1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Laptop
  6. >
  7. 10 Chromebook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Chromebook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Chromebook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Chromebook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Chromebook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Chromebook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Chromebook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Laptop sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari sebagian besar orang. Salah satu jenis sistem operasi dalam laptop adalah Chrome yang berasal dari Google. Laptop dengan sistem operasi Chrome dinamakan sebagai Chromebook. Chromebook memiliki berbagai kelebihan dibandingkan laptop biasanya, salah satunya adalah bebas malware.


Jika tertarik dengan Chromebook, kami akan memperkenalkannya untuk Anda. Tips cara memilih produk yang bagus ada dalam artikel ini. Ada juga berbagai rekomendasi Chromebook terbaik, seperti merek ASUS, Lenovo, Acer, dan Samsung. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak artikel ini sampai akhir!

Diperbaharui 09-12-2022
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Perbedaan Chromebook dengan laptop pada umumnya

Perbedaan Chromebook dengan laptop pada umumnya
Sumber: google.com

Secara sederhana, Chromebook adalah device, baik laptop maupun tablet, yang menggunakan sistem operasi Chrome. Chromebook kini banyak dicari karena selain booting-nya yang supercepat, fitur-fiturnya pun amat memudahkan pekerjaan. Harganya pun tergolong lebih murah dibandingkan dengan laptop biasa. Berikut ini beberapa kelebihan lain Chromebook yang sebaiknya Anda ketahui.


  • Chromebook sangat mudah digunakan, bahkan bagi pemula. Tampilan antarmuka Chromebook mirip dengan Android yang memiliki banyak ikon. Anda juga bisa mengunduh berbagai aplikasi melalui Play Store. Perlu diketahui, Chromebook tidak mengizinkan aplikasi dari pihak ketiga selain Play Store atau Chrome Web Store.

  • Chromebook lebih tahan terhadap serangan malware ataupun virus. Hal ini karena Chromebook dibekali dengan built-in virus protection yang di-update secara otomatis oleh Google. Ada juga built-in security chip yang mengenkripsi semua data Anda. Tak perlu repot menginstal antivirus, keamanan data dan device pun lebih terjamin.

  • Berbagai fitur canggih yang dimiliki Chromebook sangat memudahkan pekerjaan. Sebut saja scanning dokumen menggunakan kamera dan hasilnya bisa Anda simpan dalam format PDF atau gambar. Ada juga fitur Select to Speak yang sangat membantu pengguna disleksia atau memiliki gangguan penglihatan.

  • Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk membuka puluhan tabs browser sekaligus, Chromebook mampu menatanya untuk Anda. Fitur terbaru ini dapat mengelompokkan tabs browser ke dalam windows berbeda sesuai dengan virtual desk-nya.

  • Sayangnya, Chromebook juga memiliki kekurangan. Untuk menggunakannya secara maksimal, Anda perlu untuk selalu terhubung dengan internet. Anda masih bisa mengakses beberapa data dan menggunakan beberapa aplikasi di saat offline. Namun, Anda harus men-download data tersebut dan mengaktifkan offline access terlebih dahulu. Chromebook juga kurang cocok digunakan untuk gaming.


Google bekerja sama dengan berbagai merek laptop ternama untuk meluncurkan Chromebook. Mulai dari Samsung, Lenovo, HP, sampai Acer, masing-masing memiliki produk Chromebook. Agar Anda lebih paham tentang Chromebook, simak tips kami dalam memilih produknya, ya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih Chromebook

Memilih Chromebook memang tidak jauh berbeda dengan memilih laptop pada umumnya. Namun, kami akan memperkenalkan beberapa ciri khas yang Anda temukan pada Chromebook. Poin-poin di bawah ini dapat membantu Anda dalam memilih produknya.

① Pilih berdasarkan tipe device

Di samping jenisnya, Chromebook juga hadir dalam beberapa tipe device. Beberapa laptop, 2-in-1 laptop, sampai tablet kini memiliki sistem operasi Chrome. Anda dapat memilih Chromebook berdasarkan tipe device yang nyaman untuk digunakan.

Laptop: Device standar untuk bekerja dan belajar

Laptop: Device standar untuk bekerja dan belajar
Sumber: google.com

Laptop merupakan device paling umum yang digunakan untuk kebutuhan belajar dan bekerja. Device ini memiliki layar dan keyboard yang menyatu. Sudut pembukaan layar dan keyboard juga terbatas. Namun, tentu device ini tetap nyaman untuk digunakan.

2-in-1 laptop: Bisa jadi laptop, bisa jadi tablet

2-in-1 laptop: Bisa jadi laptop, bisa jadi tablet
Sumber: google.com

2-in-1 laptop merupakan gabungan laptop dan tablet. Penggunaannya sangat fleksibel, dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 2-in-1 laptop juga terbagi lagi menjadi convertible dan detachable.


Convertible merupakan model device yang keyboard dan layarnya menyatu. Anda cukup melipatnya saja untuk menjadikannya sebagai tablet. Sebaliknya, detachable merupakan 2-in-1 laptop yang layarnya dapat dilepaskan dari keyboard.

Tablet: Praktis dibawa ke mana saja

Tablet: Praktis dibawa ke mana saja
Sumber: google.com

Tablet merupakan pilihan device yang cukup praktis, terutama untuk Anda yang mobilitasnya cukup tinggi. Anda dapat membawa tablet sebagai teman bekerja. Ukurannya yang ringan memudahkan Anda dalam membawanya.


Namun, tablet tidak memiliki keyboard sehingga Anda mungkin cukup kesulitan jika harus mengetik. Tablet lebih cocok digunakan untuk memeriksa surel atau sebagai media bermain anak. Sayangnya, Chromebook tablet masih sangat sulit ditemukan di toko online di Indonesia.

② Pastikan prosesornya sesuai dengan kebutuhan Anda

Penggunaan prosesor dalam sebuah device akan memengaruhi performa. Chromebook menggunakan beberapa prosesor dari Intel, AMD, dan Snapdragon. Setiap prosesor tentu memiliki kelebihan tersendiri. Kami akan mengulas prosesor apa saja yang biasa dipakai pada Chromebook agar Anda dapat mempertimbangkan produk terbaik.

Intel Celeron: Harga lebih ekonomis untuk aktivitas ringan

Intel Celeron: Harga lebih ekonomis untuk aktivitas ringan
Sumber: intel.com

Kebanyakan Chromebook menggunakan prosesor Intel Celeron. Tidak heran jika banyak Chromebook yang dijual dengan harga terjangkau. Prosesor Intel Celeron merupakan prosesor yang sangat praktis untuk kegiatan yang ringan. Anda bisa memakainya untuk mengetik, mengirim surel, atau melakukan meeting secara online.


Sayangnya, Intel Celeron tidak mendukung device Anda untuk menjalankan gim yang berat. Intel Celeron memang lebih cocok untuk bekerja atau belajar dengan aplikasi yang ringan.

Intel Core: Performa terbaik untuk load kerja yang berat

Intel Core: Performa terbaik untuk load kerja yang berat
Sumber: intel.co.id

Beberapa seri Chromebook Premium menggunakan Intel Core. Intel Core merupakan prosesor yang mendukung pekerjaan yang lebih berat. Dengan menggunakan prosesor Intel Core, Anda dapat menjalankan program dengan grafis yang lebih berat.


Untuk Anda yang bekerja multitasking dan banyak berkaitan dengan grafis yang detail, kami rekomendasikan prosesor Intel Core. Intel Core terbagi lagi menjadi M, i3, i5, dan tertinggi i7. Saat ini, Chromebook dengan prosesor Intel Core yang mudah dijumpai di pasaran menggunakan seri i3.

AMD: Alternatif yang layak selain Intel

AMD: Alternatif yang layak selain Intel
Sumber: amd-id.com

AMD tidak mau ketinggalan memproduksi prosesor untuk Chromebook, yaitu AMD A4-9120C dan A6-9220C. Kedua varian ini masing-masing memiliki kecepatan turbo maksimal di 2,4 GHz (A4) dan 2,7 GHz (A6), serta berbasis dual core. Kegiatan komputasi ringan seperti browsing, streaming video, dan aplikasi lainnya dengan mudah ditangani oleh AMD. 


Dari segi harga, prosesor AMD ini juga berfokus pada value sehingga membuat Chromebook lebih terjangkau untuk dibeli. Prosesor entry-level yang diciptakan khusus untuk menggerakkan Chromebook ini cocok Anda pilih sebagai alternatif dari prosesor Intel.

Snapdragon: Hemat daya dan mendukung 4G LTE

Snapdragon: Hemat daya dan mendukung 4G LTE
Sumber: qualcomm.com

Nama Qualcomm Snapdragon sudah tidak asing lagi di kalangan pengguna smartphone. Ketangguhannya sebagai motor penggerak smartphone diakui karena menawarkan stabilitas performa dan efisiensi daya. Nyatanya, Qualcomm juga menyediakan prosesor Snapdragon untuk perangkat Chromebook, salah satunya adalah Snapdragon 7c. Qualcomm Snapdragon 7c dengan kecepatan 2,55 GHz diciptakan untuk laptop entry-level untuk kegiatan komputasi ringan. 


Seperti halnya smartphone, komputasi prosesor ini dirancang untuk perangkat yang selalu terhubung dengan internet (Always on, Always Connected). Tidak heran apabila Snapdragon 7c ini mendukung jaringan 4G LTE. Selain itu, Snapdragon juga mempertahankan keunggulannya pada efisiensi daya sehingga baterai tidak cepat habis.

③ Pilih ukuran layar yang sesuai kebutuhan

Pilih ukuran layar yang sesuai kebutuhan
Sumber: google.com

Ukuran Chromebook juga merupakan hal yang perlu Anda pertimbangkan. Apabila Anda memiliki mobilitas yang cukup tinggi, Chromebook dengan ukuran 10 inci sampai 13 inci kami rekomendasikan untuk Anda. Ukurannya yang lebih kecil tentu memiliki bobot yang lebih ringan.


Sebaliknya, apabila Anda menggunakan Chromebook di rumah atau kantor, ukuran 14 inci sampai 15 inci adalah ukuran yang tepat. Ukuran layar yang lebih besar memudahkan Anda dalam melihat layar. Ukuran ini juga pas untuk menonton film.


Namun, Anda perlu mempertimbangkan juga jumlah port yang tersedia. Biasanya, makin kecil dan makin tipis ukuran laptop, jumlah port-nya makin sedikit. Anda mungkin akan kehilangan beberapa port, misalnya port HDMI. Anda bisa saja membeli sambungan port, tetapi tentu rasanya jadi tidak praktis.

10 Rekomendasi Chromebook terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Chromebook terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

HP

Chromebook 11 G8 Education Edition

HP Chromebook 11 G8 Education Edition 1枚目

Belajar tanpa hambatan dengan desain tangguh dan harga ekonomis

2

Samsung

Chromebook 4

Samsung Chromebook 4 1枚目

Keyboard ergonomis yang nyaman untuk mengetik

3

Asus

Chromebook

Asus Chromebook 1枚目

Memakai layar FHD antisilau dengan bezel NanoEdge

4

Asus

Chromebook Flip

Asus Chromebook Flip 1枚目

Chromebook convertible dengan standar military grade

5

HP

Chromebook 14

HP Chromebook 14 1枚目

Chromebook HP pertama yang menggunakan prosesor AMD

6

Lenovo

Chromebook Flex 5

Lenovo Chromebook Flex 5 1枚目

Dibekali prosesor Intel Core i3 terbaru dan WiFi 6 yang kencang

7

Lenovo

Slim 3 ChromeBook 11

Lenovo Slim 3 ChromeBook 11 1枚目

Ringan dan cocok untuk aktivitas dinamis

8

Lenovo

Chromebook C340 11 2in1 Touch

Lenovo Chromebook C340 11 2in1 Touch 1枚目

Chromebook 2-in-1 yang mungil seperti tablet

9

Acer

Chromebook Spin 713

Acer Chromebook Spin 713 1枚目

Best deal dengan layar 2K

10

Acer

Chromebook Spin 513

Acer Chromebook Spin 513 1枚目

Menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon yang hemat daya

Perincian produk
Close
No.1

HPChromebook 11 G8 Education Edition

Mulai dari Rp2.999.000,00

Belajar tanpa hambatan dengan desain tangguh dan harga ekonomis

Mencari Chromebook yang tangguh untuk kegiatan belajar dari rumah selama pandemi? Cobalah HP Chromebook 11 G8 Education Edition. HP merancang produk ini untuk kegiatan belajar para siswa. Fitur seperti tahan jatuh dari meja, tahan percikan cairan soda, dan lainnya ada pada produk ini. Semuanya dirancang untuk skenario kecelakaan penggunaan yang tidak disengaja oleh anak-anak atau remaja.


Membuka aplikasi selama belajar dipastikan lancar berkat prosesor Intel Celeron N4020 dan RAM 4 GB. Keyboard-nya sudah dilengkapi lampu latar yang berguna saat berada di ruangan minim cahaya. Dengan sederet fitur unggulan, Anda dapat memiliki Chromebook ini di harga 2 jutaan saja. Tidak heran produk ini laris terjual di pasaran.

No.2

SamsungChromebook 4XE310XBA-KA2ID

Mulai dari Rp2.492.000,00

Keyboard ergonomis yang nyaman untuk mengetik

Untuk Anda yang aktivitasnya banyak mengetik, tentu membutuhkan keyboard yang nyaman. Samsung Chromebok 4 bisa Anda pilih karena mengusung desain keyboard ergonomis. Keycaps-nya didesain melengkung mengikuti kontur jari sehingga nyaman dan presisi saat dipakai mengetik. Layar Chromebook ini sudah anti-reflective sehingga tampilan masih jelas terlihat ketika berada di tempat yang terang.


Produk ini memiliki dimensi layar yang mungil yaitu 11,6 inci sehingga cocok untuk kegiatan belajar maupun pekerjaan ringan. Bentuknya yang mungil dan ringan membuat produk ini gampang dibawa kemana-mana. 

No.3

Memakai layar FHD antisilau dengan bezel NanoEdge

Butuh Chromebook profesional dengan layar yang nyaman dan antisilau? Produk ini bisa Anda pertimbangkan. Chromebook Flip C423 dari ASUS ini merupakan seri enterprise yang ditujukan untuk para profesional. Produktivitas kerja Anda ditunjang oleh layar 14 inci yang nyaman dipandang karena mengusung resolusi FHD matte antisilau. 


Layar sentuh laptop ini mengusung desain NanoEdge, yaitu bingkai layar yang tipis menghasilkan rasio screen-to-body mencapai 78%. Dengan bezel yang tipis, Anda bisa lebih leluasa memainkan stylus pen karena desain layar yang cukup lapang.

No.4

AsusChromebook FlipC214MA

Mulai dari Rp3.899.000,00

Chromebook convertible dengan standar military grade

ASUS Chromebook Flip C214 merupakan 2-in-1 convertible yang tangguh. Produk ini diklaim ASUS tahan terhadap kecelakaan, seperti terjatuh, terbentur, terguling ataupun terkena tumpahan. Tidak heran apabila Chromebook Flip C214 ini juga mengantongi standar military grade dengan pengujian durabilitas yang tinggi.


Port pada Chromebook ini lolos uji ketahanan 5.000 siklus tes. Bagian engsel juga lolos 50.000 siklus tes buka tutup. Layar sentuhnya mendukung stylus pen yang mampu memberi pengalaman belajar yang inovatif dan kreatif. Sering membawa laptop untuk bekerja di luar ruangan? Produk ini patut Anda pertimbangkan.

No.5

Chromebook HP pertama yang menggunakan prosesor AMD

Pilihan Anda terhadap Chromebook semakin beragam berkat kehadiran produk satu ini. Produk ini merupakan Chromebook pertama dari HP yang menggunakan prosesor AMD. Menariknya, prosesor AMD A4-9120C Dual-Core ini memiliki kecepatan maksimal hingga 2,5GHz. Cocok untuk Anda pencinta AMD atau yang ingin merasakan Chromebook AMD. 


Casingnya menggunakan bahan polikarbonat yang ringan, tetapi kuat. Selain itu, layarnya menggunakan SVA WLED anti-glare 14 inci yang cukup lebar dan nyaman digunakan dalam situasi apa pun. Dengan harga yang terjangkau di range 3 jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang Chromebook AMD satu ini.

No.6

LenovoChromebook Flex 5

Mulai dari Rp6.149.000,00

Dibekali prosesor Intel Core i3 terbaru dan WiFi 6 yang kencang

Biasanya, Chromebook menggunakan prosesor Intel Celeron. Namun, Lenovo Chromebook Flex 5 menggunakan prosesor Intel Core i3. Tersedia dalam dua pilihan varian sekaligus, Intel Core i3 Gen 10 dan Gen 11. Prosesor seperti ini tentu saja sudah lebih dari cukup untuk menjalankan OS Chrome dan berbagai aplikasi yang ada.


Tidak hanya prosesor generasi terbaru, Lenovo menyematkan Intel® WiFi 6 yang juga merupakan teknologi WiFi generasi terbaru. WiFi ini memiliki kecepatan maksimum hingga 9,6Gbps yang membuat aktivitas streaming dan download menjadi lebih kencang. Dengan spesifikasi yang cukup tinggi di kelas Chromebook, produk ini cocok untuk belajar, bekerja, atau sekedar untuk streaming.

No.7

LenovoSlim 3 ChromeBook 11

Mulai dari Rp2.599.000,00

Ringan dan cocok untuk aktivitas dinamis

Chromebook pada dasarnya adalah versi lite dari laptop konvensional, termasuk urusan bobot. Lenovo Slim 3 Chromebook 11 ini ringan dan mudah dibawa kemana-mana karena hanya berbobot 1,12 kilogram. Bodinya mungil dengan layar selebar 11,6 inci yang sudah antisilau saat dipakai di luar ruangan. Baterainya dapat bertahan hingga 19 jam dengan mode kecerahan layar 50%. Berminat memilikinya? Langsung check out, yuk!

No.8

LenovoChromebook C340 11 2in1 Touch

Mulai dari Rp3.899.999,00

Chromebook 2-in-1 yang mungil seperti tablet

Apabila menginginkan Chromebook 2-in-1 yang mungil dan fleksibel saat digunakan, cobalah produk satu ini. Lenovo Chromebook C340 memiliki layar 11 inci dan bobot hanya 1,12 kilogram saja. Ketika dilipat, Chromebook ini tampil layaknya tablet dan siap menerima perintah dari goresan tangan Anda di layar sentuh. Menonton film atau video juga sudah terasa pas berkat layar HD. Mungil dan fleksibel, produk ini cocok untuk menunjang produktivitas kerja Anda.

No.9

AcerChromebook Spin 713CP713-2W

Mulai dari Rp5.699.000,00

Best deal dengan layar 2K

Chromebook satu ini berhasil tampil beda dengan mengusung layar 2K yang biasa ditemukan pada laptop Windows kelas mid-end. Dengan layar sentuh beresolusi tinggi hingga 2K, Anda akan dimanjakan dengan tampilan gambar yang tajam. Hal ini dapat menunjang aktivitas belajar dan bekerja menjadi lebih produktif serta menyenangkan.


Desain Chromebook ini cukup elegan dan stylish dengan material aluminium yang kokoh. Acer juga membekali produk ini dengan prosesor Intel Core i3 Gen 10 yang kencang untuk menjalankan OS Chrome. Dengan sejumlah fitur unggulan yang tersedia, Chromebook ini merupakan best deal di harga 5 jutaan.

No.10

AcerChromebook Spin 513CP513-1H

Mulai dari Rp6.500.000,00

Menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon yang hemat daya

Ingin mencoba Chromebook dengan prosesor dari pabrikan Qualcomm? Acer Chromebook Spin 513 bisa Anda pertimbangkan. Produk ini dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 7c berkecepatan 2,55 GHz yang mampu menjalankan OS Chrome dengan lancar. Salah satu keunggulan prosesor ini adalah efisiensi dayanya yang mampu bertahan hingga 14 jam dalam kondisi daya terisi penuh.


Chromebook convertible ultraportabel ini dirancang Acer untuk pengguna yang mobile. Bobotnya kurang dari 1,2 kilogram sehingga ringan untuk dibawa saat perjalanan bisnis ataupun dipakai harian di rumah. Layar sentuh FHD IPS-nya juga anti baret karena dilapisi Corning Gorilla Glass. Menarik, bukan?

Baca juga rekomendasi laptop berdasarkan kebutuhan Anda di sini

Berbagai spesifikasi laptop dirancang untuk bermacam-macam kebutuhan. Anda tidak perlu bingung memilh laptop mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Cukup klik tautan di bawah ini, lalu temukan laptop dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Google bekerja sama dengan berbagai merek laptop ternama untuk meluncurkan Chromebook. Tentu saja Chromebook memiliki berbagai spesifikasi, mulai dari kapasitas penyimpanan, ukuran, sampai fitur-fitur lainnya. Chromebook juga dijual dalam bentuk laptop, 2-in-1 laptop, dan tablet. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Semoga Anda terbantu dengan informasi yang kami berikan. Jangan lupa membeli Chromebook yang tidak melebihi anggaran Anda, ya. Selamat beraktivitas dengan lancar bersama Chromebook!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer