• 10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)

Memasuki usia 40 tahun menandakan sudah saatnya Anda berfokus menggunakan produk skincare dengan manfaat utama anti-aging. Berkaitan dengan itu, kini skincare anti-aging Korea mulai menjadi tren yang sangat diminati. Sebut saja produk keluaran LANEIGE, Innisfree, COSRX, Somebymi, dan lainnya. 


Kali ini kami akan memberikan tips memilih skincare Korea terbaik untuk wanita usia 40-an. Tidak sampai situ, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi. Tidak lupa, komentar dari dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, juga akan menambah informasi pada artikel ini.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Mutia Ulfa G.U
  • Pembaharuan terakhir: 03 September 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Profil pakar: Dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Dokter Mutia adalah seorang dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha. Dokter yang telah bekerja di klinik kecantikan sejak 2018 ini mempunyai ketertarikan di bidang estetik dan kecantikan. Tidak hanya itu, saat ini dokter Mutia juga sedang mengambil pendidikan magister di jurusan Anti Aging & Aesthetic Medicine. Anda dapat mengenal dokter Mutia lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Tanda-tanda penuaan yang muncul di usia 40-an

Tanda-tanda penuaan yang muncul di usia 40-an

Pada dasarnya, proses penuaan kulit manusia akan mulai terjadi sejak usia 20 tahun. Proses ini diawali dengan menurunnya produksi kolagen alami kulit manusia. Akibatnya, kulit akan mulai terasa kering dan berkurang kekenyalannya. Jika tidak ditangani dengan serius, permasalahan pada kulit ini akan makin kompleks. 


Terlebih, ketika mencapai usia pertengahan 40 tahun, umumnya wanita akan mulai memasuki fase menopause. Pada fase ini, proses regenerasi sel dalam tubuh akan mulai melambat dua kali lipat, termasuk pada kulit. Meskipun penuaan adalah proses yang tidak dapat dihindari, Anda bisa memperlambat terjadinya proses tersebut. Sebut saja kulit kendur, munculnya garis halus, dan juga keriput. 


Permasalahan ini setidaknya bisa dihadapi dengan pemilihan produk perawatan kulit yang tepat. Tidak jarang, di usia 40 tahun, wanita mengalami hiperpigmentasi kulit atau flek hitam. Untuk masalah hiperpigmentasi ringan, Anda bisa melakukan perawatan menggunakan bantuan skincare. Namun, untuk kasus yang berat, Anda mungkin akan membutuhkan bantuan prosedur perawatan kulit. 

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Penuaan adalah proses alami yang akan terjadi pada manusia seiring bertambahnya usia. Banyak faktor yang menyebabkan proses penuaan. Beberapa di antaranya, seperti radiasi sinar UV, gaya hidup dan diet yang tidak sehat, stres, hormonal, serta radikal bebas.


Pada dasarnya, proses ini sudah dimulai sejak usia 25 tahun. Namun, kenyataannya gejala penuaan baru akan tampak pada usia 30 tahun ke atas. Tanda penuaan yang umumnya muncul adalah kerutan, berkurangnya elastisitas kulit, kulit menjadi kering dan kusam, serta hiperpigmentasi pada wajah.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih produk skincare Korea untuk wanita usia 40-an

Karena masalah penuaan mulai kompleks di usia 40-an, wanita membutuhkan skincare yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus diperhatikan dalam pemilihan skincare yang tepat. 

Pilih skincare yang berfokus pada anti-aging

Pilih skincare yang berfokus pada anti-aging

Untuk memperlambat tanda penuaan, Anda harus memperhatikan pemilihan rangkaian produk perawatan kulit. Semuanya harus memiliki kandungan yang bersifat anti-aging, terutama bahan yang mengandung stimulan produksi kolagen


Kolagen adalah bentuk protein yang dapat ditemukan secara alami dalam tubuh manusia. Ketika kekurangan kolagen, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga mudah terbentuk garis halus dan keriput. 


Umumnya, pada seri anti-aging, produk memiliki kandungan berbagai jenis antioksidan, retinolpeptide, dan lainnya. Kandungan antioksidan pada skincare biasanya berasal dari berbagai sumber. 


Sumber yang paling umum biasanya adalah vitamin A, C, dan E, ekstrak teh, dan masih banyak lagi. Antioksidan sendiri berfungsi untuk membantu mengatasi peradangan yang dapat merusak kolagen kulit. Sementara itu, retinol akan membantu mempercepat regenerasi sel dan peptide berperan sebagai pendorong produksi kolagen serta elastin. 

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Salah satu perawatan anti-aging adalah penggunaan agen topikal yang mengandung antioksidan dan cell regulator. Hal itu bisa Anda dapatkan melalui skincare yang digunakan sehari-hari. 


Pilihlah skincare dengan kandungan antioksidan seperti vitamin dan polifenol yang mampu mencegah penurunan produksi kolagen. Cell regulator seperti peptide dan retinol yang dapat meningkatkan produksi kolagen juga bisa dipilih. 

Sesuaikan kandungan anti-aging agents dengan kondisi dan kebutuhan kulit

Tiap-tiap skincare memiliki kandungan utama untuk mengatasi tanda penuaan kulit yang berbeda-beda. Sebelum memilih, kenali kebutuhan kulit Anda dan sesuaikan kandungan utama skincare dengan kebutuhan tersebut. 

Untuk garis halus dan keriput, pilih yang mengandung peptide dan retinoid

Untuk garis halus dan keriput, pilih yang mengandung peptide dan retinoid

Untuk mengatasi kemunculan garis halus dan keriput, Anda bisa memilih produk yang mengandung peptide dan retinoid. Peptide adalah asam amino yang membantu pembentukan protein yang dibutuhkan oleh kulit. 


Secara spesifik, peptide dapat menstimulasi kulit untuk membentuk kolagen karena kolagen terbentuk dari tiga rangkaian polypeptide. Selanjutnya ada retinoid yang merupakan senyawa vitamin A. Bahan ini sudah sejak lama dikenal mampu mengurangi garis halus dan kerutan. 


Anda juga bisa memilih skincare yang mengandung antioksidan dari bahan alami. Contohnya adalah ekstrak teh atau biji anggur. Dengan kandungan antioksidan dan anti-inflamasi pada keduanya, kulit akan memproduksi kolagen dengan lebih baik. 


Apabila Anda mendapati kerutan di sekitaran mata, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan eye cream. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda bisa memilih produk yang memiliki kandungan coenzyme Q10.  

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Peptide bisa menembus hingga lapisan epidermis kulit. Dengan tiga jalur mekanismenya, peptide dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih halus dan kencang. Selain itu, peptide juga dapat menurunkan aktivitas otot sehingga kerutan pada wajah dapat berkurang.


Selain berfungsi sebagai anti-aging, retinoid sebagai turunan vitamin A juga berfungsi untuk anti-acne dan pencerah kulit. Efek anti-wrinkle dari retinoid terjadi melalui penebalan kulit. Dengan begitu, tampilan garis atau kerutan berkurang dan produksi kolagen pun bertambah. 


Retinoid disarankan digunakan pada malam hari saja. Hal ini karena retinoid dapat meningkatkan sensitivitas terhadap sinar UV bila digunakan pada siang hari. Selain itu, kulit di sekitar mata lebih cepat keriput karena cenderung lebih tipis daripada kulit area wajah lainnya. CoQ10 adalah substansi mirip vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan yang telah terbukti dapat mengurangi kerutan di area mata.

Untuk flek hitam, pilih skincare dengan vitamin C atau niacinamide

Untuk flek hitam, pilih skincare dengan vitamin C atau niacinamide

Hiperpigmentasi atau flek hitam dapat muncul akibat beberapa hal. Kebanyakan, hiperpigmentasi disebabkan oleh paparan sinar matahari. Hiperpigmentasi juga mungkin disebabkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, Anda bisa memilih skincare yang tinggi kandungan antioksidan, salah satu contohnya adalah vitamin C. Vitamin C terkenal sangat efektif dalam membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari


Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan produk yang mengandung niacinamide. Niacinamide sendiri adalah bentuk dari vitamin B3 yang berfungsi membentuk protein dan mengunci kelembapan kulit. Niacinamide juga dapat membangun sel kulit yang sehat serta menjaganya dari kerusakan akibat sinar UV. 


Dengan menggunakan skincare yang mengandung niacinamide rutin selama empat minggu, flek hitam akan lebih tersamarkan. Sebagai informasi tambahan, jika Anda berkulit sensitif, sebaiknya berhati-hati dengan skincare yang mengandung kombinasi vitamin C dan niacinamide


Kombinasi kedua bahan ini dapat mengubah niacinamide menjadi niacin. Pada beberapa orang, efek samping yang mungkin terjadi adalah munculnya kemerahan dan sensasi tingling. Meskipun bersifat sementara, efek ini memiliki potensi menimbulkan masalah untuk Anda yang menderita jerawat meradang. 

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Tiga fungsi utama vitamin C pada kulit, yaitu: 


  1. Melindungi kulit terhadap pengaruh negatif dari polusi, matahari, iklim, dan lainnya.
  2. Merangsang pembentukan dan peningkatan produksi kolagen kulit.
  3. Mencerahkan kulit.


Niacinamide adalah senyawa aktif dari niasin (vitamin B3). Kandungan ini bekerja sebagai antioksidan yang menghambat proses pembentukan melanin (zat pewarna kulit). Namun, penggunaan niacinamide dan vitamin C secara bersamaan, terutama pada kulit sensitif dapat menimbulkan reaksi negatif berupa iritasi.

Untuk kulit kering dan kendur, pilih produk dengan hyaluronic acid

Untuk kulit kering dan kendur, pilih produk dengan hyaluronic acid

Salah satu kandungan skincare yang sedang booming untuk mengatasi kulit kering adalah hyaluronic acid. Senyawa ini disebut-sebut sebagai pelembap luar biasa karena menyerap sekaligus mengunci kelembapan dalam kulit


Hyaluronic acid sendiri pada dasarnya bisa ditemukan pada kulit manusia sehingga sangat aman untuk semua jenis kulit. Namun, seiring bertambahnya usia dan dipengaruhi faktor gaya hidup, produksi hyaluronic acid alami kulit mengalami penurunan. Untuk itu, Anda bisa memberikan support dengan menggunakan skincare berkandungan hyaluronic acid.


Skincare dengan ekstrak teh hijau, vitamin A dan C, serta hydroxy acid juga dapat mengatasi kulit kering. Ekstrak teh hijau, vitamin A, dan C mengandung antioksidan yang dapat mendukung proses pemulihan kulit. 


Sementara itu, alpha dan beta hydroxyl acid serta bentuk barunya, yaitu polyhydroxy acid juga efektif mengurangi keriput. Peran utamanya adalah untuk mengikis sel kulit mati dan menstimulasi pemulihan jaringan kulit. Inilah yang menjadi alasan AHA, BHA, dan PHA memiliki peran untuk mengatasi kulit kering dan kendur.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Saat proses penuaan, jumlah hyaluronic acid di kulit berkurang sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput. Hyaluronic acid adalah molekul kunci yang terlibat dalam kelembapan kulit yang mempunyai karakter unik yaitu mengikat dan menahan air


Produk perawatan kulit yang mengandung hyaluronic acid dibutuhkan untuk mengurangi kemunculan tanda penuaan. Produk ini dapat berupa topikal atau injeksi. Hyaluronic acid tidak menyebabkan iritasi sehingga aman digunakan pada semua jenis kulit.

Pilih skincare dalam satu seri untuk menghindari reaksi bahan aktif

Pilih skincare dalam satu seri untuk menghindari reaksi bahan aktif

Beberapa produk skincare Korea sendiri memiliki rangkaian yang dikhususkan untuk anti-aging. Tujuannya adalah untuk mempermudah Anda dalam memilih skincare karena Anda tidak perlu repot mencocokkan kandungan masing-masing. Anda pun bisa lebih tenang memakainya karena akan lebih kecil kemungkinan muncul reaksi alergi atau bahkan iritasi.


Lain daripada itu, kebanyakan produk dalam satu seri skincare memiliki kandungan yang kurang lebih serupa. Dengan begitu, Anda hanya perlu memilih bahan utama skincare yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda. 

10 Rekomendasi produk skincare Korea terbaik untuk wanita usia 40-an

Setelah memahami tips di atas, sekarang mari kenali produk skincare Korea terbaik untuk wanita usia 40-an. Jangan lupa sesuaikan pilihan dengan kondisi dan kebutuhan kulit Anda. Produk-produk di bawah ini adalah pilihan kami dan bukan rekomendasi dari pakar di artikel ini, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami.

10

NacificPhyto Niacin Whitening Toner

Mulai dari Rp 179.000,00

Kandungan anti-aging Niacinamide, antioksidan
Cocok untuk permasalahan kulitKulit kering, garis halus, dan keriput
Jenis produk Toner
Volume150 ml
9

Benton Papaya-D Sun Cream SPF38 / PA+++

Mulai dari Rp 165.000,00

Kandungan anti-aging Niacinamide, adenosine, antioksidan (vit E)
Cocok untuk permasalahan kulitKulit kering, flek hitam, garis halus dan keriput
Jenis produk Sun cream
Volume50 g
8

SomebymiGalactomyces Pure Vitamin C Glow Serum

Mulai dari Rp 159.000,00

Kandungan anti-aging Niacinamide, sodium ascorbyl phosphate, adenosine, vitamin c
Cocok untuk permasalahan kulitFlek hitam, kulit kering, garis halus, dan keriput
Jenis produk Serum
Volume30 ml
7
Kandungan anti-aging Niacinamide, hyaluronic acid, adenosine, antioksidan (vit E)
Cocok untuk permasalahan kulitKulit kering, kendur, garis halus, dan keriput
Jenis produk Cream
Volume50 ml
6
Kandungan anti-aging Niacinamide, snail secretion filtrate, adenosine, 5 jenis peptide, antioksidan (vit E)
Cocok untuk permasalahan kulitKulit kering, garis halus, dan keriput
Jenis produk Eye cream
Volume25 ml
5

Peach & LilySuper Reboot Resurfacing Mask

Mulai dari Rp 410.000,00

Kandungan anti-aging AHA + BHA (glycolic acid), hyaluronic acid
Cocok untuk permasalahan kulitKering, kendur, garis halus, dan keriput
Jenis produk Masker
Volume80 ml
4

Dr. Jart+Peptidin™ Firming Serum with Energy Peptides

Mulai dari Rp 555.000,00

Kandungan anti-aging Eight-peptide complex, niacinamide, adenosine, hyaluronic acid,
Cocok untuk permasalahan kulitFlek hitam, kulit kering, garis halus, dan keriput
Jenis produk Serum
Volume40 ml
3

The Plant BaseTime Stop Collagen Ampoule

Mulai dari Rp 290.000,00

Kandungan anti-aging Antioksidan (vit E), peptide, adenosine, sodium hyaluronate
Cocok untuk permasalahan kulitGaris halus dan keriput
Jenis produk Serum (ampoule)
Volume20 ml
2

AmorepacificLANEIGE Cica Sleeping Mask

Mulai dari Rp 400.000,00

Kandungan anti-aging Antioksidan (vit E), tea tree oil
Cocok untuk permasalahan kulitKulit kering
Jenis produk Sleeping mask
Volume60 ml
1

AmorepacificVintage Single Extract Essence

Mulai dari Rp 1.289.000,00

Kandungan anti-aging Antioksidan (green tea extract)
Cocok untuk permasalahan kulitGaris halus, kerutan, kering, dan kendur
Jenis produk Essence
Volume70 ml

Tabel perbandingan produk skincare Korea terbaik untuk wanita usia 40-an

Gambar produk
1
Amorepacific Vintage Single Extract Essence 1

Amorepacific

2
Amorepacific LANEIGE Cica Sleeping Mask  1

Amorepacific

3
The Plant Base Time Stop Collagen Ampoule 1

The Plant Base

4
Dr. Jart+ Peptidin™ Firming Serum with Energy Peptides 1

Dr. Jart+

5
Peach & Lily Super Reboot Resurfacing Mask 1

Peach & Lily

6
COSRX Advanced Snail Peptide Eye Cream 1

COSRX

7
Innisfree Jeju Orchid Intense Cream 1

Innisfree

8
Somebymi Galactomyces Pure Vitamin C Glow Serum 1

Somebymi

9
Benton  Papaya-D Sun Cream SPF38 / PA+++ 1

Benton

10
Nacific Phyto Niacin Whitening Toner 1

Nacific

Nama produk

Vintage Single Extract Essence

LANEIGE Cica Sleeping Mask

Time Stop Collagen Ampoule

Peptidin™ Firming Serum with Energy Peptides

Super Reboot Resurfacing Mask

Advanced Snail Peptide Eye Cream

Jeju Orchid Intense Cream

Galactomyces Pure Vitamin C Glow Serum

Papaya-D Sun Cream SPF38 / PA+++

Phyto Niacin Whitening Toner

Keunggulan

Dapatkan kulit kenyal dan sehat seperti di usia muda

Berikan keajaiban pada kulit dalam semalam

Lebih aman dengan bahan alami dari tumbuhan

Miliki kulit mulus dan bebas kusam dengan delapan jenis peptide

Eksfoliasi kulit dengan metode deep cleansing yang lembut

Selamat tinggal mata panda!

Antioksidan bunga anggrek bantu kulit lebih kenyal dan sehat

Tampil flawless tanpa kerutan dan flek hitam

Perlindungan yang maksimal untuk kulit wajah sehari-hari

Awali rangkaian perawatan dengan kesegaran water-like toner

Harga mulai dariRp 1.289.000,00Rp 400.000,00Rp 290.000,00Rp 555.000,00Rp 410.000,00Rp 255.000,00Rp 420.000,00Rp 159.000,00Rp 165.000,00Rp 179.000,00
Kandungan anti-aging Antioksidan (green tea extract) Antioksidan (vit E), tea tree oil Antioksidan (vit E), peptide, adenosine, sodium hyaluronateEight-peptide complex, niacinamide, adenosine, hyaluronic acid, AHA + BHA (glycolic acid), hyaluronic acidNiacinamide, snail secretion filtrate, adenosine, 5 jenis peptide, antioksidan (vit E) Niacinamide, hyaluronic acid, adenosine, antioksidan (vit E) Niacinamide, sodium ascorbyl phosphate, adenosine, vitamin c Niacinamide, adenosine, antioksidan (vit E) Niacinamide, antioksidan
Cocok untuk permasalahan kulitGaris halus, kerutan, kering, dan kendur Kulit kering Garis halus dan keriput Flek hitam, kulit kering, garis halus, dan keriput Kering, kendur, garis halus, dan keriput Kulit kering, garis halus, dan keriput Kulit kering, kendur, garis halus, dan keriput Flek hitam, kulit kering, garis halus, dan keriput Kulit kering, flek hitam, garis halus dan keriput Kulit kering, garis halus, dan keriput
Jenis produk EssenceSleeping mask Serum (ampoule) Serum Masker Eye cream CreamSerum Sun cream Toner
Volume70 ml 60 ml 20 ml 40 ml 80 ml 25 ml 50 ml 30 ml 50 g 150 ml
Tautan produk

Tips dari dokter umum kami, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Tips dari dokter umum kami, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perawatan anti-aging. Hasil yang signifikan akan didapatkan jika Anda memulai perawatan dari usia 20-an atau sebelum tanda-tanda penuaan mulai tampak. Mulailah dengan pemakaian sunscreen dengan minimal SPF 25 untuk menangkal radiasi dari sinar UV. Hal ini karena paparan sinar UV dapat menyebabkan penuaan terjadi lebih cepat.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya di sini

Merawat kulit harus dimulai sedini mungkin. Oleh karena itu, Anda harus memahami kondisi dan kebutuhan kulit agar bisa mendapatkan produk perawatan kulit yang tepat. Ayo pahami lebih dalam mengenai produk skincare yang sesuai untuk Anda dengan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Seiring bertambahnya usia, akan makin rumit permasalahan kulit yang terjadi akibat penuaan. Meskipun tidak dapat dihindari, Anda bisa memperlambatnya dengan melakukan perawatan yang tepat. Produk skincare Korea bisa Anda jadikan pilihan karena kebanyakan bahannya alami dan bekerja dengan efektif.


Dengan membaca artikel ini, kami harap Anda dapat menemukan skincare Korea yang tepat untuk Anda di usia 40-an. Ayo, rawat kulit agar lebih sehat dengan memakai rangkaian skincare Korea!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kerusakan skin barrier dapat dialami oleh semua orang, baik remaja maupun orang dewasa. Skin barrier yang rusak dapat memicu timbulnya beragam masalah kulit. Kali ini kami akan membahas tentang tips memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak.Sepuluh rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Wardah, Avoskin, dan Somethinc, juga telah disiapkan. Ada produk yang bahan kandungannya ditujukan untuk kulit berminyak, kering, hingga normal. Produk lokal yang bagus serta harganya murah juga ada, lho. Baca juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika. Yuk, disimak!
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk The Ordinary Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk The Ordinary Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Produk skincare dari The Ordinary sudah dikenal secara global dan banyak yang sudah merasakan kualitas produknya. Jika Anda tertarik mencoba, ada baiknya Anda membaca artikel ini. Kami akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi sepuluh produk terbaiknya.Beberapa produk yang populer, seperti Niacinamide 10% + Zinc 1%, Hyaluronic Acid 2% + B5, dan Salicylic Acid 2% Solution dapat Anda temukan di sini. Karena itu, Anda yang sedang bingung dengan masalah bekas jerawat, flek hitam, dan kulit kering jangan sampai melewatkannya. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori