• 10 Rekomendasi Novel Terbaik Karya Pramoedya Ananta Toer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Novel Terbaik Karya Pramoedya Ananta Toer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Novel Terbaik Karya Pramoedya Ananta Toer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Novel Terbaik Karya Pramoedya Ananta Toer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Novel Terbaik Karya Pramoedya Ananta Toer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Novel Terbaik Karya Pramoedya Ananta Toer (Terbaru Tahun 2022)

Pramoedya Ananta Toer merupakan salah satu sastrawan kenamaan asli Indonesia. Beliau banyak menciptakan novel yang menceritakan tentang keadaan di Indonesia sejak zaman kemerdekaan hingga zaman reformasi. Beberapa judul novelnya bahkan pernah dilarang terbit karena dianggap mengganggu keamanan negara. 


Beberapa novel yang ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer adalah Bumi Manusia, Gadis Pantai, dan Arus Balik. Pada artikel kali ini kami akan memberikan Anda beberapa poin penting ketika memilih novel Pramoedya Ananta Toer. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh novel terbaik yang ditulis oleh Pram. Jadi, terus ikuti artikel ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Biografi singkat Pramoedya Ananta Toer

Pramoedya Ananta Toer adalah tokoh sastrawan besar yang lahir di Blora tahun 1925. Selama hidupnya, sastrawan yang lebih sering disapa Pram ini sudah menghasilkan lebih dari 50 karya dan diterjemahkan dalam 41 bahasa. Pram juga pernah menjalani karier militer pascakemerdekaan Indonesia. Selama di militer inilah, Pram menulis buku dan novelnya.


Pram pernah dipenjara karena karyanya sering mengkritik pemerintah pada saat itu. Puncaknya pada tahun 1960 Pram dipenjara tanpa proses pengadilan dan dibuang ke Pulau Buru. Di pulau inilah terlahir novel tetralogi Bumi Manusia.


Pram sebagai sastrawan sering mendapatkan penghargaan dari luar negeri. Akan tetapi, walaupun mendapat pengakuan dari luar negeri, di dalam negeri banyak yang membencinya. Pada tahun 1995 ketika ia mendapatkan penghargaan Ramon Magsaysay Award, 26 tokoh sastra di Indonesia melayangkan keberatan. Hal ini karena Pram pernah aktif sebagai bagian anggota sayap kiri Indonesia.


Karena usia yang lanjut dan kebiasaan merokok yang dimilikinya, pada tahun 2006 kesehatan Pram memburuk. Pada tanggal 30 April 2006 Pramoedya Ananta Toer berpulang. Sekalipun tidak pernah bebas menyuarakan suaranya, karya-karya beliau masih dapat kita nikmati hingga sekarang. 

Cara memilih novel karya Pramoedya Ananta Toer

Banyak karya yang sudah dihasilkan oleh Pramoedya Ananta Toer, baik yang berupa novel bersambung maupun novel tunggal. Berikut ini adalah beberapa perbedaan setiap novel yang telah beliau buat berdasarkan genre, setting, dan penokohan.

Cek genre novelnya

Genre adalah ragam sastra yang dipilih seorang penulis ketika menulis novel ataupun cerpen. Pramoedya Ananta Toer merupakan salah satu penulis yang membuat tulisan berdasarkan pengalaman hidupnya. Akan tetapi, ada juga genre lain di antara karya-karyanya.

Fiksi sejarah, ditulis berdasarkan fakta sejarah yang terjadi

Fiksi sejarah, ditulis berdasarkan fakta sejarah yang terjadi

Fiksi sejarah merupakan fiksi yang ditulis berdasarkan kejadian nyata di suatu tempat, bahkan jauh sebelum penulis lahir. Sekalipun ditulis berdasarkan kejadian yang terjadi, fiksi sejarah tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Terkadang penulis juga menuliskan kisah alternatif pada karyanya.


Beberapa contoh fiksi sejarah yang ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer adalah Arus Balik dan Arok Dedes. Keduanya merupakan fiksi sejarah berdasarkan cerita kerajaan di tanah Jawa. Arus Balik ditulis berdasarkan kisah yang terjadi setelah kejayaan Kerajaan Majapahit. Sementara itu, Arok Dedes merupakan karya yang ditulis berdasarkan cerita di zaman Kerajaan Singosari.

Fiksi realitas, berkisah tentang hal yang dekat dengan penulis

Fiksi realitas, berkisah tentang hal yang dekat dengan penulis

Fiksi realitas merupakan genre yang mengambil tema dari kehidupan sehari-hari penulis. Pramoedya Ananta Toer sangat ahli dalam genre ini. Beliau banyak menulis berdasarkan kejadian sehari-hari yang dialami. Karya fiksi realitasnya banyak yang merupakan pandangan ideologinya terhadap kehidupan di Indonesia pada saat itu.


Salah satu karya Pramoedya Ananta Toer yang mengangkat tema ini adalah Bumi Manusia dan Keluarga Gerilya. Keluarga Gerilya ditulis ketika Pram dibebaskan dari penjara Belanda. Karyanya ini bercerita tentang permasalahan keluarga saat masa peperangan di Indonesia.


Sementara itu, Bumi Manusia ditulis ketika Pram sedang menghabiskan masa tahanannya di Pulau Buru. Bumi Manusia ditulis berdasarkan kehidupan masyarakat di era kolonial. Karya legendaris dari Pram ini berkisah tentang warga pribumi yang dianggap tidak memiliki hak asasi yang sama dengan orang-orang keturunan Eropa. Akan tetapi, sosok utama dalam buku ini, Minke, berani menentang hal tersebut. 

Kenali latar belakang, budaya, dan tema yang diangkat

Karena banyak menulis tentang kejadian yang sering dihadapi, Pramoedya Ananta Toer selalu menyelipkan kebudayaan Indonesia ke dalam karyanya. Latar belakang budaya ini dirasakan sendiri selama hidupnya. Sepanjang hidupnya, Pram sudah merasakan bagaimana zaman berganti, mulai dari zaman penjajahan, kemerdekaan, orde baru, hingga reformasi. Pram juga sering mengangkat topik emansipasi wanita. 

Zaman penjajahan: Berkisah tentang manusia di era penjajahan

Zaman penjajahan: Berkisah tentang manusia di era penjajahan

Lahir pada tahun 1925 membuat Pramoedya Ananta Toer merasakan sendiri bagaimana beratnya hidup dalam jajahan bangsa asing. Hal ini membuatnya banyak menulis tentang perjuangan masyarakat Indonesia saat itu.


Novelnya yang berlatar belakang masa penjajahan adalah Keluarga Gerilya dan Perburuan. Keluarga Gerilya bercerita tentang zaman kependudukan Belanda, sedangkan Perburuan ditulis berlatar kependudukan Jepang.

Budaya nusantara: Mengangkat latar belakang budaya yang kental

Budaya nusantara: Mengangkat latar belakang budaya yang kental

Selain menceritakan pengalaman pribadi selama hidupnya, ada juga novel dari Pramoedya Ananta Toer yang kental dengan kebudayaan Indonesia. Salah satu novel yang berlatar budaya yang kental adalah Cerita Calon Arang. Calon Arang merupakan sebutan untuk penyihir dari kebudayaan Jawa dan Bali yang hidup pada abad ke-12. Kisah Calon Arang sendiri masih dapat kita nikmati dalam tarian tradisional Bali.

Emansipasi wanita: Tokoh perempuan yang kuat, cerdas, dan tidak tunduk terhadap tradisi yang mengekang

Tokoh wanita dalam buku Pramoedya Ananta Toer biasanya adalah wanita tangguh yang berani melawan meski berstatus sosial rendah. Pram menggunakan tokoh wanita dalam novel berbalut roman yang memberikan sisi emosional. Tokoh wanitanya ditulis kuat, tajam, pembelajar, kritis, dan pantang tunduk pada ideologi, contohnya Nyai Ontosoroh dari tetralogi Bumi Manusia.


Karya Pram yang mengetengahkan sosok wanita adalah Gadis Pantai, Larasati, Midah Simanis Bergigi Emas, Calon ArangIbunda (karya terjemahan novel Maxim Gorky), dan sebagainya. Pram juga membela perempuan dalam karyanya yang berjudul Perawan Remaja dalam Cengkraman Militer dan Panggil Aku Kartini Saja.

Pilih berdasarkan tokoh utama dalam novel

Pilih berdasarkan tokoh utama dalam novel

Tokoh utama dari banyak buku Pramoedya Ananta Toer, baik pria maupun wanita, biasanya merupakan sosok revolusioner. Hal ini dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan saat mencari buku beliau. Berikut adalah beberapa tokoh utama dari karya sastra legendaris Pram yang ikonik.


  • Minke: Pada buku Bumi Manusia Minke merupakan tokoh utama pria yang berani menentang Belanda secara terang-terangan. Bahkan, Minke juga berani menentang budaya Jawa yang membuatnya selalu berada di bawah.

  • Gadis Pantai (GP): Gadis Pantai memiliki kisah hidup yang tragis sebagai korban tradisi feodalisme Jawa yang sarat akan ketidakadilan. Namun, GP ditulis oleh Pram sebagai sosok yang tajam, mandiri, dan menolak tunduk pada kaum priayi yang berkuasa.

  • Hardo: Tokoh utama pria dalam novel Perburuan ini merupakan pejuang Pembela Tanah Air (PETA) yang melakukan pemberontakan terhadap pasukan Jepang. Pemberontakan berujung gagal yang membuatnya diburu maut sepanjang waktu. Meski demikian, Hardo tetap optimis dan menyimpan harapan akan masa depan.

  • Kartini: Pram menulis sosok Kartini melalui sudut pandangnya dalam buku Panggil Aku Kartini Saja. Anda akan mengenal lebih jauh sosok Kartini sebagai wanita yang melawan feodalisme pribumi dan berjuang gigih untuk mengabdi pada rakyatnya. Kartini merupakan sosok cerdas sekaligus seniman yang luar biasa.

10 Rekomendasi novel terbaik karya Pramoedya Ananta Toer

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh novel terbaik karya Pramoedya Ananta Toer yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.

10
GenreFiksi realitas
Setting/temaEra revolusi, emansipasi wanita
Banyak halaman180
Dimensi13 cm x 20 cm
PenerbitLentera Dipantara
Rating di Goodreads3,69 dari 5
9

Pramoedya Ananta ToerMidah Simanis Bergigi Emas

Mulai dari Rp 50.000,00

GenreFiksi realitas
Setting/temaMasa pascarevolusi, emansipasi wanita
Banyak halaman136
Dimensi13 cm x 20 cm
PenerbitLentera Dipantara
Rating di Goodreads3,70 dari 5
8
GenreFiksi realitas
Setting/temaMasa pascakemerdekaan
Banyak halaman82
DimensiTidak dijelaskan
PenerbitWira Karya
Rating di Goodreads3,80 dari 5
7
GenreFiksi realitas
Setting/temaZaman penjajahan Jepang
Banyak halaman163
DimensiTidak dijelaskan
PenerbitHasta Mitra
Rating di Goodreads3,81 dari 5
6
GenreFiksi realitas
Setting/temaMasa pascakemerdekaan
Banyak halaman106
Dimensi13 cm x 20 cm
PenerbitLentera Dipantara
Rating di Goodreads4,01 dari 5
5
GenreFiksi realitas
Setting/temaZaman kolonial, emansipasi wanita
Banyak halaman280
Dimensi16 cm x 24 cm
PenerbitLentera Dipantara
Rating di Goodreads4,09 dari 5
4

Pramoedya Ananta ToerKeluarga Gerilya: Kisah Keluarga Manusia dalam Tiga Hari-Tiga Malam

Mulai dari Rp 25.000,00

GenreFiksi realitas
Setting/temaEra revolusi
Banyak halaman239
DimensiTidak dijelaskan
PenerbitPenerbit Pembangunan Djakarta
Rating di Goodreads4,12 dari 5
3
GenreFiksi sejarah
Setting/temaMasa Kerajaan Jawa
Banyak halaman561
Dimensi13 cm x 20 cm
PenerbitLentera Dipantara
Rating di Goodreads4,23 dari 5
2
GenreFiksi sejarah
Setting/temaMasa Kerajaan Jawa
Banyak halaman760
Dimensi15 cm x 23 cm
PenerbitHasta Mitra
Rating di Goodreads4,37 dari 5
1

Pramoedya Ananta ToerTetralogi Buru

Mulai dari Rp 544.000,00

GenreFiksi realitas
Setting/temaZaman kolonial, emansipasi wanita
Banyak halamanBumi Manusia: 532 hal・Anak Semua Bangsa: 536 hal・Jejak Langkah: 724 hal・Rumah Kaca: 646 hal
Dimensi13 cm x 20 cm
PenerbitLentera Dipantara
Rating di Goodreads4,41 dari 5

Tabel perbandingan produk novel terbaik karya Pramoedya Ananta Toer

Gambar produk
1
Pramoedya Ananta Toer Tetralogi Buru 1

Pramoedya Ananta Toer

2
Pramoedya Ananta Toer Arus Balik 1

Pramoedya Ananta Toer

3
Pramoedya Ananta Toer Arok Dedes 1

Pramoedya Ananta Toer

4
Pramoedya Ananta Toer Keluarga Gerilya: Kisah Keluarga Manusia dalam Tiga Hari-Tiga Malam 1

Pramoedya Ananta Toer

5
Pramoedya Ananta Toer Gadis Pantai 1

Pramoedya Ananta Toer

6
Pramoedya Ananta Toer Bukan Pasar Malam 1

Pramoedya Ananta Toer

7
Pramoedya Ananta Toer Perburuan 1

Pramoedya Ananta Toer

8
Pramoedya Ananta Toer Gulat di Jakarta 1

Pramoedya Ananta Toer

9
Pramoedya Ananta Toer Midah Simanis Bergigi Emas 1

Pramoedya Ananta Toer

10
Pramoedya Ananta Toer Larasati 1

Pramoedya Ananta Toer

Nama produk

Tetralogi Buru

Arus Balik

Arok Dedes

Keluarga Gerilya: Kisah Keluarga Manusia dalam Tiga Hari-Tiga Malam

Gadis Pantai

Bukan Pasar Malam

Perburuan

Gulat di Jakarta

Midah Simanis Bergigi Emas

Larasati

Keunggulan

Karya legendaris Pram, cerita pergerakan nasionalisme yang telah diadaptasi menjadi film

Fiksi sejarah berlatar masa setelah kejayaan Majapahit

Kisah Kerajaan Singosari tanpa bumbu supranatural

Banyak sudut pandang dalam satu cerita

Novel roman yang tidak akan pernah selesai

Berkisah tentang kehidupan manusia, sekitarnya, dan Tuhan

Sudah dicetak 8 kali dan diterjemahkan dalam 29 bahasa!

Penyemangat untuk Anda yang ingin menjadi penulis

Novel sastra yang ringan untuk dibaca di waktu luang

Menceritakan perjuangan wanita pada era revolusi

Harga mulai dariRp 544.000,00Rp 45.000,00Rp 140.000,00Rp 25.000,00Rp 75.000,00Rp 45.000,00Rp 45.000,00Rp 40.000,00Rp 50.000,00Rp 59.000,00
GenreFiksi realitasFiksi sejarahFiksi sejarahFiksi realitasFiksi realitasFiksi realitasFiksi realitasFiksi realitasFiksi realitasFiksi realitas
Setting/temaZaman kolonial, emansipasi wanitaMasa Kerajaan JawaMasa Kerajaan JawaEra revolusiZaman kolonial, emansipasi wanitaMasa pascakemerdekaanZaman penjajahan JepangMasa pascakemerdekaanMasa pascarevolusi, emansipasi wanitaEra revolusi, emansipasi wanita
Banyak halamanBumi Manusia: 532 hal・Anak Semua Bangsa: 536 hal・Jejak Langkah: 724 hal・Rumah Kaca: 646 hal76056123928010616382136180
Dimensi13 cm x 20 cm15 cm x 23 cm13 cm x 20 cmTidak dijelaskan16 cm x 24 cm13 cm x 20 cmTidak dijelaskanTidak dijelaskan13 cm x 20 cm13 cm x 20 cm
PenerbitLentera DipantaraHasta MitraLentera DipantaraPenerbit Pembangunan DjakartaLentera DipantaraLentera DipantaraHasta MitraWira KaryaLentera DipantaraLentera Dipantara
Rating di Goodreads4,41 dari 54,37 dari 54,23 dari 54,12 dari 54,09 dari 54,01 dari 53,81 dari 53,80 dari 53,70 dari 53,69 dari 5
Tautan produk

Baca juga rekomendasi karya sastra lainnya di sini

Selain novel karya Pramoedya Ananta Toer, kami juga memiliki beberapa rekomendasi novel bergenre sastra dan buku puisi. Para penggemar sastra dapat melihat tautan di bawah ini dan memilih novel terbaik untuk mengisi waktu luang.

Kesimpulan

Kami sudah membahas poin-poin pemikiran Pramoedya Ananta Toer dalam berbagai karyanya dan memberikan beberapa rekomendasi buku terbaiknya. Pram mengangkat beragam topik dalam tiap karyanya dan mengupasnya menjadi kisah yang memiliki daya tarik tersendiri. 


Penggemar sastra era sekarang tentu wajib membaca karya legendaris Pram. Namun, harap diingat bahwa pada zamannya lembaga sensor tidak seketat saat ini. Jadi, hampir semua novel karya Pram hanya dapat dibaca oleh orang dewasa, ya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mungkin banyak di antara Anda yang tumbuh bersama novel-novel dari Tere Liye. Tak hanya cerita novelnya saja yang mengaduk-aduk perasaan, tetapi kutipan tulisan Tere Liye juga menyentuh hati. Dari semua novel Tere Liye yang ada, manakah yang paling Anda sukai?Untuk Anda yang baru mengetahui karya Tere Liye atau rindu ingin membaca ulang novel-novelnya, bacalah artikel ini. Kami akan memberikan rekomendasi sepuluh novel yang bagus dari Tere Liye, seperti Rindu, Bumi, Hujan, dan Pulang. Sosok Tere Liye dan karyanya juga akan kami bahas lebih mendalam, lho!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Anak SD (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Anak SD (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak tingkat SD biasanya sudah lancar membaca. Jadi, Anda pun bisa membaca buku cerita bersama si kecil untuk mengisi quality time. Di pasaran, banyak dijual buku bacaan untuk anak SD, seperti Lima Sekawan, The Little Prince, dan lainnya. Namun, buku cerita seperti apa yang bagus untuk anak Anda?Agar Anda mudah menentukan pilihan, simaklah tips memilih buku cerita untuk anak SD yang telah kami susun. Jangan lewatkan juga sepuluh rekomendasi produk terbaiknya, mulai dari buku cerita bergambar, berbahasa Inggris, hingga bertema edukasi. Yuk, temukan buku cerita terbaik untuk si kecil!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Habiburrahman El Shirazy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Habiburrahman El Shirazy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain memberikan hiburan lewat ceritanya, novel islami juga menyisipkan pesan dakwah tanpa terkesan menggurui. Salah satu penulis novel islami di Indonesia adalah Habiburrahman El Shirazy. Ia mulai populer sejak novel pertamanya, Ayat-Ayat Cinta, yang terbit pada 2004. Selain itu, novel-novelnya yang lain juga digemari oleh para pembaca setianya.Di artikel ini, kami akan menyampaikan cara memilih novel Habiburrahman El Shirazy terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi novel Habiburrahman El Shirazy yang bagus, seperti Ketika Cinta Bertasbih dan Pudarnya Pesona Cleopatra. Baca artikel ini dan temukan novel favorit Anda!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Buku Puisi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Puisi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu karya sastra yang dekat dengan kehidupan masyarakat adalah puisi. Lewat rangkaian kata-kata pendeknya, puisi sering kali dijadikan media untuk mengungkapkan perasaan bahagia atau menemani momen patah hati. Saat membaca buku puisi, Anda diajak mengeksplorasi berbagai emosi yang ada pada tiap-tiap bacaan.Kali ini, kami akan membahas cara memilih dan memberikan beberapa rekomendasi buku puisi yang bagus untuk Anda. Anda mungkin akan menemukan karya dari penyair-penyair favorit di artikel ini. Beberapa di antaranya adalah Sapardi Djoko Damono, Joko Pinurbo, Chairil Anwar, dan Rupi Kaur. Untuk itu, silakan disimak!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Fantasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Fantasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pencinta buku, Anda pasti sudah tidak asing dengan genre novel fantasi. Selain menghibur, membaca novel fantasi juga dapat memperluas cakrawala baca. Terdapat banyak novel-novel fantasi yang telah terbit di Indonesia dari penulis dalam ataupun luar negeri. Beberapa judulnya yang terkenal adalah Harry Potter, The Lord of the Rings, dan Bumi karya Tere Liye.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi novel fantasi yang bagus. Selain itu, kami juga membagikan tips memilih novel fantasi terbaik untuk masuk dimasukkan ke daftar bacaan Anda. Simak terus, ya!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karya sastra Indonesia telah muncul sejak zaman kerajaan dan terus berkembang hingga saat ini. Selain memperkenalkan keragaman budaya Indonesia, buku sastra juga mengajak pembaca untuk tenggelam dalam untaian kalimat indah. Alur cerita buku-buku sastra Indonesia sangatlah menarik untuk disimak.Banyaknya buku sastra Indonesia yang ditawarkan pasti membuat Anda bingung dalam memilihnya. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih buku sastra Indonesia yang bagus. Buku sastra Indonesia terbaik, seperti Bumi Manusia, Hujan Bulan Juni, dan Laskar Pelangi ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Sherlock Holmes Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Sherlock Holmes Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa yang tidak mengenal Sherlock Holmes? Detektif berkebangsaan Inggris ini terkenal di seluruh dunia. Kemampuan deduksinya dalam memecahkan teka-teki sangat luar biasa. Petualangan Sherlock Holmes dalam memecahkan berbagai kasus dapat Anda ikuti dengan membaca novelnya.Jika Anda tertarik, baca artikel ini sampai selesai karena kami akan membahas rekomendasi novel Sherlock Holmes terbaik. Salah satu novel yang bisa Anda temukan adalah A Study in Scarlet yang juga dikenal dengan Penelusuran Benang Merah. Namun, sebelumnya simak tips memilih novel Sherlock Holmes yang bagus berikut ini!
    Novel & sastra
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori