• 10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Masih banyak pria yang memilih sabun mandi secara asal-asalan. Padahal, sabun mandi merupakan produk perawatan kulit yang digunakan setiap hari. Kesalahan memilih sabun mandi dapat menyebabkan kulit kering atau berminyak yang dapat memengaruhi penampilan Anda.


Kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih sabun mandi yang bagus untuk pria. Selain itu, kami akan merekomendasikan beberapa produk sabun mandi yang cocok untuk para pria. Sabun mandi dari berbagai merek, seperti Bath Box, Kahf, dan Banner adalah beberapa contohnya. Ada juga komentar dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah. Silakan simak informasinya sampai tuntas!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Ida Ayu Diah
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, SpKK

Dokter yang lebih dikenal dengan dr. Dayu Diah ini memiliki akreditasi praktik dari Universitas Udayana. Saat ini beliau merupakan salah satu staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Ganesha. Beliau berpengalaman banyak dalam menangani masalah penyakit kulit, kelamin, maupun estetika.


Beliau berpengalaman kerja di beberapa rumah sakit dan klinik, seperti Rumah Sakit KDH-Bros, Puriva Clinic Sunset Road, dan Euderna Clinic Singaraja. Untuk berkonsultasi melalui telemedicine, Anda dapat menghubunginya melalui Halodoc.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun mandi untuk pria

Pilihan sabun mandi untuk pria memang tidak sebanyak sabun mandi untuk wanita. Namun, bukan berarti Anda bisa memilih sabun mandi sesuka hati. Beberapa hal di bawah ini tetap harus diperhatikan saat Anda memilih sabun mandi.

Kenali jenis kulit Anda terlebih dahulu

Jenis kulit sangat berpengaruh terhadap jenis sabun mandi yang akan Anda gunakan. Jadi, sebelum membeli sabun mandi, kenali jenis kulit Anda terlebih dahulu.

Untuk kulit normal, pilih yang berbahan alami

Untuk kulit normal, pilih yang berbahan alami

Orang yang memiliki kulit normal bisa dikatakan beruntung karena kulitnya tidak terlalu kering dan tidak pula terlalu berminyak. Salah satu cara untuk menjaga kulit normal adalah menggunakan sabun yang dibuat dari bahan alami. Sabun berbahan alami dapat melembapkan kulit tanpa membuatnya menjadi berminyak sekaligus membersihkan tanpa membuatnya menjadi kering.


Anda yang memiliki kulit normal sebaiknya menghindari sabun yang dikhususkan untuk kulit kering atau berminyak. Sabun untuk kulit kering biasanya mengandung banyak pelembap. Hal ini akan membuat kulit normal menjadi lebih berminyak.


Sebaliknya, sabun untuk kulit berminyak biasanya mengandung bahan yang bisa mengurangi minyak. Jika Anda menggunakan sabun tersebut, kulit normal Anda akan terasa lebih kering.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Kulit normal dapat berubah menjadi berminyak dan terkadang menjadi kering. Hal tersebut dapat terjadi baik karena pengaruh cuaca maupun kondisi tubuh. Tidak ada pantangan untuk kulit normal menggunakan sabun yang mengandung pelembap. Karena seiring penuaan atau bertambahnya umur, kulit akan menjadi lebih kering.

Untuk kulit berminyak, pilih sabun antibakteri

Untuk kulit berminyak, pilih sabun antibakteri

Kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif memproduksi minyak. Jumlah minyak yang berlebihan bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, menjadi sarang bakteri, dan memicu timbulnya jerawat. Untuk menghindari masalah tersebut, Anda bisa menggunakan sabun mandi antibakteri. Namun, pastikan sabun mandi antibakteri yang Anda pilih tidak mengandung banyak detergen.


Kandungan detergen yang terlalu tinggi akan membuat minyak di kulit benar-benar terangkat. Keadaan tersebut akan merangsang kelenjar sebaceous untuk memproduksi minyak lebih banyak. 


Sebagai alternatif, pilihlah sabun antibakteri yang mengandung glycerin atau gliserol. Zat tersebut dapat membersihkan kulit tanpa membuat kulit menjadi kering. Gliserol juga dapat melembapkan kulit tanpa membuatnya menjadi berminyak.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Kulit berminyak cenderung akan muncul jerawat jika memakai sabun yang berisi kandungan yang memiliki comedogenic rating tinggi. Comedogenic tersebut yaitu almond oil, avocado oil, dan jojoba oil.


Untuk tipe kulit berminyak, Anda dapat memilih sabun antibakteri serta tidak mengandung pewangi berlebihan. Sabun dengan kandungan sulfur juga dapat menjadi pilihan untuk kulit berminyak dengan jerawat pada punggung dan dada.

Untuk kulit kering, pilih yang mengandung pelembap

Untuk kulit kering, pilih yang mengandung pelembap

Kulit yang terasa gatal dan kasar saat disentuh merupakan ciri dari kulit kering. Jika Anda memiliki kulit dengan tanda seperti ini, hindarilah sabun mandi yang mengandung alkohol atau parfum. Kedua bahan tersebut akan membuat kulit Anda makin kering. Untuk mengatasi masalah kulit kering, pilihlah sabun yang mengandung pelembap.


Beberapa jenis pelembap yang biasa digunakan dalam sabun mandi adalah gliserol, lanolin, dan minyak nabati. Gliserol bisa menyerap air yang ada di udara dan membuat kulit Anda menjadi lebih lembap.


Selain itu, lanolin dapat membentuk lapisan berminyak yang bertugas menahan air di bagian terluar kulit. Bagaimana dengan minyak nabati? Minyak nabati akan bertugas membersihkan kulit Anda tanpa membuatnya menjadi kering.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Untuk kulit kering, setelah mandi dengan sabun yang mengandung pelembap, harus diikuti dengan pemakaian pelembap dalam bentuk lotion juga. Karena jika hanya dengan sabun saja, kulit umumnya masih kering.

Untuk kulit sensitif, pilih yang minim bahan kimia

Untuk kulit sensitif, pilih yang minim bahan kimia

Pemilik kulit sensitif harus memastikan sabun mandinya tidak mengandung bahan kimia, seperti alkohol, pewarna, pewangi, dan detergen. Bahan kimia tersebut bisa menyebabkan kulit kering.


Selain itu, pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari sabun mandi antibakteri dan sabun mandi yang mengandung deodoran. Kedua jenis sabun ini mengandung zat yang bisa membuat kulit sensitif Anda mengalami iritasi.


Sabun mandi yang mengandung pelembap dan berlabel hypoallergenic bisa menjadi pilihan tepat untuk pemilik kulit sensitif. Agar Anda tidak kebingungan saat memilih sabun mandi, perhatikan saja bagian kemasannya. Sabun untuk kulit sensitif biasanya diberi keterangan for sensitive skin.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Bahan kimia pembentuk sabun yang paling sering adalah sodium laureth sulfate (SLS). Jika memiliki kulit yang sensitif, hindari penggunaan sabun yang mengandung SLS. Kandungan pewangi dalam sabun juga sering membuat kulit sensitif menjadi gatal dan kemerahan. 


Tanda dari alergi terhadap sabun yang dipakai adalah jika timbul reaksi kemerahan, gatal, dan ruam di kulit. Tanda tersebut timbul terutama setelah penggunaan sabun yang baru dicoba. Hindari juga pemakaian air panas saat mandi karena dapat memperberat keluhan pada kulit.

Pilih berdasarkan jenisnya

Saat memilih sabun mandi, Anda pasti menemukan sabun yang berbentuk batang dan cair. Untuk itu, Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Sabun batang: Lebih awet, tetapi kurang praktis dibawa bepergian

Sabun batang: Lebih awet, tetapi kurang praktis dibawa bepergian

Beberapa pria senang menggunakan sabun batang karena lebih awet dan harganya lebih terjangkau. Sabun batang juga lebih mudah digunakan. Anda tidak memerlukan spons mandi untuk mengaplikasikan sabun ke seluruh tubuh. Cukup dibasuh dengan air, sabun sudah bisa digunakan.


Akan tetapi, sabun batang kurang praktis untuk Anda yang suka bepergian. Sabun batang juga bisa menjadi media penyebaran penyakit kulit jika digunakan oleh beberapa orang secara bergantian.


Untuk menghindari hal tersebut, pastikan sabun batang tidak digunakan oleh orang lain selain Anda. Jika di rumah Anda terdapat beberapa anggota keluarga, pastikan setiap orang memiliki sabun batangnya masing-masing.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Baik sabun batang maupun sabun cair bisa tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Tetap perhatikan kandungannya dan sesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Jika memiliki kulit yang kering dan sensitif, carilah sabun yang mengandung pelembap atau bertuliskan moisturizing body wash.

Sabun cair: Lebih praktis dan higienis

Sabun cair: Lebih praktis dan higienis

Sebagian dari Anda mungkin lebih senang menggunakan sabun cair karena dianggap lebih higienis. Satu sabun cair bisa digunakan oleh banyak orang tanpa perlu khawatir akan menjadi media penyebaran penyakit kulit. Namun, dengan satu catatan, Anda tidak membiarkan spons mandinya digunakan bersama.


Bagi Anda yang sering bepergian, sabun cair jauh lebih praktis karena bisa dibawa ke mana pun dan cukup diselipkan di dalam ransel saja. Sabun cair juga lebih wangi dan memiliki aroma yang lebih beragam dibandingkan sabun batang.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Sabun cair dianggap lebih higienis. Jika dipakai bersama-sama, tidak ada kontak dari kulit satu ke kulit lainnya, terutama pada individu yang menderita infeksi bakteri di kulit.


Sabun cair juga umumnya lebih melembapkan dibandingkan sabun batang. Oleh karena itu, sabun cair lebih cocok untuk kulit kering dan sensitif. Saat pengaplikasian sabun cair dengan spons, dianjurkan untuk tidak menggosok terlalu keras, khususnya untuk pemilik kulit yang sensitif.

Sesuaikan dengan kegiatan Anda

Sesuaikan dengan kegiatan Anda

Selain jenis kulit, kegiatan sehari-hari juga bisa memengaruhi pilihan sabun mandi yang Anda gunakan, lho! Jika Anda aktif berolahraga dan sering berkeringat, sabun antibakteri bisa menjadi pilihan tepat. Sabun antibakteri dapat menghilangkan kuman yang menempel di kulit


Jika Anda lebih banyak berada di ruangan ber-AC, kulit lebih berisiko mengalami kekeringan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa memilih sabun mandi yang mengandung pelembap. Sabun dengan kandungan pelembap juga cocok digunakan oleh pria yang hobi berenang. Pelembap yang ada di dalam sabun dapat memperbaiki kulit yang kering akibat kaporit di dalam air kolam.

Pilih aroma yang sesuai selera

Pilih aroma yang sesuai selera

Sabun mandi yang dijual di pasaran memiliki aroma yang berbeda-beda. Untuk urusan aroma, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera masing-masing. Beberapa produsen biasanya memberikan aroma yang segar untuk produk sabun mandi khusus pria. Aroma tersebut biasanya identik dengan sabun antibakteri. Ada juga produsen yang membuat sabun mandi untuk pria dengan aroma bunga. Anda tinggal memilih yang paling sesuai dengan selera.

10 Rekomendasi sabun mandi terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun mandi terbaik untuk pria yang ditentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Ida Ayu Diah.

10

Anugerah Wajah PriaBanner Shower Gel

Mulai dari Rp 89.000,00

Isi250 ml
JenisCair
Cocok untukSemua jenis kulit
9

UnileverDove Men+Care Body Wash Deep Clean

Mulai dari Rp 72.000,00

Isi400 ml
JenisCair
Cocok untukSemua jenis kulit
8
Isi275 ml
JenisCair
Cocok untukSemua jenis kulit
7

BAD LABCaveman Cleaner – Hair, Face and Body Cleaner

Mulai dari Rp 54.500,00

Isi200 ml, 400 ml
JenisSabun cair
Cocok untukSemua jenis kulit
6
Isi80 gram
JenisBatang
Cocok untukKulit berminyak, berjerawat
5

Miels Coco Nella Face & Body Soap

Mulai dari Rp 150.000,00

Isi500 ml
JenisCair
Cocok untukSemua jenis kulit
4
Isi200 ml
JenisCair
Cocok untukSemua jenis kulit
3

Paragon Technology and InnovationKahf Relaxing Hair and Body Wash

Mulai dari Rp 37.500,00

Isi200 ml
JenisCair
Cocok untukSemua jenis kulit
2

Secret CleanSabun Batang Anti Bakteri

Mulai dari Rp 7.300,00

Isi110 gram
JenisBatang
Cocok untukSemua jenis kulit
1
Isi300 ml, 500 ml
JenisCair
Cocok untukKulit kombinasi, kulit normal cenderung berminyak, kult berjerawat

Tabel perbandingan produk sabun mandi terbaik untuk pria

Gambar produk
1
Bath Box OCHA Liquid Soap 1

Bath Box

2
Secret Clean Sabun Batang Anti Bakteri 1

Secret Clean

3
Paragon Technology and Innovation Kahf Relaxing Hair and Body Wash 1

Paragon Technology and Innovation

4
Romano Sabun Mandi Cair Force 1

5
Miels  Coco Nella Face & Body Soap 1

Miels

6
BREYLEE Tea Tree Acne Soap 1

BREYLEE

7
BAD LAB Caveman Cleaner – Hair, Face and Body Cleaner 1

BAD LAB

8
Norm Fortifying Body Wash 1

Norm

9
Unilever Dove Men+Care Body Wash Deep Clean 1

Unilever

10
Anugerah Wajah Pria Banner Shower Gel  1

Anugerah Wajah Pria

Nama produk

OCHA Liquid Soap

Sabun Batang Anti Bakteri

Kahf Relaxing Hair and Body Wash

Romano Sabun Mandi Cair Force

Coco Nella Face & Body Soap

Tea Tree Acne Soap

Caveman Cleaner – Hair, Face and Body Cleaner

Fortifying Body Wash

Dove Men+Care Body Wash Deep Clean

Banner Shower Gel

Keunggulan

Tiga bahan alaminya menjaga kulit tetap lembap

Tumpas bakteri penyebab penyakit dengan kandungan Benzalkonium chloride

Hemat, tidak perlu shampo terpisah, deh!

Kulit tetap segar dengan aroma maskulin setelah seharian beraktivitas

Berbahan alami, bersihkan wajah dan tubuh tanpa khawatir

Aman untuk kulit berjerawat berkat kandungan tea tree

Keren! Produk ini dapat digunakan untuk tiga keperluan

Ekstrak Quillaja dan green tea bikin kulit bebas kotoran dan radikal bebas

Teknologi MicroMoisture yang pas untuk kulit pria

Tidak ada lagi kulit kering setelah mandi

Harga mulai dariRp 129.000,00Rp 7.300,00Rp 37.500,00Rp 21.000,00Rp 150.000,00Rp 200.000,00Rp 54.500,00Rp 99.000,00Rp 72.000,00Rp 89.000,00
Isi300 ml, 500 ml110 gram200 ml200 ml500 ml80 gram200 ml, 400 ml275 ml400 ml250 ml
JenisCairBatangCairCairCairBatangSabun cairCairCairCair
Cocok untukKulit kombinasi, kulit normal cenderung berminyak, kult berjerawat Semua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit berminyak, berjerawatSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulit
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah

Pada masa pandemi ini, sabun antibakteri memiliki peran yang besar dibandingkan sabun lainnya karena fungsinya untuk melawan bakteri. Oleh karena itu, sabun antibakteri dapat menjadi pilihan saat ini untuk semua tipe kulit. Namun, penggunaannya harus disertai dengan pemakaian pelembap setelah menggunakan sabun antibakteri. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kelembapan kulit.

Baca juga rekomendasi perawatan tubuh khusus pria lainnya di sini

Sabun mandi memang bisa membantu membersihkan badan. Namun, rasanya kurang lengkap jika Anda tidak menggunakan pembersih wajah dan sampo saat mandi. Selain itu, Anda juga mungkin membutuhkan deodoran setelah mandi. Jika Anda membutuhkan informasi tambahan mengenai produk-produk tersebut, silakan klik tautan yang kami sediakan di bawah ini!

Kesimpulan

Kegiatan memilih dan membeli sabun mandi khusus pria memang terlihat sepele. Namun, siapa sangka ada cukup banyak hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih sebuah sabun mandi. 


Supaya Anda tidak kebingungan, poin-poin tentang cara memilih sabun mandi pria dari kami bisa Anda jadikan referensi. Sekian pembahasan dari kami. Semoga bisa membantu Anda menemukan sabun mandi yang tepat. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan salah satu produk skincare yang cukup populer. Tidak hanya merek luar negeri, body lotion lokal juga banyak beredar di pasar Indonesia, salah satunya Marina. Kualitas yang bagus, harga yang terjangkau, dan variasi produknya yang beragam membuat body lotion Marina dicintai oleh banyak orang.Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang varian body lotion Marina lengkap dengan manfaat dan cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh varian yang bagus, seperti Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang enggan menggunakan body lotion atau hand body karena terasa lengket. Sebetulnya, body lotion adalah pelembap yang menutrisi semua jenis kulit. Anda bisa menemukan body lotion yang tidak lengket serta mampu memutihkan dengan kandungan collagen. Ada pula body lotion dengan SPF untuk kulit kering, kulit remaja, serta kebutuhan kulit lainnya.Kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi merek yang bagus. Body lotion Scarlett, Vaseline, Nivea, Grace and Glow, dan Marina akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Paparan sinar UV memberikan efek buruk terhadap kulit. Oleh sebab itu, Anda perlu melindungi kulit menggunakan sunscreen atau sunblock. Ada banyak produk sunscreen/sunblock di pasaran dengan tingkat SPF yang berbeda. Untuk perlindungan yang maksimal, banyak orang memilih sunscreen atau sunblock SPF 50.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih sunscreen/sunblock SPF 50 serta memberi review produk yang bagus. Produk dari merek ternama, seperti Nivea, LANEIGE, dan Wardah ada dalam rekomendasi kami. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar ultraviolet, diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Ada merek Nivea, Beeme, Momami, dan masih banyak lagi.Namun, simak dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Jangan lewatkan juga rekomendasi sunblock anak yang bagus untuk berenang, sunscreen anak SD, sunscreen untuk anak 10 tahun, dan sebagainya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sabun Cair Biore Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sabun Cair Biore Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Biore merupakan salah satu merek sabun cair yang bagus dan populer di Indonesia. Anda bisa menemukan produk Biore dengan mudah, mulai di warung sekitar rumah, supermarket, hingga di sejumlah e-commerce. Sabun cair Biore tidak hanya berguna untuk membersihkan tubuh saja, tetapi juga mampu menyegarkan, menenangkan, hingga mencerahkan. Dari banyaknya pilihan, sabun cair mana yang sebaiknya dimiliki? Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan poin-poin penting dalam memilih sabun cair Biore. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk Biore terbaik, antara lain dari seri Bright dan seri Guard. Selamat membaca!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori