1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Ruang tamu & keluarga
  6. >
  7. 10 Meja Nakas IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Meja Nakas IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Meja Nakas IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Meja Nakas IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Meja Nakas IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Meja Nakas IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Meja Nakas IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)

Nakas adalah meja atau lemari kecil yang diletakkan pada sisi ranjang. Anda bisa meletakkan kacamata, handphone, buku, dan benda lainnya di dekat ranjang berkat meja nakas. Meja nakas juga bisa digunakan untuk mempercantik ruangan. Ada berbagai macam desain meja nakas yang ada di pasaran. 


Kini, IKEA memproduksi begitu banyak meja nakas dengan tampilan menarik dan fungsionalitas tinggi. Pada artikel ini, kami akan membahas secara khusus mengenai cara memilih dan memberikan sepuluh rekomendasi meja nakas merek IKEA yang bagus. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar, untuk menambah wawasan Anda.

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Arsitek
Adil Mochtar

Adil adalah seorang Arsitek Prinsipal kreatif di HADE (PT Hasta Asri Dharma) dan AMA Studio. Ia memiliki 7 tahun pengalaman dalam perancangan bangunan gedung negara, swasta dan rumah tinggal. Seluruh konsep rancangan Adil selalu mengedepankan arsitektur yang berwawasan lingkungan dan inovasi. Selain itu, Adil juga turut aktif dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Bekasi. Untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai arsitektur, Anda bisa menyapa Adil melalui akun Instagram-nya.

Profil Adil Mochtar
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih meja nakas IKEA

Tidak perlu menunggu lama, berikut kami jelaskan dahulu cara memilih meja nakas IKEA. Silakan simak penjelasan kami selengkapnya!

① Kenali material yang digunakan

Kenali material yang digunakan

Meja nakas keluaran IKEA umumnya dibuat dari dua bahan, yaitu kayu dan metal. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Anda bebas memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi.


Meja kayu memiliki keunggulan berupa tampilannya yang warm sekaligus cantik. Anda yang mengutamakan tampilan memesona bisa mempertimbangkan nakas kayu keluaran IKEA. Tergantung jenis kayu yang digunakan, harganya pun variatif, ada yang mahal dan ada yang murah. Namun, pastikan bahwa nakasnya terlindungi dari air dan rayap.


Untuk Anda yang menyukai kemudahan perawatan dan ketahanan tinggi, pilihlah meja nakas berbahan metal. Cara merawat nakas metal IKEA sangat mudah. Nakas cukup dilap menggunakan kain basah, kemudian keringkan menggunakan kain. Sangat praktis, bukan?


Ketahanannya pun sangat baik, Anda bisa menggunakannya untuk jangka panjang. Namun, dibanding nakas berbahan kayu, nakas metal memiliki variasi desain yang lebih sedikit. Sebagai variasi, Anda juga bisa memilih permukaan meja nakas IKEA yang menggunakan aksen kaca.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Pilihlah material yang sesuai dengan tema dan konsep yang akan digunakan pada ruangan Anda. Apabila Anda bingung untuk memilih material yang cocok, Anda dapat menyesuaikan material nakas dengan dipan atau headboard tempat tidur Anda.


Bila Anda ingin membeli nakas untuk diletakkan disamping sofa atau kursi, Anda bisa memilih material yang kontras. Dengan demikian, Anda dapat menjadikan nakas sebagai komplementer furniture lain dalam ruangan Anda.

② Periksa kompartemen penyimpanannya

Periksa kompartemen penyimpanannya

Jumlah kompartemen penyimpanan antara satu meja nakas dengan meja lainnya bisa berbeda satu sama lain. Makin banyak kompartemen penyimpanan, makin mudah pula Anda menyimpan barang secara terpisah berdasarkan kategorinya.


Anda bisa menyimpan barang yang rutin digunakan, misalnya majalah, buku, dan sebagainya di rak nakas. Dengan begitu, Anda akan lebih mengambil dan menyimpannya kembali kapan pun dibutuhkan.


Mungkin Anda ingin benda tertentu aman dari debu atau kotoran lainnya. Bila ya, Anda sebaiknya menyimpannya di dalam laci. Laci nakas yang tertutup membuat debu dan kotoran sulit untuk mengenai benda yang Anda simpan.


Tergantung kebutuhan, bisa jadi Anda membutuhkan lebih dari satu rak. Mungkin juga Anda malah tidak membutuhkan rak, tetapi dua laci tertutup. Jadi, sesuaikan jumlah dan jenis kompartemen penyimpanan meja nakas dengan kebutuhan.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Periksa besar bukaan kompartemen. Jika Anda suka menyimpan barang yang agak besar, pilihlah yang lega dimensi bukaannya. Selain itu, pilihlah yang terdapat kompartemen dengan sistem soft closing untuk mendapatkan pengalaman kualitas premium.


Jika Anda yang memiliki budget terbatas, pastikan kompartemen dapat dibuka cukup lancar dan tidak tersendat. Pastikan juga kompartemen tersebut memiliki konstruksi engsel yang kuat.

③ Perhatikan ukurannya

Perhatikan ukurannya

Anda perlu memilih meja nakas sesuai area penempatan yang tersedia dalam ruangan. Bila ukurannya terlalu besar, mungkin Anda perlu meluangkan waktu dan tenaga lebih untuk menata ulang ruangan. Bila tidak dilakukan, bisa-bisa meja nakasnya malah tidak digunakan karena space-nya tidak muat.


Sebaliknya, memilih produk yang terlalu kecil juga bukanlah langkah tepat. Jika ukurannya terlalu kecil, ada kemungkinan mejanya malah terasa kurang fungsional digunakan. Selain itu, meja nakas yang terlalu kecil akan memunculkan area yang terlihat kosong dalam ruangan. Hal ini menjadikan nuansa keseluruhan kurang sedap dipandang.


Perhatikan pula ukuran tinggi nakas pilihan Anda. Ada beberapa pilihan tinggi meja nakas yang ditawarkan oleh IKEA, antara lain 47,9 cm, 62,5 cm, dan lainnya. Sesuaikan dengan tinggi tempat tidur supaya Anda dapat menjangkaunya dengan mudah


Ada baiknya Anda juga mengecek akses menuju ruangan tempat meja nakas akan ditempatkan. Bila Anda tinggal di apartemen atau indekos, pastikan lift atau tangga memiliki space memadai untuk dilewati meja. Tidak ada salahnya juga untuk memeriksa ukuran pintu terlebih dahulu. Dengan begitu, membawa meja nakas yang telah Anda beli ke dalam ruangan tidak akan terasa menyulitkan.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Pilihlah nakas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan dimensi lebar dan tingginya agar serasi baik dengan tempat tidur maupun dengan sofa atau kursi. Perhatikan juga proporsi nakas dengan tinggi tempat tidur atau tempat duduk.


Apakah proporsinya cukup ergonomis dan mudah untuk dijangkau oleh tangan Anda? Apabila Anda tidak memperhatikan tingkat ergonomisnya, akan muncul ketidaknyamanan saat menggunakan nakas.

④ Pilih berdasarkan desainnya

Desain meja nakas juga jangan sampai luput dari perhatian Anda. Meja nakas berukuran kecil sekalipun tetap dapat memberikan aksen tersendiri dalam ruangan. Anda juga bisa memilih produk sesuai dengan tema ruangan. Produk berdesain minimalis bisa dipilih untuk ruangan bergaya simpel. Sementara itu, meja berbahan metal cocok untuk menghiasi ruangan berdesain industrial

Pemilihan warna yang tepat dapat mempercantik ruangan

Pemilihan warna yang tepat dapat mempercantik ruangan
Sumber: ikea.co.id

Selain desain, pemilihan warna yang sama dengan warna dominan dalam ruangan dapat membuat tema makin match. Bila Anda berencana menjadikan meja nakas sebagai point of attention, pilih yang warnanya kontras dengan warna ruangan. Apa pun pilihan Anda, pastikan saja desainnya Anda sukai dan cocok dengan ruangan Anda.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Perhatikan desain dari nakas yang akan Anda pilih, apakah sesuai dengan tema dan konsep yang akan diterapkan pada ruangan Anda. Perhatikan juga kompartemennya, apakah sesuai dengan dimensi kebutuhan Anda. Selain itu, perhatikan juga konstruksi kompartemennya apakah cukup kuat untuk menyimpan barang Anda.


Jenis finishing material yang digunakan juga perlu diperhatikan, apakah mudah dibersihkan atau tidak. Produk IKEA pada umumnya memiliki desain bertema scandinavian yang cukup menarik dan bentuk geometrinya bersifat timeless. Perhatikan juga warnanya dan sesuaikan dengan furniture lain pada ruangan anda.

Nakas beroda akan lebih mudah untuk dipindahkan

Nakas beroda akan lebih mudah untuk dipindahkan
Sumber: ikea.co.id

Apabila Anda sering mengubah layout kamar, ringankan beban dengan memilih meja nakas yang menggunakan roda. IKEA menawarkan dua pilihan meja beroda, yaitu meja dengan roda dua dan meja nakas beroda empat. Temukan meja nakas beroda IKEA yang paling sesuai dengan desain dan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi meja nakas IKEA terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk meja nakas IKEA terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adil Mochtar.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

IKEA

LACK Meja samping

IKEA LACK Meja samping 1枚目

Meja nakas yang ringan dengan desain simpel

2

IKEA

KNARREVIK Meja samping tempat tidur

IKEA KNARREVIK Meja samping tempat tidur 1枚目

Mudah dirakit, memberikan ruang tambahan berkat desain ringkas tanpa laci

3

IKEA

BURVIK Meja samping

IKEA BURVIK Meja samping 1枚目

Desain cantik yang dilengkapi dengan warna yang menarik pula

4

IKEA

TRYSIL Meja Samping Tempat Tidur

IKEA TRYSIL Meja Samping Tempat Tidur 1枚目

Garis cokelat mudanya mempercantik tampilan

5

IKEA

NIKKEBY Chest of 2 Drawers

IKEA NIKKEBY Chest of 2 Drawers 1枚目

Kombinasi unik baja plus desain jaring-jaring

6

IKEA

ÄSPERÖD Meja samping

IKEA ÄSPERÖD Meja samping 1枚目

Aksen kaca dari logam hitam yang meningkatkan tampilan elegan kamar

7

IKEA

TINGBY Meja samping beroda

IKEA TINGBY Meja samping beroda 1枚目

Mudah dipindahkan ke mana pun dan kapan pun!

8

IKEA

FJÄLLBO Meja samping

IKEA FJÄLLBO Meja samping 1枚目

Sesuaikan ketinggian meja nakas sesuai layout kamar Anda!

9

IKEA

LISTERBY Meja samping

IKEA LISTERBY Meja samping 1枚目

Old but gold. Desain vintage yang pas untuk kamar minimalis!

10

IKEA

KULLEN Chest of 2 Drawers

IKEA KULLEN Chest of 2 Drawers 1枚目

Meja nakas yang sangat hemat tempat

Perincian produk
Close
No.1

IKEALACK Meja samping

Mulai dari Rp199.000,00

Meja nakas yang ringan dengan desain simpel

IKEA nakas putih ini memiliki desain yang sangat simpel yang hanya memiliki daun meja dengan ketinggian 45 sentimeter. Bentuknya yang memadukan desain meja dan bangku memberikan kesan unik yang akan memperkaya desain kamar Anda. 


Desainnya yang tanpa rak sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan meja samping yang ringkas. Anda pun dapat menyimpan barang-barang untuk diletakkan pada bagian bawah meja. Jika Anda menginginkan tempat tambahan untuk menyimpan kotak tambahan, nakas ini adalah pilihan tepat.

No.2

IKEAKNARREVIK Meja samping tempat tidur

Mulai dari Rp199.000,00

Mudah dirakit, memberikan ruang tambahan berkat desain ringkas tanpa laci

Apabila Anda ingin mencari meja nakas IKEA yang mudah dirakit, pilih produk ini. Desainnya yang kecil, tinggi, dan memiliki dua buah rak yang sama besar ini sempurna untuk diletakkan di ruang sempit. Tak hanya itu, sambungan batang logamnya tidak memiliki sambungan dengan las sehingga Anda mudah merakitnya. Dengan berat bersih 2,8 kg, biaya pengiriman pun akan terasa lebih terjangkau!

No.3

IKEABURVIK Meja samping

Mulai dari Rp499.000,00

Desain cantik yang dilengkapi dengan warna yang menarik pula

Tinggi meja nakas termasuk gagang meja adalah 78 sentimeter. Artinya, meja nakas IKEA ini sangat pas untuk Anda yang lebih nyaman tidur di tempat tidur yang tinggi. Selain itu, bentuknya yang cantik dilengkapi dengan warna-warna soft untuk mempercantik desain kamar Anda. Anda bisa membeli beberapa meja untuk melengkapi berbagai ruangan, salah satunya menjadikannya meja nakas ruang tamu.

No.4

IKEATRYSIL Meja Samping Tempat Tidur

Mulai dari Rp299.000,00

Garis cokelat mudanya mempercantik tampilan

Jika Anda mencari meja nakas dengan tampilan atraktif untuk ditempatkan di ruang bergaya kontemporer, produk ini jawabannya! Dominan warna putih, produk ini mudah dipadukan dengan beragam warna furnitur. Selain itu, produk ini juga diberikan sentuhan hiasan garis berwarna cokelat muda. Kombinasi warna putih plus hiasan tersebut membuat nakas ini makin cantik dan terkesan modern. 

No.5

IKEANIKKEBY Chest of 2 Drawers

Mulai dari Rp1.375.000,00

Kombinasi unik baja plus desain jaring-jaring

Meja nakas ini pun sengaja dibuat dengan desain jaring-jaring. Kombinasi bahan baja dengan desain tersebut menjadikan produk ini sangat unik dan berkarakter. Untuk dijadikan point of attention dalam ruangan, tentulah produk ini merupakan pilihan tepat.


Oleh sebab itu, produk ini bisa Anda pertimbangkan untuk menghadirkan aksen unik dalam ruangan. Dibuat menggunakan baja, membuat produk ini juga sangat durable. Selain itu, bahan baja pun membuat produk ini terkesan rough.

No.6

IKEAÄSPERÖD Meja samping

Mulai dari Rp799.000,00

Aksen kaca dari logam hitam yang meningkatkan tampilan elegan kamar

Permukaan meja nakas IKEA yang satu ini dilengkapi dengan bahan logam berwarna hitam. Pada bagian kakinya juga dilengkapi dengan aksen emas. Perpaduan kedua warna ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin menampilkan kesan elegan pada ruang kamar. Menariknya, bila meja tidak sengaja terjatuh, pecahan kaca meja ini tidak akan menjadi bagian yang tajam sehingga lebih aman.

No.7

IKEATINGBY Meja samping beroda

Mulai dari Rp699.000,00

Mudah dipindahkan ke mana pun dan kapan pun!

Untuk Anda yang tidak selalu tidur di dalam kamar, meja ini wajib Anda miliki. Meski desainnya cukup standar berbentuk persegi panjang, meja nakas ini dilengkapi dengan empat buah roda aktif. Oleh sebab itu, meja nakas ini sangat mudah dipindahkan ke mana pun Anda inginkan. Ruangnya yang cukup luas dapat Anda gunakan untuk menyimpan berbagai macam barang yang Anda butuhkan. 

No.8

IKEAFJÄLLBO Meja samping

Mulai dari Rp599.000,00

Sesuaikan ketinggian meja nakas sesuai layout kamar Anda!

Apakah lantai kamar Anda memiliki desain yang tidak datar? Jika iya, Anda bisa memilih meja nakas ini tanpa rasa khawatir meja menjadi tidak stabil. Pasalnya, meja nakas ini dilengkapi dengan kaki-kaki yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Adanya dua buah roda pada meja nakas ini pun menjadikannya mudah dipindahkan. 


Rak bagian bawahnya yang berupa jaring pun dapat digunakan untuk menyimpan berbagai bahan bacaan, seperti majalah. Oleh sebab itu, meja nakas ini pun dapat Anda letakkan di ruang lain yang Anda inginkan. 

No.9

IKEALISTERBY Meja samping

Mulai dari Rp1.599.000,00

Old but gold. Desain vintage yang pas untuk kamar minimalis!

Interior vintage biasanya menggunakan desain yang kurang minimalis. Akan tetapi, Anda dapat memilih nakas IKEA yang satu ini. Menariknya, dimensi meja nakas yang satu ini tidak terlalu besar. Tak hanya itu, meja nakas ini memiliki warna kayu yang tidak pernah lekang oleh usia. Bila Anda ingin memiliki kamar bernuansa klasik retro, nakas IKEA inilah pilihan yang tepat!

No.10

IKEAKULLEN Chest of 2 Drawers

Mulai dari Rp499.000,00

Meja nakas yang sangat hemat tempat

Apabila memiliki anak yang aktif, bisa jadi anak Anda akan menjangkau barang-barang yang ada di atas meja nakas. Untuk itu, Anda membutuhkan meja nakas yang dilengkapi dua buah laci dari IKEA ini! Bentuk sederhana dan ukuran yang ringkasmembuatnya sangat hemat tempat. Anda bisa menyimpan gadget di dalam laci sehingga lebih aman. 

Tips dari arsitek kami, Adil Mochtar

Tips dari arsitek kami, Adil Mochtar

Periksa finishing material meja nakas berbahan kayu, apakah dengan bahan HPL atau cat duco. Untuk produk dari IKEA, pastikan cara pemasangannya cukup mudah dan tidak rumit. Periksa apakah permukaannya tidak lecet atau ada goresan pada meja nakas yang terbuat dari besi atau plastik.

Baca juga rekomendasi produk furnitur IKEA lainnya di sini

IKEA memiliki koleksi furnitur berdesain menarik sekaligus fungsional yang tentunya menggoda untuk dimiliki. Ada rak, meja, dan sofa berkualitas yang siap menghiasi ruangan. Anda bisa membaca lebih detail mengenai seluruh produk tersebut di sini.

Kesimpulan

Ada banyak meja nakas keluaran IKEA yang sangat menarik untuk dimiliki, ya! Sebelum membeli, pastikan Anda memilih produk yang ukurannya sesuai dengan space dalam ruangan. Selain itu, mengecek material yang digunakan adalah langkah tepat yang bisa Anda lakukan.


Bila meja nakasnya dilengkapi rak atau laci, Anda pun bisa menggunakannya untuk menyimpan berbagai benda. Pastikan juga desain mejanya sesuai dengan selera dan preferensi pribadi Anda. Selamat berbelanja dan menata ruangan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer