• 10 Rekomendasi DJ Controller Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi DJ Controller Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi DJ Controller Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi DJ Controller Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi DJ Controller Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi DJ Controller Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Dahulu, untuk menjadi seorang disk jockey (DJ), Anda membutuhkan rekaman analog dan CD yang memerlukan banyak latihan. Kini, menjadi DJ lebih mudah dengan menggunakan komputer, smartphone, dan DJ controller. Banyaknya produk DJ controller dengan berbagai fungsi seperti Pioneer, Numark, dan Roland pasti membuat Anda bingung ketika memilih.

Kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih DJ controller dan rekomendasi produk terbaik. Kami juga akan mengulas software dan aplikasi DJ untuk komputer dan smartphone. Ayo menjadi DJ menggunakan lagu favorit Anda dan nikmati musik dengan lebih bebas!

  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 219 Views
Daftar isi

Apa itu DJ controller?

Apa itu DJ controller?

Tugas seorang DJ tidak hanya sekadar memilih musik untuk dimainkan berikutnya saja. Seorang DJ harus mampu mengatur waktu (cue point) dan menyesuaikan kecepatan (tempo) musik yang sedang dimainkan. Selain itu, DJ juga harus mengatur besar volume lagu serta menurunkan volumenya untuk transisi ke lagu selanjutnya.


Ada berbagai tombol dan kenop untuk mengaransemen musik yang harus dikendalikan DJ. Jadi, sulit untuk mengontrol waktu yang tepat jika hanya mengandalkan komputer atau smartphone saja. DJ controller adalah alat yang akan mempermudah Anda untuk menghubungkan lagu secara lebih intuitif. Alhasil, Anda bisa menghasilkan permainan DJ dengan lebih baik.

Jenis software atau perangkat lunak DJ

Bagi seorang DJ, hal pertama yang Anda butuhkan selain DJ controller adalah software DJ. Anda dapat mendengarkan musik pada iTunes atau Spotify. Namun, karena tidak memiliki fungsi untuk mengaransemen lagu, Anda perlu menginstal software khusus DJ. Setiap software memiliki karakteristik tersendiri. Pilihlah software DJ sembari membayangkan musik seperti apa yang ingin Anda mainkan.

Software DJ untuk komputer

Ada beberapa software DJ yang umum dipakai di komputer, seperti Serato DJ Pro, TRAKTOR, dan Pioneer Rekordbox. Kami akan mengulas tiap-tiap software tersebut di bawah ini khusus untuk Anda.

Serato DJ Pro

Serato DJ Pro

Serato DJ Pro dikenal sebagai perangkat lunak yang paling banyak digunakan ketika bermain DJ menggunakan komputer. Software ini mudah diatur dan digunakan bahkan untuk pemula dan mereka yang tidak ahli menggunakan komputer.


Sebagai salah satu genre musik, perkembangan musik seperti hip-hop, reggae, dan EDM telah banyak berubah. Genre-genre tersebut cukup populer di kalangan DJ yang memiliki waktu singkat untuk mengaransemen musik.


Software ini memiliki dua model yaitu Serato DJ Pro dan Serato DJ Lite. Untuk versi Lite, Anda bisa mengunduhnya secara gratis. Jika hanya untuk penggunaan pribadi seperti di rumah, model Lite sudah cukup. Namun, karena model ini adalah versi di bawah Pro, ia tidak dapat merekam hasil musik Anda. Jika Anda tidak puas dengan model Lite, kami merekomendasikan untuk pindah menggunakan model Pro.

TRAKTOR

Software TRAKTOR dirilis oleh Native Instruments asal Jerman yang terkenal sebagai produsen sound dan peralatan untuk produksi musik. TRAKTOR dilengkapi fungsi "beat-sync" dengan akurasi tinggi yang otomatis menyesuaikan tempo musik yang dimainkan dengan musik selanjutnya. Kualitas suaranya tidak bergeser ketika menyambungkan musik sehingga pemula pun dapat dengan mudah menggunakannya.


Selain EDM, software ini juga populer di kalangan DJ dengan gaya house techno trance. TRAKTOR juga dapat digunakan untuk genre musik lain dengan ketukan konstan yang disebut "four-stroke". Karena bisa memainkan hingga empat lagu sekaligus, software ini cocok untuk DJ yang ingin bermain lebih teknis.

Pioneer Rekordbox

Pioneer Rekordbox adalah software keluaran produsen peralatan musik Jepang, Pioneer. DJ yang menggunakan komputer pada umumnya memasukkan musik ke dalam USB atau menyambungkannya pada CDJ Pioneer. Software Rekordbox adalah pilihan yang tepat karena kompatibel dengan keduanya. Ada versi gratis dan berbayar, selain fungsi manajemen musik, versi berbayar bisa beralih ke DJ mode.


Software ini dapat digunakan apa pun genre musiknya karena DJ controller Pioneer memiliki banyak variasi dan fungsi. Pioneer Rekordbox ini dapat langsung digunakan bahkan oleh pemula.

Software DJ untuk smartphone dan tablet

Berikutnya, kami akan mengulas software yang bisa dipakai untuk DJ-ing menggunakan smartphone seperti Djay2 dan TRAKTOR. Yuk, simak dan ketahui karakteristik masing-masing!

Djay2

Djay2

Djay2 adalah software DJ paling terkenal untuk smartphone dan tablet. Software ini banyak digunakan oleh DJ profesional karena kompatibel dengan berbagai merek DJ controller. Djay2 mampu merekam pertunjukan Anda dengan nyata sehingga Anda tidak sadar sedang bermain menggunakan smartphone.


Tidak hanya dapat digunakan pada iPhone, Djay2 juga merilis aplikasi software versi Android. Untuk playlist, Anda bisa membuat dan mengimpornya dari iTunes. Dengan begitu, Anda dapat langsung menggunakan musik yang biasa Anda dengar untuk aransemen DJ Anda.

TRAKTOR

Ini adalah software yang telah kami ulas di bagian software DJ untuk komputer. Berbeda dengan Djay2 yang tampilannya tipe record, software ini dirancang untuk DJ-ing dengan mengetuk bentuk gelombang musik. Dengan mengetuk bentuk gelombang lagu secara langsung, Anda bisa mengaransemen musik dengan lebih detail.


Musik yang akan digunakan pada TRAKTOR dapat diimpor dari Dropbox dan iTunes. Software ini dilengkapi fungsi yang secara otomatis memilih lagu dengan tempo dan skala yang baik, serta kompatibel.

Cara memilih DJ controller

Jenis controller yang Anda pilih akan berubah tergantung suasana dan tempat Anda akan memakainya. Selain, DJ profesional di klub, ada DJ controller yang cocok untuk pesta kecil di rumah teman. Nah, simak tips memilih DJ controller dari kami sampai akhir, ya!

Perhatikan portabilitasnya

Perhatikan portabilitasnya

Tidak hanya di rumah, Anda mungkin ingin tampil di pesta kecil atau kafe. Karena itu, kami menyarankan Anda memilih DJ controller yang portabel dan ringan. Saat melakukan DJ di luar ruangan, ada banyak hal yang harus Anda bawa seperti komputer, DJ controller, adaptor AC, dan kabel USB. Dengan memiliki DJ controller yang ringkas, Anda dapat tampil di berbagai tempat dengan langkah kaki yang ringan.


Anda bisa memilih produk yang dijual lengkap dengan box atau tempat penyimpanannya agar mudah dibawa. Kalau tidak, Anda juga bisa membeli tempat penyimpanan yang dijual terpisah. Dengan tempat penyimpanan, DJ controller Anda akan lebih aman dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Pilih controller yang dapat digunakan pada smartphone dan tablet

Pilih controller yang dapat digunakan pada smartphone dan tablet

Saat ini, jumlah DJ yang menggunakan aplikasi DJ untuk smartphone dan tablet makin meningkat. Keuntungan terbesar dari penggunaan aplikasi ialah ringkas dan sederhana. Aplikasi DJ memiliki fungsi yang luar biasa, banyak di antaranya memiliki fungsi efek yang sama seperti komputer. Bahkan, para DJ profesional juga terkadang menggunakan tablet ketika mereka tampil di klub.


Sayangnya, DJ-ing menggunakan smartphone dan tablet baru menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, produk DJ controller yang kompatibel dengan smartphone dan tablet terbilang masih sedikit. Namun, di masa mendatang pasti model baru yang kompatibel dengan smartphone dan tablet akan banyak dirilis. Jadi, untuk saat ini, lebih baik membeli DJ controller yang terjangkau terlebih dahulu.

Pilih yang sesuai dengan pengalaman DJ Anda

Pilih yang sesuai dengan pengalaman DJ Anda

Jika Anda seorang DJ, pilihlah DJ controller versi profesional yang dapat digunakan dengan baik saat tampil di klub. Ada berbagai genre yang dimainkan di klub dan ada berbagai produk yang sesuai untuk setiap genre tersebut. Sebaiknya pilihlah DJ controller yang kompatibel dengan software yang Anda miliki dan genre musik yang Anda mainkan.


Di sisi lain, beberapa orang mungkin ingin berlatih di rumah dengan komputer dan DJ controller. Sementara itu, mereka harus tampil di klub menggunakan peralatan yang telah disediakan. Jadi, ketika Anda bermain di klub, Anda akan tampil menggunakan peralatan yang ada di sana. Namun, hal ini tidak berlaku jika Anda membawa komputer dan DJ controller milik Anda sendiri.


Klub biasanya menggunakan DJ mixers yang juga berperan sebagai DJ controller. DJ mixers ini berbeda-beda tergantung tempatnya. Agar mampu mengoperasikan peralatan mana pun, pilihlah DJ controller yang tampilan dan kegunaannya mirip dengan DJ mixers. Pasalnya, karakteristik DJ mixers berbeda dengan DJ controller yang biasa Anda gunakan ketika berlatih di rumah.

Perhatikan fungsi yang dapat dimainkan seperti efek dan LED

Perhatikan fungsi yang dapat dimainkan seperti efek dan LED

Ada banyak DJ controller di pasaran yang tidak hanya mengaransemen musik, tetapi juga menambahkan efek pada lagu. Misalnya, ada efek "echo" untuk membuat suara bergema atau "loop" untuk memainkan lagu di tempat yang sama berulang kali. Anda juga dapat menambahkan efek "filter" untuk memutar lagu hanya pada bagian tinggi atau rendah saja.


Jika fitur efek ini dimanfaatkan dengan baik, Anda dapat membuat diri Anda seolah-olah sedang memainkan lagu baru. Dengan begitu, penonton atau kolega yang menyaksikan penampilan Anda pun akan lebih terhibur. Bisa dikatakan bahwa fitur efek ini adalah ciri khusus dari sebuah DJ controller.


Selain efek, ada juga produk yang dilengkapi lampu LED yang dapat menyala seperti mirror ball di klub. Terdapat pula produk yang memungkinkan Anda menambahkan potongan lagu atau lap dengan mikrofon.

Periksalah kompatibilitas dengan software dan aplikasi DJ

Periksalah kompatibilitas dengan software dan aplikasi DJ

Hal terpenting yang harus diingat saat membeli DJ controller adalah kompatibilitasnya dengan aplikasi software DJ. Jika Anda telah menginstal software DJ, harap periksa daftar spesifikasi peralatannya dengan cermat sebelum membeli. Jika tidak kompatibel dengan software yang digunakan, DJ controller mungkin tidak dapat menyala dengan baik bahkan rusak.

10 Rekomendasi DJ controller terbaik

Berikut ini adalah sepuluh rekomendasi DJ controller terbaik untuk Anda. Jadikanlah rekomendasi kami sebagai referensi ketika Anda akan membeli DJ controller. Kami juga memberikan penjelasan singkat di setiap produk rekomendasi untuk memudahkan Anda membandingkan produk terbaik.

10
Berat3,5 kg
PeralatanKomputer
SoftwareSerato DJ Pro
Sumber daya listrikAdaptor AC
9
Berat5,2 kg
PeralatanKomputer
SoftwareRekordbox
Sumber daya listrikAdaptor AC
8
Berat1,9 kg
PeralatanKomputer, smartphone
SoftwareSerato DJ Lite, Mixxx, Virtual DJ 8
Sumber daya listrikUSB
7

Denon DJProfessional 4-Channel DJ Controller

MC6000MK2

Rp 6.999.000,00

Berat4,2 kg
PeralatanKomputer
SoftwareSerato DJ Lite (bisa di-upgrade menjadi Pro), Virtual DJ, Traktor Pro 2, Mixvibes Cross, OtsAV
Sumber daya listrikUSB
6
Berat1,2 kg
PeralatanKomputer, smartphone, tablet
SoftwareWeDJ, Rekordbox, Djay, Edjing Mix
Sumber daya listrikUSB
5
Berat2,4 kg
Peralatankomputer
SoftwareSerato DJ Lite (bisa di-upgrade menjadi Pro)
Sumber daya listrikUSB
4

Pioneer DJ2-Channel DJ Controller

DDJ-SB3

Rp 7.420.000,00

Berat2,1 kg
PeralatanKomputer
SoftwareSerato DJ Lite (bisa di-upgrade menjadi Pro)
Sumber daya listrikUSB
3
Berat2,36 kg
PeralatanKomputer, smartphone, tablet
SoftwareTRAKTOR PRO 3, TRAKTOR DJ 2
Sumber daya listrikUSB
2

Pioneer DJCompact DJ Software Controller

DDJ-WEGO4-K

Rp 4.749.000,00

Berat1,8 kg
PeralatanKomputer, smartphone, tablet
SoftwareWeDJ, Rekordbox, Djay2, Vjay, TRAKTOR PRO 2
Sumber daya listrikUSB, adaptor AC
1

Pioneer DJ2-Channel DJ Controller

DDJ-400

Rp 6.490.000,00

Berat2,1 kg
PeralatanKomputer, smartphone
SoftwareRekordbox, Djay, Djay Pro
Sumber daya listrikUSB

Tabel perbandingan produk DJ controller terbaik

Gambar produk
1
Pioneer DJ 2-Channel DJ Controller 1

Pioneer DJ

2
Pioneer DJ Compact DJ Software Controller 1

Pioneer DJ

3
Native Instruments Traktor Kontrol S2 1

Native Instruments

4
Pioneer DJ 2-Channel DJ Controller 1

Pioneer DJ

5
Numark Mixtrack Platinum 1

Numark

6
Pioneer DJ Smart DJ Controller 1

Pioneer DJ

7
Denon DJ Professional 4-Channel DJ Controller 1

Denon DJ

8
Numark Mixtrack Pro 3 1

Numark

9
Pioneer DJ All-in-one DJ System 1

Pioneer DJ

10
Roland DJ Controller 1

Roland

Nama produk

2-Channel DJ Controller

Compact DJ Software Controller

Traktor Kontrol S2

2-Channel DJ Controller

Mixtrack Platinum

Smart DJ Controller

Professional 4-Channel DJ Controller

Mixtrack Pro 3

All-in-one DJ System

DJ Controller

Keunggulan

Dilengkapi tutorial! Latihan di rumah seperti sedang bermain di klub

Ringan dan stylish! Memungkinkan berbagai jenis pengaturan

Anda dapat berpesta di mana pun dan kapan pun

Desain mewah! Anda dapat menikmati permainan DJ yang intuitif

Memiliki banyak efek dan mendukung berbagai genre musik

Tak perlu ragu bermain DJ menggunakan smartphone!

DJ controller berukuran mini dengan empat saluran

Desain sempurna, bisa dipakai dengan beragam software!

Dilengkapi layar besar, cocok untuk DJ profesional

Dengan banyak fungsi, cocok untuk mobile DJ

HargaRp 6.490.000,00Rp 4.749.000,00Rp 4.915.000,00Rp 7.420.000,00Rp 4.640.000,00Rp 2.999.000,00Rp 6.999.000,00Rp 3.650.000,00Rp 19.549.000,00Rp 15.760.000,00
Berat2,1 kg1,8 kg2,36 kg2,1 kg2,4 kg1,2 kg4,2 kg1,9 kg5,2 kg3,5 kg
PeralatanKomputer, smartphoneKomputer, smartphone, tabletKomputer, smartphone, tabletKomputerkomputerKomputer, smartphone, tabletKomputerKomputer, smartphoneKomputerKomputer
SoftwareRekordbox, Djay, Djay ProWeDJ, Rekordbox, Djay2, Vjay, TRAKTOR PRO 2TRAKTOR PRO 3, TRAKTOR DJ 2Serato DJ Lite (bisa di-upgrade menjadi Pro)Serato DJ Lite (bisa di-upgrade menjadi Pro)WeDJ, Rekordbox, Djay, Edjing MixSerato DJ Lite (bisa di-upgrade menjadi Pro), Virtual DJ, Traktor Pro 2, Mixvibes Cross, OtsAVSerato DJ Lite, Mixxx, Virtual DJ 8RekordboxSerato DJ Pro
Sumber daya listrikUSBUSB, adaptor ACUSBUSBUSBUSBUSBUSBAdaptor ACAdaptor AC
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan musik lainnya di sini

Jika Anda senang mendengarkan musik dan menikmati bermain musik, Anda membutuhkan banyak perlengkapan untuk mendukung hobi tersebut. Baca juga rekomendasi perlengkapan musik di bawah ini dan pilihlah yang sesuai untuk Anda!

Kesimpulan

Kali ini, kami telah mengulas rekomendasi produk DJ controller untuk Anda. Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi produk yang telah kami pilih?


Coba bayangkan tempat Anda berada dan jenis musik apa yang ingin Anda mainkan. Dengan begitu, Anda dapat memilih produk yang cocok untuk digunakan. Mari temukan DJ controller dan software yang sesuai untuk Anda, and enjoy your DJ life!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    155.664 Views
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Harmonika merupakan alat musik tiup berukuran kecil, tetapi bersuara impresif. Meski bentuknya sederhana, harmonika menghasilkan nada yang kaya sehingga banyak digunakan di berbagai genre musik. Bagi Anda yang pemula, Anda mungkin masih bingung dalam mencari harmonika yang tepat.Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih harmonika terbaik dan merekomendasikan beberapa produknya. Di antaranya adalah Hohner, Seydel, Suzuki dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Musik
    15.588 Views
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Recorder adalah alat musik yang biasanya mulai diperkenalkan pada siswa di tingkat sekolah dasar. Namun, beberapa orang mungkin menganggap alat ini kuno serta tidak menarik untuk dimainkan. Jika memang demikian, tentu musisi seperti Paul McCartney dan John Paul Jones tidak akan menggunakan recorder dalam lagu mereka.Meski begitu, jangan terburu-buru membeli bila saat ini ada produk yang menarik minat Anda. Simak dulu penjelasan cara memilih dan sepuluh rekomendasi recorder dari merek terkenal seperti Yamaha dan Aulos berikut ini. Pastikan Anda menyimak hingga akhir agar mendapatkan informasi yang jelas. Selamat membaca!
    Musik
    9.416 Views
  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020)
    Pick gitar adalah sebuah benda kecil yang digunakan untuk memetik gitar. Ada berbagai jenis pick gitar yang dijual di pasaran dengan bermacam varian bahan dan tingkat ketebalan yang menghasilkan suara berbeda. Anda perlu memilih pick sesuai hasil suara yang Anda inginkan. Namun, pick seperti apa yang cocok untuk Anda, ya? Kali ini, kami akan memperkenalkan pick dengan desain unik dari berbagai merek, seperti D’Addario, Jim Dunlop, dan Pickboy. Kami pun akan menjelaskan cara memilih pick gitar terbaik untuk Anda. Selamat menemukan pick gitar dengan desain yang unik.
    Musik
    1.912 Views
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Instrumen gitar bass merupakan alat musik yang menghasilkan nada rendah pada band dan grup musik. Ada berbagai pabrikan bass dengan berbagai tipe seperti Fender, Ibanez, Yamaha, dan sebagainya. Banyaknya jenis dan karakteristik mungkin akan membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan Anda.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips mendapatkan bass terbaik untuk Anda. Tidak lupa kami juga akan memberikan beberapa produk rekomendasi gitar bass terbaik untuk Anda. Jadi, sudah siapkah Anda untuk berburu bass yang sesuai untuk Anda?
    Musik
    8.355 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    43.350 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    38.658 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Senar berperan penting dalam hasil suara gitar akustik. Jenisnya pun beragam, ada yang berbahan phosphor bronze, 80/20 bronze, dengan ketebalan yang juga berbeda-beda. Bingung harus memilih yang mana?Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih senar untuk gitar akustik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan kepada Anda rekomendasi produk terbaik seperti dari Martin, Elixir, dan D'Addario. Memilih senar yang tepat akan membuat pertunjukan Anda makin istimewa!
    Musik
    33.984 Views
  • 10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Cajon merupakan instrumen perkusi berbentuk kotak yang biasa digunakan untuk mengiringi musik akustik. Banyak orang yang kagum dengan instrumen ini karena keunikan dan kepraktisannya. Ada banyak produk cajon dengan beragam material, ukuran, hingga harga. Karena itu, memilih cajon yang sesuai mungkin sedikit sulit bagi seorang pemula.Jadi, kali ini kami akan memberitahukan kepada Anda cara memilih cajon yang tepat untuk pemula. Setelah itu, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk cajon seperti Pearl, MEINL Percussion, Latin Percussion, dan lainnya. Silakan simak dan pilih cajon yang sesuai dengan keinginan Anda.
    Musik
    3.397 Views
  • 10 Rekomendasi Drum Elektrik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Drum Elektrik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Drum elektrik menjadi pilihan yang tepat untuk seorang drummer pemula. Hal ini karena Anda dapat mengatur volume suara yang dikeluarkan sehingga bisa berlatih tanpa mengganggu. Drum elektrik juga menjadi alat latihan yang sempurna karena tidak membutuhkan ruang luas untuk dimainkan. Kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda hal yang harus diperhatikan saat memilih drum elektrik. Kami juga mengulas rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda temukan dari Yamaha, NUX, Roland, Alesis, dan lainnya. Bacalah dan temukan drum elektrik yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan Anda.
    Musik
    4.944 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    155.664 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Senar berperan penting dalam hasil suara gitar akustik. Jenisnya pun beragam, ada yang berbahan phosphor bronze, 80/20 bronze, dengan ketebalan yang juga berbeda-beda. Bingung harus memilih yang mana?Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih senar untuk gitar akustik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan kepada Anda rekomendasi produk terbaik seperti dari Martin, Elixir, dan D'Addario. Memilih senar yang tepat akan membuat pertunjukan Anda makin istimewa!
    Musik
    33.984 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    44.003 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    43.350 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    38.658 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai alat musik, ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, bila Anda belajar di tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, hingga pegs-nya.Untuk membantu Anda, kini kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada hingga material pembuatnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan rekomendasi produk yang ada di pasaran seperti Grande, Cowboy, Fender, dan lainnya. Selamat membaca!
    Musik
    56.986 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ukulele merupakan alat musik petik sehingga untuk memainkannya Anda memerlukan senar yang baik dan sesuai. Akan tetapi, semakin lama senar ukulele akan menurun kualitasnya baik rutin digunakan maupun tidak. Karena itu, Anda perlu mengganti senar ukulele secara berkala. Namun, memilih pun sulit karena ada banyak jenis senar berdasarkan material dan suaranya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih senar ukulele. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk, seperti Aquila, Ibanez, D'Addario, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, yuk langsung simak penjelasan kami selengkapnya!
    Musik
    3.455 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori