• 10 Rekomendasi Teh Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Teh Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Teh Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Teh Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Teh Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Teh Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Agenda afternoon tea dijamin makin berkesan dengan adanya teh bunga beraneka warna. Siapa sangka bunga juga dapat diseduh dan dikonsumsi selayaknya teh biasa. Teh bunga yang bagus tidak hanya memiliki aroma harum dan tampilan yang memanjakan mata. Namun, teh ini juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. 


Untuk membantu Anda, kami bekerja sama dengan tea specialist, Bambang Laresolo untuk membahas tips memilih teh bunga terbaik. Beberapa merk yang terkenal di online shop, seperti Dilmah, Sonnentor, dan Javara juga masuk ke dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Bambang Laresolo
  • Pembaharuan terakhir: 30 Juni 2021
  • 1.485 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan tea specialist Bambang Laresolo

Berkolaborasi dengan tea specialist Bambang Laresolo

Meminum teh adalah tradisi yang ditekuni Bambang Laresolo sejak kecil. Dahulu, Bambang bahkan selalu meminum teh dan tidak bisa minum air putih. Pemilik kedai teh Laresolo di Bogor ini mulai mendalami dunia teh sejak 2005.


Pada 2015, Bambang ikut menjadi co-founder Lewis and Carroll. International tea blender dan tea sommelier bersertifikat ini juga merupakan praktisi upacara minum teh Cina aliran Liu Xiang Craft dan teh Jepang aliran Urasenke. Anda bisa menyapanya lewat Instagram @laresolo.

Apa itu teh bunga?

Apa itu teh bunga?

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa bunga dapat diseduh menjadi minuman teh. Meskipun pada awalnya terkesan aneh, Anda dijamin ketagihan setelah tegukan yang pertama. Selain segi rasa, Anda juga akan dibuat terpukau dengan keindahan tampilan teh bunga ini. 


Lantas, apa itu teh bunga? Teh bunga adalah varian teh yang dibuat dari berbagai jenis edible flowers atau bunga layak konsumsi. Sebelum diseduh, bunga-bunga ini harus dikeringkan terlebih dahulu. Jika sudah kering, Anda dapat menyeduhnya layaknya teh biasa serta bisa ditambahkan gula ataupun madu. 

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Secara garis besar, klasifikasi teh berdasarkan bahan yang digunakan dibedakan menjadi camellia sinensis dan noncamellia sinensis


  • Noncamellia sinesis sering juga disebut sebagai tisane
  • Camellia sinensis adalah tanaman pohon teh yang berasal dari Cina. Tamanan inilah yang merupakan teh yang umumnya kita kenal. 


Tisane bisa terbuat dari bunga, buah, biji, akar, daun, kulit kayu dan bukan dari tanaman camellia sinensis. Bahan tisane bisa digunakan dengan utuh atau dicampurkan dengan beberapa bahan lain. Bahkan, bahan tisane juga bisa dicampurkan dengan teh. 


Beberapa orang mengelompokan tisane sesuai dominasi bahan yang digunakan, yaitu kelompok teh buah, bunga, herbal, dan rempah. Jenis bunga yang cukup terkenal yang sering diseduh sebagai single origin adalah chamomile, chrysanthemum, rose, dan lavender. Namun, ada juga bunga yang fungsinya hanya sebagai garnish dalam racikan teh, misalnya marigold, corn flower, dan saff flower. 

Cara memilih teh bunga

Cara memilih teh bunga tidak terlalu kompleks, kok. Anda hanya perlu memperhatikan tiga faktor utama, yaitu produsen, tipe, dan bahan baku bunga serta khasiatnya. Setelah ketiga poin ini terpenuhi, Anda dapat mempertimbangkan poin keempat yaitu memilih produk organik. 

Pilih berdasarkan produsennya

Pilih berdasarkan produsennya

Teh bunga diproduksi oleh dua tipe produsen yaitu produksi rumah tangga atau rumahan dan pabrik atau perusahaan. Keunggulan teh produksi rumahan adalah teh yang dihasilkan memiliki cita rasa yang melimpah! Produsen tidak akan terpaku pada satu atau dua jenis bahan saja sehingga varian rasanya lebih beragam. Oleh karena itu, konsumen akan merasakan sensasi yang berbeda pada tiap tegukan. 

 

Sementara itu, teh bunga produksi pabrik lebih cocok untuk konsumen yang menyukai cita rasa yang konsisten. Teh bunga dengan cita rasa yang berubah-ubah bukanlah sesuatu yang buruk. Namun, ada konsumen yang tidak suka coba-coba dan setia pada satu rasa khusus yang sesuai dengan selera. Selain itu, tipe pabrik atau perusahaan juga lebih mudah dijumpai di pasaran. Anda tidak akan kesulitan untuk repurchase

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Ada banyak cara untuk mengeringkan bunga. Ada bunga yang dikeringkan dengan sinar matahari, oven, dehydrating, dan freeze drying. Teknik pengeringan akan memengaruhi aroma bunga setelah dikeringkan. Contohnya, dengan teknik jemur matahari, aroma bunga akan banyak menghilang. 


Cara pengeringan yang paling bagus untuk mempertahankan aroma dan rasa adalah dengan freeze drying. Namun, tentu saja mesin untuk freeze drying ini sangat mahal. Nah, teh bunga produksi rumahan biasanya mengandalkan teknik jemur saja. Karena itu, perhatikan juga cara pengeringan yang digunakan saat memilih teh bunga.

Pilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan

Selidik punya selidik, teh bunga tersedia dalam dua tipe yaitu tubruk dan celup. Dengan demikian, Anda lebih leluasa memilih tipe teh bunga sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Jika memiliki banyak waktu untuk menyeduh, Anda dapat memilih tipe tubruk. Lalu, tipe celup bisa dijadikan solusi untuk Anda yang supersibuk!

Tubruk: Tampilannya lebih cantik saat diseduh

Tubruk: Tampilannya lebih cantik saat diseduh

Meskipun ampasnya sering kali menyangkut di gigi, teh bunga tipe tubruk tetap menjadi idola para penggemar teh bunga. Anda bisa menyaksikan keindahan proses penyeduhan teh bunga ini saat disiram dengan air panas. 


Jika Anda memilih teh bunga bentuk utuh, tampilannya akan jauh lebih memikat. Anda dapat menyeduhnya di dalam teko kaca sehingga prosesnya dapat dilihat langsung dengan mata telanjang.  


Inilah salah satu alasan mengapa tipe tubruk tidak pernah kehilangan penggemar. Selain itu, tipe ini juga jauh lebih sehat karena tidak terbungkus plastik. Kekurangannya, teh bunga tubruk dirasa kurang praktis dan memakan waktu untuk menyeduhnya. 

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Sama halnya dengan teh biasa, menyeduh teh dengan cara tubruk atau tidak juga berpengaruh terhadap kualitas hasil seduhan. Ukuran bunga serta bentuk keutuhannya turut memengaruhi proses ekstraksi serta rasa yang dihasilkan. Selain itu dengan ukuran bunga yang utuh, penampilannya tentu saja juga lebih cantik.

Celup: Proses penyeduhan praktis dan hemat waktu

Celup: Proses penyeduhan praktis dan hemat waktu

Dewasa ini Anda tidak akan lagi kesulitan untuk menyeduh teh kesukaan. Produsen menghadirkan teh bunga tipe celup yang sangat praktis diseduh. Anda dapat menikmati teh kesukaan setiap saat tanpa harus membawa saringan teh ke mana-mana. Teh bunga tipe celup pun menjadi solusi untuk pencinta teh yang memiliki waktu terbatas


Meskipun proses penyeduhan teh bunga tipe celup lebih praktis, Anda harus tahu risiko yang mesti dihadapi. Kantong teh celup biasanya mengandung microplastic. Karena itu, perhatikan proses penyeduhannya agar teh favorit Anda tidak tercampur microplastic. Ada baiknya, Anda segera mengangkat kantong teh tersebut setelah tiga menit.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Teh celup merupakan pilihan tepat kalau Anda lebih suka dengan kepraktisan dan tidak menuntut hasil seduhan yang berkualitas. Sama seperti teh jenis lainnya, bentuk kemasan serta kulitas teh dari teh celup turut berperan memengaruhi rasa. Untuk teh celup, bentuk kantong pyramid adalah pilihan terbaik.

Cek bahan baku bunga dan khasiatnya

Tahukah Anda bahwa teh bunga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan ataupun kecantikan? Namun, khasiat teh bunga berbeda-beda tergantung pada jenis bunganya. Jenis bunganya memang banyak, tetapi jenis yang populer di Indonesia adalah bunga chamomile, rosela, dan telang. Untuk mengetahui detailnya, mari membaca penjelasan dari kami berikut ini. 

Chamomile: Ampuh meredakan insomnia dan inflamasi

Chamomile: Ampuh meredakan insomnia dan inflamasi

Teh bunga chamomile dikenal sebagai minuman pengantar tidur. Pasalnya, teh bunga chamomile dipercaya dapat membuat tubuh relaks dan aromanya menenangkan pikiran. Untuk Anda yang mengalami insomnia, silakan meminum secangkir teh chamomile sebelum tidur. 


Selain itu, teh bunga ini juga dapat melawan bakteri sehingga ampuh mengatasi inflamasi. Teh chamomile juga efektif meredakan sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya yang disebabkan oleh bakteri. 

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Secara tradisional, teh chamomile digunakan sebagai aroma terapi untuk memberikan efek relaksasi. Kandungan apigenin, salah satu flavanoid dalam chamomile, dipercaya dapat memberikan efek sedatif pada otak. 


Kandungan inilah yang dapat memberikan efek menenangkan bagi Anda yang sering kesulitan tidur. Chamomile juga memiliki volatile essential oil alpha bisobolol yang bersama flavonoid dapat berfungsi sebagai kandungan anti-inflamasi.

Rosela: Menangkal radikal bebas dan penyakit mematikan

Rosela: Menangkal radikal bebas dan penyakit mematikan

Teh bunga rosela sangat populer di antara pencinta teh herbal. Teh rosela dipercaya dapat menjaga kecantikan kulit dan meredakan berbagai jenis penyakit mematikan. Kandungan vitamin C hingga asam amino dalam teh ini akan membuat kulit Anda lebih sehat. Kulit Anda juga akan terlindungi dari radikal bebas sinar UV. 


Teh bunga rosela juga mengandung zat antikarsinogenik dan antioksidan yang berfungsi sebagai antikanker. Apakah Anda memilih masalah jantung, kolesterol, dan darah tinggi (hipertensi)? Teh bunga rosela dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit mematikan ini. 

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Rosela merupakan salah satu species dari hibiscus. Banyak orang yang percaya bahwa bunga ini memiliki fungsi yang sama dengan bunga kembang sepatu. Hal ini karena keduanya sama-sama dari golongan hibiscus


Namun, sebenarnya kedua bunga ini merupakan spesies yang berbeda. Rosella merupakan spesies dari hibiscus sabdariffa, sedangkan kembang sepatu adalah spesies dari hibiscus rosa-sinensis. Keduanya merupakan edible flower, tetapi memiliki kegunaan yang berbeda. 


Rosela digunakan pada minuman dan manisan karena rasa asam dan warna merahnya. Sebaliknya, bunga kembang sepatu digunakan di daerah kepulauan Pasifik sebagai campuran salad. Di sebagian daerah di India, bunga ini digunakan untuk mengilapkan sepatu. Rosela memiliki kandungan anthocyanin yang berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh.

Telang: Menjaga kesehatan mata hingga mental

Telang: Menjaga kesehatan mata hingga mental

Saat pertama kali melihatnya, Anda pasti tidak akan menyangka bahwa bunga telang atau Clitoria ternatea ternyata edible. Bunga yang terlihat seperti tanaman liar ini memiliki berbagai khasiat, salah satunya untuk menjaga kesehatan mental, lho. 


Pandemi COVID-19 telah membuat penduduk dunia mengalami masalah gangguan kecemasan (anxiety disorder) dan gangguan mental lainnya. Untuk menekan risiko ini, Anda dapat melakukan mengonsumsi teh bunga telang. 


Apabila dikonsumsi secara tepat, teh bunga telang dapat meringankan gangguan kecemasan dan depresiNamun, silakan menghubungi psikolog atau psikiater Anda jika gejalanya memburuk. Jika tidak, mintalah bantuan pada orang terdekat terlebih dahulu. 


Selain itu, teh bunga telang juga direkomendasikan untuk Anda yang sering bekerja di depan laptop dan gawai. Pasalnya, teh bunga telang ini memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan mata. Konon, teh bunga ini dapat membuat penglihatan lebih cerah dan mengatasi masalah mata merah ataupun gangguan mata lainnya. 

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Bunga telang tidak memilik rasa dan aroma spesifik. Bunga ini biasanya digunakan untuk menghasilkan seduhan teh berwarna biru yang menarik. Warna seduhan ini akan berubah menjadi ungu jika dicampur dengan lemon.


Secara manfaat, clitoria ternatea juga memiliki zat antioksidan berkat kandungan proanthocyanidin. Zat ini dapat meningkatkan aliran darah pada pembuluh darah kapiler dan pada mata. Zat ini sangat berguna untuk terapi pada penderita glucoma dan rabun mata serta dapat mengatasi mata kelelahan.


Beberapa studi juga menunjukkan bahwa bunga telang dapat memengaruhi sistem saraf pusat. Oleh karena itu, bunga ini juga dapat berfungsi untuk mengatasi depresi serta gangguan kecemasan.

Jenis bunga lain: Khasiatnya lebih bervariasi

Jenis bunga lain: Khasiatnya lebih bervariasi

Salah satu keuntungan membeli teh bunga adalah banyaknya varian bunga yang bisa dipilih. Namun, tidak semua jenis teh bunga ini cocok dengan kondisi dan kebutuhan tubuh Anda, lho. Ada beberapa jenis teh bunga yang diproduksi secara khusus untuk pengobatan dan tidak cocok dikonsumsi harian. Oleh karena itu, Anda harus memilih teh bunga secara selektif. 


Selain ketiga jenis bunga di atas, Anda dapat membeli teh bunga lain dengan khasiat yang berbeda. Ada beberapa bahan teh bunga lainnya, yaitu bunga mawar, dandelion, kenop, krisan, lavender, elderflowers, melati, lily, safflower, dan lainnya. Anda tidak perlu bingung dengan banyaknya pilihan. Silakan fokus pada tujuan penggunaan dan kondisi tubuh.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Berbagai macam bunga memiliki khasiat yang juga bervariasi. Contohnya saja, bunga chrysanthemum efektif untuk mengatasi panas dalam, sedangkan bunga lavender cocok sebagai minuman penenang. Selain itu, bunga mawar memiliki efek laksatif sehingga dapat membantu mengatasi sembelit dan lainnya.

Mencari yang lebih sehat? Pilih teh bunga organik!

Mencari yang lebih sehat? Pilih teh bunga organik!

Ada kalanya harga memang tidak membohongi kualitas. Meskipun harganya cenderung lebih tinggi, teh organik disukai karena lebih sehat. Teh bunga organik dibuat dari bunga yang ditanam bebas kimia dan pestisida. Jadi, teh bunga organik tidak mengandung bahan kimia yang memberikan efek buruk pada tubuh. Anda pun jadi bisa meminumnya dengan hati yang tenang. 

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Pada umumnya, bunga amat disukai oleh serangga dan hama lainnya. Untuk mengatasi hama tersebut, sering kali produsen menggunakan pestisida. Oleh karena itu, jika dilihat dari segi kesehatan, teh bunga organik tentu saja lebih aman karena tidak mengandung pestisida.

10 Rekomendasi teh bunga terbaik

Apakah Anda sudah menentukan varian teh bunga yang ingin dibeli? Jika belum, Anda dapat melihat sepuluh rekomendasi teh bunga terbaik pilihan dari kami. Yuk, bacalah detailnya di bawah ini!

10
TipeTubruk
Isi6 pcs
Kandungan utamaBunga melati, lili, kenop, krisan kuning, teh hijau, dan teh putih
ProduksiPabrik/perusahaan
KhasiatDetoksifikasi, membersihkan dan menyehatkan hati, mempercantik kulit, melancarkan pencernaan, dan menenangkan saraf
9

Mente Bali SejahteraEast Bali Cashew Rosella

Mulai dari Rp 19.900,00

TipeTubruk
Isi35 gr
Kandungan utamaRosela kering
ProduksiPabrik/perusahaan
KhasiatAntioksidan dan sumber vitamin C
8

HealtealivingFrench Rose

Mulai dari Rp 120.000,00

TipeTubruk
Isi70 gr
Kandungan utamaFrench rose
ProduksiRumahan
KhasiatSkincare, pencegah penuaan dini, meredakan nyeri haid, mengatasi masalah pencernaan, dan meredakan inflamasi
7
TipeCelup
Isi12 kantong @3 gr
Kandungan utamaBunga krisan dan buah goji
ProduksiPabrik/perusahaan
KhasiatSumber antioksidan, mencegah panas dalam dan radang tenggorokan, menjaga kesehatan mata, serta menormalkan tensi dan kolesterol
6
TipeCelup
Isi30 kantong @2 gr
Kandungan utamaDandelion
ProduksiRumahan
KhasiatMenurunkan berat badan, meningkatkan imun, mencegah kanker, kesehatan tulang, pencernaan, dan lainnya
5
TipeCelup
Isi30 gr
Kandungan utamaChamomile
ProduksiPabrik/perusahaan
KhasiatMeredakan insomnia, stres, kecemasan, mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan imun, danmeredakan nyeri haid
4
TipeCelup
Isi27 gr
Kandungan utamaElderflower organik
ProduksiPabrik/perusahaan
KhasiatMengatasi sembelit, flu, masuk angin, diuretik, diabetes, dan sinusitis.
3

Javara Indigenous Indonesia Butterfly Pea Flower

Mulai dari Rp 57.750,00

TipeTubruk
Isi20 gr
Kandungan utamaBunga telang kering
ProduksiRumahan
KhasiatMeningkatkan daya tahan tubuh, antiinflamasi, meringankan kecemasan dan stres, kesehatan mata, mengontrol kadar gula darah, autoimun, dan menurunkan tensi
2

Traditional MedicinalsChamomile with Lavender

Mulai dari Rp 125.000,00

TipeCelup
Isi30 gr
Kandungan utamaBunga chamomile organik, bunga lavendel inggris organik, dan daun lemon balm organik
ProduksiPabrik/perusahaan
KhasiatMeredakan masalah gangguan pencernaan
1
TipeTubruk
Isi20 gr
Kandungan utamaBunga telang, bunga rosela, dan daun teh hijau
ProduksiRumahan
KhasiatMenjaga kesehatan rambut, awet muda, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan pengelihatan dan daya tahan tubuh, daya ingat, dan menjaga kesehatan rambut serta kulit

Tabel perbandingan produk teh bunga terbaik

Gambar produk
1
Ghani tea Spring Flowers  1

Ghani tea

2
Traditional Medicinals Chamomile with Lavender 1

Traditional Medicinals

3
Javara Indigenous Indonesia  Butterfly Pea Flower  1

Javara Indigenous Indonesia

4
Sonnentor Elderflowers 1

Sonnentor

5
Dilmah Pure Camomile Infusion  1

Dilmah

6
Raw Herbal Dandelion Tea 1

Raw Herbal

7
Ansell  Goji Baby Chrysanthemum 1

Ansell

8
Healtealiving French Rose 1

Healtealiving

9
Mente Bali Sejahtera East Bali Cashew Rosella  1

Mente Bali Sejahtera

10
Petaloz Blooming Tea 1

Petaloz

Nama produk

Spring Flowers

Chamomile with Lavender

Butterfly Pea Flower

Elderflowers

Pure Camomile Infusion

Dandelion Tea

Goji Baby Chrysanthemum

French Rose

East Bali Cashew Rosella

Blooming Tea

Keunggulan

Tingkatkan performa harian dengan secangkir teh bunga segar ini

Produk made in America yang terbuat dari bahan organik

Just like magic. Air bunganya dapat berubah warna!

Teh khas musim dingin dengan aroma musim semi yang kental

Meredakan gejala susah tidur yang menyiksa

Sering kembung selama musim penghujan? Usir dengan teh dandelion!

Dijamin bebas belerang, pemutih, dan pengawet

Tak harus bunga segar, teh bunga mawar ini tak kalah romantis untuk kado!

Ingin disajikan panas atau dingin? Dua-duanya bisa, dong

Zimzalabim, bunganya bisa mekar sempurna di dalam air!

Harga mulai dariRp 98.000,00Rp 125.000,00Rp 57.750,00Rp 69.900,00Rp 66.000,00Rp 22.000,00Rp 59.000,00Rp 120.000,00Rp 19.900,00Rp 129.000,00
TipeTubruk CelupTubrukCelupCelupCelupCelupTubrukTubrukTubruk
Isi20 gr30 gr20 gr27 gr30 gr30 kantong @2 gr12 kantong @3 gr70 gr35 gr6 pcs
Kandungan utamaBunga telang, bunga rosela, dan daun teh hijauBunga chamomile organik, bunga lavendel inggris organik, dan daun lemon balm organikBunga telang keringElderflower organikChamomileDandelionBunga krisan dan buah gojiFrench roseRosela keringBunga melati, lili, kenop, krisan kuning, teh hijau, dan teh putih
ProduksiRumahanPabrik/perusahaanRumahanPabrik/perusahaanPabrik/perusahaanRumahanPabrik/perusahaanRumahanPabrik/perusahaanPabrik/perusahaan
KhasiatMenjaga kesehatan rambut, awet muda, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan pengelihatan dan daya tahan tubuh, daya ingat, dan menjaga kesehatan rambut serta kulitMeredakan masalah gangguan pencernaanMeningkatkan daya tahan tubuh, antiinflamasi, meringankan kecemasan dan stres, kesehatan mata, mengontrol kadar gula darah, autoimun, dan menurunkan tensiMengatasi sembelit, flu, masuk angin, diuretik, diabetes, dan sinusitis. Meredakan insomnia, stres, kecemasan, mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan imun, danmeredakan nyeri haidMenurunkan berat badan, meningkatkan imun, mencegah kanker, kesehatan tulang, pencernaan, dan lainnyaSumber antioksidan, mencegah panas dalam dan radang tenggorokan, menjaga kesehatan mata, serta menormalkan tensi dan kolesterolSkincare, pencegah penuaan dini, meredakan nyeri haid, mengatasi masalah pencernaan, dan meredakan inflamasiAntioksidan dan sumber vitamin CDetoksifikasi, membersihkan dan menyehatkan hati, mempercantik kulit, melancarkan pencernaan, dan menenangkan saraf
Tautan produk

Tips dari tea specialist kami, Bambang Laresolo

Tips dari tea specialist kami, Bambang Laresolo

Meski sangat bermanfaat dan memiliki penampilan yang cantik, Anda juga harus berhati-hati saat memilih teh bunga. Hal ini karena beberapa bunga juga memiliki efek negatif untuk tubuh. Misalnya, teh chamomile tidak baik jika diminum ketika Anda mengonsumsi obat-obatan seperti aspirin atau obat inflamasi non-steroid. Hal ini karena teh chamomile malah akan menimbulkan efek samping.


Chamomile juga tidak disarankan diminum oleh ibu hamil karena berpotensi menyebabkan keguguran. Teh ini juga tidak disarankan untuk orang yang memiliki riwayat atau sedang sakit kanker, seperti payudara, ovarium, dan uterus


Sementara itu, teh bunga rosela juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Jika Anda menderita penyakit mag, berhati-hatilah saat hendak meminum teh ini karena dapat membuat penyakit Anda kambuh. Bagi ibu hamil, bunga rosela dapat memengaruhi hormon estrogen yang dapat berakibat keguguran.

Baca juga rekomendasi teh lainnya di sini

Salah satu keuntungan menjadi seorang tea lovers adalah banyaknya jenis teh yang dapat Anda pilih. Berbagai jenis teh dapat dengan mudah Anda temukan di dunia ini, mulai dari teh pelangsing hingga teh tanpa kafeina. Pilihlah jenis teh yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda. Di bawah ini terdapat beberapa artikel teh terbaik yang bisa Anda baca.

Kesimpulan

Dengan berpedoman pada cara memilih di atas, Anda pasti menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan. Selain memilih varian, Anda juga harus memperhatikan khasiat teh bunga untuk kesehatan atau kecantikan. 


Apakah Anda mencari teh bunga untuk mengobati penyakit tertentu? Apakah Anda mencari teh untuk diet dan perawatan kulit? Dengan menjawab pertanyaan ini, Anda dapat menemukan teh bunga terbaik. Selamat belanja dan semoga menemukan yang cocok!

Artikel terkait

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
    88.364 Views
  • 10 Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Earl grey tea adalah teh hitam dengan tambahan aroma bergamot yang segar. Teh ini juga memiliki aroma citrus yang membantu menenangkan pikiran saat Anda meminumnya. Beberapa merk teh, seperti Dilmah, Twinings, dan Tasseo juga ikut menawarkan earl grey tea terbaiknya.Pada artikel ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk earl grey tea yang bagus untuk Anda. Namun, sebelumnya kami akan memulai dengan membagikan tips memilih earl grey tea. Tidak lupa, tea specialist, Neysa Valeria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, ikuti terus, ya!
    Teh & kopi
    21.668 Views
  • 10 Rekomendasi Fruit Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fruit Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fruit tea umumnya terbuat dari campuran bumbu dan rempah. Campuran ini kemudian dimasukkan ke dalam ekstrak atau kulit buah, buah kering, dan sebagainya. Mirip dengan teh herbal, hanya saja fruit tea dibuat dari buah-buahan.Kali ini, kami akan membahas manfaat dari fruit tea serta cara memilih berdasarkan jenisnya yang bisa Anda coba. Rekomendasi produk dari merek ternama, seperti Ahmad Tea, Lipton, Dilmah, dan Twinings, juga akan kami bahas di sini. Simak lebih lanjut, ya!
    Teh & kopi
    11.711 Views
  • 10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang pencinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, tea specialist, Neysa Valeria akan memberikan informasi tambahan di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan teh yang enak dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    22.205 Views
  • 10 Rekomendasi Corn Tea / Teh Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Corn Tea / Teh Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh jagung atau corn tea telah menjadi minuman sehat yang begitu digemari masyarakat. Teh dengan cita rasa khas jagung manis ini banyak dikonsumsi untuk tujuan kesehatan dan kecantikan. Karena tidak mengandung kafein, teh ini pun dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia.Untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih dalam membeli produk teh jagung. Simak terus artikel ini dan dapatkan rekomendasi produk teh jagung dari Sempio, Woongjin, atau Dongsuh di sini!
    Teh & kopi
    5.057 Views
  • 10 Merk Teh Oolong Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Oolong Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Buatlah waktu afternoon tea Anda menjadi lebih berkesan dengan teh oolong! Selain memiliki fungsi pengobatan, teh oolong juga bisa dinikmati saat bersantai. Jika Anda tak sempat ke restoran Tiongkok, cobalah menyeduh teh oolong sendiri di rumah.Teh oolong tersedia dalam berbagai jenis, seperti versi tubruk, celup, dan instan. Beberapa merek teh kenamaan, seperti Dilmah dan East Java & Co merilis teh oolong berkualitas tinggi. Anda pun bisa membeli merek teh oolong lain yang kualitasnya tak kalah bersaing. Mari simak artikel ini yang berkolaborasi dengan konsultan dan spesialis teh, Muhammad Ashfiya. 
    Teh & kopi
    2.851 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Luwak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Luwak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika mendengar kopi luwak, pasti Anda langsung terpikirkan bahwa kopi ini diambil dari sisa kotoran luwak, bukan? Siapa sangka kopi dengan proses pembuatannya yang unik tersebut menjadikannya salah satu kopi termahal di dunia. Sekian banyaknya produk kopi luwak di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan memberikan tips untuk Anda memilih kopi luwak yang bagus. Berbagai merk kopi luwak, seperti Luwak White Koffie, WoCA, dan Kapal Api masuk dalam daftar produk terbaik rekomendasi kami. Jadi, simak terus dan temukan kopi luwak terbaik Anda!
    Teh & kopi
    1.274 Views
  • 10 Merk Kopi Kintamani Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Kintamani Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Para penikmat kopi pastinya sudah tidak asing lagi dengan kopi Kintamani khas Bali. Kopi Kintamani adalah kopi yang terkenal memiliki cita rasa unik dengan sensasi citrus. Untuk Anda yang baru ingin mencoba kopi Kintamani Bali, Anda bisa membaca artikel ini terlebih dahulu.  Kami akan mengulas tentang rekomendasi produk kopi Kintamani beserta cara memilihnya. Anda akan menemukan beberapa merk kopi Kintamani arabica yang enak, seperti Otten Coffee, Tanamera Coffee, dan Sentra Kopi. Buat Anda yang penasaran, langsung scroll ke bawah, yuk!
    Teh & kopi
    104 Views
  • 10 Teh Merk Tong Tji Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Merk Tong Tji Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pencinta teh, tentu sudah tak asing lagi dengan merk Tong Tji. Rasa tehnya yang nikmat membuat banyak orang menyimpan beberapa stok teh Tong Tji di rumah. Dengan begitu, teh tersebut pun bisa langsung dinikmati ketika me time atau saat kumpul dengan orang-orang tersayang.Karena cukup banyak macamnya, wajar apabila Anda bingung untuk memilihnya. Namun, jangan khawatir, karena kami akan membagikan tips memilih produk yang enak. Ada sepuluh rekomendasi produk terbaik yang akan kami ulas, seperti Teh Tong Tji dengan rasa melati, original, dan lemongrass. Untuk itu, simaklah sampai tuntas!
    Teh & kopi
    99 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh Dandang terkenal memiliki aroma wangi berkat adanya tambahan bunga melati di dalamnya. After taste teh Dandang pun tergolong manis karena menggunakan daun teh asli. Tak heran jika merek teh ini sangat diminati masyarakat. Ditambah lagi, variannya cukup lengkap. Ada teh tubruk, celup, hingga teh 2 in 1 alias teh plus gula.Nah, kali ini kami ingin membahas tips memilih teh Dandang yang bagus. Sepuluh rekomendasi produk teh Dandang terbaik dan enak juga telah kami siapkan. Anda bisa menemukan Dandang Selection, Dandang Green Tea Celup, dan masih banyak lagi. Jadi, mari disimak!
    Teh & kopi
    152 Views
  • Artikel populer

  • 10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile. Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
    78.014 Views
  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
    88.364 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
    9.130 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    71.170 Views
  • 10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang pencinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, tea specialist, Neysa Valeria akan memberikan informasi tambahan di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan teh yang enak dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    22.205 Views
  • 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak orang senang meminum teh hitam dalam berbagai suasana, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat membeli teh hitam Anda mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan dan merek yang ada.Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih teh hitam yang enak. Anda dapat membaca lebih detail mengenai jenis-jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Merek teh hitam terbaik, mulai dari SariWangi, Dilmah, hingga Twinings juga akan kami ulas tuntas. Di artikel ini, kami juga telah bekerja sama dengan seorang konsultan dan spesialis teh bernama Muhammad Ashfiya. Mari simak terus artikel ini!
    Teh & kopi
    12.545 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak pencinta kopi yang ingin mencoba atau merasakan sensasi minum kopi organik. Kopi organik adalah kopi yang seluruh proses penanamannya tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Di Indonesia, ada beberapa merk kopi organik terkenal, seperti Tjap Djaran, HiBo, dan Le Conducteur.Bagi produsen, mendapatkan sertifikasi kopi organik tentu tidak mudah karena tidak banyak biji kopi yang benar-benar organik. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membagikan cara memilih kopi organik yang tepat. Jangan lupa, simak juga komentar coffee consultant, Deni Dermanto, di artikel ini.
    Teh & kopi
    8.339 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori