1. TOP
  2. >
  3. Buku
  4. >
  5. Buku pengembangan diri & karier
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Buku Marketing Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Buku Marketing Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Marketing Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Marketing Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Marketing Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Marketing Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Buku Marketing Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Bagi Anda yang bergelut di dunia bisnis, marketing adalah ilmu yang kompleks dan sangat penting untuk dipelajari. Selain penentuan produk, penempatan usaha, dan cara promosi, marketing juga membahas penentuan harga. Di toko buku banyak terdapat buku-buku marketing yang bisa Anda pelajari.

Akan tetapi, Anda pasti bingung memilih buku marketing yang bagus. Di artikel ini kami akan membahas cara memilih buku marketing terbaik. Judul-judul buku marketing populer dan best seller seperti Shoe Dog dan They Ask, You Answer ada dalam rekomendasi kami. Baca artikel ini sampai habis, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Gambaran umum seputar marketing

Gambaran umum seputar marketing

Marketing adalah strategi untuk mengenalkan produk barang atau jasa yang akan dijual agar diketahui calon pembeli atau masyarakat. Strategi marketing antara lain penentuan produk, target pasar, cara promosi, hingga penentuan harga. Supaya strategi tersebut tercapai, Anda membutuhkan pengetahuan mengenai perilaku masyarakat saat berbelanja


Banyak orang menyamakan sales dan marketing, padahal keduanya berbeda. Marketing adalah aktivitas dalam menentukan atau menciptakan pasar untuk produk atau jasa yang Anda jual. Sementara itu, sales fokus pada penjualan produk atau jasa yang Anda jual. Dalam arti kata lain, sales adalah bagian kecil dari keseluruhan aktivitas marketing yang kompleks.


Meskipun marketing adalah ilmu yang lebih cocok dipraktikkan secara langsung, ada baiknya Anda mengisi pengetahuan lewat buku. Buku marketing tidak hanya membahas taktik, tetapi juga pola pikir seorang marketer dan sisi psikologis dari pembeli. Dengan membaca buku marketing, Anda akan memiliki akar pemahaman yang kuat mengenai pemasaran.

Cara memilih buku marketing

Sebelum memutuskan membeli buku marketing, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Anda perlu mengetahui topik yang Anda butuhkan, buku yang best seller, siapa penulisnya, dan ulasan bukunya. Hal tersebut dapat membuat Anda terhindar dari buku marketing yang kurang sesuai dengan kebutuhan Anda.

① Pilih berdasarkan topik yang Anda butuhkan

Saat Anda membaca buku marketing, pastinya Anda memiliki persoalan yang harus diselesaikan. Persoalan tersebut bisa terkait bisnis ataupun Anda sekadar mencari inspirasi saja. Agar Anda tidak membuang-buang waktu dan semangat dalam menyelesaikan buku yang dibaca, pilihlah berdasarkan topik yang Anda butuhkan.

Product positioning, membuat konsumen tidak bisa beralih dari produk Anda

Product positioning, membuat konsumen tidak bisa beralih dari produk Anda

Ada salah satu ungkapan di dunia marketing yang bilang, "Semua produk bisa dijual asal target pasarnya tepat". Untuk bisa membuat ungkapan tersebut terealisasi, Anda harus memahami kebutuhan konsumen dan memasarkan produk ke target yang tepat. 


Terkadang, brand yang sukses merebut pasar bukanlah yang memenuhi kebutuhan semua orang, tetapi justru yang memiliki target kecil konsumen. Dengan mengetahui target konsumen yang jelas, Anda bisa memasarkan produk dengan fitur dan kelebihan yang memang dibutuhkan.


Jangan sampai Anda menghabiskan modal untuk membuat produk terbagus, padahal produk tersebut tidak dibutuhkan konsumen. Contoh buku yang membahas hal tersebut dengan baik adalah Blue Ocean Strategy karya W. Chan Kim dan Renee Mauborgne.

Digital marketing, membuat Anda mengetahui tren pasar melalui penelusuran digital

Digital marketing, membuat Anda mengetahui tren pasar melalui penelusuran digital

Tak bisa dimungkiri, saat ini orang sudah sangat terbiasa untuk bertransaksi secara online. Bill Gates pernah bilang, "Jika bisnis Anda tidak bisa ditemukan di internet saat ini, bisnis Anda akan gagal."


Digital marketing menjadi ilmu yang populer di dunia bisnis sejak 10 hingga 15 tahun ke belakang. Digital marketing adalah ilmu yang wajib Anda kuasai pada era modern ini.


Digital marketing mencakup social media marketing, search engine optimization (SEO), pembuatan website dan coding dasar, hingga personal branding. Dengan digital marketing, Anda bisa mengetahui kebutuhan dan tren pasar melalui penelurusan digital.

Branding dan advertising, membuat konsumen lebih mengenali brand Anda

Branding dan advertising, membuat konsumen lebih mengenali brand Anda

Branding yang kuat bisa mendatangkan konsumen baru atau membuat pelanggan lama datang kembali. Strategi branding yang tepat bisa membuat brand Anda jadi top of mind di mata pembeli.


Akan tetapi, hal yang terpenting adalah terjalinnya ikatan emosional antara pembeli dan brand Anda. Terkadang, konsumen membeli produk bukan karena kualitas atau harganya yang terbaik, tetapi karena sudah cinta dengan brand-nya.


Salah satu strategi untuk memasarkan produk dan brand Anda adalah melalui iklan. Anda bisa saja menyewa konsultan periklanan atau agensi untuk membuat iklan yang bagus. Namun, Anda juga harus mengetahui dasar-dasarnya. 


Periklanan mengajari Anda cara membuat pesan yang tepat serta media yang paling pas untuk mengomunikasikannya. Beberapa buku marketing yang bagus untuk dibaca adalah Building a StoryBrand karya Donald Miller.

② Untuk pemula, carilah buku yang best seller

Untuk pemula, carilah buku yang best seller

Untuk Anda yang jarang membaca buku atau baru kali pertama membaca buku tentang marketing, pilihlah buku marketing best seller. Buku marketing best seller, baik nasional maupun internasional, umumnya memiliki kualitas yang baik.


Isinya yang berbobot dan penyampaian yang mudah dicerna oleh banyak kalangan dapat menjadi alasan buku tersebut laris manis. Namun, meskipun sudah mendapat predikat best seller, bukan menjadi jaminan semuanya berkualitas.


Anda mesti membaca dulu sinopsis atau ulasan dari pembaca lain agar buku yang akan Anda beli sesuai. Anda bisa membaca ulasan buku marketing di situs kenamaan Goodreads.

③ Periksa kredibilitas penulis bukunya

Periksa kredibilitas penulis bukunya

Sebelum memutuskan untuk membeli buku marketing, sebaiknya Anda mencari tahu siapa penulisnya. Lebih baik lagi jika penulisnya adalah praktisi di dunia marketing juga. Ilmu yang dibagikan akan lebih dalam dan bisa Anda aplikasikan di dunia nyata.


Jika Anda membaca buku Shoe Dog, Anda akan mendapatkan ilmu dari Phil Knight yang sudah berpengalaman jatuh-bangun membangun brand Nike. Dengan membaca buku yang ditulis langsung oleh penulis berpengalaman, Anda dapat lebih percaya dan bisa jadi terinspirasi oleh pencapaiannya.

10 Rekomendasi buku marketing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh buku marketing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Phil Knight

Shoe Dog: A Memoir by the Creator of Nike

Phil Knight Shoe Dog: A Memoir by the Creator of Nike 1枚目

Seorang marketer harus pantang menyerah seperti Phil Knight!

2

Marcus Sheridan

They Ask, You Answer

Marcus Sheridan They Ask, You Answer 1枚目

Ketahui bagaimana membangun kepercayaan pembeli melalui konten, video, dan web

3

Donald Miller

Building a StoryBrand

Donald Miller Building a StoryBrand 1枚目

Membangun pesan yang efektif untuk pelanggan

4

Eric Enge, Stephan Spencer, Jessie C. Stricchiola

The Art of SEO

Eric Enge, Stephan Spencer, Jessie C. Stricchiola The Art of SEO 1枚目

Mari mengenal SEO agar produk Anda tampil paling atas!

5

Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan Setiawan

Marketing 4.0

Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan Setiawan Marketing 4.0 1枚目

Intip cara marketer memengaruhi orang untuk berbelanja di era digital

6

Gary Vaynerchuk

Crushing It!

Gary Vaynerchuk Crushing It! 1枚目

Jualan makin laris berkat personal branding yang kuat

7

Seth Godin

This Is Marketing

Seth Godin This Is Marketing 1枚目

Membedah strategi marketing era modern ala Seth Godin

8

W. Chan Kim, Renee A. Mauborgne

Blue Ocean Strategy

W. Chan Kim, Renee A. Mauborgne Blue Ocean Strategy 1枚目

Daripada sibuk bersaing, lebih baik belajar membuat pasar Anda sendiri!

9

Jonah Berger

Contagious: Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Populer

Jonah Berger Contagious: Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Populer 1枚目

Belajar membuat iklan viral dari Jonah Berger

10

Dale Carnegie & Associates

How To Win Friends and Influence People in the Digital Age

Dale Carnegie & Associates How To Win Friends and Influence People in the Digital Age 1枚目

Edisi baru buku marketing klasik yang disesuaikan dengan era digital

Perincian produk
Close
No.1

Phil KnightShoe Dog: A Memoir by the Creator of Nike

Mulai dari Rp255.000,00

Seorang marketer harus pantang menyerah seperti Phil Knight!

Shoe Dog karya Phil Knight harus dibaca oleh Anda yang ingin menjadi entrepreneur ataupun marketer sejati. Bagi Anda anak muda yang baru merintis karier pun wajib membaca buku ini. Perjalanan Phil Knight hingga membuat Nike menjadi top of mind di bidang produk olahraga tidaklah mudah.


Buku ini akan memberikan Anda inspirasi mengenai kegigihan dan kejelian Phil Knight dalam memasarkan produknya. Tak hanya itu, Anda akan dibuat kagum dengan bagaimana pemikiran di balik bagusnya sepatu Nike. Jika Anda ingin mendalami tentang kualitas produk sebelum dipasarkan, bacalah buku ini.

No.2

Marcus SheridanThey Ask, You Answer

Mulai dari Rp90.000,00

Ketahui bagaimana membangun kepercayaan pembeli melalui konten, video, dan web

They Ask, You Answer merupakan buku panduan yang berisi taktik dan wawasan praktis untuk mengubah strategi pemasaran Anda. Buku ini ditulis oleh Marcus Sheridan yang masuk "Speakers You Don't Want to Miss" versi Forbes tahun 2017. Edisi baru ini telah sepenuhnya direvisi dan diperbarui menyesuaikan meningkatnya permintaan pembeli yang paham internet.


Setelah membaca buku ini, Anda akan mengetahui bagaimana membangun kepercayaan pembeli melalui konten dan video. Anda juga akan mengetahui cara mengubah keberadaan web menjadi magnet bagi pembeli. Nah, bagi Anda yang ingin belajar digital marketing, buku ini adalah pilihan yang tepat.

No.3

Donald MillerBuilding a StoryBrand

Mulai dari Rp262.000,00

Membangun pesan yang efektif untuk pelanggan

Salah satu bagian dari marketing adalah bagaimana caranya menyampaikan iklan produk Anda dengan tepat. Buku karangan Donald Miller ini sangat tepat untuk dibaca jika Anda mengalami kesulitan dalam menyampaikan pesan brand Anda. 


Di dalamnya terdapat pembahasan mengenai alasan orang-orang mau membeli produk Anda serta cara penyampaian iklan yang tepat. Sebelum Anda menghabiskan banyak uang untuk promosi, sebaiknya baca dahulu buku yang satu ini. Kualitas buku ini sudah terbukti dengan menjadi best seller di Wall Street Journal.

No.4

Eric Enge, Stephan Spencer, Jessie C. StricchiolaThe Art of SEO

Mulai dari Rp299.000,00

Mari mengenal SEO agar produk Anda tampil paling atas!

Dunia digital marketing makin populer dan banyak dikembangkan sepuluh tahun belakangan ini. Salah satu ilmu dalam digital marketing adalah SEO. Dengan menguasai SEO, Anda bisa menampilkan produk atau website Anda di halaman awal mesin pencarian.


SEO juga membuat Anda bisa mengetahui tren atau produk apa yang sedang ramai dicari orang. Buku ini adalah sumber informasi yang sangat tepat jika Anda ingin mencari tahu segala hal tentang SEO. 

No.5

Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan SetiawanMarketing 4.0

Mulai dari Rp78.000,00

Intip cara marketer memengaruhi orang untuk berbelanja di era digital

Buku ini berisi cara-cara yang digunakan marketer untuk memengaruhi orang untuk berbelanja. Dari jalur pembelian tradisional, yakni menyadari, tertarik, bertanya, dan bertindak, diperluas dengan menambah menganjurkan. Hal tersebut dilakukan karena pendapat teman-teman dan keluarga Anda memiliki dampak besar terhadap keputusan membeli.


Buku ini memungkinkan Anda mendapatkan wawasan yang berorientasi pada data cara pelanggan berbelanja. Ada tiga subkultur baru yang difokuskan buku ini, yakni kaum muda, perempuan, dan warganet. Anda juga bisa memeriksa contoh langsung peningkatan produktivitas dengan melibatkan pelanggan melalui pasar digital masa kini. Bagi Anda yang ingin memperdalam ilmu digital marketing masa kini, buku ini adalah jawabannya.

No.6

Gary VaynerchukCrushing It!

Mulai dari Rp115.000,00

Jualan makin laris berkat personal branding yang kuat

Tak bisa dimungkiri, media sosial berperan besar dalam mengubah bagaimana bisnis berjalan, terutama dari sisi marketing. Orang yang memiliki banyak followers di media sosial cenderung lebih mudah untuk memasarkan sesuatu. Gary Vee adalah salah satu entrepreneur yang sukses memanfaatkan segala jenis media sosial.


Ia terkenal hampir di segala media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram. Di buku ini, Anda juga akan diajak mengenal bagaimana Gary Vee menjalankan bisnisnya. Untuk Anda yang merasa memakai sosial media sebagai ujung tombak pemasaran produk, buku ini wajib dibaca!

No.7

Seth GodinThis Is Marketing

Mulai dari Rp88.000,00

Membedah strategi marketing era modern ala Seth Godin

This Is Marketing karya Seth Godin adalah buku yang menjadi idaman bagi para marketer, baik pemula maupun profesional. Buku ini membedah inti-inti dari marketing mulai dari dasarnya. Seth Godin juga menjelaskan mengapa strategi marketing lama seperti serangan iklan dan spamming email sudah tidak efektif lagi.


Menurutnya, strategi marketing untuk era modern adalah melalui empati, koneksi, serta kedekatan emosional antara penjual dan pembeli. Setelah membaca buku ini, Anda akan memahami target pasar Anda dengan lebih jelas. Buku ini sangat tepat jika Anda baru pertama kali mencari buku tentang marketing.

No.8

W. Chan Kim, Renee A. MauborgneBlue Ocean Strategy

Mulai dari Rp230.000,00

Daripada sibuk bersaing, lebih baik belajar membuat pasar Anda sendiri!

Dunia bisnis penuh dengan kompetisi, mulai dari produk yang ditiru, strategi branding yang sama, hingga perang harga. Daripada Anda terjebak dalam perang tersebut, sebaiknya Anda mencari pasar khusus. Buku ini mengajarkan strategi yang sangat efektif untuk memasarkan produk Anda atau disebut juga Blue Ocean Strategy.


Saking populernya, buku ini sudah terjual lebih dari empat juta copy dan diterjemahkan ke dalam 46 bahasa. Setelah membaca buku ini, diharapkan Anda tidak terjebak di dalam kompetisi dagang yang melelahkan. Buku ini tepat untuk Anda yang ingin mencoba strategi marketing baru.

No.9

Jonah BergerContagious: Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Populer

Mulai dari Rp88.000,00

Belajar membuat iklan viral dari Jonah Berger

Informasi yang beredar saat ini begitu cepat karena semua orang memiliki media sosial. Orang-orang tidak lagi melihat bagusnya iklan, tetapi mereka akan membicarakan apa pun yang sedang viral. Jika Anda ingin mempelajari viral marketing, bacalah buku ini.


Viral marketing bisa membuat iklan dari brand Anda dibicarakan banyak orang tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Meskipun berupa buku terjemahan, tetapi pembahasan buku ini sangat mudah dimengerti.

No.10

Dale Carnegie & AssociatesHow To Win Friends and Influence People in the Digital Age

Mulai dari Rp88.000,00

Edisi baru buku marketing klasik yang disesuaikan dengan era digital

Ini adalah edisi baru dari buku marketing klasik yang sudah terjual lebih dari 30 juta eksemplar di seluruh dunia. How to Win Friends & Influence People telah dianggap sebagai buku motivasi paling sukses sepanjang masa. Jutaan pembaca diklaim telah mendaki anak tangga kesuksesan dalam bisnis serta kehidupan pribadi setelah membaca buku tersebut.


Buku ini hadir kembali dengan penyesuaian untuk era digital. Ada penambahan kata pada judulnya menjadi How to Win Friends and Influence People in the Digital Age. Bagi Anda yang ingin mengikuti jejak para pembaca yang telah sukses, buku ini layak Anda pertimbangkan.

Baca juga rekomendasi buku lainnya di sini

Selain buku tentang marketing, kami juga sudah pernah membahas beberapa buku lainnya. Anda bisa mencari tahu tentang buku self-improvement, biografi, dan nonfiksi terbaik rekomendasi kami. Silakan klik tautan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan buku marketing yang ingin Anda baca? Ilmu marketing sangat luas, tetapi bukan berarti tidak bisa dipelajari. Bacalah buku marketing yang bisa menjadi referensi untuk solusi permasalahan Anda saat ini. 


Dengan begitu, Anda akan semangat untuk selalu mempelajari dan mengaplikasikannya. Selain sepuluh rekomendasi di artikel ini, tentunya masih banyak lagi buku marketing yang bisa Anda pelajari. Semoga Anda menemukan buku marketing yang tepat.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer