• 10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Masih banyak pria yang memilih sabun mandi secara asal-asalan. Padahal, sabun mandi merupakan produk perawatan kulit yang digunakan setiap hari. Kesalahan memilih sabun mandi dapat menyebabkan kulit kering atau berminyak yang dapat memengaruhi penampilan Anda.


Kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih sabun mandi yang bagus untuk pria. Selain itu, kami akan merekomendasikan beberapa produk sabun mandi yang cocok untuk para pria. Sabun mandi dari berbagai merek, seperti Men's Biore, Cetaphil, dan Sebamed adalah beberapa contohnya. Ada juga komentar dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah. Silakan simak informasinya sampai tuntas!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Ida Ayu Diah
  • Pembaharuan terakhir: 24 Agustus 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, SpKK

Dokter yang lebih dikenal dengan dr. Dayu Diah ini memiliki akreditasi praktik dari Universitas Udayana. Saat ini beliau merupakan salah satu staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Ganesha. Beliau berpengalaman banyak dalam menangani masalah penyakit kulit, kelamin, maupun estetika.


Beliau berpengalaman kerja di beberapa rumah sakit dan klinik, seperti Rumah Sakit KDH-Bros, Puriva Clinic Sunset Road, dan Euderna Clinic Singaraja. Untuk berkonsultasi melalui telemedicine, Anda dapat menghubunginya melalui Halodoc.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun mandi untuk pria

Pilihan sabun mandi untuk pria memang tidak sebanyak sabun mandi untuk wanita. Namun, bukan berarti Anda bisa memilih sabun mandi sesuka hati. Beberapa hal di bawah ini tetap harus diperhatikan saat Anda memilih sabun mandi.

Kenali jenis kulit Anda terlebih dahulu

Jenis kulit sangat berpengaruh terhadap jenis sabun mandi yang akan Anda gunakan. Jadi, sebelum membeli sabun mandi, kenali jenis kulit Anda terlebih dahulu.

Untuk kulit normal, pilih yang berbahan alami

Untuk kulit normal, pilih yang berbahan alami

Orang yang memiliki kulit normal bisa dikatakan beruntung karena kulitnya tidak terlalu kering dan tidak pula terlalu berminyak. Salah satu cara untuk menjaga kulit normal adalah menggunakan sabun yang dibuat dari bahan alami. Sabun berbahan alami dapat melembapkan kulit tanpa membuatnya menjadi berminyak sekaligus membersihkan tanpa membuatnya menjadi kering.


Anda yang memiliki kulit normal sebaiknya menghindari sabun yang dikhususkan untuk kulit kering atau berminyak. Sabun untuk kulit kering biasanya mengandung banyak pelembap. Hal ini akan membuat kulit normal menjadi lebih berminyak.


Sebaliknya, sabun untuk kulit berminyak biasanya mengandung bahan yang bisa mengurangi minyak. Jika Anda menggunakan sabun tersebut, kulit normal Anda akan terasa lebih kering.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Kulit normal dapat berubah menjadi berminyak dan terkadang menjadi kering. Hal tersebut dapat terjadi baik karena pengaruh cuaca maupun kondisi tubuh. Tidak ada pantangan untuk kulit normal menggunakan sabun yang mengandung pelembap. Karena seiring penuaan atau bertambahnya umur, kulit akan menjadi lebih kering.

Untuk kulit berminyak, pilih sabun antibakteri

Untuk kulit berminyak, pilih sabun antibakteri

Kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif memproduksi minyak. Jumlah minyak yang berlebihan bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, menjadi sarang bakteri, dan memicu timbulnya jerawat. Untuk menghindari masalah tersebut, Anda bisa menggunakan sabun mandi antibakteri. Namun, pastikan sabun mandi antibakteri yang Anda pilih tidak mengandung banyak detergen.


Kandungan detergen yang terlalu tinggi akan membuat minyak di kulit benar-benar terangkat. Keadaan tersebut akan merangsang kelenjar sebaceous untuk memproduksi minyak lebih banyak. 


Sebagai alternatif, pilihlah sabun antibakteri yang mengandung glycerin atau gliserol. Zat tersebut dapat membersihkan kulit tanpa membuat kulit menjadi kering. Gliserol juga dapat melembapkan kulit tanpa membuatnya menjadi berminyak.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Kulit berminyak cenderung akan muncul jerawat jika memakai sabun yang berisi kandungan yang memiliki comedogenic rating tinggi. Comedogenic tersebut yaitu almond oil, avocado oil, dan jojoba oil.


Untuk tipe kulit berminyak, Anda dapat memilih sabun antibakteri serta tidak mengandung pewangi berlebihan. Sabun dengan kandungan sulfur juga dapat menjadi pilihan untuk kulit berminyak dengan jerawat pada punggung dan dada.

Untuk kulit kering, pilih yang mengandung pelembap

Untuk kulit kering, pilih yang mengandung pelembap

Kulit yang terasa gatal dan kasar saat disentuh merupakan ciri dari kulit kering. Jika Anda memiliki kulit dengan tanda seperti ini, hindarilah sabun mandi yang mengandung alkohol atau parfum. Kedua bahan tersebut akan membuat kulit Anda makin kering. Untuk mengatasi masalah kulit kering, pilihlah sabun yang mengandung pelembap.


Beberapa jenis pelembap yang biasa digunakan dalam sabun mandi adalah gliserol, lanolin, dan minyak nabati. Gliserol bisa menyerap air yang ada di udara dan membuat kulit Anda menjadi lebih lembap.


Selain itu, lanolin dapat membentuk lapisan berminyak yang bertugas menahan air di bagian terluar kulit. Bagaimana dengan minyak nabati? Minyak nabati akan bertugas membersihkan kulit Anda tanpa membuatnya menjadi kering.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Untuk kulit kering, setelah mandi dengan sabun yang mengandung pelembap, harus diikuti dengan pemakaian pelembap dalam bentuk lotion juga. Karena jika hanya dengan sabun saja, kulit umumnya masih kering.

Untuk kulit sensitif, pilih yang minim bahan kimia

Untuk kulit sensitif, pilih yang minim bahan kimia

Pemilik kulit sensitif harus memastikan sabun mandinya tidak mengandung bahan kimia, seperti alkohol, pewarna, pewangi, dan detergen. Bahan kimia tersebut bisa menyebabkan kulit kering.


Selain itu, pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari sabun mandi antibakteri dan sabun mandi yang mengandung deodoran. Kedua jenis sabun ini mengandung zat yang bisa membuat kulit sensitif Anda mengalami iritasi.


Sabun mandi yang mengandung pelembap dan berlabel hypoallergenic bisa menjadi pilihan tepat untuk pemilik kulit sensitif. Agar Anda tidak kebingungan saat memilih sabun mandi, perhatikan saja bagian kemasannya. Sabun untuk kulit sensitif biasanya diberi keterangan for sensitive skin.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Bahan kimia pembentuk sabun yang paling sering adalah sodium laureth sulfate (SLS). Jika memiliki kulit yang sensitif, hindari penggunaan sabun yang mengandung SLS. Kandungan pewangi dalam sabun juga sering membuat kulit sensitif menjadi gatal dan kemerahan. 


Tanda dari alergi terhadap sabun yang dipakai adalah jika timbul reaksi kemerahan, gatal, dan ruam di kulit. Tanda tersebut timbul terutama setelah penggunaan sabun yang baru dicoba. Hindari juga pemakaian air panas saat mandi karena dapat memperberat keluhan pada kulit.

Pilih berdasarkan jenisnya

Saat memilih sabun mandi, Anda pasti menemukan sabun yang berbentuk batang dan cair. Untuk itu, Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Sabun batang: Lebih awet, tetapi kurang praktis dibawa bepergian

Sabun batang: Lebih awet, tetapi kurang praktis dibawa bepergian

Beberapa pria senang menggunakan sabun batang karena lebih awet dan harganya lebih terjangkau. Sabun batang juga lebih mudah digunakan. Anda tidak memerlukan spons mandi untuk mengaplikasikan sabun ke seluruh tubuh. Cukup dibasuh dengan air, sabun sudah bisa digunakan.


Akan tetapi, sabun batang kurang praktis untuk Anda yang suka bepergian. Sabun batang juga bisa menjadi media penyebaran penyakit kulit jika digunakan oleh beberapa orang secara bergantian.


Untuk menghindari hal tersebut, pastikan sabun batang tidak digunakan oleh orang lain selain Anda. Jika di rumah Anda terdapat beberapa anggota keluarga, pastikan setiap orang memiliki sabun batangnya masing-masing.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Baik sabun batang maupun sabun cair bisa tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Tetap perhatikan kandungannya dan sesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Jika memiliki kulit yang kering dan sensitif, carilah sabun yang mengandung pelembap atau bertuliskan moisturizing body wash.

Sabun cair: Lebih praktis dan higienis

Sabun cair: Lebih praktis dan higienis

Sebagian dari Anda mungkin lebih senang menggunakan sabun cair karena dianggap lebih higienis. Satu sabun cair bisa digunakan oleh banyak orang tanpa perlu khawatir akan menjadi media penyebaran penyakit kulit. Namun, dengan satu catatan, Anda tidak membiarkan spons mandinya digunakan bersama.


Bagi Anda yang sering bepergian, sabun cair jauh lebih praktis karena bisa dibawa ke mana pun dan cukup diselipkan di dalam ransel saja. Sabun cair juga lebih wangi dan memiliki aroma yang lebih beragam dibandingkan sabun batang.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Sabun cair dianggap lebih higienis. Jika dipakai bersama-sama, tidak ada kontak dari kulit satu ke kulit lainnya, terutama pada individu yang menderita infeksi bakteri di kulit.


Sabun cair juga umumnya lebih melembapkan dibandingkan sabun batang. Oleh karena itu, sabun cair lebih cocok untuk kulit kering dan sensitif. Saat pengaplikasian sabun cair dengan spons, dianjurkan untuk tidak menggosok terlalu keras, khususnya untuk pemilik kulit yang sensitif.

Sesuaikan dengan kegiatan Anda

Sesuaikan dengan kegiatan Anda

Selain jenis kulit, kegiatan sehari-hari juga bisa memengaruhi pilihan sabun mandi yang Anda gunakan, lho! Jika Anda aktif berolahraga dan sering berkeringat, sabun antibakteri bisa menjadi pilihan tepat. Sabun antibakteri dapat menghilangkan kuman yang menempel di kulit. 


Jika Anda lebih banyak berada di ruangan ber-AC, kulit lebih berisiko mengalami kekeringan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa memilih sabun mandi yang mengandung pelembap. Sabun dengan kandungan pelembap juga cocok digunakan oleh pria yang hobi berenang. Pelembap yang ada di dalam sabun dapat memperbaiki kulit yang kering akibat kaporit di dalam air kolam.

Pilih aroma yang sesuai selera

Pilih aroma yang sesuai selera

Sabun mandi yang dijual di pasaran memiliki aroma yang berbeda-beda. Untuk urusan aroma, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera masing-masing. Beberapa produsen biasanya memberikan aroma yang segar untuk produk sabun mandi khusus pria. Aroma tersebut biasanya identik dengan sabun antibakteri.


Selain itu, ada juga beberapa merek yang membuat sabun mandi dengan aroma unik, seperti cokelat. Ada pula produsen yang membuat sabun mandi untuk pria dengan aroma bunga. Anda tinggal memilih yang paling sesuai dengan selera.

10 Rekomendasi sabun mandi terbaik untuk pria

Poin-poin mengenai cara memilih sabun mandi untuk pria sudah kami jabarkan. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan beberapa sabun mandi terbaik untuk pria. Silakan disimak dan pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Ida Ayu Diah.

10

BAD LABCaveman Cleaner – Hair, Face and Body Cleaner

Mulai dari Rp 66.000,00

Isi200 ml, 400 ml
JenisSabun cair
Cocok untukSemua jenis kulit
9
Isi250 ml, 500 ml
JenisSabun cair
Cocok untukKulit kering dan sensitif
8

KaoMen's Biore Body Foam Hygienic Energy Bottle

Mulai dari Rp 17.900,00

Isi100 ml, 250 ml
JenisSabun cair
Cocok untukKulit berminyak dan mudah berjerawat
7
Isi100 gr
JenisSabun batang
Cocok untukKulit normal
6

MütouchGoat's Milk With Habbatus Sauda, Olive Oil and Honey

Mulai dari Rp 34.900,00

Isi450 ml, 800 ml, 1000 ml
JenisSabun cair
Cocok untukKulit kering
5
Isi100 gr, 150 gr
JenisSabun batang
Cocok untukKulit sensitif, normal, berminyak, dan bermasalah
4

UnileverAxe Dark Temptation Men's Bodywash Bottle Pack

Mulai dari Rp 14.000,00

Isi180 ml
JenisSabun cair
Cocok untukKulit normal
3

Reckitt BenckiserSabun Cair Dettol Moisture

Mulai dari Rp 59.600,00

Isi625 gr
JenisSabun cair
Cocok untukKulit kering
2

GaldermaCetaphil Gentle Skin Cleanser

Mulai dari Rp 65.000,00

Isi59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, 1 liter
JenisSabun cair
Cocok untukSemua jenis kulit
1

L’OccitaneShea Butter Soap Lavender

Mulai dari Rp 120.000,00

Isi100 gr, 250 gr
JenisSabun batang
Cocok untukKulit normal dan kering

Tabel perbandingan produk sabun mandi terbaik untuk pria

Gambar produk
1
L’Occitane Shea Butter Soap Lavender 1

L’Occitane

2
Galderma Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1

Galderma

3
Reckitt Benckiser Sabun Cair Dettol Moisture 1

Reckitt Benckiser

4
Unilever Axe Dark Temptation Men's Bodywash Bottle Pack 1

Unilever

5
Sebamed Classic Cleansing Bar 1

Sebamed

6
Mütouch Goat's Milk With Habbatus Sauda, Olive Oil and Honey 1

Mütouch

7
Oriflame North For Men Urban Soap Bar 1

Oriflame

8
Kao Men's Biore Body Foam Hygienic Energy Bottle 1

Kao

9
Anugerah Wajah Pria Banner Shower Gel 1

Anugerah Wajah Pria

10
BAD LAB Caveman Cleaner – Hair, Face and Body Cleaner 1

BAD LAB

Nama produk

Shea Butter Soap Lavender

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Sabun Cair Dettol Moisture

Axe Dark Temptation Men's Bodywash Bottle Pack

Classic Cleansing Bar

Goat's Milk With Habbatus Sauda, Olive Oil and Honey

North For Men Urban Soap Bar

Men's Biore Body Foam Hygienic Energy Bottle

Banner Shower Gel

Caveman Cleaner – Hair, Face and Body Cleaner

Keunggulan

Sabun ini dibuat menggunakan 100% bahan dasar nabati

Bersihkan kotoran dan sel kulit mati secara maksimal

Kulit lembap hingga 8 jam dan bebas dari bakteri

Unik! Sabun ini memiliki aroma cokelat yang manis

Aman untuk kulit sensitif dan kulit yang bermasalah

Tiga bahan alaminya bisa menjaga kulit tetap lembap

Bebaskan kulit Anda dari kotoran dan radikal bebas

Kulit selalu segar setelah seharian beraktivitas

Tidak ada lagi kulit kering setelah mandi

Keren! Produk ini dapat digunakan untuk tiga keperluan

Harga mulai dariRp 120.000,00Rp 65.000,00Rp 59.600,00Rp 14.000,00Rp 75.000,00Rp 34.900,00Rp 45.900,00Rp 17.900,00Rp 89.000,00Rp 66.000,00
Isi100 gr, 250 gr59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, 1 liter625 gr180 ml100 gr, 150 gr450 ml, 800 ml, 1000 ml100 gr100 ml, 250 ml250 ml, 500 ml200 ml, 400 ml
JenisSabun batangSabun cairSabun cairSabun cairSabun batangSabun cairSabun batangSabun cairSabun cairSabun cair
Cocok untukKulit normal dan keringSemua jenis kulitKulit keringKulit normalKulit sensitif, normal, berminyak, dan bermasalahKulit keringKulit normalKulit berminyak dan mudah berjerawatKulit kering dan sensitifSemua jenis kulit
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah

Pada masa pandemi ini, sabun antibakteri memiliki peran yang besar dibandingkan sabun lainnya karena fungsinya untuk melawan bakteri. Oleh karena itu, sabun antibakteri dapat menjadi pilihan saat ini untuk semua tipe kulit. Namun, penggunaannya harus disertai dengan pemakaian pelembap setelah menggunakan sabun antibakteri. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kelembapan kulit.

Baca juga rekomendasi produk perawatan tubuh khusus pria lainnya di sini

Sabun mandi memang bisa membantu membersihkan badan. Namun, rasanya kurang lengkap jika Anda tidak menggunakan pembersih wajah dan sampo saat mandi. Anda juga pasti perlu menggunakan deodoran dan losion setelah mandi. Jika Anda membutuhkan informasi tambahan mengenai produk-produk tersebut, silakan klik tautan yang kami sediakan di bawah!

Kesimpulan

Kegiatan memilih dan membeli sabun mandi khusus pria memang terlihat sepele. Namun, siapa sangka ada cukup banyak hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih sebuah sabun mandi. Supaya Anda tidak kebingungan, poin-poin tentang cara memilih sabun mandi pria dari kami bisa Anda jadikan referensi. Sekian pembahasan dari kami. Semoga bisa membantu Anda menemukan sabun mandi yang tepat. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari berbagai kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Tentu saja lengkap dengan rekomendasi beberapa produk dari merek terbaik yang ada di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merk yang populer, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, dan LUSH.Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih scrub badan yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi scrub badan terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Body lotion merupakan salah satu produk skincare yang cukup populer. Tidak hanya merek luar negeri, body lotion lokal juga banyak beredar di pasar Indonesia, salah satunya Marina. Kualitas yang bagus, harga yang terjangkau, dan variasi produknya yang beragam membuat body lotion Marina dicintai oleh banyak orang.Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang varian body lotion Marina lengkap dengan manfaat dan cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh varian yang bagus, seperti Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Foot Massager Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Foot Massager Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah akhir-akhir ini Anda sering merasa kaki Anda lelah tetapi tidak ada waktu pergi ke tukang pijat? Nah, Anda mungkin bisa mencoba alat pijat kaki atau foot massager. Alat ini akan membantu menghilangkan lelah di kaki Anda dan Anda bisa menggunakannya kapan saja. Ada berbagai merek foot massager yang beredar di pasaran, antara lain Beurer, OSIM, dan Advance. Foot massager tersebut sudah dilengkapi berbagai fitur menarik seperti pijat shiatsu, akupunktur, dan sebagainya. Jadi, silakan pilih yang paling cocok untuk Anda setelah membaca ulasan kami berikut ini!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori