• 10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)

Popularitas tanaman merambat terus meningkat saat hunian bergaya minimalis muncul. Selain dijadikan hiasan, tanaman merambat biasanya difungsikan sebagai penyaring udara dan penghalang sinar matahari. Beberapa jenis tanaman merambat bahkan dapat berfungsi sebagai apotek hidup, lho!


Sirih, dolar rambat, dan Syngonium wendlandii merupakan beberapa contoh tanaman merambat yang disukai banyak orang. Jenisnya pun banyak, mulai dari tanaman rambat gantung, rambat dinding, dan rambat hias. Namun, sebelum memutuskan membeli tanaman rambat, ketahui cara memilih tanaman merambat yang bagus, yuk! Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Nickyta Eleonora
  • Pembaharuan terakhir: 09 September 2021
  • 1.475 Views
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek Lanskap, Nickyta Eleonora

Profil pakar: Arsitek Lanskap, Nickyta Eleonora

Nickyta adalah ahli arsitek lanskap yang memiliki pengalaman selama sembilan tahun di dunia lanskap. Beliau mempunyai pengalaman bekerja di konsultan perencana lanskap, antara lain PT Townland International dan PT AECOM Indonesia.


Di Indonesia, Nickyta banyak bekerja untuk perencana lanskap di beberapa developer, antara lain Agung Sedayu, Summarecon Group, Lippo Group, dan lain-lain. Untuk tahu informasi tentang lanskap, beliau bisa disapa melalui Instagram-nya.

Apa keistimewaan tanaman merambat?

Apa keistimewaan tanaman merambat?

Fungsi tanaman merambat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tanaman pot, yakni sebagai penghias rumah dan halaman. Namun, ada beberapa hal yang membuat tanaman merambat lebih istimewa dibandingkan tanaman pot.


Saat merawat tanaman pot, Anda harus rutin mengganti tanahnya. Jika hal itu tidak Anda lakukan, tanaman yang ada di dalam pot bisa kekurangan sumber makanan. Selain itu, Anda juga harus mengganti pot saat tanaman mulai membesar. Nah, saat Anda memelihara tanaman merambat, kegiatan ini tidak perlu dilakukan karena tanaman merambat dapat ditanam langsung di pekarangan.


Selain berfungsi sebagai hiasan, tanaman merambat dapat difungsikan sebagai penghalang panas di beberapa area rumah, contohnya garasi. Anda hanya perlu mengarahkan tanaman merambat supaya tumbuh ke atas atap garasi. Seiring waktu, tanaman tersebut akan merambat dan memenuhi bagian atas atap garasi. Area garasi pun akan berubah menjadi lebih teduh.


Tanaman merambat juga dapat difungsikan sebagai pagar hidup yang membuat halaman lebih sejuk dan indah, lho! Beberapa orang bahkan memfungsikan tanaman merambat yang menjuntai sebagai pembatas ruangan agar lebih privat.

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Tanaman merambat memiliki banyak keistimewaan tersendiri, antara lain

  • dapat mempercantik taman dan dinding;
  • dapat diletakkan pada aksen-aksen vertikal;
  • dapat menyejukkan lingkungan sekitar; dan 
  • dapat berfungsi sebagai peneduh.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tanaman merambat

Memilih tanaman merambat tidak boleh sembarangan. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli tanaman merambat. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Kami sudah menyusun poin-poin yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli tanaman merambat. Silakan simak setiap poinnya dengan saksama!

Kenali jenisnya terlebih dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli tanaman merambat adalah mengenali jenisnya. Secara garis besar, tanaman merambat dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis.

Clinging, memiliki akar di sepanjang batang

Clinging, memiliki akar di sepanjang batang

Tanaman merambat jenis clinging biasanya memiliki akar adventif di bagian batangnya. Akar adventif membuat tanaman merambat jenis clinging bisa menempel pada dinding. Namun, akar tersebut dapat masuk ke celah dinding dan merusak permukaan dinding.


Untuk menghindarinya, Anda sebaiknya menyediakan terali sebagai media tumbuh tanaman. Agar tanaman tidak mudah menempel pada dinding, jangan lupa memberikan jarak antara terali dan dinding. Jarak tersebut juga dapat memudahkan Anda dalam merawat tanaman dan dinding.

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Tanaman merambat berjenis clinging ini biasanya memiliki karakter akar adventif di sepanjang batangnya. Contoh tanaman rambat berjenis clinging antara lain Ficus pumila, English ivy, Ipomea purpurea, sukulen tasbih, dan masih banyak lagi.

Twining, merambat dengan melilitkan batang

Twining, merambat dengan melilitkan batang

Tanaman merambat jenis twining memang tidak memiliki akar adventif. Namun, jenis ini memiliki kemampuan untuk melilitkan batangnya ke sebuah benda. Apabila Anda berniat memelihara tanaman merambat jenis twining, jangan lupa siapkan media pendukung, seperti tiang, tambang, atau terali.


Selain itu, saat Anda membuat media pendukung untuk tanaman merambat jenis twining, jangan lupa memberikan jarak sekitar 1–1,5 meter. Hindari membuat media pendukung yang terlalu rapat karena hal ini akan menjadi penghalang bagi tanaman.

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Tanaman rambat yang berjenis twining ini memiliki karakter melilitkan batangnya. Oleh karena itu diperlukan media sebagai wadah untuk lilitannya, seperti teralis, kisi-kisi, kanopi, dan lain lain. Pilihan tanaman rambat ini antara lain Epipremnum aureum, blue sky vine, bugenvil, dan masih banyak lagi.

Tendrils, memiliki sulur untuk merambat

Tendrils, memiliki sulur untuk merambat

Tanaman merambat jenis tendrils dilengkapi dengan sulur, yakni batang tipis dan fleksibel yang dapat melilit pada suatu benda. Bagian tersebut sekilas memang tampak rapuh, tetapi sebenarnya cukup kuat untuk menopang bobot tanaman.


Sulur yang baru keluar akan tumbuh lurus hingga menemukan sesuatu yang dapat dijadikan pegangan. Setelah menemukan media untuk dipegang, sulur akan melilit benda tersebut dengan kuat. Sulur yang tidak bisa menemukan media untuk dipegang akan melilit batang utamanya. Hal ini dapat menyebabkan tanaman tumbuh berantakan.

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Tanaman merambat yang berjenis tendrils biasanya memiliki sulur untuk merambat. Sulur ini merupakan modifikasi dari daun tumbuhan. Sulur ini akan mendekati dan menjerat penyangga atau media yang digunakan.

Pilih yang rutin berbunga atau jarang berbunga

Saat Anda memilih tanaman merambat, Anda akan menemukan tanaman merambat yang rutin berbunga dan jarang berbunga. Untuk itu, Anda dapat memilih yang sesuai dengan selera.

Tanaman merambat yang rutin berbunga, dapat memperindah pagar

Tanaman merambat yang rutin berbunga, dapat memperindah pagar

Tanaman merambat yang rutin berbunga biasanya memiliki waktu khusus untuk berbunga. Dalam satu tahun, tanaman merambat ini akan berbunga satu kali atau beberapa kali. Pada umumnya, tanaman merambat yang rutin berbunga ditanam di dekat pagar. Saat musim berbunga tiba, bunganya akan membuat pagar terlihat lebih indah.


Salah satu tanaman merambat yang rutin berbunga adalah morning glory. Tanaman merambat tersebut memiliki bunga dengan beragam warna mulai dari biru, ungu, merah muda, hingga putih. Ada juga morning glory yang memiliki bunga dengan dua warna. 

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Tanaman merambat banyak yang memiliki bunga sehingga dapat dijadikan suatu aksen pagar. Anda bisa memilih tanaman merambat untuk aksen pagar, seperti alamanda, bugenvil, melati belanda, dan lain-lain.

Tanaman merambat yang jarang berbunga, dapat memperindah dinding

Tanaman merambat yang jarang berbunga, dapat memperindah dinding

Beberapa jenis tanaman merambat jarang berbunga. Saking jarangnya, beberapa orang sering menganggap tanaman merambat tersebut tidak memiliki bunga. Daun dolar adalah salah satu tanaman merambat yang jarang berbunga. Meski begitu, beberapa orang tetap memelihara tanaman merambat ini untuk dijadikan hiasan dinding.


Jika Anda berniat menghias dinding menggunakan tanaman merambat yang jarang berbunga, pastikan dindingnya sudah diplester dengan baik. Dinding yang sudah diplester lebih minim mengalami kerusakan dibandingkan dinding yang belum diplester

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Tanaman rambat yang tidak berbunga pun tak kalah indahnya. Anda dapat meletakkannya sebagai aksentuasi pada dinding.

Ketahui cara merawatnya

Ketahui cara merawatnya

Setiap tanaman merambat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Jadi, sebelum Anda membeli tanaman merambat, jangan lupa untuk mencari tahu cara merawatnya. Tanaman merambat Clematis jackmanii, misalnya, harus disiram 2–3 kali dalam satu minggu. Namun, tanaman merambat ini harus disiram lebih sering saat ditanam di area yang mudah kering.


Selain waktu penyiraman, Anda pun harus memperhatikan waktu pemangkasannya. Beberapa tanaman merambat harus dipangkas satu bulan sekali. Namun, ada juga tanaman merambat yang hanya perlu dipangkas satu tahun sekali. Jika hal itu tidak Anda perhatikan, tanaman merambat akan tumbuh tak beraturan dan membuat rumah terlihat berantakan.

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Sebelum menanam, Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat tanaman merambat tersebut. Berikut ini cara merawat tanaman merambat.

  1. Sering dipangkas. Sering memangkas tanaman merambat dapat merangsang pertumbuhan tunas baru. Cara pemangkasannya pun tidak sembarangan. Pangkaslah batang pada bagian samping, bukan pada bagian batang utama. Batang utama merupakan batang yang dapat menumbuhkan tunas baru.
  2. Beri pupuk secara berkala agar asupan nutrisi tanaman terjamin.
  3. Sebaiknya lakukan karantina terlebih dahulu di ruangan teduh sebagai penyesuaian suhu lingkungan.
  4. Siram sesekali semasa karantina agar tanah tidak gersang. Apabila dalam waktu dua minggu sudah membaik, baru dapat dipindahkan ke tempat yang sesuai.
  5. Sebaiknya tanaman merambat mendapat asupan sinar matahari yang baik. Hal ini dapat memengaruhi warna daun dan intensitas bunga yang lebih baik.

Perhatikan lokasi penjualnya

Perhatikan lokasi penjualnya

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat membeli tanaman merambat adalah lokasi penjualnya. Pilihlah penjual yang jarak lokasinya tidak terlalu jauh dengan lokasi rumah Anda. Jika jaraknya terlalu jauh, tanaman lebih berisiko untuk mati atau rusak selama di perjalanan. Selain itu, pastikan juga pihak penjual memiliki layanan pengiriman ekspres. Jadi, tanaman yang Anda pesan tidak terlalu lama berada di jalan.

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Perhatikan lokasi penjual serta karakteristik dari tanaman tersebut. Pilih lokasi penjual yang tidak terlalu jauh untuk menghindari perbedaan iklim yang ekstrem. Dengan demikian, tanaman tidak memerlukan proses penyesuaian yang sulit.

10 Rekomendasi tanaman merambat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tanaman merambat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nickyta Eleonora.

10
JenisTwining
BerbungaRutin
PerawatanPenyiraman: setiap hari・Pemangkasan: dua kali dalam satu tahun
9
JenisClinging
BerbungaJarang
PerawatanPenyiraman: tiga kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan saat tanaman sudah rimbun
8
JenisTwining
BerbungaRutin
PerawatanPenyiraman: 1–2 kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan saat tanaman sudah rimbun
7
JenisTendrils
BerbungaRutin
PerawatanPenyiraman: 2–3 kali seminggu・Pemangkasan: satu tahun sekali
6
JenisClinging
BerbungaJarang
PerawatanPenyiraman: 2–3 kali seminggu・Pemangkasan: satu bulan sekali
5
JenisTwining
BerbungaRutin
PerawatanPenyiraman: tiga kali seminggu・Pemangkasan: satu tahun sekali
4
JenisClinging
BerbungaJarang
PerawatanPenyiraman: 1–2 kali sehari・Pemangkasan: dilakukan saat tanaman sudah rimbun
3
JenisClinging
BerbungaJarang
PerawatanPenyiraman: satu kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan sesuai kebutuhan
2
JenisTendrils
BerbungaRutin
PerawatanPenyiraman: setiap hari・Pemangkasan: dilakukan setelah musim berbunga selesai
1
JenisClinging
BerbungaJarang
PerawatanPenyiraman: satu kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan sesuai kebutuhan

Tabel perbandingan produk tanaman merambat terbaik

Gambar produk
1
Monstera adansonii 1

2
Garlic Vine 1

3
Sirih Gading 1

4
Sirih Merah 1

5
Mandevilla Merah 1

6
Dolar Rambat Besar 1

7
Air Mata Pengantin 1

8
Morning Glory 1

9
Syngonium wendlandii 1

10
Alamanda Kuning 1

Nama produk

Monstera adansonii

Garlic Vine

Sirih Gading

Sirih Merah

Mandevilla Merah

Dolar Rambat Besar

Air Mata Pengantin

Morning Glory

Syngonium wendlandii

Alamanda Kuning

Keunggulan

Daunnya unik, membuat rumah terlihat makin estetis

Percantik pagar halaman dengan tanaman berbunga keunguan ini

Udara jadi bersih, ruangan pun jadi indah

Sirih merah, tanaman merambat yang dapat dijadikan apotek hidup!

Bunganya indah, perawatannya pun mudah

Daunnya rapi, cocok dijadikan hiasan dinding

Halaman lebih indah dan sejuk berkat tanaman berbunga merah muda ini

Tanaman merambat ini dapat dijadikan atap kanopi

Hiasi sudut taman dengan tanaman bercorak putih ini

Tanaman ini senang dengan cahaya matahari dan hujan

Harga mulai dariRp 15.000,00Rp 10.000,00Rp 1.500,00Rp 8.000,00Rp 35.000,00Rp 3.000,00Rp 7.000,00Rp 30.000,00Rp 5.000,00Rp 15.000,00
JenisClingingTendrilsClingingClingingTwiningClingingTendrilsTwiningClingingTwining
BerbungaJarangRutinJarangJarangRutinJarangRutinRutinJarangRutin
PerawatanPenyiraman: satu kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan sesuai kebutuhanPenyiraman: setiap hari・Pemangkasan: dilakukan setelah musim berbunga selesaiPenyiraman: satu kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan sesuai kebutuhanPenyiraman: 1–2 kali sehari・Pemangkasan: dilakukan saat tanaman sudah rimbunPenyiraman: tiga kali seminggu・Pemangkasan: satu tahun sekaliPenyiraman: 2–3 kali seminggu・Pemangkasan: satu bulan sekaliPenyiraman: 2–3 kali seminggu・Pemangkasan: satu tahun sekaliPenyiraman: 1–2 kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan saat tanaman sudah rimbunPenyiraman: tiga kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan saat tanaman sudah rimbunPenyiraman: setiap hari・Pemangkasan: dua kali dalam satu tahun
Tautan produk

Baca juga rekomendasi tanaman lainnya di sini

Bagaimana rekomendasi tanaman merambat yang kami berikan? Apakah ada tanaman yang cocok untuk ditanam di halaman Anda? Selain tanaman merambat, kami juga memiliki informasi mengenai tanaman hias yang mudah dirawat. Rekomendasi produk tanaman hias untuk indoor dan tanaman pengusir nyamuk pun ada. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai tanaman tersebut, silakan klik tautan yang ada di bawah.

Kesimpulan

Tanaman merambat ternyata tak kalah beragam dengan tanaman hias jenis lainnya. Bunganya juga tak kalah bagus dengan bunga hias pada umumnya. Jika Anda tertarik membeli tanaman merambat, jangan lupa untuk mengingat poin-poin yang sudah kami jabarkan sebelumnya.


Saat memilih tanaman merambat, pertimbangkan pula proses perawatannya dengan waktu yang Anda miliki. Jadi, tanamannya dapat tumbuh subur dengan maksimal. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu benda yang sangat dibutuhkan saat Anda ingin mengeringkan pakaian adalah jepitan jemuran. Dengan menggunakan jepitan jemuran yang tepat, mengeringkan pakaian pun akan menjadi lebih praktis dan menyenangkan.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih jepitan jemuran serta merekomendasikan produk-produk terbaik. Di antaranya adalah keluaran Ikea, Lion Star, dan Maspion. Perhatikan masing-masing keunggulan produk, dan temukan jepitan jemuran yang cocok untuk Anda!
    Kebun & luar ruangan
    3.038 Views
  • 10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hidup di kota besar yang penuh hiruk pikuk tentu mudah membuat Anda stres. Dengan berayun santai menggunakan kursi buaian gantung atau hammock chair, pikiran Anda pun dapat disegarkan kembali. Saat ini, tersedia berbagai jenis kursi gantung untuk indoor maupun outdoor yang dapat Anda nikmati bersama keluarga.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi hammock chair terbaik. Dengan begitu, Anda pun semakin mudah menemukan produk yang tepat. Anda akan menemukan beragam hammock chair berkualitas dalam artikel ini. Silakan disimak!
    Kebun & luar ruangan
    2.247 Views
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Tanaman hias yang mudah dirawat, seperti sikas dan Monstera, sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang bagus dan sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini, terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?
    Kebun & luar ruangan
    41.569 Views
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    8.724 Views
  • 10 Rekomendasi Rumput Sintetis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rumput Sintetis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rumput sintetis adalah kumpulan serat plastik yang berbentuk seperti rumput alami. Produk ini bisa dipakai dalam lingkungan outdoor ataupun indoor untuk membuat rumah terlihat lebih indah. Anda bisa menemukan karpet rumput sintetis dengan tipe, ukuran, dan harga yang beragam di pasaran.Di artikel ini, kami akan berbagi cara memilih rumput sintetis yang bagus. Anda juga bisa pertimbangkan sepuluh produk rekomendasi kami untuk mendekorasi taman ataupun aquarium Anda. Sumara Artificial, Fantasy, dan merk terkenal lainnya tentu hadir dalam daftar kami. Yuk, baca artikelnya dan temukan rumput sintetis terbaik untuk rumah Anda!
    Kebun & luar ruangan
    1.512 Views
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Media tanam adalah campuran bahan organik dan anorganik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sebuah tanaman. Selain menutrisi, media tanam juga membantu formasi akar serta menampung udara dan air di dalamnya. Anda bisa meraciknya sendiri ataupun membeli produk media tanam siap pakai.Pemilihan media tanam penting karena produk yang salah dapat membuat tanaman cepat busuk atau gagal berbuah. Kami akan memberi tips cara memilih media tanam yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk dari merek terkenal, seperti Klasmann, Trubus, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    1.756 Views
  • 10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang suka berkebun, gunting tanaman merupakan alat yang wajib dimiliki. Gunting ini biasanya dipakai untuk memangkas dahan tanaman agar terlihat lebih rapi sekaligus untuk menjaga kesehatannya. Berbagai jenis gunting tanaman dijual di pasaran, dari yang kecil hingga yang besar.Jika Anda merasa bingung, simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih gunting tanaman yang bagus. Kami juga akan menghadirkan sepuluh produk gunting tanaman dari Krisbow, Tekiro, Hasston Prohex, dan merk terkenal lainnya. Simak artikel ini sampai akhir dan temukan gunting tanaman yang pas untuk kebutuhan Anda!
    Kebun & luar ruangan
    2.678 Views
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    6.325 Views
  • 10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara memperindah rumah adalah menghiasinya dengan tanaman. Anda bisa memulai dengan merawat tanaman hias gantung, tanaman hias daun, keladi, atau bunga. Merawat tanaman tidak hanya membuat rumah asri, tetapi juga bisa sebagai pelepas stres.Kami akan mengulas bibit tanaman hias yang bagus untuk ditanam di rumah, baik untuk indoor maupun outdoor. Tanaman tersebut di antaranya adalah Monstera, janda bolong, atau sirih gading. Sebelum membaca lebih lanjut, bacalah dahulu tips memilih merek tanaman hias yang cocok ditanam di rumah Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii.
    Kebun & luar ruangan
    282 Views
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    3.599 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    6.325 Views
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    190.531 Views
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    8.724 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    38.791 Views
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    3.599 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
    23.930 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda mengalami masalah kesehatan, seperti demam, batuk, atau pilek, jangan langsung mengonsumsi obat-obatan kimia. Cobalah untuk mengganti obat tersebut dengan ekstrak tanaman herbal yang lebih alami. Tanaman herbal adalah tanaman yang mengandung zat aktif yang berguna untuk pengobatan.Kali ini, kami akan memberitahu tips memilih tanaman herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan Anda. Ulasan mengenai rekomendasi tanaman herbal terbaik, seperti jahe, jeruk nipis, dan lidah buaya juga akan kami bagikan. Jangan lewatkan artikel berikut, ya.
    Kebun & luar ruangan
    503 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori