•  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022) 1
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022) 2
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022) 3
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022) 4
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu masalah yang dialami hampir semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam.


Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah terbaik yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk merek Wardah, mulai dari eye cream, serum, hingga sunscreen ada dalam rekomendasi. Yuk, cari tahu cara memilih produk Wardah yang bagus dan keunggulan dari tiap-tiap produknya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 November 2022
Daftar isi

Flek hitam pada kulit wajah, kenali penyebab dan bahan aktif untuk mengatasinya

Salah satu masalah kulit yang sering muncul dan dialami hampir semua wanita adalah flek hitam. Untuk mengatasinya, Anda harus memilih skincare berbahan khusus agar noda hitam pada kulit menghilang. Sebelum memilih produk Wardah untuk menghilangkan flek hitam, mari simak informasi berikut ini terlebih dahulu!

Kenali penyebab flek hitam di kulit

Kenali penyebab flek hitam di kulit

Flek hitam disebabkan oleh beberapa faktor, seperti paparan sinar UV yang intens, faktor hormonal, faktor genetik, atau bekas luka. Sinar matahari sebenarnya baik bagi tubuh, tetapi jika terlalu intens akan berbahaya, khususnya untuk kulit.


Paparan sinar matahari yang intens akan memaksa kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen warna. Dengan begitu, kulit akan lebih gelap dan flek hitam pun muncul.


Perubahan hormon, terutama bagi wanita yang sedang hamil, terkadang juga menyebabkan munculnya flek hitam di kulit. Faktor genetik juga dapat memengaruhi munculnya flek hitam pada kulit.


Bekas luka gigitan serangga, luka bakar, atau luka gores juga bisa meninggalkan bekas yang akhirnya menjadi flek hitam. Ada pula flek hitam yang disebabkan pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan kulit. Karena itu, Anda perlu berhati-hati saat memilih kosmetik.

Ketahui bahan aktif yang bisa menghilangkan flek hitam

Ketahui bahan aktif yang bisa menghilangkan flek hitam

Sebenarnya, flek hitam bukanlah masalah yang harus diobati, tetapi banyak orang ingin menghilangkannya untuk mempercantik penampilan. Ada beberapa bahan yang cocok untuk menghilangkan flek hitam di kulit, yakni sebagai berikut.


  • Niacinamide (vitamin B3), tidak hanya bisa menyamarkan flek hitam di kulit, tetapi juga bagus untuk mengobati jerawat. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat sebaiknya memilih produk dengan kandungan niacinamide.

  • AHA (alpha hydroxy acid), dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, memperbaiki perubahan warna, mencerahkan warna kulit, serta menyamarkan kerutan.

  • Alpha arbutinbisa memperlambat produksi melanin sehingga flek hitam dan bekas jerawat bisa memudar.

  • Licorice, tak hanya mencerahkan kulit, tetapi juga mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

  • Kojid acid, dapat menghambat produksi melanin dengan kuat. Biasanya bahan aktif ini akan dikombinasikan dengan bahan pencerah kulit lainnya.


Selain itu, kandungan bahan retinoid, vitamin C, azelaic acid, dan hydroquinone juga dapat mengatasi flek hitam pada kulit. Jadi, pilihlah produk skincare yang mengandung bahan aktif tersebut, ya!

Cara memilih produk Wardah untuk menghilangkan flek hitam

Mengatasi masalah kulit yang satu ini memang membutuhkan kesabaran karena prosesnya tidak instan. Sebelum Anda menentukan skincare yang tepat untuk mengatasi masalah kulit ini, pahami dahulu kandungan di dalamnya.

Sesuaikan jenis skincare dengan kebutuhan Anda

Setelah mengetahui kandungannya, sekarang saatnya memilih jenis skincare yang sebaiknya Anda gunakan. Wardah mengeluarkan berbagai macam produk yang bisa membuat kulit Anda bebas flek hitam dan tampak lebih cerah. Untuk memudahkan Anda memilih produknya, simak berikut ini.

Serum, memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi untuk mengatasi flek hitam

Wardah memiliki serum dengan kandungan bahan aktif vitamin C yang bermanfaat untuk meratakan warna kulit. Bagi Anda yang ingin mengatasi flek hitam, Anda bisa memilih C-Defense Serum. Selain vitamin C, serum ini juga mengandung ekstrak Aloe vera dan biosaccharide. Berkat kandungannya, kulit Anda akan terjaga dari kerusakan akibat flek hitam dan jerawat.

Moisturizer, melembapkan kulit dan menyamarkan flek hitam

Setiap wanita pastinya menginginkan kulit wajah yang sehat dan bersih dari noda hitam. Karena itu, Wardah mengeluarkan moisturizer dengan kandungan bahan niacinamide yang dapat melembapkan sekaligus menyamarkan flek hitam.


Untuk itu, Anda dapat memilih Wardah Lightening Day Cream Advance Niacinamide. Selain niacinamide, moisturizer ini juga mengandung SPF 30 PA+++ untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Eye cream, fokus memudarkan flek hitam di area mata

Wardah juga menyediakan eye cream atau krim mata untuk membantu Anda merawat kulit area mata. Untuk Anda yang ingin merawat kulit area mata agar tampak lebih muda dan cerah, gunakan Renew You Anti Aging Eye Cream. Krim mata ini juga mengandung vitamin B3 dan hyaluronic acid untuk memudarkan noda hitam.

Masker, membuat kulit wajah lebih segar dan bebas dari flek hitam

Masker wajah dapat membantu Anda mengangkat sel kulit mati sehingga kulit wajah menjadi lebih bersih dan cerah. Untuk Anda yang ingin mendetoksifikasi kulit wajah, Lightening Blue Clay Mask dari Wardah ini bisa dipilih. Dengan kandungan mineral serta niacinamide-nya, kulit wajah Anda menjadi lebih lembap dan bebas kusam.

Sunscreen, dapat mencegah bertambahnya flek hitam pada kulit

Beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama, menyebabkan kulit Anda lebih berisiko mengalami flek hitam. Karena itu, Anda membutuhkan sunscreen untuk mengurangi dampak buruk paparan sinar UV saat beraktivitas di luar ruangan.


Wardah juga memiliki sunscreen untuk mencegah flek hitam pada kulit. Gunakan UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++ untuk menjaga kulit tetap cerah dan bebas flek hitam. Sunscreen ini berukuran kecil sehingga praktis dibawa ke mana saja.

Gunakan skincare yang mengandung anti-UV pada siang hari

Gunakan skincare yang mengandung anti-UV pada siang hari

Selain menghilangkan flek hitam, Anda juga perlu mencegah agar kulit tidak makin menggelap. Salah satu solusi untuk mencegah hal tersebut adalah menggunakan skincare yang mengandung SPF atau PA. Seperti diketahui, SPF maupun PA berguna untuk mengurangi efek buruk paparan sinar UVA dan UVB yang dapat merusak kulit. Berikut ini tinggi kadar SPF dan PA yang harus Anda ketahui.


  • SPF 10–15 / PA+, cocok untuk Anda gunakan sehari-hari.
  • SPF 15–30 / PA++, cocok Anda gunakan saat melakukan aktivitas outdoor.
  • SPF 30–50 / PA+++, dapat memproteksi kulit dalam waktu lama sehingga cocok dibawa saat pergi berlibur ke pantai atau hiking.

Produk yang mengandung SPF biasanya agak lengket di kulit. Untuk itu, pilihlah produk yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tetapi tetap nyaman saat dipakai.

10 Rekomendasi produk Wardah terbaik untuk menghilangkan flek hitam

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Wardah terbaik untuk menghilangkan flek hitam yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 31 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Wardah Crystal Secret Bright Activating Night Cream yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 4 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ 1

Wardah

2
Wardah Lightening Day Cream Advanced Niacinamide 1

Wardah

3
Wardah Lightening Serum Ampoule 1

Wardah

4
Wardah Crystal Secret Bright Activating Night Cream 1

Wardah

5
Wardah Perfect Bright Moisturizer Bright + Oil Control 1

Wardah

6
Wardah Lightening Blue Clay Mask 1

Wardah

7
Wardah C-Defense Serum 1

Wardah

8
Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++ 1

Wardah

9
Wardah White Renew You Anti Aging Eye Cream 1

Wardah

10
Wardah Crystallure Supreme Revitalizing Oil Serum 1

Wardah

Nama produk

UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Lightening Day Cream Advanced Niacinamide

Lightening Serum Ampoule

Crystal Secret Bright Activating Night Cream

Perfect Bright Moisturizer Bright + Oil Control

Lightening Blue Clay Mask

C-Defense Serum

UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++

White Renew You Anti Aging Eye Cream

Crystallure Supreme Revitalizing Oil Serum

Keunggulan

Melindungi kulit dari flek hitam akibat radikal bebas

Menghempaskan flek hitam sekaligus mencegahnya muncul kembali

Dapatkan wajah cerah dan bebas dari noda bekas jerawat!

Melawan flek hitam dan menutrisi kulit saat malam hari

Flek hitam hilang, kelembapan kulit pun tetap terjaga

Menutrisi kulit dengan intens hingga lapisan terdalam

Terdapat ekstrak Aloe vera dan biosaccharide untuk melindungi kerusakan pada kulit wajah

Melindungi kulit dari UVA, UVB, dan blue light secara maksimal

Lindungi area mata dari flek hitam yang meredupkan aura Anda

Skincare harian untuk wajah cerah idaman

Harga mulai dariRp 35.500,00Rp 31.000,00Rp 19.500,00Rp 52.500,00Rp 28.700,00Rp 20.500,00Rp 84.000,00Rp 75.000,00Rp 86.500,00Rp 265.000,00
Isi40 ml20 ml, 30 g8 ml, 5x5 ml, 30 ml15 ml, 30 g20 ml50 ml17 ml35 ml10 ml30 ml
Jenis skincareSunscreenMoisturizerSerumNight creamMoisturizerMaskerSerumSunscreenEye creamSerum
Bahan aktifAloe vera, provitamin B5, vitamin E, octocrylene, propylene glycol, dan lainnyaNiacinamide, licorice, Fucus vesiculosus extract, dan lainnyaAqua, butylene glycol, niacinamide, cyclopentasiloxane, glycerin, biosaccharide, licorice, dan bahan lainnyaAlpha Arbutin, niacinamide, edelweiss extract, brightening peptide, dan lainnyaNiacinamide, polymethyl methacrylate, 4-methylbenzylidene camphor, propylene glycol, glyceryl stearate, cetyl alcohol, titanium dioxide, dan lainnyaMineral kaolin, niacinamide, dan lainnyaVitamin C, biosaccharide gum-1, Aloe vera leaf extract, dan lainnyaBisabolol, butylene glycol, butyl methoxydibenzoylmethane, 0% alkohol, dan lainnyaApple (Malus domestica) phyto cell extract, 3D-nutriplex active, vitamin B3, hyaluronic acid, dan lainnyaMacadamia ternifolia seed oil, trimethylpentanediol adipic acid copolymer, coco-caprylate/​caprate, triethylhexanoin, dan lainnya
SPF✓ (SPF 30 dan PA+++)✓ (SPF 30 dan PA+++)×✓ (SPF 35 dan PA+++)✓ (SPF 30 dan PA+++)××✓ (SPF 50 dan PA++++)××
Tautan produk
10

WardahCrystallure Supreme Revitalizing Oil Serum

Mulai dari Rp 265.000,00

Isi30 ml
Jenis skincareSerum
Bahan aktifMacadamia ternifolia seed oil, trimethylpentanediol adipic acid copolymer, coco-caprylate/​caprate, triethylhexanoin, dan lainnya
SPF×
9

WardahWhite Renew You Anti Aging Eye Cream

Mulai dari Rp 86.500,00

Isi10 ml
Jenis skincareEye cream
Bahan aktifApple (Malus domestica) phyto cell extract, 3D-nutriplex active, vitamin B3, hyaluronic acid, dan lainnya
SPF×
8

WardahUV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++

Mulai dari Rp 75.000,00

Isi35 ml
Jenis skincareSunscreen
Bahan aktifBisabolol, butylene glycol, butyl methoxydibenzoylmethane, 0% alkohol, dan lainnya
SPF✓ (SPF 50 dan PA++++)
7
Isi17 ml
Jenis skincareSerum
Bahan aktifVitamin C, biosaccharide gum-1, Aloe vera leaf extract, dan lainnya
SPF×
6
Isi50 ml
Jenis skincareMasker
Bahan aktifMineral kaolin, niacinamide, dan lainnya
SPF×
5

WardahPerfect Bright Moisturizer Bright + Oil Control

Mulai dari Rp 28.700,00

Isi20 ml
Jenis skincareMoisturizer
Bahan aktifNiacinamide, polymethyl methacrylate, 4-methylbenzylidene camphor, propylene glycol, glyceryl stearate, cetyl alcohol, titanium dioxide, dan lainnya
SPF✓ (SPF 30 dan PA+++)
4

WardahCrystal Secret Bright Activating Night Cream

Mulai dari Rp 52.500,00

Isi15 ml, 30 g
Jenis skincareNight cream
Bahan aktifAlpha Arbutin, niacinamide, edelweiss extract, brightening peptide, dan lainnya
SPF✓ (SPF 35 dan PA+++)
3
Isi8 ml, 5x5 ml, 30 ml
Jenis skincareSerum
Bahan aktifAqua, butylene glycol, niacinamide, cyclopentasiloxane, glycerin, biosaccharide, licorice, dan bahan lainnya
SPF×
2

WardahLightening Day Cream Advanced Niacinamide

Mulai dari Rp 31.000,00

Isi20 ml, 30 g
Jenis skincareMoisturizer
Bahan aktifNiacinamide, licorice, Fucus vesiculosus extract, dan lainnya
SPF✓ (SPF 30 dan PA+++)
1

WardahUV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Mulai dari Rp 35.500,00

Isi40 ml
Jenis skincareSunscreen
Bahan aktifAloe vera, provitamin B5, vitamin E, octocrylene, propylene glycol, dan lainnya
SPF✓ (SPF 30 dan PA+++)

Pertanyaan umum seputar flek hitam pada kulit wajah

Pertanyaan umum seputar flek hitam pada kulit wajah

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar flek hitam. Jika Anda masih penasaran dengan flek hitam pada kulit wajah, simak jawabannya di bawah ini!

Flek hitam muncul di usia berapa?

Flek hitam pada kulit dapat terjadi sejak usia 20 tahun. Namun, terkadang flek hitam juga bisa muncul pada wanita dengan usia 40 tahun ke atas. Untuk itu, lakukan perawatan kulit dengan baik agar terhindar dari flek hitam.

Apakah sunscreen dapat menghilangkan flek hitam?

Anda dapat menggunakan sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30 untuk menghilangkan flek hitam. Namun, Anda harus menggunakan sunscreen tersebut secara rutin. Dengan begitu, flek hitam yang membandel dapat teratasi.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya dari Wardah di sini

Berikut ini adalah produk skincare lainnya dari Wardah yang ampuh mengatasi berbagai masalah kulit Anda. Ada berbagai macam produk, seperti serum, masker, dan krim Wardah. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasinya, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda tentang artikel di atas? Sudahkah Anda menemukan produk yang tepat? Produk Wardah tidak hanya ampuh menghilangkan flek hitam, tetapi juga melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari.


Sebelum Anda membeli skincare untuk masalah kulit yang Anda alami, jangan lupa perhatikan kandungan di dalamnya, ya. Niacinamide dan licorice adalah dua bahan alami yang paling ampuh untuk mengatasi flek hitam. Pastikan skincare yang Anda pilih mengandung bahan-bahan tersebut.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki kulit kering? Jika iya, Anda bisa menggunakan face emulsion yang diketahui dapat mengunci kelembapan di kulit Anda. Face emulsion biasanya mengandung ceramide, hyaluronic acid, dan kolagen yang bagus untuk kesehatan kulit. Meski begitu, masih banyak orang yang belum tahu face emulsion terbaik untuk kondisi kulitnya. Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi cara memilih face emulsion yang bagus, Kami juga akan merekomendasikan face emulsion dari berbagai merk terkenal, seperti SK II, The Face Shop, dan Sulwhasoo. Simak artikel ini jika Anda ingin menemukan produk face emulsion terbaik!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori