1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Alat tulis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sebagai alat tulis, fungsi spidol tidak sekadar untuk menulis. Spidol dapat juga dimanfaatkan untuk mewarnai hingga memberi marker atau tanda. Berdasarkan fungsinya, muncullah berbagai jenis spidol di pasaran. Ada spidol permanen, spidol yang tidak tembus kertas, hingga spidol warna dengan tinta yang aman untuk anak. 


Macam-macam jenis spidol mengharuskan Anda jeli ketika memilih. Maka dari itu, simak pembahasan tips memilih spidol terbaik di artikel ini. Tidak lupa kami memberikan rekomendasi spidol yang bagus. Anda bisa memilih merek spidol dari Faber-Castell, JOYKO, Artlineworld, Snowman, dan lainnya. Selamat membaca! 

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih spidol

Terdapat beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk memilih spidol yang bagus. Dengan mempertimbangkan kriteria tersebut, spidol yang dipilih akan lebih sesuai dengan kebutuhan. Tanpa berlama lagi Anda bisa mengecek cara memilih spidol pada pembahasan berikut.

① Ketahui jenis-jenis spidol

Jenis spidol menjadi hal pertama yang wajib Anda ketahui saat ingin memilihnya. Secara umum terdapat tiga jenis spidol yang bisa Anda pilih. Ada spidol permanen, spidol papan tulis atau board marker, dan spidol untuk mewarnai. Setiap jenis spidol memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apa saja perbedaannya? Yuk, baca penjelasan berikut ini.

Spidol permanen, untuk memberi tanda pada benda

Spidol permanen, untuk memberi tanda pada benda

Sesuai namanya, spidol permanen dirancang agar tinta tidak bisa dihapus atau bersifat permanen. Spidol permanen dapat digunakan untuk menandai sesuatu. Selain itu, spidol permanen dapat digunakan untuk menulis di permukaan licin. Campuran bahan gliserida, pyrrolidone, resin, dan pewarna membuat coretan spidol permanen sulit dihapus.


Meskipun susah, spidol permanen sebenarnya tetap bisa dihapus menggunakan bahan tertentu. Jika tidak sengaja mencoret benda kesayangan dengan spidol ini, Anda dapat memakai alkohol untuk menghapusnya. Anda juga bisa menghapus coretan spidol permanen menggunakan pasta gigi, penghapus pensil, bensin, atau aseton. 

Spidol papan tulis (board marker), untuk menulis di papan tulis

Spidol papan tulis (board marker), untuk menulis di papan tulis

Spidol papan tulis atau board marker biasa digunakan untuk proses belajar mengajar di kelas. Spidol ini juga banyak dipakai untuk kebutuhan kantor ketika ingin menerangkan sesuatu di papan tulis atau whiteboard. Tinta dari spidol jenis ini dapat menempel dengan baik di papan tulis dan dapat dihapus dengan mudah. Jika tidak ada penghapus khusus, tisu atau kain bisa dimanfaatkan untuk menghapus.


Spidol papan tulis biasanya digunakan secara berulang kali. Ketika tintanya sudah habis, Anda dapat melakukan isi ulang dengan membuka bagian belakang spidol. Namun, Anda sebelumnya tentu harus menyiapkan tinta isi ulangnya terlebih dahulu. Dari segi tampilan, sekilas bentuknya mirip dengan spidol permanen. Untuk membedakannya, Anda bisa membaca keterangan yang tertera pada spidol. 

Spidol untuk mewarnai, cocok untuk anak sekolah

Spidol untuk mewarnai, cocok untuk anak sekolah

Dari namanya, Anda pasti tahu jika spidol mewarnai merupakan spidol yang dipakai untuk mewarnai. Anak-anak hingga orang dewasa yang hobi menggambar bisa menggunakannya. Spidol ini biasanya dijual dalam satu set yang terdiri dari banyak warna. Belilah spidol warna dengan jumlah set warna sesuai dengan kebutuhan


Umumnya anak-anak menggunakan set standar yang berisi dua belas warna. Sementara itu, untuk yang hobi menggambar atau seniman, Anda dapat memilih set warna yang berjumlah banyak. Jumlah set spidol mewarnai yang ada di pasaran bermacam-macam, kok. Bahkan, ada yang jumlahnya mencapai 72 warna dalam satu set.

② Kenali jenis tinta sesuai penggunaan

Kenali jenis tinta sesuai penggunaan

Selain dari kegunaannya, jenis-jenis spidol bisa Anda cermati dari jenis tinta yang digunakan. Ada setidaknya tiga jenis tinta spidol yang sering digunakan. Setiap jenis tinta tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda.


  • Water-based: Spidol water-based adalah spidol dengan tinta berbasis air. Karena itulah, spidol ini mudah dihapus jika terkena tangan atau pakaian. Spidol ini menjadi pilihan aman untuk anak-anak yang gemar mewarnai. Sayangnya, tinta water-based tidak cepat kering dan dapat tembus hingga bagian belakang kertas. Kertas pun dapat sobek jika Anda menggores spidol terlalu tebal.

  • Alcolhol-based: Sesuai namanya, jenis spidol ini menggunakan tinta berbasis alkohol. Spidol ini lebih sering digunakan oleh pekerja profesional. Spidol dengan tinta ini mengandung komposisi bahan kimia yang membuatnya cepat kering. Dengan begitu, dijamin kertas tak akan sobek. Akan tetapi, spidol jenis ini mempunyai bau yang menyengat. Selain itu, harganya pun cukup mahal.

  • Oil-based: Spidol oil-based menggunakan tinta berbasis minyak. Tinta oil-based umumnya waterproof atau tahan terhadap air. Tinta jenis ini juga tidak meninggalkan noda saat diaplikasikan pada media tertentu. Namun, tinta ini mengandung xylene dan toluene yang berbahaya bagi manusia jika dihirup terlalu lama. Kedua bahan kimia tersebut juga berbahaya bagi lingkungan.

③ Sesuaikan warna tinta dengan kebutuhan

Sesuaikan warna tinta dengan kebutuhan

Poin selanjutnya yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan warna tinta dengan kebutuhan. Untuk kegiatan mewarnai, tentu saja Anda membutuhkan banyak variasi warna. Namun, jika digunakan untuk menulis di papan tulis, pilih spidol dengan tinta warna gelap seperti hitam atau biru. Meski demikian, Anda tetap bisa menggunakan spidol tinta merah atau lainnya untuk menandai keterangan yang penting.


Untuk menandai benda, Anda dapat menggunakan spidol berwarna terang, seperti kuning, putih, emas, hijau, atau biru. Hal tersebut dilakukan agar tanda yang Anda goreskan dapat terlihat dengan jelas. Spidol dengan tinta warna gelap pun dapat digunakan untuk menandai. Poin pentingnya adalah menyesuaikan warna spidol dengan media yang digunakan.

④ Pastikan spidol sesuai dengan media yang digunakan

Pastikan spidol sesuai dengan media yang digunakan

Pemilihan spidol dapat juga dipengaruhi oleh media yang digunakan. Media atau alas tulis spidol memang beragam, mulai dari kertas, besi, karet, kaca, hingga logam. Untuk itu, Anda harus menyesuaikan spidol dengan media yang akan digunakan.


Sebagai contoh, spidol papan tulis tentu akan lebih cocok digunakan untuk media papan tulis. Jika spidol tersebut digunakan untuk menulis di kertas, kertas akan mudah sobek. Hal ini karena goresan yang dihasilkan spidol lebih tebal. 

10 Rekomendasi spidol terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk spidol terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Snowman

Whiteboard Marker BG-12

Snowman Whiteboard Marker BG-12 1枚目

Tidak meninggalkan bekas tinta di papan tulis

2

JOYKO

Permanent Marker

JOYKO  Permanent Marker  1枚目

Hadir dengan dua ujung yang memiliki fungsi berbeda

3

Deli

Dry Erase Marker

Deli Dry Erase Marker 1枚目

Tersedia dua pilihan tip sesuai dengan kebutuhan

4

F.I.L.A.

Giotto Decor Textile

F.I.L.A. Giotto Decor Textile 1枚目

Dirancang khusus untuk media kain, tinta tidak luntur meski dicuci

5

Montana

Permanent Marker MP-12

Montana Permanent Marker MP-12 1枚目

Memiliki tinta pekat yang mudah kering

6

Faber-Castell

Connector Pen 20

Faber-Castell Connector Pen 20 1枚目

Dilengkapi connector agar spidol tidak mudah hilang

7

Snowman

Blackboard Marker BB-300

Snowman Blackboard Marker BB-300 1枚目

Spidol khusus papan tulis hitam, hasilkan warna terang pada media warna gelap

8

Zivana Kids

Spidol Penghapus Whiteboard

Zivana Kids Spidol Penghapus Whiteboard  1枚目

Dilengkapi dengan penghapus dan aman untuk anak-anak

9

Shachihata

Artline Glassboard Marker

Shachihata Artline Glassboard Marker  1枚目

Spidol untuk media kaca, bisa dihapus dengan kain

10

Paperie Lab

Arte Twin Tip Alcohol Based Marker

Paperie Lab Arte Twin Tip Alcohol Based Marker 1枚目

Tersedia pilihan warna pastel yang menyejukkan mata

Perincian produk
Close
No.1

SnowmanWhiteboard Marker BG-12

Mulai dari Rp5.274,00

Tidak meninggalkan bekas tinta di papan tulis

Tinta spidol sering kali meninggalkan bekas di papan tulis. Hal tersebut dapat menyebabkan papan tulis terlihat kotor. Anda tidak ingin papan tulis yang Anda miliki bernasib sama, bukan? Untuk itu, kami sarankan Anda menggunakan board marker dari Snowman.


Spidol papan tulis dari Snowman memiliki tinta yang pekat. Akan tetapi, tinta tersebut tidak akan meninggalkan bekas di papan tulis. Tinta juga mudah dihilangkan dengan penghapus. Selain itu, pilihan warnanya pun beragam, mulai dari berbagai warna gelap hingga warna terang.

No.2

JOYKO Permanent Marker PM-31~33

Mulai dari Rp3.200,00

Hadir dengan dua ujung yang memiliki fungsi berbeda

Untuk Anda yang hobi menggambar atau membuat sketsa, Anda dapat memilih spidol dari JOYKO ini. Spidol JOYKO Permanent Marker hadir dengan dua ujung yang berbeda fungsi. Satu ujung berupa needle tip bisa digunakan untuk menulis dan membuat sketsa. Sementara itu, ujung yang lain berupa fine tip bisa digunakan untuk mewarnai.

No.3

DeliDry Erase MarkerU002

Mulai dari Rp4.500,00

Tersedia dua pilihan tip sesuai dengan kebutuhan

Saat menulis di papan tulis, Anda ingin membuat ukuran goresan yang bervariasi? Spidol dari Deli ini bisa mewujudkan keinginan Anda. Ada dua pilihan ujung atau tip untuk spidol yang satu ini. Jika ingin membuat garis tipis, Anda bisa menggunakan spidol dengan ujung yang lancip. Sementara itu, ujung spidol yang agak tebal atau disebut chisel, tip bisa digunakan untuk membuat garis yang lebih tebal.

No.4

F.I.L.A.Giotto Decor Textile

Mulai dari Rp112.000,00

Dirancang khusus untuk media kain, tinta tidak luntur meski dicuci

Ingin tampil dengan gaya berbeda? Anda bisa menghias fashion item Anda menggunakan spidol yang satu ini. Spidol dari F.I.L.A ini memang dirancang khusus untuk media berupa kain. Karena itulah, Anda bisa menghias pakaian, jeans, dan sepatu Anda dengan spidol ini.


Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan spidol ini karena tintanya berbasis air. Jika tangan tercoret, tinta akan mudah dihilangkan. Meski demikian, tinta akan tetap menempel pada media kain. Bahkan, Anda tetap bisa mencucinya dengan suhu sekitar 40 derajat.

No.5

MontanaPermanent Marker MP-12

Mulai dari Rp2.150,00

Memiliki tinta pekat yang mudah kering

Butuh spidol permanen yang bisa digunakan untuk berbagai macam media? Kami rekomendasikan spidol dari Montana. Selain bisa diaplikasikan untuk berbagai macam media, spidol ini juga memiliki tinta yang pekat. Meski demikian, tinta spidol cepat mengering sehingga tidak menimbulkan noda di sekitarnya. Keuntungan lainnya adalah spidol ini tidak beracun dan dapat diisi ulang.

No.6

Faber-CastellConnector Pen 2011200ADVC

Mulai dari Rp49.500,00

Dilengkapi connector agar spidol tidak mudah hilang

Anda yang sering kehilangan spidol direkomendasikan untuk memilih spidol dari Faber-Castell yang satu ini. Spidol ini memiliki tutup yang dibuat berbentuk connector. Adanya connector tersebut memungkinkan spidol untuk dirangkai satu sama lain. Bahkan, spidol bisa dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk sesuai imajinasi. Maka dari itu, disarankan untuk tidak langsung dibuang ketika tintanya habis.

No.7

SnowmanBlackboard Marker BB-300

Mulai dari Rp13.500,00

Spidol khusus papan tulis hitam, hasilkan warna terang pada media warna gelap

Papan tulis hitam biasanya digunakan untuk menulis menu di kafe yang dipajang di dinding. Terkadang papan tulis hitam juga digunakan untuk menulis promo tertentu. Untuk menulisnya, tentu membutuhkan spidol khusus. Anda bisa memanfaatkan spidol dari merek Snowman yang satu ini.


Produk ini akan menghasilkan warna terang meski dipakai di media berwarna gelap. Ujung spidol pun tergolong tebal sehingga tulisan jadi terlihat jelas dan mencolok. Dengan begitu, interior kafe Anda akan tampak makin menarik. Alhasil, papan menu tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri.

No.8

Zivana KidsSpidol Penghapus Whiteboard

Mulai dari Rp7.900,00

Dilengkapi dengan penghapus dan aman untuk anak-anak

Spidol dari Zivana Kids ini menjadi pilihan tepat untuk Anda yang sedang mencari board marker untuk anak-anak. Anak dapat berkreasi dengan aman menggunakan spidol ini karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Selain itu, anak tidak perlu repot mencari penghapus. Hal ini karena spidol ini telah dilengkapi dengan penghapus di bagian tutupnya.

No.9

ShachihataArtline Glassboard Marker EPG-4

Mulai dari Rp12.800,00

Spidol untuk media kaca, bisa dihapus dengan kain

Whiteboard dibutuhkan dalam meeting di kantor saat membahas suatu masalah. Namun, beberapa kantor memilih menggunakan papan dari kaca. Jika kantor Anda demikian, gunakanlah Artline Glassboard Marker. Produk spidol ini memang dirancang khusus untuk media kaca.


Spidol dari Shachihata ini memiliki ujung berbentuk bulat dengan ukuran cukup besar. Hal ini menjadikan tulisan yang Anda goreskan di media kaca jelas terlihat. Selain itu, tinta spidol juga mudah dihapus. Jika tidak ada penghapus, Anda dapat menghapus tintanya dengan kain kering atau kain lembap.

No.10

Paperie LabArte Twin Tip Alcohol Based Marker

Mulai dari Rp15.000,00

Tersedia pilihan warna pastel yang menyejukkan mata

Anda butuh spidol untuk mewarnai sekaligus meng-highlight tulisan penting? Kami rekomendasikan produk ini untuk Anda. Salah satu ujung spidol dari Papire Lab ini dapat Anda gunakan untuk menulis dan mewarnai. Sementara itu, ujung lainnya bisa Anda gunakan untuk menandai tulisan yang penting.


Spidol ini memiliki sepuluh pilihan warna pastel. Dengan menggunakan spidol ini, tulisan dan gambar yang dihasilkan akan menyejukkan mata. Selain itu, spidol ini juga punya bentuk yang kekinian. Sayangnya, terkadang tutup spidol susah untuk dibuka.

Cara menyimpan spidol agar lebih tahan lama

Cara menyimpan spidol agar lebih tahan lama

Setelah membaca cara memilih dan rekomendasi spidol, ada baiknya Anda mengetahui cara menyimpan spidol. Dengan mengetahui cara menyimpan yang benar, spidol akan lebih tahan lama. Cara yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah menutup spidol ketika tidak digunakan. Dengan menutup spidol, tinta pada bagian ujung tidak akan mudah kering.


Spidol juga harus Anda simpan pada suhu ruangan. Anda juga harus menjauhkan spidol dari paparan sinar matahari langsung. Kedua hal tersebut dapat mencegah kerusakan pada kualitas spidol. Posisi penyimpanan spidol sebaiknya juga horizontal. Penyimpanan spidol dengan posisi horizontal menjadikan tinta tidak menumpuk di salah satu bagian. 

Baca juga rekomendasi produk alat mewarnai lainnya di sini

Spidol selain untuk menulis memang bisa digunakan untuk mewarnai. Namun, Anda juga bisa mewarnai dengan jenis alat pewarna lainnya. Anda bisa mengetahui jenis-jenis alat pewarna lainnya dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca keseluruhan artikel ini, Anda tentu sudah tahu spidol yang tepat untuk dipilih, bukan? Pilihlah jenis spidol, seperti spidol permanen, spidol papan tulis, atau spidol untuk mewarnai, yang sesuai dengan kebutuhan.


Memilih spidol berdasarkan jenis tintanya pun penting untuk diperhatikan. Media yang digunakan untuk tiap jenis spidol juga berbeda-beda. Ketahui hal-hal tersebut sebelum membeli spidol, ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer