• 10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Pada zaman modern yang supersibuk ini banyak orang mencari ketenangan pikiran dan mental dengan memakai essential oil. Essential oil adalah konsentrat minyak dengan berbagai aroma yang diekstrak dari tanaman. Salah satu merek essential oil yang merajai pasar di Indonesia adalah Young Living.


Apakah Anda sudah pernah memakai essential oil Young Living? Jika belum, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa produk essential oil yang bagus dari Young Living. Berbagai varian aroma, seperti lavender, lemon, atau peppermint, bisa Anda dapatkan. Mari cari tahu best essential oil Young Living untuk Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Juli 2022
Daftar isi

Apa kelebihan essential oil dari Young Living?

Young Living didirikan pada 1993 oleh Donald Gary Young di Utah, Amerika Serikat. Awalnya perusahaan ini hanya menjual essential oil saja. Namun, sekarang Young Living sudah berkembang menjadi perusahaan multilevel marketing yang menjual berbagai produk.


Nah, apa yang istimewa dari essential oil merek ini? Young Living memiliki standar operasi Seed to Seal untuk menjaga kualitas produknya. Seed to Seal ini memiliki tiga unsur dasar, yakni Source, Science, dan Standard. Dengan begitu, produk yang dijual ke pasar sudah pasti berkualitas tinggi.


Unsur Source memastikan bahan baku diambil dari lahan sendiri atau milik partner tepercaya. Sementara, unsur Science memastikan proses pembuatan essential oil dilakukan oleh orang-orang terbaik di bidangnya dan menggunakan teknologi terbaru. Terakhir, unsur Standard memastikan quality control dari produk Young Living menggunakan metode yang ketat.

Cara memilih essential oil Young Living

Saat memilih essential oil Young Living, beberapa faktor perlu diperhatikan. Simak poin-poin berikut ini agar tidak salah pilih, ya.

Kenali jenis-jenis essential oil dari Young Living

Di artikel ini kami akan membahas empat varian essential oil dari Young Living yang dapat Anda pilih. Ada essential oil single, blend, roll-on, dan massage oil. Pilih yang paling Anda sukai.

Essential oil single, cocok bagi penyuka aroma yang murni

Tipe single artinya dalam satu botol hanya memiliki satu varian aroma essential oil, misalnya lavender atau lemon saja. Anda akan mendapatkan aroma yang lebih murni jika menggunakan varian ini. Bagi Anda yang menyukai aroma khas dari setiap tanaman, essential oil tipe single bisa Anda pilih.


Jika Anda suka bereksperimen, belilah produk essential oil sebanyak dua botol atau lebih. Dengan begitu, Anda jadi bisa mengombinasikan aromanya secara manual dan berganti-ganti setiap harinya.

Essential oil blend, kombinasi aroma terbaik dari ahlinya

Sementara itu, ada juga essential oil tipe blend yang terdiri dari dua varian aroma atau lebih. Campuran aromanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Beberapa di antaranya adalah untuk meredakan stres, memulihkan kondisi otot, me-recharge semangat, dan sebagainya. 


Tentunya campurannya ini dibuat berdasarkan ilmu dan pengalaman. Essential oil tipe blend adalah pilihan tepat untuk Anda yang tidak ingin repot mencampur aroma secara manual.

Essential oil roll-on, mudah dioleskan ke area tubuh kapan saja

Mungkin Anda sudah tidak asing menggunakan minyak angin tipe roll-on. Di bagian atas botolnya terdapat bola kecil yang berotasi dan mengeluarkan cairan essential oil. Karena kepraktisannya, essential oil tipe roll-on paling cocok untuk dibawa ke kantor atau saat traveling


Soal aroma, pilihannya mirip dengan essential oil tipe blend yang memiliki berbagai campuran aroma dalam satu produk. Jika kondisi sirkulasi udara di ruangan Anda sedang tidak baik, Anda bisa langsung menetralkannya dengan aroma essential oil ini. 

Essential oil flavoring, memperkaya aroma dan rasa hidangan Anda

Jika Anda bertanya-tanya apakah essential oil Young Living bisa diminum, jawabannya adalah bisa! Seri essential oil flavoring ini spesial karena memang diciptakan untuk dikonsumsi. Jadi, manfaat essential oil tidak hanya bisa dipetik melalui penggunaan topikal.


Karena dapat dikonsumsi, Anda dapat menambahkannya pada minuman dan makanan agar menjadi lebih kaya aroma serta rasa. Selain dicampurkan pada hidangan, Anda pun dapat mengonsumsi minyak esensial ini layaknya mengonsumsi suplemen.

Massage oil, memberi sensasi pijat yang lebih menyenangkan

Pijat memang bisa membuat otot yang tegang menjadi lebih relaks. Tentunya, Anda akan lebih nyaman lagi apabila minyak pijat tersebut memiliki aroma yang enak dihirup. Selain efeknya lebih optimal, mood Anda pastinya membaik dan Anda jadi bebas stres.


Bagi Anda yang suka dipijat, massage oil dari Young Living bisa menjadi pilihan yang tepat. Massage oil adalah minyak pijat yang mengandung essential oil dengan aroma-aroma yang menenangkan. Produk ini tersedia dalam botol yang lebih besar dibanding dengan essential oil tipe single, blend, ataupun roll-on.

Essential oil collection, rangkaian produk dengan kemasan menarik

Essential oil collection berisi serangkaian produk Young Living yang saling melengkapi satu sama lain. Misalnya, Everyday Oils Essential Oil Collection yang berisi produk untuk digunakan sehari-hari. Ada pula Feelings Kit - Essential Oil Collection yang berisi serangkaian essential oil blend untuk tujuan relaksasi.


Rangkaian produk ini dikemas dalam bentuk yang menarik sehingga cocok juga dijadikan sebagai hadiah berfaedah bagi orang terkasih. Anda yang telah menjadikan produk Young Living sebagai bagian dari keseharian tentu akan menyukai seri ini.

Pilih berdasarkan aroma yang Anda inginkan

Ada berbagai aroma yang ditawarkan essential oil, misalnya lavender, jahe, peppermint, atau lemon. Tiap-tiap aroma memiliki fungsinya tersendiri, misalnya untuk membuat Anda lebih tenang atau lebih energik. Nah, untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Aroma yang merelaksasi: Opsi tepat jika sedang stres atau penat

Aroma yang merelaksasi: Opsi tepat jika sedang stres atau penat

Saat badan sedang lelah dan pikiran stres, Anda bisa susah tidur ataupun tidur jadi tidak nyenyak. Tentu saja hal ini memengaruhi kesehatan Anda secara fisik dan mental. Untuk membuat badan lebih relaks, pilihlah aroma essential oil yang memiliki efek grounding, relaxing, atau calming


Beberapa aroma essential oil, seperti lavender dan eucalyptus bisa jadi pilihan tepat. Anda bisa menggunakannya sesaat sebelum tidur pada malam hari agar istirahat lebih optimal.

Aroma peningkat fokus dan semangat: Mendukung aktivitas dan pekerjaan Anda

Aroma peningkat fokus dan semangat: Mendukung aktivitas dan pekerjaan Anda

Saat sedang banyak pekerjaan, tentunya Anda dituntut untuk lebih fokus dan produktif. Namun, terkadang suasana tempat Anda bekerja tidaklah mendukung. Hal itu bisa disebabkan dari sirkulasi udara yang buruk atau aroma ruangan yang membuat mood Anda turun. 


Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menggunakan essential oil yang memiliki efek purifying, uplifting, atau energizingBeberapa aroma essential oil yang bisa dijadikan pilihan di antaranya adalah lemon, peppermint, dan sage. Saat seperti ini, Anda bisa menggunakan diffuser atau essential oil tipe roll-on yang langsung bisa dipakai. 

Pertimbangkan manfaat oil Young Living pilihan Anda

Pertimbangkan manfaat oil Young Living pilihan Anda

Essential oil dibuat dengan cara mengekstraksi minyak dari tanaman. Karena itu, minyak esensial tidak hanya memiliki aroma, tetapi juga membawa manfaat dari tanaman yang diekstraksi tersebut. Manfaat essential oil sangat beragam, mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Karena itu, pertimbangkan juga pemilihan essential oil Young Living berdasarkan efek atau manfaat yang dimilikinya. 


Berikut beberapa di antaranya:


  • Lemon essential oil kaya akan vitamin yang baik untuk kulit
  • Lavender essential oil meningkatkan kualitas tidur dan meredakan iritasi ringan pada kulit
  • Myrtle essential oil meningkatkan kesehatan dan menjaga kecantikan kulit
  • Peppermint essential oil dapat mendukung kesehatan pencernaan dan pernapasan
  • Ginger essential oil dapat menghangatkan tubuh dan mengendalikan nafsu makan
  • Eucalyptus essential oil mampu menyegarkan dan melegakan pernapasan

Masih banyak manfaat essential oil selain yang disebutkan di atas. Anda dapat mengecek informasinya langsung di website Young Living

10 Rekomendasi essential oil Young Living terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk essential oil Young Living terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 28 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Young Living Forgiveness Essential Oil Blend menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Young Living Lavender Essential Oil memiliki angka penjualan tertinggi. 

10

Young LivingPeppermint Vitality

5628

Mulai dari Rp 227.000,00

TipeEssential oil flavoring
KandunganPeppermint oil
EfekMenenangkan, meningkatkan fungsi, dan menstabilkan efisiensi sistem pencernaan・Meningkatkan performa saat latihan fisik
AromaRefreshing, minty aroma
Pilihan isi5 ml
9

Young LivingMister Essential Oil Blend

3381

Mulai dari Rp 859.800,00

TipeEssential oil blend
KandunganSesame seed oil, sage oil, fennel oil, lavender oil, myrtle oil, dan lain-lain
EfekMeningkatkan energi tubuh
AromaWoody, herbacious, sweet, masculine aroma
Pilihan isi15 ml
8

Young LivingCel-Lite Magic Massage Oil

3035

Mulai dari Rp 724.700,00

TipeMassage oil
KandunganCoconut oil, grape seed oil, grapefruit peel oil, cypress oil, cedarwood bark oil, dan lain-lain
EfekMeningkatkan mood・Meningkatkan kesehatan kulit dan skin barrier・Mengurangi kenampakan garis-garis halus pada kulit
AromaFresh, energizing, clean, calming, soothing aroma
Pilihan isi236 ml
7
TipeEssential oil flavoring
KandunganGinger root oil
EfekMendukung fungsi pencernaan・Mendukung program penurunan berat badan
AromaWarm, spicy aroma
Pilihan isi5 ml
6
TipeEssential oil roll-on
KandunganCaprylic/capric triglyceride, Eucalyptus (staigeriana, globulus, radiata, bicostata) leaf oil, dan lain-lain
EfekMenyegarkan dan melegakan pernapasan・Menenangkan pikiran・Membangkitkan semangat・Mendinginkan dan merelaksasi otot yang lelah
AromaSharp, refreshing, clean aroma
Pilihan isi10 ml
5
TipeEssential oil single
KandunganLemon peel oil
EfekMenetralkan bau・Menyegarkan udara・Menghilangkan noda lengket pada benda
AromaFresh, tangy, zesty, citrusy aroma
Pilihan isi15 ml
4

Young LivingEveryday Oils Essential Oil Collection

3695

Mulai dari Rp 2.326.800,00

TipeEssential oil kit (3 single, 4 blend, 3 flavoring)
KandunganBeragam tergantung varian
EfekBeragam tergantung varian
AromaBeragam tergantung varian
Pilihan isiTiap-tiap varian 5 ml
3
TipeEssential oil blend
KandunganEucalyptus (globulus, radiata, citriodora) leaf oil, myrtle oil, marjoram leaf oil, dan lain-lain
EfekMelegakan dan melancarkan pernapasan・Menghangatkan dan menyegarkan badan
AromaRefreshing, crisp, lemony aroma
Pilihan isi5 ml, 15 ml
2
TipeEssential oil roll-on
KandunganPeppermint oil, caprylic/capric triglyceride, lemon peel oil, grand fir needle oil, clove bud oil, dan lain-lain
EfekMenenangkan otot dan persendian setelah olahraga
AromaMinty, slightly sweet, herbacious aroma
Pilihan isi10 ml
1

Young LivingLavender Essential Oil

3575

Mulai dari Rp 222.100,00

TipeEssential oil single
KandunganLavender flower oil
EfekMeredakan iritasi kulit・Menenangkan pikiran dan saraf yang tegang
AromaSweet, floral, clean, calming aroma
Pilihan isi0,15 ml, 15 ml

Tabel rekomendasi produk essential oil Young Living terbaik

Gambar produk
1
Young Living Lavender Essential Oil 1

Young Living

2
Young Living Deep Relief Roll-On 1

Young Living

3
Young Living R.C Essential Oil Blend 1

Young Living

4
Young Living Everyday Oils Essential Oil Collection 1

Young Living

5
Young Living Lemon Essential Oil 1

Young Living

6
Young Living Breathe Again Roll-On 1

Young Living

7
Young Living Ginger Vitality 1

Young Living

8
Young Living Cel-Lite Magic Massage Oil 1

Young Living

9
Young Living Mister Essential Oil Blend 1

Young Living

10
Young Living Peppermint Vitality 1

Young Living

Nama produk

Lavender Essential Oil

Deep Relief Roll-On

R.C Essential Oil Blend

Everyday Oils Essential Oil Collection

Lemon Essential Oil

Breathe Again Roll-On

Ginger Vitality

Cel-Lite Magic Massage Oil

Mister Essential Oil Blend

Peppermint Vitality

Keunggulan

Aroma paling mendasar yang wajib Anda miliki

Redakan otot dan persendian yang sakit akibat olahraga

Membantu pernapasan Anda jadi lebih lancar

Jalani hari-hari dengan beragam aroma yang bikin hidup lebih berwarna

Netralkan udara di ruangan dengan kesegaran lemon yang zesty!

Manjakan otot lelah sekaligus bangkitkan kembali semangat Anda

Hangat tubuh dan perasaan dengan aroma jahe yang spicy

Tubuh dan pikiran relaks, kulit pun makin sehat!

Tingkatkan energi dari dalam diri untuk performa yang lebih baik

Jaga kesehatan pencernaan dengan cara yang segar

Harga mulai dariRp 222.100,00Rp 604.400,00Rp 236.800,00Rp 2.326.800,00Rp 255.300,00Rp 597.000,00Rp 295.800,00Rp 724.700,00Rp 859.800,00Rp 227.000,00
TipeEssential oil singleEssential oil roll-onEssential oil blendEssential oil kit (3 single, 4 blend, 3 flavoring)Essential oil singleEssential oil roll-onEssential oil flavoringMassage oilEssential oil blendEssential oil flavoring
KandunganLavender flower oilPeppermint oil, caprylic/capric triglyceride, lemon peel oil, grand fir needle oil, clove bud oil, dan lain-lainEucalyptus (globulus, radiata, citriodora) leaf oil, myrtle oil, marjoram leaf oil, dan lain-lainBeragam tergantung varianLemon peel oilCaprylic/capric triglyceride, Eucalyptus (staigeriana, globulus, radiata, bicostata) leaf oil, dan lain-lainGinger root oilCoconut oil, grape seed oil, grapefruit peel oil, cypress oil, cedarwood bark oil, dan lain-lainSesame seed oil, sage oil, fennel oil, lavender oil, myrtle oil, dan lain-lainPeppermint oil
EfekMeredakan iritasi kulit・Menenangkan pikiran dan saraf yang tegangMenenangkan otot dan persendian setelah olahragaMelegakan dan melancarkan pernapasan・Menghangatkan dan menyegarkan badanBeragam tergantung varianMenetralkan bau・Menyegarkan udara・Menghilangkan noda lengket pada bendaMenyegarkan dan melegakan pernapasan・Menenangkan pikiran・Membangkitkan semangat・Mendinginkan dan merelaksasi otot yang lelahMendukung fungsi pencernaan・Mendukung program penurunan berat badanMeningkatkan mood・Meningkatkan kesehatan kulit dan skin barrier・Mengurangi kenampakan garis-garis halus pada kulitMeningkatkan energi tubuhMenenangkan, meningkatkan fungsi, dan menstabilkan efisiensi sistem pencernaan・Meningkatkan performa saat latihan fisik
AromaSweet, floral, clean, calming aromaMinty, slightly sweet, herbacious aromaRefreshing, crisp, lemony aromaBeragam tergantung varianFresh, tangy, zesty, citrusy aromaSharp, refreshing, clean aromaWarm, spicy aromaFresh, energizing, clean, calming, soothing aromaWoody, herbacious, sweet, masculine aromaRefreshing, minty aroma
Pilihan isi0,15 ml, 15 ml10 ml5 ml, 15 mlTiap-tiap varian 5 ml15 ml10 ml5 ml236 ml15 ml5 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk aromaterapi lainnya di sini

Selain essential oil dari Young Living, ada beberapa produk aromaterapi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memanjakan diri. Tidak hanya berbentuk minyak esensial, lilin aromaterapi pun layak Anda coba. Jika Anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, klik tautan di bawah ini! 

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan produk essential oil dari Young Living yang cocok untuk kondisi Anda? Semoga rekomendasi produk di atas dapat membuat Anda puas, ya. Pastikan Anda memilih essential oil dengan aroma yang Anda butuhkan. Dengan essential oil yang tepat, kesehatan fisik, mental, serta mood Anda bisa terjaga dengan baik. Selamat mencari!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut  - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Salin digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata kemiri bisa diolah menjadi minyak. Minyak kemiri menyimpan banyak manfaat, salah satunya untuk menutrisi rambut. Anda bisa membuat minyak kemiri sendiri dengan cara menyangrai, merebus, atau memanggang biji kemiri hingga minyaknya keluar.  Namun, bila ingin praktis Anda bisa membeli minyak kemiri berkualitas tinggi yang tersedia di pasaran. Kami akan membagikan tips memilih serta merekomendasikan merek-merek minyak kemiri asli seperti Cantiqa, Cussons, dan KUKUi. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Silakan disimak dan dapatkan minyak kemiri yang bagus!
    Essential oil
  • 9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Menghilangkan lelah, mengurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan aromatherapy oil. Tidak jarang, minyak aromaterapi hadir dalam bentuk essential oil sehingga bisa digunakan secara atopik maupun diuapkan dengan diffuser.Selain Young Living, merek lokal seperti NU Aroma dan Bali Ratih pun mengeluarkan produk dengan wangi aromaterapi terbaik. Ada aromaterapi lavender, minyak kayu putih, dan lainnya. Agar lebih praktis, kami akan menyajikan cara memilih dan rekomendasi produk aromaterapi yang bagus untuk Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina.
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Kayu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Kayu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak kayu putih adalah ramuan khas yang hampir selalu dimiliki oleh banyak orang Indonesia. Minyak ini dibuat melalui proses penyulingan daun dan ranting kayu putih yang berkhasiat memberikan kehangatan bagi tubuh. Tidaklah heran jika minyak kayu putih bisa dipakai oleh anak-anak hingga orang dewasa.Saat ini minyak kayu putih dikemas dalam berbagai macam bentuk dan merek, seperti Balpirik, Cap Lang, serta Fresh Care. Apakah Anda sedang mencari minyak kayu putih yang bagus? Ini dia artikel yang tepat untuk Anda. Bacalah sampai selesai dan temukan produk pilihan Anda.
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak bidara adalah minyak dari ekstrak daun bidara yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Bahkan, minyak bidara juga dipercaya dapat mengatasi gangguan nonmedis. Karena khasiatnya yang lengkap, minyak bidara sering dipakai sebagai minyak untuk bayi, ibu hamil, sarana ruqyah, dan perawatan rambut.Cara penggunaan minyak bidara cukup beragam. Ada yang digunakan dengan cara dioleskan, diminum, hingga ditaburkan ke dalam air. Di artikel ini kami akan membagikan rekomendasi minyak bidara yang bagus dari berbagai merek seperti Sidra99, Al-Khodry, dan Zeeida. Sebelumnya, yuk, ketahui dahulu apa khasiat minyak bidara berikut ini!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak angin merupakan salah satu jenis ramuan tradisional yang akrab bagi masyarakat Indonesia. Variasinya pun beragam, ada minyak aromatic hingga medicated oil. Ada minyak angin yang dibekali rasa hangat, ada pula minyak angin yang panas. Berhubung kemasan, jenis, dan aromanya bervariasi, Anda mungkin akan kesulitan menemukan produk yang sesuai.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih minyak angin yang bagus dan sesuai kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk minyak angin terbaik dari merek terkenal, seperti Cap Lang, Cap Kapak, dan FreshCare. Selamat membaca!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Peppermint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Peppermint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain bisa memberikan sensasi menyegarkan, minyak peppermint merupakan minyak serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Melegakan hidung tersumbat, meredakan sakit kepala, hingga menghalau serangga adalah contoh manfaat dari penggunaan minyak peppermint. Agar Anda tidak salah memilih, kami akan menjelaskan cara memilih produk yang tepat. Tidak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek terkemuka, seperti Young Living, Nusaroma, Happy Green, dan lainnya. Nah, mari simak informasinya dan temukan minyak peppermint yang bagus serta paling cocok untuk Anda!
    Essential oil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori