mybest
Hair tonic

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan rambut
  4. 10 Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Masalah rambut rontok kerap dialami sebagian orang, baik pria maupun wanita. Untuk mengurangi kerontokan makin parah, Anda bisa menggunakan hair tonic. Ada beberapa merek hair tonic yang bagus untuk rambut rontok, seperti Makarizo, NR, dan Natur. Namun, dari sekian banyak merek yang tersedia, bagaimana memilih produk yang tepat?


Nah, pada artikel ini, Anda dapat menyimak cara memilih hair tonic yang bagus untuk rambut rontok. Cara memilih tersebut kami susun bersama dermatovenereologist, dr. Dia Febrina. Tidak hanya itu, kami juga mengulas produk-produk hair tonic untuk rambut kering, berketombe, dan lainnya agar Anda makin mudah dalam memilih. Selamat membaca!

Diperbaharui 26/03/2024
dr. Dia Febrina
Pakar
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

dr. Dia Febrina, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Pendidikan Dokter Umum dan Spesialis, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Pendiri klinik Medika Asyifa Jatiasih dan Dr. Derm Skin Care ini memiliki ketertarikan dalam bidang dermatologi kosmetik, estetik, dan tumor bedah kulit. Saat ini dr. Dia aktif melakukan edukasi seputar kesehatan kulit, kelamin, dan estetik, baik melalui ruang publik maupun media sosial.

Profil dr. Dia Febrina
Lanjut membaca
Gabriella Amadeo
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Gabriella Amadeo

Gabriella Amadeo, akrab dipanggil Gaby, adalah seorang lulusan Universitas Pelita Harapan program studi Usaha Perjalanan Wisata. Setelah lulus pada tahun 2020, Gaby bekerja sebagai content writer. Hingga saat ini, Gaby telah menulis berbagai topik artikel untuk blog. Tidak hanya itu saja, Gaby juga menjadi content writer freelance untuk sebuah marketing agency di Indonesia. Gaby adalah seorang travel enthusiast yang memiliki interest kuat di bidang travel, kuliner, budaya, dan berbagai aktivitas menyenangkan. Selain itu, Gaby juga memiliki kemampuan yang baik untuk meriset berbagai bidang seperti desain interior, teknologi, kecantikan, dan lain-lain.

Profil Gabriella Amadeo
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah hair tonic bisa mengatasi rambut rontok?

Pakar
Pakar

Hair tonic bisa membantu mengatasi kerontokan rambut yang ringan. Jika kerontokannya sudah berat atau disebabkan karena penyakit tertentu, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Apakah hair tonic bisa mengatasi rambut rontok?
Hair tonic adalah salah satu produk hair care yang dirancang untuk memberikan nutrisi tambahan pada rambut. Tujuannya adalah untuk mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut. Beberapa hair tonic juga bisa dipakai untuk memperkuat batang rambut. Meski begitu, perlu dicatat bahwa kerontokan yang bisa diatasi adalah kerontokan yang tergolong ringan. Kerontokan ringan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor pemicu, seperti:

  • Pascamelahirkan
  • Pascademam tinggi/COVID
  • Akibat cuaca
  • Stres

Sementara itu, kerontokan berat karena penyakit tertentu, gangguan nutrisi, dan diet berlebih tidak bisa diatasi dengan hair tonic saja. Anda harus mencari pertolongan dari dokter.
dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Sebagai catatan, hair tonic boleh digunakan setiap hari. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskannya secara merata ke kulit kepala setelah keramas dalam kondisi rambut setengah kering.

Cara memilih Hair Tonic untuk Rambut Rontok

Klaim hair tonic untuk mengatasi rambut rontok memang menarik. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli hair tonic. Simak penjelasan di bawah ini agar Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

1

Pilih hair tonic dengan kandungan yang menyehatkan sesuai dengan tipe kulit kepala

Untuk membantu mengatasi kerontokan, Anda perlu memilih hair tonic yang sesuai dengan tipe kulit kepala. Oleh karena itu, kandungan dalam hair tonic perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda mengetahui berbagai kandungan yang menyehatkan bagi kulit kepala. Agar makin jelas, mari simak pemaparannya satu per satu.

Kulit kepala kering: Utamakan yang mengandung apple cider vinegar dan aneka minyak alami

Pakar
Pakar

Keduanya dipercaya dapat mengembalikan kelembapan alami kulit kepala.

Kulit kepala kering: Utamakan yang mengandung apple cider vinegar dan aneka minyak alami
Kulit kepala yang cenderung kering memiliki produksi minyak yang lebih sedikit dan peredaran darah yang kurang lancar. Jika dibiarkan, lama-kelamaan hal tersebut bisa menyebabkan rambut menjadi kurang sehat dan akhirnya rontok. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencari hair tonic yang mengandung apple cider vinegar dan aneka minyak alami. Beberapa contoh minyak alami dalam hair tonic antara lain castor oil, jojoba oil, lavender oil, rosemary oil, dan sebagainya. 


Namun, untuk kulit kepala yang benar-benar kering dan butuh tambahan minyak dalam jumlah lebih banyak, sebaiknya gunakan hair oil. Selain mengandung minyak lebih banyak, hair oil tidak mengandung alkohol yang bisa membuat kulit kepala makin kering. Jika Anda ingin membaca lebih jauh mengenai tips memilih hair oil yang bagus, klik tautan berikut ini!

Kulit kepala berminyak: Pilih yang mengandung chamomile, tea tree oil, dan salicylic acid

Pakar
Pakar

Kandungan-kandungan tersebut telah terbukti bisa membersihkan minyak dan kotoran serta mengangkat kelebihan minyak.

Kulit kepala berminyak: Pilih yang mengandung chamomile, tea tree oil, dan salicylic acid

Kulit kepala yang berminyak memproduksi minyak dengan lebih banyak. Jika dibiarkan, minyak yang berlebihan bisa mengakibatkan kulit kepala kotor dan berketombe. Hal ini bisa menyumbat pori-pori dan memperlambat pertumbuhan rambut baru.


Jika rambut cenderung berminyak, pilihlah hair tonic dengan kandungan yang bisa membersihkan minyak dan kotoran serta mengangkat kelebihan minyak. Beberapa contoh kandungan yang cocok untuk kulit kepala berminyak adalah chamomile, tea tree oil, salicylic acid, dan sebagainya.

Kulit kepala normal: Cari yang mengandung keratin untuk mendukung kesehatan rambut

Pakar
Pakar

Dengan menambahkan keratin pada hair tonic, produk tersebut dapat membantu melindungi rambut normal dari kerusakan lebih lanjut dan memperkuatnya.

Kulit kepala normal: Cari yang mengandung keratin untuk mendukung kesehatan rambut

Keratin adalah salah satu protein yang secara alami ditemukan dalam rambut manusia. Keratin menyusun struktur rambut dan memberikan kekuatan dan kelembutan pada helai rambut. Ketika rambut mengalami kerusakan akibat faktor seperti paparan panas, pewarnaan, atau bahan kimia, kadar keratin dalam rambut dapat berkurang. Jika kulit kepala Anda cenderung normal, hair tonic yang mengandung keratin bisa dipilih. Dengan begitu, rambut Anda bisa menjadi lebih kuat, halus, lebih gampang diatur, dan tidak mudah patah.

2

Utamakan produk dengan kandungan yang mampu memperkuat akar dan batang rambut, seperti ginseng, biotin, dan ekstrak batang kina

Pakar
Pakar

Untuk mengatasi rambut rontok, Anda harus memperkuat akar dan batang rambut. Ginseng, biotin, dan ekstrak batang kina memiliki peran yang sejalan untuk membuat rambut lebih kuat dan terhindar dari kerontokan.

Utamakan produk dengan kandungan yang mampu memperkuat akar dan batang rambut, seperti ginseng, biotin, dan ekstrak batang kina

Kerontokan rambut bisa terjadi karena batang dan akar rambut yang kurang kuat. Untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan kandungan hair tonic yang bisa menguatkan akar dan batang rambut. Beberapa contohnya seperti ginseng, biotin, dan ekstrak batang kina. Berikut ini penjelasannya masing-masing.


  • Ginseng: Bekerja dengan cara menghambat perubahan hormon testosteron menjadi DHT, hormon yang menyebabkan kerontokan rambut.
  • Biotin: Bekerja dengan cara menstimulasikan sintesis keratin, protein yang membangun rambut, sehingga memperkuat batang rambut.
  • Ekstrak batang kina: Menguatkan akar rambut.
dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Jika Anda tidak berkonsultasi dengan dokter dahulu, jangan menggunakan minoxidil untuk mengatasi kerontokan rambut karena menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

3

Untuk menyuburkan rambut kembali, pilih hair tonic yang mengandung panthenol, rosemary oil, dan peptide

Pakar
Pakar

Selain menguatkan akar dan batang, Anda juga memerlukan kandungan yang dapat menyuburkan rambut setelah mengalami kerontokan. Untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih tebal, gunakan hair tonic yang mengandung panthenol, rosemary oil, dan peptide.

Untuk menyuburkan rambut kembali, pilih hair tonic yang mengandung panthenol, rosemary oil, dan peptide

Setelah menguatkan akar dan batang rambut, selanjutnya Anda bisa menyuburkan kembali pertumbuhan rambut pascakerontokan. Tidak hanya cepat tumbuh, Anda juga perlu mengupayakan agar rambut tumbuh lebih tebal, sehat, dan berkilau.


Kandungan yang perlu Anda cari untuk tujuan di atas adalah rosemary oil, panthenol, dan peptide. Dengan ketiga kandungan tersebut, rambut Anda bisa tumbuh lebih cepat dan sehat. Berikut ini adalah manfaatnya masing-masing.


  • Rosemary oil: Dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.
  • Panthenol: Membantu menutrisi dan melembapkan kulit kepala supaya rambut bisa tumbuh lebih sehat.
  • Peptide: Berperan memperbesar ukuran folikel rambut supaya rambut lebih tebal.
4

Jika Anda memiliki masalah ketombe, prioritaskan hair tonic dengan kandungan piroctine olamine, zinc gluconate, dan selenium

Pakar
Pakar

Masalah ketombe yang menutupi kulit kepala bisa menghambat pertumbuhan rambut. Untuk mengatasi hal ini, Anda membutuhkan kandungan antijamur, antibakteri, dan bisa membersihkan minyak berlebih di kulit kepala.

Jika Anda memiliki masalah ketombe, prioritaskan hair tonic dengan kandungan piroctine olamine, zinc gluconate, dan selenium

Beberapa orang bermasalah dengan ketombe, khususnya mereka yang memiliki kulit kepala berminyak. Ketombe disebabkan karena kulit kepala memproduksi minyak berlebih. Jika tidak diatasi, hal tersebut bisa membuat rambut kotor. Minyak berlebih juga bisa membuat pori-pori kulit kepala tertutup dan menghambat pertumbuhan rambut baru.


Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan hair tonic yang memiliki kandungan antijamur dan bisa membersihkan minyak berlebih di kulit kepala. Salah satu kandungan yang bisa membersihkan sisa minyak di kulit kepala adalah zinc gluconate. Sementara itu, piroctine olamine dan selenium punya sifat antijamur sehingga bisa membasmi jamur penyebab ketombe.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Piroctine olamine bisa digunakan oleh Anda yang rambutnya diwarnai karena tidak menghilangkan warna rambut.

Namun, jika kulit kepala sensitif, cari yang mengandung ekstrak Aloe vera dan minyak urang-aring

Pakar
Pakar

Kulit yang sensitif membutuhkan kandungan yang bisa menenangkan saat terjadi peradangan. 

Namun, jika kulit kepala sensitif, cari yang mengandung ekstrak Aloe vera dan minyak urang-aring
Kulit kepala yang terkena ketombe bisa mengalami gatal-gatal yang kemudian memicu peradangan dan membuatnya sensitif. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu mencari hair tonic yang dilengkapi kandungan yang dapat menenangkan kulit kepala, seperti ekstrak Aloe vera dan minyak urang-aring. Kedua kandungan tersebut bersifat anti-inflamasi sehingga bisa menenangkan peradangan


Selain itu, Anda perlu menghindari kandungan yang bisa memicu peradangan, seperti pewangi dan mentholUntuk saat ini, belum ada hair tonic yang dibuat khusus untuk kulit sensitif. Jika Anda menginginkan produk hair care yang lebih aman untuk kulit sensitif, hair serum bisa dipertimbangkan. Silakan simak pembahasannya pada tautan berikut ini.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Selain menenangkan peradangan, minyak urang-aring juga bersifat antifungal dan antimikroba sehingga pas digunakan pada kulit yang mengalami ketombe.

5

Untuk ibu hamil dan menyusui, pastikan untuk memilih hair tonic yang tidak mengandung paraben

Pakar
Pakar

Ibu hamil dan menyusui jangan menggunakan hair tonic dengan kandungan paraben agar terhindar dari masalah pada kehamilan dan bayi. Hal ini karena kandungannya akan terbawa dalam darah dan diedarkan ke seluruh tubuh.

Untuk ibu hamil dan menyusui, pastikan untuk memilih hair tonic yang tidak mengandung paraben

Wanita yang sedang hamil dan menyusui tidak boleh menggunakan sembarang produk, termasuk hair care. Kandungan yang harus dihindari adalah paraben karena bisa mengakibatkan bayi lahir prematur dengan berat dan panjang yang lebih rendah.


Paraben juga mengganggu keseimbangan hormon sehingga akan memengaruhi ASI pada ibu yang menyusui. Anda bisa mencari hair tonic berlabel "paraben free" supaya lebih aman atau melihat langsung komposisi produknya.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Sejauh ini, belum ada hair tonic yang dibuat khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Jadi, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan tipe kulit kepala masing-masing.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Hair Tonic untuk Rambut Rontok Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 26 Maret 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Bahan aktif utama
Tipe tonic
Kandungan lainnya
Jenis rambut
Masalah rambut
Varian aroma
Varian isi
Cara pakai
BPOM
Fungsi
Manfaat lainnya
Sensasi menyegarkan
1

Makarizo

Advisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic

Makarizo Advisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic 1

Rp38.550

Agak Murah

Ampuh mengatasi kerontokan dan masalah ketombe

Ginseng root, Aloe vera extract, octopirox

Spray

Piroctone olamine

Kulit kepala berminyak

Rontok, ketombe

Tidak diketahui

65 ml, 145 ml, 240 ml

Semprotkan di kulit kepala setelah keramas, kemudian lakukan pemijatan menggunakan ujung jari agar lebih meresap ke kulit kepala

NA18161002266

Membantu mengurangi kerontokan rambut sekaligus melawan ketombe

Memperkuat akar rambut, membantu rambut tampak lebih tebal serta bervolume

2

Ikapharmindo Putramas

NR Hair Professional Reactive Tonic

Ikapharmindo Putramas NR Hair Professional Reactive Tonic 1

Rp109.000

Menengah

Mengatasi kerontokan dan merawat akar rambut secara efektif

Piroctone olamine

Cair

Menthol, sodium salicylate, biotin

Kulit kepala berminyak atau kering

Rontok, ketombe

Tidak diketahui

200 ml

Teteskan produk pada kulit kepala dan rambut, pijat dengan cara rotasi di kulit kepala menggunakan jari tangan, jangan menggosok kulit kepala

NA18141000624

Mencegah kerontokan, merangsang pertumbuhan rambut

Membantu membasmi bakteri jamur penyebab ketombe, merangsang pertumbuhan rambut

3

Varesse

Hair Tonic Concentrate

Varesse Hair Tonic Concentrate 1

Rp100.000

Menengah

Efektif merangsang pertumbuhan rambut dalam 14 hari

Sophora angustifolia root extract, panax ginseng radix extract, horse chestnut seed extract, vitamin A (palmitate), vitamin B5, vitamin B8, vitamin E, vitamin F, vitamin H (biotin)

Spray

Sodium salicylate, menthol

Semua jenis rambut

Rontok

Tidak diketahui

5 ml, 20 ml, 60 ml

Spray ke kulit kepala dan pijat lembut, gunakan dalam keadaan rambut bersih, baik setelah keramas maupun saat kering

NA18181006538

Mengurangi kerontokan dan mempercepat pertumbuhan rambut dalam 14 hari

Menutrisi dan merawat kekuatan akar rambut

4

Mustika Ratu

Ramuan Penyubur Rambut

Mustika Ratu Ramuan Penyubur Rambut 1

Rp17.820

Agak Murah

Atasi kerontokan dengan harga yang ramah di kantung

Piroctone olamine, ekstrak kina, urang aring, vitamin E, panthenol

Cair

Dexpanthenol

Semua jenis rambut

Rambut rontok, ketombe

Tidak diketahui

75 ml, 175 ml

Tuang ke rambut dan ratakan

NA18191006366

Mengatasi rambut rontok

Mengatasi ketombe

5

Kaminomoto

Hair Tonic Gold

Kaminomoto Hair Tonic Gold 1

Rp371.000

Lebih Mahal

Memberikan sensasi dingin di kulit kepala Anda

Panthenol, allantoin, Sophora angustifolia root extract, Isodon trichocaprus extract, pyridoxine hydrochloride, hinokitiol, glycyrrhetinic acid, Capsicum annuum extract, neotakanal

Cair

Rosemary leaf extract, glycerin, menthol

Tidak diketahui

Rambut tipis, rontok, ketombe, gatal-gatal pada kulit kepala

Tidak diketahui

150 ml

Tuangkan produk ke kulit kepala dan pijat selama 1-2 menit agar benar-benar meresap ke kulit kepala

NA22161002104

Mengatasi masalah penipisan dan kerontokan rambut

Menghilangkan ketombe dan gatal pada kulit kepala, mendukung pertumbuhan rambut baru

6

Ikapharmindo Putramas

Mylea Ginseng Hair Tonic

Ikapharmindo Putramas Mylea Ginseng Hair Tonic 1

Rp91.035

Menengah

Mengandung ginseng yang menjaga kesehatan kulit kepala

Pannax ginseng, biotin, salicylic acid

Cair

Panthenol, tocopheryl acetate, menthol

Rambut normal

Rambut rontok, ketombe

Tidak diketahui

100 ml, 200 ml

Ratakan ke kepala dan pijat selama 3 menit

NA18201000568

Mengatasi rambut rontok

Merawat akar rambut dan kulit kepala

7

Genero Pharmaceuticals

ERHAIR HairGrow Tonic with Keratin & Biotin

Genero Pharmaceuticals ERHAIR HairGrow Tonic with Keratin & Biotin 1

Rp145.000

Agak Mahal

Telah teruji secara klinis, bisa digunakan oleh semua orang

Kopexil, ekstrak panax ginseng

Spray

Keratin, biotin

Tidak diketahui

Rambut rontok

Tidak diketahui

60 ml

Aplikasikan pada kulit kepala dalam kondisi rambut setengah kering dan pijat secara lembut

NA18201000255

Mengatasi rambut rontok

Menguatkan akar rambut

8

Vitapharm

Viva Hair Tonic Anti Dandruff

Vitapharm Viva Hair Tonic Anti Dandruff 1

Rp10.800

Lebih Murah

Mengandung tea tree oil untuk basmi ketombe

Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, castor oil, panthenol

Cair

Propylene glycol, Camellia sinensis leaf extract, Helianthus annuus (sunflower) seed oil

Tidak diketahui

Rambut rontok, rambut berketombe

Tidak diketahui

60 ml

Usap ke kulit kepala, pijat secara lembut

NA18161001774

Mengatasi rambut rontok

Mengatasi ketombe

9

Gondowangi Tradisional Kosmetika

Natur Hair Tonic Aloe Vera

Gondowangi Tradisional Kosmetika Natur Hair Tonic Aloe Vera 1

Rp63.000

Menengah

Atasi rambut kering dan rontok berkat kandungan Aloe vera

Aloe vera extract

Spray

Swertia japonica extract, Vitex trifolia fruit extract, Morus alba extract, Thuja orientalis extract, Eclipta prostrata extract, Moringa oleifera leaf extract

Rambut kering

Rambut tipis

Tidak diketahui

90 ml

Semprotkan pada kulit kepala setelah keramas dalam keadaan setengah kering

NA18171003283

Memberikan nutrisi pada rambut, membantu menjaga kesuburan rambut

Mempercepat proses pertumbuhan rambut, membuat rambut yang tumbuh baru lebih hitam, menyuburkan akar rambut, melebatkan rambut

10

Some By Mi

Cica Peptide Anti Hair Loss Derma Scalp Tonic

Some By Mi Cica Peptide Anti Hair Loss Derma Scalp Tonic 1

Rp262.240

Agak Mahal

Mengatasi rambut rontok untuk kulit kepala sensitif

Copper tripeptide-1 (0,1 ppb), Centella asiatica extract (10 ppb), madecassoside (0,1 ppb), asiaticoside (0,1 ppb), Camellia sinensis leaf extract

Cair

Salicylic acid, panthenol

Semua jenis rambut

Rambut rontok, kulit kepala sensitif

Tidak diketahui

150 ml

Usapkan ke kulit kepala dan pijat secara lembut

NA26241000036

Mengatasi rambut rontok

Menenangkan kulit kepala

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

MakarizoAdvisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic

Advisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic 1
Sumber: makarizo.com
Advisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic 2
Sumber: shopee.co.id
Advisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic 3
Sumber: shopee.co.id
Advisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic 4
Sumber: shopee.co.id
Advisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp38.550
Agak Murah
Harga referensi
Rp38.550
Agak Murah
Bahan aktif utamaGinseng root, Aloe vera extract, octopirox
Kandungan lainnyaPiroctone olamine
Masalah rambut
Rontok, ketombe

Ampuh mengatasi kerontokan dan masalah ketombe

Hair tonic dari Makarizo ini mengandung octopirox yang berfungsi untuk mengatasi ketombe. Komposisinya juga dilengkapi ekstrak ginseng dan lidah buaya yang dapat mengatasi masalah kerontokan rambut serta merangsang pertumbuhan rambut. 


Dengan demikian, produk ini memiliki fungsi menghalau ketombe dan mengatasi kerontokan rambut. Produk ini pun tersedia dalam kemasan kecil 65 ml. Kemasan ini cocok untuk dibawa saat bepergian untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

Tipe tonicSpray
Jenis rambutKulit kepala berminyak
Varian aromaTidak diketahui
Varian isi65 ml, 145 ml, 240 ml
Cara pakaiSemprotkan di kulit kepala setelah keramas, kemudian lakukan pemijatan menggunakan ujung jari agar lebih meresap ke kulit kepala
BPOMNA18161002266
FungsiMembantu mengurangi kerontokan rambut sekaligus melawan ketombe
Manfaat lainnyaMemperkuat akar rambut, membantu rambut tampak lebih tebal serta bervolume
Sensasi menyegarkan
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Ikapharmindo PutramasNR Hair Professional Reactive Tonic

Harga referensi
Rp109.000
Menengah
Bahan aktif utamaPiroctone olamine
Kandungan lainnyaMenthol, sodium salicylate, biotin
Masalah rambut
Rontok, ketombe

Mengatasi kerontokan dan merawat akar rambut secara efektif

NR Reactive Tonic merupakan salah satu hair tonic yang kerap direkomendasikan oleh dokter untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Diperkaya dengan asam amino, produk ini dirancang untuk merawat akar rambut secara efektif. Menthol yang terkandung di dalamnya memberikan sensasi kesegaran pada kulit kepala. 


Meskipun memiliki kandungan alkohol yang tinggi, hal ini bertujuan untuk mempercepat penyerapan nutrisi ke dalam akar rambut. Jika Anda memiliki masalah kulit kepala berminyak atau kering, NR Reactive Tonic layak dipertimbangkan sebagai solusi.

Tipe tonicCair
Jenis rambutKulit kepala berminyak atau kering
Varian aromaTidak diketahui
Varian isi200 ml
Cara pakaiTeteskan produk pada kulit kepala dan rambut, pijat dengan cara rotasi di kulit kepala menggunakan jari tangan, jangan menggosok kulit kepala
BPOMNA18141000624
FungsiMencegah kerontokan, merangsang pertumbuhan rambut
Manfaat lainnyaMembantu membasmi bakteri jamur penyebab ketombe, merangsang pertumbuhan rambut
Sensasi menyegarkan
View all
No.3

VaresseHair Tonic Concentrate

Harga referensi
Rp100.000
Menengah
Bahan aktif utamaSophora angustifolia root extract, panax ginseng radix extract, horse chestnut seed extract, vitamin A (palmitate), vitamin B5, vitamin B8, vitamin E, vitamin F, vitamin H (biotin)
Kandungan lainnyaSodium salicylate, menthol
Masalah rambut
Rontok

Efektif merangsang pertumbuhan rambut dalam 14 hari

Varesse Hair Tonic Concentrate terbuat dari bahan-bahan yang lembut. Dengan demikian, produk ini aman digunakan oleh semua orang, termasuk anak-anak, ibu hamil, hingga lansia. Produk ini cocok bagi mereka yang ingin melihat hasil cepat dari penggunaan hair tonic untuk pertumbuhan rambut. 


Produk ini diklaim efektif mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut dalam waktu hanya 14 hari. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyemprot dan meratakannya pada rambut.

Tipe tonicSpray
Jenis rambutSemua jenis rambut
Varian aromaTidak diketahui
Varian isi5 ml, 20 ml, 60 ml
Cara pakaiSpray ke kulit kepala dan pijat lembut, gunakan dalam keadaan rambut bersih, baik setelah keramas maupun saat kering
BPOMNA18181006538
FungsiMengurangi kerontokan dan mempercepat pertumbuhan rambut dalam 14 hari
Manfaat lainnyaMenutrisi dan merawat kekuatan akar rambut
Sensasi menyegarkan
View all
No.4

Mustika RatuRamuan Penyubur Rambut

Harga referensi
Rp17.820
Agak Murah
Bahan aktif utamaPiroctone olamine, ekstrak kina, urang aring, vitamin E, panthenol
Kandungan lainnyaDexpanthenol
Masalah rambut
Rambut rontok, ketombe

Atasi kerontokan dengan harga yang ramah di kantung

Jika rambut Anda masih dalam kondisi cukup sehat atau mengalami kerontokan yang ringan, Anda mungkin ingin mencoba produk ini. Produk ini sesuai untuk pemula karena harganya terjangkau. Bagi Anda yang baru memasuki dunia perawatan rambut, produk ini kami sarankan. 


Selain menjaga kekuatan rambut, tonik ini juga bermanfaat dalam menyuburkan rambut dan mengurangi ketombe. Namun, diperlukan sedikit kesabaran karena hasilnya memerlukan waktu yang cukup lama.

Tipe tonicCair
Jenis rambutSemua jenis rambut
Varian aromaTidak diketahui
Varian isi75 ml, 175 ml
Cara pakaiTuang ke rambut dan ratakan
BPOMNA18191006366
FungsiMengatasi rambut rontok
Manfaat lainnyaMengatasi ketombe
Sensasi menyegarkan
View all
No.5

KaminomotoHair Tonic Gold

Harga referensi
Rp371.000
Lebih Mahal
Bahan aktif utamaPanthenol, allantoin, Sophora angustifolia root extract, Isodon trichocaprus extract, pyridoxine hydrochloride, hinokitiol, glycyrrhetinic acid, Capsicum annuum extract, neotakanal
Kandungan lainnyaRosemary leaf extract, glycerin, menthol
Masalah rambut
Rambut tipis, rontok, ketombe, gatal-gatal pada kulit kepala

Memberikan sensasi dingin di kulit kepala Anda

Hair tonic Kaminomoto berfungsi dengan cara memberikan kelembapan pada daerah di sekitar kulit kepala. Selain itu, bahan antioksidan dalam produk ini membantu mempertahankan kesehatan kulit kepala. Selain itu, hair tonic ini juga mengandung menthol yang memberikan kesegaran pada kulit kepala Anda. Ekstrak tumbuh-tumbuhan di dalamnya juga berfungsi mengatasi ketombe. 

Tipe tonicCair
Jenis rambutTidak diketahui
Varian aromaTidak diketahui
Varian isi150 ml
Cara pakaiTuangkan produk ke kulit kepala dan pijat selama 1-2 menit agar benar-benar meresap ke kulit kepala
BPOMNA22161002104
FungsiMengatasi masalah penipisan dan kerontokan rambut
Manfaat lainnyaMenghilangkan ketombe dan gatal pada kulit kepala, mendukung pertumbuhan rambut baru
Sensasi menyegarkan
View all
No.6

Ikapharmindo PutramasMylea Ginseng Hair Tonic

Harga referensi
Rp91.035
Menengah
Bahan aktif utamaPannax ginseng, biotin, salicylic acid
Kandungan lainnyaPanthenol, tocopheryl acetate, menthol
Masalah rambut
Rambut rontok, ketombe

Mengandung ginseng yang menjaga kesehatan kulit kepala

Produk ini dapat menjadi opsi bagi Anda yang menginginkan hair tonic yang memberikan sensasi kesegaran. Sensasi tersebut diperoleh melalui menthol yang terkandung dalamnya. Selain itu, kandungan bahan aktif di dalamnya berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan akar rambut. Beberapa di antaranya adalah provitamin B5, vitamin E, dan biotin dalam formulanya.

Tipe tonicCair
Jenis rambutRambut normal
Varian aromaTidak diketahui
Varian isi100 ml, 200 ml
Cara pakaiRatakan ke kepala dan pijat selama 3 menit
BPOMNA18201000568
FungsiMengatasi rambut rontok
Manfaat lainnyaMerawat akar rambut dan kulit kepala
Sensasi menyegarkan
View all
No.7

Genero PharmaceuticalsERHAIR HairGrow Tonic with Keratin & Biotin

Harga referensi
Rp145.000
Agak Mahal
Bahan aktif utamaKopexil, ekstrak panax ginseng
Kandungan lainnyaKeratin, biotin
Masalah rambut
Rambut rontok

Telah teruji secara klinis, bisa digunakan oleh semua orang

Anda bisa memilih produk ini jika kulit Anda sensitif dan mengalami masalah dengan rambut yang rontok. Hair tonic satu ini menggabungkan keratin dan biotin yang telah terbukti aman untuk kulit sensitif. Selain itu, rambut Anda akan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk kesehatannya. Kombinasi kopexil dan panax ginseng dalam produk ini juga dapat meningkatkan kekuatan rambut Anda.

Tipe tonicSpray
Jenis rambutTidak diketahui
Varian aromaTidak diketahui
Varian isi60 ml
Cara pakaiAplikasikan pada kulit kepala dalam kondisi rambut setengah kering dan pijat secara lembut
BPOMNA18201000255
FungsiMengatasi rambut rontok
Manfaat lainnyaMenguatkan akar rambut
Sensasi menyegarkan
View all
No.8

VitapharmViva Hair Tonic Anti Dandruff

Harga referensi
Rp10.800
Lebih Murah
Bahan aktif utamaMelaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, castor oil, panthenol
Kandungan lainnyaPropylene glycol, Camellia sinensis leaf extract, Helianthus annuus (sunflower) seed oil
Masalah rambut
Rambut rontok, rambut berketombe

Mengandung tea tree oil untuk basmi ketombe

Apabila Anda mencari hair tonic dengan harga terjangkau, Viva Hair Tonic Anti Dandruff bisa menjadi pilihan menarik. Hanya dengan merogoh kocek 10 ribuan saja, Anda bisa mendapatkan rambut sehat dan kuat. Produk ini mengandung tea tree oil yang berfungsi sebagai antiseptik alami pembasmi ketombe. Selain itu, kandungan pro vitamin B5 dan ekstrak sunflower bermanfaat untuk merawat akar rambut. Anda pun akan memiliki rambut sehat dan kuat hingga ke akarnya.

Tipe tonicCair
Jenis rambutTidak diketahui
Varian aromaTidak diketahui
Varian isi60 ml
Cara pakaiUsap ke kulit kepala, pijat secara lembut
BPOMNA18161001774
FungsiMengatasi rambut rontok
Manfaat lainnyaMengatasi ketombe
Sensasi menyegarkan
View all
No.9

Gondowangi Tradisional KosmetikaNatur Hair Tonic Aloe Vera

Harga referensi
Rp63.000
Menengah
Bahan aktif utamaAloe vera extract
Kandungan lainnyaSwertia japonica extract, Vitex trifolia fruit extract, Morus alba extract, Thuja orientalis extract, Eclipta prostrata extract, Moringa oleifera leaf extract
Masalah rambut
Rambut tipis

Atasi rambut kering dan rontok berkat kandungan Aloe vera

Produk perawatan rambut dari Natur telah dikenal sebagai pilihan tepercaya bagi masyarakat Indonesia. Jika Anda mengalami masalah rambut kering, produk ini dapat menjadi pilihan tepat. Diperkaya dengan Aloe vera, formulanya memberikan kelembutan pada rambut Anda. Tidak hanya itu, hair tonic ini juga mengandung beragam ekstrak tumbuhan yang berfungsi merawat dan menyehatkan rambut.

Tipe tonicSpray
Jenis rambutRambut kering
Varian aromaTidak diketahui
Varian isi90 ml
Cara pakaiSemprotkan pada kulit kepala setelah keramas dalam keadaan setengah kering
BPOMNA18171003283
FungsiMemberikan nutrisi pada rambut, membantu menjaga kesuburan rambut
Manfaat lainnyaMempercepat proses pertumbuhan rambut, membuat rambut yang tumbuh baru lebih hitam, menyuburkan akar rambut, melebatkan rambut
Sensasi menyegarkan
View all
No.10

Some By MiCica Peptide Anti Hair Loss Derma Scalp Tonic

Cica Peptide Anti Hair Loss Derma Scalp Tonic 1
Sumber: shopee.co.id
Cica Peptide Anti Hair Loss Derma Scalp Tonic 2
Sumber: shopee.co.id
Cica Peptide Anti Hair Loss Derma Scalp Tonic 3
Sumber: shopee.co.id
Cica Peptide Anti Hair Loss Derma Scalp Tonic 4
Sumber: shopee.co.id
Cica Peptide Anti Hair Loss Derma Scalp Tonic 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp262.240
Agak Mahal
Harga referensi
Rp262.240
Agak Mahal
Bahan aktif utamaCopper tripeptide-1 (0,1 ppb), Centella asiatica extract (10 ppb), madecassoside (0,1 ppb), asiaticoside (0,1 ppb), Camellia sinensis leaf extract
Kandungan lainnyaSalicylic acid, panthenol
Masalah rambut
Rambut rontok, kulit kepala sensitif

Mengatasi rambut rontok untuk kulit kepala sensitif

Some By Mi Cica Peptide Anti Hair Loss Derma Scalp Tonic hadir sebagai solusi efektif untuk masalah kerontokan rambut. Formula khusus dengan kandungan cica dan peptide bekerja secara menyeluruh untuk menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru. 


Tidak hanya itu, produk ini juga membantu menenangkan kulit kepala dan mengurangi iritasi. Dengan demikian, produk ini cocok untuk Anda yang memiliki masalah rambut rontok dan kulit kepala sensitif. 

Tipe tonicCair
Jenis rambutSemua jenis rambut
Varian aromaTidak diketahui
Varian isi150 ml
Cara pakaiUsapkan ke kulit kepala dan pijat secara lembut
BPOMNA26241000036
FungsiMengatasi rambut rontok
Manfaat lainnyaMenenangkan kulit kepala
Sensasi menyegarkan
View all

5 Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok terbaik

No. 1: MakarizoAdvisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic

No. 2: Ikapharmindo PutramasNR Hair Professional Reactive Tonic

No. 3: VaresseHair Tonic Concentrate

No. 4: Mustika RatuRamuan Penyubur Rambut

No. 5: KaminomotoHair Tonic Gold

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan rambut
  4. 10 Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.