• 10 Tanaman Janda Bolong Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Tanaman Janda Bolong Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Tanaman Janda Bolong Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Tanaman Janda Bolong Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Tanaman Janda Bolong Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Tanaman Janda Bolong Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)

Sebenarnya, nama tanaman janda bolong ini sudah mulai naik dari 2018. Namun, puncak kehebohannya bisa dibilang baru mulai akhir-akhir ini. Harganya bahkan bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah di pasaran. Lalu, apa sebenarnya tanaman janda bolong itu?


Agar Anda bisa membedakan jenis tanaman janda bolong, kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Kami juga merekomendasikan beberapa jenis tanaman janda bolong yang bagus, seperti Monstera adansonii, Monstera borsigiana, dan Monstera deliciosa. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Oleh karena itu, pastikan simak sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Yuiimii
  • Pembaharuan terakhir: 11 September 2021
  • 5.935 Views
Daftar isi

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii
Yuiimii
Gardener & photographer
Yuiimii

Yuimii adalah seorang fotografer dan pencinta tanaman hias, khususnya tanaman aroid. Yuimii memulai hobi bertanam sejak 2017. Hobinya bermula dari kecintaannya terhadap tanaman Monstera yang mempunyai daun unik dan estetik saat di foto.


Yuimii juga mengoleksi tanaman Monstera lainnya, seperti anthurium dan philodendron. Saat ini ia sedang fokus pada tanaman aroid variegata dan tanaman endemik Indonesia. Ia pernah menjuarai foto wildlife tingkat nasional dan mendapat penghargaan di grup aroid nasional.

Apa itu tanaman janda bolong?

Apa itu tanaman janda bolong?

Salah satu tanaman yang cocok untuk memperindah interior ruangan adalah janda bolong yang merupakan spesies dari tanaman MonsteraKeberadaannya membuat ruangan terasa lebih hidup dan nyaman untuk ditempati.


Saat ini, spesies Monstera jumlahnya belum pasti, tetapi beberapa di antaranya memiliki pola daun berlubang. Monstera yang daunnya berlubang inilah yang disebut janda bolong


Tanaman Monstera yang sering disebut sebagai janda bolong adalah Monstera adansonii. Karena keunikannya, harga tanaman ini pun menjadi cukup tinggi. Janda bolong sudah cukup banyak ditemui di toko tanaman hias.


Beberapa di antara varietasnya juga memiliki warna yang unik. Keunikan ini terjadi karena adanya mutasi atau perubahan genetik pada tanaman tersebut yang menjadikannya berwarna putih dan hijau.


Selain janda bolong yang tengah booming ini, sebenarnya masih ada banyak spesies tanaman Monstera yang tidak kalah bagusnya. Harganya bahkan juga bisa mencapai jutaan rupiah. Untuk lebih jelasnya, simak informasi di bawah ini!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tanaman janda bolong

Agar Anda tidak salah beli, simaklah perbedaan beberapa jenis tanaman janda bolong di bawah ini. Selain itu, perhatikanlah juga karakteristik, harga, detail produk, dan lain sebagainya sebelum Anda memutuskan membeli.

Pilih berdasarkan spesies tanamannya

Berikut ini adalah beberapa spesies Monstera yang bisa Anda jadikan tanaman hias di rumah Anda. Mari pilih yang paling Anda suka!

Monstera adansonii, tanaman janda bolong yang banyak dijual di pasaran

Monstera adansonii, tanaman janda bolong yang banyak dijual di pasaran

Jika Anda mencari tanaman janda bolong di toko tanaman, besar kemungkinan penjaga toko akan membawakan Anda Monstera adansoniiCiri khas tanaman ini adalah batangnya merambat, ukuran daunnya tipis, serta daunnya yang bolong hampir di seluruh permukaan. Daun dari Monstera adansonii panjangnya bisa melebihi 1 meter. Namun, tentunya butuh waktu yang cukup lama untuk mencapai daun mature.


Tanaman janda bolong jenis Monstera adansonii cukup banyak beredar di pasaran sehingga harganya tidak terlalu tinggi. Harga tanaman ini berkisar pada angka puluhan hingga ratusan ribu tergantung pada jumlah daun dan kualitas tanamannya.


Sebenarnya, ada salah satu spesies Monstera yang jenisnya sangat mirip dengan tanaman ini, yakni Monstera obliqua. Daun Monstera obliqua lebih tipis dan ukuran lubang pada daunnya lebih lebar. Namun, ketersediaan Monstera obliqua ini cukup langka sehingga tidak banyak dijual di pasaran. Hanya sedikit saja toko yang menjual Monstera obliqua ini.

Monstera deliciosa, ukurannya lebih tinggi dan cocok untuk interior rumah

Monstera deliciosa, ukurannya lebih tinggi dan cocok untuk interior rumah

Monstera deliciosa memiliki batang yang cukup kukuh dan ukuran daun yang lebih besar dibandingkan Monstera lainnya. Anda pasti sering menemukannya sebagai hiasan rumah ataupun hotel. Tanaman ini memiliki daun yang berlubang sampai ke bagian tulang daunnya. Orang-orang makin menyukai tanaman ini karena bentuk daunnya yang menyerupai hati. 


Akhir-akhir ini, banyak orang memburu tanaman ini karena terlihat cantik dan menonjol saat diletakkan di sudut ruangan. Harganya di pasaran berkisar mulai dari ratusan ribu. Namun, karena sedang banyak diburu orang, beberapa toko bahkan ada yang menjualnya hingga jutaan rupiah.

Monstera deliciosa variegata, menarik hati dengan corak daun yang berbeda

Bentuk tanaman ini mirip dengan Monstera deliciosa, hanya saja corak warnanya berbeda. Warna hijau dan putih pada daunnya menjadi ciri khas tanaman ini. Daunnya seperti ketumpahan cat, tetapi justru membuatnya terlihat lebih artsy. Karena kelangkaan dan keunikannya, harga tanaman ini bisa lebih tinggi daripada Monstera deliciosa. Jika Anda memiliki tanaman ini di rumah, Anda termasuk cukup beruntung.

Variasikan tanaman hias di rumah dengan spesies Monstera lainnya

Variasikan tanaman hias di rumah dengan spesies Monstera lainnya

Selain tanaman janda bolong, Anda bisa memilih Monstera lain yang tidak kalah cantiknya seperti Monstera dubia dan Monstera siltepecana. Monstera dubia memiliki corak daun berwarna hijau dan putih. Tanaman ini merambat dengan cepat pada media seperti tongkat kayu.


Daunnya yang berbentuk hati dan berukuran kecil membuatnya makin menarik. Saat tumbuh besar, daunnya mulai berlubang seperti Monstera deliciosa.


Sementara itu, Monstera siltepecana hampir mirip dengan Monstera dubia, tetapi daunnya lebih mengerucut. Warna daunnya berupa kombinasi antara perak dan hijau. Tanaman ini bisa merambat ataupun menggantung pada terali. Untuk Anda yang bercita-cita memiliki hanging garden, Monstera siltepecana bisa jadi pilihan.

Belilah tanaman dari toko yang tepercaya

Membeli tanaman hias melalui toko online bisa dibilang cukup tricky karena Anda tidak bisa langsung memastikan kualitas produknya. Selain itu, pengiriman tanaman hias juga menjadi faktor yang harus Anda pertimbangkan. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah toko tanaman yang memiliki reputasi baik. 


Untuk pembelian secara online, Anda bisa memeriksa ulasan pembeli lainnya atau mengecek media sosial seperti Instagram toko tersebut. Dari sana, Anda bisa melihat jumlah followers, syarat dan ketentuan toko, hingga katalog produknya. Biasanya, kualitas produk dari sebuah toko tecermin dari ulasan pembeli atau media sosialnya.


Meskipun demikian, lebih baik lagi jika Anda dapat berkunjung langsung ke tokonya. Dengan begitu, Anda bisa menilai lebih jelas mengenai kualitas produknya. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan cara perawatan tanaman dengan lebih mendalam.

Tanyakan kondisi tanaman secara detail pada penjual

Tanyakan kondisi tanaman secara detail pada penjual

Saat beli melalui toko online, Anda hanya bisa melihat produknya lewat foto. Padahal, belum tentu tanaman yang akan Anda pilih sama persis seperti yang ada di foto. Bisa saja ada perbedaan jumlah daun, jenis pot, atau tinggi tanamannya. Untuk bisa membandingkan produk antartoko, Anda harus menanyakan dengan jelas detail tanamannya.


Harga tanaman janda bolong biasanya dipengaruhi oleh jumlah daun serta jenisnya. Selain itu, beberapa toko biasanya memberikan bonus berupa pupuk atau peralatan berkebun lainnya. Pastikan Anda mengetahui persis apa yang Anda beli, ya.

Ketahui juga cara merawat tanamannya

Ketahui juga cara merawat tanamannya

Monstera adalah tanaman tropis yang bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Meskipun demikian, tanaman janda bolong tetap membutuhkan sinar matahari yang cukup. Jangan meletakkannya di ruangan yang terpapar sinar matahari langsung karena daunnya bisa hangus.


Anda bisa menanamnya di pot berisi campuran tanah kompos atau menggunakan serat serabut kelapa yang disebut coco peat. Siram tanaman ini sehari sekali atau siram ketika Anda melihat tanahnya sudah cukup kering. 


Tanaman janda bolong termasuk tanaman yang tidak mudah mati sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir. Jika tanaman sudah tumbuh cukup besar, Anda bisa melakukan repotting ke dalam pot yang lebih besar. Untuk menjaga nutrisi dalam tanah, sebaiknya lakukanlah repotting secara rutin misalnya dua atau tiga bulan sekali

10 Rekomendasi tanaman janda bolong terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tanaman janda bolong terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yuiimii.

10
Nama lainX
Warna daunHijau/putih
9
Nama lainSirih kebo, sirih badak, Monstera sp. Peru
Warna daunHijau
8
Nama lainMonstera standleyana albo variegata
Warna daunHijau/putih
7
Nama lainMini Monstera
Warna daunHijau
6
Nama lainMonstera king, Philodendron king
Warna daunHijau
5
Nama lainLong neck
Warna daunHijau
4
Nama lainLong neck variegata
Warna daunHijau/putih
3
Nama lainJanda bolong, philoswiss, swiss cheese plant
Warna daunHijau
2
Nama lainMonstera king variegata, Monstera king Thai variegata
Warna daunHijau/putih
1
Nama lainJanda bolong variegata
Warna daunHijau/putih

Tabel perbandingan produk tanaman janda bolong terbaik

Gambar produk
1
Monstera adansonii variegata 1

2
Monstera deliciosa variegata 1

3
Monstera adansonii 1

4
Monstera borsigiana variegata 1

5
Monstera borsigiana 1

6
Monstera deliciosa 1

7
Rhaphidophora tetrasperma  1

8
Monstera standleyana 1

9
Monstera karstenianum 1

10
Monstera dubia 1

Nama produk

Monstera adansonii variegata

Monstera deliciosa variegata

Monstera adansonii

Monstera borsigiana variegata

Monstera borsigiana

Monstera deliciosa

Rhaphidophora tetrasperma

Monstera standleyana

Monstera karstenianum

Monstera dubia

Keunggulan

Inilah tanaman unik berharga puluhan hingga ratusan juta rupiah!

Monstera king dengan warna unik khas variegata!

Versi lain janda bolong yang harganya tidak menguras kantong

Mudah dirawat dan cantik dipandang mata

Tampilannya berbeda dengan ciri khas daun yang agak membungkuk

Daunnya berbentuk hati, pilihan manis untuk rumah minimalis Anda

Monstera versi mini yang cocok untuk penghias meja

Lebih menarik dengan bercak-bercak putih pada daunnya

Percantik sudut rumah dengan Monstera berdaun hijau glowing

Makin merambat, makin cantik!

Harga mulai dariRp 42.000.000,00Rp 3.920.000,00Rp 50.000,00Rp 750.000,00Rp 339.000,00Rp 299.999,00Rp 70.000,00Rp 100.000,00Rp 25.000,00Rp 2.000.000,00
Nama lainJanda bolong variegataMonstera king variegata, Monstera king Thai variegataJanda bolong, philoswiss, swiss cheese plantLong neck variegataLong neckMonstera king, Philodendron kingMini MonsteraMonstera standleyana albo variegataSirih kebo, sirih badak, Monstera sp. PeruX
Warna daunHijau/putihHijau/putihHijauHijau/putihHijauHijauHijauHijau/putihHijauHijau/putih
Tautan produk

Tips membuat tanaman janda bolong menjadi lebih cantik

Tips membuat tanaman janda bolong menjadi lebih cantik

Ada banyak cara untuk menjadikan tanaman janda bolong sebagai hiasan yang manis di dalam rumah. Anda bisa menanamnya di dalam pot besar, lalu meletakkannya di ruang tamu agar lebih menonjol dan memberikan kesan mewah. Untuk hiasan di kamar mandi, Anda bisa mengambil satu batang dan beberapa daunnya saja. Kemudian, letakkanlah di dalam gelas kaca berisi air yang jernih. 


Jika Anda sudah terbiasa mengurus tanaman, mungkin Anda tertarik untuk mencoba hal yang tidak biasa. Tanam Monstera Anda dengan metode kokedama. Kokedama adalah teknik menanam dari Jepang yang menggunakan lumut dan tanah sebagai media tanamnya. Bentuknya akan menjadi seperti bola lumut yang sangat cantik. Anda bisa mempelajari cara membuatnya ini dengan mudah di YouTube. 

Pertanyaan umum seputar tanaman janda bolong

Pertanyaan umum seputar tanaman janda bolong

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar tanaman janda bolong. Jika Anda masih penasaran dengan tanaman janda bolong, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah media tanam terbaik untuk Monstera?

Sebaiknya gunakan media yang porous, seperti andam, pine bark, sekam, pakis cacah, perlite, dan lain-lain untuk menanam Monstera. Carilah di daerah rumah Anda yang mudah ditemukan. Untuk tambahan nutrisi, Anda bisa menggunakan pupuk organik dan pupuk daun. Gunakanlah sesuai dengan petunjuk karena penggunaan pupuk secara berlebihan bisa membuat tanaman kesayangan mati.

Kenapa daun Monstera saya menggulung atau mengeriting?

Daun Monstera keriting biasanya disebabkan oleh akar yang kurang sehat. Coba bongkar media tanam lalu cek akarnya. Mungkin media tanamnya terlalu padat atau terlalu banyak menyimpan air. Jika ada akar yang busuk, lebih baik dipotong, dibersihkan, dan diganti dengan media baru yang lebih porous. Pindahkan tanaman ke tempat yang cukup mendapat cahaya, tetapi tetap di bawah naungan. 


Terkadang kekurangan nutrisi juga memengaruhi pertumbuhan daun Monstera. Oleh karena itu, berikan nutrisi tambahan seperti pupuk organik pada media dan berikan pupuk daun seminggu sekali.

Baca juga rekomendasi tanaman lainnya di sini

Selain janda bolong, ada berbagai jenis tanaman hias lainnya yang bisa Anda pilih untuk mempercantik ruangan. Jika Anda tertarik ingin membaca lebih lanjut, kliklah tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca informasi di atas, apakah Anda jadi lebih paham mengenai tanaman janda bolong ini? Jika iya, jangan sampai ketinggalan hype-nya, ya! Terlepas dari harganya, Monstera memang sangat cantik untuk dijadikan hiasan di dalam ruangan. 


Selain bentuknya yang unik, cara perawatannya juga sangat mudah. Dengan kemudahan ini, tanaman janda bolong bisa dirawat oleh siapa saja, termasuk Anda yang pemula.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gantungan jemuran adalah benda yang pasti selalu tersedia di semua rumah. Gantungan ini digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci. Meskipun produk ini sederhana, Anda bisa saja kebingungan saat memilih karena banyaknya jenis yang tersedia.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih dan memberikan rekomendasi gantungan jemuran terbaik kepada Anda. Semua produk rekomendasi telah kami pilih dengan saksama berdasarkan fitur dan manfaatnya. Produk dari IKEA dan Smart Frog juga tak lupa kami ulas. Silakan simak artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
    4.312 Views
  • 10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hidup di kota besar yang penuh hiruk pikuk tentu mudah membuat Anda stres. Dengan berayun santai menggunakan kursi buaian gantung atau hammock chair, pikiran Anda pun dapat disegarkan kembali. Saat ini, tersedia berbagai jenis kursi gantung untuk indoor maupun outdoor yang dapat Anda nikmati bersama keluarga.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi hammock chair terbaik. Dengan begitu, Anda pun semakin mudah menemukan produk yang tepat. Anda akan menemukan beragam hammock chair berkualitas dalam artikel ini. Silakan disimak!
    Kebun & luar ruangan
    2.248 Views
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Tanaman hias yang mudah dirawat, seperti sikas dan Monstera, sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang bagus dan sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini, terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?
    Kebun & luar ruangan
    41.569 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
    23.936 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tampilan akuarium yang sama dari tahun ke tahun pasti membuat Anda bosan. Jika demikian, kami sarankan Anda untuk mendekorasi ulang akuarium menggunakan tanaman aquascape. Tanaman ini pasti akan memberikan suasana baru bagi akuarium di dalam rumah Anda.Ludwigia sp., Anubias barteri, dan Hemianthus callitrichoides merupakan beberapa jenis tanaman aquascape yang bisa dibeli di toko online. Dari beberapa tanaman aquascape tersebut, manakah yang paling sesuai dengan akuarium di rumah Anda? Untuk mengetahui jawabannya, bacalah cara memilih tanaman aquascape terbaik dan melihat review-nya di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
    967 Views
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    8.733 Views
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Media tanam adalah campuran bahan organik dan anorganik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sebuah tanaman. Selain menutrisi, media tanam juga membantu formasi akar serta menampung udara dan air di dalamnya. Anda bisa meraciknya sendiri ataupun membeli produk media tanam siap pakai.Pemilihan media tanam penting karena produk yang salah dapat membuat tanaman cepat busuk atau gagal berbuah. Kami akan memberi tips cara memilih media tanam yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk dari merek terkenal, seperti Klasmann, Trubus, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    1.756 Views
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    6.327 Views
  • 10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masa pandemi membuat banyak orang mencoba hobi baru, salah satunya adalah merawat bonsai. Meskipun namanya diambil dari bahasa Jepang, bonsai sebenarnya ditemukan pertama kali di Tiongkok. Teknik merawat pohon yang sebenarnya berukuran besar dibuat menjadi kerdil ini memiliki kerumitan tersendiri.Namun, di situlah seni merawat bonsai sehingga tak heran harganya bisa sangat mahal. Nah, di artikel ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan beberapa bonsai yang bagus. Beberapa jenis bonsai yang menarik seperti bonsai beringin, kemboja, atau serut ada di dalam rekomendasi kami. Simak selengkapnya!
    Kebun & luar ruangan
    885 Views
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    3.602 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    6.309 Views
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    190.519 Views
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    8.707 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    38.782 Views
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    3.588 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
    23.922 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Lidah Mertua Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Lidah Mertua Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda sedang mencari tanaman hias untuk mempercantik halaman atau sudut ruangan? Tanaman lidah mertua bisa menjadi pilihan tepat. Tanaman asli Afrika ini memiliki bentuk daun yang unik. Selain itu, tanaman bernama lain sansivera atau Sansevieria dan snake plant ini memiliki warna serta motif yang indah.Berbagai jenis tanaman lidah mertua dijual di e-commerce, seperti Sansevieria trifasciata 'Laurentii', Sansevieria kirkii 'Coppertone', dan Sansevieria rorida. Untuk membantu Anda menemukan tanaman lidah mertua yang bagus, kami akan merekomendasikan sepuluh tanaman lidah mertua terbaik. Namun, Anda sebaiknya menyimak terlebih dahulu pembahasan di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
    165 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori