• 10 Tanaman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Tanaman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Tanaman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Tanaman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Tanaman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Tanaman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)

Jika Anda mengalami masalah kesehatan, seperti demam, batuk, atau pilek, jangan langsung mengonsumsi obat-obatan kimia. Cobalah untuk mengganti obat tersebut dengan ekstrak tanaman herbal yang lebih alami. Tanaman herbal atau tanaman obat adalah tanaman yang mengandung zat aktif yang berguna untuk pengobatan.


Kali ini, kami akan memberitahu tips memilih tanaman herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan Anda. Ulasan mengenai rekomendasi tanaman herbal terbaik, seperti jahe, jeruk nipis, dan lidah buaya juga akan kami bagikan. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Jangan lewatkan artikel ini, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Evrina Budiastuti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 18 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP
Evrina Budiastuti
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, Evrina bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura.


Evrina telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Evrina juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tanaman herbal

Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman herbal yang juga kerap disebut sebagai tanaman obat keluarga (TOGA). Tanaman ini dapat mengatasi berbagai penyakit seperti flu ringan hingga penyakit serius lainnya. Untuk dapat menikmati manfaatnya, Anda perlu mengolahnya dahulu. Anda bisa merebusnya maupun menjadikannya bubuk.


Namun, dari sekian banyaknya jenis tanaman herbal, tentu tak semuanya dapat Anda tanam sendiri di rumah. Sebelum membeli tanaman herbal, ada baiknya Anda mengikuti tips-tips dari kami ini. Anda harus mengetahui perbedaan jenis, manfaat, dan detail perawatannya. Perhatikan dan pilih tanaman herbal sesuai kebutuhan Anda. 

Pilih berdasarkan jenisnya

Agar lebih mudah, pilihlah tanaman herbal berdasarkan jenisnya. Tanaman herbal umumnya terbagi menjadi empat jenis, yaitu rempah-rempah, tanaman berbuah, tanaman berbunga, dan tanaman berdaun. Dari tiap jenis tersebut, Anda dapat memilih yang paling cocok dengan kebutuhan dan kondisi halaman rumah Anda. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Rempah-rempah: Kunyit, jahe, atau temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Rempah-rempah: Kunyit, jahe, atau temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Rempah-rempah adalah salah satu jenis tanaman herbal yang kerap ditanam di halaman atau kebun rumahan. Terdapat tiga jenis rempah-rempah yang kami rekomendasikan untuk Anda tanam atau kembangkan sendiri di rumah, yaitu kunyit, jahe, dan temulawak. Ketiga tanaman herbal tersebut juga sering diolah menjadi jamu.


Kunyit, jahe, dan temulawak bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Kunyit dan temulawak mengandung senyawa curcumin, sedangkan jahe mengandung gingerol yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh jika diminum secara rutin.


Tak hanya itu, ketiga rempah-rempah tersebut juga bisa dijadikan bumbu yang membuat cita rasa masakan makin kaya. Jadi, jika Anda ingin tanaman herbal yang bermanfaat untuk tubuh dan kebutuhan memasak, pilihlah jenis rempah-rempah.

Tanaman berbuah: Jeruk nipis, pepaya, atau alpukat yang sangat baik untuk kesehatan

Tanaman berbuah: Jeruk nipis, pepaya, atau alpukat yang sangat baik untuk kesehatan

Jeruk nipis, pepaya, dan alpukat adalah beberapa jenis buah yang termasuk dalam tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai ketiga tanaman berbuah tersebut.


  • Jeruk nipis sendiri adalah buah multiguna yang bisa difungsikan sebagai bumbu dapur sekaligus obat. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi membuat jeruk nipis kerap dijadikan ramuan minuman penjaga kekebalan tubuh. Bahkan, buah ini mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. 

  • Pepaya adalah salah satu buah yang dikenal baik untuk pencernaan. Banyak yang mengonsumsi buah satu ini ketika susah buang air besar. Menanam pepaya di rumah tentu akan menguntungkan bagi Anda. 

  • Pilihan lain dari tanaman herbal berbuah adalah alpukat. Alpukat mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, dan lainnya. Buah ini cocok jika Anda sedang diet karena kandungan lemaknya dapat mengendalikan kadar kolesterol serta membantu Anda tetap kenyang.

Karena itu, tanamlah ketiga jenis tanaman herbal berbuah ini di halaman rumah Anda. Menanam ketiga buah ini tidak sulit, kok. Anda dapat menanam dari biji atau metode lainnya.

Tanaman berbunga: Bunga matahari atau kumis kucing dengan kandungan senyawa bermanfaat yang melimpah

Tanaman berbunga: Bunga matahari atau kumis kucing dengan kandungan senyawa bermanfaat yang melimpah

Tanaman berbunga, seperti bunga matahari dan kumis kucing mengandung senyawa bermanfaat yang melimpah untuk tubuh. Agar lebih jelas, simak penjelasannya di bawah ini.


  • Bunga matahari
Bunga berwarna kuning cerah dan berbentuk matahari ini memiliki manfaat yang didapat dari kandungan minyak dan bijinya. Biji bunga matahari, yang dikenal sebagai kuaci, mengandung vitamin E dan bermanfaat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Sementara itu, minyak yang diekstrak dari biji nya mengandung lemak tak jenuh. Lemak ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan tetap seimbang. Bunga matahari juga termasuk kelompok tanaman refugia yang ditanam di lahan budidaya dan membantu untuk mengendalikan hama.

  • Bunga kumis kucing
Bunga ini mengandung kalium dan glikosida orthosifonin yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat. Anda dapat meminum air rebusan daun kumis kucing untuk mendapatkan manfaatnya. Selain direbus, kumis kucing dapat dihaluskan kemudian larutannya diminum bersama air yang bisa ditambah madu agar lebih manis.

Tanaman berdaun: Lidah buaya atau seledri untuk kecantikan kulit dan rambut

Tanaman berdaun: Lidah buaya atau seledri untuk kecantikan kulit dan rambut

Lidah buaya dan seledri kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah kecantikan, seperti kulit kering, keriput, jerawat, rambut rontok, dan sebagainya. Tak perlu membeli produk kecantikan yang harganya mahal, Anda bisa menggunakan kedua tanaman ini untuk mengatasi berbagai masalah tersebut. Lidah buaya juga dapat diambil ekstraknya dengan cara diminum untuk mengatasi masalah pencernaan


Sementara itu, daun seledri berfungsi untuk mengatasi penyakit diabetes, menurunkan tekanan darah, dan reumatik. Seledri juga kerap dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Anda dapat meminum jus daun seledri secara rutin sebelum tidur. 

Ketahui manfaat tanaman herbal yang hendak Anda beli

Ketahui manfaat tanaman herbal yang hendak Anda beli

Banyaknya manfaat dari tanaman herbal mungkin membuat Anda ingin menanam berbagai jenis tanaman. Namun, jika lahan Anda terbatas, Anda bisa memilih jenis tanaman yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan asal membeli, tetapi ketahuilah manfaat tiap tanaman yang hendak Anda beli. Apabila Anda tidak tahu, Anda dapat menemukan manfaat tanaman tersebut melalui internet atau media sosial.


Penjual yang menjual tanaman herbal di toko online biasanya mencantumkan manfaat tanaman yang dijualnya di deskripsi produk. Dengan begitu, Anda akan makin mudah memilih tanaman herbal yang tepat sesuai manfaat.

Perhatikan detail perawatannya

Perhatikan detail perawatannya

Pada dasarnya, detail perawatan tiap tanaman herbal tergantung dari jenis tanaman yang Anda pilih. Namun, hal yang paling utama yang harus diperhatikan adalah frekuensi penyiraman dan pemberian pupuk


Berikanlah pupuk kandang atau pupuk organik secukupnya. Lalu, siramlah tanaman secara rutin sesuai dengan jenis tanaman. Penyiangan juga perlu dilakukan secara berkala sekitar satu atau dua kali semasa tumbuh. 

10 Rekomendasi tanaman herbal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tanaman herbal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastuti, SP.

10
JenisRempah-rempah
ManfaatMengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis, mencegah penyakit jantung, meredakan rasa gatal pada kulit, meringankan gangguan menstruasi, mengatasi gangguan saluran pencernaan, mencegah kanker, mengurangi depresi, mengatasi masalah kulit
Penyiraman2-3 kali sehari
9
JenisRempah-rempah
ManfaatMemperkuat imunitas tubuh, mencegah dan mengatasi infeksi, mengatasi gangguan pencernaan, menjaga kesehatan dan fungsi hati, mengendalikan kadar gula darah, menurunkan risiko terkena penyakit kanker
Penyiraman2 kali sehari selama 3 bulan pertama, setelahnya 1 kali sehari
8
JenisTanaman berbuah
ManfaatMemberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, melancarkan pencernaan dan mengurangi peradangan, meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah kanker prostat, kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh
Penyiraman1-2 kali sehari
7
JenisTanaman berbunga
ManfaatMembantu penyembuhan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan ginjal, diabetes, hipertensi, asam urat
Penyiraman1–2 kali sehari
6
JenisRempah-rempah
ManfaatMengontrol kadar kolesterol, meredakan gejala batuk dan radang tenggorokan, meningkatkan sistem imun, membantu mengatasi asam urat
Penyiraman2 kali sehari
5
JenisTanaman berdaun
ManfaatMengatasi kulit kering dan jerawat, mempercepat penyembuhan luka, meredakan gatal dan ruam kronis, membantu pemulihan luka akibat virus herpes simpleks, mengatasi psoriasis, menurunkan kadar gula darah, melancarkan buang air besar
Penyiraman1 kali setiap 1-2 minggu
4
JenisTanaman berbunga
ManfaatMengatasi peradangan, mengurangi risiko penyakit jantung, mengontrol diabetes, menjaga kesehatan mata, menjaga berat badan tetap ideal, sebagai bahan dasar kosmetik
Penyiraman2 hari 1 kali
3
JenisTanaman berbuah
ManfaatMembantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan pencernaan, membantu mengontrol kolesterol tubuh, membantu mengatasi peradangan, mencegah gangguan jantung, mencegah obesitas dan stroke
Penyiraman2 kali sehari
2
JenisTanaman berdaun
ManfaatMenurunkan tekanan darah, mengontrol berat badan, memelihara kesehatan jantung, menjaga kesehatan saluran cerna, mengontrol gula darah, memperlancar menstruasi, mengurangi risiko terjadinya kanker, menyehatkan mata
Penyiraman2 kali sehari hingga tanaman berumur 1 minggu, setelahnya cukup 2-3 kali tiap 1 minggu
1
JenisTanaman berbuah
ManfaatMenurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, meningkatkan kesehatan kulit
Penyiraman2 kali sehari

Tabel perbandingan produk tanaman herbal terbaik

Gambar produk
1
Jeruk Nipis 1

2
Seledri 1

3
Alpukat Mentega 1

4
Bunga Matahari Gazania 1

5
Lidah Buaya 1

6
Jahe Merah 1

7
Kumis Kucing 1

8
Pepaya California 1

9
Temulawak 1

10
Kunyit Kuning 1

Nama produk

Jeruk Nipis

Seledri

Alpukat Mentega

Bunga Matahari Gazania

Lidah Buaya

Jahe Merah

Kumis Kucing

Pepaya California

Temulawak

Kunyit Kuning

Keunggulan

Konsumsi rutin jeruk nipis agar kulit selalu lembap dan awet muda

Bantu normalkan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh

Dikonsumsi langsung bisa, dibuat jus atau sebagai salad juga ok

Nikmati keindahan dan manfaatnya dari bunga yang cantik ini

Jaga kelembapan kulit dengan lidah buaya dari halaman rumah Anda

Menghangatkan badan sekaligus meredakan nyeri akibat asam urat

Bisa ditanam di daerah dataran tinggi ataupun rendah

Manis dan aromanya tidak menyengat, buah untuk seluruh anggota keluarga

Temulawak, kerabat kunyit yang siap membuat makanan lebih berwarna

Si kuning yang bisa membantu mengatasi asam lambung

Harga mulai dariRp 3.000,00Rp 3.500,00Rp 50.000,00Rp 12.500,00Rp 10.000,00Rp 5.000,00Rp 3.500,00Rp 7.000,00Rp 10.000,00Rp 10.000,00
JenisTanaman berbuahTanaman berdaunTanaman berbuahTanaman berbungaTanaman berdaunRempah-rempahTanaman berbungaTanaman berbuahRempah-rempahRempah-rempah
ManfaatMenurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, meningkatkan kesehatan kulitMenurunkan tekanan darah, mengontrol berat badan, memelihara kesehatan jantung, menjaga kesehatan saluran cerna, mengontrol gula darah, memperlancar menstruasi, mengurangi risiko terjadinya kanker, menyehatkan mataMembantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan pencernaan, membantu mengontrol kolesterol tubuh, membantu mengatasi peradangan, mencegah gangguan jantung, mencegah obesitas dan strokeMengatasi peradangan, mengurangi risiko penyakit jantung, mengontrol diabetes, menjaga kesehatan mata, menjaga berat badan tetap ideal, sebagai bahan dasar kosmetikMengatasi kulit kering dan jerawat, mempercepat penyembuhan luka, meredakan gatal dan ruam kronis, membantu pemulihan luka akibat virus herpes simpleks, mengatasi psoriasis, menurunkan kadar gula darah, melancarkan buang air besarMengontrol kadar kolesterol, meredakan gejala batuk dan radang tenggorokan, meningkatkan sistem imun, membantu mengatasi asam uratMembantu penyembuhan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan ginjal, diabetes, hipertensi, asam uratMemberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, melancarkan pencernaan dan mengurangi peradangan, meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah kanker prostat, kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuhMemperkuat imunitas tubuh, mencegah dan mengatasi infeksi, mengatasi gangguan pencernaan, menjaga kesehatan dan fungsi hati, mengendalikan kadar gula darah, menurunkan risiko terkena penyakit kankerMengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis, mencegah penyakit jantung, meredakan rasa gatal pada kulit, meringankan gangguan menstruasi, mengatasi gangguan saluran pencernaan, mencegah kanker, mengurangi depresi, mengatasi masalah kulit
Penyiraman2 kali sehari2 kali sehari hingga tanaman berumur 1 minggu, setelahnya cukup 2-3 kali tiap 1 minggu2 kali sehari2 hari 1 kali1 kali setiap 1-2 minggu2 kali sehari1–2 kali sehari1-2 kali sehari2 kali sehari selama 3 bulan pertama, setelahnya 1 kali sehari2-3 kali sehari
Tautan produk

Baca juga rekomendasi tanaman lainnya di sini

Selain tanaman herbal, Anda juga dapat menanam jenis tanaman lainnya. Cobalah menanam tanaman hias untuk menambah kesan alami di rumah. Pada kesempatan lain, kami sudah membagikan tips-tips memilih tanaman hias beserta rekomendasi produk terbaiknya. Apabila Anda tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan tanaman herbal yang tepat? Pilihlah tanaman herbal berdasarkan jenisnya. Dari sekian banyak tanaman, ketahui terlebih dahulu manfaatnya sebelum membeli. Dengan begitu, Anda tak perlu menanam tanaman herbal terlalu banyak, apalagi jika lahan Anda tergolong sempit.


Setelah Anda mendapatkan produk yang sesuai, cari tahu detail perawatannya. Hal tersebut dilakukan agar tanaman dapat berkembang dengan baik. Jadi, Anda pun dapat memetik hasilnya secara maksimal.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jemuran baju merupakan barang yang mudah ditemukan di tiap rumah. Dengan menggunakan jemuran baju, Anda bisa mengeringkan beragam cucian tanpa memakan banyak tempat. Meski begitu, ada juga orang yang merasa tidak puas terhadap produk jemuran baju pilihannya karena berbagai faktor.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih jemuran baju kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi jemuran baju terbaik, seperti merek IKEA, LIVEO, ACE, dan Lion Star. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai jemuran baju yang bagus dengan ukuran, harga, bentuk, dan spesifikasi berbeda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu benda yang sangat dibutuhkan saat Anda ingin mengeringkan pakaian adalah jepitan jemuran. Dengan menggunakan jepitan jemuran yang tepat, mengeringkan pakaian pun akan menjadi lebih praktis dan menyenangkan. Umumnya jepitan baju terbuat dari plastik. Namun, ada juga beberapa produk yang terbuat dari logam dan kayu.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih jepitan jemuran serta merekomendasikan produk-produk terbaik yang mudah didapatkan secara online. Beberapa di antaranya adalah jepitan jemuran merek Lion Star dan Maspion. Perhatikan keunggulannya masing-masing dan temukan jepitan jemuran yang bagus dan cocok untuk Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jemuran handuk sangat fungsional untuk menjemur handuk, baik handuk yang sedikit basah atau yang akan digunakan lagi. Anda akan menemukan begitu banyak jemuran handuk yang berbeda desain, bentuk, dan harga beredar di pasaran. Tentunya Anda harus memilih produk yang pas karena jemuran handuk sering kali boros tempat.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi jemuran handuk yang bagus. Anda akan menemukan beragam produk berkualitas dengan keunggulan tersendiri dalam artikel ini. Mau pilih produk dari merek IKEA, Informa, atau Liveo? Pilihlah yang sesuai dengan selera dan bujet Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan berkebun, seperti menanam bunga, banyak digemari masyarakat. Namun, agar bunga tumbuh optimal, pupuk perlu disesuaikan dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari pupuk cair hingga padat. Namun, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk mengetahui jawabannya, simaklah cara memilih pupuk untuk bunga dalam artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek pupuk bunga yang bagus, seperti Mutiara dan GDM. Yuk, simak informasinya dan pastikan bunga-bunga Anda bermekaran dengan indah. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk memperindah rumah, Anda juga memerlukan tanaman. Bunga yang berwarna-warni tentu akan membuat rumah tampak cantik. Dibandingkan bunga imitasi, bagaimana jika menanam bunga asli saja? Selain memperindah, tanaman juga bisa membuat udara di rumah menjadi lebih segar.Kami akan membahas beberapa bibit bunga yang bisa Anda pilih untuk menghias rumah. Anda akan menemukan bibit yang bagus, seperti bunga mawar, lavender, sedap malam, dan sebagainya. Kami akan mengulasnya dan membantu Anda mencari bunga yang cantik. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Yuk, ketahui dahulu perbedaan bibit dan benih, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    Selain memberikan penerangan, lampu sorot outdoor juga dapat memperindah visual taman saat malam hari. Anda bisa menyesuaikan tingkat penerangan dengan besarnya daya, seperti 5 watt, 20 watt, atau 50 watt. Pilih juga warna lampu sorot taman yang diinginkan, seperti warna kuning, putih, atau warna-warni. Kami menyarankan untuk memilih lampu LED yang antiair atau waterproof.Selain tips memilih, kami juga akan berikan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Philips, Hannochs, dan Luxmenn. Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selang air menjadi salah satu benda yang wajib ada di rumah Anda. Perannya cukup penting untuk membersihkan halaman rumah dari debu atau menyiram tanaman untuk berkebun. Jenis selang air bermacam-macam. Selain selang taman, ada juga selang untuk mengalirkan air panas. Fitur selang pun beragam, misalnya selang antitekuk, selang dengan penggulung otomatis, hingga selang yang dilengkapi fitur semprotan. Kali ini, kami akan membantu Anda memilih selang air di artikel ini. Beberapa merek yang bagus dan terkenal, seperti Krisbow, Kenmaster, dan Westpex juga ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak artikelnya sampai selesai!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Kangkung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Kangkung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kangkung adalah sayuran hijau yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin A dan C, zat besi, hingga fosfor. Kini, Anda bisa membudidayakan kangkung dengan membeli benihnya di toko online. Anda bisa menanam sayuran hijau ini di darat, air, ataupun menggunakan metode hidroponik.Agar hasil panen melimpah dan berkualitas unggul, telitilah saat memilih benih kangkung. Simak cara memilih dan menanam benih kangkung berikut ini! Tersedia juga rekomendasi merek benih kangkung yang bagus, seperti Cap Panah Merah, Infarm, dan Ta Fung. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Lampu Kolam Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Kolam Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lampu kolam renang memudahkan siapa pun yang ingin berenang pada malam hari. Lampu kolam renang juga bisa menjadi dekorasi yang memikat mata. Lampu kolam renang diletakkan di dalam area basah sehingga memerlukan desain khusus agar aman digunakan.Hal tersebut mungkin menyebabkan proses memilih lampu kolam renang lebih tricky. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kami akan membantu memilih lampu kolam renang yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi lampu kolam renang dari merek Emaux, Natural, dan Hayward. Anda cukup membaca artikel ini sampai habis dan temukan produk yang tepat. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan berkebun, baik itu menanam buah, bunga, maupun sayur, tidak bisa terlepas dari kebutuhan akan pupuk. Salah satu pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk NPK. Dengan memberikan pupuk NPK secara teratur, tanaman akan subur, cepat berbunga, dan berbuah lebat.Kami akan membahas cara memilih pupuk NPK yang bagus untuk semua jenis tanaman. Beberapa merek juga akan kami rekomendasikan, seperti pupuk merek Pak Tani, Mutiara, DGW, Meroke, dan yang lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Temukan pupuk NPK terbaik untuk tanaman Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • Artikel populer

  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pupuk kalium klorida atau pupuk KCl adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Terdapat beberapa jenis pupuk KCl di pasaran dalam bentuk serbuk kristal atau cair. Fungsi pupuk KCl di antaranya adalah untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan lain-lain.Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebelum halaman belakang bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin dengan mesin mini 4 tak dan 2 tak. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merek Krisbow, BOSCH, Tasco, dan Black Decker yang terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai bujet. Simak artikelnya sampai tuntas dan dapatkan mesin potong rumput terbaik versi Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan berkebun, baik itu menanam buah, bunga, maupun sayur, tidak bisa terlepas dari kebutuhan akan pupuk. Salah satu pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk NPK. Dengan memberikan pupuk NPK secara teratur, tanaman akan subur, cepat berbunga, dan berbuah lebat.Kami akan membahas cara memilih pupuk NPK yang bagus untuk semua jenis tanaman. Beberapa merek juga akan kami rekomendasikan, seperti pupuk merek Pak Tani, Mutiara, DGW, Meroke, dan yang lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Temukan pupuk NPK terbaik untuk tanaman Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori