• 10 Rekomendasi Sereal Terbaik untuk Diet (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sereal Terbaik untuk Diet (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sereal Terbaik untuk Diet (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sereal Terbaik untuk Diet (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sereal Terbaik untuk Diet (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sereal Terbaik untuk Diet (Terbaru Tahun 2021)

Sereal adalah makanan yang berasal dari biji-bijian, seperti jagung, gandum dan oat. Selain menjadi salah satu makanan favorit untuk sarapan, sereal juga baik untuk program diet karena rendah lemak. Kini beragam pilihan sereal tersedia di pasaran. Namun, tahukah Anda sereal apa yang bagus untuk diet? 


Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih sereal yang baik untuk program diet Anda. Tentunya, kami juga akan memberi rekomendasi merk sereal yang mudah ditemukan, seperti Kellogg's, Quaker, dan Nestle. Jangan lupa, cek juga informasi tambahan dari ahli gizi, Mochammad Rizal, di bawah ini. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Mochammad Rizal
Marantina
  • Pembaharuan terakhir: 19 Maret 2021
  • 32.550 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan ahli gizi Mochammad Rizal

Berkolaborasi dengan ahli gizi Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah ahli gizi yang memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Rizal aktif mengedukasi masyarakat terkait diet dan gizi melalui media sosial, seminar, buku, dan media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan pengurus Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA), yaitu organisasi profesi gizi dalam bidang olahraga dan kebugaran.

Cara memilih sereal untuk diet

Apa saja hal yang harus diperhatikan dalam memilih sereal untuk diet? Simak penjelasan berikut ini agar memudahkan Anda dalam memilih.

Pilih sereal untuk diet berdasarkan bahan utamanya

Saat diet, sebaiknya Anda memilih sereal yang mengandung bahan dasar whole grain atau whole wheat, seperti jagung, gandum, dan oat. Setiap bahan memiliki kelebihan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, silakan simak uraian di bawah ini!

Jagung, memiliki banyak kandungan gizi dan kaya manfaat

Jagung, memiliki banyak kandungan gizi dan kaya manfaat

Jagung merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Selain sebagai sayuran, jagung dapat diolah menjadi bahan pangan lainnya, seperti maizena, bahan dasar bihun, hingga sereal. Jagung memiliki banyak kandungan gizi, seperti serat, folat, fosfor, vitamin C, dan magnesium. Bahkan, jagung juga mengandung omega 3 dan 6 meski hanya sedikit. 


Jagung merupakan salah satu produk whole grain yang mudah dijumpai. Sebagai sereal, jagung lebih dikenal dengan nama corn flakes. Jika tujuan Anda diet adalah untuk menurunkan berat badan, Anda bisa memasukkan jagung dalam menu diet.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Jagung termasuk dalam tanaman serealia yang tinggi serat pangan (dietary fiber) dengan indeks glikemik yang rendah jika dibandingkan beras. Serat pangan bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengendalikan kadar gula darah, dan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit degeneratif. 


Selain itu, jagung juga mengandung asam lemak jenuh dan tidak jenuh, seperti asam lemak oleat, linoleat, dan linolenat. Asam lemak esensial tersebut berperan dalam perkembangan sel saraf. Jagung juga mengandung vitamin A dan E yang berperan sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. 

Gandum, membantu melancarkan saluran cerna dan mengandung antioksidan

Gandum, membantu melancarkan saluran cerna dan mengandung antioksidan

Selain membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sereal yang terbuat dari gandum utuh memiliki banyak nutrisi baik. Gandum memiliki kandungan garam mineral, kalsium, magnesium, kalium, mangan, seng, yodium, tembaga, vitamin B, hingga vitamin E. Selain itu, gandum juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.


Gandum juga menjadi bahan sereal pilihan karena ia dapat mengurangi resiko diabetes dan kanker jika dikonsumsi secara benar. Selain itu, kandungan serat tidak larutnya juga membantu melancarkan pencernaan sehingga dapat membantu Anda dalam menjalani diet.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Gandum merupakan salah satu jenis serealia yang paling banyak dikonsumsi manusia. Biasanya, gandum utuh akan diproses menjadi tepung yang nantinya disebut sebagai tepung terigu. Tidak hanya serat, gandum juga unggul karena memiliki kadar amilosa yang tinggi. 


Amilosa pada makanan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, pati resisten ini juga memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah membantu pencegahan kanker usus, sebagai prebiotik, dan membantu menghambat penumpukan lemak.

Oat, dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Oat, dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Oat adalah salah satu serealia yang merupakan sumber karbohidrat dan masih memiliki lapisan kulit ari serta bakal biji. Dalam oat terkandung tujuh vitamin, termasuk vitamin E. Terdapat juga sejumlah nutrisi, zat besi, dan kalsium. Oat kaya akan serat sehingga dapat membantu mengendalikan berat badan Anda. 


Dalam sebuah penelitian pada tahun 2002 oleh Colorado State University, dikatakan bahwa oat mampu mengurangi kadar kolesterol jahat sebesar 2,5%. Selain membantu diet, mengonsumsi oat juga menjaga Anda tetap sehat. 

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Sebagai bahan pangan, oat atau havermout masih asing di Indonesia. Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa oat termasuk kelompok makanan berserat tinggi yang dapat mencegah sembelit. Serat pada oat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, kandungan serat ini juga mampu menangkap dan mengikat kolesterol hasil pencernaan untuk dibuang bersama kotoran. 


Oat juga dapat membentuk gel lengket di dalam saluran pencernaan. Gel ini berfungsi untuk melapisi dinding sel dan menghindarkannya dari goresan yang memicu kanker usus. Selain itu, oat juga tinggi mineral, seperti kalsium, besi, fosfor, kalium, asam folat, dan asam pantotenat. Beberapa zat lain yang terkandung dalam oat adalah trikotrienol, asam ferulat, dan asam kafeat yang dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Perhatikan kandungan nutrisinya

Perhatikan kandungan nutrisinya

Saat memilih sereal untuk diet jangan lupa untuk mengecek kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Anda dapat mengecek hal tersebut pada bagian informasi gizi yang tertera di kemasan atau melihat pada website resmi produk.


Pilihlah sereal dengan kandungan gula tidak lebih dari sepuluh gram per sajiannya. Selain itu, perhatikan juga kandungan lemak yang ada dalam sereal. Pilih sereal yang memiliki lemak jenuh tidak lebih dari dua gram. Kandungan lemak jenuh dapat meningkatkan resiko kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung.


Hal lain yang tidak boleh terlewatkan saat memilih sereal adalah pilihlah sereal yang memiliki nutrisi tambahan. Akan lebih baik jika sereal mengandung Vitamin D, asam folat, vitamin C, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini bertujuan agar nutrisi harian Anda tercukupi.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Kandungan zat gizi menjadi kunci penting dalam pemilihan sereal. Karena itu, penting untuk Anda memperhatikan label informasi nilai gizi pada sereal Anda. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui adalah kandungan energi, gula, vitamin, serat, dan lemaknya.

Pillih rasa yang Anda suka

Pillih rasa yang Anda suka

Sereal merupakan jenis makanan yang praktis untuk dikonsumsi. Anda bisa menikmatinya langsung dengan menambahkan susu, yoghurt, chia seed, granola, hingga potongan buah-buahan. Selain bisa disajikan langsung, Anda juga bisa mengolahnya menjadi hidangan lain seperti pancake.


Jika Anda bosan dengan rasa sereal yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba sereal dengan varian rasa yang berbeda. Selain rasa original, beberapa produsen membuat sereal dengan rasa cokelat, vanila, hingga madu. Bahkan, ada juga yang menambahkannya dengan aneka buah kering. Hal tersebut menjadikan rasa sereal makin enak.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Kini inovasi makanan dan resep olahan sereal dan oatmeal yang unik banyak ditemui. Anda pun bisa memilih olahan sereal yang manis ataupun gurih. Sereal atau oatmeal dengan rasa gurih bisa diolah dengan tomat, bawang putih, telur, keju, jamur, dan kacang polong. Sementara itu, Anda bisa menambahkan buah-buahan, yoghurt, susu, atau granola untuk menu sereal dengan rasa manis.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sereal terbaik untuk diet

Sekarang, saatnya kami memberi sepuluh rekomendasi sereal terbaik untuk diet. Selamat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10
Isi15 g, 32 g, 170 g, dan 330 g
Rasa Cokelat
BahanTepung gandum utuh, tepung gandum, malt
Nilai gizi0 g lemak jenuh, 2 g protein, 9 g gula
9
Isi10 x 24 g
RasaMix berry, mix banana
BahanSusu, telur, sereal, oat
Nilai gizi0 g lemak jenuh, 3 g protein, 1 g gula
8
Isi32 g, 150 g, dan 300 g
RasaMadu
BahanTepung gandum utuh, semolina jagung, gula
Nilai gizi0 g lemak jenuh, 1 g protein, 6 g gula
7
Isi130 g
RasaOriginal
BahanBeras
Nilai gizi0 g lemak jenuh, 3 g protein, 3 g gula
6
Isi150 g, 275 g, 500 g
RasaOriginal, honey crunch with nuts
BahanJagung
Nilai gizi0 g lemak jenuh, 2 g protein, 3 g gula
5

Serealia Prima NutrisiaOriflakes Sereal Umbi Garut

Slim

Mulai dari Rp 75.000,00

Isi350 g
RasaVanila, cokelat
BahanUmbi garut (arrowroot), gula kelapa, tepung jagung
Nilai gizi3 g lemak jenuh, 3 g protein, 6 g gula
4
Isi60 g, 200 g, 400 g, dan 1 kg
RasaCinnamon & raisin, dark chocolate & banana, honey & mango, peanut butter & chocolate, tropical fruit & nuts
BahanHavermut giling, gula kelapa, gula tebu (mengandung sulfit), minyak kelapa, kacang mede, tepung beras, garam laut
Nilai gizi6 g lemak jenuh, 5 g protein, 8 g gula
3
Isi200 g, 800 g, 1 kg, dan 1,2 kg
RasaOriginal
BahanAustralian oat
Nilai gizi0,5 g lemak jenuh, 5 g protein, 0 g gula
2
Isi5 x 30 g
RasaVanilla veggie, cereal chocolate
BahanOat
Nilai gizi1,5 g lemak jenuh, 2 g protein, 12 g gula
1
Isi250 g
RasaOriginal
BahanRolled oat, almond, walnut, cranberry, golden raisin, pumpkin seeds, sunflower seeds, chia seeds, flaxseed
Nilai gizi0 g lemak jenuh, 4 g protein, 2 g gula

Tabel perbandingan produk sereal terbaik untuk diet

Gambar produk
1
House of Organix Super Healthy Muesli 1

House of Organix

2
KALBE Entrasol QuickStart 1

KALBE

3
Quaker Instant Oatmeal 1

Quaker

4
Hundred Seeds Granola Creations 1

Hundred Seeds

5
Serealia Prima Nutrisia Oriflakes Sereal Umbi Garut 1

Serealia Prima Nutrisia

6
Kellogg's Corn Flakes 1

Kellogg's

7
Kellogg's Rice Krispies 1

Kellogg's

8
Nestle Honey Stars Cereal 1

Nestle

9
Mayora Energen Oatmilk 1

Mayora

10
Nestle MILO Sereal 1

Nestle

Nama produk

Super Healthy Muesli

Entrasol QuickStart

Instant Oatmeal

Granola Creations

Oriflakes Sereal Umbi Garut

Corn Flakes

Rice Krispies

Honey Stars Cereal

Energen Oatmilk

MILO Sereal

Keunggulan

Muesli super sehat dan kaya serat yang baik untuk tubuh

Baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan jantung

Mau dimasak asin, manis, atau gurih, rasanya tetap enak

Memiliki beragam varian rasa, temukan perpaduan rasa favorit Anda!

Sereal unik dengan bahan utama umbi garut

Semua kebaikan biji jagung ada pada sereal ini

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun menyukainya

Perpaduan antara gandum, jagung, dan madu yang kaya manfaat

Makin lezat dengan tambahan buah kering di dalamnya

Menjaga Anda tetap sehat, aktif, dan berenergi

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 20.500,00Rp 14.500,00Rp 61.999,00Rp 75.000,00Rp 18.000,00Rp 16.000,00Rp 21.500,00Rp 34.500,00Rp 21.000,00
Isi250 g5 x 30 g200 g, 800 g, 1 kg, dan 1,2 kg60 g, 200 g, 400 g, dan 1 kg350 g150 g, 275 g, 500 g130 g32 g, 150 g, dan 300 g10 x 24 g15 g, 32 g, 170 g, dan 330 g
RasaOriginalVanilla veggie, cereal chocolateOriginalCinnamon & raisin, dark chocolate & banana, honey & mango, peanut butter & chocolate, tropical fruit & nutsVanila, cokelatOriginal, honey crunch with nutsOriginalMaduMix berry, mix bananaCokelat
BahanRolled oat, almond, walnut, cranberry, golden raisin, pumpkin seeds, sunflower seeds, chia seeds, flaxseedOatAustralian oatHavermut giling, gula kelapa, gula tebu (mengandung sulfit), minyak kelapa, kacang mede, tepung beras, garam lautUmbi garut (arrowroot), gula kelapa, tepung jagungJagungBerasTepung gandum utuh, semolina jagung, gulaSusu, telur, sereal, oatTepung gandum utuh, tepung gandum, malt
Nilai gizi0 g lemak jenuh, 4 g protein, 2 g gula1,5 g lemak jenuh, 2 g protein, 12 g gula0,5 g lemak jenuh, 5 g protein, 0 g gula6 g lemak jenuh, 5 g protein, 8 g gula3 g lemak jenuh, 3 g protein, 6 g gula0 g lemak jenuh, 2 g protein, 3 g gula0 g lemak jenuh, 3 g protein, 3 g gula0 g lemak jenuh, 1 g protein, 6 g gula0 g lemak jenuh, 3 g protein, 1 g gula0 g lemak jenuh, 2 g protein, 9 g gula
Tautan produk

Tips mengonsumsi sereal yang tepat untuk diet

Tips mengonsumsi sereal yang tepat untuk diet

Guna mendapatkan hasil yang optimal dari konsumi sereal untuk diet, ada beberapa hal yang sebaiknya harus Anda perhatikan. Yang pertama, sebisa mungkin adalah memilih sereal bertanda whole grain atau whole great yang dikhususkan untuk program diet. Jika menggunakan susu untuk menikmati sereal, pastikan memilih susu plain yang rendah lemak. 


Supaya rasanya lebih nikmat dan nutrisinya lebih lengkap, Anda dapat menambahkan potongan buah segar. Buah-buahan seperti pisang, stroberi, kiwi, apel, dan aneka berry adalah pilihan yang paling umum. Jika bosan dengan sereal yang dinikmati langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi pancake, cookies, atau hidangan lainnya. Namun, pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak gula dan mentega di dalamnya.


Selain mengatur pola makan, sebaiknya Anda mengimbangi dengan olahraga rutin, dua hingga tiga kali seminggu. Dengan olahraga rutin, kebugaran Anda akan tetap terjaga. Jika Anda memiliki keluhan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum atau selama menjalani diet.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal saat mengonsumsi sereal. Pertama, perhatikan jumlah sajian yang dianjurkan pada label informasi nilai gizi. 


Hal ini dapat membantu Anda untuk mengatur porsi makan agar tidak berlebihan, khususnya kandungan energi, gula, dan lemaknya. Selain itu, Anda akan mendapatkan dosis zat gizi yang tepat, seperti vitamin, mineral, dan serat.


Menggunakan campuran susu rendah lemak, susu almond, atau susu kedelai bisa menambah kandungan protein dalam sajian makan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambah topping buah potong, seperti apel, pisang, kiwi, stroberi, blueberry, dan melon. Tidak ketinggalan, Anda bisa menambah selai kacang atau bahkan telur rebus agar nilai gizinya bertambah.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk diet di sini

Selain sereal, kami juga mengulas beberapa produk lain yang bisa digunakan untuk diet. Misalnya, snack terbaik untuk diet, mi instan yang aman untuk diet, dan susu terbaik untuk menurunkan berat badan. Silahkan klik tautan di bawah ini untuk membaca informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih sereal yang baik saat melakukan diet. Pilihlah sereal yang sesuai dengan selera serta kebutuhan diet yang Anda lakukan. Untuk itu, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai acuan saat memilih sereal untuk diet.


Demikian tips dan rekomendasi sereal terbaik untuk diet dari kami. Semoga Anda menemukan sereal yang tepat untuk program diet Anda. Selamat menjalani diet dengan penuh sukacita!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Diet Terbaik untuk Kurangi Berat Badan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Diet Terbaik untuk Kurangi Berat Badan (Terbaru Tahun 2021)
    Anda sedang ingin menurunkan berat badan? Jika iya, susu diet dapat membantu usaha Anda tersebut. Susu untuk diet dirancang untuk menggantikan makan pagi dan malam agar asupan kalori lebih terkontrol. Produk ini biasanya memiliki kandungan protein tinggi dan rendah lemak agar cepat menurunkan berat badan Anda. Kali ini kami akan memberikan rekomendasi merk susu diet yang bagus, seperti WRP, L-Men, dan Litesip. Di artikel ini kami juga akan membahas cara memilih susu penurun berat badan yang tepat. Simak juga tips dari biotechnologist, Marceline Noviani, untuk memilih produk terbaiknya. Selamat membaca! 
    Makanan & minuman kesehatan
    297.859 Views
  • 10 Merk Minuman Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Minuman Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minuman kolagen dikenal sangat baik untuk kulit. Ketika mendengar mengenai minuman kolagen, mungkin terbersit pertanyaan-pertanyaan ini di benak Anda. Adakah merk minuman kolagen yang bagus dan cocok untuk remaja? Adakah produk yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui?Menjawab kebimbangan tersebut, kami akan memberikan penjelasan mengenai minuman kolagen. Kami juga akan menjelaskan cara memilih minuman kolagen hingga mengulas berbagai merk terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Temukan ulasan mengenai Roove, Byoote, Ms Glow, NASA, dan lain sebagainya di artikel ini.
    Makanan & minuman kesehatan
    246.171 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang (Terbaru Tahun 2021)
    Tubuh membutuhkan kalsium untuk menjaga kepadatan tulang. Bisa dibilang kalsium dibutuhkan oleh segala kalangan usia. Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan kalsium tinggi untuk tumbuh tinggi. Sementara, semakin tua tentunya kepadatan tulang akan menurun sehingga Anda butuh asupan kalsium tambahan untuk menjaga tulang tetap sehat. Dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara memilih susu berkalsium tinggi. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi dari beberapa merek terkenal, seperti Anlene, Entrasol, Tropicana Slim, dan merek lainnya. Baca terus artikel kali ini untuk mendapatkan informasi seputar susu berkalsium tinggi.
    Makanan & minuman kesehatan
    148.646 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Diabetes Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Diabetes Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik bagi tubuh. Namun, tidak semua jenis susu aman dikonsumsi oleh diabetesi atau penderita diabetes. Saat ini, ada banyak produsen susu yang memasarkan susu khusus untuk diabetesi. Produk dari merk Diabetasol, Tropicana Slim, dan Glucerna adalah sebagian di antaranya. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips memilih susu yang bagus dan aman untuk diabetesi. Kami juga merangkum beberapa rekomendasi produk susu diabetes terbaik khusus untuk Anda. Ada juga komentar dari ahli gizi kami, Leona Victoria. Selamat membaca!
    Makanan & minuman kesehatan
    43.413 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Pelangsing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Pelangsing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Apakah Anda juga begitu? Salah satu produk yang dapat membantu Anda mendapat tubuh langsing adalah teh pelangsing. Namun, ada beberapa merek teh pelangsing yang ternyata tidak aman untuk dikonsumsi karena efek sampingnya.Untuk membantu Anda dalam memilih teh pelangsing yang aman, kami akan memberikan beberapa tips yang mudah. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi teh pelangsing terbaik dari berbagai merek, seperti WRP, Mustika Ratu, Orihiro, dan lainnya. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih!
    Makanan & minuman kesehatan
    82.564 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Protein Terbaik untuk Diet (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Protein Terbaik untuk Diet (Terbaru Tahun 2021)
    Tidak hanya menutrisi tubuh, protein juga bisa membuat Anda merasa kenyang. Karena itu, minuman protein sering dijadikan sumber nutrisi saat melakukan program diet. Meskipun begitu, banyaknya merk minuman protein yang beredar, seperti Puritan’s Pride, Dear Natura, dan Jarrow Formulas bisa membuat Anda bingung memilih.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih minuman protein agar Anda lebih mudah mengenali produk yang cocok untuk Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi minuman protein yang bagus untuk diet. Untuk membantu Anda, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga memberikan komentarnya di artikel ini.
    Makanan & minuman kesehatan
    94.099 Views
  • 10 Rekomendasi Protein Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Protein Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Protein bar adalah snack berprotein tinggi yang terbuat dari gandum, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Selain protein, kandungan nutrisi lainnya juga lengkap, misalnya vitamin, mineral, dan serat. Protein bar adalah sahabat baik untuk Anda yang sedang membentuk otot atau diet menurunkan berat badan. Apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli protein bar? Apakah semua sudah pasti sehat? Kami akan mengulasnya dengan lengkap di artikel ini. Protein bar dari merek terkenal, seperti L-Men, Quest, dan MusclePharm juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Dapatkan produk berkualitas dengan harga yang terbaik, ya!
    Makanan & minuman kesehatan
    21.251 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori