• 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.


Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.

  • Pembaharuan terakhir: 19 April 2021
  • 8.799 Views
Daftar isi

Kopi decaf, kopi dengan kandungan kafein yang sangat rendah

Kopi mengandung kafeina yang dapat menstimulasi sistem saraf. Namun, ada beberapa orang yang cukup sensitif terhadap kafeina. Untuk orang-orang yang sensitif terhadap kafeina, mengonsumsi kopi dalam jumlah sedikit saja dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. 


Karena alasan tersebut, munculah kopi decaf atau decaffeinated yang kadar kafeinanya cukup rendah. Kopi decaf sebenarnya sudah ada sejak tahun 1900-an. Sayangnya, pada saat itu, pembuatannya menggunakan zat kimia yang  diketahui dapat menyebabkan kanker. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, ditemukan cara agar proses decaffeinated bisa menghasilkan kopi decaf yang aman untuk dikonsumsi.


Proses pembuatan kopi decaf dapat membantu menghilangkan 97% kadar kafeina di dalamnya. Proses pengurangan kadar kafeina ini dilakukan sebelum proses roasting pada biji kopi yang masih hijauAroma dan rasanya lebih lembut dibandingkan kopi biasanya.


Pada beberapa penelitian, memang ditemukan bahwa proses decaffeinated sedikit mengurangi kandungan antioksidan dan nutrisi pada kopi. Namun, secara keseluruhan, kandungan antioksidan dan nutrisi pada kopi decaf tidak banyak berbeda dengan kopi biasa. Kopi decaf lebih cocok dikonsumsi oleh ibu hamil, anak-anak, sampai orang yang mengalami gangguan tidur dan kecemasan.

Cara memilih kopi decaf

Agar Anda tidak bingung, kami akan memberikan tips cara memilih kopi decaf. Proses pembuatan sampai jenis biji kopinya merupakan bahan pertimbangan yang penting. Simak penjelasan kami pada setiap poinnya, ya.

Pilih kopi decaf dengan proses produksi yang aman

Ada beberapa metode yang dikenal dalam proses pembuatan kopi decaf. Kami akan menjelaskan beberapa metode yang sering digunakan dalam proses pembuatannya.

Metode pengolahan air, alami dan bebas bahan kimia tambahan

Metode pengolahan air, alami dan bebas bahan kimia tambahan

Di luar negeri, metode pengolahan air juga dikenal dengan nama Swiss water process. Kafeina yang terdapat dalam biji kopi merupakan zat yang dapat larut di dalam air. Dalam metode ini, biji kopi yang belum disangrai akan direndam di dalam air selama kurang lebih 10 jam.


Di beberapa tempat, biji kopi yang telah direndam air akan dilewatkan ke dalam arang aktif. Arang aktif membantu menghilangkan kafeina sampai 96%. Seiring berkurangnya kadar kafeina, rasa kopinya tentu juga ikut berkurang. Metode ini dianggap metode paling aman untuk membuat kopi decaf.

Metode pelarut langsung, menghilangkan kafein dengan bahan kimia

Metode pelarut langsung, menghilangkan kafein dengan bahan kimia

Sesuai dengan namanya, metode ini menggunakan bahan kimia sebagai pelarut kafein. Proses pelarutannya dilakukan dengan menambahkan larutan kimia secara langsung pada biji kopi yang masih lembap. Cara tersebut akan menghilangkan kandungan kafeina. Setelah selesai, pelarut akan diuapkan dan biji kopi dicuci bersih agar tidak ada pelarut yang tertinggal.


Pelarut yang biasa digunakan adalah etil asetat. Bahan etil asetat dapat diperoleh secara sintetis atau dari hasil fermentasi gula.

Metode karbon dioksida, memberikan hasil ekstraksi kafein yang maksimal

Metode karbon dioksida, memberikan hasil ekstraksi kafein yang maksimal

Metode terakhir yang banyak digunakan adalah metode karbon dioksida. Pertama-tama, biji kopi direndam di dalam air terlebih dahulu. Selanjutnya, dimasukkan karbon dioksida ke dalam chamber yang berisi air dan biji kopi. Penambahan tekanan udara sangat penting dalam proses ini agar gas karbon dioksida berubah menjadi cairan. Karbon dioksida dalam bentuk cairan ini dapat mengekstraksi kafeina secara maksimal.


Hasil yang didapatkan dari metode ini sangat maksimal. Kepadatan biji kopi juga tidak akan berubah dalam metode ini. Sayangnya, biaya yang dibutuhkan cukup besar.

Pilih berdasarkan biji kopinya

Setiap kopi yang Anda minum memiliki rasa yang berbeda. Jenis biji kopi merupakan salah satu faktor yang membuat rasanya berbeda. Kami akan memperkenalkan dua jenis biji kopi yang lazim digunakan.

Kopi arabica: Rasanya yang lembut membuatnya menjadi favorit

Kopi arabica: Rasanya yang lembut membuatnya menjadi favorit

Jenis biji kopi arabica merupakan biji kopi yang merajai pasaran. Tanaman kopi arabica tumbuh di daerah sejuk dengan ketinggian 1.000-2.000 mdpl (meter di atas permulaan laut). Setelah diseduh, rasa kopinya lebih lembut karena memiliki perpaduan rasa asam dan manis. Anda dapat merasakan sedikit taste buah-buahan, cokelat, sampai kacang-kacangan. Aromanya pun lebih wangi, seperti perpaduan bunga dan buah.


Kopi arabica berasal dari Brazil dan Etiopia. Di Indonesia sendiri, yang termasuk kopi arabica antara lain kopi Mandailing, Toraja, dan Sumatera. Kopi Kolombia juga termasuk jenis arabica dengan harga yang lebih mahal.

Kopi robusta: Rasanya lebih kuat dan pekat

Kopi robusta: Rasanya lebih kuat dan pekat

Tanaman kopi robusta tumbuh di daerah yang tidak terlalu tinggi, sekitar 300-800 mdpl. Perawatannya pun tergolong mudah. Kopi robusta memiliki rasa yang lebih pekat dan pahit. Anda akan merasakan aftertaste rasa kacang-kacangan. Biasanya, setelah diseduh, akan tercium sedikit aroma kayu.


Kopi Lampung, Bali, dan Flores tergolong sebagai kopi robusta dari Indonesia. Kopi robusta dari luar negeri biasanya berasal dari India, Vietnam, dan Jamaika.

Pilih berdasarkan bentuk kopi

Kopi decaf dijual dalam berbagai bentuk, mulai dari biji kopi sampai kopi instan. Simak penjelasan kami tentang masing-masing bentuk kopinya.

Biji kopi, mudah disesuaikan tingkat penggilingannya

Biji kopi, mudah disesuaikan tingkat penggilingannya

Jika Anda memiliki preferensi tingkat kehalusan bubuk kopi tersendiri, pilihlah kopi decaf dalam bentuk biji. Anda dapat menyesuaikan hasil penggilingannya berdasarkan selera Anda. Hanya saja, kopi decaf yang berbentuk biji masih cukup jarang ditemukan di Indonesia.

Kopi bubuk, bentuk yang paling umum ditemukan

Kopi decaf dalam bentuk bubuk merupakan kopi yang paling umum Anda temukan. Anda dapat menikmatinya sebagai espreso. Bila menginginkan rasa tambahan, campurkan dengan susu sebagai latte. Dalam membeli kopi bubuk, pilih kemasan yang sesuai dengan pemakaian Anda. Setelah kemasannya dibuka, ingatlah untuk menyimpan kopi dalam wadah yang kedap udara. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan kesegaran dan aromanya.

Kopi kapsul, mudah diseduh dengan mesin kopi

Kopi kapsul memiliki rasa yang pekat seperti kopi bubuk. Bedanya, kopi kapsul dijual dalam kemasan cup kecil atau biasa disebut pod. Anda membutuhkan mesin kopi khusus untuk menyeduh kopi seperti ini. Modelnya cukup praktis, cukup masukkan saja ke dalam mesin, lalu kopi nikmat siap untuk diseruput.

Kopi instan, praktis tanpa perlu meracik

Kopi instan, praktis tanpa perlu meracik

Menariknya, beberapa produsen menjual kopi decaf dalam bentuk kopi instan. Tentu saja kopi instan sangat praktis dinikmati. Anda tidak perlu menambahkan gula atau susu ke dalamnya. Cukup seduh saja, kemudian Anda bisa menikmati rasa kopi yang enak.

10 Rekomendasi kopi decaf terbaik

Setelah mengetahui tips dalam memilih kopi decaf, Anda perlu menyimak produk-produk terbaiknya. Meski belum banyak produk kopi decaf di Indonesia, ini adalah sepuluh produk terbaiknya versi kami. Baca penjelasan kami dengan saksama agar Anda menemukan kopi decaf yang sesuai selera.

10
Isi200 gram
Biji kopiArabica
MetodePelarut langsung
BentukBiji kopi, kopi bubuk
9
Isi10 kapsul
Biji kopiArabica
MetodeKarbon dioksida
BentukKopi kapsul
8
Isi10 kapsul
Biji kopiTidak disebutkan
MetodeTidak disebutkan
BentukKopi kapsul
7

Pabriek Kopi NataLow Caffeine Coffee Robusta

Mulai dari Rp 44.900,00

Isi100 gram
Biji kopiRobusta
MetodePengolahan air
BentukKopi bubuk
6

DongsuhMaxim Kanu Decaf Latte

Mulai dari Rp 200.000,00

Isi30 sticks
Biji kopiTidak disebutkan
MetodePengolahan air
BentukKopi instan
5
Isi18 kapsul, 150 kapsul
Biji kopiRobusta dan arabica
MetodeTidak disebutkan
BentukKopi kapsul
4

NestléNescafé Cappuccino Decaf

Mulai dari Rp 158.000,00

Isi10 sachet
Biji kopiRobusta dan arabica
MetodeTidak disebutkan
BentukKopi instan
3
Isi100 gram
Biji kopiRobusta dan arabica
MetodePengolahan air
BentukKopi bubuk
2
Isi100 gram
Biji kopiArabica
MetodePengolahan air
BentukKopi bubuk
1

IllyGround Espresso Classico Decaffeinated Coffee

Mulai dari Rp 88.000,00

Isi125 gram, 250 gram
Biji kopiArabica
MetodeTidak disebutkan
BentukKopi bubuk

Tabel perbandingan produk kopi decaf terbaik

Gambar produk
1
Illy Ground Espresso Classico Decaffeinated Coffee 1

Illy

2
Nestlé Nescafé - Gold Decaf 1

Nestlé

3
Pabriek Kopi Nata Premium Blend Box 1

Pabriek Kopi Nata

4
Nestlé Nescafé Cappuccino Decaf 1

Nestlé

5
Coffésso Decaf Coffee Pods 1

Coffésso

6
Dongsuh Maxim Kanu Decaf Latte 1

Dongsuh

7
Pabriek Kopi Nata Low Caffeine Coffee Robusta 1

Pabriek Kopi Nata

8
Tanamera Coffee Decaf Coffee Capsules 1

Tanamera Coffee

9
Starbucks Decaf Espresso Roast by Nespresso 1

Starbucks

10
Arutala Kopi Colombia Decaf Arabika 1

Arutala

Nama produk

Ground Espresso Classico Decaffeinated Coffee

Nescafé - Gold Decaf

Premium Blend Box

Nescafé Cappuccino Decaf

Decaf Coffee Pods

Maxim Kanu Decaf Latte

Low Caffeine Coffee Robusta

Decaf Coffee Capsules

Decaf Espresso Roast by Nespresso

Kopi Colombia Decaf Arabika

Keunggulan

Rasanya ringan tanpa pahit yang pekat

Bubuk kopinya mudah larut, rasanya pun khas

Hint rasa rempah-rempahnya ciptakan suasana yang hangat

Kapucino lengkap dengan choc topping

Rasio perpaduan biji kopinya hasilkan rasa yang pas

Kopi instan sudah lengkap dengan susu

Yuk, pilih sendiri kekuatan rasa dan aromanya!

Rasanya kuat dengan aftertaste yang melekat

Nikmati kopi ala Starbucks dari rumah

Pilih sendiri bentuk kopinya sesuai kesukaan

Harga mulai dariRp 88.000,00Rp 120.000,00Rp 65.900,00Rp 158.000,00Rp 196.000,00Rp 200.000,00Rp 44.900,00Rp 85.000,00Rp 119.000,00Rp 95.000,00
Isi125 gram, 250 gram100 gram100 gram10 sachet18 kapsul, 150 kapsul30 sticks100 gram10 kapsul10 kapsul200 gram
Biji kopiArabicaArabicaRobusta dan arabicaRobusta dan arabicaRobusta dan arabicaTidak disebutkanRobustaTidak disebutkanArabica Arabica
MetodeTidak disebutkanPengolahan airPengolahan airTidak disebutkanTidak disebutkanPengolahan airPengolahan airTidak disebutkanKarbon dioksidaPelarut langsung
BentukKopi bubukKopi bubukKopi bubukKopi instanKopi kapsulKopi instanKopi bubukKopi kapsulKopi kapsulBiji kopi, kopi bubuk
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kopi lainnya di sini

Berbagai kopi dijual di pasaran, mulai dari biji kopi, kopi instan, sampai yang siap minum. Apakah Anda tergolong penyuka kopi? Selain kopi decaf, terdapat berbagai rekomendasi kopi lainnya dalam artikel kami. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui informasi lengkapnya, ya.

Kesimpulan

Kopi decaf merupakan solusi ngopi bagi Anda yang sensitif terhadap kandungan kafeina. Bentuknya juga beragam, bisa disesuaikan dengan selera Anda. Pastikan bahwa kopi decaf yang Anda pilih merupakan kopi yang aman dikonsumsi dan terbebas dari bahan berbahaya, ya.


Sekian pembahasan kami tentang kopi decaf. Semoga Anda merasa terbantu. Apakah Anda sudah mendapatkan produk yang Anda inginkan? Yuk, segera beli produknya dan nikmati rasa kopi decaf yang menggoda!!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
    87.817 Views
  • 10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile. Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
    77.523 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    70.815 Views
  • 10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang pencinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, tea specialist, Neysa Valeria akan memberikan informasi tambahan di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan teh yang enak dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    21.971 Views
  • 10 Merk Teh Bunga Telang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Bunga Telang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh bunga telang adalah minuman teh herbal yang berasal dari bunga telang yang dikeringkan dan berwarna biru. Minuman ini menyimpan segudang khasiat yang baik untuk tubuh. Bahkan, bunga telang kering tidak hanya bisa dibuat teh saja, tetapi juga untuk membuat nasi biru. Bunga telang memang dikenal karena warna biru alami yang berasal dari kandungan pigmen antosianin di dalamnya. Nah, bagi Anda yang mencari teh bunga telang, bacalah artikel ini hingga selesai. Kami akan mengulas rekomendasi teh bunga telang yang enak dari berbagai merek, seperti Agradaya, Genki Plant, dan Siam Elephant. 
    Teh & kopi
    81 Views
  • 10 Rekomendasi Corn Tea / Teh Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Corn Tea / Teh Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh jagung atau corn tea telah menjadi minuman sehat yang begitu digemari masyarakat. Teh dengan cita rasa khas jagung manis ini banyak dikonsumsi untuk tujuan kesehatan dan kecantikan. Karena tidak mengandung kafein, teh ini pun dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia.Untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih dalam membeli produk teh jagung. Simak terus artikel ini dan dapatkan rekomendasi produk teh jagung dari Sempio, Woongjin, atau Dongsuh di sini!
    Teh & kopi
    5.021 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori