1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Elektronik dapur
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Freezer Box Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Freezer Box Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Freezer Box Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Freezer Box Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Freezer Box Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Freezer Box Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Freezer Box Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Freezer box merupakan alat pembeku makanan yang biasa digunakan oleh berbagai wirausaha UMKM. Alat yang dikenal juga dengan sebutan chest freezer ini umumnya memiliki kapasitas yang besar. Anda bisa menemukan beberapa ukuran yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan Anda.


Di artikel ini kami akan membahas cara memilih freezer box yang bagus sesuai dengan keperluan Anda. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi freezer box dari beberapa merek ternama, seperti ARTUGO, SHARP, dan Polytron. Bagi Anda yang sedang mencari freezer jenis ini, silakan simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 12-19-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa keuntungan dari freezer box?

Jika umumnya kulkas dipakai untuk meletakkan bahan makanan kebutuhan sehari-hari, lain halnya dengan freezer box. Freezer box memiliki pintu yang dibuka secara vertikal dan kebanyakan dipakai untuk meletakkan frozen food ataupun es krim. Ada cukup banyak keuntungan ataupun kelebihan yang Anda dapatkan ketika memiliki freezer box. Apa saja itu? Simak poin-poin berikut ini.


  • Mempunyai kapasitas lebih besar serta jangka waktu penyimpanannya lebih lama dibandingkan kulkas.

  • Bunga es yang muncul dalam freezer box cenderung minim sehingga lebih mudah dibersihkan.

  • Suhu yang dihasilkan oleh freezer box lebih stabil. Jadi, ketika mati listrik, pendingin bisa bertahan hingga berjam-jam tanpa mengurangi kualitas makanan yang disimpan.

  • Jika dibanding dengan kulkas, freezer box lebih hemat listrik.

Cara memilih freezer box

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih freezer box. Anda perlu memperhatikan, kapasitas, daya listrik, ukuran, serta kelebihan yang ditawarkan. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini! 

① Pilih sesuai kapasitas yang dibutuhkan

Pilih sesuai kapasitas yang dibutuhkan

Dalam memilih freezer box, Anda perlu mempertimbangkan kapasitas yang Anda perlukan sebelum membelinya. Freezer box umumnya hadir dalam berbagai kapasitas mulai dari 100 liter hingga 600 liter. Pemilihan kapasitas ini dapat Anda pertimbangkan sesuai kebutuhan.


Untuk keperluan rumah tangga, Anda bisa memilih freezer box dengan kapasitas 100 liter hingga 200 liter. Namun, jika Anda membelinya untuk keperluan bisnis atau korporasi, kami sarankan Anda membeli produk di atas 200 liter. Kapasitas freezer box yang besar akan membuat Anda lebih leluasa menata bahan makanan beku. Tentunya, Anda juga bisa memuat lebih banyak item

② Pertimbangkan yang berdaya listrik rendah agar lebih hemat

Pertimbangkan yang berdaya listrik rendah agar lebih hemat

Sebenarnya, freezer box memang cenderung lebih hemat listrik dibandingkan freezer model upright. Temperatur di dalam freezer box juga lebih stabil sehingga membuat konsumsi listrik pada tipe ini lebih kecil. Meskipun begitu, freezer box tentu akan menambah biaya listrik di rumah Anda. 


Untuk itu, periksalah besaran watt pada freezer box yang Anda inginkan. Selain itu, pastikan daya listrik di rumah atau tempat usaha Anda mencukupi dengan penambahan freezer box baru. Berikut ini, kami akan memberikan informasi besaran watt yang umum ditemui pada freezer box.


  • Freezer box dengan kapasitas penyimpanan di bawah 100 liter, rata-rata menggunakan daya listrik sebesar 80–140 watt.

  • Freezer box dengan kapasitas penyimpanan sekitar 180–200 liter, biasanya memerlukan daya listrik sebesar 120–145 watt.

  • Freezer box dengan kapasitas penyimpanan lebih dari 200 liter, umumnya memakai daya listrik sebesar 135–360 watt.

③ Sesuaikan ukuran freezer dengan kapasitas ruangan

Freezer box yang beredar di Indonesia cenderung mempunyai model yang melebar ke samping daripada yang memanjang ke atas. Jadi, sebelum membeli freezer box, cek terlebih dahulu dimensi dari produk yang Anda inginkan. Jangan sampai freezer box yang Anda beli, bahkan tidak bisa masuk melalui pintu rumah Anda. 


Pastikan juga ukuran freezer tersebut cukup dengan kapasitas ruangan yang Anda miliki. Jika ukuran sudah pas, Anda bisa mulai membersihkan area yang dituju dan mengosongkannya untuk menaruh alat ini.

④ Periksa adanya kelebihan lain yang dimiliki produk

Hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan adalah memeriksa kelebihan lain yang ada pada freezer box. Anda bisa memilih freezer dengan quick freeze untuk mempercepat proses pembekuan. Kemudian, tambahan keranjang juga bisa membantu Anda menata makanan menjadi lebih rapi. Apabila terdapat roda, Anda pun akan lebih mudah saat harus memindahkan freezer


Selain itu, Anda bisa memilih produk yang dilengkapi dengan deodorizer, keylock, LED light, termometer digital, ataupun pengaturan suhu. Namun, bukan berarti Anda harus mencari produk yang memiliki banyak kelebihan. Hal terpenting adalah mencari produk dengan keunggulan yang sesuai kebutuhan utama Anda.  

10 Rekomendasi freezer box terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk freezer box terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

GEA

Chest Freezer

GEA Chest Freezer 1枚目

Dilengkapi anti-vacuum yang buat pintu tidak sulit dibuka

2

AQUA JAPAN

Chest Freezer

AQUA JAPAN Chest Freezer  1枚目

Walau mati listrik, suhu dingin dapat bertahan hingga 48 jam!

3

Midea

Chest Freezer

Midea Chest Freezer 1枚目

Membuka pintu freezer jadi lebih mudah berkat hovering door

4

SHARP

Chest Freezer Series

SHARP Chest Freezer Series 1枚目

Multifungsi! Bisa jadi kulkas ataupun freezer box

5

Polytron

Chest Freezer

Polytron Chest Freezer 1枚目

Ukurannya sedang, bisa dikunci, dan low watt pula

6

MODENA

Chest Freezer

MODENA Chest Freezer 1枚目

Freezer box berkapasitas 200 literan yang dilengkapi deodorizer

7

Electrolux

Chest Freezer

Electrolux Chest Freezer 1枚目

Sliding glass door-nya bikin suhu stabil

8

FRIGIGATE

Chest Freezer

FRIGIGATE Chest Freezer 1枚目

Mempunyai getaran yang halus dan tidak mengganggu

9

ARTUGO

Chest Freezer

ARTUGO Chest Freezer  1枚目

Tawarkan lima pilihan warna menarik

10

CHANGHONG

Chest Freezer 600L

CHANGHONG  Chest Freezer 600L  1枚目

Kapasitas besar untuk industri perhotelan dan restoran

Perincian produk
Close
No.1

GEAChest FreezerAB-108-R

Mulai dari Rp2.180.000,00

Dilengkapi anti-vacuum yang buat pintu tidak sulit dibuka

Umumnya, produk freezer box menambahkan vacuum pada pintu yang membuat pintu jadi lebih sulit untuk dibuka. Jika Anda tak mau repot saat membuka pintu freezer, produk ini layak untuk dilirik. Freezer box ini dilengkapi anti-vacuum pada pintu sehingga membuatnya jadi lebih mudah dibuka.


Di sisi lain, produk ini juga menggunakan termometer digital yang memudahkan Anda mengetahui dan mengatur suhu dalam freezer. Terlebih lagi, produk ini didesain untuk dipakai pada iklim tropis dengan kelembapan yang tinggi. Teknologi ini membuat freezer dapat mempertahankan suhu dinginnya meski suhu di luar panas.

No.2

AQUA JAPANChest Freezer AQF-150FR

Mulai dari Rp3.499.000,00

Walau mati listrik, suhu dingin dapat bertahan hingga 48 jam!

Chest freezer ini memiliki keunggulan mampu mempertahankan suhu dingin hingga 48 jam meski listrik mati sekalipun. Apabila rumah atau toko Anda sering mengalami mati listrik, produk ini wajib Anda miliki! Selain bisa membuat makanan tetap beku, daya yang dimiliki juga tidak terlalu besar.


Freezer box dari AQUA JAPAN ini juga dilengkapi teknologi Super Fast Freezing yang bisa membekukan makanan dengan cepat. Jadi, Anda tidak perlu terlalu lama lagi menunggu makanan menjadi beku. Kualitas makanan pun akan terjaga kesegarannya!

No.3

MideaChest FreezerHS-252CK

Mulai dari Rp2.798.000,00

Membuka pintu freezer jadi lebih mudah berkat hovering door

Membuka tutup freezer box terkadang memang merepotkan. Ditambah lagi, engsel pintu bisa jadi cepat rusak jika Anda menutupnya dengan keras. Nah, bagi Anda yang sering merasa kerepotan karena hal tersebut, freezer dari Midea ini bisa menjadi solusinya. 


Produk ini mempunyai model hovering door yang bisa terbuka terus tanpa harus dipegangi. Anda jadi lebih leluasa mengeluarkan isi freezer dengan dua tangan. Selain itu, model pintu seperti ini juga meminimalisir pintu cepat rusak karena sering terbanting. 

No.4

SHARPChest Freezer SeriesFRV–300

Mulai dari Rp3.525.000,00

Multifungsi! Bisa jadi kulkas ataupun freezer box

Jika Anda mencari produk yang multifungsi, produk dari SHARP ini bisa dijadikan pilihan. Selain dapat membekukan berbagai jenis makanan, freezer box ini juga dapat difungsikan sebagai kulkas. Anda tinggal mengatur suhu ke arah refrigerator, makanan atau minuman pun tidak akan menjadi beku. 


Anda pun dapat menjadikan freezer box ini sebagai investasi jangka panjang karena adanya teknologi antikarat pada kabinet. Alhasil, freezer jadi lebih awet dan tampak selalu baru. Tanpa karat, kualitas makanan yang disimpan di dalam freezer juga aman terjaga kualitasnya. 

No.5

PolytronChest FreezerPCF 117

Mulai dari Rp2.549.000,00

Ukurannya sedang, bisa dikunci, dan low watt pula

Bagi Anda yang sedang mencari freezer box berkapasitas sedang dengan daya kecil, produk ini bisa dijadikan pertimbangan. Freezer box berukuran sedang sangat cocok untuk bisnis kecil atau keperluan rumah tangga. 


Produk dari Polytron ini juga terbilang ramah lingkungan karena bebas CFC. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir akan keamanan isi freezer box karena produk ini sudah dilengkapi dengan safety lock. 

No.6

MODENAChest FreezerMD 20 W

Mulai dari Rp4.450.000,00

Freezer box berkapasitas 200 literan yang dilengkapi deodorizer

Apakah Anda khawatir makanan yang disimpan di dalam freezer box mengeluarkan bau tak sedap? Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda memilih produk keluaran MODENA ini. 


Chest freezer ini sudah dilengkapi dengan tambahan deodorizer yang akan membantu menghilangkan bau tak sedap dalam freezer box. Produk ini juga memiliki Heavy Duty Compressor yang mampu menghasilkan kinerja pendingin handal dengan suhu dingin yang stabil. 

No.7

ElectroluxChest FreezerECM2050WA-ID

Mulai dari Rp4.797.000,00

Sliding glass door-nya bikin suhu stabil

Freezer box rilisan Electrolux ini dilengkapi dua pintu, yaitu pintu utama yang dibuka ke atas dan sliding glass door yang ada di dalamnya. Anda dapat melihat dan memilih bahan makanan melalui pintu kaca tanpa membukanya. 


Kelebihan tersebut akan membantu suhu di dalam tetap stabil dan mengurangi beban kerja kompresor. Selain itu, makanan pun jadi lebih awet karena tidak sering terpapar dengan udara panas di luar. Bagi Anda yang sedang mencari freezer model ini, beli saja produk dari Electrolux, ya!

No.8

FRIGIGATEChest FreezerCF-300LV

Mulai dari Rp3.119.000,00

Mempunyai getaran yang halus dan tidak mengganggu

Beberapa freezer box mengeluarkan suara mesin yang cukup bising. Jika Anda terganggu dengan hal tersebut, freezer box keluaran FRIGIGATE ini bisa dijadikan pilihan. 


Produk ini memiliki getaran suara yang halus dan tidak mengganggu. Jadi, Anda pun akan merasa lebih nyaman jika menaruhnya di dalam rumah. Memiliki konstruksi yang kokoh dan kuat membuat produk ini pun lebih awet untuk pemakaian jangka panjang.

No.9

ARTUGOChest Freezer CF 101

Mulai dari Rp2.611.200,00

Tawarkan lima pilihan warna menarik

Rata-rata, freezer box yang dijual di pasaran didesain dengan warna yang netral, seperti abu-abu ataupun putih. Nah, apabila Anda sedang mencari freezer box yang pilihan warnanya cukup bervariasi, produk dari ARTUGO ini layak dipertimbangkan. 


Ada lima pilihan warna yang ditawarkannya, yakni merah, hitam, abu-abu, putih, dan turquoise. Anda pun jadi lebih leluasa memilih warna yang sesuai dengan desain interior ruang makan di rumah. Menariknya, produk ini juga memiliki kompresor yang menggunakan refrigerant ramah lingkungan dan hemat energi listrik, lho!

No.10

CHANGHONG Chest Freezer 600L CBD-680

Mulai dari Rp6.999.000,00

Kapasitas besar untuk industri perhotelan dan restoran

Kapasitas freezer box yang besar biasanya dibutuhkan oleh industri, seperti perhotelan, restoran, atau supermarket. Jika Anda bekerja di salah satu industri tersebut dan sedang mencari freezer box, kami merekomendasikan produk ini. Freezer dari CHANGHONG ini mampu menampung bahan makanan hingga 600 liter!


Selain itu, produk ini juga tahan terhadap deformasi dan kebocoran. Tentunya kelebihan ini akan membuat produk jadi lebih awet dan tahan lama sehingga pas untuk pemakaian jangka panjang. A very good deal!

Baca juga rekomendasi kulkas lainnya di sini

Jika Anda merasa belum cocok dengan freezer box, kami juga punya artikel rekomendasi kulkas. Anda bisa memilih model dan jenis kulkas berdasarkan kebutuhan Anda. Untuk lebih lengkapnya, silakan klik link yang ada di bawah ini. 

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menentukan produk freezer box mana yang akan Anda pilih? Setiap produk tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Anda dapat mempertimbangkan keunggulan produk sesuai kebutuhan dan bujet Anda.


Jangan lupa pastikan produk yang Anda pilih memiliki garansi kompresor dan spare part, ya. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu Anda mendapatkan freezer box idaman Anda. Selamat memilih! 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer