• 10 Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Novel Jepang menjadi salah satu bacaan yang menarik. Hal ini karena banyak pilihan cerita pada novel Jepang. Anda bisa memilih novel misteri, horor, romantis, sampai yang membuat sedih. Karena itulah, novel Jepang juga diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk Indonesia. Beberapa novel Jepang terjemahan pun menjadi best seller.


Jika Anda hendak membaca novel Jepang terjemahan, ada baiknya Anda menyimak artikel ini sampai selesai. Kami akan membantu Anda memilih novel Jepang terjemahan terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi novel Jepang terjemahan yang bagus untuk Anda. Jangan sampai terlewatkan untuk membaca artikel ini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Nel Falisha
  • Pembaharuan terakhir: 16 Januari 2022
Daftar isi

Cara memilih novel Jepang terjemahan

Novel Jepang terjemahan dapat menjadi teman baca yang bagus. Namun, tentunya Anda harus memilih yang sesuai. Agar Anda tidak salah dalam memilih novel Jepang terjemahan, Anda bisa mengikuti cara memilih yang kami uraikan berikut ini.

Kenali beberapa penulis novel Jepang terkenal

Ada banyak novelis Jepang yang mempunyai karya luar biasa. Dari banyaknya penulis Jepang, beberapa di antaranya sudah ada yang mendunia. Bahkan, ada yang mendapatkan penghargaan tingkat dunia. Berikut ini adalah beberapa penulis Jepang terkenal yang sebaiknya Anda kenali.

Haruki Murakami, karyanya diterjemahkan ke dalam lebih dari lima puluh bahasa

Haruki Murakami adalah satu dari sekian banyak penulis Jepang yang mendunia. Gaya menulisnya dipengaruhi oleh kebudayaan Barat. Selain itu, karyanya juga mengandung pesan yang universal. Tidak mengherankan jika karya tulisannya disukai oleh berbagai kalangan. Bahkan, karya-karyanya sudah diterjemahkan ke dalam lebih dari lima puluh bahasa, tidak terkecuali bahasa Indonesia.

Kegemilangan Haruki Murakami dibuktikan dengan segudang penghargaan yang diterimanya. Novel pertamanya, Hear the Wind Sing, berhasil menyabet penghargaan Gunzou Literature Prize tahun 1979. Kemudian, ia juga mengantongi beberapa penghargaan internasional seperti Jerusalem Prize dan World Fantasy Award. Beberapa karya populernya adalah A Wild Sheep Chase, IQ84, dan Norwegian Wood.

Eiji Yoshikawa, salah satu novelis sejarah kebanggaan Jepang

Eiji Yoshikawa adalah nama pena dari Yoshikawa Hidetsugu. Ia merupakan salah satu novelis sejarah kebanggaan Jepang. Karya-karyanya kebanyakan memang berlatar sejarah Jepang dan banyak menceritakan tentang feodalisme di Jepang. Namun, sebagian besar karyanya adalah saduran dari karya klasik. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi kegeniusannya dalam berkarya.

Eiji Yoshikawa juga tidak luput dari penghargaan bergengsi. Penghargaan pertamanya didapatkan melalui novel berjudul The Tale of Enoshima. Ia juga berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi untuk sastrawan di Jepang, Cultural Order of Merit, pada tahun 1960. Beberapa karya populernya yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah Musashi, Taiko, dan Shin Heike Monogatari

Yasunari Kawabata, peraih Nobel Kesusastraan pertama dari Jepang

Yasunari Kawabata menjadi penulis Jepang pertama yang meraih Nobel di bidang sastra pada tahun 1968. Dari penghargaan tersebut, Anda tentu tahu kualitas karya yang dihasilkan dari tangannya. Ia memang dikenal piawai dalam merangkai kata-kata indah dalam setiap karyanya. Ketika membaca karya-karyanya, Anda akan dibawa masuk ke dalam dunia novel yang dijelaskan mendetail.


Yasunari Kawabata mengawali menjadi seorang penulis dengan menulis cerita pendek berjudul "The Izu Dancer". Kemudian, ia merilis novel berjudul Snow Country pada tahun 1937. Melalui novel tersebut, ia mulai diperhitungkan sebagai penulis berpengaruh di Negeri Sakura. Beberapa karyanya lainnya adalah Negeri Salju dan Thousand Cranes (Seribu Burung Bangau).

Minato Kanae, novelis yang mendapat julukan ratu misteri

Minato Kanae mendapat julukan the queen of iyamusu atau ratu misteri. Julukan tersebut didapatnya karena karya-karyanya memang kebanyakan berupa novel kriminal fiksi dan thriller. Minato Kanae sering mengeksplorasi sisi tergelap manusia dalam karyanya. Salah satu karyanya adalah novel berjudul Confessions atau Kokuhaku dalam bahasa Jepang. 


Novel Confessions menjadi novel pertama Minato Kanae. Meski demikian, novel tersebut menjadi buku terlaris. Bahkan, ia berhasil mendapatkan penghargaan berupa Booksellers Award. Tidak sampai di situ, novel Confessions juga diangkat ke layar lebar dan filmnya masuk nominasi Academy Award 2011. Selain Confessions, buku Minato Kanae yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah Penance.

Pilih berdasarkan genre yang disukai

Pilih berdasarkan genre yang disukai

Ada banyak novelis yang bukunya sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Karena setiap novelis memiliki genre masing-masing, ada beragam genre yang dapat Anda pilih. Berikut ini adalah genre yang banyak terdapat pada novel Jepang yang sudah diterjemahkan.


  • Misteri: Novel Jepang bergenre misteri menjadi salah satu yang digemari. Pada umumnya, novel genre misteri berkisah tentang pencarian detektif, kriminal, hingga pembunuhan. Menariknya, kebanyakan penulis novel Jepang genre misteri adalah perempuan. Misalnya saja, Kanae Minato menulis novel Confessions. Ada juga Miyuki Miyabe yang menulis novel Puppet Master.

  • Horor: Hantu Jepang terbilang seram sehingga novel Jepang bergenre horor sangat menarik. Selain itu, penulis Jepang mampu menghadirkan suasana mencekam yang dapat membuat pembacanya terhanyut dalam ketakutan. Anda bisa membaca novel berjudul Another dan Ring. Novel Another telah diadaptasi ke dalam anime. Sementara itu, novel Ring diadaptasi ke dalam film.

  • Sejarah: Novel genre ini pada umumnya membahas kehidupan di zaman feodal. Anda akan disuguhkan kisah epik dari para samurai hebat Jepang. Selain itu, ada juga novel yang berlatar waktu Perang Dunia. Dengan membaca novel sejarah, Anda akan mendapat gambaran tentang sejarah di Negeri Sakura. Contoh novel bergenre sejarah adalah Musashi dan The Tale of Genji.

  • Fantasi: Banyak novel genre fantasi yang diadaptasi menjadi anime. Banyak juga penulis novel Jepang yang memilih menulis light novel yang ringan. Pada umumnya, novel bergenre fantasi berkisah tentang urband legend seperti yokai atau dewa-dewi. Yokai merupakan istilah untuk menyebut siluman dalam literatur Jepang. Contoh novel fantasi Jepang adalah 1Q84.


  • Roman: Novel Jepang genre romansa menjadi kesukaan kebanyakan perempuan. Pasalnya, novel genre ini lebih banyak membahas kisah kehidupan yang ringan seperti persahabatan dan percintaan. Novel genre roman juga menyajikan kisah yang lebih dramatis yang menjadi impian sebagian besar orang. Contoh novel Jepang dengan genre roman adalah Negeri Salju dan Norwegian Wood.

Ketahui tokoh utama dalam novel

Kekhasan novel Jepang dapat terlihat dari pemilihan tokoh utama. Tokoh utama dalam novel Jepang menunjukkan karakteristik yang berbeda. Supaya Anda tidak bingung, Anda baiknya menyimak penjelasan berikut.

Wanita, karakter sesuai dengan kehidupan sosial

Wanita, karakter sesuai dengan kehidupan sosial

Penempatan tokoh wanita dalam literatur Jepang sesuai dengan kehidupan sosial di negara tersebut. Dalam novel klasik, tokoh wanita digambarkan sebagai seorang ibu rumah tangga. Jika tidak demikian, tokoh wanita diceritakan memiliki karakter yang patuh terhadap suami. Sayangnya, pada novel klasik Jepang jarang ditemukan tokoh wanita.


Berbeda dengan novel klasik, tokoh wanita justru lebih mudah ditemukan dalam novel modern Jepang. Penggambaran karakternya pun jauh berbeda. Wanita dalam novel modern dikisahkan sebagai sosok yang kuat. Beberapa novel dengan tokoh utama wanita yang sangat menarik untuk dibaca adalah Confessions dan Convenience Store Woman.

Pria, penokohan bergantung pada penulisnya

Pria, penokohan bergantung pada penulisnya

Tokoh pria dalam novel Jepang lebih bervariasi daripada tokoh wanita. Karakter tokoh pria bergantung pada genrenya. Selain itu, karakter tokoh pria juga bergantung dengan penulisnya. Novelis pria dan wanita akan memberikan gambaran yang berbeda untuk tokoh pria dalam novel mereka.


Perbedaan penggambaran tokoh pria biasanya berkaitan dengan cara pandang tokoh terhadap dunia dan wanita serta pekerjaan si tokoh. Penulis pria biasanya menggambarkan tokoh pria sebagai pribadi yang kompleks. Sementara itu, penulis wanita tidak terlalu kuat dalam menggambarkan karakter tokoh pria.

Hewan, sudut pandang berbeda dan imajinatif

Hewan, sudut pandang berbeda dan imajinatif

Dalam novel Jepang Anda akan menemukan hewan sebagai tokoh utamanya. Tokoh utama hewan pada novel Jepang digambarkan begitu apik sehingga membuat imajinasi pembaca terhanyut. Hewan yang kerap menjadi tokoh utama dalam novel adalah kucing. Hal ini karena orang Jepang sangat menyukai kucing. Namun, ada juga novel yang memilih hewan lain sebagai tokoh utama.


Jika menggunakan tokoh hewan, penulis akan berusaha berimajinasi dari sudut pandang hewan. Penulis pun akan mencoba menerka yang dirasakan hewan terhadap manusia. Karena menarik, banyak penulis Jepang yang memilih hewan sebagai tokoh utama dalam novel mereka. Penulis yang menjadikan hewan sebagai tokoh utama novel, di antaranya, adalah Natsume Soseki dan Hiro Arikawa.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi novel Jepang terjemahan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh novel Jepang terjemahan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.

10

Soji ShimadaPembunuhan di Rumah Miring (Murder in the Crooked House)

Mulai dari Rp 105.000,00

GenreMisteri
Jumlah halaman400
Dimensi13,5 cm x 20 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Rating di Goodreads3,48 dari 5
9

Murata SayakaGadis Minimarket (Convenience Store Woman)

Mulai dari Rp 58.000,00

GenreRoman
Jumlah halaman160
Dimensi13,5 cm x 20 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Rating di Goodreads3,73 dari 5
8
GenreRoman
Jumlah halaman162
Dimensi13 cm x 19 cm
PenerbitImmortal
Rating di Goodreads3,74 dari 5
7

Yoko OgawaPolisi Kenangan (The Memory Police)

Mulai dari Rp 93.000,00

GenreFantasi
Jumlah halaman296
Dimensi13,5 cm x 20 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Rating di Goodreads3,76 dari 5
6
GenreMisteri
Jumlah halaman350
Dimensi13 cm x 19 cm
PenerbitHaru
Rating di Goodreads3,85 dari 5
5
GenreRoman
Jumlah halaman426
Dimensi14 cm x 21 cm
PenerbitKepustakaan Populer Gramedia (KPG)
Rating di Goodreads4,03 dari 5
4
GenreHoror, misteri
Jumlah halamanI: 336・II: 296・S: 250
Dimensi13 cm x 19 cm
PenerbitHaru
Rating di Goodreads4,17 dari 5
3
GenreSejarah
Jumlah halaman1.144
Dimensi15 cm x 23 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Rating di Goodreads4,27 dari 5
2
GenreRoman
Jumlah halaman368
Dimensi13 cm x 19 cm
PenerbitHaru
Rating di Goodreads4,31 dari 5
1
GenreMisteri
Jumlah halaman280
Dimensi13 cm x 19 cm
PenerbitHaru
Rating di Goodreads4,54 dari 5

Tabel perbandingan produk novel Jepang terjemahan terbaik

Gambar produk
1
Akiyoshi Rikako Holy Mother 1

Akiyoshi Rikako

2
Arikawa Hiro The Traveling Cat Chronicles 1

Arikawa Hiro

3
Eiji Yoshikawa Taiko 1

Eiji Yoshikawa

4
Ayatsuji Yukito Another 1

Ayatsuji Yukito

5
Haruki Murakami Norwegian Wood 1

Haruki Murakami

6
Minato Kanae Penance 1

Minato Kanae

7
Yoko Ogawa Polisi Kenangan (The Memory Police) 1

Yoko Ogawa

8
Yasunari Kawabata Thousand Cranes 1

Yasunari Kawabata

9
Murata Sayaka Gadis Minimarket (Convenience Store Woman) 1

Murata Sayaka

10
Soji Shimada Pembunuhan di Rumah Miring (Murder in the Crooked House) 1

Soji Shimada

Nama produk

Holy Mother

The Traveling Cat Chronicles

Taiko

Another

Norwegian Wood

Penance

Polisi Kenangan (The Memory Police)

Thousand Cranes

Gadis Minimarket (Convenience Store Woman)

Pembunuhan di Rumah Miring (Murder in the Crooked House)

Keunggulan

Pengungkapan misteri pembunuhan yang penuh dengan ketegangan

Persahabatan mengharukan yang terbentuk antara kucing dan manusia

Kemunculan pemimpin absolut pada masa pergolakan di Jepang

Cerita misteri yang dibalut dengan horor hingga memunculkan kengerian

Kenangan cinta pertama yang membawa larut dalam masa lalu

Tragedi mencekam yang dikisahkan dengan permainan psikologi yang sulit ditebak

Kehidupan tidak wajar di pulau tidak bernama, banyak penduduk hilang ingatan

Ilusi tentang kisah cinta dalam kehidupan yang dibalut dengan diksi indah

Realitas kehidupan yang digambarkan dari tokoh yang dianggap tidak normal

Misteri pembunuhan di rumah miring yang dibangun di tebing

Harga mulai dariRp 85.000,00Rp 93.000,00Rp 285.000,00Rp 89.000,00Rp 95.000,00Rp 99.500,00Rp 93.000,00Rp 49.000,00Rp 58.000,00Rp 105.000,00
GenreMisteriRomanSejarahHoror, misteriRomanMisteriFantasiRomanRomanMisteri
Jumlah halaman2803681.144I: 336・II: 296・S: 250426350 296162160400
Dimensi13 cm x 19 cm13 cm x 19 cm15 cm x 23 cm13 cm x 19 cm14 cm x 21 cm13 cm x 19 cm13,5 cm x 20 cm13 cm x 19 cm13,5 cm x 20 cm13,5 cm x 20 cm
PenerbitHaruHaruGramedia Pustaka UtamaHaruKepustakaan Populer Gramedia (KPG)HaruGramedia Pustaka UtamaImmortalGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka Utama
Rating di Goodreads4,54 dari 54,31 dari 54,27 dari 54,17 dari 54,03 dari 53,85 dari 53,76 dari 53,74 dari 53,73 dari 53,48 dari 5
Tautan produk

Baca juga rekomendasi novel lainnya di sini

Selain novel Jepang terjemahan, masih banyak jenis novel yang bisa menjadi bacaan pilihan Anda. Kami pernah membahas berbagai jenis novel yang bisa menjadi pilihan Anda. Novel-novel tersebut dapat Anda temukan dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Novel Jepang terjemahan bisa menjadi pilihan bacaan yang tepat. Selain menghibur, novel Jepang menyuguhkan banyak pengetahuan baru. Anda bisa mengerti seluk-beluk Jepang, seperti kebudayaan, sejarah, hingga kehidupan sosial, melalui jenis sastra Jepang tersebut.


Temukan novel Jepang terjemahan yang bagus dengan mengikuti tips memilih yang telah kami bahas. Anda juga dapat memilih rekomendasi novel Jepang terjemahan dari kami. Selamat menikmati kehidupan goresan pena dari penulis Jepang yang luar biasa!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Persahabatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Persahabatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Persahabatan adalah salah satu tema yang sering diangkat menjadi karya sastra, termasuk novel. Selain bisa menikmati kisah persahabatan para tokohnya, tak jarang novel tersebut memberikan sejumlah inspirasi dan motivasi. Saat pergi ke toko buku atau membuka e-commerce, banyak sekali novel persahabatan yang bagus dan mungkin menarik hati Anda.Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih serta merekomendasikan sepuluh novel persahabatan terbaik. Anda akan menemukan sejumlah novel yang mungkin sudah tidak asing lagi, seperti Laskar Pelangi, The Kite Runners, dan 5 Cm. Simak sampai habis dan temukan novel pilihan Anda!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi kamu yang masih berusia remaja, membaca teenlit bisa menjadi pilihan asyik untuk mengisi waktu luang. Mayoritas novel remaja menggunakan gaya bahasa santai dan gaul sehingga dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tema-tema yang diangkat pun sudah tak asing lagi, yaitu seputar sekolah, persahabatan, keluarga, cita-cita, hingga romansa.Apabila kamu sedang mencari novel remaja yang bagus, kami akan berbagi tips untuk memilihnya. Kami juga akan menyuguhkan rekomendasi novel remaja terbaik, seperti Bumi, Ancika, dan Geez & Ann. Kamu penasaran? Yuk, baca artikel ini hingga tuntas!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda bisa terinspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di media sosial.Namun, setiap bulan selalu ada judul novel romantis terbaru yang terbit, mulai dari Hilmy Milan hingga Himpunan. Ada pula kisah menarik dari Wattpad yang dijadikan novel dan novel best seller lainnya. Agar tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih novel romantis yang bagus untuk Anda.
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mungkin banyak di antara Anda yang tumbuh bersama novel-novel dari Tere Liye. Tak hanya cerita dari novelnya saja yang mengaduk-aduk perasaan, tetapi juga banyak kutipan tulisan Tere Liye yang menyentuh hati. Dari semua novel Tere Liye yang ada, manakah yang paling Anda sukai?Untuk Anda yang baru mengetahui karya Tere Liye atau rindu ingin membaca ulang novel-novelnya, bacalah artikel ini. Kami akan memberikan rekomendasi sepuluh novel terbaik dari Tere Liye, seperti Pulang, Negeri Para Bedebah, dan Hujan. Sosok Tere Liye dan karyanya juga akan kami bahas lebih mendalam, lho!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Inspiratif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Inspiratif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Inspirasi bisa datang dari mana pun, termasuk novel. Di antara novel-novel inspiratif best seller, tema persahabatan, perjuangan, dan petualangan sering kali menjadi tema utama. Kisah-kisah dengan tema tersebut tidak hanya menghibur Anda, tetapi juga menginspirasi.Sebelum memilih novel inspiratif yang bagus, baca dulu artikel ini. Selain menyajikan tips memilih, kami juga memberikan rekomendasi novel inspiratif terbaik. Beberapa judul yang kami rekomendasikan antara lain Laskar Pelangi, Negeri 5 Menara, dan Second Chance Summer. Baca artikel berikut ini dan temukan novel inspiratif favorit Anda!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karya sastra Indonesia telah muncul sejak zaman kerajaan dan terus berkembang hingga saat ini. Selain memperkenalkan keragaman budaya Indonesia, buku sastra juga mengajak pembaca untuk tenggelam dalam untaian kalimat indah. Alur cerita buku-buku sastra Indonesia sangatlah menarik untuk disimak.Banyaknya buku sastra Indonesia yang ditawarkan pasti membuat Anda bingung dalam memilihnya. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih buku sastra Indonesia yang bagus. Buku sastra Indonesia terbaik, seperti Bumi Manusia, Hujan Bulan Juni, dan Laskar Pelangi ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Agatha Christie Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Agatha Christie Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Agatha Christie merupakan penulis asal Inggris yang terkenal dengan novel bergenre misteri. Karyanya yang paling populer bercerita tentang detektif fiksi, yakni Hercule Poirot dan Miss Marple. Ada banyak karya Agatha Christie yang dapat dibaca. Anda bisa memilih berdasarkan lokasi yang menjadi latar cerita atau tokoh yang digambarkan. Novel yang kisahnya diadaptasi menjadi film atau serial TV juga bisa menjadi pilihan.Pada artikel ini, kami akan memberikan daftar rekomendasi novel Agatha Christie terbaik. Salah satunya adalah And Then There Were None yang terkenal. Selamat berburu buku misteri dari Agatha Christie!
    Novel & sastra
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori