1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Makanan & minuman kesehatan
  6. >
  7. 10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Sereal adalah makanan yang berasal dari biji-bijian dan dapat dibuat dari jagung, gandum, serta oat. Selain menjadi makanan favorit untuk sarapan, sereal juga banyak dikonsumsi untuk diet. Terdapat beragam pilihan sereal yang tersedia di pasaran. Namun, apakah Anda sudah tahu sereal yang bagus untuk diet?


Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk sereal terbaik untuk diet. Setelahnya, kami juga akan memberi review sepuluh merek sereal rendah kalori untuk diet, seperti Kellogg's, Quaker, dan Nestlé. Jangan lupa, cek juga informasi tambahan dari ahli gizi, Mochammad Rizal, di bawah ini.

Diperbaharui 02-01-2023
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 21 Januari 2023)

Cara memilih sereal untuk diet

Apa saja hal yang harus diperhatikan saat memilih cereal untuk diet? Simak penjelasan berikut ini untuk memudahkan Anda menentukan pilihan.

① Pilih sereal untuk diet berdasarkan bahan utamanya

Produk cereal umumnya dibuat dari biji-bijian serealia, seperti jagung, gandum, dan oat. Setiap bahan memiliki kelebihan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, silakan simak uraian di bawah ini!

Jagung, memiliki banyak kandungan gizi dan kaya manfaat

Jagung, memiliki banyak kandungan gizi dan kaya manfaat

Jagung merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Selain sebagai sayuran, jagung dapat diolah menjadi bahan pangan lainnya, seperti maizena, bahan dasar bihun, hingga cereal. Jagung memiliki banyak kandungan gizi, seperti serat, folat, fosfor, vitamin C, dan magnesium. Bahkan, jagung juga mengandung Omega-3 dan Omega-6 meski hanya sedikit.


Jagung merupakan salah satu produk whole grain yang mudah dijumpai. Sebagai cereal, jagung lebih dikenal dengan nama corn flakes. Dengan memilih produk yang tepat, cereal jagung sangat cocok untuk dimasukkan dalam diet penurunan berat badan.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Jagung termasuk dalam tanaman serealia yang tinggi serat pangan (dietary fiber) dengan indeks glikemik yang rendah jika dibandingkan dengan beras. Serat pangan bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengendalikan kadar gula darah, dan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit degeneratif.


Selain itu, jagung juga mengandung asam lemak jenuh dan tidak jenuh, seperti asam lemak oleat, linoleat, dan linolenat. Asam lemak esensial tersebut berperan dalam perkembangan sel saraf. Jagung juga mengandung vitamin A dan E yang berperan sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. 

Gandum, melancarkan saluran cerna dan mengandung antioksidan

Gandum, melancarkan saluran cerna dan mengandung antioksidan

Selain membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, cereal dari gandum utuh memiliki banyak nutrisi. Gandum memiliki kandungan mangan, selenium, fosfor, hingga folat. Selain itu, gandum juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.


Gandum juga menjadi bahan cereal pilihan karena dapat mengurangi risiko diabetes jika dikonsumsi secara benar. Selain itu, kandungan serat tidak larutnya juga membantu melancarkan pencernaan. Kelebihan ini membuat cereal gandum dapat membantu Anda dalam menjalani diet.


Apakah Anda sedang mencari produk cereal yang spesifik terbuat dari gandum? Kami sudah mengulasnya di artikel di berikut.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Gandum merupakan salah satu jenis serealia yang paling banyak dikonsumsi manusia. Biasanya, gandum utuh akan diproses menjadi tepung yang nantinya disebut sebagai tepung terigu. Tidak hanya serat, gandum juga unggul karena memiliki kadar amilosa yang tinggi.


Amilosa pada makanan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, pati resisten ini juga memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah membantu pencegahan kanker usus, sebagai prebiotik, dan membantu menghambat penumpukan lemak.

Oat, mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Oat, mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Oat adalah salah satu serealia yang merupakan sumber karbohidrat dan memiliki lapisan kulit ari serta bakal biji. Dalam oat terkandung tujuh vitamin, termasuk vitamin E. Terdapat juga sejumlah nutrisi lain, termasuk zat besi dan kalsium. Oat kaya akan serat sehingga dapat membantu mengendalikan berat badan Anda.


Dalam sebuah penelitian tahun 2002 oleh Colorado State University, dikatakan bahwa oat mampu mengurangi kadar kolesterol jahat sebesar 2,5%. Dengan demikian, selain membantu diet, mengonsumsi oat juga menjaga Anda tetap sehat.


Untuk review produk oatmeal yang bagus, Anda bisa membacanya di artikel di bawah ini.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Sebagai bahan pangan, oat atau havermout masih asing di Indonesia. Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa oat termasuk kelompok makanan berserat tinggi yang dapat mencegah sembelit. Serat pada oat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, kandungan serat ini juga mampu menangkap dan mengikat kolesterol hasil pencernaan untuk dibuang bersama kotoran.


Oat juga dapat membentuk gel lengket di dalam saluran pencernaan. Gel ini berfungsi untuk melapisi dinding sel dan menghindarkannya dari goresan yang memicu kanker usus. Selain itu, oat juga tinggi mineral, seperti kalsium, besi, fosfor, kalium, asam folat, dan asam pantotenat. Beberapa zat lain yang terkandung dalam oat adalah trikotrienol, asam ferulat, dan asam kafeat yang dapat berfungsi sebagai antioksidan.

② Perhatikan kandungan kalori, gula, dan nutrisi lainnya

Perhatikan kandungan kalori, gula, dan nutrisi lainnya

Saat memilih cereal untuk diet jangan lupa untuk mengecek kadar gula, lemak, dan nutrisi lain yang terdapat di dalamnya. Anda dapat mengecek kadar nutrisi ini pada bagian informasi gizi di kemasan atau website resmi produk.


Karena dikonsumsi untuk diet, Anda juga perlu mengecek jumlah kalori atau energi per sajinya. Berat badan dapat terkontrol atau turun jika asupan kalori terjaga dengan baik. Sebaliknya, cereal dengan kalori tinggi dapat menjadi bumerang dan menggagalkan diet. Risiko yang sama juga berlaku jika Anda mengonsumsi cereal secara berlebihan.


Jangan lupa juga untuk memeriksa nutrisi lainnya, ya. Cereal yang mengandung banyak vitamin dan mineral tentu akan akan lebih baik. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi harian Anda pun dapat tercukupi.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Kandungan zat gizi menjadi kunci penting dalam pemilihan sereal. Karena itu, penting untuk Anda memperhatikan label informasi nilai gizi pada sereal Anda. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui adalah kandungan energi, gula, vitamin, serat, dan lemaknya.

③ Temukan rasa yang dapat dinikmati jangka panjang

Temukan rasa yang dapat dinikmati jangka panjang

Cereal merupakan makanan yang praktis untuk dikonsumsi. Anda bisa menikmatinya langsung dengan menambahkan susu, yoghurt, chia seed, granola, hingga potongan buah-buahan. Selain bisa disajikan langsung, Anda juga bisa mengolahnya menjadi hidangan lain seperti pancake.


Jika Anda bosan dengan rasa cereal yang sama, Anda bisa memilih cereal dengan varian rasa yang berbeda. Selain rasa original, beberapa produsen membuat cereal dengan rasa cokelat, vanila, hingga madu. Bahkan, beberapa produk juga mengandung aneka buah kering. Hal tersebut menjadikan rasa cereal makin enak.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Kini inovasi makanan dan resep olahan sereal dan oatmeal yang unik banyak ditemui. Anda pun bisa memilih olahan sereal yang manis ataupun gurih.

  • Sereal atau oatmeal dengan rasa gurih bisa diolah dengan tomat, bawang putih, telur, keju, jamur, dan kacang polong.
  • Sementara itu, Anda bisa menambahkan buah-buahan, yoghurt, susu, atau granola untuk menu sereal dengan rasa manis.

10 Rekomendasi sereal terbaik untuk diet

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sereal terbaik untuk diet yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Nestlé

Koko Krunch Cereal 330 Gram

Nestlé Koko Krunch Cereal 330 Gram 1枚目

Kalori per sajinya rendah, sereal ini sempurna untuk menunjang diet Anda

2

Quaker Oat

Instant Oatmeal 800 Gram

Quaker Oat Instant Oatmeal 800 Gram 1枚目

Mau sereal yang sweet atau savory? Kreasikan saja sesuka hati!

3

Kellogg's

Corn Flakes 150 Gram

Kellogg's Corn Flakes 150 Gram 1枚目

Pelopor sereal jagung dari masa ke masa

4

Nestlé

Honey Stars Cereal 300 Gram

Nestlé Honey Stars Cereal 300 Gram 1枚目

Dijamin lezat dengan lapisan madu di tiap butir serealnya

5

Nestlé

MILO Sereal Boks 330 Gram

Nestlé MILO Sereal Boks 330 Gram 1枚目

Menjaga Anda tetap sehat, aktif, dan berenergi

6

Kalbe Farma

Entrasol QuickStart Vanilla Veggie

Kalbe Farma Entrasol QuickStart Vanilla Veggie 1枚目

Formulanya membantu menjaga kesehatan tulang, gigi, dan saluran cerna

7

Oriflakes

Bubur Sereal Umbi Garut Slimmy

Oriflakes Bubur Sereal Umbi Garut Slimmy 1枚目

Terbuat dari pati garut, kandungan karbohidrat kompleksnya membuat kenyang lebih lama

8

Indofood

GoWell Sereal Susu Taro

Indofood GoWell Sereal Susu Taro 1枚目

GoWell hadirkan cereal rasa taro yang unik dan antimainstream!

9

Mayora

Energen Vanilla Pouch

Mayora Energen Vanilla Pouch 1枚目

Minuman sereal yang dikemas praktis dalam saset, asupan kalori bisa dikontrol

10

Simba

Choco Chips Cereal Jar

Simba Choco Chips Cereal Jar 1枚目

Sereal tetap renyah berkat kemasan jar yang bisa ditutup rapat

Perincian produk
Close
No.1

NestléKoko Krunch Cereal 330 Gram

Mulai dari Rp41.900,00

Kalori per sajinya rendah, sereal ini sempurna untuk menunjang diet Anda

Kelebihan:

  • Produk terkenal dengan rasa cokelatnya yang enak dan disukai anak-anak hingga orang dewasa
  • Cereal terbuat dari gandum utuh, tinggi zat besi, dan vitamin B

Kekurangan:

  • Mengandung sejumlah alergen, bagi yang memiliki alergi perlu memeriksa secara teliti kandungan produk

Koko Krunch juga menjadi cereal cokelat yang disukai oleh banyak kalangan. Tidak hanya disukai anak-anak, tetapi juga para orang dewasa. Perpaduan tepung gandum, barli, dan bubuk kakao menghasilkan butiran cereal yang lezatnya luar biasa.


Kalori per saji produk ini juga tergolong rendah, yakni 110 kkal. Dengan begitu, cereal ini sangat cocok untuk disisipkan dalam diet. Komposisi nutrisinya mirip dengan produk-produk Nestlé lainnya. Anda bisa mendapatkan asupan beberapa vitamin B, kalsium, serta zat besi.

No.2

Quaker OatInstant Oatmeal 800 Gram

Mulai dari Rp50.300,00

Mau sereal yang sweet atau savory? Kreasikan saja sesuka hati!

Kelebihan:

  • Cereal bisa dikreasikan sesuai selera dengan menambahkan topping favorit
  • Isinya lebih banyak dibandingkan produk lainnya

Kekurangan:

  • Rasanya tawar jika hanya diseduh menggunakan air panas
  • Produk tidak mengandung vitamin, perlu ditambahkan buah untuk memenuhi asupan vitamin

Jika mencari cereal yang bagus, Instant Oatmeal dari Quaker tentu langsung muncul di benak Anda. Produk ini memang sangat populer dan mudah ditemukan. Selain itu, Instant Oatmeal juga mudah disajikan. Anda bisa menyajikannya dengan air panas, lalu ditambahkan topping favorit.


Cereal ini memiliki rasa yang cenderung tawar sehingga dapat dikreasikan menjadi aneka masakan. Anda bisa mengolahnya menjadi makanan manis ataupun asin. Jika Anda bosan dengan sarapan yang manis, resep savory oatmeal pun dapat dicoba di rumah! Dengan produk cereal satu ini, Anda bebas berkreasi sesuai dengan selera.

No.3

Kellogg'sCorn Flakes 150 Gram

Mulai dari Rp20.200,00

Pelopor sereal jagung dari masa ke masa

Kelebihan:

  • Mengandung delapan nutrisi penting untuk tubuh
  • Produk diklaim rendah lemak dan bebas kolesterol

Kekurangan:

  • Bagi sebagian orang cereal-nya terlalu keras saat dikonsumsi sebagai snack

Produk ini merupakan pionir cereal jagung yang sudah berusia lebih dari 1 abad. Karena bertahan dalam waktu yang sangat lama, baik rasa maupun kualitas Kellogg's Corn Flakes tak perlu diragukan lagi!


Tak hanya dijamin enak, cereal jagung ini juga cocok untuk diet. Dengan kalori yang rendah per sajinya, Anda bisa menyisipkan cereal ini dalam pola makan untuk diet. Di dalamnya juga terdapat delapan nutrisi penting yang baik untuk membantu menjaga kesehatan Anda.

No.4

NestléHoney Stars Cereal 300 Gram

Mulai dari Rp42.000,00

Dijamin lezat dengan lapisan madu di tiap butir serealnya

Kelebihan:

  • Cereal yang dibalut dengan kelezatan dan manisnya madu yang khas
  • Berbentuk bintang dan roket sehingga makin seru dikonsumsi bersama si buah hati

Kekurangan:

  • Terdapat kandungan yang memicu alergi bagi sebagian orang

Nestlé menawarkan cereal unik melalui Honey Stars. Cereal ini terbuat dari jagung dan gandum utuh yang dibalut kelezatan madu. Dengan ramainya produk cereal rasa cokelat dan vanila di pasaran, cereal rasa madu ini tentu menjadi angin segar.


Tak hanya rasanya yang unik, produk ini juga memiliki bentuk yang beragam dalam satu kemasan cereal. Jika Anda ingin mengajak buah hati menikmati cereal bersama, Honey Stars patut dicoba. Selain itu, cereal ini juga dilengkapi lima jenis vitamin B, kalsium, dan zat besi yang menutrisi.

No.5

NestléMILO Sereal Boks 330 Gram

Mulai dari Rp42.000,00

Menjaga Anda tetap sehat, aktif, dan berenergi

Kelebihan:

  • Cereal dilengkapi dengan ekstrak malt dan barli sehingga rasa cokelatnya lebih nikmat
  • Produk dilengkapi 8 vitamin dan 4 mineral yang baik untuk tubuh

Kekurangan:

  • Kandungan gulanya tergolong tinggi, tidak disarankan untuk penderita diabetes

Terkenal dengan minuman cokelatnya, MILO juga menghadirkan cereal cokelat. Butiran cereal-nya berbentuk bulat dengan ekstrak malt atau barli. Dengan kandungan barli ini, MILO Sereal mampu memberikan energi lebih pada tubuh Anda. Tentu saja, cereal satu ini pas dikonsumsi oleh Anda yang aktif dan memiliki banyak kegiatan.


Seperti produk susunya, MILO Sereal juga memiliki rasa cokelat yang nikmat. Jika Anda pencinta cokelat, cereal ini juga layak dipertimbangkan. Mari bangkitkan energi dan mood Anda dengan semangkuk cereal MILO pada pagi hari!

No.6

Kalbe FarmaEntrasol QuickStart Vanilla Veggie

Mulai dari Rp24.000,00

Formulanya membantu menjaga kesehatan tulang, gigi, dan saluran cerna

Kelebihan:

  • Produk diklaim tinggi kalsium, serat, dan vitamin D yang baik untuk kesehatan
  • Cereal ini memadukan oat, chia seed, dan sayuran
  • Wangi dan rasa vanilanya sangat terasa

Kekurangan:

  • Rasanya tidak terlalu manis, penyuka cereal manis mungkin kurang cocok dengan produk ini

Entrasol QuickStart merupakan minuman serealia bernutrisi tinggi. Dilengkapi dengan 3-Hi Formula (Hi-Calcium, Hi-Fiber, Hi-Vit D), produk ini membantu menjaga kesehatan tubuh. Minuman ini memadukan oat pilihan dengan chia seed. Kombinasi tersebut dapat mendukung usaha diet dan pola hidup sehat setiap hari.


Kandungan kalsiumnya juga baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Sementara itu, fiber atau serat berfungsi memperlancar saluran cerna. Tidak hanya itu, cereal ini juga menawarkan Omega-3 dan Omega-6. Dua lemak sehat tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Jadi, tidak hanya untuk diet, cereal ini juga sangat sempurna untuk mengiringi gaya hidup sehat Anda.

No.7

OriflakesBubur Sereal Umbi Garut Slimmy

Mulai dari Rp75.000,00

Terbuat dari pati garut, kandungan karbohidrat kompleksnya membuat kenyang lebih lama

Kelebihan:

  • Unik dan berbeda dengan produk lainnya karena terbuat dari pati garut
  • Tanpa pemanis buatan karena rasa manisnya alami dari palm sugar

Kekurangan:

  • Produk mengandung krimer yang merupakan alergen bagi sebagian orang
  • Harga produk lebih mahal dibandingkan produk lainnya

Sebagai cereal untuk diet, Oriflakes menawarkan kelebihan yang sangat menggoda. Berbeda dengan cereal pada umumnya yang terbuat dari jagung, gandum, dan oat, produk ini terbuat dari pati garut. Bahan ini mengandung karbohidrat kompleks sehingga mampu memberikan efek kenyang lebih lama.


Pati garut juga mengandung serat yang tinggi yang bagus untuk pencernaan. Uniknya lagi, Oriflakes memiliki rasa manis alami dari palm sugar yang tentunya lebih aman untuk penderita diabetes. Apabila Anda mencari produk cereal selain dari gandum, jagung, dan oat, produk ini jawabannya!

No.8

IndofoodGoWell Sereal Susu Taro

Mulai dari Rp8.100,00

GoWell hadirkan cereal rasa taro yang unik dan antimainstream!

Kelebihan:

  • Memiliki rasa taro yang jarang ditemukan di produk cereal lainnya
  • Kemasannya saset, sangat praktis dan bisa dibawa bepergian

Kekurangan:

  • Perlu diseduh menggunakan air hangat, kurang cocok dinikmati dalam kondisi dingin

Cereal dari GoWell juga hadir dalam kemasan saset. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan nutrisinya pun mengesankan dengan vitamin yang cukup lengkap.


Cereal dari gandum ini hadir dalam tiga pilihan rasa. Namun, satu rasa yang menarik untuk dicoba adalah rasa Taro. Rasa manisnya pas di lidah dan tidak akan membuat Anda enek. Jika Anda bosan dengan rasa yang mainstream, GoWell Taro tentu layak untuk dicoba!

No.9

MayoraEnergen Vanilla Pouch

Mulai dari Rp26.950,00

Minuman sereal yang dikemas praktis dalam saset, asupan kalori bisa dikontrol

Kelebihan:

  • Dikemas praktis dalam bentuk saset sehingga travel-friendly

Kekurangan:

  • Harus diseduh menggunakan air panas, jika menggunakan air dingin gulanya sulit larut

Rasanya tak ada orang Indonesia yang tidak mengenal Energen. Selain rasanya enak, Energen menjadi minuman cereal yang cocok untuk diet. Untuk satu sajiannya, yakni per saset, Anda hanya memasukkan energi sekitar 130 kkal ke dalam tubuh.


Satu saset untuk satu kali konsumsi membuat produk ini makin sesuai untuk menurunkan berat badan. Anda tak perlu menimbang cereal untuk memastikan jumlah kalorinya. Apakah Anda mencari cereal sehat dan praktis untuk diet? Energen Vanilla ini layak menjadi pilihan!

No.10

SimbaChoco Chips Cereal Jar

Mulai dari Rp32.500,00

Sereal tetap renyah berkat kemasan jar yang bisa ditutup rapat

Kelebihan:

  • Dikemas dalam wadah jar sehingga cereal terjaga kerenyahannya

Kekurangan:

  • Choco chip-nya mudah menyerap susu sehingga rasa manis cereal-nya berkurang

Banyak produk cereal dikemas dalam bungkus plastik. Setelah mengambil sedikit porsinya, Anda harus mengikat kemasannya agar cereal tak melempem. Namun, usaha ini pun tak menjamin isi cereal tetap renyah. Oleh karena itu, kami rekomendasikan produk ini agar Anda tetap bisa menikmati cereal yang renyah.


Anda pun tak perlu khawatir cereal menjadi melempem karena produk ini dikemas dalam jar yang memiliki penutup. Selain kemasannya ciamik, kalori cereal yang masih di bawah 200 kkal per saji ini membuatnya masih cocok untuk diet. Namun, jangan sampai mengonsumsinya berlebihan, ya.

Tips mengonsumsi sereal yang tepat untuk diet

Tips mengonsumsi sereal yang tepat untuk diet

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari cereal untuk diet, ada hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Pertimbangkan cereal bertanda whole grain yang biasanya cocok untuk program diet.
  • Jika menambahkan susu untuk menikmati cereal, pastikan memilih susu plain yang rendah lemak.
  • Supaya rasanya lebih nikmat dan nutrisinya lebih lengkap, Anda dapat menambahkan potongan buah segar. Buah-buahan, seperti pisang, stroberi, kiwi, apel, dan aneka berry adalah pilihan favorit banyak orang.
  • Jika bosan dengan cereal yang dinikmati langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi pancake, cookies, atau hidangan lainnya. Namun, pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak gula dan mentega di dalamnya.
  • Selain mengatur pola makan, sebaiknya Anda mengimbangi dengan olahraga rutin, yakni dua hingga tiga kali seminggu. Dengan olahraga rutin, kebugaran Anda akan tetap terjaga.
  • Jika Anda memiliki keluhan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum atau selama menjalani diet.
Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal saat mengonsumsi sereal. Pertama, perhatikan jumlah sajian yang dianjurkan pada label informasi nilai gizi.


Hal ini dapat membantu Anda mengatur porsi makan agar tidak berlebihan, khususnya kandungan energi, gula, dan lemaknya. Selain itu, Anda akan mendapatkan dosis zat gizi yang tepat, seperti vitamin, mineral, dan serat.


Menggunakan campuran susu rendah lemak, susu almond, atau susu kedelai bisa menambah kandungan protein dalam sajian makan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambah topping buah potong, seperti apel, pisang, kiwi, stroberi, blueberry, dan melon. Tidak ketinggalan, Anda bisa menambah selai kacang atau bahkan telur rebus agar nilai gizinya bertambah.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk diet di sini

Selain cereal, kami juga mengulas beberapa produk lain yang bisa digunakan untuk diet. Anda mungkin membutuhkan biskuit, mi instan, dan susu terbaik untuk menurunkan berat badan. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membaca informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih cereal yang baik saat melakukan diet. Pilihlah cereal berdasarkan bahannya, kandungan nutrisinya, dan rasa yang bisa Anda nikmati jangka panjang. Untuk itu, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai acuan saat memilih cereal untuk diet.


Demikian tips dan rekomendasi cereal terbaik untuk diet dari kami. Semoga Anda menemukan cereal yang tepat untuk program diet Anda. Selamat menjalani diet dengan penuh sukacita!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer