1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Talenan IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Talenan IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Talenan IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Talenan IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Talenan IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Talenan IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Talenan IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Untuk memudahkan kegiatan Anda di dapur, Anda perlu mengisi area ini dengan berbagai peralatan penunjang, salah satunya adalah talenan. Umumnya, talenan digunakan untuk memotong bahan makanan, baik matang maupun mentah. Namun, talenan juga dapat berfungsi sebagai baki saji. Nah, salah satu merek talenan yang bagus untuk Anda pilih adalah IKEA. 


IKEA memang terkenal dengan produk furniturnya yang bagus, tetapi peralatan dapurnya juga tidak kalah menarik. Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda memilih talenan IKEA serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik mereka. Jadi, jangan lewatkan pembahasan dari kami, ya!

Diperbaharui 05-27-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Keunggulan talenan IKEA

Keunggulan talenan IKEA
Sumber: ikea.co.id

Peralatan dapur yang satu ini wajib untuk Anda miliki. Anda dapat menggunakan talenan untuk menunjang kegiatan memasak. IKEA pun memiliki banyak pilihan talenan yang berkualitas. Selain berguna untuk memasak, koleksi talenan dari IKEA ini juga memiliki bentuk yang unik dan menarik. Dengan begitu, Anda dapat menjadikan talenan sebagai nampan saji atau hiasan dinding juga


Material yang digunakan pada talenan IKEA ada yang terbuat dari kayu, bambu, dan juga plastik. Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Cara memilih peralatan dapur IKEA

Anda dapat memilih produk talenan IKEA berdasarkan material, warna, ataupun ukurannya. Produk-produk di IKEA juga banyak dijual dalam bentuk set. Jadi, sebelum membeli pastikan produk pilihan Anda dijual satuan atau tidak. 

① Pilih berdasarkan materialnya

IKEA memiliki tiga macam jenis material yang biasa digunakan. Anda bisa menemukan berbagai jenis talenan yang terbuat dari bambu, beberapa jenis kayu, dan plastik. Mari simak karakteristiknya masing-masing.

Kayu atau bambu: Kokoh, awet, dan dapat berfungsi sebagai baki saji

Kayu atau bambu: Kokoh, awet, dan dapat berfungsi sebagai baki saji
Sumber: ikea.co.id

Beberapa orang memilih peralatan dapur seperti talenan berdasarkan bahan yang digunakan. Salah satu bahan dasar tersebut adalah kayu. Material kayu yang digunakan IKEA berasal dari jenis pohon berbeda, misalnya kayu akasia, oak, beech, dan bambu. Talenan dari kayu memiliki bentuk yang beraneka ragam dan menarik sehingga dapat dipakai untuk fungsi estetik. Anda dapat menggunakannya sebagai baki saji atau hiasan dapur. 


Keunggulan yang bisa didapatkan dari talenan kayu IKEA adalah bahannya yang padat dan bentuknya kokoh. Dengan begitu, Anda dapat memotong makanan yang cukup keras tanpa khawatir talenan akan patah atau mudah bergeser. Selain itu, talenan kayu juga tidak membuat pisau lebih cepat tumpul dibanding memotong di atas talenan dari bahan lain.

Plastik: Ringan, ekonomis, dan perawatannya mudah

Plastik: Ringan, ekonomis, dan perawatannya mudah
Sumber: ikea.co.id

Saat ini, talenan plastik mulai banyak digunakan para pengguna dapur. Pasalnya, talenan yang terbuat dari beberapa jenis plastik ini lebih ekonomis dibanding talenan kayu. Selain itu, warna yang ditawarkan pun beragam. Sangat cocok untuk Anda penyuka dekorasi rumah dengan tema colorful


Perawatan kebersihan pada talenan plastik IKEA juga terbilang mudah. Untuk itu, bau makanan pada talenan lebih mudah dihilangkan dengan cara dicuci permukaannya. IKEA juga menyediakan talenan lentur yang terbuat dari bahan plastik. Talenan ini bersifat fleksibel dan dapat menghemat ruang saat dibawa bepergian. Namun, kekurangan dari talenan plastik adalah tidak tahan panas. 

② Tentukan ukuran dan bentuk yang diinginkan

Tentukan ukuran dan bentuk yang diinginkan
Sumber: ikea.co.id

Di IKEA, warna dan ukuran barang sudah disesuaikan dengan berbagai inspirasi interior dapur masa kini. Anda tak hanya akan menemukan talenan berwarna kayu saja, tetapi juga warna terang dan kekinian.


Talenan IKEA juga hadir dengan desain yang minimalis dan modern. Terlebih pada talenan kayu yang memiliki ragam bentuk, misalnya dapat digantung atau memiliki kaki. Jadi, peralatan yang dimiliki oleh IKEA cocok digunakan untuk dapur berukuran kecil ataupun besar.

③ Pertimbangkan produk dalam bentuk satuan atau set sesuai kebutuhan

Pertimbangkan produk dalam bentuk satuan atau set sesuai kebutuhan
Sumber: ikea.co.id

Dalam memilih peralatan dapur IKEA, pastikan Anda memeriksa kembali apakah produk dijual secara satuan atau set. Biasanya IKEA menawarkan paket set untuk beberapa produk tertentu, seperti pisau, panci, botol saus, hingga talenan.


Jika Anda memerlukan produk secara satuan, pastikan Anda membaca keterangan produk dengan teliti agar tidak salah membeli. Dengan pilihan jumlah produk ini, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dapur rumah Anda.

10 Rekomendasi talenan IKEA terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk talenan IKEA terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

IKEA

HOPPLÖS

IKEA HOPPLÖS 1枚目

Koleksi semua warnanya tanpa merogoh kantung terlalu dalam!

2

IKEA

LÄMPLIG

IKEA LÄMPLIG 1枚目

Material bambu yang eco-friendly, perawatannya pun low maintenance

3

IKEA

FINFÖRDELA

IKEA FINFÖRDELA 1枚目

Dibawa saat piknik atau ke tempat lain, sangat fleksibel dan menghemat ruang!

4

IKEA

BERGTUNGA

IKEA BERGTUNGA 1枚目

Buat apa beli satu, jika bisa dapat dua sekaligus?

5

IKEA

LEGITIM

IKEA LEGITIM  1枚目

Lengkapi dapur minimalis Anda dengan talenan putih ini

6

IKEA

SMASKIGA

IKEA SMASKIGA 1枚目

Mudah digantung, dapur pun terlihat makin rapi

7

IKEA

APTITLIG Talenan Daging

IKEA APTITLIG Talenan Daging 1枚目

Bisa digunakan sebagai talenan daging hingga baki saji

8

IKEA

OLEBY

IKEA OLEBY 1枚目

Ragam bentuk yang unik hidupkan suasana saat memasak ataupun makan

9

IKEA

FASCINERA

IKEA FASCINERA 1枚目

Hiasi ruang makan Anda dengan gaya rustic

10

IKEA

NORRSJÖN

IKEA NORRSJÖN 1枚目

Talenan di atas wastafel, pasti memudahkan Anda saat memasak

Perincian produk
Close
No.1

Koleksi semua warnanya tanpa merogoh kantung terlalu dalam!

Apakah Anda termasuk penyuka warna cerah? Jika iya, talenan ini adalah pilihan yang tepat. Tersedia tiga warna cerah, yaitu kuning, hijau, dan putih, talenan plastik ini dapat membuat kegiatan memasak lebih menyenangkan. 


Produk ini juga ramah di kantong sehingga Anda tidak perlu bingung mencari talenan berkualitas yang ekonomis. Di sisi lain, ukuran talenan IKEA ini tidak terlalu besar. Oleh karena itu, talenan ini lebih cocok digunakan untuk memotong bumbu dapur yang tidak memakan banyak ruang. 

No.2

Material bambu yang eco-friendly, perawatannya pun low maintenance

Talenan IKEA yang satu ini cocok untuk penggunaan jangka panjang. Pasalnya, talenan ini terbuat dari bahan dasar bambu yang memiliki permukaan lebih keras dari kayu. Selain itu, bambu juga dikenal sebagai material yang ramah lingkungan. 


Karena permukaannya yang sukar menyerap air, talenan ini pun tetap terlihat halus dan lembut meski sering dipakai. Anda juga tidak perlu sering melakukan maintenance pada talenan ini. Di samping itu, bambu secara alami memiliki sifat antibakteri. Makin aman untuk memotong makanan, deh!

No.3

Dibawa saat piknik atau ke tempat lain, sangat fleksibel dan menghemat ruang!

Jika Anda mencari barang-barang yang simpel dan mudah dibawa bepergian, jangan lupa dengan produk ini, ya! Talenan lentur ini diproduksi IKEA dengan klaim BPA free pada materialnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat memotong makanan dengan produk ini untuk si kecil. 


Berkat bentuknya yang fleksibel, Anda dapat menghemat ruang saat menaruhnya di tas. Sebelum menggunakan talenan ini, pastikan dicuci dahulu dan cari permukaan yang datar untuk meletakkannya, ya!

No.4

Buat apa beli satu, jika bisa dapat dua sekaligus?

Anda mungkin sering kali menggunakan satu talenan untuk berbagai hal, mulai dari memotong bahan mentah hingga masakan matang. Padahal, meski sudah dicuci bersih, sisa bakteri bisa saja masih menempel di talenan, lho! 


Agar makanan Anda lebih higienis, kami merekomendasikan untuk membeli satu set talenan seperti ini. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan dua talenan sekaligus. Jadi, Anda bisa memisahkan antara  talenan bahan mentah dengan makanan matang. Lebih hemat, lebih sehat juga, bukan? 

No.5

Lengkapi dapur minimalis Anda dengan talenan putih ini

Produk ini merupakan salah satu produk IKEA yang banyak dicari. Dengan harga terjangkau, Anda bisa memiliki talenan putih ini untuk dapur minimalis Anda. Produk ini bisa Anda gunakan untuk memotong daging, bumbu dapur, ataupun sayuran lainnya. Ukurannya yang tidak terlalu kecil juga akan membuat Anda nyaman saat menggunakannya. 

No.6

Mudah digantung, dapur pun terlihat makin rapi

Jika Anda sering kebingungan menyimpan talenan setelah pemakaian, produk ini punya solusinya! Talenan yang terbuat dari kayu beech ini memiliki lubang yang memudahkan Anda untuk menggantungnya. Dengan begitu, area dapur pun terlihat lebih tertata dan rapi. 


Agar talenan tetap terjaga kualitasnya, oleskan minyak pada permukaan papan dan biarkan semalaman. Hal ini akan menjaga bentuk talenan dan fungsinya lebih lama. 

No.7

IKEAAPTITLIG Talenan Daging

Mulai dari Rp99.900,00

Bisa digunakan sebagai talenan daging hingga baki saji

Produk APTITLIG ini memiliki tiga variasi yang ditawarkan, yaitu ukuran kecil, besar, dan talenan daging. Talenan bambu ini memiliki bentuk yang kokoh dan padat. Untuk itu, Anda dapat memakainya untuk memotong daging, sayur, buah, atau makanan padat. Di samping itu, talenan ini juga memiliki bentuk yang menarik untuk dijadikan baki saji. Anda dapat menentukan variasi sesuai kebutuhan. 

No.8

Ragam bentuk yang unik hidupkan suasana saat memasak ataupun makan

Talenan set ini terdiri dari tiga bentuk talenan yang berbeda-beda. Setiap talenan juga memiliki ukuran yang bervariasi. Untuk memotong sayuran atau daging Anda bisa memakai talenan persegi panjang, sementara talenan bulat untuk menaruh cake. Nah, jika Anda suka membuat foto makanan, coba jadikan talenan persegi sebagai alasnya. Dijamin menggugah selera!

No.9

Hiasi ruang makan Anda dengan gaya rustic

Kayu akasia yang menjadi bahan dasar talenan ini memiliki warna dan serat yang eye-catching. Karena akasia mudah dibentuk, talenan ini memiliki bentuk yang unik, yaitu lonjong dan memanjang.


Kami merekomendasikan talenan ini untuk Anda yang menyukai gaya rustic. Meskipun tekstur dan seratnya tampak halus, warna kontrasnya tetap menunjukkan kesan alami. Jika ingin menaruh makanan, lapisi dahulu dengan minyak yang aman untuk makanan.

No.10

Talenan di atas wastafel, pasti memudahkan Anda saat memasak

Biasanya, memotong bahan masakan berdampingan dengan tahap mencucinya di wastafel. Kali ini, IKEA memiliki talenan yang didesain agar sesuai dengan salah satu koleksi wastafelnya. Namun, talenan ini juga dapat digunakan pada wastafel lainnya berhubung ukuran kitchen sink tidak jauh berbeda.


Talenan yang terbuat dari kayu oak ini juga memiliki material yang keras dan tahan air. Meskipun sering terkena air, produk ini tetap kuat dan awet. Selain itu, sisa-sisa makanan yang kerap kali berserakan di sekitar talenan dapat dikumpulkan dahulu di wastafel. Kegiatan memasak lebih simple, bye-bye dapur berantakan!

Baca juga rekomendasi peralatan dapur lainnya di sini

Jika Anda sedang mencari peralatan dapur, kami punya rekomendasi lain terkait peralatan tersebut. Anda bisa menemukan rekomendasi tentang pisau, sutil, dan cobek terbaik yang telah kami pilih untuk Anda. Jika ingin tahu lebih lengkap, segera klik tautan di bawah ini atau kunjungi situs kami. 

Kesimpulan

Setelah membaca artikel dan rekomendasi di atas, manakah produk yang paling Anda sukai? Sudahkah Anda menemukan talenan IKEA yang Anda cari? Produk IKEA memang sangat menarik. Selain tersedia dalam berbagai varian ukuran, banyak juga produk yang dijual dalam bentuk set.


Dengan membeli dalam bentuk set, Anda bisa mendapatkan peralatan lebih lengkap dengan harga yang lebih terjangkau. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu Anda dalam memilih talenan idaman Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer