• 10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Seperti namanya, unsalted butter merupakan mentega yang tidak ditambahkan garam sehingga rasanya lebih tawar. Unsalted butter banyak digunakan ibu rumah tangga untuk memasak dan sebagai lemak tambahan saat memberikan MPASI bayi. Namun, apakah Anda yakin sudah memilih unsalted butter yang tepat?


Karena itu, kali ini kami akan membagikan tips untuk Anda bagaimana memilih unsalted butter yang bagus. Rekomendasi produk-produknya juga akan kami ulas untuk Anda. Anda dapat memilih produk dari merk Anchor, Blue Triangle, dan Elle & Vire. Baca artikel ini sampai habis dan temukan produk yang tepat!

  • Pembaharuan terakhir: 03 Maret 2021
  • 6.885 Views
Daftar isi

Apa kegunaan unsalted butter?

Apa kegunaan unsalted butter?

Unsalted butter merupakan mentega yang terbuat dari susu sapi yang dipisahkan dari kandungan garam sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang khas. Meski sama-sama mentega, kegunaan unsalted butter dan salted butter sedikit berbeda. 


Salted butter digunakan sebagai olesan roti atau bahan menumis. Sementara itu, unsalted butter lebih banyak dipakai untuk memberi lemak tambahan pada MPASI bayi dan membuat kue. Karena tak ada tambahan garam, unsalted butter dapat membantu menonjolkan rasa makanan yang alami. Selain itu, makanan yang dihasilkan juga akan makin terasa creamy.

Cara memilih unsalted butter

Bukan hanya sekadar mentega tawar tanpa kandungan garam, unsalted butter yang dijual di pasaran beragam jenisnya. Unsalted butter dibedakan dari jenis kemasan, isi, dan kandungan lemaknya. Jadikan tips-tips yang kami bagikan berikut ini sebelum membeli unsalted butter. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pilih berdasarkan jenis kemasannya

Secara umum, kemasan unsalted butter terdiri atas empat jenis, yaitu aluminium foil, plastik, kaleng, dan botol kaca. Jenis-jenis kemasan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya Anda juga memperhatikan kemasan yang digunakan dan menyesuaikannya dengan penggunaan.

Aluminium foil, cocok untuk sekali pakai

Aluminium foil, cocok untuk sekali pakai

Bagi Anda yang hanya memakai unsalted butter untuk sekali pakai, Anda dapat memilih kemasan jenis aluminium foil. Unsalted butter yang dikemas dalam aluminium foil sulit disimpan kembali setelah Anda membukanya. Namun, akhir-akhir ini sudah banyak produk yang dijual dalam kemasan aluminium foil berukuran kecil. Produk tersebut cocok dipakai oleh Anda yang menjadikannya sebagai tambahan MPASI bayi.

Plastik, pilih yang dilengkapi tutup

Kemasan jenis plastik memberikan kemudahan dalam penyimpanan. Namun, pilihlah kemasan plastik yang dilengkapi tutup agar kesegaran unsalted butter tetap terjaga setelah dibuka. Jangan lupa untuk menutupnya kembali setelah digunakan. Namun, jika tidak dilengkapi penutup yang rapat, Anda bisa memindahkan butter yang tersisa ke wadah lain yang kedap udara.

Kaleng, menjaga produk tetap segar dan awet dalam waktu lama

Unsalted butter dalam kemasan kaleng biasanya dijual dalam ukuran yang besar. Kemasan kaleng ini kedap udara dan semua bagiannya tertutup dengan rapat. Dengan begitu, mentega tetap segar dan awet dalam waktu lama. Setelah kemasan dibuka pun kondisi mentega di dalamnya tetap terjaga. Anda juga bisa menyimpan unsalted butter berkemasan kaleng di suhu ruang. Namun, pastikan kedap udara, ya! 

Botol kaca, bisa dibawa bepergian tanpa mengotori tas

Botol kaca, bisa dibawa bepergian tanpa mengotori tas

Seperti halnya selai, unsalted butter juga ada yang dijual dalam kemasan botol kaca. Kemasan ini sudah dilengkapi dengan penutup yang rapat. Penutup tersebut dapat menjaga kesegaran mentega sekaligus menjaganya dari debu dan kotoran. Mentega berkemasan botol kaca sangat praktis dibawa bepergian. Meski diletakkan di dalam tas sekalipun, mentega di dalamnya akan tetap aman dan tidak mengotori tas Anda.

Sesuaikan ukuran dengan tujuan penggunaan

Sesuaikan ukuran dengan tujuan penggunaan

Bagi Anda yang memiliki usaha dan harus membuat kue dalam jumlah besar tiap harinya, kami merekomendasikan unsalted butter yang dikemas dalam ukuran 1 kg atau lebih. Dengan begitu, stok Anda lebih banyak dan harganya pun jadi lebih hemat. Jika ingin memakai unsalted butter untuk sajian kuliner keluarga di rumah, pilihlah ukuran 200–500 gram. 


Bagi Anda yang menggunakannya untuk tambahan MPASI bayi, sebaiknya memilih ukuran yang kecil sekitar 10 gram. Anda pun tak perlu khawatir menggunakan unsalted butter terlalu banyak karena ukuran ini cukup untuk porsi makan bayi yang kecil.

Periksa kandungan lemaknya

Periksa kandungan lemaknya

Mungkin kebanyakan dari Anda sudah tahu bahwa unsalted butter mengandung lemak yang dapat mengakibatkan kenaikan kalori. Bagi Anda yang sedang diet dan memperhatikan asupan kalori, tidak ada salahnya memeriksa kandungan lemak yang terkandung pada unsalted butter yang digunakan.


Salted butter ataupun unsalted butter mengandung 100 kalori dan 12 gram lemak dengan 7 gram di antaranya adalah lemak jenuh. Bayi membutuhkan lemak untuk otak dan menaikkan berat badan. Jika berencana menambahkannya sebagai lemak tambahan pada MPASI, Anda dapat memberi satu sendok teh unsalted butter untuk 120 ml makanan bayi. 

10 Rekomendasi unsalted butter terbaik

Setelah mengetahui cara memilih unsalted butter, kami akan memberikan ulasan produk rekomendasinya untuk Anda. Silakan dipilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
Jenis kemasanAluminium foil
Ukuran200 gram
Lemak82,4 gram
9

DairygoldUnsalted Butter Campuran Margarin dan Mentega

Mulai dari Rp 229.000,00

Jenis kemasanKaleng
Ukuran2 kg
LemakTidak ada keterangan
8
Jenis kemasanAluminium foil
Ukuran2,5 kg
Lemak78 gram
7
Jenis kemasanTidak ada keterangan
Ukuran1 kg
LemakTidak ada keterangan
6

Ghee Numi Naturals Grass Fed Butter

Mulai dari Rp 99.900,00

Jenis kemasanBotol kaca
Ukuran200 ml
LemakTidak ada keterangan
5
Jenis kemasanBotol kaca
Ukuran250 gram
LemakTidak ada keterangan
4
Jenis kemasanAluminium foil
Ukuran200 gram
Lemak60 gram
3
Jenis kemasanAluminium foil
Ukuran227 gram
Lemak82,9 gram
2
Jenis kemasanAluminium foil
Ukuran200 gram
Lemak82 gram
1
Jenis kemasanPlastik
Ukuran10 gram
Lemak8,3 gram

Tabel perbandingan produk unsalted butter terbaik

Gambar produk
1
Anchor Minidish Butter Unsalted 1

Anchor

2
Elle & Vire Unsalted Gourmet Butter  1

Elle & Vire

3
Anchor Unsalted Butter 1

Anchor

4
Elle & Vire Unsalted Tartine et Cuisine 1

Elle & Vire

5
Rosalie Cheese Unsalted Butter Bottle 1

Rosalie Cheese

6
Ghee Numi Naturals Grass Fed Butter 1

7
Vandemoortele St Auvent 1

Vandemoortele

8
Corman Patisy 78% Fat – Block 1

Corman

9
Dairygold Unsalted Butter Campuran Margarin dan Mentega 1

Dairygold

10
Lurpak Unsalted Butter 1

Lurpak

Nama produk

Minidish Butter Unsalted

Unsalted Gourmet Butter

Unsalted Butter

Unsalted Tartine et Cuisine

Unsalted Butter Bottle

Ghee Numi Naturals Grass Fed Butter

St Auvent

Patisy 78% Fat – Block

Unsalted Butter Campuran Margarin dan Mentega

Unsalted Butter

Keunggulan

Kemasannya mini! Praktis untuk dibawa bepergian

Sangat nikmat dikonsumsi langsung bersama roti

Mudah ditemukan dan bisa dibeli di berbagai tempat

Produk rendah lemak yang memiliki banyak kegunaan

Homemade! Tanpa bahan pewarna maupun pengawet

Dikemas dalam botol kaca bertutup, bebas debu dan mudah disimpan

Mengandung lemak nabati lebih banyak untuk pilihan yang lebih sehat

Lebih hemat dengan ukuran yang lebih besar

Mentega dan margarin sudah campur jadi satu, membuat kue jadi praktis

Kandungan lemaknya tinggi, pas untuk menaikkan berat badan bayi

Harga mulai dariRp 22.900,00Rp 49.000,00Rp 36.500,00Rp 46.500,00Rp 60.000,00Rp 99.900,00Rp 62.000,00Rp 210.000,00Rp 229.000,00Rp 118.500,00
Jenis kemasanPlastikAluminium foilAluminium foilAluminium foilBotol kacaBotol kacaTidak ada keteranganAluminium foilKalengAluminium foil
Ukuran10 gram200 gram227 gram200 gram250 gram200 ml1 kg2,5 kg2 kg200 gram
Lemak8,3 gram82 gram82,9 gram60 gramTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan78 gramTidak ada keterangan82,4 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk butter lainnya di sini

Selain ulasan mengenai unsalted butter, kami juga sudah mengulas tentang butter yang lebih umum. Pada artikel di bawah ini, kami sudah membagikan tips memilih butter terbaik, yang salted maupun unsalted. Apabila Anda ingin mengetahui lebih banyak, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan unsalted butter yang tepat? Bukan hanya untuk tambahan MPASI, unsalted butter juga bermanfaat untuk membuat kue dan makanan lainnya. Sesuaikan kemasan untuk memudahkan penyimpanan. Selain itu, pilihlah ukuran sesuai kebutuhan Anda.


Kandungan lemaknya juga penting untuk diperhatikan. Kandungan lemak tinggi cocok untuk menaikkan berat badan bayi, sedangkan kandungan lemak rendah adalah pilihan tepat untuk yang sedang diet. Selamat memilih, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    136.778 Views
  • 10 Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus.Saat ini, ada banyak sekali merk minyak goreng yang bagus yang beredar di pasaran, seperti Bimoli, Filma, hingga Sania. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    77.212 Views
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa tahun terakhir, gaya hidup sehat mulai meningkat di kalangan masyarakat. Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi antara lain adalah meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG yang tengah populer adalah kaldu jamur.Sejumlah merek, seperti Pawon Ibun, Lemonilo, dan Royco, menawarkan kaldu jamur yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
    23.117 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    122.583 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang bagus agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    124.361 Views
  • 10 Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menambahkan penyedap rasa ke masakan merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap tanpa perlu meracik bumbu sendiri. Penyedap rasa juga memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Apakah sekarang Anda sudah merasa cocok dengan penyedap rasa yang Anda gunakan?Meskipun penyedap rasa merupakan produk yang sudah sering Anda temui, kami akan membahas tentang cara memilih penyedap yang enak. Berbagai merk terkenal, seperti Totole, Masako, dan Biomiwon, ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel kali ini dan dapatkan informasinya.
    Bumbu & bahan masakan
    71.096 Views
  • 10 Rekomendasi Garam Masala Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Garam Masala Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Garam masala merupakan racikan rempah yang mampu melezatkan dan mengharumkan berbagai hidangan khas India. Aromanya yang kuat, serta cita rasanya yang pekat membuat bumbu ini kian digemari masyarakat Indonesia. Terlebih, sekarang sudah banyak garam masala siap pakai yang lebih praktis. Banyaknya produk garam masala terkadang membuat Anda susah dalam memilih.Untuk itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih garam masala yang tepat untuk Anda. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk garam masala terbaik, seperti merk MDH, Everest Spices, dan Cairo Food. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    130 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori