1. TOP
  2. Buku
  3. Novel & sastra
  4. 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Mungkin banyak di antara Anda yang tumbuh bersama novel-novel dari Tere Liye. Tak hanya cerita novelnya saja yang mengaduk-aduk perasaan, tetapi kutipan tulisan Tere Liye juga menyentuh hati. Dari semua novel Tere Liye yang ada, manakah yang paling Anda sukai?


Untuk Anda yang baru mengetahui karya Tere Liye atau rindu ingin membaca ulang novel-novelnya, bacalah artikel ini. Kami akan memberikan rekomendasi sepuluh novel yang bagus dari Tere Liye, seperti Rindu, Bumi, Hujan, dan Pulang. Sosok Tere Liye dan karyanya juga akan kami bahas lebih mendalam, lho!

Diperbaharui 04-11-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Siapakah sosok Tere Liye?

Siapakah sosok Tere Liye?
Sumber: gramedia.com

Penggemar novel dalam negeri pastinya sudah tidak asing lagi dengan penulis Tere Liye. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya Tere Liye bukanlah nama asli, melainkan nama pena dari penulisnya? Ya, nama asli Tere Liye adalah Darwis yang lahir di Lahat pada 21 Mei 1979. Pria ini mengambil nama Tere Liye dari sebuah lagu di film India berjudul Veer-Zaara.


Tere Liye memiliki pembawaan cerita yang sangat mengalir. Tidak hanya itu, tingkat imajinasinya juga luar biasa sehingga membuat pembaca susah untuk beralih ke buku lain. Tak heran banyak bukunya yang masuk ke dalam barisan best seller. Beberapa judul bahkan sudah diadaptasi menjadi film, salah satunya Hafalan Shalat Delisa.


Meskipun tulisannya banyak meraih penghargaan, Tere Liye mengaku bahwa menulis hanyalah hobi dan profesi sebenarnya adalah akuntan. Nah, untuk memudahkan Anda dalam memilih karya Tere Liye, di bawah ini kami sudah menyiapkan tips memilihnya. Mari disimak!

Cara memilih novel Tere Liye

Jika Anda baru menikmati karya-karya Tere Liye, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal sebelum membeli bukunya. Genre, tahun terbit, dan seri novel adalah poin yang harus Anda pertimbangkan.

① Ketahui genre novelnya

Sejak 2005 hingga sekarang 2022, sudah ada sekitar 58 judul buku yang telah ditulis oleh Tere Liye. Dari sekian banyak novel yang telah diterbitkan, Anda bisa mulai memilih berdasarkan genre yang Anda minati. Novel Tere Liye memiliki berbagai genre, misalnya fantasi, percintaan, bahkan politik dan ekonomi.

Keluarga: Memberi pelajaran untuk saling menguatkan

Keluarga: Memberi pelajaran untuk saling menguatkan
Sumber: gramedia.com

Jika Anda mencari novel inspiratif yang ringan, tetapi memiliki pesan mendalam, novel bertema keluarga bisa menjadi pilihannya. Tere Liye mengeluarkan beberapa novel yang mengangkat genre ini, salah satunya novel Ayahku (Bukan) Pembohong. Novel ini mengangkat cerita hubungan ayah dan anak yang menitikberatkan pada konflik keluarga dan parenting.


Selain itu, ada juga novel Si Anak Kuat yang menceritakan mimpi besar si anak bungsu perempuan. Genre ini tentu akan mengingatkan Anda untuk saling menguatkan dan berjuang bersama keluarga. Cerita bertema keluarga juga sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Politik dan ekonomi: Mengajak pembaca melihatnya dari sudut pandang yang berbeda

Politik dan ekonomi: Mengajak pembaca melihatnya dari sudut pandang yang berbeda
Sumber: gramedia.com

Salah satu genre buku Tere Liye yang tidak biasa adalah genre politik. Umumnya, genre politik sering dianggap tema yang berat dan membosankan. Namun, berbeda dengan novel politik karya Tere Liye yang ceritanya menarik diikuti hingga akhir.


Salah satu karyanya yang bertema politik adalah Negeri di Ujung Tanduk yang mengisahkan pemilihan kepala pemerintahan. Novel ini tentu akan membuka pandangan Anda lebih luas mengenai sistem politik ataupun demokrasi. Selain itu, ada juga novel Negeri Para Bedebah dan Bedebah di Ujung Tanduk yang tak kalah menarik.

Kehidupan dan percintaan: Menyuguhkan kisah romantis yang menyentuh

Kehidupan dan percintaan: Menyuguhkan kisah romantis yang menyentuh
Sumber: gramedia.com

Novel bertema percintaan selalu menarik untuk dibaca. Biasanya, novel ini mampu mengaduk-aduk perasaan pembaca seperti novel Hujan. Kisah haru, bahagia, dan sedih akan Anda rasakan ketika membaca novel ini. Novel genre ini juga memberikan pelajaran bagi pembaca mengenai perjuangan hidup dan kisah percintaan.

Fantasi dan sci-fi: Cerita yang mengajak pembaca berimajinasi

Fantasi dan sci-fi: Cerita yang mengajak pembaca berimajinasi
Sumber: gramedia.com

Bila Anda ingin membaca novel Tere Liye yang menantang, pilihlah yang bergenre fantasi dan science fiction (fiksi ilmiah). Salah satu novel fantasi dan fiksi ilmiah yang ditulis oleh Tere Liye adalah serial Bumi. Novel ini akan mengajak Anda bertualang di dunia paralel dengan kecanggihan teknologi masa depan.


Dalam novel bertema fantasi dan fiksi ilmiah ini, Tere Liye tetap memberikan berbagai pesan sederhana. Terdapat makna persahabatan, membantu sesama, dan berbagai kebaikan lainnya yang bisa Anda petik. Jika membaca novel genre ini, Anda juga akan menambah kosakata baru yang berkaitan dengan ilmiah.

② Pilih berdasarkan serinya

Pilih berdasarkan serinya
Sumber: gramedia.com

Selanjutnya, sebelum memilih novel Tere Liye, sebaiknya Anda juga mengetahui apakah novel tersebut termasuk serial atau bukan. Dengan demikian, Anda bisa mulai membaca dari novel urutan pertama hingga novel terbarunya. Berikut ini beberapa serial novel karya Tere Liye:


  • Serial Novel Anak-anak MamakSi Anak Spesial, Si Anak Pintar, Si Anak Pemberani, dan Si Anak Kuat.
  • Serial Negeri Para BedebahNegeri Para Bedebah, Negeri Di Ujung Tanduk, dan Bedebah Di Ujung Tanduk.
  • Serial Bumi: Bumi, Bulan, Matahari, Bintang, Ceros dan Batozar, Komet, Komet Minor, Selena, Nebula, Si Putih, dan Lumpu.
  • Serial Pulang-Pergi: Pulang, Pergi, dan Pulang-Pergi. 
  • Serial Anak NusantaraSi Anak Kuat, Si Anak Spesial, Si Anak Pintar, Si Anak Pemberani, dan Si Anak Cahaya, Si Anak Badai, dan Si Anak Pelangi.

③ Pertimbangkan tahun terbit novel

Pertimbangkan tahun terbit novel

Setiap penulis tentunya memiliki ciri khas tersendiri atas karya-karyanya. Namun, tak bisa dimungkiri bahwa terkadang waktu membawa perubahan dalam karya penulis tersebut. Tak jarang mereka juga ingin mencoba hal-hal baru dengan menulis sesuatu yang berbeda dari karya sebelumnya. Karena itu, penting bagi Anda mempertimbangkan tahun terbit novel.


Novel lama Tere Liye seperti Hafalan Shalat Delisa yang terbit pada 2005 memiliki cerita yang menyentuh hati pembacanya. Jika Anda tertarik membaca novel serial, pilihlah buku berjudul Bumi yang diterbitkan pada 2014. Selanjutnya, ada beberapa novel serial Bumi yang terbit sekitar 2015 hingga 2021.

④ Cek kutipan novel yang menginspirasi

Cek kutipan novel yang menginspirasi
Nama Tere Liye begitu lekat di hati masyarakat, apalagi untuk orang yang hobi membaca. Hal ini disebabkan penggalan kata-kata dalam novel Tere Liye yang bisa masuk ke berbagai kalangan. Untuk Anda yang akan membaca buku Tere Liye, tidak ada salahnya mencari tahu kutipan terbaik dari novelnya.

Cobalah baca kutipan kalimat dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu satu ini ini, "Kalian mungkin memiliki masa lalu yang buruk, tapi kalian memiliki kepal tangan untuk mengubahnya. Kepal tangan yang akan menentukan sendiri nasib kalian, kepal tangan yang akan melukis sendiri masa depan kalian." Masih banyak kutipan dari Tere Liye yang sangat menginspirasi, temukan salah satunya dengan membaca novelnya, ya!

10 Rekomendasi novel Tere Liye terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh novel Tere Liye terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Tere Liye

Tentang Kamu

Tere Liye Tentang Kamu 1枚目

Jangan sia-siakan kesempatan di hidup Anda!

2

Tere Liye

Pulang

Tere Liye Pulang 1枚目

Kisah perantauan si Bujang yang pergi untuk pulang

3

Tere Liye

Hujan

Tere Liye Hujan 1枚目

Yuk, galau bersama Lail dan segala memori yang dibawa rintik hujan

4

Tere Liye

Negeri Para Bedebah

Tere Liye Negeri Para Bedebah 1枚目

Mengikuti rumitnya dunia politik dan ekonomi dengan cara yang menyenangkan

5

Tere Liye

Rembulan Tenggelam Di Wajahmu

Tere Liye Rembulan Tenggelam Di Wajahmu 1枚目

Refleksi tentang hidup dan segala peristiwa yang dialami selagi muda

6

Tere Liye

Bumi

Tere Liye Bumi 1枚目

Ikuti petualangan seru nan ajaib Raib, Seli, dan Ali di dunia paralel

7

Tere Liye

Negeri di Ujung Tanduk

Tere Liye Negeri di Ujung Tanduk 1枚目

Ada apa dengan politikus dan kebenaran?

8

Tere Liye

Si Anak Kuat

Tere Liye Si Anak Kuat 1枚目

Inspirasi dari Amelia, si anak bungsu dengan cita-cita besar

9

Tere Liye

Rindu

Tere Liye Rindu 1枚目

Mengintip sejarah nusantara dengan berbagai kisah menyentuh di dalamnya

10

Tere Liye

Ayahku (Bukan) Pembohong

Tere Liye Ayahku (Bukan) Pembohong 1枚目

Sebuah masterpiece untuk mengisahkan hubungan ayah dan anak

Perincian produk
Close
No.1

Jangan sia-siakan kesempatan di hidup Anda!

Zaman Zulkarnaen merupakan lulusan hukum dari universitas ternama dan telah bekerja di suatu firma hukum di Inggris. Pekerjaan tersebut membawanya dalam suatu misi untuk menemukan pemilik warisan, Sri Ningsih. Berbagai perjalanan harus ditelusuri oleh Zaman untuk mencari lokasi Sri Ningsih dari buku harian yang ditemukannya.


Novel ini menggambarkan sebuah perjalanan seseorang di masa lalu yang penuh perjuangan. Sikap positif dan optimis dalam menghadapi berbagai masalah akan membawa seseorang dalam kejutan-kejutan tak terduga dalam hidup. Untuk Anda yang sering ragu dalam membuat keputusan, buku ini mungkin bisa membantu!

No.2

Kisah perantauan si Bujang yang pergi untuk pulang

Dalam suatu waktu, Bujang diharuskan untuk pergi merantau jauh dari ayah dan ibunya. Seiring dengan berjalannya waktu, Bujang cukup disibukkan dengan pekerjaannya tanpa sempat berkunjung untuk menjenguk orang tuanya.


Dari kisah Bujang, Anda akan diingatkan untuk selalu mengutamakan keluarga karena ayah dan ibu mempunyai posisi yang tak tergantikan. Keluarga merupakan tempat refleksi diri dan tempat untuk menuangkan seluruh kasih sayang. Anak rantau wajib baca novel ini agar tetap ingat untuk pulang.

No.3

Yuk, galau bersama Lail dan segala memori yang dibawa rintik hujan

Berlatar waktu pada 2050, Lail, seorang yatim piatu akibat bencana alam hebat bertemu dengan Esok. Setiap perjalanan hidup mereka selalu dilalui bersama, hingga suatu ketika mereka harus berpisah. Esok harus mengemban pendidikan yang lebih tinggi di tempat yang jauh. Jatuh bangun dalam kehidupan membuat Lail makin menyadari bahwa ia membutuhkan Esok. 


Perjalanan kisah pahit Lail membuatnya memutuskan untuk menghilangkan semua memorinya. Apakah keputusan Lail untuk menghapus memorinya adalah keputusan tepat? Untuk Anda yang sedang atau pernah mengalami peristiwa kehilangan yang membekas, novel ini bisa jadi teman baik Anda.

No.4

Mengikuti rumitnya dunia politik dan ekonomi dengan cara yang menyenangkan

Novel ini merupakan serial pertama dari Negeri Para Bedebah. Thomas memperjuangkan bank milik pamannya yang di ambang kebangkrutan. Thomas digambarkan sebagai pribadi yang piawai dalam bernegosiasi dan cakap dalam bekerja. Anda mungkin akan terpesona dengan sosok Thomas yang digambarkan Tere Liye ini.


Kisah yang dibawakan sering memakai istilah ekonomi yang akan membuka pikiran Anda. Pengetahuan Tere Liye akan dunia ekonomi juga cukup mendalam di novel ini. Untuk Anda yang ingin belajar mengenal dunia ekonomi dan politik dengan cara yang menyenangkan, bacalah novel ini. Siap-siap untuk dikejutkan dengan berbagai plot twist-nya, ya!

No.5

Tere LiyeRembulan Tenggelam Di Wajahmu

Mulai dari Rp85.000,00

Refleksi tentang hidup dan segala peristiwa yang dialami selagi muda

Ray, yang diceritakan sudah dalam titik kritisnya berkesempatan untuk dipertemukan dengan “wajah yang menyenangkan”. Ray membutuhkan jawaban dari lima pertanyaan dalam hidupnya. Dengan alur maju-mundur yang dibawakan, flashback kehidupan seorang Ray akan membawa Anda ikut bernostalgia.


Novel ini mengajarkan bahwa warna-warni dalam kehidupan mungkin rumit untuk dijalani. Namun, akan sangat banyak hidden gems yang tidak diketahui. Novel ini telah diadaptasi menjadi film layar lebar pada tahun 2019. Tere Liye sungguh akan membuat Anda terkesima dengan alur yang unik. Untuk Anda yang sedang mengalami quarter-life crisis, novel ini bisa jadi bacaan yang cocok.

No.6

Ikuti petualangan seru nan ajaib Raib, Seli, dan Ali di dunia paralel

Novel terlaris ini berkisah mengenai Raib yang ternyata memiliki kemampuan untuk menghilangkan dirinya sendiri dengan menutup mata. Hal ini tidak pernah Raib ceritakan kepada siapa pun. Pada suatu kali, Raib menemukan fakta bahwa bukan hanya dirinya yang menyimpan rahasia besar.


Saat bumi dihadapkan pada masalah besar, Raib dan teman-temannya ikut dalam pertempuran untuk menyelamatkan bumi. Novel ini dipenuhi dengan adegan pertarungan yang menegangkan sehingga Anda tidak akan bosan. Dunia fantasi dalam novel Bumi juga dikisahkan dengan sangat apik oleh Tere Liye. Penggemar novel fantasi wajib baca!

No.7

Tere LiyeNegeri di Ujung Tanduk

Mulai dari Rp85.000,00

Ada apa dengan politikus dan kebenaran?

Novel ini mengisahkan seorang konsultan ekonomi bernama Thomas yang akhirnya berkecimpung di dunia politik. Ia bertugas memenangkan seseorang calon gubernur dalam pemilihan umum mendatang. Tugas itu membuat Thomas dan keluarganya mendapat banyak tekanan, baik dari media maupun dari partai lawan.


Novel Negeri di Ujung Tanduk banyak menyinggung masalah kasus korupsi di tanah air. Novel ini akan membuka pandangan Anda lebih luas lagi akan sistem politik ataupun demokrasi. Bagi Anda yang sangat update dengan berita politik, novel ini akan sangat cocok untuk Anda. Ditambah lagi, ada selipan adegan-adegan action yang sengit, lho!

No.8

Inspirasi dari Amelia, si anak bungsu dengan cita-cita besar

Anak bungsu sering dikaitkan dengan sosok anak yang manja, tetapi tidak bagi Amelia. Ia adalah sosok yang tegar dengan sifat keingintahuan yang tinggi. Amelia memiliki mimpi besar untuk mengemban pendidikan yang lebih tinggi. Namun, ia paham bahwa keadaannya sebagai anak bungsu akan membuatnya sulit untuk meninggalkan kampung halamannya.


Novel ini mengambil topik sederhana bertemakan keluarga. Anda yang tertarik dengan cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari pasti akan senang dengan karya yang satu ini. Dengan begitu, Anda akan mudah terbawa cerita saat membacanya.

No.9

Mengintip sejarah nusantara dengan berbagai kisah menyentuh di dalamnya

Bagi Anda yang menyukai cerita sejarah, kami sarankan untuk membaca novel ini. Novel Rindu mengangkat latar zaman penjajahan Belanda saat kedatangan kapal uap di Makassar. Di dalamnya diceritakan tentang kehidupan para jamaah haji di atas kapal uap yang melakukan perjalanan berbulan-bulan. 


Novel Rindu memiliki lima cerita yang memberikan pembelajaran bagi pembacanya. Anda akan menemukan kisah masa lalu yang memilukan, kemunafikan, kebencian, kehilangan kekasih hati, serta cinta sejati. Lima kisah ini dikemas dalam sebuah perjalanan panjang. Jadi, bersiaplah merasakan pergulatan batin yang luar biasa saat Anda membacanya.

No.10

Sebuah masterpiece untuk mengisahkan hubungan ayah dan anak

Dam tidak akan pernah melupakan berbagai kisah yang diceritakan oleh ayahnya pada masa kecilnya. Ia sangat memercayai cerita ayahnya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Dam mulai meragukan kebenaran dari seluruh kisah tersebut. Karena hal sepele ini, hubungan Dam dan ayahnya menjadi retak.


Laki-laki yang memasuki proses pendewasaan diri tentu kerap mengalami masalah-masalah kecil dalam keluarga, terutama dengan sang ayah. Dalam novel ini, cerita yang dibawakan menitikberatkan pada konflik keluarga dan parenting. Sering merasa sulit untuk mengungkapkan kasih kepada ayah? Mulailah dengan membaca buku ini!

Baca juga rekomendasi novel dari penulis lainnya di sini

Selain Tere Liye, Indonesia masih memiliki banyak penulis berbakat, contohnya Pramoedya Ananta Toer, Asma Nadia, dan Andrea Hirata. Untuk Anda yang gemar membaca, kami sudah menyiapkan rekomendasi novel terbaik karya ketiga penulis terkenal tersebut. Jika Anda tertarik, silakan klik tautan di bawah ini dan dapatkan novel terbaik pilihan Anda!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah memilih salah satu novel terbaik dari Tere Liye? Selain sepuluh rekomendasi novel yang kami sebutkan di atas, tentunya masih banyak karya bagus dari Tere Liye. Mungkin setelah membaca salah satu novelnya, Anda akan makin suka dengan karya-karyanya. 


Tak hanya memanjakan imajinasi, karya-karya Tere Liye juga memberikan pelajaran hidup. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menemukan novel Tere Liye yang Anda cari, ya!

5 Rekomendasi Novel Tere Liye terbaik

No. 1Tere LiyeTentang Kamu

No. 2Tere LiyePulang

No. 3Tere LiyeHujan

No. 4Tere LiyeNegeri Para Bedebah

No. 5Tere LiyeRembulan Tenggelam Di Wajahmu

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer