1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan instan
  6. >
  7. 10 Merk Puding Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Puding Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Puding Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Puding Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Puding Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Puding Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Puding Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Puding adalah makanan penutup bertekstur kenyal yang disukai oleh semua kalangan, baik orang dewasa, anak-anak, maupun bayi. Rasa puding yang manis dan berwarna-warni sangat menarik hati untuk segera dinikmati. Namun, membuat puding sendiri tentu merepotkan karena membutuhkan banyak bahan.


Untungnya, kini hadir puding instan yang mudah dibuat, serta memiliki rasa enak. Terdapat beberapa merek puding instan yang enak seperti Nutrijell, Haan, dan Pondan. Ada yang rasa cokelat, mangga, hingga stroberi. Harganya pun bervariasi. Nah, kali ini kami akan membantu Anda mencari puding instan terenak untuk disantap. Yuk, disimak!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Perbedaan puding, agar-agar, dan jeli

Perbedaan puding, agar-agar, dan jeli

Jika dilihat sekilas, bentuk jeli, agar-agar, dan puding memang tampak mirip. Ketiganya adalah makanan penutup yang sama-sama kaya serat. Namun, ternyata ketiga makanan tersebut berbeda dari segi tekstur dan bahan bakunya.


Jeli menggunakan bahan dasar umbi iles-iles atau konyaku. Tak heran jika tekstur jeli biasanya padat dan kenyal. Di sisi lain, bahan utama agar-agar adalah ekstrak rumput laut sehingga menghasilkan tekstur yang berbeda dengan jeli. Saat menyantap agar-agar, Anda akan merasakan tekstur yang lebih renyah.


Sementara itu, puding adalah campuran agar-agar yang diberi tambahan telur, susu, dan tepung pati. Tekstur yang didapatkan dari puding jauh lebih lembut dibandingkan agar-agar dan jeli. Karena itu, puding selalu menjadi makanan yang digemari orang dewasa, anak-anak, dan bayi.

Cara memilih puding instan

Pada bagian ini, kami akan mulai menjabarkan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli puding instan. Seperti diketahui, ada beragam merek puding instan yang enak di pasaran. Oleh sebab itu, mari simak penjelasan kami untuk menghindari kesalahan dalam memilih produk.

① Perhatikan komposisi bahannya

Perhatikan komposisi bahannya

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membeli puding instan adalah mencermati komposisi bahan yang terkandung di dalamnya. Ya, meski secara tampilan terlihat sama, ternyata kandungan bubuk puding instan pada setiap merek tidaklah sama.


Berikut ini adalah beberapa jenis komposisi bahan pada produk puding instan:

  • Tanpa gula dan susu

Di pasaran, ada beberapa produk puding instan yang tidak mengandung gula dan susu. Untuk jenis puding seperti ini, Anda perlu menambahkan gula atau susu sendiri. Walau terkesan repot, Anda dapat menakar bahan tambahan sesuai selera.


  • Dengan gula dan susu

Ada pula puding instan yang sudah dilengkapi dengan gula dan susu sehingga Anda hanya perlu menambahkan air saja. Puding seperti ini tentu lebih praktis. Anda tidak perlu repot-repot menakar dan menambahkan gula atau susu sendiri. Jika Anda menginginkan rasa yang lebih manis dan kenyal, Anda bisa menambahkan beberapa sendok gula atau susu.


  • Puding instan untuk bayi dan anak

Jika Anda berencana memberikan puding instan untuk bayi atau anak-anak, Anda tentu perlu memilih produk yang lebih sesuai. Kami sarankan Anda memilih puding yang aman untuk bayi dengan memastikan ketiadaan bahan-bahan berbahaya seperti pengawet dan pemanis buatan. 


Anda juga sebaiknya memilih puding instan yang ditujukan khusus untuk bayi atau anak supaya kandungan nutrisinya lebih lengkap. Teksturnya biasanya juga lebih lembut. Perlu diingat juga, bayi baru boleh mengonsumsi puding saat memasuki usia MPASI yaitu 6 bulan.

② Pilih berdasarkan varian rasa

Pilih berdasarkan varian rasa

Varian rasa pudding instan tergolong sangat beragam. Jadi, silakan memilih yang paling sesuai dengan selera lidah Anda. Berikut beberapa kategori rasa puding yang enak:


  • Rasa buah: Puding instan rasa buah merupakan yang paling digemari, serta mudah ditemukan di pasaran. Itu semua berkat kesegaran rasanya. Tak heran jika puding kemasan dengan rasa buah sangat pas dinikmati saat cuaca panas. Pilihan rasa buahnya pun sangat bervariasi. Anda bisa menemukan rasa pisang, mangga, stroberi, hingga blackcurrant.

  • Rasa klasik: Pudding kemasan dengan rasa klasik terasa sangat lezat dan familier di lidah. Karena itu, puding instan rasa klasik mudah diolah sebagai campuran berbagai jenis hidangan penutup. Beberapa macam rasa puding instan klasik antara lain cokelat dan vanila.

  • Rasa unik: Seiring dengan perkembangan selera masyarakat, para produsen puding instan pun mulai menciptakan rasa-rasa yang unik. Sebut saja taro, bubble gum, almond, cappuccino, hingga kacang hijau. Jika Anda sudah bosan dengan rasa puding instan yang monoton, cobalah rasa unik ini.

③ Pertimbangkan puding dengan tambahan vla instan

Pertimbangkan puding dengan tambahan vla instan

Puding instan akan makin enak apabila diguyur dengan vla yang manis. Sayangnya, kebanyakan puding instan tidak menyertakan vla instan sehingga Anda harus membelinya secara terpisah. Tentu hal tersebut akan lebih merepotkan.


Karena itu, kami sarankan Anda mempertimbangkan puding instan yang sudah menyertakan bubuk vla instan di dalam kemasannya. Selain lebih hemat, Anda pun bisa menikmati puding instan dengan topping vla manis tanpa repot.

④ Perhatikan berat dan kemasan puding instan

Perhatikan berat dan kemasan puding instan

Poin yang tidak kalah penting sebelum membeli puding instan adalah memperhatikan kemasannya. Umumnya puding instan dikemas dalam kotak karton atau saset plastik. Jika sekiranya Anda tidak memiliki banyak ruang penyimpanan di dapur, puding saset tentu lebih praktis. Sebaliknya, apabila Anda berencana menyimpan sisa bubuk puding instan, kemasan karton akan terkesan lebih bersih.


Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan berat isi puding instan supaya sesuai dengan jumlah orang yang mengonsumsinya. Apabila puding akan dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, pilihlah puding instan kemasan besar dengan berat isi sekitar 137–200 gram.


Namun, jika hanya satu orang yang akan menikmati puding tersebut, lebih baik pilihlah puding instan kemasan 100–110 gram. Jadi, Anda tidak perlu terlalu lama menyimpan sisa puding yang belum dimakan. Puding yang terlalu lama disimpan di kulkas bisa berair sehingga kelezatannya berkurang.

10 Rekomendasi puding instan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk puding instan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Rejeki Deres

MOIAA Silky Pudding

Rejeki Deres MOIAA Silky Pudding 1枚目

Varian rasa puding terbanyak, antibosan!

2

Hassana Boga Sejahtera

Nayz Puding Susu

Hassana Boga Sejahtera Nayz Puding Susu 1枚目

Penggunaan bahan-bahan impor yang berkualitas tinggi

3

Indofood

Promina Silky Pudding

Indofood Promina Silky Pudding 1枚目

Makin kaya vitamin dengan potongan buah segar

4

Kalbe Nutritionals

Milna Kinder Pudding / Milna Toddler Pudding

Kalbe Nutritionals Milna Kinder Pudding / Milna Toddler Pudding 1枚目

Puding bergizi untuk kepadatan tulang anak

5

Pondan Pangan Makmur Indonesia

Pondan Pudding Mix

Pondan Pangan Makmur Indonesia Pondan Pudding Mix 1枚目

Rasanya pekat dan kuat, tetapi tidak terlalu manis

6

Forisa Nusapersada

Mom's Recipe Silky Pudding

Forisa Nusapersada Mom's Recipe Silky Pudding 1枚目

Sangat lembut dan lumer di mulut

7

Swallow Globe Brand

Agaros Pudding Instant

Swallow Globe Brand Agaros Pudding Instant 1枚目

Langsung seduh, tanpa dimasak. Lebih praktis!

8

Gandum Mas Kencana

Haan Delima Pudding Mix

Gandum Mas Kencana Haan Delima Pudding Mix 1枚目

Rasa manisnya enak ala restoran bintang

9

Forisa Nusapersada

Nutrijell Pudding Lapis

Forisa Nusapersada Nutrijell Pudding Lapis 1枚目

Bebaskan kreasi dengan puding instan lapis

10

Wadah Pangan Makmur

Mr. Food Royal Pudding

Wadah Pangan Makmur Mr. Food Royal Pudding 1枚目

Harga puding instan paling terjangkau

Perincian produk
Close
No.1

Rejeki DeresMOIAA Silky Pudding

Mulai dari Rp12.000,00

Varian rasa puding terbanyak, antibosan!

MOIAA Silky Pudding memiliki varian rasa terbanyak di antara produk lainnya. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa bosan mengonsumsi puding instan ini setiap hari. Apabila Anda berencana menjadikan puding instan sebagai camilan sehari-hari, cobalah produk ini. 


Anda juga tak perlu khawatir soal keamanan pangan. Puding instan ini menggunakan 100% gula asli, serta rendah kalori dan bebas pengawet.

No.2

Hassana Boga SejahteraNayz Puding Susu

Mulai dari Rp29.600,00

Penggunaan bahan-bahan impor yang berkualitas tinggi

Keunikan dari Nayz Puding Susu terletak pada penggunaan ekstrak buah-buahan alami yang berasal dari Prancis. Selain itu, produk ini juga memanfaatkan susu berkualitas tinggi yang diimpor dari Selandia Baru. Perpaduan dua bahan utama tersebut menjadikan puding instan untuk bayi ini memiliki rasa enak dan alami, serta kaya gizi.


Merek puding susu ini bahkan tak hanya bermanfaat untuk bayi di atas 6 bulan, tetapi juga untuk orang dewasa. Jadi, apabila Anda sedang mencari camilan sehat untuk sekeluarga, puding instant ini bisa menjadi pilihan.

No.3

IndofoodPromina Silky Pudding

Mulai dari Rp16.000,00

Makin kaya vitamin dengan potongan buah segar

Anak yang picky eater memang mengkhawatirkan. Solusi supaya gizi anak Anda tetap terpenuhi adalah dengan memberinya Promina Silky Pudding. Puding ini terbuat dari campuran susu full cream, susu skim, dan potongan buah asli yang dikeringkan. Dengan demikian, puding ini kaya akan vitamin sekaligus serat.


Merk puding untuk bayi di atas 9 bulan ini juga rendah gula. Jadi, Anda tak perlu khawatir si kecil menjadi ketergantungan dengan rasa manis.

No.4

Kalbe NutritionalsMilna Kinder Pudding / Milna Toddler Pudding

Mulai dari Rp15.500,00

Puding bergizi untuk kepadatan tulang anak

Golden age atau periode emas anak merupakan masa penting bagi pertumbuhan si kecil. Karena itu, Anda wajib memperhatikan asupan makanan pendamping yang masuk ke mulut anak. Jika Anda sedang kebingungan memilih camilan untuk mendukung pertumbuhan si kecil, Milna Kinder Pudding bisa menjadi solusi.


Puding instan ini tinggi kalsium sehingga dapat memaksimalkan pertumbuhan tulang dan giginya. Tak hanya itu, merk puding untuk bayi 1 tahun ke atas ini juga mengandung sepuluh jenis kalsium dan mineral. Oleh sebab itu, produk ini dapat mendukung tumbuh kembang anak.

No.5

Pondan Pangan Makmur IndonesiaPondan Pudding Mix

Mulai dari Rp22.700,00

Rasanya pekat dan kuat, tetapi tidak terlalu manis

Pondan Pudding Mix sangat cocok disajikan saat Anda mengadakan acara kumpul-kumpul di rumah. Selain isinya banyak, puding instan ini juga telah dilengkapi vla instan. Anda pun tak perlu repot membuat vla. Uniknya lagi, rasa puding ini sangatlah pekat dan kuat, tetapi tidak terlalu manis. Dijamin, semua orang pasti cocok dengan rasa tersebut.

No.6

Forisa NusapersadaMom's Recipe Silky Pudding

Mulai dari Rp24.675,00

Sangat lembut dan lumer di mulut

Kesalahan menakar air atau susu terkadang membuat tekstur puding menjadi lembek dan berair. Hal itu tentu menyulitkan bagi Anda yang masih pemula dalam membuat puding. Namun masalah tersebut tak akan terjadi jika Anda memilih Mom's Recipe Silky Pudding. 


Penggunaan bahan-bahan pilihan menjadikan tekstur silky puding ini superlembut sehingga lumer di mulut. Anda pun tak akan gagal menyajikan puding bertekstur lembut.

No.7

Swallow Globe BrandAgaros Pudding Instant

Mulai dari Rp27.500,00

Langsung seduh, tanpa dimasak. Lebih praktis!

Permudah hidup Anda dengan mengolah puding tanpa memasaknya terlebih dahulu. Alih-alih merebus adonan, Anda hanya perlu melarutkan bubuk puding instan Agaros secara sempurna dengan air panas. Meskipun demikian, tekstur puding tetap terasa lembut dan kenyal.


Dengan berbekal puding ini, Anda bisa membuat aneka kreasi puding tanpa ribet. Jauh lebih praktis dan hemat energi, bukan? Anda yang tidak mempunyai banyak waktu di dapur pasti akan menyukai puding instan ini.

No.8

Gandum Mas KencanaHaan Delima Pudding Mix

Mulai dari Rp16.800,00

Rasa manisnya enak ala restoran bintang

Bagi Anda pencinta camilan manis, pastikan untuk tak melewatkan puding Haan ini. Selain dilengkapi vla yang manis, puding kemasan instan ini mengandung susu bubuk full cream dan perasa alami sesuai rasanya. 


Tergantung pada variannya, ada yang mengandung kakao bubuk, lemak kakao, bubur buah mangga, dan sebagainya. Jadi, saat dipadukan, Anda pun bisa menikmati puding dengan rasa senikmat dessert restoran bergengsi. Tertarik mencobanya?

No.9

Forisa NusapersadaNutrijell Pudding Lapis

Mulai dari Rp16.741,00

Bebaskan kreasi dengan puding instan lapis

Umumnya, puding instan hanya dapat menghasilkan satu macam warna saja. Namun tidak begitu dengan Nutrijell Puding Lapis. Dengan menggunakan bubuk puding instan ini, Anda bisa mendapatkan puding lapis yang cantik dan tentu saja menggoda selera. Jika Anda gemar berkreasi dengan tampilan puding, tak ada salahnya mencoba produk Nutrijell ini.

No.10

Wadah Pangan MakmurMr. Food Royal Pudding

Mulai dari Rp12.700,00

Harga puding instan paling terjangkau

Harga puding instan yang satu ini merupakan yang paling terjangkau di antara produk lainnya. Karena itu, produk ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membatasi budget. Anda tetap bisa menikmati puding instan enak tanpa membuat kantong bolong.


Uniknya lagi, puding instan ini mengandung antioksidan tokoferol yang baik untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Produk ini juga tinggi serat sehingga baik untuk menjaga saluran cerna Anda.

Tips membuat kreasi puding instan yang lezat

Tips membuat kreasi puding instan yang lezat

Mengolah dan menikmati puding instan secara langsung pada dasarnya tetaplah lezat. Namun, supaya tidak bosan dengan varian yang itu-itu saja, tidak ada salahnya Anda membuat kreasi puding yang beragam. Kami akan membagikan tips membuat dua jenis kreasi puding.


Pertama, mari membuat puding lapis dengan kombinasi warna dan rasa yang berbeda. Sebelum membuat puding lapis ini, Anda harus mengolah setiap rasa secara terpisah. Setelah itu, jangan langsung menumpuknya saat didinginkan agar adonan puding tidak tercampur. 


Triknya adalah menunggu terlebih dahulu hingga lapisan puding di bagian bawah sedikit membeku, lalu tuangkan lapisan puding berikutnya. Puding lapis dengan rasa dan warna yang berbeda-beda dijamin memiliki perpaduan kelezatan rasa.


Kreasi lainnya adalah membuat puding lumer dengan cara mengolah saus vla. Mungkin biasanya Anda hanya menuangkan saus vla di atas puding yang sudah membeku. Kali ini Anda perlu mengolah vla instan terlebih dahulu dan membekukannya di freezer. Selanjutnya, olahlah puding instan seperti biasa.


Setelah puding sudah jadi dan siap dicetak, tunggu hingga puding sedikit mengental, tetapi belum beku. Selanjutnya, masukkan potongan vla ke dalamnya dan diamkan hingga membeku. Saat menyantapnya, Anda akan merasakan vla di dalam puding akan lumer di mulut. Lezat!

Cara membuat vla puding instan

Cara membuat vla puding instan

Jika puding instan yang Anda beli tidak menyediakan vla instan, jangan khawatir! Anda bisa mencoba membuat vla yang tak kalah lezat. Kami akan membagikan langkah-langkah membuat vla yang tentunya mudah untuk ditiru.


  1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat vla instan. Di sini kami menggunakan satu butir kuning telur, 300 ml susu cair, 60 gr gula pasir, 1,5 sendok makan tepung maizena, serta garam dan perisa vanila secukupnya.
  2. Selanjutnya, siapkan panci untuk merebus gula pasir, susu cair, tepung maizena, dan perisa vanila. Masak hingga bahan-bahan tersebut mengental, lalu angkat.
  3. Setelah bahan yang dimasak cukup dingin, campurkan kuning telur, kocok hingga merata.
  4. Vla instan pun siap dinikmati. Jika Anda hanya menggunakan sedikit vla, simpan sisanya dalam kulkas supaya tidak basi.

Resep di atas adalah untuk membuat vla instan rasa vanila, tetapi Anda juga bisa membuat vla rasa cokelat. Caranya sama, hanya saja Anda perlu mengganti perisa vanila dengan bubuk cokelat. Bagaimana, mudah bukan proses pembuatan vla instan?

Baca juga rekomendasi peralatan untuk membuat puding di sini

Untuk membuat puding yang cantik, Anda membutuhkan peralatan pendukung lain. Misalnya saja cetakan puding dengan beragam bentuk, kocokan telur, hingga panci. Jika Anda masih belum melengkapi peralatan memasak puding di dapur, jangan khawatir! Kami telah mengulas beberapa rekomendasi alat-alat tersebut pada artikel berikut ini.

Kesimpulan

Keberadaan puding instan memang sangat mempermudah hidup. Hanya dengan berbekal puding instan, Anda sudah bisa menyajikan hidangan penutup yang enak ala restoran. Supaya puding instan terasa lebih lezat, Anda cukup mendinginkannya sebentar dalam kulkas.


Semoga artikel kami kali ini bisa membantu Anda menemukan merk puding yang enak. Jangan lupa untuk mencoba tips kreasi puding dan cara membuat vla instan yang kami jelaskan juga, ya. Selamat berkreasi!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer