• 10 Rekomendasi Blangkon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Blangkon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Blangkon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Blangkon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Blangkon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Blangkon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Blangkon pada zaman dahulu hanya dipakai saat menghadiri acara khusus saja. Namun, kondisi ini berubah total pada era modern. Blangkon tidak hanya dipakai saat menghadiri acara formal, tetapi juga sering dipakai anak muda sebagai fashion item! Anda dapat tampil lebih nyeni dengan memakai berbagai jenis blangkon. 


Namun, blangkon memiliki banyak sekali tipe. Anda bisa menemukan blangkon Solo, blangkon Yogyakarta, dan blangkon Banyumasan yang tersedia dalam berbagai motif. Jika begini, Anda pasti kesulitan dalam menjatuhkan pilihan. Oleh karena itu, silakan membaca cara memilih blangkon yang bagus dari kami berikut ini.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 09 Mei 2022
Daftar isi

Apa itu blangkon?

Apa itu blangkon?

Istilah belangkon tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Belangkon adalah sebutan untuk iket siap pakai penutup kepala tradisional Jawa. Penutup kepala yang dibuat dari kain batik ini diperuntukkan untuk laki-laki. Belangkon sering dipakai pada acara formal, seperti pernikahan dan upacara adat Jawa. 


Nama belangkon sendiri berasal dari kata "blangko" yang berarti siap pakai. Pada awalnya, belangkon siap pakai belum tersedia sehingga pengguna harus memakai kain iket. Kain ini pun dibentuk segitiga dan dililitkan di kepala. Seiring dengan kemajuan zaman, iket kepala instan yang lebih praktis dipakai pun diciptakan dan dinamai belangkon.  


Selain dipakai laki-laki dewasa, belangkon juga dapat dipakai oleh remaja dan anak-anak. Dengan begini, belangkon bisa digunakan oleh pengguna lintas usia pada berbagai acara, baik acara formal maupun santai. 

Tabel perbandingan produk blangkon terbaik

Gambar produk
1
Blangkon Merah Putih  1

2
Amin Barokah 354 Blangkon Modang Halus 1

Amin Barokah 354

3
Blangkon Parang Keris 1

4
Blangkon Iket Prodo Mas dan Perak 1

5
Blangkon Wahyu Tumurun 1

6
Blangkon Sunan Lipat Sliwir Putih 1

7
Blangkon Sliwir Samurai Putih 1

8
Blangkon Dalang Gino 1

9
Blangkon Cabut Alus 1

10
Blangkon Sudirman 1

Nama produk

Blangkon Merah Putih

Blangkon Modang Halus

Blangkon Parang Keris

Blangkon Iket Prodo Mas dan Perak

Blangkon Wahyu Tumurun

Blangkon Sunan Lipat Sliwir Putih

Blangkon Sliwir Samurai Putih

Blangkon Dalang Gino

Blangkon Cabut Alus

Blangkon Sudirman

Keunggulan

Tampil lebih nasionalis dengan blangkon merah-putih

Dua kali dipakai Oppa-oppa Korea!

Produk berkualitas premium dengan bahan bertekstur halus

Kombinasi warna emas dan peraknya bikin penampilan lebih elegan

Paling cocok dipakai bersama jarit wahyu temurun

Tidak ada serban, blangkon sunan putih polos pun jadi, kok!

Desainnya modis! Para remaja bisa memakainya seperti topi!

Must have item untuk fans berat Dalang Ki Sugino!

Koleksi terbaik untuk acara formal

Lentur dan nyaman dipakai sehari-hari

Harga mulai dariRp 36.500,00Rp 50.000,00Rp 120.000,00Rp 95.000,00Rp 95.000,00Rp 34.500,00Rp 15.000,00Rp 120.000,00Rp 24.500,00Rp 135.000,00
TipeSliwir YogyakartaSoloSenopaten YogyakartaSoloMataraman YogyakartaSunan YogyakartaSliwir Solo Ginoan BanyumasanSoloSoedirmanan Banyumasan
Dijahit ✔︎Tidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui✔︎ ✔︎✔︎
Lingkar kepala53–57 cm55–58 cm55–61 cm 55–62 cm55–60 cm55–59 cm 55–58 cm 54–59 cm 55–58 cm 55–58 cm
Tautan produk

10 Rekomendasi blangkon terbaik

Kami sudah merangkum sepuluh rekomendasi belangkon terbaik yang dapat Anda pilih. Selamat menemukan produk yang paling dibutuhkan. 

10

Blangkon Sudirman

BSD K 0103

Mulai dari Rp 135.000,00

TipeSoedirmanan Banyumasan
Dijahit✔︎
Lingkar kepala55–58 cm
9
TipeSolo
Dijahit✔︎
Lingkar kepala55–58 cm
8

Blangkon Dalang Gino

Mulai dari Rp 120.000,00

TipeGinoan Banyumasan
Dijahit✔︎
Lingkar kepala54–59 cm
7
TipeSliwir Solo
DijahitTidak diketahui
Lingkar kepala55–58 cm
6

Blangkon Sunan Lipat Sliwir Putih

Mulai dari Rp 34.500,00

TipeSunan Yogyakarta
DijahitTidak diketahui
Lingkar kepala55–59 cm
5
TipeMataraman Yogyakarta
DijahitTidak diketahui
Lingkar kepala55–60 cm
4
TipeSolo
DijahitTidak diketahui
Lingkar kepala55–62 cm
3
TipeSenopaten Yogyakarta
DijahitTidak diketahui
Lingkar kepala55–61 cm
2
TipeSolo
DijahitTidak diketahui
Lingkar kepala55–58 cm
1
TipeSliwir Yogyakarta
Dijahit ✔︎
Lingkar kepala53–57 cm

Cara memilih blangkon

Saat akan memilih belangkon, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Anda harus memperhatikan tipe, motif, dan cara pembuatannya. Perhatikanlah detail ukurannya agar Anda menemukan belangkon yang pas di kepala. 

Pilih berdasarkan tipenya

Usut punya usut, belangkon tersedia dalam tiga tipe. Selain belangkon Yogyakarta (Ngayogyakarta), Anda juga bisa menjumpai belangkon Solo (Surakarta) dan belangkon Banyumasan. Setiap tipe belangkon ini mempunyai ciri khas yang berbeda. Yuk, kita cari tahu apa perbedaan dari ketiga tipe belangkon ini.

Blangkon Yogyakarta : Dilengkapi mondolan untuk membungkus rambut

Blangkon Yogyakarta : Dilengkapi mondolan untuk membungkus rambut

Jika diperhatikan secara saksama, belangkon Yogyakarta memiliki mondolan di bagian belakangnya. Apa itu mondolan? Mondolan merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut tonjolan di belakang belangkon. Dahulu laki-laki Yogyakarta banyak yang memelihara rambut sampai panjang. Dengan demikian, belangkon pun dilengkapi mondolan untuk menyembunyikan rambut mereka. 


Selain itu, belangkon Yogyakarta juga terbagi lagi dalam beberapa tipe. Ada empat tipe belangkon Yogyakarta yang banyak ditemukan di pasaran, yaitu mataraman, kliwir atau koncir, sunan, dan senopaten. Perbedaan dan detail dari setiap belangkon Yogyakarta dapat Anda lihat pada gambar dan tabel spesifikasi produk.

Blangkon Solo : Bagian belakangnya trepes atau datar

Cara membedakan belangkon Solo dan Yogyakarta tidaklah sulit. Perbedaan utama kedua tipe ini terletak di bagian belakang belangkon. Bagian belakang belangkon Solo datar karena tidak memiliki mondolan seperti belangkon Yogyakarta.  


Pada awalnya, model belangkon Solo sama dengan belangkon Yogyakarta. Namun, bentuknya berubah setelah disepakatinya Perjanjian Giyanti pada era Perang Dunia II. Kala itu masyarakat Solo sudah mengenal budaya cukur rambut yang dibawa oleh Belanda. Mereka pun tidak membutuhkan belangkon dengan mondolan untuk menyembunyikan rambut. 


Alhasil, kedua pucuk helai kain belangkon Solo pun terhubung satu sama lain tanpa mondolan. Selain itu, belangkon Solo juga sering dibuat dari kain berwarna cokelat. Sementara itu, belangkon Yogyakarta lebih sering dibuat dari kain berwarna putih. 

Blangkon Banyumasan : Motifnya lebih berwarna nan eksotis

Dewasa ini produksi belangkon Banyumasan tidak sebanyak belangkon Yogyakarta dan Solo. Namun, Anda masih dapat menemukan berbagai jenis belangkon Banyumasan di pasaran. Ciri khas utama belangkon ini adalah motifnya menyerupai batik Pekalongan yang eksotis. 


Secara garis besar, belangkon Banyumasan terbagi lagi menjadi dua model, yaitu wiriatmajan dan ginoan. Kedua jenis belangkon ini biasa dipakai masyarakat pada acara formal. Namun, masyarakat yang mencari belangkon Banyumasan yang lebih kasual dapat memilih model seodirmanan

Perhatikan motif kain batiknya

Perhatikan motif kain batiknya

Saat melihat di online shop, Anda pun menyadari bahwa belangkon tersedia dalam berbagai motif! Karena belangkon dibuat dari kain batik, motifnya pun akan mengikuti motif bahannya. Sebagian besar belangkon memakai motif kawung, truntum, sidomukti, wahyu tumurun, gurda, dan lainnya. Anda pun juga dapat mencoba motif lain sesuai dengan selera. 


Pemilihan motif ini dapat Anda sesuaikan dengan tujuan penggunaan dan jenis jarit yang akan dipakai. Jika perlu, Anda juga bisa mengecek makna dari motif batik tersebut. Pasalnya, tiap-tiap motif batik memiliki makna atau filosofi yang berbeda. 

Pilih blangkon yang dijahit

Pilih blangkon yang dijahit

Untuk mendapatkan belangkon yang lebih awet, Anda harus mengecek proses pembuatannya. Ada baiknya Anda memilih belangkon yang dijahit secara keseluruhan. Hindari memilih belangkon yang dilem karena kurang kukuh dan cepat rusak. Anda pun tidak dapat mencucinya karena dapat merusak lem. 


Belangkon yang dijahit akan lebih kuat dan awet. Selain itu, belangkon yang dijahit biasanya juga dapat dicuci. Terakhir, pastikan juga Anda memilih yang jahitannya rapat dan rapi. 

Perhatikan ukuran lingkar kepala blangkon secara teliti

Perhatikan ukuran lingkar kepala blangkon secara teliti

Agar lebih pas dan nyaman dipakai, Anda harus mengecek detail ukuran lingkar kepala belangkon secara teliti. Ada satu trik yang dapat digunakan untuk menemukan ukuran lingkar kepala yang akurat. Pertama, Anda harus mengukur lingkar kepala di atas alis. Setelah itu, Anda harus mengukur lingkar di kedua telinga. 


Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu mengecek jumlah wiron atau lipatan. Wiron adalah lipatan kain di depan belangkon. Belangkon dengan sebelas wiron cocok untuk Anda berwajah oval. Lalu, bagaimana dengan orang berwajah bulat? Anda dapat memilih belangkon dengan sembilan wiron. Yang menarik untuk diketahui, semua wiron belangkon dibuat dalam jumlah ganjil, lho!

Baca juga rekomendasi aksesori khas Indonesia lainnya di sini

Indonesia yang terdiri dari 1.340 suku memiliki berbagai jenis pakaian adat. Selain pakaian adat, kita juga dapat menjumpai aksesori khas Indonesia. Selain belangkon, apa saja aksesori khas Indonesia yang dapat menjadi pelengkap pakaian Anda? Berikut ini daftarnya. 

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda pasti menyadari belangkon tersedia dalam berbagai tipe dan motif. Oleh sebab itu, Anda harus mencari belangkon yang sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Anda juga harus mencari belangkon yang sesuai dengan bentuk wajah dan ukuran kepala. Nah, jika semua kriteria ini terpenuhi, Anda pasti akan menemukan belangkon yang paling cocok. Selamat memilih, ya! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Topi menjadi salah satu aksesori yang kerap digunakan pria saat beraktivitas di luar ruangan. Selain untuk melindungi kepala, mengenakan topi dapat membuat tampilan Anda makin keren. Nah, di pasaran sendiri, ada banyak sekali jenis topi pria yang dapat Anda beli. Bingung memilih model dan warna topi yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas model topi pria yang keren dan sedang tren. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek topi pria terbaik, seperti Eiger, Adidas, Animous, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Aksesori pria
  • 10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Smartwatch menjadi kebutuhan tak terelakkan bagi masyarakat urban, terlebih para pria. Jam tangan pintar ini sangat multifungsi untuk mendukung aktivitas multitasking Anda. Tracking aktivitas harian, menerima telepon, dan berolahraga bisa Anda lakukan dengan smartwatch.Apakah Anda berminat membeli smartwatch? Kami punya panduan dan ulasan agar Anda menemukan smartwatch terbaik. Beberapa merk smartwatch yang bagus dan terkenal, seperti Xiaomi, Samsung, dan Garmin, akan turut kami review di sini. Yuk, ikuti tips-tips kami.
    Aksesori pria
  • 10 Merk Dompet Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Dompet Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Dompet kulit menjadi salah satu jenis dompet favorit para pria karena memberi kesan berwibawa, keren, dan stylish. Selain itu, dompet kulit juga terkenal lebih awet dan tahan lama. Apakah Anda juga penggemar dompet jenis ini?Nah, kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dompet kulit yang bagus untuk pria. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi merek dompet kulit terbaik untuk pria, seperti Fossil, Eiger, dan Voyej. Ada juga produk dompet kulit asli yang pastinya menarik untuk Anda miliki. Mari simak artikel berikut dan temukanlah dompet pria terbaik untuk Anda!
    Aksesori pria
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smartwatch Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Merek Samsung punya berbagai elektronik yang memudahkan kehidupan Anda, salah satunya adalah smartwatch. Tak hanya fitur-fiturnya saja yang mutakhir, modelnya juga stylish untuk digunakan. Spesifikasi smartwatch yang beragam juga membuat harganya beragam pada kisaran tiga juta sampai tujuh juta rupiah.Samsung Galaxy Watch 4, Galaxy Watch Active 2, dan Galaxy Fit 2 adalah beberapa rekomendasi produk smartwatch yang bagus dari Samsung. Jika Anda ingin membeli smartwatch Samsung, simak dahulu tips dari kami untuk memilih produk yang tepat. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja baca sampai habis, ya!
    Aksesori pria
  • 10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kerjaan Anda menuntut untuk berpindah-pindah tempat dari outdoor ke indoor atau sebaliknya? Mungkin inilah saatnya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan kacamata photochromic. Kacamata yang lebih familier disebut kacamata transisi ini bisa menangkal silaunya sinar UV. Jadi, Anda tidak perlu repot bergonta-ganti dari kacamata baca ke kacamata hitam. Ada banyak model dan fungsi kacamata photochromic yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membelinya. Untuk itu, kami telah menyiapkan tips memilih kacamata photochromic yang bagus untuk Anda. Kacamata transisi bermerek, seperti Oakley, Ray-Ban, dan Shimano juga turut kami ulas di sini. Simak ulasannya, yuk!
    Aksesori pria
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan EIGER Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jam Tangan EIGER Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa tak mengenal EIGER? Brand lokal ini terkenal dengan produk peralatan outdoor yang menjadi favorit banyak kalangan. Salah satu produk EIGER yang populer adalah jam tangan. Tak hanya cocok untuk berpetualang, jam tangan EIGER juga cocok digunakan untuk tampil penuh gaya setiap hari. Harganya pun relatif terjangkau.Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih jam tangan EIGER terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi jam tangan EIGER terbaru dan terbaik. Jam tangan EIGER Helicon, Provo, juga Creston akan Anda temukan dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Aksesori pria
  • 10 Kalung Emas Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kalung Emas Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Dewasa ini kalung emas sering digunakan oleh para pria sebagai aksesori yang dapat menunjang penampilan. Selain modelnya bermacam-macam, harga kalung emas untuk pria yang beredar di pasaran pun beragam. Hal tersebut mungkin membuat Anda kebingungan untuk memilih.  Maka dari itu, pada artikel ini kami akan memberikan tips cara untuk memilih kalung emas yang bagus untuk pria. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari berbagai merk yang sayang untuk Anda lewatkan. Anda akan menemukan produk dari AurumLab dan Semar Nusantara di rekomendasi kami. Jadi, simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori pria
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori