan

Pohon Natal tidak akan berdiri sepanjang tahun. Karena itu, Anda sebaiknya memilih pohon Natal yang dapat dilipat agar memudahkan Anda ketika menyimpannya. Anda pun dapat mempertimbangkan pohon Natal yang dapat dibongkar agar bisa disimpan dan dipakai lagi. Tentu saja fungsi ini hanya dijumpai pada pohon artifisial.


Pastikan Anda selalu memasukkan kembali pohon Natal ke dalam kemasannya sebelum disimpan di gudang. Hal ini bertujuan untuk melindungi pohon dari debu dan mencegah serangga bersarang di dalamnya. Tambahan lagi, akan lebih aman apabila Anda melapisi pohon dengan plastik sebelum menyimpannya lagi ke dalam kemasan

10 Rekomendasi pohon Natal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pohon Natal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pohon Natal Pink

 Pohon Natal Pink 1枚目

Ingin ganti suasana? Coba pohon Natal warna pink!

2

Pohon Natal Emas

 Pohon Natal Emas 1枚目

Tetap berdiri tegak meski diberikan ornamen yang padat

3

Bibit Cemara Pentris - Cemara Norfolk

 Bibit Cemara Pentris - Cemara Norfolk 1枚目

Struktur daunnya melebar, jadi lebih mudah saat mendekorasi

4

Pohon Cemara Kipas

 Pohon Cemara Kipas 1枚目

Aromanya calming, mampu membantu Anda menenangkan diri

5

Kunataruma

Decorative Artificial Plant

Kunataruma Decorative Artificial Plant 1枚目

Bisa dijadikan hampers, bagikan kehangatan Natal melalui pohon Natal yang imut

6

Pohon Natal Meja

 Pohon Natal Meja 1枚目

Mudah dipasang dan diletakkan di mana saja

7

Pohon Natal Snow Flake

 Pohon Natal Snow Flake 1枚目

Hadirkan suasana khas negara empat musim di rumah Anda

8

Satu Keluarga Pohon Natal

 Satu Keluarga Pohon Natal 1枚目

Model jarum halus pada tandan beri kesan unik

9

IKEA

Vinterfint

IKEA Vinterfint 1枚目

Mirip tanaman asli berkat dudukan berbentuk pot

10

Pohon Natal Jarum Emas Pinus Cherry

 Pohon Natal Jarum Emas Pinus Cherry 1枚目

Sudah dilengkapi dekorasi pinus dan ceri, praktis dan manis!

Perincian produk
Close
No.1

Ingin ganti suasana? Coba pohon Natal warna pink!

Kelebihan:

  • Warna pink memberikan suasana yang berbeda dari pohon Natal pada umumnya

Kekurangan:

  • Warna pink tidak netral sehingga diperlukan dekorasi yang sesuai dengan ruangan

Pertimbangkanlah produk ini jika Anda menginginkan pohon Natal yang berbeda dari biasanya. Seluruh bagian pohon Natal ini berwarna pink, termasuk dudukannya. Agar terlihat elegan, Anda dapat menghiasinya dengan ornamen berwarna silver, emas, atau turunan warna pink lainnya. Bersihkan juga secara berkala supaya tidak ada debu yang menempel di permukaan pohon, ya!

No.2

Tetap berdiri tegak meski diberikan ornamen yang padat

Kelebihan:

  • Cocok untuk ruangan yang luas
  • Dapat dihias dengan banyak ornamen tanpa takut roboh

Kekurangan:

  • Membutuhkan ruangan yang luas untuk meletakkan pohon


Pohon ini dapat dihiasi dengan banyak ornamen karena struktur daunnya yang rimbun. Anda juga tidak perlu khawatir pohon akan roboh ketika diberikan banyak ornamen karena dudukannya terbuat dari besi yang kokoh. Jika Anda ingin mendekorasi ruangan yang luas, pohon Natal ini bisa menjadi salah satu opsinya.

No.3

Bibit Cemara Pentris - Cemara Norfolk

Mulai dari Rp22.500,00

Struktur daunnya melebar, jadi lebih mudah saat mendekorasi

Kelebihan:

  • Struktur dahannya melebar, memudahkan Anda mengaitkan dan menggantungkan ornamen

Kekurangan:

  • Merupakan cemara asli, tidak bisa digunakan berulang kali
  • Memerlukan perawatan khusus agar pohon tetap awet

Tak semua pohon cemara bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi Natal. Namun, tanaman yang satu ini bisa digunakan sebagai pohon Natal karena struktur dahannya yang melebar. Hal tersebut akan memudahkan Anda mengaitkan dan menggantungkan ornamen.


Kreasikan pohon Natal ini dengan hiasan sederhana supaya tampak indah. Kalau Anda membutuhkan pohon asli untuk dekorasi Natal, segera masukkan produk ini ke dalam wish list Anda!

No.4

Aromanya calming, mampu membantu Anda menenangkan diri

Kelebihan:

  • Aroma khas cemara mampu memberikan ketenangan dan meredakan stres

Kekurangan:

  • Pohon asli sehingga memerlukan perawatan khusus

Pohon cemara kipas tidak hanya bisa dijadikan pohon Natal, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang bisa Anda rasakan adalah aroma khas pohon cemara yang dapat memberikan ketenangan. Dengan begitu, suasana Natal pun jadi makin hangat dan menyenangkan. Produk ini tepat dipilih untuk Anda yang menyukai wewangian atau aromatherapy. 

No.5

KunatarumaDecorative Artificial Plant

Mulai dari Rp50.000,00

Bisa dijadikan hampers, bagikan kehangatan Natal melalui pohon Natal yang imut

Kelebihan:
  • Sudah dilengkapi ornamen yang membuatnya tampak cantik dan menggemaskan

Kekurangan:

  • Karena ukurannya kecil, hanya sedikit hiasan yang bisa dipajang

Jika Anda sedang kebingungan ingin memberikan hamper saat Natal, produk ini bisa Anda pertimbangkan, lho! Pohon Natal ini tampak menggemaskan dijadikan hiasan di pojok meja. Dengan begitu, kerabat atau sanak keluarga yang menerima pun dapat merasakan kehangatan Natal setiap melihatnya. 


Produk ini menawarkan macam-macam pohon Natal yang bisa Anda tentukan warna ornamennya. Pilih saja warna favorit yang ingin Anda miliki, yakni warna merah, ungu, ataupun gold

No.6

Mudah dipasang dan diletakkan di mana saja

Kelebihan:

  • Proses pemasangan produk sangat mudah
  • Dapat diletakkan di mana saja

Kekurangan:

  • Tidak disarankan untuk menaruh dekorasi terlalu banyak agar tidak mudah roboh

Liriklah produk ini jika Anda menginginkan pohon Natal yang fleksibel diletakkan di mana saja. Bahan pohon Natal ini adalah PVC (polyvinyl chloride) sehingga sangat ringan. Nah, supaya tidak mudah roboh, pohon ini sebaiknya hanya dihiasi dengan dekorasi sederhana. Tambahan lagi, proses pemasangan produk ini juga sangat mudah. Anda tinggal mengatur posisi tangkai-tangkainya untuk dihias.

No.7

Pohon Natal Snow Flake

Mulai dari Rp1.574.000,00

Hadirkan suasana khas negara empat musim di rumah Anda

Kelebihan:

  • Desainnya seolah dilapisi dengan butiran salju sehingga Anda tidak perlu menambahkan ornamen warna putih

Kekurangan:

  • Membutuhkan area yang cukup luas untuk meletakkan pohon

Pohon Natal Snow Flake merupakan imitasi dari pohon cemara. Apabila Anda ingin menghadirkan suasana Natal khas negara empat musim, produk ini pas untuk Anda. Hiasan berwarna putih pada daunnya tampak seperti butiran salju yang jatuh di atas daun. 


Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi memberikan ornamen warna putih. Namun, jika Anda menginginkan tema pohon Natal dengan salju tebal, Anda bisa memasang hiasan tambahan berwarna putih.

No.8

Satu Keluarga Pohon Natal4F C208

Mulai dari Rp199.999,00

Model jarum halus pada tandan beri kesan unik

Kelebihan:
  • Memiliki model jarum halus yang memberikan kesan unik
  • Tersedia tiga pilihan model, yaitu polos, dilengkapi ornamen pita atau buah

Kekurangan:

  • Tidak dapat banyak menggantung ornamen yang berat karena bobot pohon cukup ringan

Apabila Anda mencari pohon Natal dengan desain yang tidak itu-itu saja, beralihlah ke produk ini. Model daunnya berbentuk jarum halus berikan kesan berbeda dan menarik dipandang. Dari segi ukuran, pohon Natal ini tidak terlalu besar ataupun kecil. Hal itu membuatnya cocok untuk Anda yang memiliki ruangan dengan luas terbatas.

No.9

Mirip tanaman asli berkat dudukan berbentuk pot

Kelebihan:

  • Tampilannya tampak seperti pohon Natal asli karena dilengkapi dudukan pot
  • Cocok dijadikan pajangan di atas meja

Kekurangan:

  • Ornamen yang dapat dipasang terbatas karena ukurannya kecil 

Umumnya pohon Natal artifisial menggunakan dudukan berbentuk kaki-kaki. Akan tetapi, pohon Natal dari IKEA ini dilengkapi dengan dudukan berbentuk pot. Pohon Natal artifisial ini akan membuat Anda seolah-olah menanam pohon sendiri untuk dipersiapkan sebagai dekorasi Natal!


Tampilannya yang sederhana memungkinkan Anda untuk menghiasi pohon Natal praktis ini dengan sedikit ornamen. Sementara itu, desain dan ukurannya membuat pohon ini sempurna dijadikan dekorasi di atas meja.

No.10

Pohon Natal Jarum Emas Pinus Cherry

Mulai dari Rp295.000,00

Sudah dilengkapi dekorasi pinus dan ceri, praktis dan manis!

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi ornamen berupa buah pinus kering dan ceri

Kekurangan:

  • Dudukan terbuat dari plastik sehingga kurang kokoh

Anda tidak perlu repot-repot lagi menambah dekorasi jika memilih pohon Natal ini. Ya, produk ini sudah dilengkapi dengan ornamen buah pinus kering dan ceri. Kedua ornamen bawaan tersebut sudah sempurna dengan warna daun yang memiliki aksen emas.


Apabila Anda ingin memberikan kesan meriah pada pohon, Anda bisa melengkapinya dengan lampu hias satu warna. Lampu berwarna kuning akan menyatu dengan warna pohon. Anda juga bisa memberikan sentuhan akhir berupa pita merah di pucuknya.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk perayaan Natal di sini

Pohon Natal dan dekorasinya akan membuat perayaan Natal makin meriah. Namun, jangan lupakan kado Natal yang bisa Anda bagikan untuk anggota keluarga atau kepada anak-anak di panti asuhan. Selain itu, untuk menjalin silaturahmi, Anda bisa juga memberikan hamper cantik Natal untuk kerabat. Jika penasaran, yuk, baca artikelnya satu per satu!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan pohon Natal terbaik dengan harga yang beragam untuk melengkapi dekorasi rumah. Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Anda dapat memilih pohon Natal artifisial atau pohon Natal asli.


Jangan lupa untuk mempertimbangkan warnanya agar sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan juga Anda menyimpannya baik-baik setelah perayaan Natal selesai supaya bisa digunakan kembali pada perayaan Natal berikutnya. Selamat memilih dan berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer