• 10 Rekomendasi Buku Dongeng Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Dongeng Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Dongeng Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Dongeng Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Dongeng Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Buku Dongeng Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Menceritakan dongeng merupakan rutinitas yang perlu dilakukan orang tua untuk anak-anaknya. Ketika mendongeng, pilihlah buku dengan cerita yang pas untuk anak-anak. Anda dapat menemukan berbagai buku dongeng untuk anak, baik di toko buku maupun e-commerce. Apakah Anda masih bingung dalam memilih buku dongeng yang tepat?


Untuk memudahkan Anda, kami memiliki tips memilih buku dongeng untuk Anda. Ada juga berbagai rekomendasi buku dongeng yang bagus, seperti 200 Dongeng Seluruh Dunia, 365 Fabel Pengantar Tidur, sampai cerita klasik dari Hans Christian Andersen. Cara mendongeng yang baik pun ada dalam artikel ini. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 16 April 2021
Daftar isi

Manfaat mendongeng untuk tumbuh kembang anak

Manfaat mendongeng untuk tumbuh kembang anak

Aktivitas mendongeng memang sering dilakukan orang tua terhadap anak. Kegiatan ini biasanya dilakukan sebelum si kecil tidur. Bukan sekadar bercerita, ternyata membacakan dongeng memiliki banyak manfaat untuk anak.


Banyaknya kosakata dalam cerita membuat anak memiliki banyak perbendaharaan kata. Dengan demikian, kecerdasan bahasanya pun akan makin terasah.


Mendengarkan cerita juga membantu melatih konsentrasi dan daya ingat anak. Setelah mendongeng, ajak si kecil untuk mengingat karakter, tempat, serta alur cerita dalam dongeng. Di samping itu, daya imajinasinya juga makin terasah berkat mendengarkan dongeng.


Setiap dongeng anak memiliki nilai moral. Dengan menceritakan dongeng, Anda dapat menanamkan nilai-nilai moral yang dapat dipelajari si kecil. Kisah tentang karakternya dapat dicontoh anak dalam bersikap dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya.


Menceritakan dongeng dengan seru akan memberikan manfaat lain untuk anak. Anak jadi tertarik untuk membaca sendiri buku ceritanya. Minat bacanya pun jadi makin meningkat.


Mendongeng tidak hanya dapat dilakukan sebelum tidur. Lakukan aktivitas ini sebagai sarana membangun kedekatan orang tua dengan anak. Luangkanlah waktu untuk membacakan dongeng agar si kecil merasa diperhatikan.


Jadi, jangan malas untuk mendongeng, ya. Manfaatnya sangat penting untuk tumbuh kembang anak sekaligus untuk relasi orang tua dengan anak. Agar Anda dapat menemukan buku dongeng yang pas untuk anak, yuk, simak tips di bawah ini.

Cara memilih buku dongeng

Ada banyak buku dongeng yang dijual di pasaran. Namun, apakah buku dongeng tersebut sesuai untuk si kecil? Kami akan memberikan tips dalam memilih buku dongeng. Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan agar dapat menemukan buku yang sesuai untuk si kecil. Silakan disimak dengan baik.

Sesuaikan buku dengan usia anak

Hal paling penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih buku dongeng adalah menyesuaikannya dengan usia anak. Buku dongeng untuk anak di bawah 3 tahun pastinya berbeda dengan buku untuk anak 5 tahun.


Memilih buku yang kurang tepat bisa membuat anak kurang tertarik. Buku dongeng apa yang sesuai dengan usia si kecil? Kami akan mengulasnya di bawah ini.

Usia di bawah 3 tahun, pilih buku berwarna dengan sedikit kalimat

Usia di bawah 3 tahun, pilih buku berwarna dengan sedikit kalimat

Kemampuan sensoris dan motorik anak di bawah 3 tahun sedang dalam tahap perkembangan. Karena itu, buku untuk anak di bawah 3 tahun biasanya memiliki tekstur yang beragam. Anda dapat menemukan mulai dari board book, buku berbahan kain, sampai buku yang tahan air. Sambil menceritakan dongeng, Anda juga dapat menstimulasi sensoris anak.


Sebisa mungkin, pilihlah buku yang memiliki banyak gambar berukuran besar. Gambar yang diberikan juga harus sesederhana mungkin, serta memiliki warna yang cukup kontras.


Di samping gambarnya, pilhilah buku dengan kalimat yang sedikit dan sederhana. Pada usia ini, anak-anak akan suka menirukan kalimat atau perilaku orang dewasa. Dengan memberikan kata yang sederhana, Anda bisa sekaligus melatih kemampuan bicara anak.

Usia 3-5 tahun, mulailah memilih cerita yang lebih panjang dan happy ending

Usia 3-5 tahun, mulailah memilih cerita yang lebih panjang dan happy ending

Pada usia 3 tahun ke atas, anak sudah mulai mengenal lingkungan sekitar. Anda dapat memilih buku dongeng yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Anda juga bisa memilih buku dengan tema kehidupan binatang.


Tentu Anda sudah dapat memilihkan alur cerita yang sedikit lebih kompleks dibandingkan untuk anak di bawah 3 tahun. Meski demikian, tetaplah memilih buku dengan alur happy ending. Usahakan untuk mengisi memori anak dengan cerita-cerita yang bahagia, ya. 


Dalam usia ini, anak sudah mulai memasuki sekolah TK. Jadi, pengulangan kata juga perlu diperhatikan demi menstimulasi si kecil dalam belajar membaca.

Usia 5 tahun ke atas, berikan buku dengan cerita yang lebih kompleks

Usia 5 tahun ke atas, berikan buku dengan cerita yang lebih kompleks

Ketika memasuki usia 5 tahun ke atas, Anda dapat memilih buku cerita yang lebih kompleks. Buku dengan kalimat-kalimat yang lebih panjang dapat Anda pertimbangkan. Namun, tentu saja Anda tidak boleh melupakan buku dengan gambar-gambar yang menarik.


Memilih buku dengan kalimat yang lebih panjang dapat meningkatkan minat baca si kecil. Anda bisa mulai mengajari anak untuk membaca sendiri buku kesukaannya. Buku dongeng berupa cerita rakyat sudah mulai dapat Anda perkenalkan kepada si kecil.

Perhatikan pesan moral yang diberikan

Perhatikan pesan moral yang diberikan

Dongeng yang Anda ceritakan dapat memberi sebuah pesan yang kuat untuk anak-anak. Karena itu, sebelum memilih buku dongeng, kenali dahulu ceritanya. Baca terlebih dahulu resensi bukunya agar Anda dapat mengerti nilai-nilai moral yang disampaikan oleh buku tersebut.


Cerita-cerita yang mengajarkan tentang pertemanan, kemandirian, karakter baik, dan hal-hal positif lainnya perlu Anda pilih. Kadang-kadang, ketika sedang membacakan dongeng untuk anak, orang tua pun merasa diingatkan kembali mengenai nilai-nilai baik dalam kehidupan.

Pilih buku dengan gambar-gambar yang menarik

Pilih buku dengan gambar-gambar yang menarik

Anak-anak tentu menyukai buku dengan gambar yang menarik. Adanya tambahan ilustrasi yang menarik akan membantu si kecil dalam berimajinasi dan memahami cerita.


Anda perlu memeriksa isi bukunya terlebih dahulu sebelum membeli. Hindari buku dengan ilustrasi yang tidak sesuai dengan alur cerita, ya.

Pilih berdasarkan bahasa yang digunakan

Pilih berdasarkan bahasa yang digunakan

Sebagai warga negara Indonesia, bahasa Indonesia merupakan bahasa ibu yang perlu Anda perkenalkan kepada si kecil. Untuk buku dongeng dengan bahasa Indonesia, pilihlah buku yang menggunakan kata-kata yang baik dan benar. Dengan demikian, anak Anda akan terbiasa untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan benar.


Namun, tidak ada salahnya juga untuk memperkenalkan bahasa asing sejak dini. Anda dapat memilih buku dongeng dalam bahasa Inggris. Untuk buku dongeng berbahasa Inggris, pilihlah produk dengan diksi yang mudah dilafalkan. Usahakan juga agar kalimat-kalimatnya tidak terlalu panjang. Buku dongeng berbahasa asing dapat sekaligus menjadi media anak untuk mulai mengenal bahasa asing.


Buku bergambar yang interaktif akan memudahkan Anda dalam mendongeng. Adanya CD dapat turut membantu Anda ketika kesulitan melafalkan sebuah kata untuk anak.

10 Rekomendasi buku dongeng terbaik

Setelah Anda mengetahui tips memilih buku dongeng, jangan sampai Anda melewatkan rekomendasi produk terbaiknya. Temukan berbagai buku dongeng dengan kisah-kisah menarik yang sayang untuk dilewatkan.

10

Dini W. TamanBuku Dongeng Anak TK PAUD : Kumpulan Dongeng Binatang Seru & Mendidik

Mulai dari Rp 65.000,00

Jumlah halaman88 halaman
BahasaIndonesia
PenerbitMitra Edukasi Indonesia
9

Arleen A.Kumpulan Dongeng Kerajaan (Edisi Baru)

Mulai dari Rp 116.000,00

Jumlah halaman206 halaman
BahasaIndonesia, Inggris
PenerbitBhuana Ilmu Populer
8
Jumlah halaman194 halaman
BahasaIndonesia
PenerbitKakatua
7

Mulasih TaryKumpulan Dongeng Buah dan Sayur

Mulai dari Rp 35.000,00

Jumlah halaman60 halaman
BahasaIndonesia
PenerbitRuangKata
6

FleurusDongeng Anak Hebat : Kumpulan Kisah Pembentuk Karakter

Mulai dari Rp 138.000,00

Jumlah halaman184 halaman
BahasaIndonesia
PenerbitBhuana Ilmu Populer
5

Tria Ayu K.Dongeng Anak Jagoan : Ubur Ubur Yang Jujur

Mulai dari Rp 59.000,00

Jumlah halaman20 halaman
BahasaIndonesia
PenerbitBentang Kids
4
Jumlah halaman192 halaman
BahasaIndonesia
PenerbitBhuana Ilmu Populer
3

Seri Cerita Rakyat Nusantara (Bilingual)

Mulai dari Rp 3.500,00

Jumlah halaman24 halaman
BahasaIndonesia, Inggris
PenerbitBintang Indonesia
2

Wilhelm Grimm & Jacob GrimmFirst Stories Hansel and Gretel - Push Pull Slide

Mulai dari Rp 950.000,00

Jumlah halaman8 halaman
BahasaInggris
PenerbitCampbell Book
1
Jumlah halaman380 halaman
BahasaIndonesia
PenerbitBhuana Ilmu Populer

Tabel perbandingan produk buku dongeng terbaik

Gambar produk
1
Dian K. 200 Dongeng Seluruh Dunia 1

Dian K.

2
Wilhelm Grimm & Jacob Grimm First Stories Hansel and Gretel - Push Pull Slide 1

Wilhelm Grimm & Jacob Grimm

3
Seri Cerita Rakyat Nusantara (Bilingual) 1

4
Hemma 365 Fabel Pengantar Tidur 1

Hemma

5
Tria Ayu K. Dongeng Anak Jagoan : Ubur Ubur Yang Jujur 1

Tria Ayu K.

6
Fleurus Dongeng Anak Hebat : Kumpulan Kisah Pembentuk Karakter 1

Fleurus

7
Mulasih Tary Kumpulan Dongeng Buah dan Sayur 1

Mulasih Tary

8
Hans Christian Andersen Kumpulan Dongeng  1

Hans Christian Andersen

9
Arleen A. Kumpulan Dongeng Kerajaan (Edisi Baru) 1

Arleen A.

10
Dini W. Taman Buku Dongeng Anak TK PAUD : Kumpulan Dongeng Binatang Seru & Mendidik 1

Dini W. Taman

Nama produk

200 Dongeng Seluruh Dunia

First Stories Hansel and Gretel - Push Pull Slide

Seri Cerita Rakyat Nusantara (Bilingual)

365 Fabel Pengantar Tidur

Dongeng Anak Jagoan : Ubur Ubur Yang Jujur

Dongeng Anak Hebat : Kumpulan Kisah Pembentuk Karakter

Kumpulan Dongeng Buah dan Sayur

Kumpulan Dongeng

Kumpulan Dongeng Kerajaan (Edisi Baru)

Buku Dongeng Anak TK PAUD : Kumpulan Dongeng Binatang Seru & Mendidik

Keunggulan

Cerita berbeda yang dapat dinikmati orang tua dan anak

Buku interaktif, bikin anak makin fokus

Belajar bahasa Indonesia sekaligus Inggris secara bersamaan

Mendongeng sepanjang tahun tanpa kehabisan ide

Cerita berima untuk kosakata yang lebih kaya

Bentuk karakter si kecil melalui kisah dongeng yang menarik

Cerita tentang sayur dan buah yang kreatif!

Kisah-kisah klasik yang tak pernah tergerus waktu

Jelajahi dunia kerajaan yang penuh imajinasi

Dongeng dengan informasi menarik tentang hewan

Harga mulai dariRp 198.000,00Rp 950.000,00Rp 3.500,00Rp 185.000,00Rp 59.000,00Rp 138.000,00Rp 35.000,00Rp 55.000,00Rp 116.000,00Rp 65.000,00
Jumlah halaman380 halaman8 halaman24 halaman192 halaman20 halaman184 halaman60 halaman194 halaman206 halaman88 halaman
BahasaIndonesiaInggrisIndonesia, InggrisIndonesiaIndonesiaIndonesiaIndonesiaIndonesiaIndonesia, InggrisIndonesia
PenerbitBhuana Ilmu PopulerCampbell BookBintang IndonesiaBhuana Ilmu PopulerBentang KidsBhuana Ilmu PopulerRuangKataKakatuaBhuana Ilmu PopulerMitra Edukasi Indonesia
Tautan produk

Tips membacakan dongeng dengan lebih seru

Tips membacakan dongeng dengan lebih seru

Si kecil sering kali merasa bosan saat mendengarkan Anda berdongeng? Mungkin Anda belum menyampaikannya dengan tepat. Sebelum mendongeng, pahami dahulu cerita yang akan Anda bacakan. Usahakan memilih cerita yang tidak terlalu panjang, ya.


Kenali juga karakter yang ada dalam cerita tersebut. Buatlah suara yang berbeda untuk karakter yang satu dan lainnya. Anda juga dapat menambahkan alat peraga seperti boneka tangan atau objek lainnya. Menggunakan alat peraga tentu akan membuat anak-anak merasa tertarik. Selain itu, jangan ragu untuk melakukan gestur sesuai dengan cerita yang Anda bawakan.


Awali cerita Anda dengan menunjukkan cover depan buku untuk memberikan informasi seputar judul dan background ceritanya. Saat bercerita, Anda juga dapat mengajukan pertanyaan, seperti,"Apa, ya, yang akan terjadi setelah ini?". Pertanyaan ini bisa membuat si kecil merasa turut terlibat dalam ceritanya.


Setelah selesai bercerita, Anda dapat menanyakan terlebih dahulu tentang poin yang didapatkan oleh anak. Berikutnya, Anda bisa memintanya untuk bercerita kembali tentang dongeng tersebut.

Baca juga rekomendasi buku anak lainnya di sini

Memilih buku yang sesuai dengan usia sangat perlu untuk dipertimbangkan. Anda sedang mencari buku anak lainnya? Yuk, klik tautan di bawah ini dan temukan berbagai buku menarik untuk anak-anak!

Kesimpulan

Wah, menarik sekali, ya, buku dongeng yang dijual di pasaran. Anda dapat memilihnya sesuai dengan usia anak agar si kecil lebih tertarik dengan dongeng yang Anda ceritakan. Perhatikan juga pesan moral yang ingin diberikan oleh dongeng tersebut.


Sekian artikel kami tentang buku dongeng. Semoga Anda merasa terbantu dengan tips dari kami. Jadikan informasi dari kami sebagai referensi Anda ketika memilih buku dongeng. Selamat berdongeng dengan buku pilihan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Persahabatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Persahabatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Persahabatan adalah salah satu tema yang sering diangkat menjadi karya sastra, termasuk novel. Selain bisa menikmati kisah persahabatan para tokohnya, tak jarang novel tersebut memberikan sejumlah inspirasi dan motivasi. Saat pergi ke toko buku atau membuka e-commerce, banyak sekali novel persahabatan yang bagus dan mungkin menarik hati Anda.Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih serta merekomendasikan sepuluh novel persahabatan terbaik. Anda akan menemukan sejumlah novel yang mungkin sudah tidak asing lagi, seperti Laskar Pelangi, The Kite Runners, dan 5 Cm. Simak sampai habis dan temukan novel pilihan Anda!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi kamu yang masih berusia remaja, membaca teenlit bisa menjadi pilihan asyik untuk mengisi waktu luang. Mayoritas novel remaja menggunakan gaya bahasa santai dan gaul sehingga dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tema-tema yang diangkat pun sudah tak asing lagi, yaitu seputar sekolah, persahabatan, keluarga, cita-cita, hingga romansa.Apabila kamu sedang mencari novel remaja yang bagus, kami akan berbagi tips untuk memilihnya. Kami juga akan menyuguhkan rekomendasi novel remaja terbaik, seperti Bumi, Ancika, dan Geez & Ann. Kamu penasaran? Yuk, baca artikel ini hingga tuntas!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda bisa terinspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di media sosial.Namun, setiap bulan selalu ada judul novel romantis terbaru yang terbit, mulai dari Hilmy Milan hingga Himpunan. Ada pula kisah menarik dari Wattpad yang dijadikan novel dan novel best seller lainnya. Agar tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih novel romantis yang bagus untuk Anda.
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mungkin banyak di antara Anda yang tumbuh bersama novel-novel dari Tere Liye. Tak hanya cerita dari novelnya saja yang mengaduk-aduk perasaan, tetapi juga banyak kutipan tulisan Tere Liye yang menyentuh hati. Dari semua novel Tere Liye yang ada, manakah yang paling Anda sukai?Untuk Anda yang baru mengetahui karya Tere Liye atau rindu ingin membaca ulang novel-novelnya, bacalah artikel ini. Kami akan memberikan rekomendasi sepuluh novel terbaik dari Tere Liye, seperti Pulang, Negeri Para Bedebah, dan Hujan. Sosok Tere Liye dan karyanya juga akan kami bahas lebih mendalam, lho!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Inspiratif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Inspiratif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Inspirasi bisa datang dari mana pun, termasuk novel. Di antara novel-novel inspiratif best seller, tema persahabatan, perjuangan, dan petualangan sering kali menjadi tema utama. Kisah-kisah dengan tema tersebut tidak hanya menghibur Anda, tetapi juga menginspirasi.Sebelum memilih novel inspiratif yang bagus, baca dulu artikel ini. Selain menyajikan tips memilih, kami juga memberikan rekomendasi novel inspiratif terbaik. Beberapa judul yang kami rekomendasikan antara lain Laskar Pelangi, Negeri 5 Menara, dan Second Chance Summer. Baca artikel berikut ini dan temukan novel inspiratif favorit Anda!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karya sastra Indonesia telah muncul sejak zaman kerajaan dan terus berkembang hingga saat ini. Selain memperkenalkan keragaman budaya Indonesia, buku sastra juga mengajak pembaca untuk tenggelam dalam untaian kalimat indah. Alur cerita buku-buku sastra Indonesia sangatlah menarik untuk disimak.Banyaknya buku sastra Indonesia yang ditawarkan pasti membuat Anda bingung dalam memilihnya. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih buku sastra Indonesia yang bagus. Buku sastra Indonesia terbaik, seperti Bumi Manusia, Hujan Bulan Juni, dan Laskar Pelangi ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Terbaik Karya Pramoedya Ananta Toer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Terbaik Karya Pramoedya Ananta Toer (Terbaru Tahun 2022)
    Pramoedya Ananta Toer merupakan salah satu sastrawan kenamaan asli Indonesia. Beliau banyak menciptakan novel yang menceritakan tentang keadaan di Indonesia sejak zaman kemerdekaan hingga zaman reformasi. Beberapa judul novelnya bahkan pernah dilarang terbit karena dianggap mengganggu keamanan negara. Beberapa novel yang ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer adalah Bumi Manusia, Gadis Pantai, dan Arus Balik. Pada artikel kali ini kami akan memberikan Anda beberapa poin penting ketika memilih novel Pramoedya Ananta Toer. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh novel terbaik yang ditulis oleh Pram. Jadi, terus ikuti artikel ini!
    Novel & sastra
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori