1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita
  6. >
  7. 10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2023)

Memiliki badan besar terkadang membuat wanita menjadi tidak percaya diri dalam berbusana. Terutama karena faktor sulitnya menemukan model baju wanita gemuk terkini di pasaran. Alhasil, baju yang dikenakan asal besar dan cenderung tidak enak dipandang. Meski begitu, kini sudah banyak produk pakaian untuk wanita gemuk yang dapat dipadukan sehingga terlihat trendi dan stylish


Kali ini, kami akan membagikan tips memilih baju untuk wanita gemuk. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk yang bagus dari beberapa merek terkenal, seperti Bodybigsize, Bibigsize, Bigssimo, dan lainnya. Simak artikel ini hingga tuntas, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih baju untuk wanita gemuk

Meski bertubuh besar, Anda juga bisa tampil cantik asal pemilihan bajunya tepat. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli baju. Perhatikan poin-poin di bawah ini dengan saksama dan temukan baju impian Anda!

① Pertimbangkan model baju yang diinginkan

Ada beberapa model baju yang cocok untuk tubuh berisi dan ada juga model yang perlu Anda hindari. Berikut ini telah kami himpun beberapa tips untuk memilih model baju dari jenisnya. Mari kita mulai!

Baju atasan, potongan yang pas dengan bentuk tubuh memberikan kesan lebih ramping

Ketika Anda memilih atasan, seperti kemeja, kaus, kebaya, atau lainnya, perhatikan potongan baju pilihan Anda. Beberapa potongan baju yang bisa Anda pilih, antara lain: 


  • Potongan kerah v-neck
Model baju dengan kerah v-neck biasanya menjadi primadona bagi segala bentuk tubuh. Pasalnya, kerah v-neck akan memberikan ilusi bentuk tubuh pemakainya terlihat lebih ramping. Oleh sebab itu, baju dengan kerah v-neck akan sangat cocok digunakan oleh orang bertubuh gemuk ataupun tidak terlalu tinggi.

  • Potongan kerah sabrina
Pakaian dengan model kerah sabrina atau boat neck sering digunakan pada potongan blouse atau dress. Busana yang menggunakan kerah sabrina akan menampilkan area bahu. Oleh sebab itu, busana dengan kerah sabrina akan terlihat cocok dikenakan pada bentuk bahu pendek atau petite.

Baju terusan, model A-line atau lurus akan menonjolkan bentuk tubuh Anda

Pada dasarnya, apa pun pakaian yang Anda kenakan, percaya diri dan kenyamanan adalah kunci utama penampilan menjadi paripurna. Dress, gamis, daster, hingga tunik pun dapat Anda gunakan dengan leluasa. Meski begitu, bila Anda ingin menampilkan kesan ramping, Anda dapat memilih beberapa model sebagai berikut. 


  • Model empire

Apabila ingin memberikan kesan jenjang pada tubuh bagian bawah, pilih dress atau baju terusan dengan model empire. Pasalnya, ciri khas dress model empire terletak pada potongan pinggang yang cukup tinggi, tepatnya di bagian bawah dada. Anda dapat memilih dress yang dilengkapi ikat pinggang, aksen pita, atau sejenisnya untuk menampilkan lekuk tubuh dan terlihat modis. 


  • Model A-line

Dress dengan model A-line merupakan busana yang menjadi favorit banyak perempuan. Ciri khas dari model ini adalah letak potongan yang memiliki sisi jahitan berpola mengembang dari area armhole hingga hemlineDress dengan potongan A-line memiliki potongan lebih lebar dari bagian pinggul ke bawah. Dress ini akan terlihat longgar dan dapat menyamarkan bentuk pinggul Anda.


  • Model asimetris

Ciri khas busana asimetris adalah model antara sisi kanan dan kiri tidak sama. Dengan begitu, tampilan dress menjadi unik. Bila dipadukan dengan bahan lace, model asimetris akan menambahkan kesan mewah sehingga pas untuk menjadi outfit pesta. Anda juga dapat menambah aksen ruffle sehingga tidak perlu menambah aksesori untuk dipadukan. 

Baju luaran, padu padan yang tepat akan memberikan aksen tambahan pada penampilan

Baju luaran, padu padan yang tepat akan memberikan aksen tambahan pada penampilan
Sumber: bibigsize.id

Wanita gemuk pun dapat tetap terlihat modis dengan menggunakan outwear, lho. Pasalnya, kini banyak produsen pakaian yang menyediakan outwear dengan ukuran jumbo. Dengan begitu, Anda dapat memadukan busana yang Anda miliki untuk tampilan baru. Berikut contoh outwear yang bisa dipilih.


  • Blazer
Beberapa tips memilih blazer yang tepat untuk wanita gemuk, antara lain memilih blazer dengan ukuran slim fit. Pemilihan blazer yang kebesaran atau terlalu kecil akan membuat tubuh terlihat lebih berisi. Anda juga dapat memilih blazer berpotongan crop yang membuat area pinggang terlihat lebih ramping. 

  • Cardigan
Ada empat model cardigan yang paling pas dikenakan oleh wanita gemuk. Sebut saja, model basic yang mirip bolero dan cocok digunakan oleh segala usia. Ada juga long cardi yang cocok digunakan untuk wanita berhijab atau nonhijab. Sementara itu, model batwing untuk menutupi lengan besar dan sleeveless merupakan cardigan tanpa lengan yang pas untuk tampil seksi. 

Kami juga sudah mengulas tentang cardigan untuk wanita gemuk secara khusus pada artikel berikut ini. Yuk, disimak juga!

② Cari bahan yang lembut dan jatuh

Tidak semua jenis bahan pakaian akan cocok dikenakan oleh Anda yang bertubuh besar. Ada beberapa jenis bahan yang paling pas dikenakan wanita bertubuh besar, yaitu bahan yang lembut dan jatuh. Pilih bahan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan acara yang hendak Anda hadiri.

Rayon, punya bahan yang adem dan jatuh

Rayon, punya bahan yang adem dan jatuh
Orang bertubuh besar biasanya mudah berkeringat sehingga butuh baju yang adem dan mudah menyerap keringat. Rayon adalah salah satu bahan yang ideal untuk Anda kenakan. Bahan yang juga dikenal dengan nama viscose ini memiliki beberapa sifat yang membuat pemakainya merasa nyaman, yaitu: 
  • Sejuk
  • Nyaman
  • Breathable
  • Berdaya serap tinggi
  • Tampak "jatuh"

Katun, cocok dipakai kapan saja

Katun, cocok dipakai kapan saja

Selain rayon, Anda juga bisa menggunakan bahan katun. Bahan ini sangat umum ditemukan sebagai bahan dasar baju dan sangat nyaman dikenakan pada berbagai kesempatan. Katun tak hanya adem dipakai saat cuaca panas, tetapi juga nyaman dipakai saat cuaca dingin


Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih katun karena ada beberapa jenis yang tebal dan tidak jatuh. Kain katun yang sebaiknya Anda pilih adalah kain katun yang jatuh sehingga dapat memberikan shape pada tubuh. Jika Anda menginginkan katun yang jatuh, Anda bisa mencari jenis poly cotton

Brokat, memiliki motif beragam pas untuk outfit pesta

Brokat, memiliki motif beragam pas untuk outfit pesta

Kain brokat atau brocade yang lebih dikenal di pasaran Indonesia merupakan kain lace atau kain berenda. Ciri khas dari kain brokat dari lace ini cenderung menerawang sehingga membutuhkan kain tambahan untuk melapisinya. Biasanya, bahan ini dibuat untuk busana-busana semiformal atau formal sehingga cocok untuk digunakan saat Anda menghadiri acara penting.


 Anda perlu memperhatikan dengan cermat pemilihan busana brokat agar penampilan tetap menarik dan trendi. Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih busana dengan berbahan brokat. 

  • Pilih warna brokat yang gelap atau netral seperti beige.
  • Hindari pakaian yang menggabungkan dua warna atau lebih. 
  • Jika Anda tertarik menggunakan busana brokat kombinasi, pilih kain polos sebagai kombinasinya. 
  • Temukan bahan brokat yang ringan, seperti woolpeach (wolfis), moscrepe, ceruty, katun, atau satin yang tidak mengilap.

Jika Anda tertarik dengan busana yang menggunakan kain brokat, kami telah membahas secara khusus pada artikel berikut ini. Selamat membaca! 

③ Perhatikan pemilihan motif yang sesuai

Perhatikan pemilihan motif yang sesuai

Agar penampilan terlihat makin menarik dan stylish, Anda bisa mencoba baju bermotif. Namun, tidak semua jenis motif akan cocok dengan Anda. Sebaiknya carilah motif berukuran kecil agar terlihat lebih langsing. Selain itu, pilih motif busana yang tidak terlalu ramai dan padat. Hindari motif berukuran besar dan horizontal karena akan memberi kesan tubuh makin berisi dan lebar.

④ Pilih warna yang tepat

Pilih warna yang tepat

Orang bertubuh berisi memang paling pas mengenakan baju warna gelap untuk membuat kesan mengecilkan. Anda bisa memilih warna baju hitam, navy, atau abu-abu gelap. Jika ingin lebih berwarna, coba pilih warna lain seperti merah maroon atau hijau emerald. Warna-warna ini tetap aman dipakai oleh Anda yang berbadan plus size sekaligus bisa memberi kesan elegan. 


Meskipun begitu, bukan berarti semua baju yang Anda miliki harus berwarna gelap. Jika Anda percaya diri, sah-sah saja mengenakan baju colorful! Namun, agar tidak terlihat makin menonjol, hindari pakaian berwarna neon. Cari baju berwarna kalem seperti peach atau hijau mint jika Anda ingin terlihat lebih feminin

⑤ Pahami ukuran baju yang terlihat indah saat digunakan

Pahami ukuran baju yang terlihat indah saat digunakan

Karena bertubuh berisi, bukan berarti Anda jadi membeli baju yang asal besar saja. Baju yang kelonggaran tidak selalu menutupi kekurangan, melainkan bisa membuat Anda tampak makin lebar dan besar.


Jika Anda hendak membeli baju lewat online, pastikan seller memberikan keterangan detail tentang ukuran baju. Ukur terlebih dahulu lingkar dada, lingkar pinggang, dan lingkar pinggul. Setelahnya, sesuaikan dengan detail yang diberikan penjual. Hindari membeli baju berukuran all size karena lebih sulit diprediksi ukurannya

10 Rekomendasi baju terbaik untuk wanita gemuk

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baju terbaik untuk wanita gemuk yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Bigissimo

Se Ri Korean Tunik Midi Dress Bigsize

Bigissimo Se Ri Korean Tunik Midi Dress Bigsize 1枚目

Model baju atasan wanita gemuk yang membuat terlihat langsing

2

Baju Bunda

Plus Size Clothing Esther

Baju Bunda Plus Size Clothing Esther 1枚目

Kemeja untuk wanita gemuk yang membuat leher terlihat lebih jenjang

3

Agnes Fashion

Gamis Putih Wanita Brukat

Agnes Fashion  Gamis Putih Wanita Brukat 1枚目

Dress brokat cantik dengan bagian atas yang menutupi lengan

4

Lola Baju Sabrina Jumbo Wanita

 Lola Baju Sabrina Jumbo Wanita 1枚目

Model baju wanita gemuk terkini yang membuat Anda tampil seksi

5

Kebaya Rinjani Big Size

 Kebaya Rinjani Big Size 1枚目

Tampil memesona dengan kebaya bernuansa modern

6

Bibigsize

Wave Cardigan

Bibigsize Wave Cardigan 1枚目

Auto slim look untuk wanita gemuk hijab

7

Akusara Mode Abadi

Smock Dress

Akusara Mode Abadi Smock Dress 1枚目

Bahan yang flowy dan adem dengan feminin look

8

Iwearalice

Maddy Dress Tunik Brukat

Iwearalice Maddy Dress Tunik Brukat 1枚目

Kombinasi bahan dan potongan ciamik untuk menutupi pinggul besar

9

Curva Fabulous

Long Sleeve Striped Shirt

Curva Fabulous Long Sleeve Striped Shirt 1枚目

Coraknya memberikan kesan slim, cocok untuk wanita gemuk pendek

10

Xtramiles

Plus Size Set Short Princess Series

Xtramiles Plus Size Set Short Princess Series 1枚目

Setelan seragam santai di rumah untuk daily outfit Anda

Perincian produk
Close
No.1

BigissimoSe Ri Korean Tunik Midi Dress Bigsize

Mulai dari Rp195.000,00

Model baju atasan wanita gemuk yang membuat terlihat langsing

Bagi Anda yang sedang mencari outfit kerja, kami merekomendasikan produk ini. Kemeja tunik yang memiliki aksen pita pada bagian leher ini memberikan tampilan supermanis saat digunakan. Corak lengan dan bagian lengannya yang berbeda dengan corak bagian tubuh memberikan ultra slim look effect.


Terlebih, perpaduan material bahannya yang sangat nyaman dan tidak menerawang serta potongan modelnya memberikan smart casual look. Anda bisa memadukannya dengan celana bahan saat ingin tampil formal atau celana jeans saat ingin tampil lebih kasual. 

No.2

Baju BundaPlus Size Clothing Esther

Mulai dari Rp64.900,00

Kemeja untuk wanita gemuk yang membuat leher terlihat lebih jenjang

Memiliki tubuh yang gemuk biasanya diikuti dengan panjang leher yang kurang jenjang. Bila Anda kurang percaya diri dengan bagian tubuh ini, siasati cara berpakaian Anda menggunakan kemeja berkerah V ini. Dipadukan dengan karet dan tali pada bagian pinggang, kemeja ini sangat cocok untuk tampilan yang simpel sekaligus tetap menarik.

No.3

Agnes Fashion Gamis Putih Wanita Brukat#809

Mulai dari Rp450.000,00

Dress brokat cantik dengan bagian atas yang menutupi lengan

Bingung mencari gamis yang dapat menyembunyikan bagian lengan yang besar? Produk dari Agnes Fashion inilah jawabannya! Gamis berwarna putih full brokat yang satu ini memiliki model cantik yang dilengkapi penutup pada bagian lengan. Dengan begitu, bagian pundak dan lengan Anda tidak terekspos secara langsung. 


Tambahan detail kalung juga turut membuat baju ini terlihat tidak membosankan. Pas untuk dikenakan saat menghadiri acara formal di kantor atau menyambut hari raya. Sayangnya, ukuran lingkar dada paling besar dari gamis brokat ini hanya 120 sentimeter. Jadi, pastikan ukuran lingkar dada Anda tidak melebihi ukuran gamis ini, ya!

No.4

Lola Baju Sabrina Jumbo Wanita

Mulai dari Rp88.000,00

Model baju wanita gemuk terkini yang membuat Anda tampil seksi

Dengan model baju yang tepat, Anda dapat tampil seksi, lho! Jika Anda ingin tampil sedikit beda dan menggoda, pilihlah blus dengan detail sabrina seperti ini. Detail kerutan pada bagian dada juga memberikan nilai tambah pada penampilan seksi Anda.


Warnanya yang cerah bisa memberi kesan playful dan fun! Namun, tetap tersedia warna-warna netral seperti hitam dan putih. Jangan takut untuk memadukannya dengan rok sepan selutut untuk menonjolkan lekuk pinggul Anda.

No.5

Kebaya Rinjani Big Size

Mulai dari Rp150.000,00

Tampil memesona dengan kebaya bernuansa modern

Bagi Anda yang sedang mencari baju pesta, kebaya yang satu ini patut dilirik, nih! Bahannya terbuat dari lace yang lembut dan halus. Modelnya pun kekinian dan modern dengan detail asimetris di bagian bawah sehingga tidak sesak saat digunakan. Anda pun sudah mendapatkan rok sutra sebagai bawahannya. Padukan dengan high heels andalan, siap tampil memesona ke pesta!

No.6

Auto slim look untuk wanita gemuk hijab

Jika Anda suka mix and match pakaian, kardigan satu ini wajib untuk Anda miliki! Warnanya yang soft membuat Anda dapat memadukan kardigan ini dengan berbagai hijab yang cantik. Selain bisa jadi outer stylish nan modis, potongan garis diagonalnya membuat Anda terlihat lebih langsing, lho! Meskipun berbahan knit, kardigan ini tetap adem dan nyaman tanpa terasa panas.

No.7

Akusara Mode AbadiSmock Dress

Mulai dari Rp129.000,00

Bahan yang flowy dan adem dengan feminin look

Baju atasan yang satu ini menggunakan bahan katun rayon yang sangat jatuh saat dikenakan. Oleh sebab itu, pakaian ini akan terasa sangat nyaman digunakan. Potongan empire yang dipadukan kerutan pada bagian dada ini pun sempurna untuk memberi kesan tubuh jenjang. Tampil santai, tetapi tetap modis? Jangan lewatkan produk ini!

No.8

IwearaliceMaddy Dress Tunik Brukat

Mulai dari Rp259.000,00

Kombinasi bahan dan potongan ciamik untuk menutupi pinggul besar

Kami merekomendasikan dress tunik yang satu ini untuk Anda yang memiliki pinggul besar. Pasalnya, dress ini memiliki model clog yang sempurna untuk memberikan aksen pada bagian pinggul. Bagian atas dari dress ini menggunakan bahan brokat sehingga dapat digunakan untuk semiformal look. Menariknya, dress ini dapat digunakan oleh wanita gemuk dengan lingkar dada hingga 150 cm, lho!

No.9

Curva FabulousLong Sleeve Striped Shirt

Mulai dari Rp274.560,00

Coraknya memberikan kesan slim, cocok untuk wanita gemuk pendek

Motif garis vertikal pada pakaian bisa menjadi penyelamat untuk memberikan tampilan agar terlihat lebih langsing dan tampak tinggi. Model pada bagian belakang yang lebih panjang membuat Anda tetap bisa menutupi bagian bokong. Oleh sebab itu, kemeja ini tetap nyaman saat dipadukan dengan span yang ketat. Menariknya, kancing pada bagian depan pun sangat busui friendly.

No.10

XtramilesPlus Size Set Short Princess Series

Mulai dari Rp499.000,00

Setelan seragam santai di rumah untuk daily outfit Anda

Bingung mencari daily outfit yang nyaman dipakai dan tetap terlihat stylish?Produk dari Xtramiles ini jawabannya! Atasan ini punya model yang minimalis, tetapi tetap terlihat modis. Dipadukan dengan celana pendek dengan full karet dan kantong pada samping kiri serta kanan membuatnya makin nyaman digunakan. Pas sekali untuk dipakai sehari-hari!

Tips padu padan baju untuk orang gemuk pendek agar terlihat langsing

Tips padu padan baju untuk orang gemuk pendek agar terlihat langsing

Agar penampilan makin maksimal, kami memiliki beberapa tips untuk padu padan baju untuk wanita gemuk. Cek apa saja yang pas dan ideal untuk digunakan oleh wanita gemuk berikut ini!


  • Padu padankan blouse, kaos, atau tunik dengan celana jeans untuk tampilan kasual
Celana jeans merupakan salah satu celana yang bisa dikenakan dalam berbagai acara nonformal dan semiformal. Pilih model celana jeans yang cocok dikenakan oleh wanita bertubuh gemuk. Boyfriend jeans yang longgar, mom jeans berpotongan baggy, oversized jeans yang simpel dan nyaman adalah contohnya. Ada pula mid-rise-jeans yang memberikan aksen tambahan pada bagian pinggang. 

  • Gunakan sepatu dengan hak dengan tinggi minimal 5 cm dan berbentuk runcing

Penggunaan high heels ini akan membuat bagian pantat terlihat lebih ke atas. Dengan begitu, tinggi badan bertambah, Anda akan terlihat lebih seksi, ramping, dan anggun. High heels ini dapat dipadukan dengan tunik, long dress, atau baju kasual lainnya. 


Untuk pemilihan warna, sesuaikan dengan busana yang Anda gunakan. Bila busana yang Anda kenakan telah berwarna cerah, gunakan sepatu berwarna netral, seperti hitam, putih, atau nude. Bila Anda lebih nyaman menggunakan flat shoes, padukan dengan dress berukuran tanggung sehingga terlihat lebih pas dan menawan.

Baca juga rekomendasi baju lainnya untuk wanita gemuk di sini

Selain baju, kami juga punya rekomendasi atasan dan gamis berukuran besar yang menarik untuk dilihat. Anda bisa membaca artikel tersebut dengan mengeklik tautan di bawah ini. Pilih produk yang paling tepat dan sesuai untuk Anda!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh baju terbaik untuk orang gemuk. Di antara produk pilihan kami, adakah yang membuat Anda tertarik untuk membelinya? 


Memilih baju yang tepat bagi tubuh gemuk akan memberikan tampilan yang modis dan menawan. Jadi, Anda perlu memperhatikan model, warna, detail corak, serta bahan yang sesuai bentuk tubuh. Setelah membeli pun, Anda perlu mix and match dengan gaya yang tepat. Semoga Anda menemukan produk yang tepat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer