• 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bagi kamu yang masih berusia remaja, membaca teenlit bisa menjadi pilihan asyik untuk mengisi waktu luang. Mayoritas novel remaja menggunakan gaya bahasa santai dan gaul sehingga dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tema-tema yang diangkat pun sudah tak asing lagi, yaitu seputar sekolah, persahabatan, keluarga, cita-cita, hingga romansa.


Apabila kamu sedang mencari novel remaja yang bagus, kami akan berbagi tips untuk memilihnya. Kami juga akan menyuguhkan rekomendasi novel remaja terbaik, seperti Bumi, Ancika, dan Geez & Ann. Kamu penasaran? Yuk, baca artikel ini hingga tuntas!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Winna Efendi
Jiah Al Jafara
Antin Aprianti
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Manfaat membaca novel untuk remaja

Manfaat membaca novel untuk remaja

Membaca buku fiksi seperti novel memiliki banyak sekali manfaat, termasuk bagi remaja. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membaca novel. 


  • Membaca novel dapat meningkatkan kemampuan berimajinasi 

Saat membaca, pasti kamu membayangkan penampilan tokoh, setting, hingga kejadian-kejadian di dalamnya. Kemampuan berimajinasi ini penting untuk mengembangkan kemampuan kognitif sekaligus membantu remaja agar lebih memahami realitas.


  • Belajar mengolah perasaan dan menumbuhkan rasa empati

Di dalam novel, pasti ada tokoh protagonis dan antagonis. Dengan memahami konflik yang terjadi, kamu akan mampu mendalami alasan seseorang melakukan suatu tindakan tertentu. Dengan begitu, kamu bisa belajar untuk tidak mudah menilai seseorang dan melihatnya dari satu sisi saja.


  • Memberikan banyak pelajaran hidup

Tema dan penokohan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari membuat banyak pembaca merasa relate dengan cerita dalam novel. Oleh karena itu, banyak pembaca bisa belajar menghadapi permasalahannya dari tokoh di dalam novel yang dibaca.

Cara memilih novel remaja

Ternyata manfaat membaca novel untuk remaja cukup banyak, ya. Sekarang, waktunya kami membagikan tips memilih novel remaja yang bagus. Bacalah sampai habis supaya kamu bisa menemukan novel remaja yang terbaik untuk menambah koleksi.

Eksplorasi berbagai tema yang disuguhkan

Di antara semua novel remaja yang ada di pasaran, tema percintaan sangat mendominasi. Namun, agar tidak bosan, kamu sebaiknya mengeksplorasi tema-tema lainnya juga. Berikut ini beberapa tema novel remaja yang populer.

Percintaan: Hadirkan romansa remaja yang penuh warna

Percintaan: Hadirkan romansa remaja yang penuh warna

Kisah percintaan selalu menjadi tema menarik yang tak pernah usang untuk dibahas. Di usia remaja banyak yang mengalami jatuh cinta untuk pertama kalinya. Naksir kakak kelas, malu-malu saat berjumpa pujaan hati, hingga cinta bertepuk sebelah tangan menjadi cerita yang menyenangkan. 


Novel romance remaja biasanya dibumbui dengan komedi segar. Dengan gaya bahasa yang membumi, novel percintaan remaja cocok dijadikan bacaan ringan pengisi waktu luang. Apalagi jika kisahnya mirip dengan kisah cintamu sendiri, pasti kamu tak akan bosan membacanya.

Kehidupan sekolah: Cerita seputar kegiatan atau masalah di dalamnya

Kehidupan sekolah: Cerita seputar kegiatan atau masalah di dalamnya

Novel remaja juga tak jauh-jauh dari cerita sekolahan. Umumnya, latar tempat yang diambil adalah sekolah, mulai dari awal terjadinya konflik hingga sumber konfilk itu sendiri. Dengan mengambil tema sekolah, cerita akan terasa lebih nyata dan mudah dibayangkan oleh remaja. Kamu juga mungkin akan lebih mudah berimajinasi seolah-olah kamu adalah tokoh utama yang ada dalam cerita.

Mengejar cita-cita: Memberi inspirasi serta motivasi hidup

Mengejar cita-cita: Memberi inspirasi serta motivasi hidup

Tema lain yang juga bagus untuk dibaca remaja adalah tentang cita-cita. Banyak novel yang menyorot perjuangan tak biasa si tokoh utama dalam menggapai cita-citanya. Dengan membacanya, kamu bisa belajar pentingnya memiliki mimpi, serta memotivasi diri untuk mewujudkannya


Kisah penuh inspirasi juga banyak dikemas lewat cerita tentang keluarga. Perpisahan atau perpecahan dalam keluarga sering diangkat sebagai konflik utama. Pembaca bisa melihat perjuangan tokoh utama dalam menghadapinya, dari menjadi terpuruk hingga akhirnya bisa bangkit lagi.

Fiksi/fantasi: Menciptakan imajinasi di luar batas realita

Fiksi/fantasi: Menciptakan imajinasi di luar batas realita

Kamu yang menyukai cerita penuh ketegangan, pilihlah novel thriller atau misteri. Sepanjang cerita, kamu akan dibawa bertualang bersama tokoh utama untuk menemukan jawaban dengan cara mengumpulkan berbagai petunjuk. 


Tak jarang, kamu akan dibuat gemas akibat plot twist di dalamnya. Beberapa novel thriller juga sering dibuat berseri sehingga membuat kamu ketagihan untuk menguak semua jawaban misterinya.


Selain thriller atau misteri, novel fantasi juga tak kalah menarik. Ada beberapa novel yang menceritakan petualangan seseorang di dunia lain yang diciptakan oleh penulis. Ketegangan dan keseruan dalam perjalanan yang dilakukan sang tokoh akan membuat kamu jadi lebih semangat membaca. 

Religi: Belajar agama lewat cerita yang menarik

Religi: Belajar agama lewat cerita yang menarik

Tak sedikit novel remaja yang berbalut tema religi. Di dalam kisah-kisah yang disajikan, diselipkan beberapa ayat Al-Qur'an atau ajaran agama. Tujuannya supaya para remaja selalu ingat pada Tuhan Yang Maha Esa dalam menyikapi tiap masalah. 


Novel-novel religi remaja juga dikemas secara ringan. Tidak seperti belajar agama di sekolah, tetapi kamu akan menemukan ajaran agama lewat cerita yang diberikan penulis. Tentunya, dengan cara yang lebih menarik dan tidak membosankan. 

Praremaja: Kisah cinta hingga persahabatan dan petualangan

Praremaja: Kisah cinta hingga persahabatan dan petualangan

Dibandingkan dengan novel teenlit, novel praremaja biasanya dikemas lebih ringan. Cerita cintanya juga masih sebatas naksir teman sekolah dan kisah malu-malu kucing. Di samping cerita romansa ringan, cerita persahabatan dan petualangan juga banyak dicari. Biasanya, praremaja berusia 1013 tahun lebih menyukai cerita seperti ini, khususnya remaja laki-laki.  

Ketahui siapa penulisnya

Selain berdasarkan temanya, nama penulis juga bisa kamu jadikan patokan dalam memilih novel remaja yang bagus. Ada beberapa nama terkenal yang sudah banyak menghasilkan karya yang digemari. Berikut beberapa penulis remaja populer.

Winna Efendi: Penulis dengan gaya bahasa menarik dan alur cerita yang mengalir

Winna Efendi: Penulis dengan gaya bahasa menarik dan alur cerita yang mengalir

Winna Efendi dikenal sebagai penulis dengan alur cerita yang pelan. Ceritanya mengalir bak air, membuat pembacanya terhanyut ke dalamnya. Kalimat dan temanya cenderung sederhana. Namun, di situlah kekuatan Winna Efendi. Lewat penuturannya, dia mampu menyentuh perasaan pembaca yang bisa dengan mudah engage dengan karakter-karakternya.


Penulis yang satu ini banyak mengambil tema yang dekat dengan anak muda, seperti percintaan, keluarga, dan persahabatan. Winna Effendi juga berani mengangkat cerita yang mungkin cukup sensitif bagi sebagian orang. Namun, dengan kemampuannya bertutur, tema yang sensitif pun bisa diterima dengan cukup mudah oleh pembaca. 

Rintik Sedu: Penulis novel remaja yang ceritanya bikin baper

Rintik Sedu: Penulis novel remaja yang ceritanya bikin baper

Rintik Sedu merupakan nama pena dari penulis muda berbakat Nadhifa Allya Tsana atau yang juga dijuluki Paus oleh penggemarnya. Bermula dari platform Wattpad, karyanya kemudian dibukukan dan juga diadaptasi dalam bentuk film. Sekilas, novelnya tampak seperti novel remaja biasa dengan alur cerita yang mudah ditebak. 


Namun, begitu membacanya, kamu akan menemukan bahwa penulis yang satu ini sangat lihai membuat cerita sederhana menjadi luar biasa. Salah satu keunggulan Rintik Sedu adalah kepiawaiannya dalam merangkai kata. Dia mampu menyusun kata-kata indah dan romantis sehingga membuat pembaca menjadi baper


Rintik Sedu juga mampu menghidupkan karakter-karakter di dalam novelnya. Karyanya yang paling populer tentu saja Geez & Ann. Selain menulis sendiri, Rintik Sedu juga berkolaborasi dengan Sapardi Djoko Damono menulis kumpulan puisi bertajuk Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang.

Lexie Xu: Penulis spesialis novel misteri dan thriller

Lexie Xu: Penulis spesialis novel misteri dan thriller

Sebagai seorang Sherlockian, Lexie Xu menuangkan passion-nya akan cerita misteri dan teka-teki dengan menulis berbagai novel. Kamu akan diajak mengumpulkan berbagai petunjuk dan detail kecil demi mengungkap misteri di akhir ceritanya. Tak jarang, kamu akan terjebak dalam plot twist yang jaw-dropping.


Meskipun penuh teka-teki, teenlit karya Lexie Xu mudah diikuti oleh remaja. Mayoritas novelnya mengambil setting di sekolah dan kampus, tempat yang akrab dengan keseharian anak muda. Beberapa novel Lexie Xu merupakan novel tunggal, sedangkan yang lainnya berseri. Kamu yang gemar memecahkan misteri atau sesama Sherlockian seperti Lexie, tentu akan puas setelah membaca karyanya. 

Pilih novel dengan label best seller

Pilih novel dengan label best seller

Saat kamu bingung, novel berlabel best seller bisa dijadikan pilihan. Tak semua novel bisa mendapatkan label best seller. Hanya novel laris saja yang mendapatkan label tersebut. Dengan tingginya animo pembaca untuk membelinya, itu bisa menjadi jaminan bahwa novel tersebut bagus. Tak hanya ceritanya yang menarik, tokohnya pun biasanya meninggalkan image yang melekat kuat di hati pembaca.


Novel best seller juga lebih mudah didapatkan. Umumnya, toko buku memiliki rak khusus untuk memajangnya. Kamu juga bisa dengan mudah mendapatkannya di berbagai EC sites. Namun, kamu perlu waspada karena novel best seller banyak bajakannya. Pilihlah penjual yang kredibel atau belilah di official store untuk menghindari produk bajakan.

Baca review atau resensi dari pembaca lain

Baca review atau resensi dari pembaca lain

Jika kamu masih kurang yakin dengan satu novel, bacalah ulasan atau resensi dari pembaca lain. Kamu bisa menemukan banyak sekali ulasan di berbagai blog pribadi atau di Goodreads. Membaca review bisa memberikan gambaran tentang kelebihan sebuah novel hingga kekurangannya


Hanya saja, beberapa ulasan mungkin mengandung spoiler yang bisa mengurangi keasyikan dalam membaca. Untuk itu, berhati-hatilah saat membaca ulasan agar tidak tersandung spoiler.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Pidi BaiqDilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990

Mulai dari Rp 58.650,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi novel remaja terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh novel remaja terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.

10
TemaMisteri
Jumlah halaman296
Dimensi20 cm x 13,5 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Rating di Goodreads3,64 dari 5
9
TemaPercintaan, sekolah
Jumlah halaman264
Dimensi20 cm x 14 cm
PenerbitGagas Media
Rating di Goodreads3,90 dari 5
8
TemaKeluarga, percintaan
Jumlah halaman432
Dimensi13 cm x 19 cm
PenerbitGagas Media
Rating di Goodreads3,98 dari 5
7
TemaPercintaan, persahabatan, sekolah, mengejar cita-cita
Jumlah halaman388
Dimensi19 cm x 13 cm
Penerbit Asoka Aksara x Loveable
Rating di Goodreads3,98 dari 5
6
TemaAction, misteri
Jumlah halaman304
Dimensi13,5 cm x 20 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Rating di Goodreads4,06 dari 5
5

Rizal IwanCreepy Case Club 4: Kasus Pohon Pemanggil

Mulai dari Rp 41.250,00

TemaPraremaja, misteri
Jumlah halaman200
Dimensi19,5 cm x 13 cm
PenerbitKepustakaan Populer Gramedia
Rating di Goodreads4,07 dari 5
4
TemaKeluarga, sekolah, dan cita-cita
Jumlah halaman368
Dimensi20 cm x 13,5 cm
PenerbitBentang Pustaka
Rating di Goodreads4,07 dari 5
3

Pidi BaiqAncika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995

Mulai dari Rp 98.000,00

TemaPercintaan, sekolah
Jumlah halaman344
Dimensi21 cm x 14 cm
PenerbitMizan
Rating di Goodreads4,09 dari 5
2
TemaReligi, persahabatan, mengejar cita-cita
Jumlah halaman224
Dimensi13,5 cm x 20 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Rating di Goodreads4,11 dari 5
1
TemaFantasi
Jumlah halaman440
Dimensi14 cm x 21 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Rating di Goodreads4,27 dari 5

Tabel perbandingan produk novel remaja terbaik

Gambar produk
1
Tere Liye Bumi 1

Tere Liye

2
Ahmad Fuadi Negeri 5 Menara 1

Ahmad Fuadi

3
Pidi Baiq Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 1

Pidi Baiq

4
Dee Lestari Rapijali 1: Mencari 1

Dee Lestari

5
Rizal Iwan Creepy Case Club 4: Kasus Pohon Pemanggil 1

Rizal Iwan

6
Luna Torashyngu Mawar Merah: Mosaik 1

Luna Torashyngu

7
Dhia'an Farah Dikta & Hukum 1

Dhia'an Farah

8
Winna Efendi One Little Thing Called Hope 1

Winna Efendi

9
Rintik Sedu Geez & Ann 1

Rintik Sedu

10
Lexie Xu Surat untuk Hera 1

Lexie Xu

Nama produk

Bumi

Negeri 5 Menara

Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995

Rapijali 1: Mencari

Creepy Case Club 4: Kasus Pohon Pemanggil

Mawar Merah: Mosaik

Dikta & Hukum

One Little Thing Called Hope

Geez & Ann

Surat untuk Hera

Keunggulan

Petualangan seru sekumpulan remaja menjelajah dunia paralel

Kisah yang menginspirasi dari balik dinding pesantren

Novel remaja best seller tahun 2021, lanjutan perjalanan cinta Dilan

Perjalanan Ping mengejar cita-cita dan mencari jati diri

Novel praremaja bertema supranatural yang cukup menegangkan

Tantang adrenalin kamu dengan membaca kisah seru yang penuh aksi ini!

Ceritanya bikin baper sekaligus sedih

Cerita tentang kehilangan yang mengajarkan arti penting keluarga

Kisah cinta antara Geez dan Ann, romansa ringan yang menghanyutkan

Jangan baca buku ini jika tidak punya keberanian!

Harga mulai dariRp 77.250,00Rp 98.000,00Rp 98.000,00Rp 99.000,00Rp 41.250,00Rp 79.000,00Rp 88.000,00Rp 77.000,00Rp 89.000,00
TemaFantasiReligi, persahabatan, mengejar cita-citaPercintaan, sekolahKeluarga, sekolah, dan cita-citaPraremaja, misteriAction, misteriPercintaan, persahabatan, sekolah, mengejar cita-citaKeluarga, percintaanPercintaan, sekolahMisteri
Jumlah halaman440224344368200304388432264296
Dimensi14 cm x 21 cm13,5 cm x 20 cm21 cm x 14 cm20 cm x 13,5 cm19,5 cm x 13 cm13,5 cm x 20 cm19 cm x 13 cm13 cm x 19 cm20 cm x 14 cm20 cm x 13,5 cm
PenerbitGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaMizanBentang PustakaKepustakaan Populer GramediaGramedia Pustaka Utama Asoka Aksara x LoveableGagas MediaGagas MediaGramedia Pustaka Utama
Rating di Goodreads4,27 dari 54,11 dari 54,09 dari 54,07 dari 54,07 dari 54,06 dari 53,98 dari 53,98 dari 53,90 dari 53,64 dari 5
Tautan produk

Baca juga rekomendasi novel lainnya di sini

Apabila kamu ingin membaca novel genre lain, kami memiliki banyak rekomendasi novel untukmu. Mulai dari novel romantis, novel persahabatan, hingga novel young adult, semua sudah kami siapkan. Penasaran apa saja novelnya? Silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Membaca novel memiliki banyak sisi positif untuk remaja. Selain untuk mengisi waktu luang, daya imajinasi kamu pun akan meningkat. Tak hanya itu, kamu pun dapat mengambil berbagai pelajaran berharga dari kisah yang ada dalam novel.


Bacalah novel dengan tema berbeda untuk memperkaya pengetahuan. Kamu juga bisa memilih novel dari penulis-penulis terkenal atau yang berlabel best seller. Semoga list rekomendasi kami bisa menjadi referensi dalam memilih novel remaja terbaik. Happy reading!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mungkin banyak di antara Anda yang tumbuh bersama novel-novel dari Tere Liye. Tak hanya cerita novelnya saja yang mengaduk-aduk perasaan, tetapi kutipan tulisan Tere Liye juga menyentuh hati. Dari semua novel Tere Liye yang ada, manakah yang paling Anda sukai?Untuk Anda yang baru mengetahui karya Tere Liye atau rindu ingin membaca ulang novel-novelnya, bacalah artikel ini. Kami akan memberikan rekomendasi sepuluh novel yang bagus dari Tere Liye, seperti Rindu, Bumi, Hujan, dan Pulang. Sosok Tere Liye dan karyanya juga akan kami bahas lebih mendalam, lho!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda bisa terinspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di media sosial.Namun, setiap bulan selalu ada judul novel romantis terbaru yang terbit, mulai dari Hilmy Milan hingga Himpunan. Ada pula kisah menarik dari Wattpad yang dijadikan novel dan novel best seller lainnya. Agar tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih novel romantis yang bagus untuk Anda.
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Anak SD (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Anak SD (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak tingkat SD biasanya sudah lancar membaca. Jadi, Anda pun bisa membaca buku cerita bersama si kecil untuk mengisi quality time. Di pasaran, banyak dijual buku bacaan untuk anak SD, seperti Lima Sekawan, The Little Prince, dan lainnya. Namun, buku cerita seperti apa yang bagus untuk anak Anda?Agar Anda mudah menentukan pilihan, simaklah tips memilih buku cerita untuk anak SD yang telah kami susun. Jangan lewatkan juga sepuluh rekomendasi produk terbaiknya, mulai dari buku cerita bergambar, berbahasa Inggris, hingga bertema edukasi. Yuk, temukan buku cerita terbaik untuk si kecil!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Wattpad yang Sudah Diterbitkan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Wattpad yang Sudah Diterbitkan (Terbaru Tahun 2022)
    Di Wattpad, Anda bisa menemukan cerita dalam berbagai genre, seperti fiksi remaja, romansa, perjodohan Islami, sekolah, dan lainnya. Jika sebelumnya Anda hanya bisa membaca melalui gawai, kini cerita adaptasi Wattpad sudah banyak beredar dalam bentuk buku fisik.Saat ini, Anda barangkali dilanda kebingungan memilih novel Wattpad yang sudah diterbitkan. Maka dari itu, kami akan memandu Anda memilih novel Wattpad yang bagus. Judul-judul novel Wattpad terbaik, seperti Mariposa karya Luluk HF dan Claires karya Valerie Patkar ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu sumber pengetahuan dalam belajar agama Islam adalah melalui buku. Di pasaran sendiri, banyak buku agama Islam yang dapat dijadikan referensi, salah satunya adalah novel islami. Selain dikemas dalam bahasa yang ringan, biasanya novel islami memiliki alur cerita yang membuat pembacanya dapat terinspirasi. Melalui artikel ini, kami akan merekomendasikan sepuluh buku novel islami terbaru dari berbagai tema. Kami juga akan mengulas novel islami best seller dari penulis ternama, seperti Habiburrahman El Shirazy dan Asma Nadia. Yuk, temukan kumpulan novel islami yang bagus dengan membaca artikel ini sampai tuntas. 
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Novel sejarah Indonesia merupakan novel yang ditulis berdasarkan peristiwa yang pernah terjadi di Indonesia. Panjangnya sejarah Indonesia menjadikan novel jenis ini cukup beragam. Anda dapat menemukan novel sejarah Indonesia dengan tema kerajaan, budaya, hingga romansa. Ada yang berisi kisah fiksi, nonfiksi, rangkuman sejarah secara singkat, dan sebagainya.Banyaknya pilihan novel sejarah Indonesia mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilihnya. Kami akan menjelaskan cara memilih novel sejarah Indonesia yang bagus. Judul-judul novel sejarah terbaik seperti Laut Bercerita dan The Rise of Majapahit ada dalam rekomendasi kami. Simak sampai habis, ya!
    Novel & sastra
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori