1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Komponen komputer & laptop
  6. >
  7. 10 Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)

Kartu grafis atau VGA adalah salah satu faktor yang memengaruhi performa PC. Terutama jika Anda menggunakan PC dengan loading data berat. Pemilihan kartu grafis sangat penting, baik untuk gaming maupun profesional. Salah satu perusahaan elektronik yang memproduksi kartu grafis adalah NVIDIA. Perusahaan ini membuat kartu grafis dengan fitur dan harga yang bervariasi.


Kami akan memperkenalkan cara memilih kartu grafis merek NVIDIA yang bagus. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi produk dari MSI, ASUS, Leadtek dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang. Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Profil Joshua Pandu
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kartu grafis merk NVIDIA

Kami akan mengulas poin-poin yang perlu Anda ketahui sebelum memilih kartu grafis merek NVIDIA. Simaklah dengan teliti tiap-tiap poinnya dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

① Tentukan berdasarkan penggunaan kartu grafis Anda

Ada berbagai macam kartu grafis NVIDIA yang bisa Anda temukan di pasaran. Setiap kartu grafis tersebut mempunyai fitur dan keunggulan masing-masing. Maka dari itu, pilihlah kartu grafis yang mendukung performa PC sesuai dengan penggunaan Anda. 

Gaming, gunakan seri GeForce agar gaming lebih nyaman

Gaming, gunakan seri GeForce agar gaming lebih nyaman

Apakah Anda hendak menggunakan kartu grafis untuk bermain game dengan grafik yang memukau dan frame rate yang tinggi? Kami menyarankan untuk menggunakan kartu grafis jenis GeForce. Jenis kartu grafis ini didesain untuk Anda yang suka bermain game atau melakukan e-sport. Dengan begitu, Anda dapat bermain game triple A yang keren seperti Battlefield V dan Shadow of the Tomb Raider.


Kartu grafis GeForce memiliki beberapa seri, seperti GTX 1050, GTX 1080, GTX 1660 Ti, dan lainnya. Digit pertama dan kedua pada kode ini menandakan seri lanjutan dari kartu grafis. Contohnya, angka 10 dari GTX 10xx, berarti kartu grafis tersebut dirilis lebih dahulu daripada seri GTX 16xx. Setelah GTX seri 16, NVIDIA mengubah tata penamaan menjadi RTX 20xx atau seri 20 dan yang terbaru RTX 30xx atau seri 30. 


Sementara itu, dua digit terakhir pada kartu grafis menunjukkan posisi kartu grafis di kelas yang sama. Makin besar nilai yang tertera, makin kencang juga performanya. Jangan lupakan pedoman ini, ya!


RTX adalah generasi terbaru dari NVIDIA GeForce. Keunggulan utamanya adalah terdapat teknologi ray tracing dan DLSS. Ray tracing merupakan teknologi yang bisa menstimulasikan lampu dan cahaya sehingga hasilnya jadi lebih realistis. Beberapa game yang mendukung ray tracing dan DLSS antara lain Cyberpunk 2077, Far Cry 6 dan banyak lagi.

Profesional, seri Quadro memudahkan pekerjaan Anda

Profesional, seri Quadro memudahkan pekerjaan Anda

Jenis kartu grafis NVIDIA lainnya adalah Quadro. Kartu grafis seri Quadro didesain untuk kebutuhan profesional atau keperluan kerja yang disebut workstation. Quadro dibuat untuk pekerja grafis, seperti 3D editor yang menjalankan aplikasi grafis, mulai dari Adobe hingga CAD.


Salah satu perbedaan Quadro dengan GeForce, seri ini memiliki sertifikasi dari berbagai organisasi dan perusahaan. Seri Quadro juga memiliki fitur double precision floating point sehingga menghasilkan grafis 64 bit yang lebih baik dari GeForce.


Kemudian, penomoran serinya juga lebih mudah daripada GeForce. Beberapa contoh seri kartu grafis ini menggunakan kode P1000, T400, RTX 4000, RTX A5000, dan lainnya. Seri terbaru kartu grafis Quadro ditunjukkan dengan abjad terbesar yang tertulis pada serinya. Kemudian, tiga digit terakhir menunjukkan performa dari kartu grafis, mirip dengan seri GeForce.

② Kenali sistem pendingin pada kartu grafis Anda

Kenali sistem pendingin pada kartu grafis Anda

Kartu grafis merupakan salah satu komponen yang menyumbang panas pada PC. Maka dari itu, makin tinggi model kartu grafisnya, panas yang dihasilkan juga makin besar. Dengan demikian, penting untuk memilih jenis sistem pendingin pada kartu grafis.


Sistem pendingin yang banyak tersedia adalah tipe aftermarket yang bekerja dengan cara mengalirkan udara panas ke casing. Pendingin ini dibuat oleh beberapa produsen, seperti ASUS, MSI, dan Leadtek. Jenis sistem pendingin aftermarket menghasilkan suara lebih senyap dengan harga yang cenderung lebih mahal. Ada juga sistem pendingin reference, produksi NVIDIA, tetapi sangat jarang ditemukan di Indonesia.

③ Periksa kompabilitas kartu grafis dengan perangkat Anda

Jangan lupa untuk memeriksa kompatibilitas kartu grafis yang hendak dipilih dengan perangkat PC Anda. Apabila Anda menggunakan PC dengan prosesor dual-core, tidak perlu membeli kartu grafis berspesifikasi tinggi. Hal ini karena performa kartu grafis juga dipengaruhi dengan komponen dalam PC Anda. Jika PC tidak dapat menampungnya, performa PC Anda malah akan tidak maksimal. Beberapa faktor lain yang perlu Anda perhatikan ada di penjelasan berikut ini.

Perhatikan tipe memori dan bandwidth di kartu grafis

Perhatikan tipe memori dan bandwidth di kartu grafis

Sebelum memilih kartu grafis, pastikan tipe memori dan bandwidth yang terpasang. Ada beberapa jenis tipe memori kartu grafis, seperti GDDR2, GDDR3, GDDR4, GDDR5, GDDR5X, GDDR6, dan GDDR6X Makin tinggi angka setelah tulisan GGDR-nya, makin baik juga performa kartu grafis. Contohnya, GGDR6 lebih cepat daripada GGDR4. Kemudian, performa GDDR6X lebih baik daripada GDDR6.


Jangan lupa juga memperhatikan bandwidth kartu grafis. Bandwidth merupakan jumlah data yang bisa diakses oleh GPU dalam satu waktu. Maka dari itu, makin cepat bandwidth-nya, proses komputasi pada GPU juga makin cepat. Hal tersebut akan meningkatkan jumlah frame yang dihasilkan dalam satu detik. Hasilnya, kualitas gambarnya pun akan lebih baik.

Pastikan prosesor Anda kompatibel dengan kartu grafis

Pastikan prosesor Anda kompatibel dengan kartu grafis

Umumnya, prosesor apa pun kompatibel dengan kartu grafis apa pun. Namun, untuk menghasilkan kinerja yang optimal, Anda perlu mencari prosesor dan kartu grafis yang sepadan. Apabila prosesor lama digunakan bersama kartu grafis performa tinggi, maka kartu grafis tidak bisa mengeluarkan kemampuan tertingginya. Hal itu terjadi karena prosesor tidak mampu mengimbangi kecepatan kartu grafis atau disebut dengan istilah bottleneck.


Begitu pula sebaliknya. Apabila memiliki prosesor dengan spesifikasi tinggi atau terbaru, padukan dengan kartu grafis yang setara. Beberapa situs dapat Anda gunakan untuk menentukan prosesor dan kartu grafis apa yang cocok dan minim bottleneck. Anda bisa mengunjungi situs-situs seperti PC Builds, UserBenchmark, atau Logical Increments.

Perhatikan kebutuhan daya kartu grafis

Perhatikan kebutuhan daya kartu grafis
Sumber: rog.asus.com

Kartu grafis membutuhkan daya listrik yang dipasok dari unit catu daya atau power supply unit (PSU). Semakin tinggi seri dan performa kartu grafis, umumnya semakin besar pula daya yang dibutuhkan. Untuk itu, perhatikanlah besarnya daya yang dibutuhkan kartu grafis pilihan Anda. Berikut rekomendasi daya yang dibuat NVIDIA


  • RTX seri 30
Gunakan PSU dengan daya 550 watt (RTX 3050, RTX 3060), 600 watt (RTX 3060 Ti), 650 watt (RTX 3070), dan 750 watt (RTX 3070 Ti, RTX 3080, RTX 3080 Ti, RTX 3090).

  • RTX seri 20
Gunakan PSU dengan daya 550 watt (RTX 2060, RTX 2060 SUPER, RTX 2070) 650 watt (RTX 2070 SUPER, RTX 2080, RTX 2080 SUPER, RTX 2080 Ti).

  • GTX seri 16
Gunakan PSU dengan daya 300 watt (GTX 1650 GDDR5, GTX 1650 GDDR6), 350 watt (GTX 1650), dan 450 watt (GTX 1660, GTX 1660 Ti, GTX 1660 SUPER).

  • GTX seri 10
Gunakan PSU dengan daya 300 watt (GTX 1050 2GB, GTX 1050 3GB, GTX 1050 Ti), 400 watt (GTX 1060 6GB, GTX 1060 3GB), dan 500 watt (GTX 1070, GTX 1070 Ti, GTX 1080).

NVIDIA memberi catatan bahwa menggunakan arus daya yang lebih rendah masih dimungkinkan. Hal lain yang tidak kalah penting, sesuaikan juga ukuran kartu grafis. Pastikan kartu grafis pilihan Anda muat pada casing perangkat Anda.

10 Rekomendasi kartu grafis merk NVIDIA

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kartu grafis merek NVDIA terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

ASUS

Cerberus GeForce® GTX 1050 Ti OC Edition 4GB GDDR5

ASUS Cerberus GeForce® GTX 1050 Ti OC Edition 4GB GDDR5 1枚目

Kipas tahan debu, hemat daya, dan ramah di kantong

2

MSI

GeForce GTX 1660 SUPER™ VENTUS XS OC

MSI GeForce GTX 1660 SUPER™ VENTUS XS OC 1枚目

GTX dengan arsitektur Turing khas RTX

3

ZOTAC

GAMING GeForce GTX 1650 OC GDDR6

ZOTAC GAMING GeForce GTX 1650 OC GDDR6 1枚目

Bodi ringkas, cocok untuk berbagai jenis ukuran casing

4

Colorful

GeForce RTX 2060 6G V2-V

Colorful GeForce RTX 2060 6G V2-V 1枚目

GeForce RTX dengan harga paling terjangkau

5

MSI

GeForce RTX™ 3090 VENTUS 3X 24G OC

MSI GeForce RTX™ 3090 VENTUS 3X 24G OC 1枚目

Kartu grafis tercepat di dunia untuk saat ini!

6

Leadtek

NVIDIA Quadro RTX 4000

Leadtek NVIDIA Quadro RTX 4000 1枚目

Kualitas premium untuk pekerjaan profesional

7

Palit

GeForce RTX 3080 GamingPro

Palit GeForce RTX 3080 GamingPro  1枚目

Teknologi canggih, hasilkan akselerasi luar biasa

8

ASUS

TUF Gaming GeForce RTX™ 3060 Ti V2 OC Edition 8GB GDDR6

ASUS TUF Gaming GeForce RTX™ 3060 Ti V2 OC Edition 8GB GDDR6 1枚目

Desain kipas teknologi Aksial untuk performa maksimal

9

Leadtek

NVIDIA RTX A4000

Leadtek NVIDIA RTX A4000 1枚目

Rendering model kompleks menjadi jauh lebih mudah

10

Leadtek

NVIDIA T400

Leadtek NVIDIA T400 1枚目

Kartu grafis untuk profesional muda yang hemat biaya

Perincian produk
Close
No.1

ASUSCerberus GeForce® GTX 1050 Ti OC Edition 4GB GDDR5

Mulai dari Rp3.546.000,00

Kipas tahan debu, hemat daya, dan ramah di kantong

Jika Anda ingin mencari kartu grafis yang tangguh dan ramah di kantong, kami merekomendasikan produk ini. GeForce GTX 1050 Ti dari merek ASUS masih dapat diandalkan untuk memainkan berbagai game berat. Dengan memori 4GB dan boost clock mencapai 1455 MHz, tidak heran produk ini masih tangguh dan populer.


Sekalipun cukup kencang dan tangguh, kartu grafis ini tetap hemat daya karena tidak ditemukan soket power tambahan. Sistem pendinginnya disokong oleh dua kipas dengan sertifikasi IP5X yang tahan debu sehingga meningkatkan masa pakai. Produk ini cocok bagi Anda yang ingin membangun PC gaming dengan harga murah, tetapi tidak murahan.

No.2

MSIGeForce GTX 1660 SUPER™ VENTUS XS OC

Mulai dari Rp7.949.999,00

GTX dengan arsitektur Turing khas RTX

Ingin kartu grafis GTX rasa RTX? Cobalah  MSI GeForce GTX 1660 SUPER™ VENTUS XS OC. Kartu grafis ini menggunakan arsitektur NVIDIA Turing™ seperti yang dipakai pada generasi RTX. NVIDIA mengklaim GeForce® GTX 1660 SUPER memiliki peningkatan performa hingga 20% lebih cepat dari GTX 1660 biasa. 


Kode OC menunjukkan bahwa kartu grafis ini telah di overclock hingga 1815MHz. GTX 1660 SUPER cocok untuk memainkan game di resolusi 4K yang menyajikan gambar lebih tajam, detail, dan halus. Terdapat aplikasi MSI Afterburn untuk memantau dan mengendalikan kartu grafis secara real time

No.3

ZOTACGAMING GeForce GTX 1650 OC GDDR6

Mulai dari Rp4.220.000,00

Bodi ringkas, cocok untuk berbagai jenis ukuran casing

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membeli kartu grafis adalah menyesuaikan bodi dengan casing pada PC. Apabila mencari kartu grafis yang ramping dan tetap bertenaga, GeForce GTX 1650 dari merek ZOTAC ini perlu dipertimbangkan. Hal itu karena GTX 1650 mempunyai bodi yang ringkas dan bobot yang ringan. 


ZOTAC mengklaim produk besutannya ini 99,9 persen ukurannya cocok dipasang di berbagai jenis ukuran casing. Soal kemampuan, GTX 1650 menggunakan arsitektur Turing mengikuti jejak GTX seri 16 lainnya. Produk ini juga hemat daya karena tidak ada soket power tambahan, tinggal plug and play!

No.4

ColorfulGeForce RTX 2060 6G V2-VGV-N2070AORUS X-8GC

Mulai dari Rp7.730.000,00

GeForce RTX dengan harga paling terjangkau

Ingin merasakan teknologi terbaru GeForce RTX dengan harga terjangkau? Kami merekomendasikan RTX 2060 dari merek Colorful. Anda akan merasakan teknologi unggulan RTX seperti ray tracing dan AI canggih yang membuat tampilan grafis lebih realistis. Produk ini merupakan RTX pertama dari seri 20 dan diklaim kemampuannya 5 kali lipat dari pendahulunya, generasi GTX. 


Kartu grafis RTX menggunakan arsitektur Turing serta dilengkapi RT core dan tensor core. Hal itu membuat kemampuan rendering RTX menjadi jauh lebih baik. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan kecanggihan RTX dengan budget minim.

No.5

MSIGeForce RTX™ 3090 VENTUS 3X 24G OC

Mulai dari Rp39.990.000,00

Kartu grafis tercepat di dunia untuk saat ini!

NVIDIA mengeklaim RTX 3090 adalah kartu grafis gaming 8K pertama di dunia. Seluruh teknologi tertinggi yang dimiliki NVIDIA RTX ada pada produk ini. Kartu grafis ini memiliki 10496 cuda cores yang membuat performanya sangat tinggi dan kencang.


Dengan spesifikasinya yang masif, kartu grafis ini siap melahap dengan mudah berbagai macam game triple AProduk ini juga cocok dipakai untuk rendering, 3D animator, dan konten kreator lainnya. Tidak lupa MSI VENTUS membekali kartu grafis ini dengan tiga kipas guna menjamin suhu tetap ideal.

No.6

LeadtekNVIDIA Quadro RTX 4000

Mulai dari Rp15.000.000,00

Kualitas premium untuk pekerjaan profesional

Apakah Anda seorang profesional yang menggunakan aplikasi berat? Jika iya, Quadro RTX 4000 cocok untuk pekejraan Anda. Kartu grafis ini dirancang untuk arsitek, insinyur, pencipta media, dan profesional lainnya. Terutama, untuk mereka yang melakukan 2D imaging, 3D modeling, atau software rendering video.


Quadro RTX 4000 menggunakan arsitektur Turing dengan 2.304 cuda cores yang mampu memberikan performa terbaik di kelas menengah. Produk ini dirancang dan disertifikasi untuk memberikan stabilitas dan keandalan yang dibutuhkan oleh para profesional.

No.7

PalitGeForce RTX 3080 GamingPro

Mulai dari Rp22.250.000,00

Teknologi canggih, hasilkan akselerasi luar biasa

NVIDIA Palit GeForce RTX 3080 GamingPro direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan akselerasi menakjubkan. Teknologi NVIDIA REFLEX mampu mengurangi latensi sehingga meningkatkan reflek dan akselerasi saat bermain game. Bagi pencinta game action, produk ini akan membuat senang karena mampu meningkatkan ketangkasan bermain.


RTX 3080 sudah memakai arsitektur Ampere dengan 8704 cuda cores, serta RT core dan tensor core yang telah disempurnakan. Fitur lain yang tidak kalah penting adalah 0-dB TECH yang membuat kinerja VGA tetap optimal. Dengan fitur tersebut, kipas yang dirancang Palit ini hanya akan bersuara ketika menjalankan beban berat saja.

No.8

ASUSTUF Gaming GeForce RTX™ 3060 Ti V2 OC Edition 8GB GDDR6

Mulai dari Rp13.999.000,00

Desain kipas teknologi Aksial untuk performa maksimal

NVIDIA GeForce RTX™ 3060 Ti termasuk kategori kartu grafis kelas atas. Dibawa oleh merek ASUS, produk ini menawarkan sistem pendingin yang efisien dengan teknologi Aksial. Desain kipas Aksial mengurangi turbulensi angin sehingga proses pendinginan jauh lebih optimal. Berbagai fitur standar dari RTX seri 30 ini dapat Anda nikmati seperti ray tracing, DLSS, dan banyak lagi.


Terdapat pula bantalan ganda pada poros kipas yang memberi ketahanan dua kali lipat dibanding model sleeve bearing. ASUS memakai komponen terbaik pada produk ini untuk menunjukkan ketahanan dan performa tinggi dari RTX™ 3060 Ti.

No.9

LeadtekNVIDIA RTX A4000

Mulai dari Rp23.410.000,00

Rendering model kompleks menjadi jauh lebih mudah

Apabila Anda mencari kartu grafis supertangguh untuk kebutuhan pekerjaan, kami menyarankan pilihlah NVIDIA RTX A4000. Kartu grafis dari merek Leadtek ini mendukung real time ray tracing dan Error Correction Code (ECC). Kedua fitur tersebut mampu meningkatkan kinerja Anda dalam melakukan editingrendering 3D, dan pekerjaan profesional lainnya.


RTX A4000 menggunakan arsitektur terbaru, yaitu Ampere, yang juga dipakai pada RTX seri 30. Dengan spesifikasi tersebut, tentu menjalankan banyak aplikasi profesional mulai dari CAD, visual effects, dan lainnya menjadi mudah. NVIDIA sendiri menyebut RTX A4000 sebagai kartu grafis paling kuat untuk para profesional!

No.10

Kartu grafis untuk profesional muda yang hemat biaya

Apakah Anda seorang profesional muda atau pemula yang banyak menjalankan CAD (Computer-aided design)? Inilah kartu grafis yang cocok. LEADTEK NVIDIA Quadro T400 adalah kartu grafis profesional dengan harga terjangkau yang dapat mempermudah pekerjaan Anda. Quadro T400 juga hemat daya karena tidak ada soket power tambahan dan hanya menyedot daya 30 watt.


Quadro T400 berbentuk mungil ini masuk dalam golongan low-end dan sudah menggunakan arsitektur Turing. Dengan cuda cores 384 dan memori 2/4 GB GDDR6, kartu grafis ini siap menjalankan berbagai aplikasi profesional. Bahkan, kartu grafis ini sanggup memainkan sejumlah game berat, seperti Cyberpunk 2077, Assassin's Creed Odyssey, dan lainnya.

Cara mengatasi kartu grafis NVIDIA tidak terbaca

Cara mengatasi kartu grafis NVIDIA tidak terbaca

Sebagai salah satu komponen komputer, ada kalanya kartu grafis mengalami gangguan seperti tidak terdeteksi oleh sistem. Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas Anda dalam bermain game maupun bekerja. Jangan buru-buru memvonis kartu grafis NVIDIA Anda rusak, tidak ada salahnya mencoba langkah-langkah berikut ini.


  1. Pastikan kartu grafis Anda tidak dinonaktifkan. Caranya, klik kanan logo Windows di pojok kiri bawah. Pilih Device Manager lalu cari Display adapters dan klik dua kali. Klik kanan Properties pada kartu grafis yang bermasalah. Pergi ke tab Driver dan klik tombol Enable.
  2. Perbarui driver NVIDIA. Memperbarui driver dapat Anda coba untuk memecahkan masalah kartu grafis yang tidak terbaca. Anda bisa pergi ke aplikasi NVIDIA GeForce Experience atau mengunjungi situs NVIDIA dan melakukan update driver terbaru.
  3. Periksa slot kartu grafis. Pastikan bahwa kartu grafis Anda sudah tertancap dengan benar pada slot PCIE x16 motherboard. Anda bisa melepas kartu grafis dan menancapkannya kembali. Sebelum memeriksa slot kartu grafis, pastikan Anda mematikan komputer dan mencabut steker dari stop kontak.

Baca juga rekomendasi perlengkapan komputer lainnya di sini

Selain artikel kartu grafis NVIDIA di atas, kami juga telah mengulas berbagai perlengkapan komputer lainnya. Beberapa produk tersebut di antaranya adalah mouse, SSD eksternal, headset, dan lainnya. Jika Anda membutuhkan artikel tersebut, silakan baca tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Menemukan kartu grafis yang tepat memang tidak mudah. Selain jenisnya yang bervariasi, rentang harga kartu grafis NVIDA juga cukup beragam. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jenis kartu grafis sesuai kebutuhan Anda.


Di sisi lain, banyaknya jenis kartu grafis berarti banyak juga pilihan fitur yang tersedia. Pilihlah produk dengan fitur yang Anda butuhkan, kemudian sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Semoga ulasan ini membantu Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer