1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan ibu
  6. >
  7. 10 Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)

Essential oil adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak akar, batang, bunga, atau buah-buahan tanaman tertentu. Minyak ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan cocok pula digunakan oleh ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil membutuhkan ketenangan fisik dan mental supaya bisa menjalani proses kehamilannya dengan bahagia.


Kali ini kami akan berbagi tips cara memilih essential oil yang aman untuk ibu hamil. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek yang bagus, seperti Young Living dan Bonnels. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!

Diperbaharui 06-30-2022
Pakar
Dokter spesialis bedah plastik dan dosen
dr. Nova Primadina

dr. Nova adalah seorang dosen di Fakultas Kedokteran Muhammadiyah Surabaya. Beliau juga doktor peneliti yang berfokus pada efek essential oil lokal Indonesia serta aromaterapi pada manusia dan pengobatan herbal. dr. Nova juga seorang dokter spesialis bedah plastik dengan keahlian tambahan sebagai seorang formulator skincare natural, aromaterapi, dan hipnoterapi. dr. Nova memenangkan hibah penelitian efek essential oil asli Indonesia, Cananga latifolia, terhadap tingkat stres dan konsentrasi mahasiswa FK. Beliau juga meraih juara 1 UMKM binaan IPB dan Prima Kelola dengan skincare-nya yang merupakan essential oil asli Indonesia.

Profil dr. Nova Primadina
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Manfaat essential oil untuk ibu hamil

Manfaat essential oil untuk ibu hamil

Rasa stres dan gelisah pada ibu hamil bisa menular kepada bayi di kandungan. Karena itu, sebaiknya redakan kegelisahan Anda dengan aromaterapi menggunakan essential oil. Caranya mudah sekali! Cukup campurkan essential oil bersama carrier oil atau teteskan pada diffuser untuk mengurangi stres dan kegelisahan selama hamil.


Beberapa aroma essential oil tertentu bahkan bisa meredakan rasa mual dan muntah yang bergejolak di perut Anda. Essential oil pun mampu membuat badan menjadi relaks sehingga Anda bisa beristirahat dengan lebih nyaman. Namun, pastikan untuk memilih produk yang aman untuk janin dan kehamilan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih essential oil yang aman untuk ibu hamil

Sekalipun cukup aman digunakan oleh ibu hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih essential oil. Berikut beberapa tipsnya dari kami.

① Sesuaikan usia kandungan sebelum memakai essential oil

Meskipun essential oil aman digunakan oleh ibu hamil, akan lebih baik jika Anda baru memakainya pada trimester kedua kehamilan. Anda disarankan untuk menggunakan essential oil pada usia trimester kedua karena janin sudah berkembang dengan baik. Namun, ada baiknya pula Anda berkonsultasi pada dokter kandungan supaya lebih aman dan nyaman.


Anda tidak disarankan untuk menggunakan essential oil saat trimester pertama. Alasannya, dikhawatirkan ada kandungan senyawa dari essential oil yang berpotensi mengganggu pertumbuhan dan pembentukan organ janin.


Hindarilah juga menggunakan essential oil pada trimester ketiga kehamilan. Ada beberapa kandungan senyawa dari essential oil yang berpotensi merangsang kontraksi rahim. Selain itu, perhatikanlah gejala alergi pada penggunaan essential oil tertentu. Jika ditemukan alergi, hentikanlah penggunaannya.

② Pilih berdasarkan aromanya

Essential oil memiliki banyak varian aroma. Untuk ibu hamil, pilihlah aroma yang bisa membantu mengatasi permasalahan selama kehamilan.

Jahe dan peppermint, untuk meredakan gejala mual dan muntah

Jahe dan peppermint, untuk meredakan gejala mual dan muntah

Jahe dan daun mint sudah dikenal berabad-abad sebelumnya dapat meredakan rasa mual di lambung. Menurut penelitian, di dalam jahe terdapat kandungan minyak asiri yang bisa membuat pencernaan terasa lebih nyaman. Sementara itu, kandungan mentol di dalam mint bisa meringankan kejang atau kram perut.


Anda bisa memasukkan cairan essential oil jahe dan peppermint ke dalam diffuser atau teteskan ke dalam air hangat. Setelah itu, hiruplah aromanya dalam-dalam. Lakukanlah setiap pagi supaya rasa mual berkurang dan perut terasa nyaman.


Meski kedua aroma ini dapat meredakan mual dan muntah, Anda tetap disarankan untuk tidak menggunakannya pada trimester pertama kehamilan. Kalaupun terpaksa digunakan, dosisnya harus lebih rendah dari dosis normal.

Lavender dan ylang-ylang, untuk meredakan rasa stres dan gelisah

Lavender dan ylang-ylang, untuk meredakan rasa stres dan gelisah

Ibu hamil rentan terhadap stres. Pikiran yang berat dan kegelisahan yang berlebihan dapat membuat proses kehamilan tidak berjalan lancar. Akibatnya, bayi di dalam kandungan bisa ikut merasakan sehingga memengaruhi perkembangannya. Beberapa essential oil yang mampu meredakan stres adalah lavender dan ylang-ylang.


Kedua essential oil ini mengandung komponen linalool yang berfungsi sebagai zat sedatif untuk memberikan efek menenangkan. Aroma lavender dan ylang-ylang juga bisa memengaruhi sistem dalam tubuh sehingga ibu hamil akan merasa relaks dan tidur lebih nyenyak. Keduanya pun dapat menurunkan tensi.


Kami punya artikel khusus mengenai ylang-ylang essential oil jika Anda tertarik untuk mengetahuinya secara lebih lengkap. Silakan klik tautan berikut untuk membacanya!

Citrus, untuk memberi energi dan menghilangkan lelah

Citrus, untuk memberi energi dan menghilangkan lelah

Anda akan merasakan badan yang lebih cepat lelah saat hamil, bahkan mungkin merasa lebih sering mengantuk. Essential oil dari aneka tanaman citrus, seperti lemon dan jeruk bisa digunakan untuk memberikan energi. 


Anda bisa mencampurkan beberapa tetes essential oil tersebut ke dalam air hangat, lalu gunakanlah untuk mandi. Dengan begitu, badan Anda akan terasa lebih segar dan letih pun berkurang. Imunitas tubuh Anda juga bisa meningkat.

③ Kenali dahulu kondisi tubuh sebelum memakai essential oil

Kenali dahulu kondisi tubuh sebelum memakai essential oil

Setiap ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Jadi, kenali dahulu kondisi tubuh Anda sebelum memutuskan memakai essential oil. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, jangan pernah mengoleskan essential oil langsung ke kulit. Anda bisa mencampurkan satu tetes essential oil dengan minyak zaitun sebelum diaplikasikan ke kulit.


Essential oil bahkan tidak disarankan untuk Anda yang mengidap penyakit. Beberapa di antaranya adalah penyakit jantung, asma, diabetes, tekanan darah rendah atau tinggi, dan masalah pada kelenjar tiroid. Aroma essential oil tertentu dapat memicu penyakit tersebut. Jadi, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi pada dokter sebelum Anda memilih aroma essential oil, ya.

④ Ketahui beberapa merek essential oil yang aman untuk ibu hamil

Ketahui beberapa merek essential oil yang aman untuk ibu hamil

Seiring dengan meningkatnya penggunaan essential oil, mereknya pun makin beragam. Namun, ibu hamil perlu lebih selektif lagi saat memilih brand yang memproduksi minyak asiri demi keamanan dan kesehatan janin. Berikut ini adalah beberapa brand yang sebaiknya Anda pertimbangkan karena sudah terjamin kualitas dan keamanannya.


  • Young Living

Merek ini telah hadir sejak lebih dari 25 tahun yang lalu dan terus memproduksi essential oil berkualitas. Bisa dikatakan bahwa Young Living merupakan satu-satunya merek essential oil yang memiliki sejarah penelitian dan pengembangan yang lengkap. Karena itu, tak heran apabila brand internasional ini memiliki banyak produk essential oil yang bermanfaat untuk ibu hamil.


  • Organic Supply Co.

Brand lokal ini memulai kiprahnya sejak 2015. Organic Supply Co. berkomitmen tinggi terhadap kesehatan dan kelestarian lingkungan dengan hanya menggunakan bahan-bahan organik bersertifikat dan kemasan ramah lingkungan. Komitmen yang tinggi tersebut pada akhirnya menghasilkan berbagai produk yang dapat mendukung ibu hamil dalam menjalani masa kehamilan.


Selain kedua merek di atas, masih banyak brand lain dengan jaminan keamanan dan kualitas yang tak kalah bagus. Sensatia Botanicals, Stone Bar, Bonnels dan Nusaroma adalah beberapa contohnya. Nah, pertimbangkanlah brand seperti ini dan jangan mudah tergiur oleh produk murah yang belum jelas keamanannya.


Jika Anda tertarik dengan essential oil keluaran Young Living, segera saja simak artikel kami di bawah ini. Klik tautannya, ya!

⑤ Hindari aroma yang tidak aman untuk ibu hamil dan janin

Hindari aroma yang tidak aman untuk ibu hamil dan janin

Untuk keamanan, hindarilah beberapa essential oil yang berpotensi menimbulkan efek berbahaya bagi janin serta ibu hamil. Beberapa aroma tersebut di antaranya adalah rosemary, clove, clary sage, dan fennel. Essential oil tersebut perlu dihindari karena bisa memicu kontraksi pada masa kehamilan.


Bahkan, essential oil mawar dan sage bisa menyebabkan perdarahan di dalam rahim. Aroma basil dan juniper berry juga tidak disarankan sebab bisa menghambat perkembangan janin. Terutama bila Anda memilih produk yang dibuat dari gabungan beberapa essential oil, berhati-hatilah terhadap aroma-aroma ini.


Essential oil dengan kandungan senyawa yang bersifat aphrodisiac pun bisa memicu kontraksi rahim sehingga sebaiknya dihindari. Selain itu, hindarilah penggunaannya selama masa menyusui.

10 Rekomendasi essential oil terbaik yang aman untuk ibu hamil

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk essential oil terbaik yang aman untuk ibu hamil berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Nova Primadina.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Botanina

Tenteram Calming Aromatherapy Spray

Botanina Tenteram Calming Aromatherapy Spray 1枚目

Sempotkan ke bantal dan seprai sesuka hati

2

Organic Supply Co.

Lavender Essential Oil Roller Ball

Organic Supply Co. Lavender Essential Oil Roller Ball 1枚目

Model roll-on, praktis langsung dipakai

3

Sensatia Botanicals

Tea Tree Leaf Essential Oil

Sensatia Botanicals Tea Tree Leaf Essential Oil 1枚目

Tetap cantik dan bebas jerawat selama hamil

4

Stone Bar

Citronella Essential Oil

Stone Bar Citronella Essential Oil 1枚目

Tidur lebih nyenyak tanpa gangguan nyamuk

5

Bonnels

Lemon Essential Oil

Bonnels Lemon Essential Oil 1枚目

Atasi maag dan asam lambung yang meningkat

6

Bathaholic

Ylang Ylang - 100% Pure Essential Oil

Bathaholic Ylang Ylang - 100% Pure Essential Oil 1枚目

Lebih semangat menjalani proses kehamilan

7

Young Living

Peppermint Essential Oil

Young Living Peppermint Essential Oil 1枚目

Nikmati spa di rumah yang merilekskan badan

8

EO Ginger

Ginger 100% Pure Essential Oil

EO Ginger Ginger 100% Pure Essential Oil 1枚目

Kurangi frekuensi muntah untuk penyerapan gizi yang optimal

9

Young Living

Geranium Essential Oil

Young Living Geranium Essential Oil 1枚目

Pijat tubuh dan atasi kaki bengkak

10

Nu Aroma

Essential Aromatic Oil Lemongrass

Nu Aroma Essential Aromatic Oil Lemongrass 1枚目

Redakan mood swing, hamil jadi lebih happy

Perincian produk
Close
No.1

BotaninaTenteram Calming Aromatherapy Spray

Mulai dari Rp75.000,00

Sempotkan ke bantal dan seprai sesuka hati

Usia kehamilan yang makin bertambah mungkin membuat Anda jadi susah tidur. Posisi tidur apa pun terasa tidak nyaman karena perut sudah makin membesar. Carilah essential oil yang dapat memberi aroma menenangkan seperti produk Botanina ini.


Alih-alih memakainya dengan menggunakan diffuser, Anda cukup menyemprotkannya ke bantal dan seprai. Aromanya dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak dan bebas insomnia. Essential oil ini adalah produk yang pas untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

No.2

Organic Supply Co.Lavender Essential Oil Roller Ball

Mulai dari Rp90.000,00

Model roll-on, praktis langsung dipakai

Mencampurkan essential oil dengan air atau minyak zaitun mungkin merepotkan bagi sebagian orang. Itulah sebabnya kami merekomendasikan essential oil model roll on dari Organic Supply Co. yang jauh lebih praktis ini! Anda tidak perlu meneteskan essential oil ke dalam diffuser, tetapi langsung saja oleskan di bagian tubuh tertentu.


Setelahnya, Anda akan merasakan efek dari aroma lavender yang menenangkan. Bahkan, wangi lavender juga diklaim dapat membantu melancarkan persalinan dan menambah kekuatan rahim saat melahirkan.

No.3

Sensatia BotanicalsTea Tree Leaf Essential Oil

Mulai dari Rp125.000,00

Tetap cantik dan bebas jerawat selama hamil

Untuk beberapa ibu hamil, hormon yang meningkat sering kali memicu tumbuhnya jerawat. Apakah Anda juga mengalaminya? Jika iya, segera atasi jerawat dengan essential oil yang aman digunakan oleh ibu hamil. Untuk hal ini, sangat tepat apabila Anda menjatuhkan pilihan pada tea tree essential oil dari Sensatia Botanicals.


Namun, Anda harus mencampurnya dengan minyak zaitun terlebih dahulu. Cukup larutkan satu tetes saja untuk penggunaan pertama. Jika tidak ada masalah, Anda bisa menambahnya menjadi dua atau tiga tetes pada penggunaan selanjutnya.

No.4

Stone BarCitronella Essential Oil

Mulai dari Rp25.000,00

Tidur lebih nyenyak tanpa gangguan nyamuk

Nyamuk yang mengganggu pada malam hari bisa membuat tidur jadi tidak nyenyak. Jika dibiarkan, pagi harinya badan Anda akan terasa tidak segar karena kurang istirahat. Untuk mengatasinya, coba nyalakan diffuser yang sudah diberi tetesan citronella essential oil keluaran Stone Bar ini.


Aroma citronella terasa segar ketika dihirup, tetapi nyamuk tidak menyukai aroma ini. Alhasil, nyamuk akan menjauh dan ibu hamil pun dapat tidur lebih nyenyak.

No.5

BonnelsLemon Essential Oil

Mulai dari Rp213.000,00

Atasi maag dan asam lambung yang meningkat

Ibu hamil tidak hanya merasakan mual dan muntah. Sebagian besar dari Anda juga mungkin merasakan perut mag atau asam lambung yang meningkat sehingga rasanya sangat tidak nyaman. Karena itu, tenangkanlah perut Anda dengan menghirup aroma diffuser yang sudah ditetesi lemon essential oil.


Rasa tidak nyaman yang menyerang pencernaan Anda perlahan akan mereda. Lemon essential oil dari Bonnels memang pilihan tepat untuk ibu hamil yang sering mengalami gangguan pencernaan.

No.6

BathaholicYlang Ylang - 100% Pure Essential Oil

Mulai dari Rp155.000,00

Lebih semangat menjalani proses kehamilan

Jadikan masa kehamilan lebih menyenangkan dengan essential oil keluaran Bathaholic ini. Sekalipun kondisi tubuh banyak mengalami perubahan yang mungkin tidak nyaman, Anda tetap bisa bersemangat menjalani setiap prosesnya.


Berbeda dengan produk lainnya, essential oil ini memiliki aroma manis yang eksotik. Aroma tersebut dapat membangkitkan mood positif sehingga Anda lebih bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas harian.

No.7

Young LivingPeppermint Essential Oil361417

Mulai dari Rp468.000,00

Nikmati spa di rumah yang merilekskan badan

Setelah lelah beraktivitas, Anda wajib merilekskan badan yang penat. Mandi menggunakan air hangat dengan tetesan peppermint essential oil dari Young Living adalah langkah yang tepat. Cukup tuangkan beberapa tetes minyak peppermint ke dalam bathtub atau bak mandi Anda.


Anda akan merasa seperti sedang melakukan spa di rumah sendiri. Alasannya, aroma mentol yang menenangkan bisa membuat urat-urat saraf yang tegang menjadi lebih relaks. Dengan begitu, Anda bisa beristirahat dengan nyenyak pada malam harinya.

No.8

EO GingerGinger 100% Pure Essential Oil

Mulai dari Rp75.000,00

Kurangi frekuensi muntah untuk penyerapan gizi yang optimal

Setelah memasuki trimester kedua, seharusnya pencernaan Anda terasa lebih nyaman dan mual muntah berkurang. Jika mual-mual masih berlangsung, Anda harus segera mengatasinya supaya tidak mengganggu perkembangan janin.


Ginger essential oil adalah solusi supaya Anda bisa makan dengan nyaman sehingga penyerapan gizi bagi bayi lebih optimal. Cara penggunaanya pun mudah. Anda hanya perlu melarutkan setetes ginger essential oil keluaran Peek Me Naturals ini ke dalam diffuser. Setelah itu, hiruplah uapnya dalam-dalam.

No.9

Young LivingGeranium Essential Oil355417

Mulai dari Rp892.000,00

Pijat tubuh dan atasi kaki bengkak

Apakah hamil membuat kaki Anda bengkak? Badan mungkin juga terasa sering pegal-pegal karena bobot janin makin berat. Yuk, rasakan kenyamanan kaki dan tubuh dengan pijat menggunakan geranium essential oil.


Tuangkan beberapa tetes essential oil ini ke dalam seember air hangat. Selanjutnya, gunakanlah untuk merendam kaki Anda yang bengkak dan letih. Untuk memijat tubuh, cukup campurkan beberapa tetes essential oil ke dalam minyak zaitun. Setelah itu, balurkan ke tubuh Anda dan rasakan rasa lelah yang berangsur-angsur hilang.

No.10

Nu AromaEssential Aromatic Oil Lemongrass

Mulai dari Rp30.500,00

Redakan mood swing, hamil jadi lebih happy

Perubahan hormon pada ibu hamil dapat membuat emosi sering naik turun. Anda mungkin tidak menginginkannya, tetapi sering kali kondisi hormon membuat mood Anda tidak stabil.


Redakan kondisi Anda tersebut dengan menghirup lemongrass essential oil. Aromanya dapat mengirim sinyal ke otak supaya Anda menjadi lebih tenang. Letakkan essential oil ini di ruangan tempat Anda sering beraktivitas dan buat kehamilan terasa lebih damai.

Pertanyaan umum seputar essential oil

Pertanyaan umum seputar essential oil

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar essential oil. Jika Anda masih penasaran dengan essential oil, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah essential oil berbahaya untuk janin bayi?

Essential oil sebaiknya digunakan setelah anak berusia minimal di atas 6 bulan dengan dosis rendah. Contohnya, larutkan satu tetes essential oil dalam 10 ml carrier oil untuk bayi di atas 6 bulan.

Tips menggunakan essential oil dari dokter dan ahli aromaterapi kami, Dr. Nova Primadina

Tips menggunakan essential oil dari dokter dan ahli aromaterapi kami, Dr. Nova Primadina

Hiruplah essential oil sebanyak tujuh hingga sepuluh kali dengan satu lubang hidung sambil menutup lubang hidung lainnya. Selanjutnya, hirup essential oil dengan lubang hidung yang tadinya tertutup sambil menutup lubang hidung yang sudah menghirup.

Baca juga rekomendasi produk essential oil lainnya di sini

Selain untuk ibu hamil, essential oil juga bermanfaat untuk semua orang termasuk anak-anak. Kami telah mengulas beberapa rekomendasi essential oil yang bisa Anda pilih. Bacalah dan temukan essential oil terbaik untuk keluarga Anda di artikel-artikel berikut.

Kesimpulan

Apakah artikel ini membantu Anda dalam mencari essential oil yang aman untuk ibu hamil? Kami menyarankan Anda untuk memiliki beberapa jenis aroma essential oil supaya bisa bergantian memakainya sesuai kebutuhan. Beberapa jenis aroma juga bisa Anda gunakan setelah melahirkan.


Terakhir, jangan lupa untuk selalu menutup rapat botol essential oil supaya aromanya awet dan tidak menguap. Selamat menikmati kehamilan bersama essential oil terbaik pilihan kami!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer