• 10 Rekomendasi Tanaman Janda Bolong Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tanaman Janda Bolong Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tanaman Janda Bolong Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tanaman Janda Bolong Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tanaman Janda Bolong Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tanaman Janda Bolong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Belakangan ini, masyarakat sedang dihebohkan dengan tanaman hias bernama janda bolong. Sebenarnya, nama tanaman ini sudah mulai naik dari 2018. Namun, puncak kehebohannya bisa dibilang baru mulai akhir-akhir ini. Harganya bahkan bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah di pasaran. Lalu, apa sebenarnya tanaman janda bolong itu?


Agar Anda bisa membedakan jenis tanaman janda bolong, kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Beberapa jenis tanaman janda bolong, seperti Monstera adansonii, Monstera borsigiana, dan Monstera deliciosa juga ada di rekomendasinya. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak kelewatan!

  • Pembaharuan terakhir: 10 November 2020
  • 3.561 Views
Daftar isi

Apa itu tanaman janda bolong?

Apa itu tanaman janda bolong?

Salah satu tanaman yang cocok untuk memperindah interior ruangan adalah janda bolong yang merupakan spesies dari tanaman MonsteraKeberadaannya membuat ruangan terasa lebih hidup dan nyaman untuk ditempati. Monstera sendiri memiliki 45 jenis spesies dan beberapa di antaranya memiliki pola daun berlubang. Monstera yang daunnya berlubang inilah yang disebut janda bolong. 


Tanaman Monstera yang sering disebut sebagai janda bolong adalah Monstera adansonii. Karena keunikannya, harga tanaman ini pun menjadi cukup tinggi. Janda bolong sudah cukup banyak ditemui di toko tanaman hias. Beberapa di antara varietasnya juga memiliki warna yang unik. Keunikan ini terjadi karena adanya mutasi atau perubahan genetik pada tanaman tersebut yang menjadikannya berwarna putih dan hijau.


Selain janda bolong yang tengah booming ini, sebenarnya masih ada banyak spesies tanaman Monstera yang tidak kalah bagusnya. Harganya bahkan juga bisa mencapai jutaan rupiah. Untuk lebih jelasnya, simak informasi di bawah ini!

Cara memilih tanaman janda bolong

Agar Anda tidak salah beli, simaklah perbedaan beberapa jenis tanaman janda bolong di bawah ini. Selain itu, perhatikanlah juga karakteristik, harga, detail produk, dan lain sebagainya sebelum Anda memutuskan membeli.

Pilih berdasarkan spesies tanamannya

Berikut ini adalah beberapa spesies Monstera yang bisa Anda jadikan tanaman hias di rumah Anda. Mari pilih yang paling Anda suka!

Monstera adansonii, tanaman janda bolong yang banyak dijual di pasaran

Monstera adansonii, tanaman janda bolong yang banyak dijual di pasaran

Jika Anda mencari tanaman janda bolong di toko tanaman, besar kemungkinan penjaga toko akan membawakan Anda Monstera adansoniiCiri khas tanaman ini adalah batangnya merambat, ukuran daunnya tipis, serta daunnya yang bolong hampir di seluruh permukaan.


Tanaman janda bolong jenis Monstera adansonii cukup banyak beredar di pasaran sehingga harganya tidak terlalu tinggi. Harga tanaman ini berkisar pada angka puluhan hingga ratusan ribu tergantung pada jumlah daun dan kualitas tanamannya.


Sebenarnya, ada salah satu spesies Monstera yang jenisnya sangat mirip dengan tanaman ini, yakni Monstera obliqua. Daun Monstera obliqua lebih tipis dan ukuran lubang pada daunnya lebih lebar. Namun, ketersediaan Monstera obliqua ini cukup langka sehingga tidak banyak dijual di pasaran. Hanya sedikit saja toko yang menjual Monstera obliqua ini.

Monstera deliciosa, ukurannya lebih tinggi dan cocok untuk interior rumah

Monstera deliciosa, ukurannya lebih tinggi dan cocok untuk interior rumah

Monstera deliciosa memiliki batang yang cukup kukuh dan ukuran daun yang lebih besar dibandingkan Monstera lainnya. Anda pasti sering menemukannya sebagai hiasan rumah ataupun hotel. Tanaman ini memiliki daun yang berlubang sampai ke bagian tulang daunnya. Orang-orang makin menyukai tanaman ini karena bentuk daunnya yang menyerupai hati. 


Akhir-akhir ini, banyak orang memburu tanaman ini karena terlihat cantik dan menonjol saat diletakkan di sudut ruangan. Harganya di pasaran berkisar mulai dari ratusan ribu. Namun, karena sedang banyak diburu orang, beberapa toko bahkan ada yang menjualnya hingga jutaan rupiah.

Monstera deliciosa variegata, menarik hati dengan corak daun yang berbeda

Monstera deliciosa variegata, menarik hati dengan corak daun yang berbeda

Bentuk tanaman ini mirip dengan Monstera deliciosa, hanya saja corak warnanya berbeda. Warna hijau dan putih pada daunnya menjadi ciri khas tanaman ini. Daunnya seperti ketumpahan cat, tetapi justru membuatnya terlihat lebih artsy. Karena kelangkaan dan keunikannya, harga tanaman ini bisa lebih tinggi daripada Monstera deliciosa. Jika Anda memiliki tanaman ini di rumah, Anda termasuk cukup beruntung.

Variasikan tanaman hias di rumah dengan spesies Monstera lainnya

Variasikan tanaman hias di rumah dengan spesies Monstera lainnya

Selain tanaman janda bolong, Anda bisa memilih Monstera lain yang tidak kalah cantiknya seperti Monstera dubia dan Monstera siltepecana. Monstera dubia memiliki corak daun berwarna hijau dan putih. Tanaman ini merambat dengan cepat pada media seperti tongkat kayu. Daunnya yang berbentuk hati dan berukuran kecil membuatnya makin menarik. Saat tumbuh besar, daunnya mulai berlubang seperti Monstera deliciosa.


Sementara itu, Monstera siltepecana hampir mirip dengan Monstera dubia, tetapi daunnya lebih mengerucut. Warna daunnya berupa kombinasi antara perak dan hijau. Tanaman ini bisa merambat ataupun menggantung pada terali. Untuk Anda yang bercita-cita memiliki hanging garden, Monstera siltepecana bisa jadi pilihan.

Belilah tanaman dari toko yang tepercaya

Belilah tanaman dari toko yang tepercaya

Membeli tanaman hias melalui toko online bisa dibilang cukup tricky karena Anda tidak bisa langsung memastikan kualitas produknya. Selain itu, pengiriman tanaman hias juga menjadi faktor yang harus Anda pertimbangkan. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah toko tanaman yang memiliki reputasi baik. 


Untuk pembelian secara online, Anda bisa memeriksa ulasan pembeli lainnya atau mengecek media sosial seperti Instagram toko tersebut. Dari sana, Anda bisa melihat jumlah followers, syarat dan ketentuan toko, hingga katalog produknya. Biasanya, kualitas produk dari sebuah toko tecermin dari ulasan pembeli atau media sosialnya.


Meskipun demikian, lebih baik lagi jika Anda dapat berkunjung langsung ke tokonya. Dengan begitu, Anda bisa menilai lebih jelas mengenai kualitas produknya. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan cara perawatan tanaman dengan lebih mendalam.

Tanyakan kondisi tanaman secara detail pada penjual

Tanyakan kondisi tanaman secara detail pada penjual

Saat beli melalui toko online, Anda hanya bisa melihat produknya lewat foto. Padahal, belum tentu tanaman yang akan Anda pilih sama persis seperti yang ada di foto. Bisa saja ada perbedaan jumlah daun, jenis pot, atau tinggi tanamannya. Untuk bisa membandingkan produk antartoko, Anda harus menanyakan dengan jelas detail tanamannya.


Harga tanaman janda bolong biasanya dipengaruhi oleh jumlah daun serta jenisnya. Selain itu, beberapa toko biasanya memberikan bonus berupa pupuk atau peralatan berkebun lainnya. Pastikan Anda mengetahui persis apa yang Anda beli, ya.

Ketahui juga cara merawat tanamannya

Ketahui juga cara merawat tanamannya

Monstera adalah tanaman tropis yang bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Meskipun demikian, tanaman janda bolong tetap membutuhkan sinar matahari yang cukup. Jangan meletakkannya di ruangan yang terpapar sinar matahari langsung karena daunnya bisa hangus.


Anda bisa menanamnya di pot berisi campuran tanah kompos atau menggunakan serat serabut kelapa yang disebut coco peat. Siram tanaman ini sehari sekali atau siram ketika Anda melihat tanahnya sudah cukup kering. 


Tanaman janda bolong termasuk tanaman yang tidak mudah mati sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir. Jika tanaman sudah tumbuh cukup besar, Anda bisa melakukan repotting ke dalam pot yang lebih besar. Untuk menjaga nutrisi dalam tanah, sebaiknya lakukanlah repotting secara rutin misalnya dua atau tiga bulan sekali. 

10 Rekomendasi tanaman janda bolong terbaik

Selanjutnya, saatnya Anda memilih tanaman janda bolong yang sudah kami seleksi pada daftar rekomendasi di bawah ini. Jangan lupa, pertimbangkan cara memilih yang sudah dijelaskan sebelumnya, ya. 

10
Nama lainX
Warna daunHijau/putih
9
Nama lainSirih kebo, sirih badak, Monstera sp. Peru
Warna daunHijau
8
Nama lainMonstera standleyana albo variegata
Warna daunHijau/putih
7
Nama lainMini Monstera
Warna daunHijau
6
Nama lainMonstera king, Philodendron king
Warna daunHijau
5
Nama lainLong neck
Warna daunHijau
4
Nama lainLong neck variegata
Warna daunHijau/putih
3
Nama lainJanda bolong, philoswiss, swiss cheese plant
Warna daunHijau
2
Nama lainMonstera king variegata, Monstera king Thai variegata
Warna daunHijau/putih
1
Nama lainJanda bolong variegata
Warna daunHijau/putih

Tabel perbandingan produk tanaman janda bolong terbaik

Gambar produk
1
Monstera adansonii variegata 1

2
Monstera deliciosa variegata 1

3
Monstera adansonii 1

4
Monstera borsigiana variegata 1

5
Monstera borsigiana 1

6
Monstera deliciosa 1

7
Rhaphidophora tetrasperma  1

8
Monstera standleyana 1

9
Monstera karstenianum 1

10
Monstera dubia 1

Nama produk

Monstera adansonii variegata

Monstera deliciosa variegata

Monstera adansonii

Monstera borsigiana variegata

Monstera borsigiana

Monstera deliciosa

Rhaphidophora tetrasperma

Monstera standleyana

Monstera karstenianum

Monstera dubia

Keunggulan

Inilah tanaman unik berharga puluhan hingga ratusan juta rupiah!

Monstera king dengan warna unik khas variegata!

Versi lain janda bolong yang harganya tidak menguras kantong

Mudah dirawat dan cantik dipandang mata

Tampilannya berbeda dengan ciri khas daun yang agak membungkuk

Daunnya berbentuk hati, pilihan manis untuk rumah minimalis Anda

Monstera versi mini yang cocok untuk penghias meja

Lebih menarik dengan bercak-bercak putih pada daunnya

Percantik sudut rumah dengan Monstera berdaun hijau glowing

Makin merambat, makin cantik!

Harga mulai dariRp 42.000.000,00Rp 3.920.000,00Rp 50.000,00Rp 320.000,00Rp 339.000,00Rp 299.999,00Rp 70.000,00Rp 100.000,00Rp 25.000,00Rp 2.000.000,00
Nama lainJanda bolong variegataMonstera king variegata, Monstera king Thai variegataJanda bolong, philoswiss, swiss cheese plantLong neck variegataLong neckMonstera king, Philodendron kingMini MonsteraMonstera standleyana albo variegataSirih kebo, sirih badak, Monstera sp. PeruX
Warna daunHijau/putihHijau/putihHijauHijau/putihHijauHijauHijauHijau/putihHijauHijau/putih
Tautan produk

Tips membuat tanaman janda bolong menjadi lebih cantik

Tips membuat tanaman janda bolong menjadi lebih cantik

Ada banyak cara untuk menjadikan tanaman janda bolong sebagai hiasan yang manis di dalam rumah. Anda bisa menanamnya di dalam pot besar, lalu meletakkannya di ruang tamu agar lebih menonjol dan memberikan kesan mewah. Untuk hiasan di kamar mandi, Anda bisa mengambil satu batang dan beberapa daunnya saja. Kemudian, letakkanlah di dalam gelas kaca berisi air yang jernih. 


Jika Anda sudah terbiasa mengurus tanaman, mungkin Anda tertarik untuk mencoba hal yang tidak biasa. Tanam Monstera Anda dengan metode kokedama. Kokedama adalah teknik menanam dari Jepang yang menggunakan lumut dan tanah sebagai media tanamnya. Bentuknya akan menjadi seperti bola lumut yang sangat cantik. Anda bisa mempelajari cara membuatnya ini dengan mudah di YouTube. 

Baca juga rekomendasi tanaman lainnya di sini

Selain janda bolong, ada berbagai jenis tanaman hias lainnya yang bisa Anda pilih untuk mempercantik ruangan. Jika Anda tertarik ingin membaca lebih lanjut, kliklah tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca informasi di atas, apakah Anda jadi lebih paham mengenai tanaman janda bolong ini? Jika iya, jangan sampai ketinggalan hype-nya, ya! Terlepas dari harganya, Monstera memang sangat cantik untuk dijadikan hiasan di dalam ruangan. 


Selain bentuknya yang unik, cara perawatannya juga sangat mudah. Dengan kemudahan ini, tanaman janda bolong bisa dirawat oleh siapa saja, termasuk Anda yang pemula.



Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    166.554 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
    63.336 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    27.400 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2020)
    Tanaman hias yang mudah dirawat seperti sikas dan monstera sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini, terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?
    Kebun & luar ruangan
    36.131 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Dewasa ini, mesin potong rumput tersedia dalam berbagai tipe seperti manual dan elektrik. Untuk mata pisaunya juga berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Dengan banyaknya pilihan, Anda pun memiliki lebih banyak opsi dan bisa mencari produk terbaik dari yang terbaik. Silakan mempertimbangkan merek Tasco, Krisbow, dan BOSCH yang sudah terbukti performanya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan dan harga. Jangan sampai sudah ngebet ingin membeli, tetapi tidak ada bujet lagi! Untuk itu, simaklah artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
    14.758 Views
  • 10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jemuran baju merupakan barang yang mudah ditemukan di tiap rumah. Dengan menggunakan jemuran baju, Anda bisa mengeringkan beragam cucian tanpa memakan banyak tempat. Meski begitu, ada juga orang yang merasa tidak puas terhadap produk jemuran baju pilihannya karena berbagai faktor.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih jemuran baju kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi jemuran baju terbaik, seperti merek IKEA, LIVEO, dan Krisbrow. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai jemuran baju dengan ukuran, harga, bentuk, dan spesifikasi berbeda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    42.476 Views
  • 10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gantungan jemuran adalah benda yang pasti selalu tersedia di semua rumah. Gantungan ini digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci. Meskipun produk ini sederhana, Anda bisa saja kebingungan saat memilih karena banyaknya jenis yang tersedia.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih dan memberikan rekomendasi gantungan jemuran terbaik kepada Anda. Semua produk rekomendasi telah kami pilih dengan saksama berdasarkan fitur dan manfaatnya. Produk dari IKEA dan Smart Frog juga tak lupa kami ulas. Silakan simak artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
    3.275 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori