Bagi Anda yang bergelut di dunia bisnis, marketing adalah ilmu yang kompleks dan sangat penting untuk dipelajari. Selain penentuan produk, penempatan usaha, dan cara promosi, marketing juga membahas penentuan harga. Di toko buku banyak terdapat buku-buku marketing yang bisa Anda pelajari.
Akan tetapi, Anda pasti bingung memilih buku marketing yang bagus. Di artikel ini kami akan membahas cara memilih buku marketing terbaik. Judul-judul buku marketing populer dan best seller seperti Shoe Dog dan They Ask, You Answer ada dalam rekomendasi kami. Baca artikel ini sampai habis, ya!
Marketing adalah strategi untuk mengenalkan produk barang atau jasa yang akan dijual agar diketahui calon pembeli atau masyarakat. Strategi marketing antara lain penentuan produk, target pasar, cara promosi, hingga penentuan harga. Supaya strategi tersebut tercapai, Anda membutuhkan pengetahuan mengenai perilaku masyarakat saat berbelanja
Banyak orang menyamakan sales dan marketing, padahal keduanya berbeda. Marketing adalah aktivitas dalam menentukan atau menciptakan pasar untuk produk atau jasa yang Anda jual. Sementara itu, sales fokus pada penjualan produk atau jasa yang Anda jual. Dalam arti kata lain, sales adalah bagian kecil dari keseluruhan aktivitas marketing yang kompleks.
Meskipun marketing adalah ilmu yang lebih cocok dipraktikkan secara langsung, ada baiknya Anda mengisi pengetahuan lewat buku. Buku marketing tidak hanya membahas taktik, tetapi juga pola pikir seorang marketer dan sisi psikologis dari pembeli. Dengan membaca buku marketing, Anda akan memiliki akar pemahaman yang kuat mengenai pemasaran.
Sebelum memutuskan membeli buku marketing, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Anda perlu mengetahui topik yang Anda butuhkan, buku yang best seller, siapa penulisnya, dan ulasan bukunya. Hal tersebut dapat membuat Anda terhindar dari buku marketing yang kurang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Ada salah satu ungkapan di dunia marketing yang bilang, "Semua produk bisa dijual asal target pasarnya tepat". Untuk bisa membuat ungkapan tersebut terealisasi, Anda harus memahami kebutuhan konsumen dan memasarkan produk ke target yang tepat.
Terkadang, brand yang sukses merebut pasar bukanlah yang memenuhi kebutuhan semua orang, tetapi justru yang memiliki target kecil konsumen. Dengan mengetahui target konsumen yang jelas, Anda bisa memasarkan produk dengan fitur dan kelebihan yang memang dibutuhkan.
Jangan sampai Anda menghabiskan modal untuk membuat produk terbagus, padahal produk tersebut tidak dibutuhkan konsumen. Contoh buku yang membahas hal tersebut dengan baik adalah Blue Ocean Strategy karya W. Chan Kim dan Renee Mauborgne.
Tak bisa dimungkiri, saat ini orang sudah sangat terbiasa untuk bertransaksi secara online. Bill Gates pernah bilang, "Jika bisnis Anda tidak bisa ditemukan di internet saat ini, bisnis Anda akan gagal."
Digital marketing menjadi ilmu yang populer di dunia bisnis sejak 10 hingga 15 tahun ke belakang. Digital marketing adalah ilmu yang wajib Anda kuasai pada era modern ini.
Digital marketing mencakup social media marketing, search engine optimization (SEO), pembuatan website dan coding dasar, hingga personal branding. Dengan digital marketing, Anda bisa mengetahui kebutuhan dan tren pasar melalui penelurusan digital.
Branding yang kuat bisa mendatangkan konsumen baru atau membuat pelanggan lama datang kembali. Strategi branding yang tepat bisa membuat brand Anda jadi top of mind di mata pembeli.
Akan tetapi, hal yang terpenting adalah terjalinnya ikatan emosional antara pembeli dan brand Anda. Terkadang, konsumen membeli produk bukan karena kualitas atau harganya yang terbaik, tetapi karena sudah cinta dengan brand-nya.
Salah satu strategi untuk memasarkan produk dan brand Anda adalah melalui iklan. Anda bisa saja menyewa konsultan periklanan atau agensi untuk membuat iklan yang bagus. Namun, Anda juga harus mengetahui dasar-dasarnya.
Periklanan mengajari Anda cara membuat pesan yang tepat serta media yang paling pas untuk mengomunikasikannya. Beberapa buku marketing yang bagus untuk dibaca adalah Building a StoryBrand karya Donald Miller.
Untuk Anda yang jarang membaca buku atau baru kali pertama membaca buku tentang marketing, pilihlah buku marketing best seller. Buku marketing best seller, baik nasional maupun internasional, umumnya memiliki kualitas yang baik.
Isinya yang berbobot dan penyampaian yang mudah dicerna oleh banyak kalangan dapat menjadi alasan buku tersebut laris manis. Namun, meskipun sudah mendapat predikat best seller, bukan menjadi jaminan semuanya berkualitas.
Anda mesti membaca dulu sinopsis atau ulasan dari pembaca lain agar buku yang akan Anda beli sesuai. Anda bisa membaca ulasan buku marketing di situs kenamaan Goodreads.
Sebelum memutuskan untuk membeli buku marketing, sebaiknya Anda mencari tahu siapa penulisnya. Lebih baik lagi jika penulisnya adalah praktisi di dunia marketing juga. Ilmu yang dibagikan akan lebih dalam dan bisa Anda aplikasikan di dunia nyata.
Jika Anda membaca buku Shoe Dog, Anda akan mendapatkan ilmu dari Phil Knight yang sudah berpengalaman jatuh-bangun membangun brand Nike. Dengan membaca buku yang ditulis langsung oleh penulis berpengalaman, Anda dapat lebih percaya dan bisa jadi terinspirasi oleh pencapaiannya.
Mulai dari Rp 65.000,00
Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh buku marketing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.
Mulai dari Rp 88.000,00
Rating di Goodreads | 3,92 dari 5 |
---|---|
Penulis | Dale Carnegie & Associates |
Topik | Digital marketing |
Bahasa | Indonesia (terjemahan) |
Best seller | Ya |
Penerbit | Gramedia Pustaka Utama |
Jumlah halaman | 281 |
Tahun terbit | 2020 |
Mulai dari Rp 88.000,00
Rating di Goodreads | 3,96 dari 5 |
---|---|
Penulis | Jonah Berger |
Topik | Digital marketing |
Bahasa | Indonesia (terjemahan) |
Best seller | Ya |
Penerbit | Gramedia Pustaka Utama |
Jumlah halaman | 308 |
Tahun terbit | 2019 |
Mulai dari Rp 230.000,00
Rating di Goodreads | 3,98 dari 5 |
---|---|
Penulis | W. Chan Kim & Renee A. Mauborgne |
Topik | Product positioning |
Bahasa | Inggris |
Best seller | Ya |
Penerbit | Harvard Business Publishing |
Jumlah halaman | 320 |
Tahun terbit | 2015 |
Mulai dari Rp 88.000,00
Rating di Goodreads | 3,98 dari 5 |
---|---|
Penulis | Seth Godin |
Topik | Product positioning |
Bahasa | Indonesia (terjemahan) |
Best seller | Ya |
Jumlah halaman | 280 |
Penerbit | Gramedia Pustaka Utama |
Tahun terbit | 2020 |
Mulai dari Rp 115.000,00
Rating di Goodreads | 4,00 dari 5 |
---|---|
Penulis | Gary Vaynerchuk |
Topik | Branding dan advertising, digital marketing |
Bahasa | Indonesia (terjemahan) |
Best seller | Ya |
Penerbit | Gramedia Pustaka Utama |
Jumlah halaman | 364 |
Tahun terbit | 2020 |
Mulai dari Rp 78.000,00
Rating di Goodreads | 4,08 dari 5 |
---|---|
Penulis | Philip Kotler, Hermawan Kartajaya & Iwan Setiawan |
Topik | Digital marketing |
Bahasa | Indonesia |
Best seller | Ya |
Penerbit | Gramedia Pustaka Utama |
Jumlah halaman | 192 |
Tahun terbit | 2019 |
Mulai dari Rp 299.000,00
Rating di Goodreads | 4,09 dari 5 |
---|---|
Penulis | Eric Enge, Stephan Spencer & Jessie C. Stricchiola |
Topik | Digital marketing |
Bahasa | Inggris |
Best seller | Ya |
Penerbit | O'Reilly Media |
Jumlah halaman | 994 |
Tahun terbit | 2015 |
Mulai dari Rp 262.000,00
Rating di Goodreads | 4,28 dari 5 |
---|---|
Penulis | Donald Miller |
Topik | Branding dan advertising |
Bahasa | Inggris |
Best seller | Ya |
Penerbit | Harper Collins Leadership |
Jumlah halaman | 240 |
Tahun terbit | 2017 |
Mulai dari Rp 90.000,00
Rating di Goodreads | 4,32 dari 5 |
---|---|
Penulis | Marcus Sheridan |
Topik | Digital marketing |
Bahasa | Inggris |
Best seller | Tidak disebutkan |
Penerbit | Wiley |
Jumlah halaman | 352 |
Tahun terbit | 2019 |
Mulai dari Rp 255.000,00
Rating di Goodreads | 4,47 dari 5 |
---|---|
Penulis | Phil Knight |
Topik | Branding dan advertising |
Bahasa | Inggris |
Best seller | Ya |
Penerbit | Simon & Schuster |
Jumlah halaman | 400 |
Tahun terbit | 2018 |
Gambar produk | 1 ![]() Phil Knight | 2 ![]() Marcus Sheridan | 3 ![]() Donald Miller | 4 ![]() Eric Enge, Stephan Spencer, Jessie C. Stricchiola | 5 ![]() Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan Setiawan | 6 ![]() Gary Vaynerchuk | 7 ![]() Seth Godin | 8 ![]() W. Chan Kim, Renee A. Mauborgne | 9 ![]() Jonah Berger | 10 ![]() Dale Carnegie & Associates |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Nama produk | Shoe Dog: A Memoir by the Creator of Nike | They Ask, You Answer | Building a StoryBrand | The Art of SEO | Marketing 4.0 | Crushing It! | This Is Marketing | Blue Ocean Strategy | Contagious: Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Populer | How To Win Friends and Influence People in the Digital Age |
Keunggulan | Seorang marketer harus pantang menyerah seperti Phil Knight! | Ketahui bagaimana membangun kepercayaan pembeli melalui konten, video, dan web | Membangun pesan yang efektif untuk pelanggan | Mari mengenal SEO agar produk Anda tampil paling atas! | Intip cara marketer memengaruhi orang untuk berbelanja di era digital | Jualan makin laris berkat personal branding yang kuat | Membedah strategi marketing era modern ala Seth Godin | Daripada sibuk bersaing, lebih baik belajar membuat pasar Anda sendiri! | Belajar membuat iklan viral dari Jonah Berger | Edisi baru buku marketing klasik yang disesuaikan dengan era digital |
Harga mulai dari | Rp 255.000,00 | Rp 90.000,00 | Rp 262.000,00 | Rp 299.000,00 | Rp 78.000,00 | Rp 115.000,00 | Rp 88.000,00 | Rp 230.000,00 | Rp 88.000,00 | Rp 88.000,00 |
Rating di Goodreads | 4,47 dari 5 | 4,32 dari 5 | 4,28 dari 5 | 4,09 dari 5 | 4,08 dari 5 | 4,00 dari 5 | 3,98 dari 5 | 3,98 dari 5 | 3,96 dari 5 | 3,92 dari 5 |
Penulis | Phil Knight | Marcus Sheridan | Donald Miller | Eric Enge, Stephan Spencer & Jessie C. Stricchiola | Philip Kotler, Hermawan Kartajaya & Iwan Setiawan | Gary Vaynerchuk | Seth Godin | W. Chan Kim & Renee A. Mauborgne | Jonah Berger | Dale Carnegie & Associates |
Topik | Branding dan advertising | Digital marketing | Branding dan advertising | Digital marketing | Digital marketing | Branding dan advertising, digital marketing | Product positioning | Product positioning | Digital marketing | Digital marketing |
Bahasa | Inggris | Inggris | Inggris | Inggris | Indonesia | Indonesia (terjemahan) | Indonesia (terjemahan) | Inggris | Indonesia (terjemahan) | Indonesia (terjemahan) |
Best seller | Ya | Tidak disebutkan | Ya | Ya | Ya | Ya | Ya | Ya | Ya | Ya |
Penerbit | Simon & Schuster | Wiley | Harper Collins Leadership | O'Reilly Media | Gramedia Pustaka Utama | Gramedia Pustaka Utama | 280 | Harvard Business Publishing | Gramedia Pustaka Utama | Gramedia Pustaka Utama |
Jumlah halaman | 400 | 352 | 240 | 994 | 192 | 364 | Gramedia Pustaka Utama | 320 | 308 | 281 |
Tahun terbit | 2018 | 2019 | 2017 | 2015 | 2019 | 2020 | 2020 | 2015 | 2019 | 2020 |
Tautan produk |
Selain buku tentang marketing, kami juga sudah pernah membahas beberapa buku lainnya. Anda bisa mencari tahu tentang buku self-improvement, biografi, dan nonfiksi terbaik rekomendasi kami. Silakan klik tautan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.
Apakah Anda sudah menemukan buku marketing yang ingin Anda baca? Ilmu marketing sangat luas, tetapi bukan berarti tidak bisa dipelajari. Bacalah buku marketing yang bisa menjadi referensi untuk solusi permasalahan Anda saat ini.
Dengan begitu, Anda akan semangat untuk selalu mempelajari dan mengaplikasikannya. Selain sepuluh rekomendasi di artikel ini, tentunya masih banyak lagi buku marketing yang bisa Anda pelajari. Semoga Anda menemukan buku marketing yang tepat.
Kebutuhan rumah tangga
Peralatan mandi、Peralatan kebersihan、Kebun & luar ruanganElektronik rumah tangga
Home entertainment、Peralatan kebersihan、Penyejuk & pembersih udaraKomputer & laptop
Aksesori komputer & laptop、Komputer、LaptopKamera
Lensa & aksesori、Aksesori kamera、Baterai & charger kameraPerawatan tubuh & kecantikan
Perawatan gigi & mulut、Perawatan wajah、Perawatan badanKesehatan
Alat medis、Produk dewasa & kewanitaan、Vitamin & suplemenMakanan & minuman
Roti & kue、Makanan instan、Minuman instanPeralatan dapur
Peralatan masak、Peralatan makan & minum、Aksesori dapurFashion wanita
Pakaian wanita、Pakaian dalam wanita、Aksesori wanitaFashion pria
Pakaian pria、Pakaian dalam pria、Aksesori priaFashion anak
Pakaian anak、Pakaian dalam anak、Aksesori anakIbu & anak
Pakaian ibu hamil、Makanan & susu bayi、Mainan & aktivitas bayiInterior & furnitur
Dekorasi ruangan、Tempat penyimpanan、Kamar mandiHobi
Permainan、Film、MusikOutdoor & sports
Perlengkapan outdoor、Camping & hiking、Gym & fitnessDIY & tools
Cat & perlengkapan、Hand tools、Power toolsPerawatan hewan
Grooming hewan、Makanan hewan、Perawatan anjingBuku
Buku impor、Buku akademik、Buku hobiPeralatan kantor & alat tulis
Alat tulis、Kalkulator & kamus elektronik、Document organizerOtomotif
Aksesori mobil、Aksesori motor、Komponen mobil & motorPerlengkapan pesta & hadiah
Pesta & event、Persiapan pernikahan、Bungkus & kemasanHandphone & tablet
Handphone、Tablet、Aksesori handphone & tabletGaming
Game console、CD game、Aksesori mobile gamingProgram & aplikasi
Program komputer、AplikasiTravelling
Tiket & voucer、Perlengkapan travelling、Hotel & penginapan