mybest
Serum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Secara alami, hyaluronic acid dapat ditemukan pada tubuh manusia. Namun, seiring pertambahan usia, kulit manusia akan makin berkurang kelembapan alaminya. Karena itu, untuk menjaga kelembapan kulit, Anda bisa menambahkan serum hyaluronic acid dalam rutinitas perawatan wajah. Di pasaran, banyak merek serum hyaluronic acid yang populer, seperti SKINTIFIC, Scarlett Whitening, Whitelab. Namun, mana yang tepat dipilih sesuai kondisi kulit Anda?


Berkolaborasi dengan dr. Dian Pratiwi SpKK, kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih serum hyaluronic acid. Melalui artikel ini, Anda akan tahu kandungan serum apa saja yang penting dipilih untuk kulit kering, kulit berminyak, hingga kulit sensitif. Kami juga akan menjawab apakah serum hyaluronic acid bisa membuat kulit wajah tampak lebih sehat atau cerah. 

Diperbaharui 21/08/2023
dr. Dian Pratiwi
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik. Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil dr. Dian Pratiwi
Lanjut membaca
Dona Handayani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Dona Handayani

Dona Handayani merupakan lulusan dari Universitas Multimedia Nusantara jurusan jurnalistik. Kecintaannya terhadap kegiatan riset dan menulis sudah melekat sejak masih duduk di bangku SMA. Selain pernah bekerja di bidang perhotelan dan perusahaan startup fashion, saat ini, ibu satu anak ini menjadi content writer di mybest Indonesia. Berbekal pengalaman riset dan jam terbang penulisannya, Dona banyak berkontribusi untuk penulisan topik kecantikan, ibu & anak, fesyen, serta artikel pakar dengan topik lainnya.

Profil Dona Handayani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa fungsi serum hyaluronic acid?

Apa fungsi serum hyaluronic acid?

Hyaluronic acid adalah bahan pelembap jenis humektan yang kemampuan utamanya untuk melembapkan kulit. Oleh karena itu, fungsi dari serum hyaluronic acid adalah untuk melembapkan kulit wajah. Kandungan hyaluronic acid memiliki sifat yang mild sehingga bisa dipakai setiap hari oleh semua jenis kulit. 


Karena sifat tersebut, serum hyaluronic acid aman dikombinasikan dengan skincare berbahan aktif lain. Selain melembapkan, serum hyaluronic acid juga bisa digunakan untuk menguatkan skin barrier. Kulit yang mengalami penipisan (atrofi) pun bisa Anda rawat agar kembali seperti semula menggunakan serum ini.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Bahan pelembap terbagi menjadi tiga jenis, yaitu humektan, emolien, dan oklusif. Hyaluronic acid merupakan pelembap jenis humektan yang menarik air dari lingkungan sekitarnya. Bahan ini sangat efektif untuk melembapkan kulit. Serum hyaluronic acid bersifat mild sehingga bisa digunakan setiap hari, baik pagi maupun malam hari.

Cara memilih serum hyaluronic acid

Pada dasarnya, hyaluronic acid (HA) adalah bahan yang aman untuk semua jenis kulit. Namun, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini untuk mendapatkan serum hyaluronic acid terbaik. Cek konsentrasi, jenis kulit, dan kebutuhan tambahan lain untuk bisa menentukan pilihan yang tepat.

1

Untuk melembapkan secara optimal, pastikan kadar hyaluronic acid sekitar 2% dan pilih yang tidak hanya memiliki klaim "efek instan"

Agar serum yang Anda beli terasa hasilnya, Anda perlu memperhatikan konsentrasi hyaluronic acid serta berat molekulnya. Kedua hal ini bisa Anda lihat dalam kemasan atau info keterangan produk. Bagaimana cara mengetahui keduanya? Simak baik-baik penjelasan di bawah ini. 

Persentase konsentrat hyaluronic acid tidak kurang dari 2% untuk melembapkan; tidak lebih dari 2-5% agar tak mengiritasi

Persentase konsentrat hyaluronic acid tidak kurang dari 2% untuk melembapkan; tidak lebih dari 2-5% agar tak mengiritasi
Konsentrasi hyaluronic acid menentukan seberapa efektif serum tersebut dapat melembapkan kulit. Agar serum dapat melembapkan kulit dengan baik, carilah yang konsentrasi hyaluronic acid-nya sekitar 2%


Apabila konsentrasinya lebih dari itu, terdapat risiko kulit justru menjadi kering dan iritasi. Sebaliknya, apabila konsentrasinya terlalu rendah, serum mungkin menjadi kurang efektif untuk melembapkan kulit. Meskipun begitu, kebanyakan produk serum hyaluronic acid jarang menyebutkan persentase konsentrasi hyaluronic acid yang ada di dalamnya. 

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi
Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa kadar HA ini adalah memeriksa posisi hyaluronic acid pada daftar ingredients. Makin atas posisinya, makin besar juga persentase hyaluronic acid dibandingkan bahan lainnya. Hal tersebut juga berlaku untuk kebalikannya.

Utamakan yang bisa melembapkan luar dalam dengan kandungan beragam molekul hyaluronic acid; kecil, sedang, besar

Utamakan yang bisa melembapkan luar dalam dengan kandungan beragam molekul hyaluronic acid; kecil, sedang, besar

Selain konsentrasi, berat molekul hyaluronic acid juga perlu Anda pertimbangkan. Pada dasarnya ada tiga bentuk hyaluronic acid berdasarkan bobot molekulnya, yaitu ringan, sedang, dan berat. Makin ringan atau kecil berat molekulnya, makin mudah hyaluronic acid tersebut diserap kulit hingga lapisan paling dalam


Sebaliknya, makin berat molekul, makin sulit hyaluronic acid diserap oleh kulit. Alhasil, manfaatnya hanya sebatas lapisan luar kulit. Kulit akan terasa lembut dan halus secara instan, tetapi tidak bertahan lama. Jadi, akan lebih baik jika serum mengandung ketiga jenis hyaluronic acid yang ada. Dengan ketiganya, kulit Anda akan menjadi lembap, baik dari luar maupun dalam.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Sayangnya, kebanyakan produsen serum jarang menyebutkan berat molekul atau ukuran dari hyaluronic acid yang mereka gunakan. Namun, Anda bisa melihat dari klaim fungsinya. Sebagai contoh, serum dengan klaim "dapat mengurangi kerutan secara instan" biasanya memiliki molekul yang besar.


Hyaluronic acid dengan molekul besar memang bisa memberi efek instan, tetapi efek tersebut akan langsung hilang begitu produknya dihapus dari wajah. Sebaliknya, apabila ukuran molekulnya lebih kecil, efeknya akan lebih tahan lama. Namun, karena efeknya tidak langsung terlihat, serum HA yang memiliki ukuran molekul lebih kecil juga perlu digunakan secara rutin.

2

Jika Anda pemilik kulit kering, utamakan serum oil-based dengan tambahan pelembap, seperti glycerin, ceramide, dan minyak tumbuhan

Kulit kering memiliki ciri kulit yang tidak tampak berkilau, makeup sulit menempel, bahkan bersisik. Ternyata, ada jenis serum hyaluronic acid khusus kulit kering. Jika Anda pemilik kulit jenis ini, perhatikan baik-baik beberapa kandungan pelembap serta tekstur serum yang ideal. 

Cari yang mengandung bahan pelembap ekstra: Humektan, oklusif, emolien untuk kulit terasa lebih kenyal dan sehat

Cari yang mengandung bahan pelembap ekstra: Humektan, oklusif, emolien untuk kulit terasa lebih kenyal dan sehat
Jika Anda punya kulit yang kering, kandungan hyaluronic acid saja mungkin tidak cukup melembapkan. Maka dari itu, Anda perlu mencari serum hyaluronic acid yang memiliki tambahan pelembap lainnya. Ada tiga jenis pelembap yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu humektan, oklusif, dan emolien.

Humektan adalah bahan-bahan yang menarik dan mengikat kelembapan dari udara ke permukaan kulit. Beberapa contoh humektan adalah:

  • Glycerin
  • Aloe vera
  • Propylene glycol
  • Madu

Oklusif adalah bahan-bahan yang membentuk lapisan pelindung di atas kulit sehingga mencegah kelembapan menguap dari permukaan kulit. Beberapa contoh bahan oklusif adalah:
  • Argan oil
  • Almond oil
  • Jojoba oil
  • Minyak tumbuhan (plant-based oil) lainnya

Emolien adalah bahan-bahan yang bekerja dengan melembutkan dan menghaluskan permukaan kulit, membantu mengurangi rasa kasar dan bersisik. Beberapa contoh emolien adalah:
  • Ceramide
  • Beeswax
  • Dimethicone
  • Mineral oil

Pilih serum oil-based: Tekstur yang kental bisa memberi kelembapan lebih lama

Pilih serum oil-based: Tekstur yang kental bisa memberi kelembapan lebih lama

Untuk kulit kering, serum berbasis minyak (oil-based) yang teksturnya thick atau kental sangat dianjurkan. Hal ini karena oil-based serum dapat memberikan kelembapan ekstra dan membantu menjaga kelembapan kulit dalam jangka waktu lebih lama. Kandungan minyak dalam oil-based serum membantu melindungi kulit dari kehilangan air dan memberikan perlindungan pada lapisan kulit yang kering. 

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Jika Anda memiliki kulit kering, hindari skincare dengan efek mattifying. Selain itu, kulit kering juga memiliki kondisi yang lebih condong seperti kulit sensitif yang rentan iritasi. Karena itu, bahan iritan, seperti pewangi, juga sebaiknya dihindari.

3

Untuk Anda pemilik kulit berminyak dan berjerawat, pilih serum water-based dengan formula oil control, anti-inflamasi, dan eksfoliasi

Apabila kulit terasa berminyak saat Anda bangun tidur atau setelah mencuci muka, bisa jadi Anda memiliki jenis kulit berminyak. Selain itu, ciri lain dari kulit berminyak adalah pori-pori yang tampak besar, serta berjerawat. Jika Anda pemilik jenis kulit ini, perhatikan benar-benar serum hyaluronic acid yang pas untuk Anda. 

Fokuskan pada bahan tambahan untuk pengontrol minyak dan pencegah jerawat

Fokuskan pada bahan tambahan untuk pengontrol minyak dan pencegah jerawat
Hyaluronic acid tergolong aman untuk dicampur dengan kandungan lainnya, termasuk kandungan exfoliating. Bila Anda punya wajah berminyak, cari serum hyaluronic acid yang digabungkan dengan bahan eksfoliasi, oil control, atau anti-inflamasi. 

Bahan-bahan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, untuk kulit berminyak dan berjerawat membandel, gunakan formula yang strong. Sebaliknya, jika masalah kulit tidak terlalu parah, Anda bisa mulai dengan memilih kandungan tipe mild.


Formula mild: Untuk formula mild, Anda bisa memilih kombinasi serum hyaluronic acid dengan zinc dan niacinamide

  • Zinc: oil control.
  • Niacinamide: oil control, moisturizing, skin barrier supporting, dan anti-inflamasi.

Formula medium: Jika Anda membutuhkan serum dengan formula medium, kombinasi hyaluronic acid dengan sulfur, AHA, dan BHA adalah pilihannya.

  • Sulfur: oil control, anti-inflamasi, anti-mikroba, dan mengeringkan jerawat.
  • AHA (alpha hydroxy acid): exfoliating, mencerahkan, mencegah penyumbatan minyak, jerawat, dan komedo (contoh: glycolic acid).
  • BHA (beta hydroxy acid): anti-inflamasi untuk jerawat dan komedo, exfoliating, dan mencerahkan kulit (contoh: salicylic acid).

Formula strong: Formula yang strong bisa didapatkan dari perpaduan hyaluronic acid dengan benzoyl peroxide dan retinol. 

  • Benzoyl peroxide: dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, anti-inflamasi, dan oil control.
  • Retinol: oil control, mengeringkan jerawat, anti-aging, dan mengecilkan pori-pori besar.

Pilih serum water-based: Tekstur cair yang ringan dan tidak lengket di kulit

Pilih serum water-based: Tekstur cair yang ringan dan tidak lengket di kulit

Untuk kulit berminyak dan berjerawat, pilihlah serum water-based yang ringan, cepat menyerap, dan tidak lengket di kulit. Serum water-based memberikan hidrasi dalam bentuk yang lebih ringan tanpa menambah beban minyak pada kulit


Dengan memilih serum hyaluronic acid yang water-based, Anda dapat memberikan perawatan optimal untuk kulit berminyak Anda. Hal ini menjadikan kulit terhidrasi tanpa efek clogging.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Untuk kulit berminyak dan berjerawat, hindari pelembap yang bersifat oklusif, seperti plant-based oil. Jenis pelembap ini bekerja dengan cara mengunci kelembapan yang sudah ada di dalam lapisan kulit Anda. Jika memakai pelembap oklusif, kulit berminyak yang sebumnya tinggi akan tertutup. Hal ini nantinya justru akan membuat kulit lebih mudah berjerawat dan berkomedo.

4

Jika Anda memiliki kulit sensitif, hindari serum yang mengandung parfum dan bahan yang berisiko allergenic

Jika Anda memiliki kulit sensitif, hindari serum yang mengandung parfum dan bahan yang berisiko allergenic

Untuk kulit sensitif, Anda bisa menyesuaikan serum sesuai kondisi kulit. Sebagai contoh, untuk kulit sensitif yang cenderung kering, gunakan serum oil-based, begitu pula sebaliknya. Carilah serum yang mengandung bahan dengan efek soothing dan skin barrier supporting, seperti Centella asiatica, Aloe vera, dan ceramide.


Untuk mencegah iritasi pada kulit sensitif, utamakan serum hyaluronic acid yang tidak mengandung parfum atau fragrance. Selain itu, hindari juga serum dengan kandungan bahan yang berisiko menyebabkan alergi (allergenic). Bahan-bahan tersebut di antaranya adalah essential oil, AHA, BHA, dan pengawet yang berlebihan.
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Serum dengan claim "natural ingredients" tidak selalu cocok untuk kulit sensitif. Alasannya, tidak semua bahan alami memiliki risiko iritasi atau alergi yang rendah. Essential oil adalah contoh bahan alami yang berisiko mengiritasi kulit sensitif. Jadi, tidak ada jaminan bahwa serum yang bahannya natural lebih gentle atau less iritating untuk kulit sensitif.

5

Perhatikan kandungan lainnya dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda, seperti retinol dan peptide untuk anti-aging; vitamin C untuk mencerahkan kulit

Perhatikan kandungan lainnya dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda, seperti retinol dan peptide untuk anti-aging; vitamin C untuk mencerahkan kulit
Selain bahan-bahan yang telah disebutkan di atas, pertimbangkan juga kandungan lain sesuai masalah kulit Anda. Jika Anda memiliki masalah aging atau kulit kusam, Anda perlu memeriksa apakah produk pilihan Anda memiliki kandungan ini.

  • Penuaan dini

Jika kulit Anda mulai menunjukkan tanda penuaan, misalnya garis halus dan kerutan, pilihlah serum dengan bahan anti-aging. Kandungan berupa retinol danpeptide dapat menyamarkan dan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan sehingga kulit Anda senantiasa tampak awet muda.


  • Kulit kusam dan flek hitam

Cari bahan dengan kemampuan brightening untuk mengatasi masalah kulit kusam, flek hitam, hiperpigmentasi, hingga bekas jerawat. Bahan-bahan tersebut di antaranya adalah vitamin C, traxenamic acid, alpha arbutin, licorice, dan soy. Kombinasi hyaluronic acid dan vitamin C dapat membuat wajah terlihat lebih cerah, kenyal, serta sehat dari luar dan dalam.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Hyaluronic acid dapat membuat kulit terlihat lebih kenyal. Terlebih lagi jika ukurannya kecil, hyaluronic acid akan masuk ke dalam kulit untuk mengurangi dan mencegah kerutan. Biasanya, dibutuhkan waktu sekitar 8-12 minggu untuk melihat hasilnya. Namun, jika ukuran hyaluronic acid-nya besar, hasil pengurangan kerutan bisa terlihat secara instan, tetapi hasilnya bersifat sementara dan hilang setelah produk dihapus.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi serum hyaluronic acid terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Serum Hyaluronic Acid terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset dari berbagai sumber (diperbarui tanggal 16 Agustus 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
BPOM
Nomor BPOM
Isi/varian isi
Bahan aktif
Bentuk kemasan
Rekomendasi jenis kulit
Fungsi/manfaat
Kandungan pencerah
Kandungan pelembap
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan antiaging
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaian
Alkohol
Pewangi
1

SOMETHINC

HYALuronic 9+ Advanced + B5 Serum

SOMETHINC  HYALuronic 9+ Advanced + B5 Serum 1

Rp131.000

Menengah

Mengatasi kulit kering dan lelah dengan kandungan 9x hyaluronic acid

NA18210102692

20 ml, 40 ml

Hyaluronic acid, panthenol, chlorella

Botol pump

Semua jenis kulit

Melembapkan, menjaga elastisitas, meredakan kemerahan, menghaluskan

Tidak ada

Onsen sui water, squalane, hyaluronic acid, panthenol

Panthenol

Chlorella vulgaris extract

Pagi, malam

2

SKINTIFIC

4D Hyaluronic Acid Hydrating Serum

SKINTIFIC 4D Hyaluronic Acid Hydrating Serum 1

Rp169.000

Agak Mahal

Mengatasi permasalahan kulit yang kering hingga terkelupas

NA11220100309

20 ml

Peptides

Botol pump

Semua jenis kulit

Mengatasi dehidrasi, menghaluskan, meningkatkan elastisitas, mencegah kulit kering dan terkelupas

Tidak ada

5% Hymagic 4D hyaluronic acid, peptides, thermal water

Tidak ada

Peptides

Tidak diketahui

3

Garnier

Sakura Glow Hyaluron 30x Booster Serum

Garnier Sakura Glow Hyaluron 30x Booster Serum 1

Rp140.000

Menengah

Miliki kulit halus bercahaya ala Korea

NA18201900205

15 ml, 30 ml

Tidak diketahui

Botol pipet

Kulit kering

Mencerahkan dan menghaluskan

Ekstrak sakura

Glycerin, sodium hyaluronate

Tidak ada

Tidak ada

Tidak diketahui

4

Azarine

Hydramax Water Bank Serum

Azarine Hydramax Water Bank Serum 1

Rp49.000

Lebih Murah

Moisturizing serum yang bebas alkohol dan parfum, cocok untuk bumil dan sensitive skin

NA18210107801

20 ml

Hyaluronic acid, ceramide, citric acid

Botol pipet

Semua jenis kulit

Melembapkan, merawat skin barrier, menjaga kekenyalan kulit

Tidak ada

5% Hyaluronic acid, ceramide, panthenol, crystal ice plant

Hyaluronic acid

Tidak ada

Malam

5

The Originote

Hyalu-C Serum

The Originote  Hyalu-C Serum 1

Rp64.000

Agak Murah

Kaya vitamin C dan antioksidan untuk menjaga keremajaan kulit wajah

NA18222000545

20 ml

Hyaluronic acid, vitamin C, Centella asiatica, niacinamide

Botol pump

Semua jenis kulit, terutama kulit kusam dan hiperpigmentasi

Mencerahkan kulit, sebagai antioksidan, merawat keremajaan kulit

Niacinamide, vitamin C

Glycerin, butylene glycol, allantoin, hyaluronic acid

Niacinamide, allantoin, Centella asiatica extract

Niacinamide, daisy extract, Centella asiatica extract

Pagi, malam

6

Avoskin

Your Skin Bae Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea

Avoskin Your Skin Bae Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea 1

Rp139.000

Menengah

Menjaga keremajaan kulit dengan hyaluronic acid dan green tea

NA18202000277

30 ml

Hyaluronic acid, green tea

Botol pipet

Semua jenis kulit

Menghidrasi, menjaga kekenyalan, dan merawat kulit agar tetap halus

Tidak ada

Hyaluronic acid, glycerin

Hyaluronic acid, green tea

Green tea

Pagi, malam

7

L’Oréal Paris

Revitalift 1,5% Hyaluronic Acid Serum

L’Oréal Paris  Revitalift 1,5% Hyaluronic Acid Serum  1

Rp145.000

Menengah

Serum dengan micro-hyaluron yang melembapkan hingga lapisan terdalam

NA11200100030

15 ml, 30 ml

Hyaluronic acid

Botol pipet

Semua jenis kulit

Melembapkan dan menyamarkan garis halus kulit

Tidak ada

Hyaluronic acid, glycerin

Tidak ada

Hyaluronic acid

Pagi, malam

8

Scarlett

Scarlett Whitening Hyalu B5 + Reishi Mushroom & Bifida Serum

Scarlett Scarlett Whitening Hyalu B5 + Reishi Mushroom & Bifida Serum 1

Rp75.000

Agak Murah

Efektif bantu atasi tanda-tanda penuaan dini yang muncul pada wajah

NA18210111285

15 ml

Hyaluronic acid, black ginseng water, reishi mushroom, licorice extract

Botol pipet

Semua jenis kulit

Melembapkan kulit, mengurangi kerutan dan garis halus, membantu menyamarkan noda gelap

Licorice extract

Glycerin, allantoin, panthenol, sodium hyaluronate

Allantoin, panthenol

Black ginseng water

Pagi, malam

9

Whitelab

Hydrating Serum

Whitelab Hydrating Serum 1

Rp84.300

Agak Murah

Kulit lembap lebih cepat dalam 15 menit

NA18220109812

20 ml

Hyaluronic acid, panthenol, probiotic

Botol pipet

Semua jenis kulit

Merawat dan meningkatkan fungsi skin barrier kulit, menghidrasi kulit, menjaga kekenyalan dan kehalusan kulit

Tidak ada

Glycerin, galactomyces ferment filtrate, panthenol, hyaluronic acid

Panthenol, allantoin

Soluble collagen

Pagi, malam

10

La Roche-Posay

Hyalu B5 Serum

La Roche-Posay Hyalu B5 Serum 1

Rp630.000

Lebih Mahal

Solusi masalah kulit sensitif, kering, dan tanda penuaan dalam satu serum

NC14212000001

30 ml, 50 ml

Hyaluronic acid, vitamin B5, thermal water

Botol pipet

Semua jenis kulit

Menyamarkan kerutan halus, melembapkan, dan mempercepat regenerasi kulit

Tidak ada

Glycerin, hyaluronic acid

Thermal water, panthenol

Tocopherol

Pagi, malam

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SOMETHINC HYALuronic 9+ Advanced + B5 Serum

HYALuronic 9+ Advanced + B5 Serum 1
Sumber: somethinc.com
HYALuronic 9+ Advanced + B5 Serum 3
Sumber: shopee.co.id
HYALuronic 9+ Advanced + B5 Serum 4
Sumber: shopee.co.id
HYALuronic 9+ Advanced + B5 Serum 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp131.000
Menengah
Harga referensi
Rp131.000
Menengah

Mengatasi kulit kering dan lelah dengan kandungan 9x hyaluronic acid

Anda pasti sudah tidak asing dengan serum hyaluronic acid SOMETHINC, bukan? Nah, sekarang hydrating serum ini hadir dengan formula baru. Formula terbaru ini menambahkan onsen sui water sebagai bahan aktif utama menyerupai hydrating toner-nya. Tentunya, kelembapan serum ini jadi makin mumpuni, ya! 


Terlebih lagi, adanya Chlorella vulgaris extract akan meremajakan kulit sekaligus bikin kulit wajah terlihat lebih muda. Serum ini kami rekomendasikan untuk Anda yang bermasalah dengan kulit kering, dehidrasi, lelah, kasar, dan kendur. Namun, formula barunya dinilai lebih thick yang berarti berpotensi menimbulkan rasa lengket dan over hydrating untuk jenis kulit lain. 

BPOM
Nomor BPOMNA18210102692
Isi/varian isi20 ml, 40 ml
Bahan aktifHyaluronic acid, panthenol, chlorella
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMelembapkan, menjaga elastisitas, meredakan kemerahan, menghaluskan
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapOnsen sui water, squalane, hyaluronic acid, panthenol
Kandungan anti-inflamasiPanthenol
Kandungan antiagingChlorella vulgaris extract
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SKINTIFIC4D Hyaluronic Acid Hydrating Serum

Harga referensi
Rp169.000
Agak Mahal

Mengatasi permasalahan kulit yang kering hingga terkelupas

Kulit yang sangat kering sering kali menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Pada kondisi yang buruk, kulit kering juga bisa mengelupas. Jika Anda mengalaminya, kami merekomendasikan serum untuk kulit sangat kering dari SKINTIFIC.


Serum kulit kering ini mengandung hyaluronic acid tinggi yang dapat menghidrasi secara mendalam. Hasilnya, kulit terbebas dari rasa tertarik dan terkelupas. Kandungan air dalam hydrating serum ini bahkan dapat membantu mengunci kelembapan kulit hingga 48 jam.

BPOM
Nomor BPOMNA11220100309
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifPeptides
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMengatasi dehidrasi, menghaluskan, meningkatkan elastisitas, mencegah kulit kering dan terkelupas
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembap5% Hymagic 4D hyaluronic acid, peptides, thermal water
Kandungan anti-inflamasiTidak ada
Kandungan antiagingPeptides
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.3

GarnierSakura Glow Hyaluron 30x Booster Serum

Harga referensi
Rp140.000
Menengah

Miliki kulit halus bercahaya ala Korea

Kelebihan:

  • Cepat menyerap dan mudah di-blend
  • Sebagian besar reviewer menyatakan kulit terasa lebih lembap, kenyal, dan cerah setelah pemakaian teratur

Kekurangan:

  • Mengandung parfum, untuk kulit sensitif diperlukan patch test terlebih dahulu

Ingin kulit lebih cerah merona dalam seminggu? Yuk, coba serum Garnier yang satu ini. Serum ini diformulasikan dengan 30X Hyaluron dan ekstrak bunga sakura Jepang. Perpaduan kedua bahan ini akan membuat kulit lebih cerah, halus, dan glowing dalam tujuh hari.


Sejak pemakaian pertama, kulit akan terasa halus, lembap dan tampak bening. Dengan formula tidak lengket yang cepat meresap, serum ini nyaman dipakai. Dapatkan kulit glowing sehat merona seperti wanita Korea!

BPOM
Nomor BPOMNA18201900205
Isi/varian isi15 ml, 30 ml
Bahan aktifTidak diketahui
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitKulit kering
Fungsi/manfaatMencerahkan dan menghaluskan
Kandungan pencerahEkstrak sakura
Kandungan pelembapGlycerin, sodium hyaluronate
Kandungan anti-inflamasiTidak ada
Kandungan antiagingTidak ada
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.4

AzarineHydramax Water Bank Serum

Harga referensi
Rp49.000
Lebih Murah

Moisturizing serum yang bebas alkohol dan parfum, cocok untuk bumil dan sensitive skin

Hydramax Water Bank Serum dari Azarine ini adalah jawaban jika Anda berkulit sensitif atau baru pertama mencoba serum. Serum hyaluronic acid ini diformulasi tanpa alkohol dan parfum sehingga lebih bersahabat untuk kulit sensitif.


Dari komposisi bahannya, serum ini mengandung 5% hyaluronic acid yang sangat melembapkan dan ceramide yang bisa menjaga kekenyalan kulit. Terlebih, teknologi 3D Moisture Matrix Protection-nya dapat menjaga kelembapan kulit hingga 48 jam! Produk ini aman dipakai oleh semua usia, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

BPOM
Nomor BPOMNA18210107801
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifHyaluronic acid, ceramide, citric acid
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMelembapkan, merawat skin barrier, menjaga kekenyalan kulit
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembap5% Hyaluronic acid, ceramide, panthenol, crystal ice plant
Kandungan anti-inflamasiHyaluronic acid
Kandungan antiagingTidak ada
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianMalam
Alkohol
Pewangi
View all
No.5

The Originote Hyalu-C Serum

Harga referensi
Rp64.000
Agak Murah

Kaya vitamin C dan antioksidan untuk menjaga keremajaan kulit wajah

Dengan kandungan lima jenis hyaluronic acid, serum ini efektif untuk melembapkan kulit dan menyamarkan garis-garis halus. Tambahan kandungan tiga macam vitamin C pun membuatnya makin cocok bagi Anda yang mencari serum antiaging dengan fungsi mencerahkan. 


Masalah kulit kusam dan flek hitam bisa pula Anda coba atasi dengan serum hyaluronic acid lokal satu ini. Selain mencerahkan, kandungan antioksidan pada produk ini juga mampu menjaga keremajaan kulit dan membantu mempercepat produksi kolagen.

BPOM
Nomor BPOMNA18222000545
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifHyaluronic acid, vitamin C, Centella asiatica, niacinamide
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit, terutama kulit kusam dan hiperpigmentasi
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit, sebagai antioksidan, merawat keremajaan kulit
Kandungan pencerahNiacinamide, vitamin C
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, allantoin, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, allantoin, Centella asiatica extract
Kandungan antiagingNiacinamide, daisy extract, Centella asiatica extract
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.6

AvoskinYour Skin Bae Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea

Harga referensi
Rp139.000
Menengah

Menjaga keremajaan kulit dengan hyaluronic acid dan green tea

Serum ini menggabungkan hyaluronic acid dan green tea yang bisa menghidrasi kulit sekaligus memberikan nutrisi antioksidan ke kulit. Kandungan turunan hyaluronic acid-nya yang bernama ultimate hyaluron hyacross berfungsi optimal meningkatkan kelembapan kulit dengan pemakaian setiap hari.


Jika Anda bermasalah dengan kulit kering, dehidrasi, dan kasar, Anda bisa mengandalkan varian Avoskin Your Skin Bae yang satu ini. Tak hanya meremajakan kulit, skin barrier juga jadi ikut terjaga.

BPOM
Nomor BPOMNA18202000277
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifHyaluronic acid, green tea
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenghidrasi, menjaga kekenyalan, dan merawat kulit agar tetap halus
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapHyaluronic acid, glycerin
Kandungan anti-inflamasiHyaluronic acid, green tea
Kandungan antiagingGreen tea
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.7

L’Oréal Paris Revitalift 1,5% Hyaluronic Acid Serum

Harga referensi
Rp145.000
Menengah

Serum dengan micro-hyaluron yang melembapkan hingga lapisan terdalam

Kulit yang terjaga kelembapannya akan terasa kenyal dan tampak sehat. Nah, serum kulit kering yang satu ini dapat membantu Anda mendapatkan hal tersebut. Serum L’Oréal Paris ini mengandung 1,5% hyaluronic acid berukuran micro yang bisa diserap hingga lapisan epidermis.


Serum ini diklaim mampu meningkatkan kekenyalan dan kelembapan kulit dalam waktu satu minggu! Kulit Anda pun akan tampak cerah dan glowing sehat. Serum ini juga hadir dalam rangkaian skincare lengkap lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan, lho.

BPOM
Nomor BPOMNA11200100030
Isi/varian isi15 ml, 30 ml
Bahan aktifHyaluronic acid
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMelembapkan dan menyamarkan garis halus kulit
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapHyaluronic acid, glycerin
Kandungan anti-inflamasiTidak ada
Kandungan antiagingHyaluronic acid
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.8

ScarlettScarlett Whitening Hyalu B5 + Reishi Mushroom & Bifida Serum

Harga referensi
Rp75.000
Agak Murah

Efektif bantu atasi tanda-tanda penuaan dini yang muncul pada wajah

Kerutan, garis halus, dan noda hitam merupakan tanda-tanda aging pada kulit yang tak boleh disepelekan. Agar tak berlanjut menjadi lebih parah, segera tangani dengan menggunakan serum Scarlett yang satu ini.


Selain mengandung 4D hyaluronic acid, produk ini pun mengandung black ginseng water dan reishi mushroomKombinasi tersebut menjadi antioksidan yang efektif untuk menjaga kelembapan serta mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah. Kemudian, kandungan licorice extract pada serum ini akan membantu menyamarkan noda gelap pada kulit Anda.

BPOM
Nomor BPOMNA18210111285
Isi/varian isi15 ml
Bahan aktifHyaluronic acid, black ginseng water, reishi mushroom, licorice extract
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMelembapkan kulit, mengurangi kerutan dan garis halus, membantu menyamarkan noda gelap
Kandungan pencerahLicorice extract
Kandungan pelembapGlycerin, allantoin, panthenol, sodium hyaluronate
Kandungan anti-inflamasiAllantoin, panthenol
Kandungan antiagingBlack ginseng water
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.9

WhitelabHydrating Serum

Harga referensi
Rp84.300
Agak Murah

Kulit lembap lebih cepat dalam 15 menit

Tak perlu waktu lama, serum hyaluronic acid Whitelab ini dapat membuat kulit 44% lebih lembap dalam 15 menit. Formula HyaluComplex-10, kombinasi sepuluh jenis molekul hyaluron, pada serum ini mampu meningkatkan level hidrasi pada lapisan kulit yang berbeda. Alhasil, kelembapan wajah Anda dapat terjaga sepanjang hari. Sangat cocok untuk segera menghidrasi dan merevitalisasi kulit kering bagi Anda yang kerap berada di ruangan ber-AC, bukan?

BPOM
Nomor BPOMNA18220109812
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifHyaluronic acid, panthenol, probiotic
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMerawat dan meningkatkan fungsi skin barrier kulit, menghidrasi kulit, menjaga kekenyalan dan kehalusan kulit
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapGlycerin, galactomyces ferment filtrate, panthenol, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiPanthenol, allantoin
Kandungan antiagingSoluble collagen
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.10

La Roche-PosayHyalu B5 Serum

Harga referensi
Rp630.000
Lebih Mahal

Solusi masalah kulit sensitif, kering, dan tanda penuaan dalam satu serum

Jika Anda mencari serum untuk kulit kering yang sekaligus bisa melawan tanda penuaan, kami merekomendasikan La Roche-Posay. Serum ini menggabungkan hyaluronic acid, panthenol, dan vitamin B5 yang bisa menyamarkan kerutan, mengencangkan kulit, dan membuatnya lebih kenyal. Serum ini juga memperbaiki kelembapan, membantu regenerasi kulit, dan memperkuat lapisan pelindung kulit.


Saat dipakai, serum kulit kering ini akan memberikan sensasi menyegarkan secara instan. Hyalu B5 Serum ini cocok untuk kulit sangat kering, dehidrasi, dan sensitif. Namun, karena kandungan pelembapnya yang tinggi, serum ini cenderung terlalu lembap untuk kulit kombinasi dan berminyak.

BPOM
Nomor BPOMNC14212000001
Isi/varian isi30 ml, 50 ml
Bahan aktifHyaluronic acid, vitamin B5, thermal water
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenyamarkan kerutan halus, melembapkan, dan mempercepat regenerasi kulit
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapGlycerin, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiThermal water, panthenol
Kandungan antiagingTocopherol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all

Hyaluronic acid boleh dicampur dan tidak bisa dicampur dengan apa?

Hyaluronic acid boleh dicampur dan tidak bisa dicampur dengan apa?

Tidak ada bahan khusus yang perlu dihindari saat Anda memakai serum yang mengandung hyaluronic acid. Namun, apabila kulit Anda sensitif atau alergi terhadap suatu bahan, pastikan untuk menghindari bahan tersebut. 


Hyaluronic acid bisa dicampurkan dengan berbagai bahan lain, termasuk niacinamide, ceramide, AHA, dan BHA. Bahan ini juga aman digunakan oleh semua jenis kulit, mulai dari kulit normal, kering, berminyak, berjerawat, hingga sensitif.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Hyaluronic acid adalah bahan versatile karena sifatnya yang sangat mild dan gentle. Hyaluronic acid justru sering dipakai bersamaan dengan produk yang risiko iritannya tinggi untuk meng-counter efek tersebut.

5 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid terbaik

No. 1: SOMETHINC HYALuronic 9+ Advanced + B5 Serum

No. 2: SKINTIFIC4D Hyaluronic Acid Hydrating Serum

No. 3: GarnierSakura Glow Hyaluron 30x Booster Serum

No. 4: AzarineHydramax Water Bank Serum

No. 5: The Originote Hyalu-C Serum

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.