• 10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Memasuki usia 40 tahun, Anda sebaiknya sudah fokus menggunakan produk skincare dengan kemampuan anti-aging. Berkaitan dengan itu, kini skincare anti-aging Korea mulai menjadi tren yang sangat diminati. Beberapa merek skincare Korea yang bagus, seperti LANEIGE, Innisfree, COSRX, dan Some by Mi, bisa Anda jadikan pilihan.


Kali ini kami akan memberikan tips memilih skincare Korea terbaik untuk wanita usia 40-an. Selanjutnya, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi. Tidak lupa, komentar dari dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, juga akan menambah informasi pada artikel ini.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Mutia Ulfa G.U
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Profil pakar: Dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Dokter Mutia adalah seorang dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha. Dokter yang telah bekerja di klinik kecantikan sejak 2018 ini mempunyai ketertarikan di bidang estetik dan kecantikan. Tidak hanya itu, saat ini dokter Mutia juga sedang mengambil pendidikan magister di jurusan Anti Aging & Aesthetic Medicine. Anda dapat mengenal dokter Mutia lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Tanda-tanda penuaan yang muncul di usia 40-an

Tanda-tanda penuaan yang muncul di usia 40-an

Pada dasarnya, proses penuaan kulit manusia akan mulai terjadi sejak usia 20 tahun. Proses ini diawali dengan menurunnya produksi kolagen alami kulit manusia. Akibatnya, kulit akan mulai terasa kering dan berkurang kekenyalannya. Jika tidak ditangani dengan serius, permasalahan pada kulit ini akan makin kompleks. 


Terlebih, ketika mencapai usia pertengahan 40 tahun, wanita akan mulai memasuki fase menopause. Pada fase ini, proses regenerasi sel dalam tubuh akan mulai melambat dua kali lipat, termasuk pada kulit. Meski penuaan adalah proses yang tidak dapat dihindari, Anda bisa memperlambat terjadinya proses tersebut. Sebut saja kulit kendur, munculnya garis halus, dan juga keriput. 


Permasalahan ini setidaknya bisa dihadapi dengan pemilihan produk perawatan kulit yang tepat. Tidak jarang, wanita yang berada di usia 40-an mengalami hiperpigmentasi kulit atau flek hitam. Untuk masalah hiperpigmentasi ringan, Anda bisa melakukan perawatan menggunakan bantuan skincare. Namun, untuk kasus yang berat, Anda mungkin akan membutuhkan bantuan prosedur perawatan kulit. 

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Penuaan adalah proses alami yang akan terjadi pada manusia seiring bertambahnya usia. Banyak faktor yang menyebabkan proses penuaan. Beberapa di antaranya, seperti radiasi sinar UV, gaya hidup dan diet yang tidak sehat, stres, hormonal, serta radikal bebas.


Pada dasarnya, proses ini sudah dimulai sejak usia 25 tahun. Namun, kenyataannya gejala penuaan baru akan tampak pada usia 30 tahun ke atas. Tanda penuaan yang umumnya muncul adalah kerutan, berkurangnya elastisitas kulit, kulit menjadi kering dan kusam, serta hiperpigmentasi pada wajah.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih produk skincare Korea untuk wanita usia 40-an

Karena masalah penuaan mulai kompleks di usia 40-an, wanita membutuhkan skincare yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memilih skincare Korea supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Pilih skincare yang berfokus pada anti-aging

Pilih skincare yang berfokus pada anti-aging

Untuk memperlambat tanda penuaan, Anda harus memperhatikan pemilihan rangkaian produk perawatan kulit. Terkait hal ini, pilihlah skincare Korea dengan kandungan yang bersifat anti-aging, terutama yang bisa mendorong produksi kolagen


Kolagen adalah bentuk protein yang dapat ditemukan secara alami dalam tubuh manusia. Ketika kekurangan kolagen, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga mudah terbentuk garis halus dan keriput.


Produk anti-aging Korea biasanya mengandung antioksidan, retinol, dan peptide. Adapun contoh kandungan antioksidan adalah vitamin A, C, dan E, serta ekstrak teh. Antioksidan ini berfungsi mengatasi peradangan yang dapat merusak kolagen kulit. Sementara itu, retinol akan membantu mempercepat regenerasi sel dan peptide berperan sebagai pendorong produksi kolagen serta elastin.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Salah satu perawatan anti-aging adalah penggunaan agen topikal yang mengandung antioksidan dan cell regulator. Hal itu bisa Anda dapatkan melalui skincare yang digunakan sehari-hari. 


Pilihlah skincare dengan kandungan antioksidan seperti vitamin dan polifenol yang mampu mencegah penurunan produksi kolagen. Cell regulator seperti peptide dan retinol yang dapat meningkatkan produksi kolagen juga bisa dipilih. 

Sesuaikan kandungan anti-aging agents dengan kondisi dan kebutuhan kulit

Tiap-tiap skincare Korea untuk wanita usia 40-an memiliki kandungan utama untuk mengatasi tanda penuaan kulit yang berbeda-beda. Sebelum memilih, kenali kebutuhan kulit Anda dan sesuaikan kandungan utama skincare dengan kebutuhan tersebut. 

Untuk garis halus dan keriput, pilih yang mengandung peptide dan retinoid

Untuk garis halus dan keriput, pilih yang mengandung peptide dan retinoid

Untuk mengatasi kemunculan garis halus dan keriput, Anda bisa memilih produk yang mengandung peptide dan retinoid. Peptide adalah asam amino yang membantu pembentukan protein yang dibutuhkan oleh kulit. Secara spesifik, peptide dapat menstimulasi kulit untuk membentuk kolagen karena kolagen terbentuk dari tiga rangkaian polypeptide


Sementara itu, retinoid merupakan senyawa vitamin A yang dikenal mampu mengurangi garis halus dan kerutan. Anda juga bisa memilih skincare yang mengandung antioksidan dari bahan alami, misalnya ekstrak teh dan biji anggur. Untuk kerutan di area sekitar mata, gunakanlah eye cream, terutama yang mengandung coenzyme Q10.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Peptide bisa menembus hingga lapisan epidermis kulit. Dengan tiga jalur mekanismenya, peptide dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih halus dan kencang. Selain itu, peptide juga dapat menurunkan aktivitas otot sehingga kerutan pada wajah dapat berkurang.


Selain berfungsi sebagai anti-aging, retinoid sebagai turunan vitamin A juga berfungsi untuk anti-acne dan pencerah kulit. Efek anti-wrinkle dari retinoid terjadi melalui penebalan kulit. Dengan begitu, tampilan garis atau kerutan berkurang dan produksi kolagen pun bertambah. 


Retinoid disarankan digunakan pada malam hari saja. Hal ini karena retinoid dapat meningkatkan sensitivitas terhadap sinar UV bila digunakan pada siang hari. Selain itu, kulit di sekitar mata lebih cepat keriput karena cenderung lebih tipis daripada kulit area wajah lainnya. CoQ10 adalah substansi mirip vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan yang telah terbukti dapat mengurangi kerutan di area mata.

Untuk flek hitam, pilih skincare dengan vitamin C atau niacinamide

Untuk flek hitam, pilih skincare dengan vitamin C atau niacinamide

Hiperpigmentasi atau flek hitam dapat muncul karena beberapa hal. Adapun penyebab utamanya adalah akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas. Untuk merawatnya, Anda bisa memilih skincare Korea yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C. Vitamin C terkenal sangat efektif dalam membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari


Selain itu, Anda bisa menggunakan produk yang mengandung niacinamide. Niacinamide adalah bentuk dari vitamin B3 yang berfungsi membentuk protein dan mengunci kelembapan kulit. Niacinamide juga dapat membangun sel kulit yang sehat serta menjaganya dari kerusakan akibat sinar UV. Dengan menggunakan skincare niacinamide rutin selama empat minggu, flek hitam akan lebih tersamarkan.


Sebagai catatan, berhati-hatilah dengan skincare yang mengandung kombinasi vitamin C dan niacinamide apabila Anda memiliki kulit sensitif. Kombinasi keduanya dapat mengubah niacinamide menjadi niacin yang menyebabkan munculnya kemerahan dan sensasi tingling pada sebagian orang. Meski bersifat sementara, efek ini memiliki potensi menimbulkan masalah untuk Anda yang menderita jerawat meradang. 

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Tiga fungsi utama vitamin C pada kulit, yaitu: 


  1. Melindungi kulit terhadap pengaruh negatif dari polusi, matahari, iklim, dan lainnya.
  2. Merangsang pembentukan dan peningkatan produksi kolagen kulit.
  3. Mencerahkan kulit.


Niacinamide adalah senyawa aktif dari niasin (vitamin B3). Kandungan ini bekerja sebagai antioksidan yang menghambat proses pembentukan melanin (zat pewarna kulit). Namun, penggunaan niacinamide dan vitamin C secara bersamaan, terutama pada kulit sensitif dapat menimbulkan reaksi negatif berupa iritasi.

Untuk kulit kering dan kendur, pilih produk dengan hyaluronic acid

Untuk kulit kering dan kendur, pilih produk dengan hyaluronic acid

Salah satu kandungan skincare yang sedang booming untuk mengatasi kulit kering adalah hyaluronic acid. Senyawa ini disebut-sebut sebagai pelembap luar biasa karena menyerap sekaligus mengunci kelembapan dalam kulit


Pada dasarnya, hyaluronic acid bisa ditemukan pada kulit manusia sehingga sangat aman untuk semua jenis kulit. Namun, seiring bertambahnya usia dan dipengaruhi faktor gaya hidup, produksi hyaluronic acid alami kulit mengalami penurunan. Untuk itu, Anda bisa memberikan support dengan menggunakan skincare berkandungan hyaluronic acid.


Skincare dengan ekstrak teh hijau, vitamin A dan C, serta hydroxy acid juga dapat mengatasi kulit kering. Ekstrak teh hijau, serta vitamin A dan C mengandung antioksidan yang dapat mendukung proses pemulihan kulit. 


Sementara itu, alpha dan beta hydroxyl acid serta bentuk barunya, yaitu polyhydroxy acid juga efektif mengurangi keriput. Peran utamanya adalah untuk mengikis sel kulit mati dan menstimulasi pemulihan jaringan kulit. Inilah yang menjadi alasan AHA, BHA, dan PHA memiliki peran untuk mengatasi kulit kering dan kendur.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Saat proses penuaan, jumlah hyaluronic acid di kulit berkurang sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput. Hyaluronic acid adalah molekul kunci yang terlibat dalam kelembapan kulit yang mempunyai karakter unik yaitu mengikat dan menahan air


Produk perawatan kulit yang mengandung hyaluronic acid dibutuhkan untuk mengurangi kemunculan tanda penuaan. Produk ini dapat berupa topikal atau injeksi. Hyaluronic acid tidak menyebabkan iritasi sehingga aman digunakan pada semua jenis kulit.

Pertimbangkan memilih skincare dalam satu seri untuk menghindari reaksi bahan aktif

Pertimbangkan memilih skincare dalam satu seri untuk menghindari reaksi bahan aktif

Beberapa produk skincare Korea memiliki rangkaian yang dikhususkan untuk anti-aging. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah Anda dalam memilih skincare karena Anda tidak perlu repot mencocokkan kandungan masing-masing. Anda pun bisa tenang memakainya karena kemungkinan muncul reaksi alergi atau iritasi lebih kecil.


Kebanyakan produk dalam satu seri skincare juga memiliki kandungan yang serupa dan saling melengkapi. Karena itu, Anda hanya perlu memilih bahan utama skincare Korea yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda. 

10 Rekomendasi produk skincare Korea terbaik untuk wanita usia 40-an

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh skincare Korea terbaik untuk wanita usia 40-an yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami.

10

NacificPink AHA BHA Kit [RENEW]

Mulai dari Rp 399.000,00

Kandungan anti-agingAHA, BHA, niacinamide, hyaluronic acid, Centella asiatica
ManfaatMembersihkan sel kulit mati, merawat kulit sensitif dan iritasi ringan, meratakan dan mencerahkan warna kulit, anti-wrinkle
Jenis produkCleansing foam, toner, serum, cream
IsiCleansing foam: 30 ml ・ Toner: 30 ml ・ Serum: 10 ml ・ Cream: 20 ml
9

Some By MiPropolis B5 Glow Barrier Calming Cream

Mulai dari Rp 345.680,00

Kandungan anti-agingPropolis, royal jelly, hyaluronic acid, ceramide
ManfaatAnti-aging, merawat kulit berjerawat dan iritasi ringan, anti-wrinkle, melembapkan, membuat kulit glowing
Jenis produkCream
Isi60 ml
8

Holika HolikaClean Up Lip & Eye Makeup Remover

Mulai dari Rp 78.000,00

Kandungan anti-agingCranberry extract, blackberry extract
ManfaatMembersihkan riasan, melembapkan kulit
Jenis produkMakeup remover
Isi100 ml
7

Pyunkang YulCalming Moisture Barrier Cream

Mulai dari Rp 260.000,00

Kandungan anti-agingHyaluronic acid, ceramide, Centella asiatica, vitamin E
ManfaatMelembapkan, menenangkan iritasi ringan pada kulit melindungi kulit dari paparan radiasi
Jenis produkMoisturizer
Isi50 ml
6

LANEIGEPerfect Renew Youth Regenerator

Mulai dari Rp 910.000,00

Kandungan anti-agingTri-Peptide, Energy-Glyco, berry complex, adenosine, vitamin E
ManfaatAntiaging, melembapkan kulit
Jenis produkEssence
Isi40 ml
5

InnisfreeRetinol Cica Moisture Recovery Serum

Mulai dari Rp 545.000,00

Kandungan anti-agingRetinol, Centella asiatica
ManfaatMenyamarkan garis halus dan kerutan, membersihkan komedo dan sel kulit mati; merawat jerawat, bekas jerawat, dan kulit sensitif
Jenis produkSerum
Isi30 ml
4

Ildong PharmaceuticalFirst Lab Probiotic Sun Cream SPF50+ PA++++

Mulai dari Rp 302.500,00

Kandungan anti-agingVitamin E, hyaluronic acid, raspberry extract, ceramide
ManfaatAnti-aging, mencerahkan kulit, melindungi dari sinar UV
Jenis produkSun cream
Isi50 ml
3

BentonSnail Bee High Content Essence

Mulai dari Rp 191.500,00

Kandungan anti-agingSnail secretion filtrate (snail mucin), bee venom, niacinamide, adenosine
ManfaatMengatasi warna kulit tidak merata, garis halus, kerutan, kulit kering dan kusam, ketidakseimbangan minyak dan air
Jenis produkEssence
Isi60 ml
2

Nature RepublicReal Nature Green Tea Mask Sheet

Mulai dari Rp 18.000,00

Kandungan anti-agingCentella asiatica, hyaluronic acid, green tea
ManfaatMeremajakan, menyegarkan, melembapkan kulit
Jenis produkSheet mask
Isi23 ml
1

COSRXAHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Mulai dari Rp 200.000,00

Kandungan anti-agingAHA, BHA
ManfaatMembersihkan sel kulit mati dan komedo, melembapkan, meremajakan kulit
Jenis produkExfoliating toner
Isi150 ml

Tabel perbandingan produk skincare Korea terbaik untuk wanita usia 40-an

Gambar produk
1
COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 1

COSRX

2
Nature Republic Real Nature Green Tea Mask Sheet 1

Nature Republic

3
Benton Snail Bee High Content Essence 1

Benton

4
Ildong Pharmaceutical First Lab Probiotic Sun Cream SPF50+ PA++++ 1

Ildong Pharmaceutical

5
Innisfree Retinol Cica Moisture Recovery Serum 1

Innisfree

6
LANEIGE Perfect Renew Youth Regenerator 1

LANEIGE

7
Pyunkang Yul Calming Moisture Barrier Cream 1

Pyunkang Yul

8
Holika Holika Clean Up Lip & Eye Makeup Remover 1

Holika Holika

9
Some By Mi Propolis B5 Glow Barrier Calming Cream 1

Some By Mi

10
Nacific Pink AHA BHA Kit [RENEW] 1

Nacific

Nama produk

AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Real Nature Green Tea Mask Sheet

Snail Bee High Content Essence

First Lab Probiotic Sun Cream SPF50+ PA++++

Retinol Cica Moisture Recovery Serum

Perfect Renew Youth Regenerator

Calming Moisture Barrier Cream

Clean Up Lip & Eye Makeup Remover

Propolis B5 Glow Barrier Calming Cream

Pink AHA BHA Kit [RENEW]

Keunggulan

Exfoliating toner ringan yang bisa dipakai setiap hari

Ekstrak teh hijau untuk menyegarkan, melembapkan, sekaligus meremajakan kulit

Satu essence untuk berbagai masalah penuaan kulit

SPF50+ dan PA+++ tawarkan perlindungan maksimal dari efek buruk sinar matahari

Teknologi Liposomlogy™ untuk stabilkan retinol agar tidak menyebabkan iritasi

Tri-Peptide essence yang mengurangi tanda penuaan dalam 7 hari

Diformulasikan untuk melembapkan sekaligus menenangkan kulit iritasi

Agen pembersih ganda untuk bersihkan makeup dalam sekali usap

Multifungsi, bisa dijadikan sebagai day cream dan night cream

Skincare set untuk membersihkan dan merawat kulit

Harga mulai dariRp 200.000,00Rp 18.000,00Rp 191.500,00Rp 302.500,00Rp 545.000,00Rp 910.000,00Rp 260.000,00Rp 78.000,00Rp 345.680,00Rp 399.000,00
Kandungan anti-agingAHA, BHACentella asiatica, hyaluronic acid, green teaSnail secretion filtrate (snail mucin), bee venom, niacinamide, adenosineVitamin E, hyaluronic acid, raspberry extract, ceramideRetinol, Centella asiaticaTri-Peptide, Energy-Glyco, berry complex, adenosine, vitamin EHyaluronic acid, ceramide, Centella asiatica, vitamin ECranberry extract, blackberry extractPropolis, royal jelly, hyaluronic acid, ceramideAHA, BHA, niacinamide, hyaluronic acid, Centella asiatica
ManfaatMembersihkan sel kulit mati dan komedo, melembapkan, meremajakan kulitMeremajakan, menyegarkan, melembapkan kulitMengatasi warna kulit tidak merata, garis halus, kerutan, kulit kering dan kusam, ketidakseimbangan minyak dan airAnti-aging, mencerahkan kulit, melindungi dari sinar UVMenyamarkan garis halus dan kerutan, membersihkan komedo dan sel kulit mati; merawat jerawat, bekas jerawat, dan kulit sensitifAntiaging, melembapkan kulitMelembapkan, menenangkan iritasi ringan pada kulit melindungi kulit dari paparan radiasiMembersihkan riasan, melembapkan kulitAnti-aging, merawat kulit berjerawat dan iritasi ringan, anti-wrinkle, melembapkan, membuat kulit glowingMembersihkan sel kulit mati, merawat kulit sensitif dan iritasi ringan, meratakan dan mencerahkan warna kulit, anti-wrinkle
Jenis produkExfoliating tonerSheet maskEssenceSun creamSerumEssenceMoisturizerMakeup removerCreamCleansing foam, toner, serum, cream
Isi150 ml23 ml60 ml50 ml30 ml40 ml50 ml100 ml60 mlCleansing foam: 30 ml ・ Toner: 30 ml ・ Serum: 10 ml ・ Cream: 20 ml
Tautan produk

Tips dari dokter umum kami, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Tips dari dokter umum kami, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perawatan anti-aging. Hasil yang signifikan akan didapatkan jika Anda memulai perawatan dari usia 20-an atau sebelum tanda-tanda penuaan mulai tampak. Mulailah dengan pemakaian sunscreen dengan minimal SPF 25 untuk menangkal radiasi dari sinar UV. Hal ini karena paparan sinar UV dapat menyebabkan penuaan terjadi lebih cepat.

Baca juga rekomendasi produk skincare Korea lainnya di sini

Selain skincare untuk wanita usia 40-an, kami juga menyediakan rekomendasi produk skincare Korea lainnya untuk Anda. Silakan klik tautan di bawah ini untuk menemukan review tiap produknya!

Kesimpulan

Seiring bertambahnya usia, aneka masalah akibat penuaan kulit akan makin rumit. Meski tidak dapat dihindari, Anda bisa memperlambatnya dengan melakukan perawatan yang tepat. Produk skincare Korea bisa Anda jadikan pilihan karena kebanyakan bahannya alami dan bekerja dengan efektif.


Dengan membaca artikel ini, kami harap Anda yang berusia 40-an dapat menemukan skincare Korea yang tepat. Ayo, rawat kulit agar lebih sehat dengan memakai rangkaian skincare Korea!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022)
    Di usia remaja, Anda pasti mulai penasaran dengan hal-hal yang berhubungan dengan perawatan wajah. Salah satu produk perawatan wajah yang bisa Anda coba adalah masker. Namun, jenis masker yang beraneka ragam dan cara pemakaian yang berbeda-beda mungkin membuat Anda bingung. Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini siap membantu Anda. Beragam merek masker, seperti Emina, Wardah, Garnier, Innisfree, dan POND'S bisa Anda temukan di sini. Selain itu, kami juga akan membagikan tips memilih masker yang bagus, ramah di kantong, dan aman untuk dipakai remaja. Yuk, simak ulasan kami hingga selesai.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori