• 10 Rekomendasi Tanaman Merambat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tanaman Merambat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tanaman Merambat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tanaman Merambat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tanaman Merambat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tanaman Merambat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Popularitas tanaman merambat terus meningkat saat hunian bergaya minimalis muncul. Selain dijadikan hiasan, tanaman merambat biasanya difungsikan sebagai penyaring udara dan penghalang sinar matahari. Beberapa jenis tanaman merambat bahkan dapat berfungsi sebagai apotek hidup, lho!


Sirih, dolar rambat, dan Syngonium wendlandii merupakan beberapa contoh tanaman merambat yang disukai banyak orang. Jenisnya pun banyak, mulai dari tanaman rambat gantung, rambat dinding, dan rambat hias. Namun, sebelum memutuskan membeli tanaman rambat, ketahui cara memilih tanaman merambat terbaik, yuk!

  • Pembaharuan terakhir: 05 Januari 2021
  • 658 Views
Daftar isi

Apa keistimewaan tanaman merambat?

Apa keistimewaan tanaman merambat?

Fungsi tanaman merambat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tanaman pot, yakni sebagai penghias rumah dan halaman. Namun, ada beberapa hal yang membuat tanaman merambat lebih istimewa dibandingkan tanaman pot.


Saat merawat tanaman pot, Anda harus rutin mengganti tanahnya. Jika hal itu tidak Anda lakukan, tanaman yang ada di dalam pot bisa kekurangan sumber makanan. Selain itu, Anda juga harus mengganti pot saat tanaman mulai membesar. Nah, saat Anda memelihara tanaman merambat, kegiatan ini tidak perlu dilakukan karena tanaman merambat dapat ditanam langsung di pekarangan.


Selain berfungsi sebagai hiasan, tanaman merambat dapat difungsikan sebagai penghalang panas di beberapa area rumah, contohnya garasi. Anda hanya perlu mengarahkan tanaman merambat supaya tumbuh ke atas atap garasi. Seiring waktu, tanaman tersebut akan merambat dan memenuhi bagian atas atap garasi. Area garasi pun akan berubah menjadi lebih teduh.


Tanaman merambat juga dapat difungsikan sebagai pagar hidup yang membuat halaman lebih sejuk dan indah, lho! Beberapa orang bahkan memfungsikan tanaman merambat yang menjuntai sebagai pembatas ruangan agar lebih privat.

Cara memilih tanaman merambat

Memilih tanaman merambat tidak boleh sembarangan. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli tanaman merambat. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Kami sudah menyusun poin-poin yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli tanaman merambat. Silakan simak setiap poinnya dengan saksama!

Kenali jenisnya terlebih dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli tanaman merambat adalah mengenali jenisnya. Secara garis besar, tanaman merambat dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis.

Clinging, memiliki akar di sepanjang batang

Clinging, memiliki akar di sepanjang batang

Tanaman merambat jenis clinging biasanya memiliki akar adventif di bagian batangnya. Akar adventif membuat tanaman merambat jenis clinging bisa menempel pada dinding. Namun, akar tersebut dapat masuk ke celah dinding dan merusak permukaan dinding.


Untuk menghindarinya, Anda sebaiknya menyediakan terali sebagai media tumbuh tanaman. Agar tanaman tidak mudah menempel pada dinding, jangan lupa memberikan jarak antara terali dan dinding. Jarak tersebut juga dapat memudahkan Anda dalam merawat tanaman dan dinding.

Twining, merambat dengan melilitkan batang

Twining, merambat dengan melilitkan batang

Tanaman merambat jenis twining memang tidak memiliki akar adventif. Namun, jenis ini memiliki kemampuan untuk melilitkan batangnya ke sebuah benda. Apabila Anda berniat memelihara tanaman merambat jenis twining, jangan lupa siapkan media pendukung, seperti tiang, tambang, atau terali.


Selain itu, saat Anda membuat media pendukung untuk tanaman merambat jenis twining, jangan lupa memberikan jarak sekitar 1–1,5 meter. Hindari membuat media pendukung yang terlalu rapat karena hal ini akan menjadi penghalang bagi tanaman.

Tendrils, memiliki sulur untuk merambat

Tendrils, memiliki sulur untuk merambat

Tanaman merambat jenis tendrils dilengkapi dengan sulur, yakni batang tipis dan fleksibel yang dapat melilit pada suatu benda. Bagian tersebut sekilas memang tampak rapuh, tetapi sebenarnya cukup kuat untuk menopang bobot tanaman.


Sulur yang baru keluar akan tumbuh lurus hingga menemukan sesuatu yang dapat dijadikan pegangan. Setelah menemukan media untuk dipegang, sulur akan melilit benda tersebut dengan kuat. Sulur yang tidak bisa menemukan media untuk dipegang akan melilit batang utamanya. Hal ini dapat menyebabkan tanaman tubuh berantakan.

Pilih yang rutin berbunga atau jarang berbunga

Saat Anda memilih tanaman merambat, Anda akan menemukan tanaman merambat yang rutin berbunga dan jarang berbunga. Untuk itu, Anda dapat memilih yang sesuai dengan selera.

Tanaman merambat yang rutin berbunga, dapat memperindah pagar

Tanaman merambat yang rutin berbunga, dapat memperindah pagar

Tanaman merambat yang rutin berbunga biasanya memiliki waktu khusus untuk berbunga. Dalam satu tahun, tanaman merambat ini akan berbunga satu kali atau beberapa kali. Pada umumnya, tanaman merambat yang rutin berbunga ditanam di dekat pagar. Saat musim berbunga tiba, bunganya akan membuat pagar terlihat lebih indah.


Salah satu tanaman merambat yang rutin berbunga adalah morning glory. Tanaman merambat tersebut memiliki bunga dengan beragam warna mulai dari biru, ungu, merah muda, hingga putih. Ada juga morning glory yang memiliki bunga dengan dua warna. 

Tanaman merambat yang jarang berbunga, dapat memperindah dinding

Tanaman merambat yang jarang berbunga, dapat memperindah dinding

Beberapa jenis tanaman merambat jarang berbunga. Saking jarangnya, beberapa orang sering menganggap tanaman merambat tersebut tidak memiliki bunga. Daun dolar adalah salah satu tanaman merambat yang jarang berbunga. Meski begitu, beberapa orang tetap memelihara tanaman merambat ini untuk dijadikan hiasan dinding.


Jika Anda berniat menghias dinding menggunakan tanaman merambat yang jarang berbunga, pastikan dindingnya sudah diplester dengan baik. Dinding yang sudah diplester lebih minim mengalami kerusakan dibandingkan dinding yang belum diplester. 

Ketahui cara merawatnya

Ketahui cara merawatnya

Setiap tanaman merambat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Jadi, sebelum Anda membeli tanaman merambat, jangan lupa untuk mencari tahu cara merawatnya. Tanaman merambat Clematis jackmanii, misalnya, harus disiram 2–3 kali dalam satu minggu. Namun, tanaman merambat ini harus disiram lebih sering saat ditanam di area yang mudah kering.


Selain waktu penyiraman, Anda pun harus memperhatikan waktu pemangkasannya. Beberapa tanaman merambat harus dipangkas satu bulan sekali. Namun, ada juga tanaman merambat yang hanya perlu dipangkas satu tahun sekali. Jika hal itu tidak Anda perhatikan, tanaman merambat akan tumbuh tak beraturan dan membuat rumah terlihat berantakan.

Perhatikan lokasi penjualnya

Perhatikan lokasi penjualnya

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat membeli tanaman merambat adalah lokasi penjualnya. Pilihlah penjual yang jarak lokasinya tidak terlalu jauh dengan lokasi rumah Anda. Jika jaraknya terlalu jauh, tanaman lebih berisiko untuk mati atau rusak selama di perjalanan. Selain itu, pastikan juga pihak penjual memiliki layanan pengiriman ekspres. Jadi, tanaman yang Anda pesan tidak terlalu lama berada di jalan.

10 Rekomendasi tanaman merambat terbaik

Kami sudah menjabarkan poin-poin yang harus diperhatikan sebelum membeli tanaman merambat. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan beberapa tanaman merambat untuk Anda. Silakan Anda lihat satu per satu dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

10
JenisTwining
BerbungaRutin
PerawatanPenyiraman: setiap hari・Pemangkasan: dua kali dalam satu tahun
9
JenisClinging
BerbungaJarang
PerawatanPenyiraman: tiga kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan saat tanaman sudah rimbun
8
JenisTwining
BerbungaRutin
PerawatanPenyiraman: 1–2 kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan saat tanaman sudah rimbun
7
JenisTendrils
BerbungaRutin
PerawatanPenyiraman: 2–3 kali seminggu・Pemangkasan: satu tahun sekali
6
JenisClinging
BerbungaJarang
PerawatanPenyiraman: 2–3 kali seminggu・Pemangkasan: satu bulan sekali
5
JenisTwining
BerbungaRutin
PerawatanPenyiraman: tiga kali seminggu・Pemangkasan: satu tahun sekali
4
JenisClinging
BerbungaJarang
PerawatanPenyiraman: 1–2 kali sehari・Pemangkasan: dilakukan saat tanaman sudah rimbun
3
JenisClinging
BerbungaJarang
PerawatanPenyiraman: satu kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan sesuai kebutuhan
2
JenisTendrils
BerbungaRutin
PerawatanPenyiraman: setiap hari・Pemangkasan: dilakukan setelah musim berbunga selesai
1
JenisClinging
BerbungaJarang
PerawatanPenyiraman: satu kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan sesuai kebutuhan

Tabel perbandingan produk tanaman merambat terbaik

Gambar produk
1
Monstera adansonii 1

2
Garlic Vine 1

3
Sirih Gading 1

4
Sirih Merah 1

5
Mandevilla Merah 1

6
Dolar Rambat Besar 1

7
Air Mata Pengantin 1

8
Morning Glory 1

9
Syngonium wendlandii 1

10
Alamanda Kuning 1

Nama produk

Monstera adansonii

Garlic Vine

Sirih Gading

Sirih Merah

Mandevilla Merah

Dolar Rambat Besar

Air Mata Pengantin

Morning Glory

Syngonium wendlandii

Alamanda Kuning

Keunggulan

Daunnya unik, membuat rumah terlihat makin estetis

Percantik pagar halaman dengan tanaman berbunga keunguan ini

Udara jadi bersih, ruangan pun jadi indah

Sirih merah, tanaman merambat yang dapat dijadikan apotek hidup!

Bunganya indah, perawatannya pun mudah

Daunnya rapi, cocok dijadikan hiasan dinding

Halaman lebih indah dan sejuk berkat tanaman berbunga merah muda ini

Tanaman merambat ini dapat dijadikan atap kanopi

Hiasi sudut taman dengan tanaman bercorak putih ini

Tanaman ini senang dengan cahaya matahari dan hujan

Harga mulai dariRp 15.000,00Rp 10.000,00Rp 1.500,00Rp 8.000,00Rp 35.000,00Rp 3.000,00Rp 7.000,00Rp 30.000,00Rp 5.000,00Rp 15.000,00
JenisClingingTendrilsClingingClingingTwiningClingingTendrilsTwiningClingingTwining
BerbungaJarangRutinJarangJarangRutinJarangRutinRutinJarangRutin
PerawatanPenyiraman: satu kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan sesuai kebutuhanPenyiraman: setiap hari・Pemangkasan: dilakukan setelah musim berbunga selesaiPenyiraman: satu kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan sesuai kebutuhanPenyiraman: 1–2 kali sehari・Pemangkasan: dilakukan saat tanaman sudah rimbunPenyiraman: tiga kali seminggu・Pemangkasan: satu tahun sekaliPenyiraman: 2–3 kali seminggu・Pemangkasan: satu bulan sekaliPenyiraman: 2–3 kali seminggu・Pemangkasan: satu tahun sekaliPenyiraman: 1–2 kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan saat tanaman sudah rimbunPenyiraman: tiga kali seminggu・Pemangkasan: dilakukan saat tanaman sudah rimbunPenyiraman: setiap hari・Pemangkasan: dua kali dalam satu tahun
Tautan produk

Baca juga rekomendasi tanaman lainnya di sini

Bagaimana rekomendasi tanaman merambat yang kami berikan? Apakah ada tanaman yang cocok untuk ditanam di halaman Anda? Selain tanaman merambat, kami juga memiliki informasi mengenai tanaman hias yang mudah dirawat. Rekomendasi produk tanaman hias untuk indoor dan tanaman pengusir nyamuk pun ada. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai tanaman tersebut, silakan klik tautan yang ada di bawah.

Kesimpulan

Tanaman merambat ternyata tak kalah beragam dengan tanaman hias jenis lainnya. Bunganya juga tak kalah bagus dengan bunga hias pada umumnya. Jika Anda tertarik membeli tanaman merambat, jangan lupa untuk mengingat poin-poin yang sudah kami jabarkan sebelumnya.


Saat memilih tanaman merambat, pertimbangkan pula proses perawatannya dengan waktu yang Anda miliki. Jadi, tanamannya dapat tumbuh subur dengan maksimal. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gantungan jemuran adalah benda yang pasti selalu tersedia di semua rumah. Gantungan ini digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci. Meskipun produk ini sederhana, Anda bisa saja kebingungan saat memilih karena banyaknya jenis yang tersedia.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih dan memberikan rekomendasi gantungan jemuran terbaik kepada Anda. Semua produk rekomendasi telah kami pilih dengan saksama berdasarkan fitur dan manfaatnya. Produk dari IKEA dan Smart Frog juga tak lupa kami ulas. Silakan simak artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
    3.284 Views
  • 10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jemuran baju merupakan barang yang mudah ditemukan di tiap rumah. Dengan menggunakan jemuran baju, Anda bisa mengeringkan beragam cucian tanpa memakan banyak tempat. Meski begitu, ada juga orang yang merasa tidak puas terhadap produk jemuran baju pilihannya karena berbagai faktor.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih jemuran baju kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi jemuran baju terbaik, seperti merek IKEA, LIVEO, dan Krisbrow. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai jemuran baju dengan ukuran, harga, bentuk, dan spesifikasi berbeda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    42.568 Views
  • 10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu benda yang sangat dibutuhkan saat Anda ingin mengeringkan pakaian adalah jepitan jemuran. Dengan menggunakan jepitan jemuran yang tepat, mengeringkan pakaian pun akan menjadi lebih praktis dan menyenangkan.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih jepitan jemuran serta merekomendasikan produk-produk terbaik. Di antaranya adalah keluaran Ikea, Lion Star, dan Maspion. Perhatikan masing-masing keunggulan produk, dan temukan jepitan jemuran yang cocok untuk Anda!
    Kebun & luar ruangan
    2.240 Views
  • 10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan pot tanaman gantung akan membuat bunga dan tanaman hias Anda terkesan lebih stylish. Selain itu, suasana di ruangan pun menjadi semakin cozy. Penggunaan pot tanaman gantung juga akan membantu Anda memajang bermacam-macam bunga dan tanaman.Berbagai variasi pot tanaman gantung tersedia di pasaran saat ini. Untuk membantu Anda memilih pot tanaman gantung yang chic dan praktis, simaklah ulasan berikut ini sampai tuntas. Kami juga akan merekomendasikan pot tanaman gantung berkualitas keluaran IKEA dan sebagainya untuk Anda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    14.814 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
    63.459 Views
  • 10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hidup di kota besar yang penuh hiruk pikuk tentu mudah membuat Anda stres. Dengan berayun santai menggunakan kursi buaian gantung atau hammock chair, pikiran Anda pun dapat disegarkan kembali. Saat ini, tersedia berbagai jenis kursi gantung untuk indoor maupun outdoor yang dapat Anda nikmati bersama keluarga.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi hammock chair terbaik. Dengan begitu, Anda pun semakin mudah menemukan produk yang tepat. Anda akan menemukan beragam hammock chair berkualitas dalam artikel ini. Silakan disimak!
    Kebun & luar ruangan
    1.770 Views
  • 10 Rekomendasi Keset Terbaik untuk di Luar Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Keset Terbaik untuk di Luar Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    Keset yang biasa diletakkan di depan pintu masuk memiliki manfaat antara lain untuk menghilangkan kotoran dan debu dari alas kaki. Jika keset tersebut serasi dengan ornamen lain seperti tanaman hias di sekitar pintu, rumah Anda akan terlihat lebih menarik.Kali ini, kami akan membantu Anda memilih keset untuk di luar rumah. Selain berfungsi sebagai pengesat alas kaki, keset ini dapat juga melengkapi interior bagian depan rumah. Kami akan mengulas keset dari merek IKEA, Krisbow, Bagus, dan lainnya di bawah ini. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Kebun & luar ruangan
    4.038 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Dewasa ini, mesin potong rumput tersedia dalam berbagai tipe seperti manual dan elektrik. Untuk mata pisaunya juga berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Dengan banyaknya pilihan, Anda pun memiliki lebih banyak opsi dan bisa mencari produk terbaik dari yang terbaik. Silakan mempertimbangkan merek Tasco, Krisbow, dan BOSCH yang sudah terbukti performanya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan dan harga. Jangan sampai sudah ngebet ingin membeli, tetapi tidak ada bujet lagi! Untuk itu, simaklah artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
    14.828 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Janda Bolong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Janda Bolong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Belakangan ini, masyarakat sedang dihebohkan dengan tanaman hias bernama janda bolong. Sebenarnya, nama tanaman ini sudah mulai naik dari 2018. Namun, puncak kehebohannya bisa dibilang baru mulai akhir-akhir ini. Harganya bahkan bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah di pasaran. Lalu, apa sebenarnya tanaman janda bolong itu?Agar Anda bisa membedakan jenis tanaman janda bolong, kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Beberapa jenis tanaman janda bolong, seperti Monstera adansonii, Monstera borsigiana, dan Monstera deliciosa juga ada di rekomendasinya. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak kelewatan!
    Kebun & luar ruangan
    3.617 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda mengalami masalah kesehatan, seperti demam, batuk, atau pilek, jangan langsung mengonsumsi obat-obatan kimia. Cobalah untuk mengganti obat tersebut dengan ekstrak tanaman herbal yang lebih alami. Tanaman herbal adalah tanaman yang mengandung zat aktif yang berguna untuk pengobatan.Kali ini, kami akan memberitahu tips memilih tanaman herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan Anda. Ulasan mengenai rekomendasi tanaman herbal terbaik, seperti jahe, jeruk nipis, dan lidah buaya juga akan kami bagikan. Jangan lewatkan artikel berikut, ya.
    Kebun & luar ruangan
    210 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    166.966 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
    63.459 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    27.502 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2020)
    Tanaman hias yang mudah dirawat seperti sikas dan monstera sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini, terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?
    Kebun & luar ruangan
    36.238 Views
  • 10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jemuran baju merupakan barang yang mudah ditemukan di tiap rumah. Dengan menggunakan jemuran baju, Anda bisa mengeringkan beragam cucian tanpa memakan banyak tempat. Meski begitu, ada juga orang yang merasa tidak puas terhadap produk jemuran baju pilihannya karena berbagai faktor.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih jemuran baju kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi jemuran baju terbaik, seperti merek IKEA, LIVEO, dan Krisbrow. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai jemuran baju dengan ukuran, harga, bentuk, dan spesifikasi berbeda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    42.568 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Dewasa ini, mesin potong rumput tersedia dalam berbagai tipe seperti manual dan elektrik. Untuk mata pisaunya juga berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Dengan banyaknya pilihan, Anda pun memiliki lebih banyak opsi dan bisa mencari produk terbaik dari yang terbaik. Silakan mempertimbangkan merek Tasco, Krisbow, dan BOSCH yang sudah terbukti performanya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan dan harga. Jangan sampai sudah ngebet ingin membeli, tetapi tidak ada bujet lagi! Untuk itu, simaklah artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
    14.828 Views
  • 10 Rekomendasi Keset Terbaik untuk di Luar Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Keset Terbaik untuk di Luar Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    Keset yang biasa diletakkan di depan pintu masuk memiliki manfaat antara lain untuk menghilangkan kotoran dan debu dari alas kaki. Jika keset tersebut serasi dengan ornamen lain seperti tanaman hias di sekitar pintu, rumah Anda akan terlihat lebih menarik.Kali ini, kami akan membantu Anda memilih keset untuk di luar rumah. Selain berfungsi sebagai pengesat alas kaki, keset ini dapat juga melengkapi interior bagian depan rumah. Kami akan mengulas keset dari merek IKEA, Krisbow, Bagus, dan lainnya di bawah ini. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Kebun & luar ruangan
    4.038 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori