• 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sebagai alat tulis, fungsi spidol tidak sekadar untuk menulis. Spidol dapat juga dimanfaatkan untuk mewarnai hingga memberi marker atau tanda. Berdasarkan fungsinya, muncullah berbagai jenis spidol di pasaran. Ada spidol permanen, spidol yang tidak tembus kertas, hingga spidol warna dengan tinta yang aman untuk anak. 


Macam-macam jenis spidol mengharuskan Anda jeli ketika memilih. Maka dari itu, simak pembahasan tips memilih spidol terbaik di artikel ini. Tidak lupa kami memberikan rekomendasi spidol yang bagus. Anda bisa memilih merek spidol dari Faber-Castell, JOYKO, Artlineworld, Snowman, dan lainnya. Selamat membaca! 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Adelia Maghfira
Dinda Puspitasari
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih spidol

Terdapat beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk memilih spidol yang bagus. Dengan mempertimbangkan kriteria tersebut, spidol yang dipilih akan lebih sesuai dengan kebutuhan. Tanpa berlama lagi Anda bisa mengecek cara memilih spidol pada pembahasan berikut.

Ketahui jenis-jenis spidol

Jenis spidol menjadi hal pertama yang wajib Anda ketahui saat ingin memilihnya. Secara umum terdapat tiga jenis spidol yang bisa Anda pilih. Ada spidol permanen, spidol papan tulis atau board marker, dan spidol untuk mewarnai. Setiap jenis spidol memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apa saja perbedaannya? Yuk, baca penjelasan berikut ini.

Spidol permanen, untuk memberi tanda pada benda

Spidol permanen, untuk memberi tanda pada benda

Sesuai namanya, spidol permanen dirancang agar tinta tidak bisa dihapus atau bersifat permanen. Spidol permanen dapat digunakan untuk menandai sesuatu. Selain itu, spidol permanen dapat digunakan untuk menulis di permukaan licin. Campuran bahan gliserida, pyrrolidone, resin, dan pewarna membuat coretan spidol permanen sulit dihapus.


Meskipun susah, spidol permanen sebenarnya tetap bisa dihapus menggunakan bahan tertentu. Jika tidak sengaja mencoret benda kesayangan dengan spidol ini, Anda dapat memakai alkohol untuk menghapusnya. Anda juga bisa menghapus coretan spidol permanen menggunakan pasta gigi, penghapus pensil, bensin, atau aseton. 

Spidol papan tulis (board marker), untuk menulis di papan tulis

Spidol papan tulis (board marker), untuk menulis di papan tulis

Spidol papan tulis atau board marker biasa digunakan untuk proses belajar mengajar di kelas. Spidol ini juga banyak dipakai untuk kebutuhan kantor ketika ingin menerangkan sesuatu di papan tulis atau whiteboard. Tinta dari spidol jenis ini dapat menempel dengan baik di papan tulis dan dapat dihapus dengan mudah. Jika tidak ada penghapus khusus, tisu atau kain bisa dimanfaatkan untuk menghapus.


Spidol papan tulis biasanya digunakan secara berulang kali. Ketika tintanya sudah habis, Anda dapat melakukan isi ulang dengan membuka bagian belakang spidol. Namun, Anda sebelumnya tentu harus menyiapkan tinta isi ulangnya terlebih dahulu. Dari segi tampilan, sekilas bentuknya mirip dengan spidol permanen. Untuk membedakannya, Anda bisa membaca keterangan yang tertera pada spidol. 

Spidol untuk mewarnai, cocok untuk anak sekolah

Spidol untuk mewarnai, cocok untuk anak sekolah

Dari namanya, Anda pasti tahu jika spidol mewarnai merupakan spidol yang dipakai untuk mewarnai. Anak-anak hingga orang dewasa yang hobi menggambar bisa menggunakannya. Spidol ini biasanya dijual dalam satu set yang terdiri dari banyak warna. Belilah spidol warna dengan jumlah set warna sesuai dengan kebutuhan


Umumnya anak-anak menggunakan set standar yang berisi dua belas warna. Sementara itu, untuk yang hobi menggambar atau seniman, Anda dapat memilih set warna yang berjumlah banyak. Jumlah set spidol mewarnai yang ada di pasaran bermacam-macam, kok. Bahkan, ada yang jumlahnya mencapai 72 warna dalam satu set.

Kenali jenis tinta sesuai penggunaan

Kenali jenis tinta sesuai penggunaan

Selain dari kegunaannya, jenis-jenis spidol bisa Anda cermati dari jenis tinta yang digunakan. Ada setidaknya tiga jenis tinta spidol yang sering digunakan. Setiap jenis tinta tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda.


  • Water-based: Spidol water-based adalah spidol dengan tinta berbasis air. Karena itulah, spidol ini mudah dihapus jika terkena tangan atau pakaian. Spidol ini menjadi pilihan aman untuk anak-anak yang gemar mewarnai. Sayangnya, tinta water-based tidak cepat kering dan dapat tembus hingga bagian belakang kertas. Kertas pun dapat sobek jika Anda menggores spidol terlalu tebal.

  • Alcolhol-based: Sesuai namanya, jenis spidol ini menggunakan tinta berbasis alkohol. Spidol ini lebih sering digunakan oleh pekerja profesional. Spidol dengan tinta ini mengandung komposisi bahan kimia yang membuatnya cepat kering. Dengan begitu, dijamin kertas tak akan sobek. Akan tetapi, spidol jenis ini mempunyai bau yang menyengat. Selain itu, harganya pun cukup mahal.

  • Oil-based: Spidol oil-based menggunakan tinta berbasis minyak. Tinta oil-based umumnya waterproof atau tahan terhadap air. Tinta jenis ini juga tidak meninggalkan noda saat diaplikasikan pada media tertentu. Namun, tinta ini mengandung xylene dan toluene yang berbahaya bagi manusia jika dihirup terlalu lama. Kedua bahan kimia tersebut juga berbahaya bagi lingkungan.

Sesuaikan warna tinta dengan kebutuhan

Sesuaikan warna tinta dengan kebutuhan

Poin selanjutnya yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan warna tinta dengan kebutuhan. Untuk kegiatan mewarnai, tentu saja Anda membutuhkan banyak variasi warna. Namun, jika digunakan untuk menulis di papan tulis, pilih spidol dengan tinta warna gelap seperti hitam atau biru. Meski demikian, Anda tetap bisa menggunakan spidol tinta merah atau lainnya untuk menandai keterangan yang penting.


Untuk menandai benda, Anda dapat menggunakan spidol berwarna terang, seperti kuning, putih, emas, hijau, atau biru. Hal tersebut dilakukan agar tanda yang Anda goreskan dapat terlihat dengan jelas. Spidol dengan tinta warna gelap pun dapat digunakan untuk menandai. Poin pentingnya adalah menyesuaikan warna spidol dengan media yang digunakan.

Pastikan spidol sesuai dengan media yang digunakan

Pastikan spidol sesuai dengan media yang digunakan

Pemilihan spidol dapat juga dipengaruhi oleh media yang digunakan. Media atau alas tulis spidol memang beragam, mulai dari kertas, besi, karet, kaca, hingga logam. Untuk itu, Anda harus menyesuaikan spidol dengan media yang akan digunakan.


Sebagai contoh, spidol papan tulis tentu akan lebih cocok digunakan untuk media papan tulis. Jika spidol tersebut digunakan untuk menulis di kertas, kertas akan mudah sobek. Hal ini karena goresan yang dihasilkan spidol lebih tebal. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Uni Mitsubishi PencilPosca 1.8–2.5 mm Medium Tip

PC - 5M

Mulai dari Rp 43.000,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Faber CastellConnector Felt Tip Pen

#155510

Mulai dari Rp 26.000,00

10 Rekomendasi spidol terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk spidol terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Paperie LabArte Twin Tip Alcohol Based Marker

Mulai dari Rp 15.000,00

JenisSpidol untuk mewarnai
Jenis tintaAlcohol-based
Variasi warnaCool grey, pale lilac, green grey, lime green, cream, peach, dark blue light, salmon pink, sky blue
Media yang direkomendasikanKertas
9
JenisSpidol kaca
Jenis tintaWater-based
Variasi warnaPutih, hitam, hijau (fosfor), oranye (fosfor), ungu, kuning (fosfor), merah muda (fosfor), biru muda
Media yang direkomendasikanKaca
8

Zivana KidsSpidol Penghapus Whiteboard

Mulai dari Rp 7.900,00

JenisSpidol papan tulis
Jenis tintaWater-based
Variasi warnaHitam, merah, ungu, biru
Media yang direkomendasikanPapan tulis
7
JenisSpidol papan tulis
Jenis tintaWater-based
Variasi warnaMerah muda, kuning, putih, hijau, biru
Media yang direkomendasikanKaca, plastik, keramik, logam, dan semua permukaan yang tidak berpori
6
JenisSpidol untuk mewarnai
Jenis tintaWater-based
Variasi warnaMerah, kuning, hijau, biru, ungu, merah muda, oranye, dll
Media yang direkomendasikanKertas
5
JenisSpidol permanen
Jenis tintaTidak ada keterangan
Variasi warnaHitam, biru, hijau, merah
Media yang direkomendasikanKertas, kayu, kain, kaca, kulit, keramik, logam
4
JenisSpidol permanen, spidol kain
Jenis tintaWater-based
Variasi warnaHitam, ungu, biru tua, biru muda, hijau tua, hijau muda, kuning, kuning tua, merah muda, merah, cokelat
Media yang direkomendasikanKain
3
JenisSpidol papan tulis
Jenis tintaTidak ada keterangan
Variasi warnaHitam, biru, merah
Media yang direkomendasikanPapan tulis
2
JenisSpidol permanen, spidol untuk mewarnai
Jenis tintaOil-based
Variasi warnaBlack (PM-31), blue (PM-32), red (PM-33)
Media yang direkomendasikanLogam, plastik, kaca, kulit, dan lain-lain
1
JenisSpidol papan tulis
Jenis tintaTidak ada keterangan
Variasi warnaHitam, biru tua, merah, cokelat, ungu, merah muda, oranye, kuning, biru muda, hijau
Media yang direkomendasikanPapan tulis

Tabel perbandingan produk spidol terbaik

Gambar produk
1
Snowman Whiteboard Marker BG-12 1

Snowman

2
JOYKO  Permanent Marker  1

JOYKO

3
Deli Dry Erase Marker 1

Deli

4
F.I.L.A. Giotto Decor Textile 1

F.I.L.A.

5
Montana Permanent Marker MP-12 1

Montana

6
Faber-Castell Connector Pen 20 1

Faber-Castell

7
Snowman Blackboard Marker BB-300 1

Snowman

8
Zivana Kids Spidol Penghapus Whiteboard  1

Zivana Kids

9
Shachihata Artline Glassboard Marker  1

Shachihata

10
Paperie Lab Arte Twin Tip Alcohol Based Marker 1

Paperie Lab

Nama produk

Whiteboard Marker BG-12

Permanent Marker

Dry Erase Marker

Giotto Decor Textile

Permanent Marker MP-12

Connector Pen 20

Blackboard Marker BB-300

Spidol Penghapus Whiteboard

Artline Glassboard Marker

Arte Twin Tip Alcohol Based Marker

Keunggulan

Tidak meninggalkan bekas tinta di papan tulis

Hadir dengan dua ujung yang memiliki fungsi berbeda

Tersedia dua pilihan tip sesuai dengan kebutuhan

Dirancang khusus untuk media kain, tinta tidak luntur meski dicuci

Memiliki tinta pekat yang mudah kering

Dilengkapi connector agar spidol tidak mudah hilang

Spidol khusus papan tulis hitam, hasilkan warna terang pada media warna gelap

Dilengkapi dengan penghapus dan aman untuk anak-anak

Spidol untuk media kaca, bisa dihapus dengan kain

Tersedia pilihan warna pastel yang menyejukkan mata

Harga mulai dariRp 5.274,00Rp 3.200,00Rp 4.500,00Rp 112.000,00Rp 2.150,00Rp 49.500,00Rp 13.500,00Rp 7.900,00Rp 12.800,00Rp 15.000,00
JenisSpidol papan tulisSpidol permanen, spidol untuk mewarnaiSpidol papan tulisSpidol permanen, spidol kainSpidol permanenSpidol untuk mewarnaiSpidol papan tulisSpidol papan tulisSpidol kacaSpidol untuk mewarnai
Jenis tintaTidak ada keteranganOil-basedTidak ada keteranganWater-basedTidak ada keteranganWater-basedWater-basedWater-basedWater-basedAlcohol-based
Variasi warnaHitam, biru tua, merah, cokelat, ungu, merah muda, oranye, kuning, biru muda, hijauBlack (PM-31), blue (PM-32), red (PM-33)Hitam, biru, merahHitam, ungu, biru tua, biru muda, hijau tua, hijau muda, kuning, kuning tua, merah muda, merah, cokelatHitam, biru, hijau, merahMerah, kuning, hijau, biru, ungu, merah muda, oranye, dllMerah muda, kuning, putih, hijau, biruHitam, merah, ungu, biruPutih, hitam, hijau (fosfor), oranye (fosfor), ungu, kuning (fosfor), merah muda (fosfor), biru mudaCool grey, pale lilac, green grey, lime green, cream, peach, dark blue light, salmon pink, sky blue
Media yang direkomendasikanPapan tulisLogam, plastik, kaca, kulit, dan lain-lainPapan tulisKainKertas, kayu, kain, kaca, kulit, keramik, logamKertasKaca, plastik, keramik, logam, dan semua permukaan yang tidak berporiPapan tulisKacaKertas
Tautan produk

Cara menyimpan spidol agar lebih tahan lama

Cara menyimpan spidol agar lebih tahan lama

Setelah membaca cara memilih dan rekomendasi spidol, ada baiknya Anda mengetahui cara menyimpan spidol. Dengan mengetahui cara menyimpan yang benar, spidol akan lebih tahan lama. Cara yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah menutup spidol ketika tidak digunakan. Dengan menutup spidol, tinta pada bagian ujung tidak akan mudah kering.


Spidol juga harus Anda simpan pada suhu ruangan. Anda juga harus menjauhkan spidol dari paparan sinar matahari langsung. Kedua hal tersebut dapat mencegah kerusakan pada kualitas spidol. Posisi penyimpanan spidol sebaiknya juga horizontal. Penyimpanan spidol dengan posisi horizontal menjadikan tinta tidak menumpuk di salah satu bagian. 

Baca juga rekomendasi produk alat mewarnai lainnya di sini

Spidol selain untuk menulis memang bisa digunakan untuk mewarnai. Namun, Anda juga bisa mewarnai dengan jenis alat pewarna lainnya. Anda bisa mengetahui jenis-jenis alat pewarna lainnya dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca keseluruhan artikel ini, Anda tentu sudah tahu spidol yang tepat untuk dipilih, bukan? Pilihlah jenis spidol, seperti spidol permanen, spidol papan tulis, atau spidol untuk mewarnai, yang sesuai dengan kebutuhan.


Memilih spidol berdasarkan jenis tintanya pun penting untuk diperhatikan. Media yang digunakan untuk tiap jenis spidol juga berbeda-beda. Ketahui hal-hal tersebut sebelum membeli spidol, ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Berbagai merek pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang bagus. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Ada juga komentar dari illustrator kami, Karina Doniho, untuk menambah wawasan Anda tentang pensil warna. Pilihlah dengan cermat produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pulpen gel adalah alat tulis yang tintanya terbuat dari gel. Keistimewaan pulpen ini adalah warna tintanya yang bervariasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kreativitas penggunanya. Kini terdapat banyak pilihan merek pulpen gel, mulai dari warna hitam, putih, sampai warna-warni yang menarik.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih pulpen gel terbaik. Berbagai merek pulpen gel yang bagus juga ada dalam rekomendasi kami, seperti Kenko, Pilot, Zebra, Joyko, dan Pentel. Mari simak informasinya dan temukan pulpen gel yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pulpen menjadi salah satu alat tulis yang wajib dimiliki oleh siapa saja, mulai dari pelajar sampai pekerja kantoran. Ada banyak jenis pulpen dengan beragam variasi tinta, model, dan juga keunggulan. Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen terbaik untuk berbagai kebutuhan.Tak hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi merek pulpen yang bagus untuk Anda. Anda dapat menemukan produk dari ZEBRA, Faber-Castell, juga Parker dalam rekomendasi kami. Yuk, baca artikel ini sampai habis untuk menemukan pulpen terbaik!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menarik untuk diketahui, lem kertas tak hanya tersedia dalam bentuk cair, lho. Kini, Anda dapat menemukan jenis lem kertas yang sangat mudah dipakai dan dibawa ke mana saja. Anda pun dapat menemukan lem kertas berukuran mini atau berbentuk pulpen yang dapat disimpan di dalam kantong!Dengan makin banyaknya pilihan, Anda pun bisa lebih leluasa menjatuhkan pilihan. Selain UHU dan Deli, ada merek-merek lain yang bagus dengan berbagai kelebihan untuk digunakan. Temukan produk terbaik dengan berpedoman pada cara memilih lem kertas yang telah kami susun untuk Anda.
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cutter sangat diperlukan saat aktivitas sekolah maupun saat melakukan proyek DIY. Saat ini, ada berbagai macam bentuk cutter yang beredar, seperti paper cutter, cutter kecil, cutter yang bisa berputar, dan lainnya. Merk yang bagus seperti Kenko dan Joyko juga sering muncul sebagai merk cutter pilihan.Berikut ini kami akan mengulas tuntas poin penting saat memilih cutter dan isi pisaunya. Setelahnya, kami akan memperkenalkan sepuluh produk rekomendasi cutter unggulan yang bisa Anda dapatkan secara daring. Baca juga artikel ini sampai akhir untuk menemukan cara menggunakan cutter dengan tepat!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meski penggaris online dan aplikasi penggaris di HP sudah marak, penggaris yang bagus masih banyak dicari. Bukan hanya arsitek atau pekerja bidang teknik sipil, penggaris banyak dipakai dalam keseharian. Karena itu, penggaris siku, penggaris besi, penggaris busur, dan sebagainya, sebaiknya tersedia di meja kerja Anda.Selain penggaris 30 cm, macam-macam penggaris dijual di pasaran, baik dari berbagai variasi ukuran, bentuk, maupun bahan. Kali ini, kami akan membahas tips memilih penggaris dan rekomendasi produk-produk penggaris terbaik untuk Anda. Merek berkualitas, seperti Joyko, Maped, Butterfly, dan lainnya pun akan turut diulas.
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Correction tape, disebut juga tipe x kertas atau stipo kertas, berguna untuk menghapus tulisan dan cetakan yang salah. Ada berbagai merek correction tape yang dapat Anda temukan, seperti Tombow, Faber-Castell, Debozz, dan Joyko. Setiap merek tentunya memiliki keunggulan dan karakteristik masing-masing.Namun, Anda mungkin kebingungan memilih produk yang sesuai. Karena itu, kami ingin menjelaskan beberapa cara memilih yang harus diperhatikan sebelum membeli. Kami juga akan mencantumkan beberapa rekomendasi produk untuk membantu Anda menemukan correction tape yang bagus. Simak tips-tips di bawah ini sampai tuntas, ya!
    Alat tulis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori