1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Produk susu
  6. >
  7. 10 Susu Full Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
  • 10 Susu Full Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Susu Full Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Susu Full Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Susu Full Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Susu Full Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Susu Full Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Menikmati segelas susu full cream yang lembut dan gurih mungkin adalah kebiasaan keluarga Anda setiap hari. Selain rasanya yang enak, susu full cream juga menyimpan manfaat dan gizi yang melimpah untuk tubuh. Anda bisa memilih susu full cream untuk seluruh anggota keluarga ataupun untuk anak-anak.


Kami akan mengulas beberapa rekomendasi merek susu full cream yang bagus di artikel ini. Beberapa di antaranya adalah Frisian Flag, Dancow, Ultra Milk, Greenfields, dan Cimory. Anda juga bisa menemukan susu full cream yang enak dan cocok untuk kopi. Yuk, simak artikel kami kali ini!

Diperbaharui 10-19-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace menemukan lowongan sebagai freelance writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace menemukan passion-nya di dalam dunia menulis. Grace hobi menjelajahi supermarket untuk menemukan makanan dan minuman yang menarik untuk dicoba. Review makanan dan minuman tersebut dibagikan dalam akun Instagram pribadinya. Berbekal dari hobi tersebut, kini Grace menjadi seorang content creator di Lemon8. Grace juga gemar membaca informasi terbaru tentang kesehatan, perawatan rambut, wajah, dan tubuh serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa manfaat dari susu full cream?

Apa manfaat dari susu full cream?

Susu full cream atau whole milk adalah susu yang kandungan lemaknya tetap dipertahankan. Susu ini adalah jenis susu yang paling umum Anda temui di pasaran. Kandungan lemaknya membuat susu ini memiliki rasa gurih dan creamy. Teksturnya pun lebih thick dan dapat membantu mengurangi rasa lapar.


Segelas susu full cream kira-kira mengandung 61 kkal dengan 3,5 gram lemak dan 3,2 gram protein. Makronutrien serta mikronutrien terkandung di dalam susu full cream. Makronutrien merupakan karbohidrat, protein, dan lemak, sedangkan mikronutrien adalah vitamin dan mineral. Salah satu mineral yang terkandung di dalam susu adalah kalsium.


Berikut ini adalah beberapa manfaat susu full cream untuk kesehatan tubuh:

  • Kandungan protein dan asam lemak esensial di dalam susu full cream dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Susu full cream mengandung kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Kandungan vitamin dan mineral di dalam susu full cream dapat meningkatkan fungsi otak anak.
  • Kandungan lemak di dalam susu full cream dapat membantu menambah berat badan.
  • Susu full cream mengandung protein yang dapat menjaga massa otot.
  • Kandungan asam lemak di dalam susu full cream dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Meski susu full cream memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, jangan sampai Anda mengonsumsi susu full cream secara berlebihan, ya. Susu full cream mengandung asam lemak jenuh. Kandungan asam lemak jenuh tersebut tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Cara memilih susu full cream

Ada berbagai macam bentuk susu full cream yang dijual di pasaran. Supaya Anda mendapatkan susu full cream yang tepat untuk keluarga, simaklah beberapa tips berikut ini.

① Pilih berdasarkan bentuk susu full cream

Susu full cream terdiri atas dua macam bentuk, yaitu susu cair dan susu bubuk. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing.

Susu cair, lebih praktis dan siap minum

Susu cair, lebih praktis dan siap minum

Susu cair merupakan jenis susu yang paling umum Anda temui di pasaran. Susu ini sangat praktis untuk dikonsumsi karena tidak perlu diseduh. Susu cair full cream memiliki dua jenis pengolahan, yaitu pasteurisasi dan UHT.


  • Susu pasteurisasi

Pasteurisasi adalah proses sterilisasi dengan cara pemanasan di bawah titik didih untuk membunuh bakteri patogen. Metode pasteurisasi dilakukan pada suhu 72–85 °C selama 10–15 detik saja. Dengan begitu, nutrisi di dalam susu segar akan tetap terjaga.


Namun, susu pasteurisasi tidak dapat bertahan lama pada suhu ruang. Anda perlu menyimpannya pada suhu 4 °C untuk menjaga kesegarannya. Anda harus segera menghabiskan susu pasteurisasi setelah dibuka karena tidak akan bertahan lama.


  • Susu UHT

Metode sterilisasi ultra high temperature atau UHT menggunakan suhu pemanasan 135–145 °C selama 2–4 detik saja. Metode UHT membuat seluruh bakteri di dalam susu mati sehingga masa simpannya lebih lama, bahkan pada suhu ruangan.


Metode pemanasan pada suhu tinggi membuat nutrisi di dalam susu UHT akan lebih berkurang dibandingkan proses pasteurisasi. Anda tidak perlu khawatir karena susu UHT difortifikasi kembali agar nutrisinya dapat memenuhi kebutuhan harian Anda.

Susu bubuk, lebih awet dan siap seduh kapan pun

Susu bubuk, lebih awet dan siap seduh kapan pun

Meskipun berbentuk bubuk, susu bubuk tetaplah terbuat dari susu murni. Susu bubuk dibuat dengan cara dipanaskan atau pasteurisasi agar bakterinya mati. Setelah itu, susu diolah melalui proses dehidrasi atau pengeringan untuk menghilangkan airnya.


Proses pengolahan susu bubuk sebetulnya membuat susu kehilangan nutrisi alaminya. Namun, produsen susu bubuk melakukan fortifikasi untuk menambah nilai gizi susu bubuk. Jadi, jangan ragu untuk memilih susu bubuk full cream.


Karena bentuknya bubuk, susu bubuk jauh lebih awet dibandingkan susu cair. Daya simpan susu bubuk adalah sekitar 18 bulan. Namun, untuk menyajikan segelas susu yang nikmat, susu bubuk haruslah diseduh terlebih dahulu. Susu bubuk memang terkesan kurang praktis, tetapi sebetulnya jauh lebih hemat dan ekonomis.

② Perhatikan kandungan nutrisi di dalam susu

Perhatikan kandungan nutrisi di dalam susu

Segelas susu full cream sudah mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. Namun, susu juga mengandung vitamin serta mineral yang penting untuk kesehatan. Kandungan vitamin dan mineral di dalam susu full cream berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu memeriksa kembali tabel nutrisi dari susu full cream tersebut.


Susu full cream dapat dikonsumsi oleh anak-anak sampai orang dewasa, bahkan ibu hamil. Untuk ibu hamil, Anda perlu memastikan kandungan yodium di dalam susu full cream karena tidak semua susu mengandung yodium. Yodium sangat dibutuhkan ibu hamil untuk perkembangan otak janin, terutama pada masa awal kehamilan.


Agar lebih aman, sebaiknya ibu hamil memilih susu full cream bubuk dan susu full cream UHT. Keduanya lebih steril untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, konsumsi susu full cream untuk ibu hamil tetap harus dibatasi. Hal ini untuk mencegah obesitas pada ibu hamil dan bayi besar.

③ Pertimbangkan susu full cream bebas laktosa

Pertimbangkan susu full cream bebas laktosa

Di dalam susu sapi terkandung banyak nutrisi, termasuk gula. Gula di dalam susu bernama laktosa yang merupakan gabungan galaktosa dan glukosa. Untuk memecah laktosa, dibutuhkan enzim laktase yang berada di dalam pencernaan. Namun, tidak semua manusia memiliki enzim laktase atau dapat mencerna laktosa dalam susu sapi.


Bagi orang yang tidak memiliki enzim laktase, mengonsumsi susu dapat menyebabkan sakit perut, bahkan diare. Kondisi ini biasanya disebut sebagai lactose intolerant. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih susu kambing yang kandungan laktosanya jauh di bawah susu sapi.


Kini juga tersedia susu sapi bebas laktosa yang dijual di pasaran. Susu sapi sudah diproses menggunakan enzim laktase terlebih dahulu sehingga kandungan laktosanya sudah tidak ada. Susu sapi bebas laktosa bisa menjadi pilihan bagi para penderita lactose intolerant.

10 Rekomendasi susu full cream terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu full cream terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Frisian Flag

Purefarm Full Cream

Frisian Flag Purefarm Full Cream 1枚目

Mengandung yodium, susu full cream yang cocok untuk ibu hamil

2

Hometown Dairy

Fresh Milk

Hometown Dairy Fresh Milk 1枚目

Diproses seminimal mungkin, nutrisinya lebih terjaga

3

Nestle

Dancow FortiGro Full Cream

Nestle Dancow FortiGro Full Cream 1枚目

Susu bubuk full cream untuk kebutuhan anak usia sekolah

4

Ultrajaya

Ultra Milk Full Cream

Ultrajaya Ultra Milk Full Cream 1枚目

Nutrisinya komplet untuk memenuhi nutrisi anak dan orang dewasa

5

Solusky

Skygoat Susu Bubuk Kambing Etawa Full Cream

Solusky Skygoat Susu Bubuk Kambing Etawa Full Cream 1枚目

Susu kambing full cream yang bebas bau dan memiliki rasa manis

6

Diamond

Susu UHT Full Cream

Diamond Susu UHT Full Cream 1枚目

Harganya lebih ekonomis, rasa dan nutrisinya tetap sama

7

Cimory

Susu UHT Bebas Laktosa

Cimory Susu UHT Bebas Laktosa 1枚目

Solusi minum susu sapi untuk lactose intolerant

8

Indofood

Indomilk Instant Full Cream Plain

Indofood Indomilk Instant Full Cream Plain 1枚目

Susu bubuk anak yang tinggi kalsium dan mengandung omega-3

9

Greenfields

Fresh Milk

Greenfields Fresh Milk 1枚目

Susu sapi segar yang creamy dan gurih, cocok untuk kopi

10

Diamond

BrookFarm Fresh Milk High Calcium

Diamond BrookFarm Fresh Milk High Calcium 1枚目

Lebih tinggi kalsium dan tidak bikin enek

Perincian produk
Close
No.1

Frisian FlagPurefarm Full Cream

Mulai dari Rp5.500,00

Mengandung yodium, susu full cream yang cocok untuk ibu hamil

Anda tidak perlu meragukan kualitas dan cita rasa susu UHT full cream dari Frisian Flag. Perusahaan yang sudah beroperasi selama hampir 100 tahun ini selalu berhasil meraih hati para keluarga Indonesia. Semua susu yang diproduksi mengikuti standar nasional dan internasional.


Susu full cream UHT dari Frisian Flag ini mengandung yodium. Kandungan yodium cukup sulit ditemukan di dalam produk susu full cream kemasan. Nah, kandungan yodium ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk janinnya. Jadi, susu full cream Frisian Flag ini cocok untuk ibu hamil.

No.2

Hometown DairyFresh Milk

Mulai dari Rp18.900,00

Diproses seminimal mungkin, nutrisinya lebih terjaga

Hometown Dairy menawarkan susu segar yang diproses dengan cara dipanaskan pada suhu 75 °C selama 15 detik. Proses ini menjaga agar nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Susu ini juga tidak difortifikasi, tidak ditambahkan air, dan tanpa pengawet.


Karena diproses secara alami tanpa bahan tambahan, Anda akan menemukan cream di lapisan atas susunya. Lapisan tersebut justru mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Susu dari Hometown Dairy ini cocok sekali untuk Anda yang mencari susu full cream segar yang tidak difortifikasi.

No.3

NestleDancow FortiGro Full Cream

Mulai dari Rp24.200,00

Susu bubuk full cream untuk kebutuhan anak usia sekolah

Saat memasuki usia sekolah, kebutuhan gizi anak makin bertambah karena aktivitasnya pun meningkat. Tunjang asupan nutrisi harian anak Anda dengan memberinya susu full cream Dancow FortiGro.


Kandungan protein, kalsium, dan vitamin D dalam susu ini bermanfaat untuk kepadatan tulang serta otot. Ditambah lagi, omega-6 dari minyak ikan baik untuk perkembangan otak anak. Dancow FortiGro bisa menjadi pilihan susu dengan formula lengkap untuk semua kebutuhan anak Anda.

No.4

UltrajayaUltra Milk Full Cream

Mulai dari Rp4.899,00

Nutrisinya komplet untuk memenuhi nutrisi anak dan orang dewasa

Ultra Milk sudah ada di hati konsumen sejak 1972. Rasa susu UHT full cream dari Ultra Milk sangat thick, creamy, dan gurih. Selain diminum, susu UHT Ultra Milk juga sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat kue.


Susu full cream dari Ultra Milk ternyata mengandung vitamin dan mineral yang komplet untuk membantu tumbuh kembang anak. Selain kalsium, nutrisinya lengkap dengan kolin, biotin, zinc, dan yodium. Nutrisi yang terkandung di dalam Ultra Milk ini juga sangat dibutuhkan oleh Anda yang aktif.

No.5

SoluskySkygoat Susu Bubuk Kambing Etawa Full Cream

Mulai dari Rp30.000,00

Susu kambing full cream yang bebas bau dan memiliki rasa manis

Peminat susu kambing tidak sebanyak susu sapi karena aromanya. Sebetulnya, susu kambing mengandung nutrisi yang tak kalah dengan susu sapi. Jika Anda ingin mencoba susu kambing, kami merekomendasikan susu kambing etawa ini.


Meski merupakan susu kambing, susu bubuk ini tidak memiliki aroma khas kambing. Rasanya pun cenderung manis karena sudah mengandung gula. Susu kambing etawa ini bisa menjadi pilihan susu kambing untuk keluarga.

No.6

DiamondSusu UHT Full Cream

Mulai dari Rp4.900,00

Harganya lebih ekonomis, rasa dan nutrisinya tetap sama

Susu full cream dari Diamond juga sering digunakan di kafe sebagai campuran minuman. Harga susu UHT full cream Diamond terbilang lebih murah dibandingkan susu full cream lainnya. Meski begitu, rasanya gurih dengan tekstur yang thick. Nutrisinya pun lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda mencari susu full cream yang lebih ekonomis, pertimbangkan susu Diamond.

No.7

CimorySusu UHT Bebas Laktosa

Mulai dari Rp6.500,00

Solusi minum susu sapi untuk lactose intolerant

Tidak semua orang bisa mengonsumsi susu sapi. Susu sapi mengandung gula laktosa yang sulit dicerna oleh beberapa orang. Gejala Anda tidak bisa mencerna laktosa adalah perut kembung dan diare. Kondisi ini disebut dengan lactose intolerant.


Jika Anda mengalami kondisi demikian, Anda bisa memilih susu bebas laktosa, seperti dari Cimory ini. Susu bebas laktosa ini tetap memiliki rasa yang creamy seperti susu full cream pada umumnya. Anda juga bisa merasakan sedikit rasa manis dari susu ini.

No.8

IndofoodIndomilk Instant Full Cream Plain

Mulai dari Rp45.100,00

Susu bubuk anak yang tinggi kalsium dan mengandung omega-3

Susu bubuk full cream dari Indomilk adalah susu bubuk untuk anak usia sekolah. Di dalamnya terkandung inositol, klorida, inulin, EPA, dan DHA. Nutrisinya membantu anak lebih fokus dalam belajar di sekolah.


Susu bubuk ini mengandung Optinutri dengan kalsium sebanyak 30% dari kebutuhan harian anak yang tergolong cukup tinggi. Kandungan kalsiumnya dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium anak untuk tumbuh lebih optimal. Jika Anda mencari susu tinggi kalsium untuk anak, Indomilk jawabannya.

No.9

Susu sapi segar yang creamy dan gurih, cocok untuk kopi

Dapatkan kenikmatan susu full cream olahan yang diproduksi dari 100% susu segar. Untuk itu, Anda harus merasakan gurih dan creamy-nya susu pasteurisasi dari Greenfields. Susu full cream Greenfields pun sering digunakan di kafe-kafe ternama sebagai campuran minuman, terutama kopi.


Susu ini diproduksi dari peternakan sapi perah pilihan, yaitu jenis Holstein dan Jersey. Sapi diternakkan dengan baik sehingga susu yang dihasilkan terjaga kualitasnya.

No.10

DiamondBrookFarm Fresh Milk High Calcium

Mulai dari Rp32.000,00

Lebih tinggi kalsium dan tidak bikin enek

Susu pasteurisasi BrookFarm merupakan 100% susu sapi segar yang diimpor dari Australia. Teksturnya tidak terlalu kental seperti susu full cream pada umumnya sehingga tidak membuat enek. Jika Anda kurang suka susu full cream, cobalah pertimbangkan susu ini.


Kandungan kalsiumnya dapat memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian Anda. Dengan begitu, susu full cream ini mengandung kalsium yang cukup tinggi dibandingkan susu full cream siap minum lainnya.

Pertanyaan umum seputar susu full cream

Pertanyaan umum seputar susu full cream

Kami sudah memberikan beberapa tips memilih susu full cream serta merekomendasikan produk terbaiknya. Nah, kami juga menemukan beberapa pertanyaan umum seputar susu full cream. Simak penjelasan dari kami untuk menambah informasi tentang susu full cream.

Apa perbedaan susu full cream dan susu skim?

Keduanya tetap mengandung nutrisi yang sama, tetapi kandungan lemaknya berbeda. Susu full cream mengandung lemak sekitar 3,25%, sedangkan susu skim hanya 0–0,5%. Susu full cream memiliki tekstur yang lebih thick dan creamy, sedangkan susu skim lebih cair dan sedikit manis.

Apakah susu full cream dapat menambah tinggi badan?

Susu full cream bukanlah susu penambah tinggi badan untuk orang dewasa. Tinggi badan dipengaruhi oleh faktor genetis. Nutrisi, hormon, dan aktivitas akan memengaruhi tinggi badan pada masa pertumbuhan.

Baca juga rekomendasi susu lainnya di sini

Selain susu full cream, mungkin Anda membutuhkan jenis produk susu lainnya. Kami telah mengulas artikel-artikel produk susu terbaik lainnya untuk Anda. Klik tautan di bawah ini dan bacalah ulasannya.

Kesimpulan

Awali hari Anda dan keluarga dengan mengonsumsi susu full cream. Kalori yang tinggi akan memberikan Anda energi untuk menjalani aktivitas. Jangan lupa pula mengecek tabel nutrisi dari susu full cream agar bisa memenuhi kebutuhan harian Anda dan keluarga. Selain itu, simpanlah susu full cream dengan baik untuk menjaga kualitasnya, ya. Selamat menikmati segelas susu full cream yang segar!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer