• 10 Serum Hyaluronic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum Hyaluronic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum Hyaluronic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum Hyaluronic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum Hyaluronic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Hyaluronic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Secara alami, hyaluronic acid dapat ditemukan pada tubuh manusia. Meski begitu, penting untuk tetap menambahkan serum hyaluronic acid dalam rutinitas perawatan kulit. Hal itu disebabkan seiring pertambahan usia, kulit manusia akan makin berkurang kelembapan alaminya. 


Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips untuk memilih serum hyaluronic acid terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek yang bagus untuk Anda jadikan referensi. Beberapa di antaranya adalah L'Oreal Paris, Olay, dan Avoskin. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Yuk, simak pembahasan ini sampai habis!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
  • Pembaharuan terakhir: 23 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Apa itu hyaluronic acid?

Apa itu hyaluronic acid?

Hyaluronic acid adalah protein yang secara alami dapat ditemukan pada kulit, mata, jaringan ikat, dan persendian. Hyaluronic acid merupakan pelembap yang sangat luar biasa karena dapat menarik dan menahan air dalam tubuh, termasuk kulit. Satu molekul hyaluronic acid dapat menampung seribu kali lipat molekul air. Karena itulah, hyaluronic acid menjadi pelembap yang sangat diminati. 


Molekul dari hyaluronic acid memiliki ukuran yang beragam, mulai dari yang besar hingga kecil, sesuai tujuannya. Molekul besar didesain untuk melembapkan permukaan kulit dan memperbaiki tampilan kulit. Sementara itu, molekul kecil didesain untuk diserap ke dalam kulit dan menarik air yang akan melembapkan kulit dari dalam.


Seiring bertambahnya usia, produksi hyaluronic acid alami manusia mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan kulit menjadi kering dan memicu tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan keriput. Dibutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan kulit, salah satunya melalui serum. Serum dianggap paling efektif ketimbang krim dan moisturizer karena karena konsentrasi hyaluronic acid-nya lebih tinggi. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum hyaluronic acid

Pada dasarnya, hyaluronic acid adalah bahan yang aman untuk semua jenis kulit. Namun, ada baiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini untuk mendapatkan serum hyaluronic acid terbaik. 

Sesuaikan jenis serum dengan tipe kulit Anda

Produk serum terbagi menjadi dua jenis, yaitu water-based dan oil-based serum. Keduanya bisa Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. 

Untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih serum water-based

Untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih serum water-based

Memakai serum oil-based yang berbahan natural oil pada dasarnya tidak menjadi masalah sekalipun kulit Anda tipe berminyak. Namun, Anda pasti akan merasa lebih nyaman dengan serum yang teksturnya tidak membebani kulit, bukan? Maka itu, serum jenis water-based yang teksturnya lebih ringan bisa menjadi pilihan lebih ideal bagi Anda. 


Karena serum berjenis water-based memiliki tekstur yang ringan, inti serum pun jadi lebih mudah diserap kulit. Dengan begitu, risiko terjadinya penyumbatan pada pori-pori jadi lebih kecil dan meminimalkan kemungkinan munculnya jerawat. Hal inilah yang membuat serum water-based lebih ideal untuk pemilik kulit berminyak dan cenderung mudah berjerawat. 

Untuk kulit kering, gunakan serum oil-based untuk hidrasi maksimal

Untuk kulit kering, gunakan serum oil-based untuk hidrasi maksimal

Jika Anda memiliki kulit yang kering, Anda pasti membutuhkan serum yang dapat menghidrasi kulit lebih maksimal. Serum oil-based cocok bagi Anda karena teksturnya yang padat mampu merevitalisasi kulit lebih intensif dan memberikan kelembapan lebih pas. Sayangnya, serum oil-based lebih sulit ditemukan karena dianggap kurang nyaman.


Kulit manusia membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap serum oil-based. Hal ini membuat serum oil-based dianggap kurang nyaman karena lebih cocok untuk diaplikasikan hanya pada malam hari. Jika penyerapan serum yang belum sempurna bercampur dengan benda asing semisal makeup, pori-pori bisa tersumbat. Akhirnya, lebih besar kemungkinan munculnya jerawat pada kulit. 

Periksa konsentrasi hyaluronic acid untuk hasil maksimal

Periksa konsentrasi hyaluronic acid untuk hasil maksimal

Kebanyakan serum hanya mengandung 0,25%–1,75% hyaluronic acid. Dengan kandungan sebesar ini, serum sudah bisa melembapkan kulit. Di sisi lain, mungkin Anda akan perlu menaikkan kadar hyaluronic acid sampai 2% apabila kulit Anda tergolong sangat kering. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan dengan baik konsentrasi hyaluronic acid pada serum. 


Berhati-hatilah sebab konsentrasi terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kulit kering karena sifat utamanya menyerap molekul air. Hal ini tentu berlawanan dengan tujuan pemakaian serum. Agar hyaluronic acid menyerap molekul air yang sudah disediakan pada serum, konsentrasi yang pas adalah sekitar 2%. 

Untuk manfaat jangka panjang, perhatikan bentuk hyaluronic acid

Untuk manfaat jangka panjang, perhatikan bentuk hyaluronic acid

Hyaluronic acid terbagi menjadi tiga bentuk berdasarkan bobot molekulnya, yaitu ringan, sedang, dan berat. Hyaluronic acid dengan molekul ringan lebih mudah diserap kulit hingga lapisan paling dalam. Jadi, hyaluronic acid dapat memperbaiki garis halus, kerutan, dan elastisitas kulit. 


Dengan hyaluronic acid molekul ringan, kulit Anda akan tetap sehat dalam jangka panjang. Biasanya, pada daftar komposisi, Anda akan menemukan hyaluronic acid dalam molekul ringan sebagai sodium hyaluronateHyaluronic acid molekul sedang mampu meresap sampai ke lapisan kulit tepat di bawah skin barrier. Efek memakai serum dengan hyaluronic acid molekul sedang ini dapat bertahan dalam jangka waktu cukup panjang. 


Selanjutnya, ada hyaluronic acid dengan molekul berat. Bentuk ini tidak meresap sampai dalam kulit, melainkan bekerja di permukaan atau bagian skin barrier. Molekul berat inilah yang memberikan efek kulit kenyal dan lembap. Akan tetapi, efek ini bersifat jangka pendek. 


Beberapa serum hanya memiliki kandungan hyaluronic acid dengan bobot molekul tertentu. Namun, akan lebih baik jika serum mengandung ketiga jenis hyaluronic acid yang ada. Dengan ketiganya, kulit Anda akan menjadi lembap dari luar sampai dalam. Wajah Anda pun akan terlihat lebih sehat dan tetap awet muda seiring berjalannya waktu. 

Perhatikan kombinasi bahan yang mendukung manfaat hyaluronic acid

Perhatikan kombinasi bahan yang mendukung manfaat hyaluronic acid

Meskipun disebut serum hyaluronic acid, serum pasti memiliki kombinasi bahan lainnya yang bermanfaat baik untuk kulit. Anda pun bisa memilih serum dengan kombinasi bahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit.


Kombinasi yang paling populer belakangan ini adalah hyaluronic acid dan niacinamide. Niacinamide bekerja membantu mengecilkan pori, mengatasi hiperpigmentasi dan penuaan dini, serta memperkuat skin barrier. Jika hyaluronic acid memberikan kelembapan, niacinamide akan membantu mengunci kelembapan tersebut dengan skin barrier yang kuat.


Kombinasi lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah hyaluronic acid dengan retinol, peptides, ceramide, dan vitamin C. Retinol dapat membantu mempercepat regenerasi sel dan meratakan warna kulit, sedangkan peptides menstimulasi produksi kolagen.


Kombinasi hyaluronic acid dengan ceramide juga menarik karena serum akan membentuk skin barrier yang kuat untuk melindungi kulit. Anda juga bisa memilih serum hyaluronic acid yang dikombinasikan dengan vitamin C dalam konsentrasi 5%-15%. Kombinasi ini dapat diterima dengan sangat baik untuk kulit dan memberikan efek antiaging yang luar biasa.

Pilih serum yang bebas bahan kimia berbahaya

Pilih serum yang bebas bahan kimia berbahaya

Pada dasarnya, hyaluronic acid adalah komponen alami yang dapat ditemukan pada kulit. Oleh sebab itu, sangat jarang terjadi reaksi alergi ataupun iritasi akibat serum hyaluronic acid


Akan tetapi, untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya pilih serum yang bebas pewangi dan pewarna tambahan. Sering kali bahan tambahan tersebut menjadi penyebab munculnya reaksi pada kulit setelah pemakaian produk skincare


Untuk menjaga kesehatan kulit pada kulit sensitif, Anda pun perlu memperhatikan faktor keamanan produk. Keamanan yang dimaksud adalah produk bebas dari paraben, mineral oil, silikon, alkohol (kecuali fatty alcohol), dan sulfat. Sebelum menggunakan produk baru, jangan lupa untuk melakukan patch test terlebih dahulu. Jika tidak ada reaksi apa pun, Anda bisa melanjutkan pemakaian produk tanpa rasa khawatir.

10 Rekomendasi serum hyaluronic acid terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum hyaluronic acid terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10

For Skin's SakeHyaluronic Acid Serum

Mulai dari Rp 225.000,00

Jenis serum Water-based
Bentuk hyaluronic acid Molekul ringan
Bahan utamaHyaluronic acid, green tea, MSM, vitamin E
Keamanan produkParaben free, sulfate free, alcohol free, silicone free, fragrance free, synthetic dye free
Volume30 ml
9

Humphrey Niacinamide 10% + ‌Hyaluronic Acid Serum

Mulai dari Rp 99.900,00

Jenis serum Water-based
Bentuk hyaluronic acid Molekul sedang
Bahan utamaNiacinamide, hyaluronic acid
Keamanan produkParaben free, silicone free, sulfate free
Volume10 ml
8

Mineral BotanicaHyaluronic Acid Serum

Mulai dari Rp 124.900,00

Jenis serum Water-based
Bentuk hyaluronic acid Molekul ringan
Bahan utamaSodium hyaluronate, kakadu plum fruit extract, glycerin, propanediol, panthenol/B5
Keamanan produkAlcohol free, paraben free, sulfate free
Volume20 ml
7
Jenis serum Water-based
Bentuk hyaluronic acid Molekul ringan
Bahan utamaSodium hyaluronate, vitamin B5
Keamanan produkParaben free, sulfate free, alcohol free, silicone free, nut free, gluten free, vegan
Volume30 ml
6

Amore PacificLaneige White Dew Original Ampoule Essence

Mulai dari Rp 1.047.000,00

Jenis serum Water-based
Bentuk hyaluronic acid Molekul ringan
Bahan utamaSodium hyaluronate, melanocyte, Saururus chinensis, phyto sugar water
Keamanan produkParaben free, sulfate free
Volume40 ml
5

SOMETHINCHYALuronic9+ Advanced + B5 Serum

Mulai dari Rp 115.500,00

Jenis serum Water-based
Bentuk hyaluronic acid Tidak disebutkan
Bahan utama2% Hyaluronic (full active ingredients) + vitamin B5
Keamanan produkParaben free, sulfate free, alcohol free, silicone free, fragrance free, synthetic dye free
Volume20 ml
4

AvoskinYour Skin Bae Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea

Mulai dari Rp 139.000,00

Jenis serum Water-based
Bentuk hyaluronic acid Tidak disebutkan
Bahan utamaHyaluronic acid, glycerin, green tea
Keamanan produkAlcohol free, paraben free, fragrance free, cruelty free
Volume30 ml
3

P&GOlay Regenerist Micro-sculpting Serum

Mulai dari Rp 166.300,00

Jenis serum Water-based
Bentuk hyaluronic acid Molekul ringan
Bahan utamaNiacinamide, vitamin B5, amino peptide
Keamanan produkParaben free, sulfate free, alcohol free
Volume50 ml
2

Y.O.U BeautyRadiance White Nourishing + Serum

Mulai dari Rp 120.000,00

Jenis serum Water-based
Bentuk hyaluronic acid Molekul ringan
Bahan utamaSodium hyaluronic, vitamin C, niacinamide, tremella extract, probiotics
Keamanan produkAlcohol free, fragrance free, essential oil free
Volume20 ml
1

L'Oreal ParisRevitalift Hyaluronic Acid Serum Skin Care

Mulai dari Rp 140.000,00

Jenis serum Water-based
Bentuk hyaluronic acid 0,5% molekul berat + 1% molekul ringan
Bahan utama1,5% pure hyaluronic acid
Keamanan produkParaben free, sulfate free, alcohol free, silicone free, fragrance free, synthetic dye free
Volume30 ml

Tabel perbandingan produk serum hyaluronic acid terbaik

Gambar produk
1
L'Oreal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Serum Skin Care 1

L'Oreal Paris

2
Y.O.U Beauty Radiance White Nourishing + Serum 1

Y.O.U Beauty

3
P&G Olay Regenerist Micro-sculpting Serum 1

P&G

4
Avoskin Your Skin Bae Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea 1

Avoskin

5
SOMETHINC HYALuronic9+ Advanced + B5 Serum 1

SOMETHINC

6
Amore Pacific Laneige White Dew Original Ampoule Essence 1

Amore Pacific

7
The Ordinary Hyaluronic Acid 2% + B5 1

The Ordinary

8
Mineral Botanica Hyaluronic Acid Serum 1

Mineral Botanica

9
Humphrey  Niacinamide 10% + ‌Hyaluronic Acid Serum 1

Humphrey

10
For Skin's Sake Hyaluronic Acid Serum 1

For Skin's Sake

Nama produk

Revitalift Hyaluronic Acid Serum Skin Care

Radiance White Nourishing + Serum

Olay Regenerist Micro-sculpting Serum

Your Skin Bae Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea

HYALuronic9+ Advanced + B5 Serum

Laneige White Dew Original Ampoule Essence

Hyaluronic Acid 2% + B5

Hyaluronic Acid Serum

Niacinamide 10% + ‌Hyaluronic Acid Serum

Hyaluronic Acid Serum

Keunggulan

Kembalikan kelembapan dan cerahkan kulit wajah dengan serum ini

Lengkap dengan 9 bahan aktif untuk mencerahkan wajah!

Nyamannya tekstur creamy yang ringan dan cepat meresap

Mampu menghidrasi kulit 2–3 kali lebih baik

Perangi kulit kering dan kembalikan elastisitas kulit

Kulit lebih lembap, selamat tinggal kulit kering!

Kombinasi tiga jenis hyaluronic acid untuk kulit sehat luar dalam

Jaga kekencangan kulit dan pudarkan noda bekas jerawat

Kulit tampak sehat hanya dengan pemakaian sebiji jagung

Rawat kulit kering dengan kandungan 100% hyaluronic acid

Harga mulai dariRp 140.000,00Rp 120.000,00Rp 166.300,00Rp 139.000,00Rp 115.500,00Rp 1.047.000,00Rp 129.900,00Rp 124.900,00Rp 99.900,00Rp 225.000,00
Jenis serum Water-based Water-basedWater-based Water-basedWater-based Water-based Water-based Water-basedWater-based Water-based
Bentuk hyaluronic acid 0,5% molekul berat + 1% molekul ringan Molekul ringanMolekul ringan Tidak disebutkanTidak disebutkan Molekul ringan Molekul ringan Molekul ringanMolekul sedang Molekul ringan
Bahan utama1,5% pure hyaluronic acid Sodium hyaluronic, vitamin C, niacinamide, tremella extract, probioticsNiacinamide, vitamin B5, amino peptide Hyaluronic acid, glycerin, green tea2% Hyaluronic (full active ingredients) + vitamin B5Sodium hyaluronate, melanocyte, Saururus chinensis, phyto sugar water Sodium hyaluronate, vitamin B5 Sodium hyaluronate, kakadu plum fruit extract, glycerin, propanediol, panthenol/B5Niacinamide, hyaluronic acid Hyaluronic acid, green tea, MSM, vitamin E
Keamanan produkParaben free, sulfate free, alcohol free, silicone free, fragrance free, synthetic dye free Alcohol free, fragrance free, essential oil freeParaben free, sulfate free, alcohol freeAlcohol free, paraben free, fragrance free, cruelty freeParaben free, sulfate free, alcohol free, silicone free, fragrance free, synthetic dye free Paraben free, sulfate freeParaben free, sulfate free, alcohol free, silicone free, nut free, gluten free, veganAlcohol free, paraben free, sulfate freeParaben free, silicone free, sulfate freeParaben free, sulfate free, alcohol free, silicone free, fragrance free, synthetic dye free
Volume30 ml 20 ml50 ml 30 ml20 ml 40 ml 30 ml 20 ml10 ml 30 ml
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar serum hyaluronic acid

Pertanyaan umum seputar serum hyaluronic acid

Di artikel ini, kami telah membahas tuntas mengenai fungsi dan kelebihan serum hyaluronic acid. Setelah ini, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar hyaluronic acid. Semoga informasi baru ini bisa menambah pengetahuan Anda!

Apakah hyaluronic acid bisa digunakan bersamaan dengan vitamin C?

Ya, kombinasi hyaluronic acid dan vitamin C merupakan kombo ideal untuk kulit dehidrasi dan/atau sensitif. Risiko iritasi dari vitamin C akan berkurang ketika menggunakannya bersamaan dengan hyaluronic acid. Selain itu, kombinasi ini juga cocok digunakan untuk tujuan antiaging, mencerahkan warna kulit, dan mengurangi kerutan halus di kulit.

Baca juga rekomendasi serum lainnya di sini

Selain serum hyaluronic acid, Anda bisa memilih serum lain sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda. Untuk mendapatkan referensi lebih banyak mengenai serum terbaik, ayo segera klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Memakai serum hyaluronic acid menjadi salah satu upaya penting untuk melawan tanda penuaan. Dengan kulit yang senantiasa lembap, kulit wajah tidak akan mudah kendur atau bahkan keriput. Selain itu, penting untuk memperhatikan kandungan serum agar manfaatnya lebih maksimal. 


Semoga setelah membaca keseluruhan artikel ini, Anda menemukan serum hyaluronic acid yang paling tepat. Ayo, rawat kulit dengan serum hyaluronic acid dan selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Shaver Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shaver Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rambut, jenggot, kumis, dan rambut lainnya memiliki kecepatan tumbuh yang berbeda. Untuk menjaga penampilan tetap maksimal, Anda harus rajin menjaga kebersihan dan kerapiannya. Philips adalah salah satu produsen alat cukur atau shaver yang reputasinya sudah mendunia. Ada berbagai seri shaver Philips dengan jenis head, kegunaan, dan fitur yang berbeda.Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih shaver Philips sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari shaver Philips seri 1000, 7000, 9000 hingga produk terkenalnya seperti PQ206, AquaTouch, atau Norelco akan kami rekomendasikan untuk Anda. Simak sampai selesai, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori