• 10 Rekomendasi Komik Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Komik Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Komik Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Komik Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Komik Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Komik Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Meskipun sempat kalah pamor dengan komik Amerika dan Jepang, komik Indonesia kembali mendapat ruang di hati para pembaca. Selain kualitas gambar yang bagus, jalan ceritanya pun menarik dan seru. Namun, dari sekian banyak komik Indonesia terbaru dan terpopuler, manakah yang menarik untuk dibaca?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu menyimak tips yang akan kami berikan. Jangan lewatkan juga sepuluh rekomendasi komik Indonesia yang telah kami siapkan untuk menemani waktu luang Anda. Anda akan menemukan karya dari para komikus berbakat, di antaranya Jagabumi, Shivers, dan Scrambled. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Perkembangan komik Indonesia

Sebelum beranjak ke poin memilih dan rekomendasi produk, kami ingin mengajak Anda untuk mengetahui seluk-beluk perkembangan komik Indonesia. Langsung simak pemaparannya di bawah ini, yuk!

Komik Indonesia pada era cetak

Komik Indonesia telah mengalami perkembangan pesat sejak tahun 1930 sampai 2000-an. Pada tahun-tahun tersebut komik Indonesia bergantung pada media cetak, seperti surat kabar, majalah, serta buku. Format komiknya pun mayoritas berbentuk setrip yang diselipkan dalam surat kabar harian atau mingguan. Detail perkembangannya dapat dirangkum sebagai berikut ini:


  • Komik Indonesia dimulai saat kemunculan Siaw Tik Kwei. Beliau mengadaptasi legenda pahlawan Tiongkok dalam komik Sie Djin Koe pada tahun 1940-an. 

  • Selanjutnya, komik bergenre silat dan pahlawan mulai populer sejak R.A. Kosasih menciptakan tokoh wanita super bernama Sri Asih. Tokoh Sri Asih terinspirasi dari komik Wonder Woman yang diberi sentuhan lokal. Sejak saat itu, R.A. Kosasih pun dikenal sebagai Bapak Komik Indonesia.

  • Pada tahun 1980-an komik Indonesia mulai mengalami masa yang sulit. Hal tersebut diakibatkan oleh masuknya komik dari negara lain ke Indonesia, seperti Jepang, Hong Kong, Amerika, dan Eropa. 

Para komikus Indonesia terus berupaya bangkit kembali di tengah gempuran komik asing dan alternatif hiburan lainnya. Sampai akhirnya, dunia komik Indonesia kembali menemukan titik terang pada era digital.

Komik Indonesia pada era digital

Sejak internet bisa diakses dengan mudah pada tahun 2000-an, komikus Indonesia mulai fokus mengedarkan karyanya secara digital. Jika sebelumnya komikus bergantung pada penerbit untuk menerbitkan karya, pada era ini komikus dapat berkarya secara independen. Tidak jarang pula muncul komunitas baru yang menjadi wadah bagi para komikus untuk menyebarkan karya secara terbatas. Berikut ini pemaparan selengkapnya.


  • Komik Indonesia mulai bangkit kembali sejak kemunculan berbagai platform komik digital, seperti Line Webtoon, Ciayo Comics, dan Ngomik.com. 

  • Selain itu, banyak komikus yang memulai kariernya dengan mengunggah karya melalui media sosial, seperti Facebook dan Instagram. 

  • Para penerbit besar mulai giat melirik potensi komikus muda. Mereka menerbitkan kumpulan komik versi cetak yang semula diunggah secara digital oleh para komikus.

  • Dimulai dari mengunggah karya secara digital, komik Indonesia pun dapat meningkatkan popularitasnya hingga ke luar negeri. Salah satu karya komikus Indonesia yang dikenal sampai ke mancanegara adalah My Pre-Wedding karya Annisa Nisfihani.

Cara memilih komik Indonesia

Seiring dengan pesatnya perkembangan komik Indonesia, makin banyak pula produk yang dijual di pasaran. Agar Anda tidak salah pilih, simak poin-poin berikut ini, ya!

Cari tahu genre komik yang Anda sukai

Tidak jauh berbeda dengan komik dari negara lain, komik Indonesia hadir dalam berbagai macam genre. Oleh karena itu, pilihlah genre komik yang paling sesuai dengan preferensi pribadi Anda.

Slice of life, untuk Anda yang menyukai cerita kehidupan sehari-hari

Di Indonesia, komik dengan genre slice of life cukup banyak dijumpai. Rata-rata, ceritanya cukup identik dengan kehidupan sehari-hari sang komikus atau pembaca. Karena itu, tak berlebihan jika dikatakan genre ini memiliki alur cerita yang realistis. 


Dengan membaca genre ini, pembaca secara tidak langsung akan terhanyut ke dalam cerita tersebut. Ditambah lagi, genre slice of life sering menyelipkan unsur humor di dalamnya sehingga membuat genre ini makin menarik untuk dibaca.

Misteri atau horor, bagi Anda yang menyukai sensasi menegangkan

Kisah misteri dan horor masih menjadi salah satu genre yang populer dan banyak dicari. Meski menegangkan, rasa penasaran dan sensasi yang ditimbulkannya membuat komik horor selalu punya pembaca setia. Belum lagi, banyak komik bergenre misteri dan horor yang alur ceritanya sulit ditebak.


Kisah-kisah yang diangkat umumnya berkisar pada mitos, kejadian mistis lokal, dan makhluk gaib yang ada di Indonesia. Situasi dan hal-hal familiar itulah yang sering kali membuat pembaca langsung merinding ketika membacanya.

Aksi dan petualangan, cocok dipilih jika Anda menyukai tantangan

Belakangan ini, genre aksi dan petualangan kembali meramaikan industri komik Indonesia. Misalnya saja, komik bertema pahlawan super yang menggabungkan kearifan lokal dengan aksi keren yang membuat pembaca terkagum-kagum


Aksi para pahlawan dalam memberantas kejahatan dan melakukan petualangan selalu penuh dengan tantangan yang mendebarkan. Nah, jika Anda menikmati tantangan yang disuguhkan dalam cerita, komik bergenre aksi dan petualangan sangat pas dijadikan koleksi favorit.

Romance, paling pas dipilih apabila Anda menyukai cerita percintaan

Sesuai dengan namanya, komik bergenre romance mengisahkan tentang hubungan percintaan dan lika-liku yang dialami tokoh ceritanya. Ceritanya pun banyak mengambil kisah romansa dari berbagai latar, mulai dari sekolah hingga tempat kerja.


Jalan cerita yang dibuat sering kali diberi bumbu-bumbu komedi dan drama sehingga menggetarkan hati para pembaca. Tak jarang, ketika membacanya, Anda akan dibuat sedih atau malah senyum-senyum sendiri.

Jika Anda mencari cerita bergenre romantis lainnya, Anda bisa menyimak rekomendasi manga romantis melalui link di bawah ini.

Science fiction, tepat dipilih jika Anda tertarik dengan sains dan teknologi

Science fiction atau fiksi ilmiah merupakan genre yang erat kaitannya dengan sains dan teknologi yang diimajinasikan oleh komikus. Tema cerita yang sering diangkat pada genre ini, yaitu techno-thriller, invasi alien, time travel, dan lain sebagainya. Genre ini juga sering menggunakan latar waktu masa depan berteknologi canggih atau berlatar belakang luar angkasa.

Komedi, untuk Anda yang menyukai cerita ringan dan menghibur hati

Jangan kaget jika setiap halaman cerita pada komik bergenre komedi membuat Anda tertawa terpingkal-pingkal. Dibandingkan genre lainnya, alur cerita dari genre ini cukup ringan sehingga Anda bisa menyelesaikannya dalam waktu yang singkat. Jika Anda ingin menghabiskan waktu luang atau membuat mood lebih ceria, genre ini pas untuk dibaca.

Pilih berdasarkan komikus dengan style gambarnya

Pilih berdasarkan komikus dengan style gambarnya

Selain genre, setiap komikus Indonesia menyajikan karya dengan style gambar dan penyampaian cerita yang berbeda. Umumnya, ada empat style gambar yang mendominasi komik Indonesia. 


  • Style Jepang (manga)

Komik dengan style Jepang umumnya menekankan pada penggambaran karakter yang lebih simpel atau malah dilebih-lebihkan. Sebagai contoh, bola mata yang besar dan bentuk rambut yang unik. Umumnya, komik yang mengadopsi style Jepang berwarna hitam dan putih dengan cara baca dari kanan ke kiri. 


  • Style America (comic)

Lain halnya dengan manga, komik dengan style Amerika rata-rata memiliki gambar yang cukup realistis dan penuh warna. Komik dengan style Amerika memiliki cara baca dari kiri ke kanan.


  • Style Korea (manhwa) dan style Tiongkok (manhua)
Sama seperti style America, manhwa dan manhua mempunyai cara baca dari kiri ke kanan dengan gambar yang berwarna. Namun, panel gambar yang dihadirkan oleh kedua style ini tidak dibatasi oleh kotak. Manhua memiliki penggambaran karakter yang hampir sama dengan manga. Sementara itu, manhwa didominasi dengan penggambaran yang semirealistis atau terinspirasi dari idol K-Pop.

Periksa status kelanjutan kisahnya

Periksa status kelanjutan kisahnya

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan dalam memilih komik adalah status kelanjutan kisahnya. Pasalnya, tidak semua pembaca sabar menunggu kelanjutan komik yang sedang dibaca. Apabila Anda termasuk dalam tipe pembaca tersebut, sebaiknya pilih komik oneshot atau serial yang sudah tamat.


Sementara itu, jika Anda cukup sabar untuk menanti seri terbaru komik bacaan, Anda bisa memilih komik berstatus ongoing. Namun, perlu diingat bahwa komikus sering kali membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menyelesaikan karya selanjutnya. Komik jenis ini memang lebih cocok untuk kolektor atau penggemar yang setia menunggu kisahnya tamat.

Cek rating usia yang disarankan

Cek rating usia yang disarankan

Hingga kini, masih banyak yang mengira bahwa komik adalah bacaan anak-anak. Kenyataannya, komik memiliki segmen usia yang berbeda-beda sehingga Anda perlu menyeleksinya. Ada komik dengan muatan dan cerita yang ditujukan untuk pembaca dewasa, ada juga yang diperuntukkan untuk semua usia.


Karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan rating usia yang disarankan saat memilih komik Indonesia. Pilihlah komik yang sesuai dengan target usia pembaca. Jangan sampai si kecil membaca komik yang belum cocok dibaca oleh anak-anak, ya!

10 Rekomendasi komik Indonesia terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk komik Indonesia terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10

Hasmi, Bumilangit Comic Media/Andy WijayaGundala Putra Petir - Remastered

Mulai dari Rp 188.000,00

Penerbitm&c!
GenreAksi dan petualangan
StatusOngoing
Rating usia pembaca17+
9

Niki Dibya Wardhana, Bryan ArfiandyCode Helix

Mulai dari Rp 60.000,00

Penerbitm&c!
GenreScience fiction
StatusOngoing
Rating usia pembaca13+
8

Naufal FaridurrazakSi Nopal And The Perfect Family

Mulai dari Rp 82.500,00

PenerbitBukune
GenreKomedi
StatusTamat (3 jilid)
Rating usia pembacaTidak disebutkan
7
Penerbitm&c!
GenreSlice of life
StatusOngoing
Rating usia pembaca13+
6
Penerbitm&c!
GenreRomance
StatusOngoing
Rating usia pembaca17+
5
Penerbitre:ON
GenreAksi dan petualangan
StatusOngoing
Rating usia pembaca13–25 tahun
4

Fajar Natsutomo, Ragha Sukma, Fahmi Fauzi, Iwan Nazif, Erwin AryaJagabumi

Mulai dari Rp 60.000,00

Penerbitm&c!
GenreAksi dan petualangan
StatusOngoing
Rating usia pembaca17+
3
Penerbitm&c!
GenreHoror
StatusOngoing
Rating usia pembaca13+
2

Andik Prayogo, Yudha Negara Nyoman, dkkShivers

Mulai dari Rp 30.000,00

Penerbitre:ON
GenreMisteri dan horor
StatusOngoing
Rating usia pembaca17+
1

Tethy Ezokanzo, Dian KPesantren Kereeen

Mulai dari Rp 64.000,00

PenerbitPustaka Al-Kautsar
GenreKomedi
StatusOngoing
Rating usia pembacaTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk komik Indonesia terbaik

Gambar produk
1
Tethy Ezokanzo, Dian K Pesantren Kereeen 1

Tethy Ezokanzo, Dian K

2
Andik Prayogo, Yudha Negara Nyoman, dkk Shivers 1

Andik Prayogo, Yudha Negara Nyoman, dkk

3
Sweta Kartika Journal Of Terror 1

Sweta Kartika

4
Fajar Natsutomo, Ragha Sukma, Fahmi Fauzi, Iwan Nazif, Erwin Arya Jagabumi 1

Fajar Natsutomo, Ragha Sukma, Fahmi Fauzi, Iwan Nazif, Erwin Arya

5
Is Yuniarto Grand Legend Ramayana 1

Is Yuniarto

6
Annisa Nisfihani My Pre-wedding 1

Annisa Nisfihani

7
Rosalina Lintang Scrambled 1

Rosalina Lintang

8
Naufal Faridurrazak Si Nopal And The Perfect Family 1

Naufal Faridurrazak

9
Niki Dibya Wardhana, Bryan Arfiandy Code Helix 1

Niki Dibya Wardhana, Bryan Arfiandy

10
Hasmi, Bumilangit Comic Media/Andy Wijaya Gundala Putra Petir - Remastered 1

Hasmi, Bumilangit Comic Media/Andy Wijaya

Nama produk

Pesantren Kereeen

Shivers

Journal Of Terror

Jagabumi

Grand Legend Ramayana

My Pre-wedding

Scrambled

Si Nopal And The Perfect Family

Code Helix

Gundala Putra Petir - Remastered

Keunggulan

Tak hanya kocak, tetapi ada hikmah di setiap cerita

Kumpulan cerita misteri yang akan buat Anda merinding

Catatan harian pengalaman mistis si pemilik indera ke-6

Ikuti perjuangan para pahlawan super dalam menumpas kejahatan!

Adaptasi kisah klasik Ramayana dalam format modern

Komedi romantis yang diangkat dari Webtoon Indonesia terpopuler

Ceritanya ringan dan fresh, khas komik remaja!

Kisah keluarga Nopal yang absurd dan superkocak

Cerita hacker yang kompleks dengan style gambar unik

Komik lokal legendaris, kolektor wajib punya!

Harga mulai dariRp 64.000,00Rp 30.000,00Rp 45.000,00Rp 60.000,00Rp 25.000,00Rp 68.000,00Rp 58.000,00Rp 82.500,00Rp 60.000,00Rp 188.000,00
PenerbitPustaka Al-Kautsarre:ONm&c!m&c!re:ONm&c!m&c!Bukunem&c!m&c!
GenreKomediMisteri dan hororHororAksi dan petualanganAksi dan petualanganRomanceSlice of lifeKomediScience fictionAksi dan petualangan
StatusOngoingOngoingOngoingOngoingOngoingOngoingOngoingTamat (3 jilid)OngoingOngoing
Rating usia pembacaTidak disebutkan17+13+17+13–25 tahun17+13+Tidak disebutkan13+17+
Tautan produk

Baca juga rekomendasi komik lainnya di sini

Komik Indonesia memang sangat menarik untuk dibaca. Apabila Anda penggemar komik, tentu akan lebih asyik untuk mengeksplorasi bacaan lainnya. Berikut ini terdapat sejumlah tautan artikel yang membahas tips memilih komik lain beserta rekomendasi produknya. Anda akan menemukan komik dengan berbagai genre, seperti superhero, komedi, dan horor. Klik tautannya untuk informasi lebih lanjut!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Apakah Anda telah menemukan komik Indonesia yang menarik untuk dibaca di akhir pekan nanti? Ternyata komik Indonesia tidak kalah bagus dan layak untuk dikoleksi, ya.


Ditambah lagi, komikus lokal berbakat banyak bermunculan sehingga komik Indonesia pun makin bersaing dengan komik luar. Yuk, dukung terus para komikus Indonesia dengan membeli karya aslinya. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi saat memilih komik Indonesia terbaik.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Webtoon Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Webtoon Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Webtoon adalah hiburan berupa komik yang dapat Anda temukan secara online. Hingga saat ini, webtoon romantis Korea adalah yang paling populer di kalangan pembaca. Anda bisa menemukan berbagai webtoon berbahasa Indonesia di beragam platform, seperti LINE Webtoon dan Kakaopage. Karena ada begitu banyak cerita, kali ini kami akan membagikan tips cara memilih webtoon romantis terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan berbagai webtoon romantis, mulai dari cerita terbaru sampai yang sudah tamat. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!
    Komik
  • 10 Rekomendasi Manga Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Manga Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membaca manga romantis? Jika iya, Anda tentu tidak boleh melewatkan manga Wotakoi, Perfect World, dan Horimiya. Anda pasti akan dibuat senyum-senyum sendiri atau baper karena manga-manga tersebut. Inilah kekuatan utama dari manga romantis terbaik! Interaksi antartokoh utama sanggup meluluhkan hati pembacanya. Layaknya cerita novel, manga romantis sanggup menggetarkan hati dan mengubah mood pembaca. Kisah cerita manga ini kian menarik karena dikombinasikan dengan subgenre lain. Nah, untuk membantu Anda menemukan manga romantis yang bagus, kami akan menyajikan cara memilih beserta rekomendasinya. Simak terus, yuk!
    Komik
  • 10 Rekomendasi Manga / Komik Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Manga / Komik Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Manga atau komik Jepang sudah lama memiliki nama dan reputasi tersendiri di Indonesia. Kuatnya daya tarik manga membuat pembacanya setia mengikuti cerita yang terus berlanjut selama bertahun-tahun. Contohnya adalah Detektif Conan, manga yang sudah berjalan selama 26 tahun, tetapi belum ada tanda-tanda akan berakhir. Apakah Anda adalah salah satu penggemar manga? Jika iya, Anda perlu membaca manga Jepang terbaik yang akan kami rekomendasikan dalam artikel ini. Ada sepuluh komik Jepang yang bagus dan mungkin cocok dengan selera Anda, seperti Jujutsu Kaisen dan Demon Slayer. Yuk, langsung simak ulasannya!
    Komik
  • 10 Rekomendasi Komik Terbaik untuk Anak-Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Komik Terbaik untuk Anak-Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Komik merupakan buku bacaan yang cenderung digemari anak-anak berkat kombinasi tulisan dan gambarnya. Namun, tidak semua komik cocok dibaca anak-anak, baik dari segi cerita maupun ilustrasi. Oleh karena itu, Anda perlu cermat dalam menyeleksi komik yang patut dibaca oleh si kecil. Selain menghibur, komik juga bisa menjadi media pembelajaran anak, lho.Kali ini, kami akan membagikan rekomendasi komik terbaik untuk anak-anak beserta tips memilihnya. Komik untuk anak-anak yang bagus, seperti Doraemon, Boboiboy, dan Why? juga dapat Anda beli secara online. Selamat membaca!
    Komik
  • 10 Rekomendasi Manga Horor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Manga Horor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang menyukai atau bahkan ketagihan membaca manga horor. Hal tersebut bukan tanpa alasan, gambar apik berpadu dengan kisah seram dalam manga horor dapat membuat adrenalin memuncak. Sensasi ketegangan, alur cerita tak tertebak, serta subgenre beragam membuat manga horor sangat menarik.Dalam artikel ini, kami akan membahas secara khusus mengenai cara memilih manga horor. Rekomendasi manga horor terbaik pun akan Anda temukan. Ada manga horor berkualitas karya Junji Ito, Kengo Hanazawa, Sui Ishida, dan sebagainya dalam artikel ini. Semuanya mencekam dan memiliki cerita memikat, milikilah manga yang paling Anda suka!
    Komik
  • 10 Rekomendasi Komik Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Komik Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu genre komik yang populer adalah komik dengan tema detektif. Pemecahan berbagai kasus, kode, serta misteri rumit menjadi karakteristik sekaligus daya tarik dari komik detektif. Di antara banyaknya komik detektif yang beredar di pasaran, manakah yang sebaiknya Anda pilih?Kami akan membahas cara memilih, serta merekomendasikan komik-komik detektif terbaik dalam artikel ini. Di antara rekomendasi tersebut, Anda akan menemukan komik Detektif Conan, Death Note, dan Sofia: Fashion Investigation. Simak artikel ini sampai selesai dan temukanlah komik detektif yang paling tepat untuk Anda!
    Komik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori