• 10 Serum yang Mengandung Niacinamide Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum yang Mengandung Niacinamide Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum yang Mengandung Niacinamide Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum yang Mengandung Niacinamide Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum yang Mengandung Niacinamide Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum yang Mengandung Niacinamide Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Serum dengan kandungan niacinamide memiliki daya pikat tersendiri. Niacinamide dianggap sebagai super ingredients yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Beberapa di antaranya adalah produksi minyak berlebih, kulit berjerawat, bekas jerawat, hiperpigmentasi, dan flek hitam. Tidak hanya itu, niacinamide juga dikenal cocok untuk berbagai jenis kulit.


Nah, kami akan memberikan tips memilih serum niacinamide yang bagus dan merekomendasikan produk terbaiknya. Beberapa merek serum lokal dan internasional akan masuk daftar rekomendasi kami, seperti Somethinc, Avoskin, Wardah, serta Whitelab. Artikel ini juga telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Mengapa pilih serum yang mengandung niacinamide?

Mengapa pilih serum yang mengandung niacinamide?

Sebelum memilih serum yang mengandung niacinamide, ada baiknya kenali dahulu bahan yang satu ini. Niacinamide adalah salah satu bentuk dari vitamin B3 yang sifatnya larut dalam air. Niacinamide dapat membantu pembentukan molekul yang penting dalam proses regenerasi sel. Di dalam produk perawatan kulit, niacinamide sering juga ditulis sebagai niacin atau nicotinamide


  • Membentuk skin barrier alami

Niacinamide menstimulasi produksi ceramide dan fatty acids yang membantu pembentukan skin barrier alami. Skin barrier tersebut akan mengunci kelembapan kulit dan mendukung proses metabolisme sel sehingga kulit tetap memproduksi kolagen. Dengan kolagen yang cukup, kulit akan tetap kenyal dan sehat. Niacinamide juga terkenal dengan manfaatnya memperbaiki keratin sehingga wajah bebas dari noda dan flek hitam. 


  • Mengontrol produksi sebum pada kulit

Meski mengunci kelembapan, serum dengan niacinamide tidak akan membuat kulit jadi berminyak. Malahan, niacinamide dapat membantu mengatur produksi sebum pada kulit. Artinya, kecil kemungkinan terjadi penyumbatan pori-pori yang kerap kali menyebabkan jerawat. 


  • Menenangkan kulit berjerawat

Niacinamide juga bersifat anti-inflamasi dan antimikroba yang sangat penting dalam perawatan kulit berjerawat. Dengan adanya kedua sifat tersebut, kulit tidak akan mudah meradang dan mengalami breakout

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum yang mengandung niacinamide

Untuk mendapatkan serum dengan kandungan niacinamide yang terbaik untuk Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mari pelajari tips memilih serum yang mengandung niacinamide di bawah ini. 

Tentukan konsentrasi niacinamide untuk hasil maksimal

Tentukan konsentrasi niacinamide untuk hasil maksimal

Setiap produk serum yang mengandung niacinamide memiliki persentase kandungan niacinamide yang beragam. Berikut persentase niacinamide yang umumnya terkandung dalam produk serum.


  • Niacinamide 2%

Pengguna pemula sebaiknya menggunakan serum berkandungan niacinamide dengan konsentrasi terendah lebih dahulu yaitu 2%. Karena merupakan senyawa aktif, serum dengan niacinamide 2% pun sudah cukup untuk mengatasi masalah kulit yang ringan. Efek mengurangi sebum, merangsang produksi kolagen, dan merangsang sintesis ceramides sudah bisa Anda dapatkan.


  • Niacinamide 5%

Serum niacinamide dengan konsentrasi 5% sudah dapat bekerja membantu mengatasi permasalahan kulit yang tergolong ekstrem. Misalnya saja masalah seperti hiperpigmentasi, bekas jerawat yang menghitam, bahkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.


  • Niacinamide 10%

Kandungan maksimal niacinamide dalam produk kecantikan adalah 10%. Karena konsentrasinya yang tinggi, serum dengan niacinamide 10% bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Jadi, pastikan kulit Anda sudah terbiasa menggunakan niacinamide jika ingin mencobanya.

Perhatikan dengan baik komposisinya

Perhatikan dengan baik komposisinya

Masing-masing serum memiliki manfaat yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda harus memilih serum yang sesuai dengan permasalahan kulit Anda. Begitu juga serum yang mengandung niacinamide, dalam daftar komposisinya pasti terdapat kombinasi bahan lain. 


Beberapa yang populer, Anda bisa memilih serum kombinasi niacinamide dan hyaluronic acid jika kulit Anda kering. Lain halnya dengan Anda yang kulitnya berjerawat, Anda perlu perhatikan serum yang memiliki kandungan anti-inflamasi. Beberapa di antaranya seperti zinc, copper, dan folic acid atau kombinasi Centella asiatica pada skincare Korea.  

Sebaiknya, pilih serum tanpa bahan kimia berbahaya

Sebaiknya, pilih serum tanpa bahan kimia berbahaya

Sering kali orang menginginkan hasil yang instan dan tidak memperhatikan hal penting ini. Padahal, agar tidak menimbulkan masalah baru atau efek samping jangka panjang, penting untuk menghindari beberapa kandungan kimia dalam serum. Misalnya adalah bahan-bahan berikut ini.


  • Silikon memang membuat skincare mampu membentuk skin barrier yang menjaga kelembapan kulit. Namun, bahan ini cenderung sulit dibersihkan sehingga menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori. Alhasil, kulit Anda justru akan menjadi acne prone dan berjerawat.

  • Paraben adalah bentuk bahan pengawet dalam produk perawatan kulit. Beberapa jenis paraben dapat memicu reaksi pada kulit sensitif, seperti methylparaben, propylparaben, dan butylparaben

  • Mineral oil berfungsi untuk mengurangi pelepasan air di kulit serta menjaga kelembapan kulit. Kandungan ini akan memengaruhi kekentalan formulasi serum. Namun, bagi sebagian orang, mineral oil dapat memicu munculnya comedonal acne

  • Pewarna dan pewangi sering kali ditambahkan pada produk serum agar lebih menarik bagi konsumen. Padahal, tanpa disadari, pewarna dan parfum tambahan dapat menimbulkan reaksi alergi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

  • Alkohol dapat membuat serum lebih mudah menyerap kulit serta memberi rasa segar. Akan tetapi, ada tipe alkohol yang tidak membuat kulit menjadi kering, yaitu fatty alcohol. Contoh fatty alcohol adalah cetearyl alcohol, cetyl alcoholglycol, isostearyl alcohol, C12-16, myristyl alcohol, dan lauryl alcohol. Pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari alkohol karena memiliki kecenderungan membuat kulit menjadi kering dan mudah iritasi.

Pastikan keamanan produk serum Anda

Untuk menghindari kerusakan kulit, penting untuk memastikan keamanan produk, terutama jika Anda membeli produk dari luar negeri. Mari simak pembahasannya lebih jauh berikut ini.

Periksa sertifikasi keamanan produk

Periksa sertifikasi keamanan produk

Untuk menghindari kerusakan kulit, penting untuk memastikan keamanan produk, terutama jika Anda membeli produk dari luar negeri. Untuk produk lokal dan luar negeri, hal pertama yang harus ada adalah sertifikasi dan BPOM.


Jika sudah memiliki sertifikasi BPOM, produk sudah bisa dipastikan aman karena artinya produk telah lolos uji kelayakan. Anda dapat menemukan tanda lolos sertifikasi pada kemasan atau memeriksanya di website resmi BPOM. Jika produk yang Anda inginkan belum memiliki BPOM, periksa dulu sertifikasi yang dimiliki produk di negara asal.

Ketahui PAO dan expired date produk

Ketahui PAO dan expired date produk

Selain sertifikasi BPOM, Anda juga harus mengetahui PAO (period after opening) dan tanggal kedaluwarsa produk. PAO adalah batas waktu produk dapat dipakai setelah kemasan dibuka. Biasanya, PAO dapat Anda temukan dengan gambar seperti di atas. 


Pada jar, Anda akan menemukan kode 1M, 3M, 6M, dan sebagainya. Jika tertulis 6M, artinya skincare memiliki batas pakai 6 bulan setelah kemasan dibuka. Setelah melewati masa itu, sebaiknya Anda hentikan pemakaian produk.


Selain PAO, Anda juga harus memperhatikan tanggal kedaluwarsa produk. Ada dua hal yang bisa terjadi terkait tanggal kedaluwarsa. Pertama, skincare Anda tidak akan memberikan manfaat maksimal serta hasil yang Anda inginkan. 


Setelah melewati tanggal kedaluwarsa, produsen tidak dapat menjamin stabilitas produk dan tidak ada jaminan produk aman dipakai. Selanjutnya, hal terburuk yang mungkin terjadi adalah iritasi, alergi, dan masalah kulit lainnya. Anda tentu tidak menginginkan ini terjadi, bukan? Jadi, pastikan baik-baik produk yang akan dibeli masih cukup lama tanggal kedaluwarsanya.

10 Rekomendasi serum yang mengandung niacinamide terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh serum yang mengandung niacinamide terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10
Konsentrasi niacinamide10%
Kandungan utamaNiacinamide, panthenol, sodium hyaluronate, allantoin
Keamanan produkParaben free, cruelty free, no animal testing, non toxic, no mineral oil
BPOM
Volume30 ml
9
Konsentrasi niacinamideTidak disebutkan
Kandungan utamaNiacinamide, licorice extract
Keamanan produkAlcohol free, cruelty free
BPOM
Volume8 ml, 30 ml
8

Trueve Luminous Dark Spot Brightening Serum

Mulai dari Rp 150.000,00

Konsentrasi niacinamide10%
Kandungan utamaNiacinamide, ceramide-6, hyalu-10, marine collagen, natural moisturizing factor
Keamanan produkDermatologically tested
BPOM
Volume30 ml
7

WhitelabBrightening Face Serum - Niacinamide

Mulai dari Rp 66.000,00

Konsentrasi niacinamide5%, 10%
Kandungan utamaNiacinamide, HyaluComplex-10, marine collagen
Keamanan produkDermatologically tested
BPOM
Volume20 ml
6

Avoskin Miraculous Refining Serum

Mulai dari Rp 249.000,00

Konsentrasi niacinamide2%
Kandungan utamaAHA, BHA, niacinamide, ceramide
Keamanan produkSilicon free, alcohol free, perfume free, paraben free
BPOM
Volume30 ml
5

Some By MiYuja Niacin 30 Days Blemish Care Serum

Mulai dari Rp 494.643,00

Konsentrasi niacinamide5%
Kandungan utamaEkstrak goheung yuja, niacinamide, glutathione, arbutin, 12 jenis vitamin
Keamanan produkAlcohol free, paraben free, SLS free, aman untuk ibu hamil
BPOM
Volume50 ml
4

Skintific10% Niacinamide Brightening Serum

Mulai dari Rp 169.000,00

Konsentrasi niacinamide10%
Kandungan utamaNiacinamide, alpha arbutin, ceramide, Centella asiatica
Keamanan produkNo alcohol, no paraben, no mineral oil, no colorant, vegan friendly, cruelty free
BPOM
Volume20 ml
3

AvoskinYour Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2% + Mandarin Orange Fruit Extract

Mulai dari Rp 139.000,00

Konsentrasi niacinamide2%
Kandungan utamaVitamin C, niacinamide, Mandarin orange extract
Keamanan produkAlcohol free, fragrance free, paraben free, cruelty free
BPOM
Volume30 ml
2

SOMETHINC5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum

Mulai dari Rp 89.000,00

Konsentrasi niacinamide5%
Kandungan utamaNiacinamide, SabiWhite, beet extract
Keamanan produkParaben free, sulfate free, alcohol free, silicone free, fragrance free, non comedogenic certified, hypoallergenic, vegan friendly, dermatologically tested
BPOM
Volume20 ml, 40 ml
1

DECIEMThe Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Mulai dari Rp 119.900,00

Konsentrasi niacinamide10%
Kandungan utamaNiacinamide, zinc
Keamanan produkParaben free, sulfate free, alcohol free, oil free, silicone free, fragrance free, coloring free, nut free, gluten free, vegan, cruelty free
BPOM
Volume30 ml

Tabel perbandingan produk serum yang mengandung niacinamide terbaik

Gambar produk
1
DECIEM The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% 1

DECIEM

2
SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 1

SOMETHINC

3
Avoskin Your Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2% + Mandarin Orange Fruit Extract 1

Avoskin

4
Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum 1

Skintific

5
Some By Mi Yuja Niacin 30 Days Blemish Care Serum 1

Some By Mi

6
Avoskin  Miraculous Refining Serum  1

Avoskin

7
Whitelab Brightening Face Serum - Niacinamide 1

Whitelab

8
Trueve  Luminous Dark Spot Brightening Serum 1

Trueve

9
Wardah Lightening Serum Ampoule 1

Wardah

10
Aubree Skin Niacinamide Skin Booster 1

Aubree Skin

Nama produk

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum

Your Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2% + Mandarin Orange Fruit Extract

10% Niacinamide Brightening Serum

Yuja Niacin 30 Days Blemish Care Serum

Miraculous Refining Serum

Brightening Face Serum - Niacinamide

Luminous Dark Spot Brightening Serum

Lightening Serum Ampoule

Niacinamide Skin Booster

Keunggulan

Pelopor serum niacinamide yang wajib dicoba

Memulihkan kulit kusam dan lelah? Serum niacinamide lokal ini juga bisa!

Kombinasi niacinamide dan vitamin C untuk wajah lebih cerah 5 kali lebih cepat

Merawat skin barrier Anda dengan niacinamide 10%

Flek hitam tersamarkan, dapatkan wajah yang cerah dan dewy!

Miliki kulit wajah yang halus dan tampak cerah sekaligus!

Lebih percaya diri dengan wajah glowing

Kulit tetap sehat meskipun sering terpapar sinar matahari

Membantu melindungi kulit dari paparan blue light

Fungsi serum dan skin booster menjadi satu dalam produk ini

Harga mulai dariRp 119.900,00Rp 89.000,00Rp 139.000,00Rp 169.000,00Rp 494.643,00Rp 249.000,00Rp 66.000,00Rp 150.000,00Rp 62.000,00Rp 99.000,00
Konsentrasi niacinamide10%5%2% 10%5%2%5%, 10%10%Tidak disebutkan 10%
Kandungan utamaNiacinamide, zinc Niacinamide, SabiWhite, beet extractVitamin C, niacinamide, Mandarin orange extractNiacinamide, alpha arbutin, ceramide, Centella asiaticaEkstrak goheung yuja, niacinamide, glutathione, arbutin, 12 jenis vitaminAHA, BHA, niacinamide, ceramide Niacinamide, HyaluComplex-10, marine collagenNiacinamide, ceramide-6, hyalu-10, marine collagen, natural moisturizing factorNiacinamide, licorice extractNiacinamide, panthenol, sodium hyaluronate, allantoin
Keamanan produkParaben free, sulfate free, alcohol free, oil free, silicone free, fragrance free, coloring free, nut free, gluten free, vegan, cruelty free Paraben free, sulfate free, alcohol free, silicone free, fragrance free, non comedogenic certified, hypoallergenic, vegan friendly, dermatologically testedAlcohol free, fragrance free, paraben free, cruelty freeNo alcohol, no paraben, no mineral oil, no colorant, vegan friendly, cruelty freeAlcohol free, paraben free, SLS free, aman untuk ibu hamilSilicon free, alcohol free, perfume free, paraben free Dermatologically testedDermatologically testedAlcohol free, cruelty freeParaben free, cruelty free, no animal testing, non toxic, no mineral oil
BPOM
Volume30 ml 20 ml, 40 ml30 ml 20 ml50 ml 30 ml 20 ml 30 ml8 ml, 30 ml30 ml
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar kandungan niacinamide

Pertanyaan umum seputar kandungan niacinamide

Selain serum niacinamide yang banyak beredar di pasaran, Anda tentunya penasaran dengan keistimewaan niacinamide itu sendiri. Di sini, kami akan menjawab berbagai pertanyaan seputar niacinamide yang marak ditemukan di internet. Semoga informasi ini bisa membantu Anda!

Apakah perlu menggunakan niacinamide konsentrat tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal?

Anda tidak perlu menggunakan niacinamide dalam konsentrat yang tinggi untuk mendapatkan hasilnya. Konsentrasi 2%–5% saja sudah cukup untuk memberikan manfaat baik pada kulit Anda.


Pada konsentrasi niacinamide 2%, efek mengurangi sebum dan merangsang produksi kolagen baru sudah bisa Anda dapatkan. Selain itu, fungsi sintesis ceramide juga sudah terlihat. Pada konsentrasi 4%, efek mengurangi inflamasi sudah bisa Anda rasakan. Sedangkan dengan konsentrasi 5%, efek mengurangi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit sudah akan terlihat.

Apakah perlu menggunakan serum niacinamide berkonsentrasi tinggi?

Berhati-hatilah saat Anda menggunakan serum niacinamide dalam konsentrasi yang tinggi. Mulai konsentrasi 10%, risiko iritasi mata meningkat. Pada konsentrasi 20%, iritasi kulit dan mata mulai terjadi.


Apabila menggunakan niacinamide berkonsentrasi tinggi, pisahkan waktu penggunaan dari bahan aktif lain yang berisiko mengiritasi kulit wajah. Beberapa bahan tersebut misalnya adalah AHA, BHA, dan benzoyl peroxide.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memakai serum niacinamide

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memakai serum niacinamide

Secara umum, niacinamide merupakan bahan yang tergolong aman untuk digunakan. Namun, reaksi alergi bisa saja muncul pada beberapa orang yang memang memiliki alergi bawaan. Penyebabnya, niacinamide dapat menstimulasi tubuh melepas histamine yang merupakan senyawa pemicu reaksi alergi.


Reaksi alergi yang umum terjadi akibat pemakaian serum dengan niacinamide adalah gatal, kemerahan, dan sensasi terbakar ringan. Namun, jika konsentrasi niacinamide cukup tinggi, bukan tidak mungkin serum menyebabkan iritasi cukup berat pada kulit. Untuk menghindari terjadinya reaksi alergi dan iritasi, sebaiknya Anda melakukan tes alergi terlebih dahulu.


Caranya adalah dengan mengoleskan produk dengan kandungan niacinamide pada lengan bagian dalam. Tunggu selama 24 jam dan jika tidak muncul reaksi apa pun, artinya Anda dapat menggunakan produk tersebut. Namun, jika kulit Anda mulai kemerahan, gatal, hingga bengkak, segera cuci area tes dan hentikan pemakaian produk.

Baca juga rekomendasi serum lainnya di sini

Dalam ritual perawatan kulit, Anda tidak hanya membutuhkan serum yang mengandung niacinamide. Hal itu disebabkan setiap orang memiliki permasalahan kulit yang berbeda-beda. Jadi, sebelum memilih serum, cari tahu terlebih dahulu kebutuhan kulit. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan referensi produk serum terbaik untuk kulit Anda. 

Kesimpulan

Serum yang mengandung niacinamide adalah pilihan tepat untuk mengatasi hiperpigmentasi dan memudarkan flek hitam. Namun, sebelum memilih produk, perhatikan dengan baik komposisinya agar tidak menimbulkan masalah lain. Ada baiknya Anda melakukan patch test sebelum menggunakan produk.


Sekarang, apakah Anda sudah menemukan serum yang mengandung niacinamide terbaik untuk Anda? Ayo rawat kulit Anda dengan serum yang mengandung niacinamide dan selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Skincare MS GLOW Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skincare MS GLOW Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini banyak merek skincare lokal yang bagus di pasaran, salah satunya adalah MS GLOW. Merek ini menyediakan beragam jenis skincare, mulai dari serum, night cream, masker, hingga essence. Tentunya, kulit wajah Anda akan lebih mudah beradaptasi jika menggunakan rangkaian produk dari satu merek.Jenis produk yang dimiliki pun beragam sesuai masalah kulit Anda. Ada Flawless Glow Red Jelly, Acne Spot Treatment, atau Whitening Gold Serum. Di bawah ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi produk skincare MS GLOW terbaik. Simak sampai habis, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori