• 10 Wajan Teflon Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Wajan Teflon Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Wajan Teflon Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Wajan Teflon Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Wajan Teflon Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Wajan Teflon Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)

Dalam hal memasak, wajan menjadi salah satu peralatan yang wajib Anda miliki. Anda tidak perlu menjadi ahli jika ingin memasak makanan yang enak, cukup punya resep dan wajan antilengket. Ada beberapa jenis wajan antilengket yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah wajan teflon.


Di artikel ini kami akan memberitahu secara detail cara memilih wajan teflon yang bagus dan berkualitas. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda pilih, seperti, Maxim, Miyako, Maspion, dan lainnya. Jadi, langsung scroll ke bawah, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Dionisius Denizar
  • Pembaharuan terakhir: 24 Desember 2021
Daftar isi

Profil pakar: Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner, Dionisius Denizar

Profil pakar: Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner, Dionisius Denizar
Dionisius Denizar
Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner
Dionisius Denizar

Dalam karier profesionalnya, Dion berpengalaman di bidang strategy & planning baik korporat maupun proyek. Di luar karirnya, ia memiliki hobi travelling, memasak, dan mencoba masakan beserta bahan-bahannya.


Dion hobi memasak dan memiliki minat terhadap hal-hal yang berkaitan dengan masakan turun dari keluarganya sejak kecil. Ia memiliki minat terhadap kecap dan bumbu masakan Nusantara. Ia aktif mencari informasi tersebut hingga saat ini sejak mengemban studi S2 di Belanda pada 2017.

Keunggulan wajan teflon

Keunggulan wajan teflon

Teflon sebenarnya adalah senyawa polimer bernama politetrafluoroetilena. Jenis polimer ini memang banyak dipakai untuk perangkat dapur, salah satunya wajan. Wajan teflon banyak disukai karena antilengket dan bisa membuat masakan jadi tidak mudah gosong. Meskipun Anda menggunakan sedikit minyak, masakan tetap akan matang sempurna dan tidak menempel pada wajan. Hal ini tentunya membuat makanan Anda jadi jauh lebih sehat, bukan? 


Wajan ini juga sangat mudah dibersihkan dan tidak perlu digosok dengan kuat. Di sisi lain, harganya pun cukup terjangkau jika dibandingkan wajan berbahan lain. Anda bisa mendapatkan wajan teflon dengan harga kurang dari Rp200.000,- saja. Selain itu, bobotnya pun terbilang ringan, serta mudah untuk diangkat dan dipindahkan. Maka dari itu, banyak pemula membeli wajan ini sebagai wajan pertama mereka. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih wajan teflon

Bingung memilih wajan teflon yang tepat? Tenang saja, kami akan membantu menjelaskan cara memilih wajan teflon yang baik dan berkualitas. Perhatikan poin-poin di bawah ini untuk menemukan wajan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Pilih wajan teflon sesuai fungsinya

Jika Anda pikir bisa memasak berbagai jenis masakan dalam satu wajan saja, Anda salah besar! Agar wajan yang Anda miliki tidak mudah rusak, Anda perlu menggunakan wajan sesuai fungsinya. Kami akan mengenalkan beberapa jenis wajan teflon yang umum dipakai dan wajib Anda miliki. Simak baik-baik, yuk!

Fry pan, dipakai untuk menggoreng makanan

Fry pan, dipakai untuk menggoreng makanan

Fry pan adalah wajan berbentuk lempeng serta memiliki kedalaman yang rendah. Anda bisa menggunakan wajan ini untuk menumis atau menggoreng makanan dengan sedikit minyak. Meski memakai minyak yang sedikit, makanan tetap bisa matang dengan mudah dan merata. 


Fry pan sendiri tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga besar. Selain itu, wajan ini juga punya beragam bentuk, misalnya bulat dan kotak.

Sauce pan, cocok untuk membuat saus atau makanan berkuah

Sauce pan, cocok untuk membuat saus atau makanan berkuah

Nah, untuk makanan yang direbus, Anda bisa menggunakan wajan model sauce pan. Wajan jenis ini rata-rata memiliki diameter sekitar 14-18 cm. Dinding wajan cukup tinggi dan lebar, serta memiliki cekungan yang cukup dalam. Namun, karena ukurannya tidak terlalu besar, Anda tidak bisa memakainya untuk memasak makanan dalam jumlah banyak. Wajan ini ideal untuk membuat saus atau mi instan. 

Wajan wok, ideal untuk menumis makanan

Wajan wok, ideal untuk menumis makanan

Untuk menumis makanan, Anda mungkin akan kesulitan menggunakan wajan jenis fry pan yang datar. Jadi, Anda bisa menggunakan wajan jenis wok yang berbentuk lebih lebar dan besar. 


Selain untuk menumis, Anda juga bisa menggunakan wajan wok untuk menggoreng makanan dengan minyak banyak. Jika Anda ingin melakukan deep fry, wajan ini akan sangat cocok karena punya cekungan yang dalam. 


Selain itu, wajan ini juga sangat pas jika Anda ingin memasak dalam jumlah yang lebih banyak. Ada dua tipe wajan wok, yaitu Mandarin dan Cantonese. Mandarin wok biasanya hanya memiliki satu handle yang dipakai untuk membolak-balik makanan tanpa perlu menggunakan sutil. Di sisi lain, Cantonese wok memiliki dua handle pada kedua sisinya

Grill pan, pilihan untuk memanggang daging dan ikan

Grill pan, pilihan untuk memanggang daging dan ikan

Sesuai dengan namanya, alat memasak ini digunakan untuk memanggang daging atau ikan. Grill pan memiliki permukaan bergerigi atau bergelombang yang berfungsi menampung minyak yang jatuh dari bahan makanan


Makanan yang dimasak di grill pan akan menghasilkan warna kecokelatan, serta aroma smoky yang menggoda. Selain itu, permukaan daging akan terasa renyah, sedangkan bagian dalamnya matang sempurna dan tetap juicy


Grill pan umumnya memang terbuat dari bahan besi, besi cor, dan keramik. Meskipun tidak banyak, Anda juga bisa menemukan grill pan dari bahan teflon. Nah, selain untuk memanggang, beberapa produk grill pan juga bisa dipakai untuk mengukus atau menumis makanan, lho.

Periksa ukuran wajan teflon

Periksa ukuran wajan teflon

Memilih ukuran wajan harus disesuaikan dengan jumlah masakan yang biasa diolah sehari-hari. Jika Anda sudah berkeluarga dan biasa memasak untuk porsi 3-4 orang, pilihlah wajan berdiameter 26 cm atau 28 cm. Wajan ukuran ini sangat pas untuk memasak dalam jumlah sedang hingga banyak.


Di sisi lain, jika Anda tinggal sendiri atau terbiasa memasak dalam jumlah sedikit, Anda bisa memilih wajan berdiameter 20 cm. Selain untuk memasak, wajan berukuran kecil juga pas dipakai untuk menghangatkan makanan. Sebaliknya, apabila Anda biasa memasak dalam jumlah banyak, gunakan wajan berdiameter 32 cm untuk mengakomodasi banyaknya makanan. 

Cari yang memiliki tutup

Cari yang memiliki tutup

Mayoritas wajan teflon memang tidak disertakan dengan tutupnya. Namun, ada juga produk yang menawarkan tutup sebagai pelengkap. Kami merekomendasikan Anda untuk memilih produk yang dilengkapi tutup karena benda ini punya banyak fungsi. 


Tutup teflon bisa membantu masakan jadi lebih cepat matang dan merata. Selain itu, benda ini juga bisa Anda pakai untuk menghindari cipratan minyak saat menggoreng ikan atau lainnya. Kemudian, makanan yang disimpan di dalam wajan lebih terjaga kebersihannya dan terbebas dari debu atau serangga. 

Sesuaikan wajan dengan jenis kompor

Sesuaikan wajan dengan jenis kompor

Saat membeli wajan teflon, perhatikanlah kesesuaian produk pilihan Anda dengan jenis kompor yang Anda miliki. Umumnya, semua jenis wajan teflon bisa digunakan pada kompor gas. 


Apabila Anda menggunakan kompor induksi, pastikan wajan yang Anda pilih memiliki tambahan magnet di bagian bawah wajan. Jika tidak ada, Anda dapat menambahkan heat converter untuk membantu menghantarkan panas. Namun, agar lebih fleksibel, carilah wajan teflon yang bisa digunakan baik untuk kompor gas maupun induksi.  

10 Rekomendasi wajan teflon terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wajan teflon terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dionisius Denizar.

10
Ukuran18 cm
JenisFry pan
TutupX
Kompatibel dengan komporGas
9
Ukuran24 cm
JenisFry pan
TutupX
Kompatibel dengan komporGas, listrik, & induksi
8

YoshikawaWajan/Teflon Tamagoyaki 13x18 cm Anti Lengket Sauce Pan

Mulai dari Rp 80.000,00

Ukuran18 cm x 13 cm
JenisFry pan
TutupX
Kompatibel dengan komporGas
7
Ukuran30 cm
JenisWok pan
TutupX
Kompatibel dengan komporGas
6
Ukuran16 cm
JenisSauce pan
Tutup✔︎
Kompatibel dengan komporGas & listrik
5

Maspion Logam JawaMaslon Frypan Set 18/23 Cm Shiny Gray Non Stick

BLG-FRYP1823G

Mulai dari Rp 49.000,00

Ukuran18 cm & 23 cm
JenisFry pan
TutupX
Kompatibel dengan komporGas, listrik, & induksi
4
Ukuran28 cm
JenisWok pan
TutupX
Kompatibel dengan komporGas & listrik
3

MoegenWok Pan 30 cm

Mulai dari Rp 199.000,00

Ukuran30 cm
JenisWok pan
Tutup✔︎
Kompatibel dengan komporGas, listrik, & induksi
2

HappycallTitanium Double Pan Jumbo Grill 3002-0074

K1173

Mulai dari Rp 998.000,00

Ukuran46 cm x 30,5 cm x 8,3 cm
JenisGrill pan
Tutup✔︎
Kompatibel dengan komporGas & listrik
1

TefalEveryday Cooking Deep Frypan 24 cm

Mulai dari Rp 305.000,00

Ukuran24 cm
JenisFry pan
TutupX
Kompatibel dengan komporGas & listrik

Tabel perbandingan produk wajan teflon terbaik

Gambar produk
1
Tefal Everyday Cooking Deep Frypan 24 cm 1

Tefal

2
Happycall Titanium Double Pan Jumbo Grill 3002-0074 1

Happycall

3
Moegen Wok Pan 30 cm 1

Moegen

4
Kirin Nafiri Non-Stick Wok 28 1

Kirin

5
Maspion Logam Jawa Maslon Frypan Set 18/23 Cm Shiny Gray Non Stick 1

Maspion Logam Jawa

6
Cookville Lily Sauce Pan 1

Cookville

7
Miyako Wok Pan  1

Miyako

8
Yoshikawa Wajan/Teflon Tamagoyaki 13x18 cm Anti Lengket Sauce Pan 1

Yoshikawa

9
Ikumi Wajan Fry Pan 24 cm 1

Ikumi

10
Maspion Maxim Valentino 1

Maspion

Nama produk

Everyday Cooking Deep Frypan 24 cm

Titanium Double Pan Jumbo Grill 3002-0074

Wok Pan 30 cm

Nafiri Non-Stick Wok 28

Maslon Frypan Set 18/23 Cm Shiny Gray Non Stick

Lily Sauce Pan

Wok Pan

Wajan/Teflon Tamagoyaki 13x18 cm Anti Lengket Sauce Pan

Wajan Fry Pan 24 cm

Maxim Valentino

Keunggulan

Dengan teknologi thermosignal, masakan Anda dijamin antigosong!

Masakan lebih cepat matang berkat oven effect!

Bisa menyimpan panas yang membuat masakan tetap hangat

Masak chinese food jadi makin mudah dengan wok ini

Beli wajan 18 cm dapat wajan 23 cm, lebih hemat!

Si kecil yang tahan banting dan antipenyok!

Lapisan Flon+ bikin lebih awet dan tahan lama

Makin mudah membentuk telur gulung ala Jepang

Dipakai untuk masak bisa, memanggang di oven juga oke!

Bebas PFOA, lebih aman untuk kesehatan

Harga mulai dariRp 305.000,00Rp 998.000,00Rp 199.000,00Rp 174.000,00Rp 49.000,00Rp 185.000,00Rp 110.000,00Rp 80.000,00Rp 250.000,00Rp 51.400,00
Ukuran24 cm46 cm x 30,5 cm x 8,3 cm30 cm28 cm18 cm & 23 cm16 cm30 cm18 cm x 13 cm24 cm18 cm
JenisFry panGrill panWok panWok panFry panSauce panWok panFry panFry panFry pan
TutupX✔︎✔︎XX✔︎XXXX
Kompatibel dengan komporGas & listrikGas & listrikGas, listrik, & induksiGas & listrikGas, listrik, & induksiGas & listrikGasGasGas, listrik, & induksiGas
Tautan produk

Tips merawat wajan teflon agar lebih awet

Tips merawat wajan teflon agar lebih awet

Meski dikenal antilengket, penggunaan dan perawatan wajan teflon yang tidak benar akan membuat wajan cepat rusak. Penggunaan yang tidak tepat juga bisa membuat lapisan antilengket menjadi terkelupas dan bisa berbahaya untuk digunakan. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini: 


  • Pakai sutil berbahan dasar silikon atau kayu

Jika Anda tidak ingin lapisan teflon tergores dan terkelupas, pastikan Anda menggunakan sutil berbahan dasar silikon atau kayu. Sutil berbahan logam tidak disarankan karena rentan merusak bahan teflon. 


  • Hindari mencuci wajan saat masih panas atau baru selesai digunakan

Anda mungkin sering mencuci wajan langsung setelah dipakai karena tidak mau bahan makanan jadi lengket dan menempel. Jika Anda menggunakan wajan teflon, Anda tidak boleh melakukan hal ini! Anda harus menunggu hingga wajan tidak panas lagi, barulah Anda dapat mencucinya. Pastikan juga Anda tidak merendam wajan terlalu lama karena akan membuat rapuh lapisan antilengket pada teflon. 


  • Gunakan spons lembut untuk mencucinya

Anda juga harus mencuci teflon menggunakan spons yang lembut. Hindari menggosok bagian dalam teflon dengan sabut besi atau spons kasar karena akan menggores lapisan.

Baca juga rekomendasi wajan lainnya di sini

Selain wajan teflon, Anda juga akan menemukan berbagai rekomendasi wajan lainnya di sini. Anda bisa menemukan wajan keramik, frying pan terbaik, dan lainnya. Jika Anda tertarik, silakan baca di link-link berikut ini.

Kesimpulan

Teflon bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang mencari wajan dengan harga terjangkau. Agar tidak salah pilih, jangan lupa untuk memilih wajan sesuai poin-poin yang sudah kami sampaikan di atas.


Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat Anda lebih mudah menentukan wajan teflon terbaik untuk Anda. Akhir kata, jangan lupa rawat wajan teflon Anda supaya lebih awet. Happy shopping!  

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kompor gas portable memiliki bentuk mini sehingga penggunaannya dikenal praktis. Saat sedang camping, Anda dapat mengandalkan kompor ini. Cara menyalakan kompor gas portable pun mudah. Meskipun demikian, Anda perlu menggunakan produk yang bagus agar terhindar dari bahaya gas meledak.   Kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda cara memilih kompor gas portable terbaik sebagai panduan memilih. Kami juga akan merekomendasi produk terbaik kompor gas portable, seperti Miyako, Rinnai, Cosmos, dan lainnya. Produk-produk tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilh. Pilihlah produk yang awet dengan harga yang cocok di kantong Anda!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini, penggunaan wajan keramik sudah makin populer. Wajan yang awalnya populer di Korea ini digemari karena bahannya yang lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Jika Anda mencari wajan keramik, Anda akan menemukan beberapa merek, seperti Maxim, Yoshikawa, dan masih banyak lagi. Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui dahulu manfaat menggunakan wajan keramik dan bagaimana tips memilih wajan keramik yang bagus. Yuk, simak artikel ini.
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu hal yang merepotkan saat memasak yaitu mencincang sayuran dan daging ataupun menghaluskan bumbu. Namun, kini telah hadir food chopper alias alat penggiling bumbu dapur dan bahan makanan yang akan memudahkan Anda. Dengan beragam fungsi, desain, dan cara penggunaan, Anda mungkin akan bingung dalam memilih food chopper yang bagus. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih food chopper. Kami juga akan mengulas food chopper yang banyak diminati dari merk Baby Safe, Tupperware, Slap Chop, freemir, dan lainnya. Pilihlah food chopper yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Apabila Anda hobi memasak, memiliki satu set frying pan akan menjadi kepuasan tersendiri. Selain mempercantik interior dapur, frying pan set bisa disimpan dengan lebih rapi dan ringkas. Namun, banyaknya produk set frying pan yang bagus mungkin membuat Anda bingung saat memilih.Di artikel ini kami akan mengulas cara memilih frying pan set terbaik. Selain itu, kami juga akan mengulas sepuluh set frying pan yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Ada produk set dari merek Bolde, Maxim, dan Oxone. Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wajan penggorengan merupakan alat masak yang wajib ada di dapur. Wajan penggorengan terbuat dari bahan yang beragam, baik yang dilengkapi lapisan antilengket maupun yang noncoating. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan wajan antilengket seperti teflon, serta wajan noncoating, seperti cast iron dan stainless steel. Apa keunggulan dari setiap bahan tersebut? Kami akan menjabarkannya untuk Anda. Kami juga akan mengulas rekomendasi wajan dari merk ternama, seperti Tefal, IKEA, Maxim, dan Oxone. Silakan baca artikel ini untuk mengetahui tips memilih wajan yang bagus. Temukanlah wajan terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan masak
  • 10 Alat Masak Terbaik Berbahan Cast Iron - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Alat Masak Terbaik Berbahan Cast Iron - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Cast iron adalah besi tuang atau besi cor yang merupakan perpaduan besi dan karbon. Cast iron pan, dutch oven, dan cast iron skillet merupakan ragam alat masak dari besi tuang yang banyak dicari. Alat masak ini sangat awet dan diklaim lebih sehat dipakai memasak. Anda sedang mencari alat masak berbasis cast iron? Baca dahulu artikel ini karena kami akan menjelaskan cara memilih cast iron yang bagus. Simak juga review merek cast iron terbaik, seperti Oxone, Skitchen, dan Lodge. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Peralatan masak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori