• 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi (Terbaru Tahun 2021)

Asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 1 tahun adalah ASI. Namun, bayi pada kondisi tertentu membutuhkan tambahan nutrisi lain berupa susu formula. Susu formula untuk bayi di bawah 1 tahun tentu berbeda dengan anak usia di atas 1 tahun. Tahapan tumbuh kembang mereka berbeda sehingga kebutuhan nutrisinya juga berbeda.


Artikel ini akan membantu Anda mencari susu formula untuk menambah berat badan bayi. Anda akan menemukan beberapa merek terbaik, seperti Morinaga BMT, Lactogen, atau Bebelove. Tidak perlu bingung memilih karena kami akan mengulasnya di sini. Jadi, tetaplah membaca, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 26 Agustus 2021
  • 32.829 Views
Daftar isi

Mengapa Anda harus memperhatikan berat badan bayi?

Mengapa Anda harus memperhatikan berat badan bayi?

Berat badan bayi baru lahir yang ideal adalah 2,5–4 kg. Berat badan bayi biasanya sudah bisa diprediksi sejak masa kehamilan sehingga hal ini bisa diantisipasi. Akan tetapi, ada situasi ketika berat badan bayi tidak dapat mencapai angka ideal. 


Bayi yang lahir dengan berat badan di bawah 2,5 kg adalah suatu hal yang perlu diwaspadai. Kondisi tersebut bisa menyebabkan munculnya masalah seperti terhambatnya tumbuh kembang fisik dan otak anak.


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan standar berat badan bayi Asia. Pada usia 4–6 bulan, berat badan ideal bayi laki-laki adalah 6,4–9,7 kg. Sementara itu, untuk bayi perempuan adalah 5,8–9,2 kg. Lalu, saat bayi berusia 1 tahun, normalnya ia memiliki berat badan tiga kali lipat dari berat badannya saat lahir. 


Standar pertumbuhan berat badan bayi ini haruslah diperhatikan untuk mencegah stunting atau gagalnya pertumbuhan anak. Oleh karena itu, bayi dalam kondisi tersebut membutuhkan susu formula untuk mendukung tumbuh kembangnya yang optimal.

Cara memilih susu formula untuk penambah berat badan bayi

Susu formula untuk bayi usia di bawah 1 tahun cukup beragam. Sebelum membeli susu formula untuk bayi, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Pilih berdasarkan jenis susu

Susu untuk bayi umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu susu sapi dan susu soya atau keledai. Lantas, apa perbedaannya? Berikut ini penjelasannya.

Susu sapi, tinggi kalsium untuk tumbuh kembang anak yang optimal

Susu sapi, tinggi kalsium untuk tumbuh kembang anak yang optimal

Sebagian besar susu formula yang dipasarkan adalah jenis susu sapi. Susu sapi memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Jika kebutuhan kalsium ini terpenuhi, tumbuh kembang anak bisa lebih optimal.


Sayangnya tidak semua bayi bisa mengonsumsi susu sapi. Beberapa bayi memiliki intoleransi laktosa sehingga reaksi setelah meminum susu sapi adalah diare, muntah, atau nyeri perut. Apabila hal itu terjadi pada anak Anda, segera hentikan pemberian susu sapi dan berkonsultasilah kepada dokter.

Susu rendah laktosa atau bebas laktosa, untuk bayi yang alergi

Susu rendah laktosa atau bebas laktosa, untuk bayi yang alergi

Laktosa adalah sejenis glukosa atau gula yang terkandung dalam susu sapi. Akan tetapi, tidak semua bayi bisa mencerna susu dengan laktosa. Kondisi seperti ini disebut intoleransi laktosa atau alergi laktosa. Untuk mengatasinya, Anda harus memberikan susu rendah laktosa atau bebas laktosa. 


Susu jenis ini biasanya tidak mengandung protein sapi, tetapi digantikan oleh protein dari kacang kedelai atau kacang almon. Susu kedelai atau disebut juga susu soya memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Serat ini bermanfaat untuk menjaga saluran cerna bayi. 


Akan tetapi, dokter tidak menyarankan pemberian susu soya pada bayi di bawah 6 bulan. Hal ini dikhawatirkan dapat meningkatkan reaksi alergi kedelai pada bayi. Reaksi tersebut, antara lain, adalah munculnya ruam, muntah, diare, serta pembengkakan wajah, bibir, atau lidah. Jika Anda ingin memberikan susu soya pada bayi, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Perhatikan kandungan gizi yang terdapat dalam susu

Guna tumbuh kembang anak yang optimal, Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan standar Angka Kecukupan Gizi (AKG). AKG pada setiap jenjang usia anak berbeda-beda. Jadi, selalu perhatikan kandungan gizi yang tertera dalam kemasan susu dan sesuaikan dengan AKG anak Anda.

Kalori, sumber energi utama pada bayi

Bayi yang berat badannya harus ditambah membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak. Kalori dapat memberikan energi utama pada bayi. Makin bertambah usianya, makin aktif pula gerak bayi. AKG kalori yang disarankan untuk bayi 0–5 bulan adalah 550 kkal per hari. Sementara itu, untuk bayi 6–11 bulan, AKG kalorinya adalah 800 kkal per hari.


Namun, Anda tetap harus memperhatikan jumlah kalori yang terserap dalam tubuh bayi. Apabila kelebihan kalori, bayi dapat mengalami masalah obesitas, malas makan, bahkan malas mengunyah. Padahal, bagaimanapun anak tetap membutuhkan makanan padat untuk pemenuhan gizi yang optimal.

Protein, jaga daya tahan tubuh bayi

Protein, jaga daya tahan tubuh bayi

Bayi sehat adalah bayi yang memiliki tumbuh kembang yang optimal dan berat badannya naik secara bertahap. Menjaga kesehatan bayi adalah sesuatu yang penting dilakukan oleh semua orang tua. Jadi, carilah susu dengan kandungan protein yang tinggi.


Protein berperan dalam pembentukan sel, hormon, massa otot, dan juga meningkatkan daya tubuh anak. AKG protein untuk bayi usia 0–5 bulan adalah 9 gram per hari. Sementara itu, bayi usia 6–11 bulan membutuhkan protein 15 gram per hari.

Kalsium, baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi

Kalsium, baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi

Massa tulang anak terbentuk sejak usia bayi hingga remaja. Karena itu, Anda harus memperhatikan asupan kalsium mereka supaya pertumbuhan, tinggi badan, dan kepadatan tulang, serta gigi anak bisa optimal. Selain kalsium, yang tidak kalah pentingnya juga adalah memperhatikan kandungan vitamin D di dalam susu. 


Vitamin D bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan kalsium sehingga tulang dan gigi selalu sehat. AKG kalsium untuk bayi usia 0–5 bulan adalah 500 mg per hari, sedangkan bayi usia 6–11 bulan adalah 270 mg per hari.

Omega-3 dan omega-6, dukung perkembangan otak bayi

Omega-3 dan omega-6, dukung perkembangan otak bayi

Asam lemak esensial omega-3 dan omega-6 adalah kandungan yang penting untuk kecerdasan otak bayi. Keduanya bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan daya tangkap bayi, serta dapat menunjang kesehatan otak, mata, dan mental anak.


Kebutuhan asam lemak omega-3 dan omega-6 untuk bayi usia 0–5 bulan yang sesuai dengan standar AKG adalah 31 gram per hari. Sementara itu, untuk bayi usia 6–11 bulan membutuhkan asam lemak dengan total 34 gram per hari. Untuk mengetahui jumlah takaran lemak dalam setiap susu formula, selalu perhatikan tabel nutrisi yang tertera di kemasan.

Sesuaikan susu dengan usia bayi

Sesuaikan susu dengan usia bayi

Kebutuhan nutrisi bayi berbeda-beda pada setiap tahapan usia. Asupan utama bayi usia 0–5 bulan hanya dari susu saja sehingga pemenuhan nutrisi satu-satunya bergantung pada susu. Sementara itu, bayi usia 6–12 bulan sudah mulai mengenal makanan padat sehingga kebutuhan nutrisinya bisa ditunjang oleh makanan lainnya.


Jadi, sesuaikan susu formula yang hendak Anda beli dengan usia bayi. Dengan demikian, kebutuhan gizi bayi tidak kurang serta tidak berlebih, tetapi sesuai dengan tahapan usianya.

10 Rekomendasi susu formula terbaik untuk penambah berat badan bayi

Sekarang kami akan merangkum beberapa produk susu formula terbaik yang bisa menambah berat badan bayi Anda. Bacalah! Siapa tahu salah satunya sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

10

Frisian FlagFrisian Baby Tahap 1

Mulai dari Rp 82.900,00

Jenis susuSusu sapi
Usia bayi0–6 bulan
Berat isi200 gr, 400 gr, 800 gr
KandunganProtein whey, protein ikan, AA-DHA, asam amino esensial, omega-3, omega-6, serat pangan FOS, 28 vitamin dan mineral
Jumlah kalori66 kkal per 100 ml
9
Jenis susuSusu bebas laktosa (susu soya)
Usia bayi0–12 bulan
Berat isi200 gr, 400 gr
KandunganIsolat protein kedelai, omega-3, omega-6, asam amino esensial, 12 mineral, 17 vitamin, serat pangan inulin
Jumlah kalori67 kkal per 100 ml
8
Jenis susuSusu sapi
Usia bayi0–6 bulan
Berat isi200 gr, 400 gr, 800 gr
KandunganProtein whey, prebiotik laktulosa, laktoferin, AA-DHA, 16 vitamin, 12 mineral
Jumlah kalori66 kkal per 100 ml
7
Jenis susuSusu rendah laktosa
Usia bayi0–12 bulan
Berat isi150 gr, 400 gr
KandunganProtein whey, omega-3, omega-6, nukleotida, 17 vitamin, 12 mineral
Jumlah kalori67 kkal per 100 ml
6

Wyeth NutritionS-26 Promil Gold Tahap 2

Mulai dari Rp 140.600,00

Jenis susuSusu sapi
Usia bayi 6–12 bulan
Berat isi400 gr, 900 gr
KandunganProtein whey, omega-3, omega-6, AA-DHA, nukleotida, serat pangan, 12 vitamin, 8 mineral
Jumlah kalori140 kkal per 210 ml
5
Jenis susuSusu sapi
Usia bayi0–6 bulan
Berat isi360 gr, 720 gr
KandunganProtein whey organik, AA-DHA, serat pangan FOS & GOS organik, omega-3 organik, omega-6 organik, 15 vitamin, 12 mineral
Jumlah kalori65 kkal per 100 ml
4
Jenis susuSusu sapi
Usia bayi6–12 bulan
Berat isi400 gr, 850 gr
KandunganProtein whey, nukleotida, GOS, AA-ALA-DHA, omega-3, omega-6, 8 mineral, 12 vitamin, minyak nabati
Jumlah kalori130 kkal per 180 ml
3
Jenis susuSusu sapi
Usia bayi0–6 bulan
Berat isi400 gr, 800 gr
KandunganProtein whey, minyak ikan, antioksidan, omega-3, omega 6, AA-DHA, 16 mineral, 17 vitamin, FOS & GOS, LCPUFA
Jumlah kalori65 kkal per 100 ml
2
Jenis susuSusu sapi
Usia bayi0–6 bulan
Berat isi200 gr, 400 gr, 800 gr
KandunganProtein whey, prebiotik FOS-GOS, omega-3, omega-6, 11 mineral, 17 vitamin, AA-DHA
Jumlah kalori66 kkal per 100 ml
1

FrieslandCampinaFrisolac Gold 2

Mulai dari Rp 145.000,00

Jenis susuSusu sapi
Usia bayi0–6 bulan
Berat isi400 gr, 900 gr
KandunganProtein whey, probiotik, prebiotik, omega-3, omega-6, AA-ALA, 16 vitamin, 14 mineral, minyak ikan
Jumlah kalori140 kkal per 100 ml

Tabel perbandingan produk susu formula untuk penambah berat badan bayi

Gambar produk
1
FrieslandCampina Frisolac Gold 2 1

FrieslandCampina

2
Nutricia Bebelove 1 1

Nutricia

3
Nutricia Nutribaby Royal 1 1

Nutricia

4
Abbott  Similac Advance 2 1

Abbott

5
Indofood Arla Baby & Me Organic 1

Indofood

6
Wyeth Nutrition S-26 Promil Gold Tahap 2 1

Wyeth Nutrition

7
Nestle Lactogen LLF 1

Nestle

8
Kalbe Morinaga BMT Gold 1

Kalbe

9
Sari Husada SGM LLM+  1

Sari Husada

10
Frisian Flag Frisian Baby Tahap 1 1

Frisian Flag

Nama produk

Frisolac Gold 2

Bebelove 1

Nutribaby Royal 1

Similac Advance 2

Arla Baby & Me Organic

S-26 Promil Gold Tahap 2

Lactogen LLF

Morinaga BMT Gold

SGM LLM+

Frisian Baby Tahap 1

Keunggulan

Teknologi Locknutri untuk pertahankan kualitas protein

Lindungi saluran cerna bayi dengan bakteri baik

Jaga daya tahan tubuh bayi dengan formula Actiduobio+

Mengandung miyak nabati untuk cegah konstipasi

Susu formula organik dari sapi berkualitas

Formula multiexcel maksimalkan pertumbuhan otak

Cegah anemia pada bayi dengan zat besi

Mudah dicerna oleh bayi baru lahir

Cegah diare dan penuhi nutrisi bayi alergi

Mutu dan keamanan produk terjamin standar internasional

Harga mulai dariRp 145.000,00Rp 143.600,00Rp 202.000,00Rp 127.600,00Rp 139.000,00Rp 140.600,00Rp 20.800,00Rp 50.900,00Rp 36.500,00Rp 82.900,00
Jenis susuSusu sapiSusu sapiSusu sapiSusu sapiSusu sapiSusu sapiSusu rendah laktosaSusu sapiSusu bebas laktosa (susu soya)Susu sapi
Usia bayi0–6 bulan0–6 bulan0–6 bulan6–12 bulan0–6 bulan6–12 bulan0–12 bulan0–6 bulan0–12 bulan0–6 bulan
Berat isi400 gr, 900 gr200 gr, 400 gr, 800 gr400 gr, 800 gr400 gr, 850 gr360 gr, 720 gr400 gr, 900 gr150 gr, 400 gr200 gr, 400 gr, 800 gr200 gr, 400 gr200 gr, 400 gr, 800 gr
KandunganProtein whey, probiotik, prebiotik, omega-3, omega-6, AA-ALA, 16 vitamin, 14 mineral, minyak ikanProtein whey, prebiotik FOS-GOS, omega-3, omega-6, 11 mineral, 17 vitamin, AA-DHAProtein whey, minyak ikan, antioksidan, omega-3, omega 6, AA-DHA, 16 mineral, 17 vitamin, FOS & GOS, LCPUFAProtein whey, nukleotida, GOS, AA-ALA-DHA, omega-3, omega-6, 8 mineral, 12 vitamin, minyak nabatiProtein whey organik, AA-DHA, serat pangan FOS & GOS organik, omega-3 organik, omega-6 organik, 15 vitamin, 12 mineralProtein whey, omega-3, omega-6, AA-DHA, nukleotida, serat pangan, 12 vitamin, 8 mineralProtein whey, omega-3, omega-6, nukleotida, 17 vitamin, 12 mineralProtein whey, prebiotik laktulosa, laktoferin, AA-DHA, 16 vitamin, 12 mineralIsolat protein kedelai, omega-3, omega-6, asam amino esensial, 12 mineral, 17 vitamin, serat pangan inulinProtein whey, protein ikan, AA-DHA, asam amino esensial, omega-3, omega-6, serat pangan FOS, 28 vitamin dan mineral
Jumlah kalori140 kkal per 100 ml66 kkal per 100 ml65 kkal per 100 ml130 kkal per 180 ml65 kkal per 100 ml140 kkal per 210 ml67 kkal per 100 ml66 kkal per 100 ml67 kkal per 100 ml66 kkal per 100 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk susu anak dan bayi lainnya di sini

Kebutuhan susu formula pada bayi sangatlah beragam. Jika Anda juga sedang mencari susu formula untuk mengatasi alergi, berikut kami telah membahasnya di artikel ini. Tambahan pula, apabila Anda juga sedang mencari botol susu bayi, silakan buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Penting sekali bagi orang tua untuk memantau berat badan anak. Apakah bayi Anda terlahir dengan berat badan rendah atau dalam perkembangannya kenaikan berat badannya melambat? Apabila demikian, pemenuhan berat badan ideal adalah hal mutlak yang harus dilakukan.


Tunjang berat badan anak dengan ASI dan susu formula. Dengan demikian, masalah stunting pada anak bisa terhindarkan. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memutuskan produk susu formula terbaik untuk bayi Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula yang bagus untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Di artikel ini, kami akan membahas cara memilih susu formula untuk bayi. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi prematur, bayi usia 0–6 bulan, dan juga usia 6–12 bulan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Makanan & susu bayi
    712.442 Views
  • 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika mencapai usia 6 bulan, bayi Anda akan membutuhkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Bubur bayi instan merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan. Selain praktis, bubur bayi ini memiliki berbagai varian rasa, kandungan vitamin, mineral, dan lainnya.Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang bagus, enak, sehat, dan baik untuk perkembangan bayi. Merk-merk bubur bayi untuk kecerdasan otak, seperti Milna, Promina, SUN, dan Cerelac tak ketinggalan untuk kami ulas. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi kami, Leona Victoria. Yuk, simak terus artikel ini selengkapnya!
    Makanan & susu bayi
    227.170 Views
  • 10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2021)
    10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2021)
    Bayi Anda mengalami diare setelah minum susu formula? Bisa jadi, pencernaannya intoleran terhadap laktosa. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan susu bayi rendah laktosa atau yang bebas laktosa. Kedua varian tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai merk, seperti SGM, Nestle, Morinaga, dan Bebelove.Jika Anda sedang mencari susu bayi yang bagus dan rendah atau bebas laktosa, Anda bisa membaca artikel ini. Kami akan mengulas tips memilih, serta memberi rekomendasi susu bayi terbaik yang rendah atau tanpa laktosa. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi kami, Leona Victoria, MND. Simak sampai akhir, ya!
    Makanan & susu bayi
    72.232 Views
  • 10 Rekomendasi Biskuit Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Biskuit Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selepas usia 6 bulan, bayi boleh diberi makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Selain bubur dan puree, ibu juga bisa memberikan camilan berupa biskuit khusus bayi. Fungsi biskuit ini adalah untuk menambah asupan gizi serta menjadi stimulan pertumbuhan gigi. Karena itu, Anda harus memperhatikan kandungan gizinya dengan saksama. Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih biskuit yang aman dan sehat untuk bayi. Bidan Ony juga turut menambah tips memilih biskuit yang bagus untuk bayi. Ada juga rekomendasi merek biskuit bayi yang bagus, seperti Milna, Yummy Bites, Promina, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Makanan & susu bayi
    114.193 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Tinggi Protein Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Tinggi Protein Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Protein merupakan salah satu zat yang penting bagi tubuh. Zat ini dapat membangun, memelihara, dan mengganti jaringan tubuh yang rusak sehingga baik untuk masa tumbuh kembang anak. Asupan protein sendiri bisa didapat dari susu.Untuk itu, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih produk susu berprotein tinggi untuk anak. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk yang bagus yang ada di pasaran. Berbagai merk susu anak seperti DANCOW, Morinaga, dan Pediasure akan Anda temukan di sini. Ada komentar dari ahli gizi kami, Leona Victoria juga, lho! Selamat membaca!
    Makanan & susu bayi
    19.294 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Bayi Terbaik yang Aman untuk Dikonsumsi dari Umur 1 Tahun (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makanan Bayi Terbaik yang Aman untuk Dikonsumsi dari Umur 1 Tahun (Terbaru Tahun 2021)
    Selain minum susu, bayi sudah mulai belajar makan ketika memasuki usia 6 bulan. Awalnya mungkin hanya beberapa suap, tetapi seiring pertumbuhannya, nafsu makan anak bisa berubah. Untuk itu, dibutuhkan makanan bayi yang aman dan mudah dikonsumsi sejak umur 1 tahun.Namun, makanan yang dijual di pasaran belum tentu memiliki kandungan yang aman bagi bayi. Karenanya, kami akan menjelaskan cara memilih makanan bayi yang aman untuk umur 1 tahun. Lalu, kami juga akan merekomendasikan merek makanan bayi dari umur 1 tahun yang bagus, seperti Promina, Heinz, Cerelac, dan Peachy. Yuk, disimak!
    Makanan & susu bayi
    19.705 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori