1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Kerajinan
  6. >
  7. 10 Kuas Lukis Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kuas Lukis Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kuas Lukis Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kuas Lukis Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kuas Lukis Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kuas Lukis Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kuas Lukis Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023)

Apakah Anda ingin menekuni hobi melukis? Anda tentu membutuhkan alat-alat yang tepat, salah satunya adalah kuas lukis. Kuas untuk melukis memiliki beragam jenis, mulai dari bentuk dan bahan bulu, hingga kecocokan dengan media yang dipakai.


Nah, agar tidak salah membeli, Anda sebaiknya membaca keseluruhan artikel ini. Kami akan membagikan tips memilih dan memberikan rekomendasi merek kuas lukis yang bagus, seperti JOYKO, dan Winsor & Newton. Jangan lupa, baca juga komentar watercolorist dan illustrator, Karina Doniho, di artikel ini, ya!

Diperbaharui 05-25-2022
Pakar
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Karina Doniho adalah seorang artist yang melukis dan menggambar dengan fusion style antara manga dan abstract. Artist yang dikenal dengan nama Karinpyong ini aktif berkarya dalam berbagai proyek freelancing sejak SMA. Ia sudah lulus kuliah Fine Arts Major (Seni Rupa) dengan beasiswa di Jepang. Karina pernah di-featured oleh Instagram official untuk Jepang, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Ia juga terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter di buku official Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Ia juga terpilih menjadi salah satu 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Profil Karina Doniho
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Kuas lukis sebagai peralatan esensial untuk melukis

Kuas lukis sebagai peralatan esensial untuk melukis

Melukis adalah salah satu aktivitas yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Nah, bagi Anda yang baru ingin belajar melukis, tentunya Anda perlu mengetahui peralatan yang diperlukan. Salah satu item yang merupakan peralatan penting dalam melukis adalah kuas.


Seperti yang mungkin Anda telah ketahui, kuas merupakan alat yang digunakan untuk mengaplikasikan cat ke atas media lukis. Bagian-bagian kuas lukis adalah sebagai berikut:


  • Bulu atau bristles
Ini adalah bagian yang akan bersentuhan dengan cat lukis dan permukaan media lukis, seperti kanvas, kertas, dan lainnya.

  • Ferrule
Bagian ini berfungsi untuk menyatukan bulu kuas ke handle dan mempertahankan bentuk bulu sehingga mudah digunakan sesuai tujuan pemakaian.

  • Handle
Sesuai dengan namanya, bagian ini merupakan tempat Anda memegang atau menempatkan jari-jari tangan saat hendak mengaplikasikan kuas.

Masih berkaitan dengan handle, cara memegang kuas ternyata ada tekniknya. Anda perlu meletakkan jari telunjuk dan jari tengah di bagian depan, sementara jari lainnya berada di bagian belakang. Teknik ini bertujuan agar gaya tekan menjadi lebih kuat dan cat lukis bisa tersapu dengan baik.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kuas lukis

Untuk membuat goresan pada kanvas, kuas mempunyai peranan yang penting. Bagi seniman, mengetahui kuas yang dibutuhkan merupakan hal yang mudah. Namun, untuk pemula, pemahaman kuas yang digunakan harus dikuasai terlebih dahulu. Berikut ini adalah poin-poin yang harus Anda perhatikan.

① Pilih kuas berdasarkan bentuknya

Pertama, Anda harus menyesuaikan kuas berdasarkan bristle atau bentuk bulunya. Ada beberapa bentuk kuas yang umum dijumpai, yaitu round, flat, angle, rigger, bright, filbert, fan, mop, dan grainer. Tiap bentuk memiliki fungsi yang berbeda-beda. Yuk, ketahui perbedaan fungsinya berikut ini.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Kuas itu sangatlah penting, apalagi untuk melukis. Hal yang paling mudah untuk dilakukan saat memilih kuas adalah menyentuh dan memegangnya secara langsung. 


Saya memiliki kebiasaan untuk menyapukan kuas di telapak tangan sebagai quick test apakah ujung kuas nyaman digunakan atau tidak. Saya juga suka mencoba memegang gagangnya dari ujung bawah sampai ujung atas untuk menilai apakah produknya nyaman digenggam.

Round: Untuk membuat garis tebal ataupun tipis

Round: Untuk membuat garis tebal ataupun tipis

Untuk para pemula, bentuk kuas ini sangat kami rekomendasikan. Kuas bentuk round atau bulat meruncing ini bersifat fleksibel dan mudah digunakan. Bentuknya yang bulat akan memudahkan Anda dalam membuat garis tebal ataupun tipis. 


Kuas ini merupakan salah satu jenis kuas yang mudah dikuasai. Ketebalan garis yang Anda goreskan tergantung dari tekanan tangan Anda. Jika Anda sering melukis dengan cat air, kuas ini adalah pilihan yang tepat.


Kuas round memiliki beragam ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk melukis di media kanvas yang besar, pilih kuas berdiameter yang besar pula. Untuk membuat detail kecil, pilihlah kuas yang berdiameter kecil.

Flat: Untuk membuat garis tebal, kaku, dan menyudut

Flat: Untuk membuat garis tebal, kaku, dan menyudut

Kuas ini memiliki bentuk yang datar, sedikit pipih, dan persegi. Berkat bentuknya tersebut, kuas ini cocok untuk membuat garis yang tebal, kaku, dan menyudut. Melukis di area tepi juga cocok menggunakan kuas flat. Selain itu, area di media kanvas yang besar dan melebar bisa Anda isi dengan kuas ini.


Kuas jenis ini juga memiliki bermacam-macam ukuran. Kuas flat yang berukuran kecil sangat pas digunakan untuk melukis area tepi. Hasil goresan Anda akan tetap rapi tanpa ada yang melebar. Gunakanlah kuas ini untuk menghasilkan kontur garis yang lurus.

Angle: Cocok untuk menciptakan gradasi warna

Angle: Cocok untuk menciptakan gradasi warna

Sesuai dengan namanya, kuas ini memiliki bentuk ujung yang menyerong atau miring. Jika ingin membuat gradasi warna dalam satu pengaplikasian, pilihlah kuas ini. Dalam membuat gradasi warna tersebut, Anda bisa menggunakan dua atau tiga warna yang berbeda. 


Kuas ini juga bisa digunakan untuk dua fungsi berbeda. Ujungnya yang meruncing dapat digunakan untuk melukis di area yang sempit. Sementara itu, ujung lainnya yang melebar digunakan untuk melukis di area atau bidang yang luas.

Rigger: Untuk membuat goresan garis tipis

Rigger: Untuk membuat goresan garis tipis

Jika Anda membutuhkan kuas untuk melukis area yang membutuhkan ketelitian dan detail tinggi, kami merekomendasikan jenis ini. Kuas rigger memiliki bentuk yang mirip dengan kuas round. Bedanya adalah kuas ini lebih tajam dan lebih runcing. Gunakan kuas ini untuk menghasilkan goresan garis yang tipis. Anda juga bisa memakainya untuk membuat garis tepi dan tulisan yang indah di atas kanvas.

Bentuk lainnya: Bright, filbert, fan, mop, dan grainer

Bentuk lainnya: Bright, filbert, fan, mop, dan grainer

Selain bentuk yang kami jelaskan di atas, ada bentuk kuas lainnya yang juga perlu Anda ketahui. Agar lebih jelas, mari simak pemaparannya berikut ini.


  • Untuk membuat garis-garis pendek dan tebal, pilihlah kuas bright. Kuas ini bentuknya mirip dengan kuas flat, tetapi kedua ujungnya sedikit melengkung.

  • Kuas lain yang juga mirip dengan kuas flat adalah kuas filbert. Kuas ini berfungsi untuk mencampurkan warna di atas kanvas serta membuat gradasi warna

  • Selain itu, terdapat juga jenis kuas fan dan mop. Kuas fan, seperti namanya, adalah kuas yang berbentuk seperti kipas yang melebar. Untuk membuat efek agar gambar Anda tampak lebih nyata, gunakanlah kuas fan. Pilihan lain untuk melukis di area luas adalah kuas mop. Kuas ini cocok untuk mewarnai dasar lukisan.

  • Selanjutnya, ada kuas grainer dengan bentuk datar dan kepala melengkung. Kuas ini berfungsi untuk menghasilkan pola garis tipis yang berulang sehingga cocok untuk melukis bulu burung dan lainnya.
Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Kuas memiliki bentuk ujung dan ketebalan yang berbeda-beda. Membeli beberapa kuas dengan bentuk ujung dan ukuran yang bervariasi tentunya bisa memperkaya pengalaman kalian saat melukis. Menurut saya, kuas itu bisa diibaratkan sebagai tongkat sihir. Ketika kalian senang dan nyaman dengan kuasnya, hal itu akan berpengaruh besar terhadap eksperimen kalian dengan kuas-kuas tersebut.

② Sesuaikan bahan bulu kuas dengan cat yang digunakan

Sesuaikan bahan bulu kuas dengan cat yang digunakan

Jenis-jenis cat yang biasa digunakan untuk melukis adalah cat minyak, cat air, dan cat akrilik. Tiap jenis cat memerlukan kuas yang berbeda agar dapat memberikan hasil yang optimal. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, langsung saja simak poin-poin berikut ini.


  • Ketika melukis menggunakan cat minyak, kuas yang digunakan haruslah kuas yang berbulu kasar. Kuas yang bulunya kasar dibuat dari bahan yang berkarakter kaku sehingga cocok untuk cat minyak yang kental.

  • Di sisi lain, Anda memerlukan kuas dari bulu halus saat ingin melukis dengan cat berbahan dasar air. Cat air, cat poster, dan cat tekstil adalah contoh-contoh cat berbahan dasar air yang umum digunakan saat melukis. Sebagai informasi, kuas berbulu halus bisa berasal dari bulu sintetis dan natural hair. Nah, untuk natural hair, bulu yang digunakan adalah bulu binatang. Beberapa di antaranya adalah pony hair (kuda poni), goat hair (kambing), hog bristle (babi), dan ox hair (serupa lembu)

  • Terakhir, ada cat akrilik yang merupakan perpaduan dan penyempurnaan dari dua jenis cat sebelumnya. Jika Anda ingin melukis memakai cat akrilik, gunakanlah kuas dari bahan sintetis. Hal tersebut dikarenakan filamen sintetis lebih dapat menahan sifat korosif cat akrilik.

③ Tentukan kuas berdasarkan media yang akan dipakai

Tentukan kuas berdasarkan media yang akan dipakai

Sebelum membeli kuas, sebaiknya Anda sudah mengetahui media yang akan dipakai untuk melukis. Media lukis merupakan item yang tak kalah penting dari kuas. Media yang umum digunakan untuk melukis adalah kertas dan kanvas. Kedua item tersebut membutuhkan jenis cat yang berbeda. Karena itu, kuas yang dipakai pun haruslah sesuai dengan cat yang dipakai. 


Cat minyak cocok digunakan untuk media kanvas, jadi kuas yang diperlukan adalah kuas berbulu kasar. Sementara itu, untuk media kertas, cat air adalah jenis cat yang pas sehingga membutuhkan kuas berbulu halus. Memperhatikan media yang akan digunakan sebelum membeli kuas ternyata penting, bukan?

④ Cek ukuran kuas yang Anda perlukan

Cek ukuran kuas yang Anda perlukan

Ukuran kuas menunjukkan seberapa besar atau lebar bulu yang ada pada sebuah kuas. Makin tinggi angkanya, makin besar juga kuasnya. Ukuran ini biasanya akan Anda temukan pada bagian handle. Perlu Anda ketahui, ukuran kuas yang umum dijumpai di pasaran adalah ukuran 000 sampai 20. Lalu, seperti apa pengaplikasiannya? Simak ulasannya, yuk.


  • Kuas dengan ukuran lebih kecil dari 4 ideal untuk membuat goresan detail pada lukisan.

  • Sementara itu, ukuran 4 sampai 6 biasanya digunakan untuk mengecat area berukuran kecil.

  • Selanjutnya, kuas di atas ukuran 6 dapat digunakan untuk membuat sapuan lebar pada area yang luas.

Nah, lebar kuas berbentuk datar kadang dicantumkan dalam satuan inci. Jadi, Anda bisa saja menjumpai ukuran kuas yang ditulis menggunakan inci, seperti 1/2", 3/4", 1/8", dan sebagainya. Selain itu, Anda mungkin akan menemukan ukuran dengan format 4/0, 10/0, 12/0 dan lainnya.

Tak perlu bingung. Format ini sebetulnya mengacu pada jumlah 0. Sebagai contoh, 2/0 adalah 00, 4/0 adalah 0000 dan seterusnya. Sebagai informasi, makin banyak 0 berarti makin kecil pula ukuran kuasnya. Untuk pemula, Anda bisa memilih kuas yang dijual dalam bentuk set agar mendapatkan beberapa ukuran sekaligus. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

10 Rekomendasi kuas lukis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh kuas lukis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Karina Doniho.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Deli

Set Kuas Warna Biru

Deli Set Kuas Warna Biru  1枚目

Daya serapnya kuat, hasil lukis pun lebih optimal

2

Lumos Art Nox

Brush for Beginner

Lumos Art Nox  Brush for Beginner 1枚目

Kuas round yang bisa dibeli satuan sesuai keperluan

3

JOYKO

Brush BRS-7

JOYKO Brush BRS-7 1枚目

Paket lengkap! Satu set dengan paletnya

4

JOYKO

Brush BR-9

JOYKO Brush BR-9 1枚目

Set kuas lukis untuk si pemula

5

Giorgione

Kuas Lukis Set Lengkap

Giorgione Kuas Lukis Set Lengkap 1枚目

Kombinasi bentuk kuasnya lengkapi kebutuhan melukis Anda

6

Crayola

Arts & Crafts Brushes, 5 Count

Crayola Arts & Crafts Brushes, 5 Count 1枚目

Tanpa bahan beracun, aman untuk anak-anak

7

Lyra

LYRA Brush Set Round & Flat

Lyra LYRA Brush Set Round & Flat 1枚目

Praktis, bisa digunakan untuk berbagai jenis cat!

8

Winsor & Newton

Winton Hog Brush - Filbert

Winsor & Newton Winton Hog Brush - Filbert 1枚目

Kuas yang awet dan tahan korosi

9

Winsor & Newton

Cotman Brush Series 888

Winsor & Newton Cotman Brush Series 888 1枚目

Menghasilkan gambar daun yang indah dan nyata

10

Daler-Rowney

Graduate Brushes

Daler-Rowney Graduate Brushes 1枚目

Kuas versatile yang cocok untuk pelajar hingga hobbyists

Perincian produk
Close
No.1

DeliSet Kuas Warna Biru

Mulai dari Rp20.000,00

Daya serapnya kuat, hasil lukis pun lebih optimal

Apakah Anda sedang mencari kuas lukis dengan daya serap yang kuat? Jika iya, tak perlu ragu untuk menjatuhkan pilihan pada produk keluaran Deli ini. Produk ini diklaim memiliki daya serap tinggi dan elastisitas yang baik. Kedua faktor ini tentunya akan memberikan hasil pulasan yang lebih optimal saat dipakai. Bagaimana kalau Anda coba dan buktikan sendiri? Toh, harganya tidak akan membebani kantong Anda.

No.2

Lumos Art Nox Brush for Beginner

Mulai dari Rp7.000,00

Kuas round yang bisa dibeli satuan sesuai keperluan

Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang membutuhkan kuas round tambahan yang bisa dibeli sesuai keperluan. Ada enam varian ukuran yang tersedia, mulai dari kecil hingga besar. Tinggal pilih saja ukuran yang Anda butuhkan. Mau ambil beberapa varian pun boleh. Lagipula, dari segi harga, produk lokal keluaran Lumos Art Nox ini relatif terjangkau, kok.

No.3

Paket lengkap! Satu set dengan paletnya

Belilah produk ini jika Anda ingin satu paket lengkap untuk melukis. Ketika membeli kuas ini, Anda akan mendapatkan berbagai bentuk kuas lengkap dengan paletnya. Jadi, tak perlu beli palet terpisah! Setelah dipakai, Anda bisa menyimpan kembali kuas dan palet ke dalam hard cover yang disediakan produk ini. Dengan begitu, kuas kesayangan akan tersimpan dengan rapi dan terjaga kebersihannya.

No.4

Set kuas lukis untuk si pemula

Kuas dari Joyko ini terdiri dari kuas round, rigger, dan dua buah kuas flat. Ketiga kuas tersebut adalah jenis kuas yang paling mudah dikuasai. Ukuran yang tersedia pun bermacam-macam sehingga Anda bisa memakainya sesuai kebutuhan. Banyaknya kuas round dalam set ini akan membuat para pemula lebih mudah saat melukis.

No.5

GiorgioneKuas Lukis Set Lengkap G-198SH

Mulai dari Rp30.000,00

Kombinasi bentuk kuasnya lengkapi kebutuhan melukis Anda

Ini dia set kuas lukis yang mungkin Anda cari-cari. Produk dari Giorgione ini menawarkan bentuk kuas yang sangat beragam. Mulai dari kuas flat, rigger, angle, round hingga fan, semua akan Anda dapatkan. Menariknya lagi, sepuluh jenis kuas dengan bentuk beragam tersebut bisa Anda miliki dengan harga yang superekonomis. Produk ini sayang sekali untuk dilewatkan, bukan?

No.6

CrayolaArts & Crafts Brushes, 5 Count

Mulai dari Rp79.900,00

Tanpa bahan beracun, aman untuk anak-anak

Barang-barang untuk anak, tak terkecuali kuas lukis, haruslah dipastikan keamanannya. Akan tetapi, jika memilih produk ini, Anda tak perlu khawatir lagi. Produk ini diklaim tidak menggunakan bahan kimia beracun yang membahayakan kesehatan.


Dengan begitu, Anda bisa merasa tenang meski digunakan oleh anak-anak sekalipun. Selain itu, karena bahannya aman, anak-anak dapat belajar membersihkannya sendiri setelah digunakan. Warna-warni gagangnya juga pasti disukai oleh mereka!

No.7

LyraLYRA Brush Set Round & Flat

Mulai dari Rp73.926,00

Praktis, bisa digunakan untuk berbagai jenis cat!

Apabila Anda mencari kuas round dan flat yang bisa dipakai untuk berbagai jenis cat, produk inilah jawabannya. Kuas ini dapat digunakan untuk cat air, cat minyak, cat poster, dan cat akrilik. Jika menggunakan produk ini, tentunya Anda akan merasa lebih praktis karena tak perlu membeli kuas untuk bermacam-macam jenis cat. Terlebih lagi, set ini terdiri dari kuas dalam beberapa ukuran sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

No.8

Winsor & NewtonWinton Hog Brush - Filbert

Mulai dari Rp85.000,00

Kuas yang awet dan tahan korosi

Produk merek Winsor & Newton ini menggunakan bulu babi berkualitas sebagai bahan kuasnya. Bulu-bulu tersebut dikunci dengan ferrule yang tahan terhadap korosi. Produk ini tahan lama meski dipakai untuk penggunaan berat, misalnya melukis di atas kanvas besar dalam waktu lama. Inilah jawaban untuk Anda yang mencari kuas lukis berkualitas.

No.9

Winsor & NewtonCotman Brush Series 888

Mulai dari Rp123.000,00

Menghasilkan gambar daun yang indah dan nyata

Untuk yang suka melukis alam atau tumbuh-tumbuhan, Anda mungkin membutuhkan kuas ini. Daun-daun yang Anda lukis akan terlihat nyata jika diwarnai menggunakan kuas ini. Bentuknya yang melebar memudahkan Anda membentuk efek daun agar terlihat real. Tak hanya itu, Anda juga akan makin mudah melukis berkat gagangnya yang didesain agar seimbang ketika digenggam. 

No.10

Daler-RowneyGraduate Brushes

Mulai dari Rp108.500,00

Kuas versatile yang cocok untuk pelajar hingga hobbyists

Kuas yang satu ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pelajar hingga para penggemar lukis. Itulah sebabnya produk ini dinamakan Graduate Brushes. Tentu saja ada alasan lain yang membuat produk dari Daler-Rowney bisa digunakan oleh rentang skill yang lebar.


Coba Anda perhatikan warna bulunya. Tampak beragam, bukan? Ya, benar! Kuas ini memadukan enam macam bulu sintetis dan natural sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis cat. Baik pelajar maupun hobbyists, tak akan kesulitan menggunakannya!

Cara membersihkan, merawat, dan menyimpan kuas lukis agar awet

Cara membersihkan, merawat, dan menyimpan kuas lukis agar awet

Kuas lukis perlu dibersihkan dan disimpan dengan benar jika Anda berniat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Sebenarnya, perawatan kuas lukis tidaklah sulit. Mau tahu caranya? Keep reading!


  • Gunakan air pada temperatur suhu ruangan untuk membersihkan kuas lukis Anda. Penggunaan air panas harus dihindari agar tidak merusak bulu kuas.

  • Selanjutnya, aplikasikan sabun atau cairan pembersih khusus untuk menghilangkan sisa-sisa cat yang menempel pada kuas lukis.

  • Setelah kuas selesai dicuci, rapikan dan keringkan kuas dengan posisi bulu kuas menghadap ke bawah. Hal ini penting dilakukan agar air tidak masuk ke dalam Ferulle dan menimbulkan karat.

  • Terakhir, simpan kuas lukis yang sudah kering sempurna dalam brush container Anda juga bisa menyimpan kuas dalam wadah terbuka dengan posisi bulu menghadap ke atas jika akan sering menggunakannya.

Baca juga rekomendasi perlengkapan melukis lainnya di sini

Selain kuas, perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk melukis adalah palet dan cat. Artikel mengenai cat air, cat akrilik, dan palet cat air sudah pernah kami ulas. Rekomendasi produk-produk terbaiknya juga bisa Anda temukan di sana. Apabila Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan kuas lukis yang paling tepat? Kuas lukis tersedia dalam berbagai bentuk. Ketahui bentuk-bentuk tersebut dan pilihlah yang sesuai. Bulu kuas lukis juga dibuat dari bermacam-macam bahan, misalnya bulu binatang dan bahan sintetis. 


Pilihlah kuas dari bahan yang sesuai dengan jenis cat dan media yang akan Anda gunakan untuk melukis. Kuas lukis banyak yang dijual dalam bentuk set, kok. Jadi, lebih praktis dan lebih hemat. Selamat berkreasi!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer