• 10 Unsalted Butter Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Unsalted Butter Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Unsalted Butter Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Unsalted Butter Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Unsalted Butter Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Unsalted Butter Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)

Unsalted butter merupakan mentega yang tidak ditambahkan garam sehingga rasanya lebih tawar. Unsalted butter banyak digunakan untuk memasak, baking, atau sebagai lemak tambahan saat memberikan MPASI bayi. Namun, apakah Anda yakin sudah memilih unsalted butter yang tepat?


Kali ini, kami akan membagikan tips memilih unsalted butter yang bagus beserta rekomendasi produk terbaiknya. Merek unsalted butter favorit banyak orang, seperti Anchor, Lurpak, dan Elle & Vire juga akan kami review. Baca artikel ini dan temukan produk yang tepat! Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Mariska Tracy
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 11 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Home cook influencer, Mariska Tracy

Profil pakar: Home cook influencer, Mariska Tracy
Mariska Tracy
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara.


Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Apa kegunaan unsalted butter?

Apa kegunaan unsalted butter?

Unsalted butter merupakan mentega yang terbuat dari susu sapi yang dipisahkan kandungan garamnya. Berbeda dengan salted butter yang memiliki cita rasa asin, unsalted butter lebih tawar karena tak ada tambahan garam. Aroma dan rasa mentega tawar memiliki hint milky atau creamy yang khas. Meski sama-sama mentega, kegunaan unsalted butter dan salted butter sedikit berbeda. 


Salted butter digunakan sebagai olesan roti, martabak manis, atau bahan menumis. Sementara itu, unsalted butter lebih banyak dipakai untuk memberi lemak tambahan pada MPASI bayi dan membuat kue. Meski demikian, tentu Anda boleh-boleh saja menggunakan unsalted butter untuk menumis atau menjadikannya sebagai olesan roti.


Penggunaan unsalted butter lebih fleksibel daripada salted butter berkat rasanya yang tidak asin. Anda bisa menggunakannya untuk membuat masakan savoury maupun dessert. Untuk membuat saus atau martabak pun bisa! Selain itu, unsalted butter juga sangat cocok untuk memasak steak. Karena biasanya daging steak sudah ditaburi garam, Anda tentu tidak membutuhkan butter yang asin saat memasaknya.


Karena tidak ada tambahan garam, unsalted butter dapat membantu menonjolkan rasa makanan yang alami. Selain itu, makanan yang dihasilkan juga akan makin terasa creamy dan yummy. Unsalted butter direkomendasikan bagi Anda yang sedang diet atau ingin mengurangi konsumsi garam.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih unsalted butter

Bukan sekadar mentega tawar tanpa kandungan garam, unsalted butter yang dijual di pasaran ada beragam jenisnya. Unsalted butter dibedakan dari jenis kemasan, isi, dan kandungan lemaknya. Jadikan tips-tips yang kami bagikan berikut ini sebelum membeli unsalted butter. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pilih berdasarkan jenis kemasannya

Secara umum, kemasan unsalted butter terdiri atas empat jenis, yaitu aluminium foil, plastik, kaleng, dan botol kaca. Jenis-jenis kemasan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya Anda juga memperhatikan kemasan yang digunakan dan menyesuaikannya dengan penggunaan.

Aluminium foil, mudah dijumpai dan harganya lebih ekonomis

Aluminium foil, mudah dijumpai dan harganya lebih ekonomis

Jika Anda perhatikan, rak butter di swalayan didominasi oleh butter dengan kemasan aluminium foil. Beberapa merek butter ternama, seperti Anchor, Lurpak, dan Elle & Vire juga memiliki butter dengan kemasan ini. Harga butter dengan kemasan aluminium foil memang lebih terjangkau dibandingkan butter dengan kemasan kaleng. Tak heran jika jenis produk ini lebih banyak digemari para pembeli.


Penyimpanan unsalted butter yang dikemas dalam aluminium foil agak sedikit tricky. Produk dengan kemasan ini harus selalu disimpan di kulkas agar bentuknya tidak berubah. Namun, Anda bisa membaginya dengan cara dipotong-potong sehingga lebih mudah digunakan. Akhir-akhir ini sudah banyak produk yang dijual dalam kemasan aluminium foil berukuran kecil. Produk tersebut cocok untuk pemakaian sekali pakai.


Unsalted butter dengan kemasan aluminium foil juga cocok untuk membuat kulit pie. Pembuatan kulit pie membutuhkan butter dalam kondisi dingin dengan bentuk yang masih berbentuk kotak.

Plastik, produk yang dilengkapi tutup akan lebih baik

Kemasan jenis plastik memberikan kemudahan dalam penyimpanan. Namun, pilihlah kemasan plastik yang dilengkapi tutup agar kesegaran unsalted butter tetap terjaga setelah dibuka. Jangan lupa untuk menutupnya kembali setelah digunakan. Namun, jika tidak dilengkapi penutup yang rapat, Anda bisa memindahkan butter yang tersisa ke wadah lain yang kedap udara.


Unsalted butter dengan kemasan plastik cocok untuk olesan. Simpan butter segera di kulkas setelah dibuka agar tetap fresh.

Kaleng, menjaga produk tetap segar dan awet dalam waktu lama

Unsalted butter dalam kemasan kaleng biasanya dijual dalam ukuran yang besar. Karena itu, kemasan ini cocok dipilih oleh Anda yang biasa menggunakan butter dalam jumlah besar, misalnya untuk berjualan roti.


Kemasan kaleng ini kedap udara dan semua bagiannya tertutup dengan rapat. Dengan begitu, mentega tetap segar dan awet dalam waktu lama. Setelah kemasan dibuka pun kondisi mentega di dalamnya tetap terjaga. Anda juga bisa menyimpan unsalted butter berkemasan kaleng di suhu ruang. Namun, pastikan kedap udara, ya!

Botol kaca, bisa dibawa bepergian tanpa mengotori tas

Botol kaca, bisa dibawa bepergian tanpa mengotori tas

Seperti halnya selai, mentega tawar juga ada yang dijual dalam botol kaca. Kemasan ini sudah dilengkapi dengan penutup yang rapat. Penutup tersebut dapat menjaga kesegaran mentega sekaligus menjaganya dari debu dan kotoran.


Mentega berkemasan botol kaca sangat praktis dibawa bepergian. Meski diletakkan di dalam tas sekalipun, mentega di dalamnya akan tetap aman dan tidak mengotori tas. Selain itu, tampilannya juga lebih estetis dan ramah lingkungan. Bila butter sudah habis, Anda bisa memakai botolnya untuk kebutuhan lain. Sayangnya, di Indonesia produk mentega yang dijual dalam kemasan botol kaca masih belum umum ditemukan.

Sesuaikan ukuran dengan tujuan penggunaan

Sesuaikan ukuran dengan tujuan penggunaan

Bagi Anda yang memiliki usaha dan harus membuat kue dalam jumlah besar tiap harinya, kami merekomendasikan unsalted butter yang dikemas dalam ukuran 1 kg atau lebih. Dengan begitu, stok Anda lebih banyak dan harganya pun jadi lebih hemat. Jika ingin memakai unsalted butter untuk sajian kuliner keluarga di rumah, pilihlah ukuran 200–500 gram. 


Jika Anda menggunakannya untuk tambahan MPASI bayi, Anda dapat memilih ukuran lebih kecil, seperti ukuran 10 gram. Anda pun tidak perlu khawatir menggunakan unsalted butter terlalu banyak karena ukuran ini cukup untuk porsi makan bayi yang kecil.

Periksa kandungan lemaknya

Periksa kandungan lemaknya

Mungkin kebanyakan dari Anda sudah tahu bahwa unsalted butter mengandung lemak yang dapat mengakibatkan kenaikan kalori. Bagi Anda yang sedang diet, tidak ada salahnya memeriksa kandungan lemak yang terkandung pada unsalted butter yang digunakan.


Unsalted butter mengandung 100 kalori dan 12 gram lemak dengan 7 gram di antaranya adalah lemak jenuh. Bayi membutuhkan lemak untuk otak dan menaikkan berat badan. Jika berencana menambahkannya sebagai lemak tambahan pada MPASI, Anda dapat memberi satu sendok teh unsalted butter untuk 120 ml makanan bayi. 

10 Rekomendasi unsalted butter terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk unsalted butter terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.

Gambar produk
1
Anchor Unsalted Butter 1

Anchor

2
Elle & Vire Unsalted Gourmet Butter  1

Elle & Vire

3
Nourish Indonesia Unsalted Butter (Grass Fed Butter)  1

Nourish Indonesia

4
Indofood Orchid Butter Unsalted 1

Indofood

5
Elle & Vire Unsalted Tartine et Cuisine 1

Elle & Vire

6
Vandemoortele ST-AUVENT 1

Vandemoortele

7
K.P.B.S. Pangalengan Butter Unsalted 1

K.P.B.S. Pangalengan

8
Westgold Unsalted Butter 1

Westgold

9
Dairygold Campuran Margarin dan Mentega 1

Dairygold

10
Arla  Lurpak Unsalted Butter 1

Arla

Nama produk

Unsalted Butter

Unsalted Gourmet Butter

Unsalted Butter (Grass Fed Butter)

Orchid Butter Unsalted

Unsalted Tartine et Cuisine

ST-AUVENT

Butter Unsalted

Unsalted Butter

Campuran Margarin dan Mentega

Lurpak Unsalted Butter

Keunggulan

Mudah ditemukan dan bisa dibeli di berbagai tempat

Butter premium andalan para baker

Lebih sehat dan alami dengan susu sapi grass-fed non-GMO

Butter merek lokal yang kaya akan vitamin A, D, dan E

Mentega tawar untuk aneka pastri dan cake

Mengandung lemak nabati lebih banyak untuk pilihan yang lebih sehat

Terbuat dari susu sapi murni, tanpa pengawet, perasa, dan pewarna buatan

Diproses secara tradisional dari susu sapi New Zealand

Gabungan mentega tawar plus margarin, membuat kue jadi praktis

Kemasan mini cup yang praktis, tidak repot menakar kalori

Harga mulai dariRp 48.900,00Rp 58.000,00Rp 60.000,00Rp 32.000,00Rp 59.700,00Rp 62.000,00Rp 127.000,00Rp 38.000,00Rp 260.000,00Rp 44.500,00
Jenis kemasanAluminium foilAluminium foilWadah plastikAluminium foilAluminium foilAluminium foilBucket plastikAluminium foilKalengCup plastik
Ukuran227 g200 g250 g200 g200 g1.000 g2.200 g (tersedia kemasan repack 1.000 g)250 g2.000 g10 x 10 g
Lemak12 g per saji57 g (per 744 kcal)Tidak ada keterangan8 g per saji 39 g (per 551 kcal)Tidak ada keteranganTidak ada keterangan4,2 g per sajiTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Tautan produk
10
Jenis kemasanCup plastik
Ukuran10 x 10 g
LemakTidak ada keterangan
9
Jenis kemasanKaleng
Ukuran2.000 g
LemakTidak ada keterangan
8
Jenis kemasanAluminium foil
Ukuran250 g
Lemak4,2 g per saji
7

K.P.B.S. PangalenganButter Unsalted

Mulai dari Rp 127.000,00

Jenis kemasanBucket plastik
Ukuran2.200 g (tersedia kemasan repack 1.000 g)
LemakTidak ada keterangan
6
Jenis kemasanAluminium foil
Ukuran1.000 g
LemakTidak ada keterangan
5
Jenis kemasanAluminium foil
Ukuran200 g
Lemak39 g (per 551 kcal)
4
Jenis kemasanAluminium foil
Ukuran200 g
Lemak8 g per saji
3

Nourish IndonesiaUnsalted Butter (Grass Fed Butter)

Mulai dari Rp 60.000,00

Jenis kemasanWadah plastik
Ukuran250 g
LemakTidak ada keterangan
2
Jenis kemasanAluminium foil
Ukuran200 g
Lemak57 g (per 744 kcal)
1
Jenis kemasanAluminium foil
Ukuran227 g
Lemak12 g per saji

Tips dari home cook influencer kami, Mariska Tracy

Tips dari home cook influencer kami, Mariska Tracy

Jika ingin memberikan sentuhan rasa gurih pada makanan, penggunaan unsalted butter bisa digabung dengan bahan lain. Anda bisa menambahkan sedikit garam atau mencampurnya dengan margarin saat membuat cookies atau kue kering.

Baca juga rekomendasi butter lainnya di sini

Pada artikel di bawah ini, kami membagikan tips memilih butter terbaik, baik salted maupun unsalted. Ada juga artikel tentang garlic butter terbaik yang lezat dicampurkan ke dalam masakan. Apabila Anda ingin mengetahui lebih banyak, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan unsalted butter yang tepat? Bukan hanya untuk tambahan MPASI, unsalted butter juga bermanfaat untuk membuat kue dan makanan lainnya. Sesuaikan kemasan untuk memudahkan penyimpanan. Selain itu, pilihlah ukuran sesuai kebutuhan Anda.


Kandungan lemaknya juga penting untuk diperhatikan. Kandungan lemak tinggi cocok untuk menaikkan berat badan bayi, sedangkan kandungan lemak rendah adalah pilihan tepat untuk yang sedang diet. Selamat memilih, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Kentang Terbaik  - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Kentang Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan tepung kentang dapat memberikan tekstur crunchy pada makanan yang digoreng. Selain itu, tepung kentang banyak dipakai untuk aneka masakan Jepang, China, dan Western food. Namun, karena tepung kentang pada umumnya sama-sama berwarna putih, banyak orang yang mengalami kesulitan untuk memilihnya.Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih tepung kentang yang bagus. Anda juga akan mendapat rekomendasi tepung kentang terbaik, seperti merek tepung kentang Knorr, Lentera Naga, Mr. Food, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, disimak sampai selesai!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori