mybest
Buku psikologi

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Buku
  3. Buku pengembangan diri & karier
  4. 10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Ilmu psikologi mencakup relasi antarmanusia ataupun motif dari berbagai macam sifat manusia. Ilmu pengetahuan yang sangat luas tersebut dapat dikaitkan dengan berbagai bidang lainnya, seperti bidang sains ataupun ekonomi. Jika Anda tertarik untuk mengenal diri sendiri atau manusia secara umum, buku psikologi adalah pilihan tepat untuk dibaca.

Di artikel ini kami akan membahas buku tentang psikologi yang bagus dan mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa buku psikologi yang akan kami bahas adalah Psikologi UmumThe Psychology of Money, serta Psikologi Kepribadian. Untuk mengetahui ringkasannya, bacalah artikel ini sampai habis!

Diperbaharui 31/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih buku psikologi

Untuk mempermudah Anda dalam menemukan buku psikologi, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Berikut pembahasan kami lebih jauh.

1

Untuk mahasiswa baru yang perlu referensi tentang dasar-dasar psikologi, pilih buku psikologi dasar atau psikologi umum serta psikologi untuk pemula

Untuk mahasiswa baru yang perlu referensi tentang dasar-dasar psikologi, pilih buku psikologi dasar atau psikologi umum serta psikologi untuk pemula

Psikologi adalah cabang ilmu yang mempelajari perilaku dan kejiwaan manusia. Bidang yang dipelajari di sini sangat luas. Sebelum mempelajari lebih jauh, Anda yang baru masuk kuliah atau tidak mempunyai latar belakang keilmuan wajib menguasai psikologi dasar.


Buku psikologi dasar biasanya masih menggunakan istilah-istilah yang mudah dipahami. Oleh karena sifatnya yang merupakan pengantar, pembahasannya hanya di permukaan. Di tahap ini Anda baru berkenalan dengan subjek-subjek dalam psikologi. Dari situ, Anda akan menemukan pilihan cabang psikologi yang lebih spesifik.

Salah satu contoh rekomendasi buku psikologi dasar adalah Psikologi Umum karya Alex Sobur. Buku itu memperkenalkan Anda dengan sejarah dan teori-teori psikologi. Buku ini merupakan buku pegangan wajib yang banyak dibaca mahasiswa psikologi. 
2

Dapatkan buku psikologi pendidikan atau psikologi remaja bila Anda perlu referensi tentang optimalisasi potensi manusia di lingkungan pendidikan

Dapatkan buku psikologi pendidikan atau psikologi remaja bila Anda perlu referensi tentang optimalisasi potensi manusia di lingkungan pendidikan

Proses pendidikan akan berjalan optimal jika pengajar memahami psikologi anak didik. Selain psikologi pendidikan, Anda juga perlu memahami psikologi remaja jika bertekad menekuni dunia pendidikan di sekolah tingkat menengah. 


Mempelajari remaja berarti menambah pengetahuan tentang tahap-tahap perkembangan fisik dan psikis mereka. Dengan demikian, Anda akan mengetahui cara mendekati pelajar usia remaja. Untuk itu, kami merekomendasikan buku Psikologi Remaja karya Sarlito W. Sartono.

3

Dalam rangka mempelajari kepribadian manusia, carilah buku psikologi kepribadian

Dalam rangka mempelajari kepribadian manusia, carilah buku psikologi kepribadian


Kebanyakan orang mengira bahwa psikologi mempelajari kepribadian belaka. Namun, psikologi kepribadian sebetulnya merupakan salah satu cabang dari ilmu psikologi. Di cabang ini Anda akan mempelajari kepribadian manusia secara khusus dan teori-teori terkait.

 

Beberapa contoh teori kepribadian antara lain teori sifat, teori kognitif sosial, teori psikodinamik, dan lainnya. Setiap teori memiliki perspektifnya masing-masing yang bisa digunakan sebagai alat analisis. Jika ingin memanfaatkan teori tersebut sebagai alat analisis, Anda harus menemukan teori yang tepat. Oleh karena itu, pahami baik-baik setiap teori, dari perspektif, latar belakang, hingga cara kerjanya.
4

Utamakan buku psikologi klinis bila Anda perlu referensi tentang upaya pencegahan dan penanganan masalah psikologis

Utamakan buku psikologi klinis bila Anda perlu referensi tentang upaya pencegahan dan penanganan masalah psikologis

Kondisi kejiwaan dan mental yang terganggu memerlukan penanganan khusus. Cabang psikologi yang mempelajari gangguan kondisi kejiwaan dan penangangannya adalah psikologi klinis. Di sini Anda perlu mengetahui cara melakukan assessment., diagnosis, serta cara mengatasinya. Dengan prosedur yang tepat, proses penanganan gangguan kejiwaan akan berjalan optimal.


Metode assessment juga terdiri dari beberapa pilihan. Jika sudah menemukan metode yang cocok, Anda bisa membeli buku yang fokus pada metode tersebut. Namun, jika Anda baru saja di tahap pencarian, bacalah buku yang mengulas berbagai metode assessment.

5

Bagi Anda yang ingin lebih mengenal diri sendiri, temukan buku tentang self-awareness

Bagi Anda yang ingin lebih mengenal diri sendiri, temukan buku tentang self-awareness

Langkah pertama mendapatkan hidup lebih berkualitas adalah mengenal diri dengan lebih baik. Anda tidak hanya perlu tahu kelebihan dan kekurangan, tetapi segala aspek dalam diri. Itulah kenapa Anda perlu memiliki self awareness


Buku-buku tentang self-awareness relatif mudah dijumpai saat ini. Buku-buku ini mengajak Anda merenungkan makna hidup yang sejati dan apa yang sebetulnya Anda butuhkan. Misalnya buku dari Biarawan Budha Haemin Sunim. Buku ini berbicara tentang memperlambat ritme hidup agar Anda bisa lebih menyadari keadaan di sekeliling Anda.  

6

Latih spiritual mind Anda agar hidup lebih tenang melalui buku mindfulness

Latih spiritual mind Anda agar hidup lebih tenang melalui buku mindfulness

Makin dewasa tentunya masalah hidup yang Anda alami akan makin banyak serta bervariasi. Sayangnya, masalah-masalah tersebut tidak seluruhnya dibahas di sekolah formal. Sebagai sarana self-healing dan memperoleh kedamaian di tengah beragam persoalan hidup, buku untuk membangun spiritual mind akan sangat membantu.


Membaca buku tentang spiritual mind akan membuat Anda lebih mindful dengan tubuh dan hidup Anda. Buku dengan topik seperti ini sangat membantu Anda meminimalkan stres yang Anda alami. Jika Anda sedang mencari referensi buku untuk mencari keseimbangan dalam hidup, buku bertopik spiritual mind bisa jadi pilihan tepat.

7

Ingin bisa mengendalikan pikiran? Bacalah buku tentang pola pikir manusia

Ingin bisa mengendalikan pikiran? Bacalah buku tentang pola pikir manusia

Pernahkah Anda penasaran mengapa kepribadian orang berbeda-beda? Ada orang yang sangat impulsif, sedangkan di sisi lain ada orang yang sangat overthinking. Ada yang pandai dalam menganalisis data, tetapi ada juga yang lebih mudah mengingat sesuatu meskipun dalam jumlah banyak.


Jika dianalisis dengan bukti data yang konkret, pola pikir manusia yang unik ini pastinya sangat menarik untuk dipelajari. Hal ini akan menambah wawasan Anda dalam mengontrol pola pikir yang baik sekaligus mengenali pola pikir yang tidak sehat.


Buku tentang filosofi pola pikir manusia akan membantu Anda mengetahui apa yang terjadi pada otak manusia secara umum. Membaca buku para psikolog atau orang hebat lainnya mungkin bisa membuat Anda ikut berpikir kritis seperti mereka.

8

Miliki pendekatan psikologi yang Islami dengan membaca buku psikologi Islam

Miliki pendekatan psikologi yang Islami dengan membaca buku psikologi Islam

Bagi sejumlah pemikir Islam modern, ilmu psikologi yang selama ini berkembang masih belum memasukkan unsur analisis jiwa. Padahal jiwa menjadi variabel yang tak kalah pentingnya. Masalah jiwa ini bukan merupakan hal baru. Para filsuf Islam terkemuka seperti Al Ghazali, Ibnu Sina, dan Al Farabi sudah menyinggungnya sejak lama


Dalam psikologi Islam, Anda akan mempelajari perilaku, patologi, dan semacamnya dari perspektif keislaman. Salah satu pengusung psikologi Islam ternama di Indonesia adalah Profesor Doktor Abdul Mujib. Rekomendasi buku psikologi Islam karya beliau bisa Anda temukan pula di sini. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi buku psikologi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh buku psikologi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Penerbit
ISBN
Lokal/Terjemahan
Bahasa
Topik
Jenis buku
Jumlah halaman
Volume/Edisi
Berat
Ukuran
Tahun terbit
Rating di Goodreads
Dilengkapi bonus
Isi bonus
Target pembaca
Latar belakang penulis
1

Adjie Santosoputro

Mengheningkan Cinta

Adjie Santosoputro Mengheningkan Cinta 1

Rp89.000

Agak Murah

Temukan diri lewat komunikasi dengan batin

Bentang Pustaka

978-602-2916-72-7

Lokal

Indonesia

Kesadaran diri

Psikologi populer

200

Tidak diketahui

350 g

13 cm × 20,5 cm

2020

4,46 dari 5

Tidak diketahui

Tidak ada

Dewasa, orang yang membutuhkan bacaan tentang kebahagiaan dalam diri

Pakar emotional healing

2

Morgan Housel

The Psychology of Money

Morgan Housel The Psychology of Money 1

Rp75.000

Agak Murah

Dapatkan makna baru kehidupan yang lebih dari sekadar menjadi kaya

Penerbit Baca

978-602-6486-57-8

Terjemahan

Inggris

Psikologi kepribadian

Psikologi populer

262

Tidak diketahui

300 g

15 cm × 23 cm

2021

4,36 dari 5

Tidak diketahui

Tidak ada

Dewasa

Ahli ekonomi

3

Alex Sobur

Psikologi Umum

Alex Sobur Psikologi Umum 1

Rp98.000

Menengah

Buku pengantar yang wajib dibaca para pemula

Pustaka Setia

978-979-076-594-8

Lokal

Indonesia

Pengantar psikologi

Akademis

568

Tidak diketahui

Tidak diketahui

19 cm × 26 cm

2016

4,14 dari 5

Tidak diketahui

Tidak ada

Mahasiswa psikologi tingkat awal, pembaca pemula

Pakar dan dosen psikologi

4

Sarlito W. Sartono

Psikologi Remaja

Sarlito W. Sartono Psikologi Remaja 1

Rp98.000

Menengah

Belajar teori dengan contoh kasus yang memadai

Raja Grafindo Persada

979-421-197-4

Lokal

Indonesia

Psikologi remaja

Akademis

344

Tidak diketahui

Tidak disebutkan

13,5 cm × 20,5 cm

2010

4,14 dari 5

Tidak ada

Dewasa, pengajar, mahasiswa

Guru Besar Psikologi UI

5

Haemin Sunim

The Things You Can See Only When You Slow Down

Haemin Sunim The Things You Can See Only When You Slow Down 1

Rp125.000

Agak Mahal

Cara menyikapi pikiran yang selalu haus akan jawaban

Kepustakaan Gramedia Populer

978-602-4813-65-9

Terjemahan

Indonesia

Kesadaran diri

Psikologi populer

280

Tidak diketahui

200 g

13,5 cm × 18 cm

2020

4,06 dari 5

Tidak diketahui

Tidak ada

Dewasa

Biksu

6

Abdul Mujib

Teori Kepribadian: Perspektif Psikologi Islam

Abdul Mujib Teori Kepribadian: Perspektif Psikologi Islam 1

Rp139.000

Agak Mahal

Memahami psikologi umat Islam dengan kacamata yang sesuai

Rajagrafindo Persada

978-602-4250-67-6

Lokal

Indonesia

Psikologi Islam, psikologi kepribadian

Akademis

410

Tidak diketahui

Tidak diketahui

15,5 cm × 23 cm

Tidak diketahui

4,0 dari 5

Tidak diketahui

Tidak ada

Dewasa, mahasiswa psikologi, keguruan, dan tarbiyah

Guru Besar Psikologi UIN

7

Ibnu Sina

Psikologi Islam: Rujukan Utama Ilmu Psikologi Dunia

Ibnu Sina Psikologi Islam: Rujukan Utama Ilmu Psikologi Dunia 1

Rp93.000

Menengah

Belajar tentang jiwa dari pemikir besar dunia Islam

Turos Khazanah Pustaka Islam

978-623-7327-75-3

Terjemahan

Indonesia

Psikologi Islam

Akademis

348

Tidak diketahui

Tidak diketahui

18 cm × 24 cm

2022

4,0 dari 5

Tidak diketahui

Tidak ada

Dewasa, mahasiswa

Filsuf

8

Lyyn Wilcox

Psikologi Kepribadian: Menyelami Misteri Kepribadian Manusia

Lyyn Wilcox Psikologi Kepribadian: Menyelami Misteri Kepribadian Manusia 1

Rp70.000

Lebih Murah

Teori kepribadian dari perspektif psikologi barat dan Islam

Diva Press

978-602-7696-64-8

Terjemahan

Indonesia

Psikologi kepribadian

Akademis

412

Tidak diketahui

Tidak diketahui

14 cm × 20 cm

2018

3,37 dari 5

Tidak diketahui

Tidak ada

Dewasa, pemerhati psikologi, mahasiswa psikologi

Ahli psikolog

9

Sigmund Freud

The Interpretation of Dreams

Sigmund Freud The Interpretation of Dreams 1

Rp130.000

Agak Mahal

Salah satu rujukan utama dalam tafsir mimpi dengan pendekatan psikologis

Shiramedia

978-602-5868-19-1

Terjemahan

Indonesia

Teori psikologi

Akademis

488

Tidak diketahui

500 g

23 cm × 15 cm

2019

3,84 dari 5

Tidak diketahui

Tidak ada

Dewasa, mahasiswa

Ahli psikologi

10

Gary Groth, Marnat

Handbook of Psychological Assessment

Gary Groth, Marnat Handbook of Psychological Assessment 1

Rp220.000

Lebih Mahal

Membekali Anda dengan informasi terkait konseling dan uji psikologi

Pustaka Pelajar

978-602-8764-50-6

Terjemahan

Indonesia

Psikologi klinis

Akademis

680

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2010

3,66 dari 5

Tidak diketahui

Tidak ada

Dewasa, mahasiswa psikologi

Pakar psikologi

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Adjie SantosoputroMengheningkan Cinta

Mengheningkan Cinta 1
Sumber: bentangpustaka.com
Harga referensi
Rp89.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp89.000
Agak Murah

Temukan diri lewat komunikasi dengan batin

Kelebihan:
  • Tulisan-tulisan dalam buku ini banyak yang bernada menggugah dan menguatkan pembaca yang sedang tidak baik-baik saja

Kekurangan:

  • Kebanyakan bab membahas masalah percintaan sehingga mungkin kurang cocok bagi pembaca yang sedang menghadapi masalah di luar itu 


Mengheningkan Cinta adalah buku yang mengajak pembaca untuk berkomunikasi dengan diri lewat hening. Sering kali isi kepala ini riuh oleh berbagai pikiran, kecemasan, harapan, dan lainnya sehingga mengabaikan apa yang diinginkan diri. Anda hanya perlu masuk ke dalam hening dan mulai berkomunikasi dengan diri. Komunikasi ini akan membantu Anda memahami diri lebih baik.


Buku ini kami rekomendasikan bagi Anda yang sedang gelisah dan patah semangat. Anda akan menjumpai kalimat-kalimat yang menguatkan dan menginspirasi untuk lebih mencintai diri. Jadi, segera baca buku ini dan temukan kembali diri Anda yang penuh cinta.
PenerbitBentang Pustaka
ISBN978-602-2916-72-7
Lokal/TerjemahanLokal
BahasaIndonesia
TopikKesadaran diri
Jenis bukuPsikologi populer
Jumlah halaman200
Volume/EdisiTidak diketahui
Berat350 g
Ukuran13 cm × 20,5 cm
Tahun terbit2020
Rating di Goodreads4,46 dari 5
Dilengkapi bonusTidak diketahui
Isi bonusTidak ada
Target pembacaDewasa, orang yang membutuhkan bacaan tentang kebahagiaan dalam diri
Latar belakang penulisPakar emotional healing
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Morgan HouselThe Psychology of Money

Harga referensi
Rp75.000
Agak Murah

Dapatkan makna baru kehidupan yang lebih dari sekadar menjadi kaya

Kelebihan:

  • Menggunakan perspektif yang unik, yaitu mengaitkan masalah finansial dengan perilaku dan kebiasaan manusia
  • Cerita-cerita pendek yang tersaji bersumber dari kisah nyata 

Kekurangan:

  • Sejumlah pembaca mengungkapkan tips dalam buku ini sulit diterapkan


Uang sangat dekat dengan kehidupan Anda. Bahkan beberapa orang mungkin mengaitkan kebahagiaan dengan uang. Jika Anda mencari makna hidup sebenarnya yang lebih dari sekadar kaya, buku ini sebaiknya masuk dalam daftar bacaan Anda.


Di dalam buku best seller versi Amazon ini terdapat sembilan belas cerita pendek. Ada sudut pandang menarik tentang uang pada setiap ceritanya. Kasus-kasus penting di dunia, perekonomian, dan perspektif kebahagiaan akan membantu Anda untuk lebih bijak. Dengan demikian, ketenteraman dan makna hidup akhirnya bisa Anda dapatkan.

PenerbitPenerbit Baca
ISBN978-602-6486-57-8
Lokal/TerjemahanTerjemahan
BahasaInggris
TopikPsikologi kepribadian
Jenis bukuPsikologi populer
Jumlah halaman262
Volume/EdisiTidak diketahui
Berat300 g
Ukuran15 cm × 23 cm
Tahun terbit2021
Rating di Goodreads4,36 dari 5
Dilengkapi bonusTidak diketahui
Isi bonusTidak ada
Target pembacaDewasa
Latar belakang penulisAhli ekonomi
View all
No.3

Alex SoburPsikologi Umum

Harga referensi
Rp98.000
Menengah

Buku pengantar yang wajib dibaca para pemula

Kelebihan:

  • Materi yang disajikan mencakup seluruh aspek psikologi secara lengkap

Kekurangan:

  • Karena sifatnya yang pengantar, penjelasan yang Anda terima masih di tahap permukaan

Anda baru belajar psikologi? Jika Anda bingung hendak memulai dari mana, coba baca buku ini. Buku ini memaparkan sejarah psikologi dan teori-teori yang muncul dari abad ke abad. Meskipun menyajikan beragam teori, Anda tidak akan kebingungan. Pasalnya, Anda juga mendapatkan gambaran konteks sejarah yang melandai pandangan dan pemikiran mereka. DItambah bahasa yang mudah dipahami, buku ini benar-benar cocok untuk pemula.  

PenerbitPustaka Setia
ISBN978-979-076-594-8
Lokal/TerjemahanLokal
BahasaIndonesia
TopikPengantar psikologi
Jenis bukuAkademis
Jumlah halaman568
Volume/EdisiTidak diketahui
BeratTidak diketahui
Ukuran19 cm × 26 cm
Tahun terbit2016
Rating di Goodreads4,14 dari 5
Dilengkapi bonusTidak diketahui
Isi bonusTidak ada
Target pembacaMahasiswa psikologi tingkat awal, pembaca pemula
Latar belakang penulisPakar dan dosen psikologi
View all
No.4

Sarlito W. SartonoPsikologi Remaja

Harga referensi
Rp98.000
Menengah

Belajar teori dengan contoh kasus yang memadai

Kelebihan:

  • Edisi revisi ini memasukkan studi kasus yang lebih baru

Kekurangan:

  • Meskipun juga ditujukan untuk umum, buku ini masih menggunakan sejumlah istilah yang terkesan sangat ilmiah dan sulit dipahami awam 


Masa remaja kerap dicirikan dengan gejolak hormonal dan emosional yang tidak stabil. Itulah kenapa banyak orang tua maupun pendidik yang kewalahan saat harus berhadapan dengan remaja. Jika Anda banyak berhubungan dengan anak usia remaja, buku Psikologi Remaja ini patut dipertimbangkan.


Ditulis kali pertama pada 1991, buku ini mengalami beberapa revisi untuk menyesuaikan perkembangan zaman. Anda akan mendapatkan teori dari sisi psikologis maupun fisik. Dalam setiap bab Anda akan menemukan contoh kasus terkait perilaku dan kenakalan remaja. Singkatnya, Anda jadi lebih mudah memahami teori-teori yang ada dan aplikasinya di era sekarang.

PenerbitRaja Grafindo Persada
ISBN979-421-197-4
Lokal/TerjemahanLokal
BahasaIndonesia
TopikPsikologi remaja
Jenis bukuAkademis
Jumlah halaman344
Volume/EdisiTidak diketahui
BeratTidak disebutkan
Ukuran13,5 cm × 20,5 cm
Tahun terbit2010
Rating di Goodreads4,14 dari 5
Dilengkapi bonus
Isi bonusTidak ada
Target pembacaDewasa, pengajar, mahasiswa
Latar belakang penulisGuru Besar Psikologi UI
View all
No.5

Haemin SunimThe Things You Can See Only When You Slow Down

Harga referensi
Rp125.000
Agak Mahal

Cara menyikapi pikiran yang selalu haus akan jawaban

Kelebihan:

  • Membantu pembaca mengidentifikasi diri sendiri atas kasus yang sedang dialami

Kekurangan:

  • Beberapa materi bersifat umum sehingga beberapa pembaca merasa tidak terkesan dengan ide yang diberikan

Banyak yang mengatakan bahwa, "time is money". Hal tersebut membuat kebanyakan orang sibuk bekerja untuk mendapatkan uang. Namun, apakah Anda telah menikmati hidup dengan maksimal? Buku ini mengajak para pembacanya untuk melihat hidup secara perlahan.


Melalui bukunya, biarawan Buddha bernama Haemin Sunim menunjukkan bahwa masalah apa pun dalam hidup dapat disikapi dengan pikiran sehat. Buku ini memiliki pembahasan yang sangat ringan dan mengalir. Jika Anda sedang mencari inspirasi untuk lebih mengenal diri sendiri atau sesama, buku ini wajib dibaca.

PenerbitKepustakaan Gramedia Populer
ISBN978-602-4813-65-9
Lokal/TerjemahanTerjemahan
BahasaIndonesia
TopikKesadaran diri
Jenis bukuPsikologi populer
Jumlah halaman280
Volume/EdisiTidak diketahui
Berat200 g
Ukuran13,5 cm × 18 cm
Tahun terbit2020
Rating di Goodreads4,06 dari 5
Dilengkapi bonusTidak diketahui
Isi bonusTidak ada
Target pembacaDewasa
Latar belakang penulisBiksu
View all
No.6

Abdul MujibTeori Kepribadian: Perspektif Psikologi Islam

Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Memahami psikologi umat Islam dengan kacamata yang sesuai

Kelebihan:

  • Edisi saat ini memasukkan pedoman penelitian sehingga membantu riset para mahasiswa psikologi
  • Memperkaya perspektif mahasiswa psikologi di luar paradigma psikologi sekuler

Kekurangan:

  • Buku ini lebih banyak menyajikan teori, belum sampai ke aplikasi praktis 

Ilmu psikologi di Indonesia didominasi oleh perspektif Barat. Sayangnya, analisis yang disediakan oleh teori-teori dari Barat tersebut masih belum sepenuhnya mampu diterapkan pada kasus-kasus yang dialami oleh umat Islam. Buku ini membahas panjang lebar segala aspek psikologi kepribadian Islam. Misalnya, Anda akan mempelajari sruktur kepribadian Islam, tipologi kepribadian Islam, hingga gangguan kepribadian. 


Dibandingkan edisi sebelumnya, edisi kali ini memasukkan beberapa pedoman yang patut dipakai dalam penelitian. Jadi, jika Anda sedang menginginkan pisau analisis baru dalam masalah kepribadian, silakan mempertimbangkan buku ini. Penulisnya sendiri, Abdul Mujib, termasuk salah satu tokoh yang memperkenalkan psikologi Islam di Indonesia.

PenerbitRajagrafindo Persada
ISBN978-602-4250-67-6
Lokal/TerjemahanLokal
BahasaIndonesia
TopikPsikologi Islam, psikologi kepribadian
Jenis bukuAkademis
Jumlah halaman410
Volume/EdisiTidak diketahui
BeratTidak diketahui
Ukuran15,5 cm × 23 cm
Tahun terbitTidak diketahui
Rating di Goodreads4,0 dari 5
Dilengkapi bonusTidak diketahui
Isi bonusTidak ada
Target pembacaDewasa, mahasiswa psikologi, keguruan, dan tarbiyah
Latar belakang penulisGuru Besar Psikologi UIN
View all
No.7

Ibnu SinaPsikologi Islam: Rujukan Utama Ilmu Psikologi Dunia

Harga referensi
Rp93.000
Menengah

Belajar tentang jiwa dari pemikir besar dunia Islam

Kelebihan:
  • Memberikan telaah mendetail terkait hakikat jiwa manusia

Kekurangan:

  • Buku ini ditulis dengan bahasa yang agak berat sehingga kurang pas untuk pembaca awam


Ibnu Sina, pemikir besar Islam dari abad ke-11, sudah menyadari makna kehadiran jiwa. Beliau menelaah aspek jiwa dalam beberapa kitab, antara lain Ahwal an-Nafs dan Tsalats Rasa'il. Kedua kitab ini disatukan dalam buku berjudul Psikologi Islam: Rujukan Utama Ilmu Psikologi Dunia yang diterbitkan oleh Rene Turos.


Dalam buku ini Anda akan menyaksikan pembuktian Ibnu Sina betapa jiwa adalah entitas berbeda. Anda juga akan mengetahui bagaimana manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnya, terutama karena manusia dibekali akal. Kami menyarankan Anda untuk membaca buku ini jika tertarik menggali lebih dalam apa itu jiwa dari perspektif Islam.
PenerbitTuros Khazanah Pustaka Islam
ISBN978-623-7327-75-3
Lokal/TerjemahanTerjemahan
BahasaIndonesia
TopikPsikologi Islam
Jenis bukuAkademis
Jumlah halaman348
Volume/EdisiTidak diketahui
BeratTidak diketahui
Ukuran18 cm × 24 cm
Tahun terbit2022
Rating di Goodreads4,0 dari 5
Dilengkapi bonusTidak diketahui
Isi bonusTidak ada
Target pembacaDewasa, mahasiswa
Latar belakang penulisFilsuf
View all
No.8

Lyyn WilcoxPsikologi Kepribadian: Menyelami Misteri Kepribadian Manusia

Harga referensi
Rp70.000
Lebih Murah

Teori kepribadian dari perspektif psikologi barat dan Islam

Kelebihan:
  • Menyajikan perspektif Barat dan Islam secara lengkap

Kekurangan:

  • Di beberapa bagian, pembahasan terasa terlalu bertele-tele dan kurang fokus


Konsep kepribadian selalu menjadi tema yang menarik untuk dikulik lebih dalam. Buku karya Lyyn Wilcox ini memaparkan betapa konflik akibat dualisme kepribadian itu bisa berdampak panjang pada kepuasan diri. Untuk itu, pahami integritas pribadi ke arah positif.


Buku ini tidak sekadar memotret dari perspektif psikologi Barat, tetapi juga psikologi Islam lewat metode sufi. Setiap pendekatan dilengkapi sejarah, metodologi, dan teori-teori pendukung. Buku ini kami rekomendasikan bagi Anda yang sedang mencari bacaan bertema psikologi kepribadian dari berbagai sudut pandang.

PenerbitDiva Press
ISBN978-602-7696-64-8
Lokal/TerjemahanTerjemahan
BahasaIndonesia
TopikPsikologi kepribadian
Jenis bukuAkademis
Jumlah halaman412
Volume/EdisiTidak diketahui
BeratTidak diketahui
Ukuran14 cm × 20 cm
Tahun terbit2018
Rating di Goodreads3,37 dari 5
Dilengkapi bonusTidak diketahui
Isi bonusTidak ada
Target pembacaDewasa, pemerhati psikologi, mahasiswa psikologi
Latar belakang penulisAhli psikolog
View all
No.9

Sigmund FreudThe Interpretation of Dreams

Harga referensi
Rp130.000
Agak Mahal

Salah satu rujukan utama dalam tafsir mimpi dengan pendekatan psikologis

Kelebihan:

  • Menyajikan pandangan alternatif terhadap fungsi dan makna mimpi manusia

Kekurangan:

  • Bagi sebagian orang, Freud tampak terlalu menekankan aspek seksualitas dalam pemaknaan mimpi

Jika Anda ingin mengkaji tafsir mimpi dengan pendekatan psikologis, buku ini wajib Anda baca! Sigmund Freud dikenal dengan teori psikoanalisisnya dalam mengkaji interpretasi mimpi secara psikologis. Tujuannya untuk memudahkan analisis psikologis terhadap gangguan jiwa.


Freud meyakini bahwa mimpi merupakan simbol dari sesuatu yang terpendam di alam bawah sadar. Misalnya, Anda bermimpi melihat ular. Mimpi ini dapat berarti kenangan buruk yang Anda alami pada masa kecil. Menurut Freud, dengan menyelami alam bawah sadar, penyakit atau gangguan mental bisa disembuhkan. Jika Anda tertarik dengan kajian psikologi, buku ini akan memperkaya wawasan Anda.

PenerbitShiramedia
ISBN978-602-5868-19-1
Lokal/TerjemahanTerjemahan
BahasaIndonesia
TopikTeori psikologi
Jenis bukuAkademis
Jumlah halaman488
Volume/EdisiTidak diketahui
Berat500 g
Ukuran23 cm × 15 cm
Tahun terbit2019
Rating di Goodreads3,84 dari 5
Dilengkapi bonusTidak diketahui
Isi bonusTidak ada
Target pembacaDewasa, mahasiswa
Latar belakang penulisAhli psikologi
View all
No.10

Gary Groth, MarnatHandbook of Psychological Assessment

Harga referensi
Rp220.000
Lebih Mahal

Membekali Anda dengan informasi terkait konseling dan uji psikologi

Kelebihan:
  • Memaparkan berbagai pendekatan dalam proses assessment secara teknis dengan detail

 

Kekurangan:

  • Ada pembaca yang menganggap beberapa bagian terasa kurang detail

Apakah Anda sedang mencari buku terkait konsultasi dan pengukuran psikologi? Jika ya, Anda perlu membaca Handbook of Psychology Assessment dari Gary Groth-Marnat. Di sini Anda akan mendapatkan beragam pengetahuan yang dibutuhkan untuk melakukan konseling. Dibandingkan edisi sebelumnya, buku ini sudah memasukkan RBAN yang berfungsi dalam mengukur demensia. 


Anda juga akan menjumpai Minnesota Multiphasic Personality Inventori-2-Restructured Form. Format pengujian ini lebih ringkas, tetapi terbukti efektif secara klinis. Tak kalah pentingnya adalah penulisan laporan psikologi yang dilengkapi contoh-contohnya untuk memberi gambaran lebih jelas kepada pembaca. Penjelasan yang detail ini akan membantu Anda melakukan aktivitas konsultasi dan penilaian.

PenerbitPustaka Pelajar
ISBN978-602-8764-50-6
Lokal/TerjemahanTerjemahan
BahasaIndonesia
TopikPsikologi klinis
Jenis bukuAkademis
Jumlah halaman680
Volume/EdisiTidak diketahui
BeratTidak diketahui
UkuranTidak diketahui
Tahun terbit2010
Rating di Goodreads3,66 dari 5
Dilengkapi bonusTidak diketahui
Isi bonusTidak ada
Target pembacaDewasa, mahasiswa psikologi
Latar belakang penulisPakar psikologi
View all

Baca juga rekomendasi buku self-improvement lainnya di sini

Untuk meningkatkan pengetahuan, Anda mungkin tidak hanya membutuhkan buku psikologi. Oleh karena itu, kami telah mengulas beberapa rekomendasi buku self-improvement lainnya. Jika Anda penasaran ingin membacanya, klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini sampai habis, buku manakah yang membuat Anda tertarik? Memahami diri sendiri dari dalam mungkin agak rumit karena manusia terbiasa menilai orang dari luar. 


Namun, makin sering membaca buku psikologi, Anda akan makin memahami diri sendiri dan orang lain. Saat memilih buku psikologi, jangan lupa juga baca ulasan pembaca lainnya. Selain itu, pastikan buku yang Anda beli adalah buku asli dan bukan bajakan. Selamat memilih dan berbelanja!

5 Rekomendasi Buku Psikologi terbaik

No. 1: Adjie SantosoputroMengheningkan Cinta

No. 2: Morgan HouselThe Psychology of Money

No. 3: Alex SoburPsikologi Umum

No. 4: Sarlito W. SartonoPsikologi Remaja

No. 5: Haemin SunimThe Things You Can See Only When You Slow Down

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Buku
  3. Buku pengembangan diri & karier
  4. 10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.